31 December 2015

Tenggelam, Dua Pengunjung Parangtritis Berhasil Diselamatkan

Kamis, 31  Desember 2015 pukul 17.00  Wib dipantai Parangtritis, Kretek, Bantul telah terjadi laka laut terhadap dua pengunjung pantai.

Korban adalah Pujiono  (26 tahun) dan Sutrismo (17 Tahun) keduanya warga Purwodadi, Grobogan, Jateng.

Kronologis kejadian, saat kedua korban mandi ditepi laut terbawa arus ke tengah. Selanjutnya tim SAR yang berjaga dipantai langsung melakukan pertolongan. Alahamdulillah korban dapat diselamatkan selanjutnya dievakuasi ke Posko SAR Parangtritis. (Sihumas Polsek Kretek)

Kapolres Bantul Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2016

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK memimpin Apel Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2016 di wilayah hukum Polres Bantul di depan Mapolres Bantul, Kamis, 31 Desember 2015, pukul 16.00 wib. Apel kesiapan diikuti oleh Para pejabat, seluruh personil jajaran Polres Bantul dan personil Bantuan dari Sabhara dan Brimob Polda DIY.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, malam pergantian tahun baru di wilayah Bantul diprediksikan akan sangat ramai. Sudah menjadi tradisi warga Bantul dan daerah sekitarnya maupun luar daerah akan berdatangan ke sejumlah obyek pariwisata yang ada di Bantul untuk merayakan pergantian tahun baru, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru, Bukit Bintang di Kecamatan Piyungan dan lain lainya.

Oleh karena itu Polres Bantul menyiapkan ratusan personil dan dibantu dari instansi terkait lainya guna mengamankan malam pergantian tahun baru. Sementara khusus untuk mengatur  arus lalu lintas yang dimungkinkan akan terjadi kepadatan dan rawan kemacetan, Sat Lantas Polres Bantul telah menyiapkan personilnya di jalur-jalur tertentu seperti Jalan Parangtritis, Jalan Wonosari dan Jalan Imogiri Barat. Di jalur-jalur tersebut selalu dipadati kendaraan khususnya menjelang dan setelah pergantian tahun. Sementara untuk obyek wisata Parangtritis akan diberlakukan satu arah jika arus kendaraan dalam kondisi macet.

Kemudian untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas juga telah dipersiapkan personil Patroli yang akan selalu melaksanakan pantauan di seluruh wilayah Bantul terutama di tempat tempat rawan kejahatan serta rawan Pekat.

Dalam arahannya Kapolres meminta agar seluruh anggota mampu memberikan pelayanan agar masyarakat yang menyambut pergantian malam tahun baru merasakan aman dan nyaman. (Bag Humas Polres Bantul)

Pelantikan RT Se Kelurahan Tamantirto

Senin, 28 Desember 2015 pukul 14.30 Wib bertempat di Aula Balai Desa Tamantirto telah dilaksanakan pelantikan RT se Desa Tamantirto.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tamantirto dalam rangka penyerahan SK nomor 44/ 2015 tentang pemberhentian Ketua RT masa jabatan 28 Desember 2012 s/d 28 Desember 2015 dan SK nomor 45/ 2015 tentang pengangkatan Ketua RT masa jabatan 28 Desember 2015 s/d 28 Desember 2018.

Hadir dalam pelantikan ini yaitu Kasipem Kecamatan Kasihan Bapak muryanto, Lurah Desa Tamantirto Bapak Wisnu Ardi, Bhabinkamtibmas Tamantirto Bripka Ari DP, SH, Pamong Desa Tamantirto, Pejabat RT lama sebanyak 89 orang dan pejabat RT Baru sejumlah 93 orang.

Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan laporan Kasipemdes Tamantirto Bapak Marsudi tentang pelaksanaan pemilihan Ketua RT secara serentak dilanjutkan dengan penyerahan SK secara simbolis oleh Lurah Desa Tamantirto kepada pejabat RT lama dan baru serta pemberian selamat.

Dalam sambutanya, Lurah Desa Tamantirto Bapak Wisnu Ardi menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua RT yang baru semoga dapat menjalankan tugas dengan baik. Serta mengucapkan banyak terima kasih kepada pejabat RT lama walaupun telah purna tugas namun kami masih tetap meminta bantuan dalam menyampaikan pesan pesan dari pemerintah.

Lurah Desa Tamantirto juga berharap agar Ketua RT yang baru tetap memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat bahwa pelayanan di Desa Tamantirto menggunakan pengantar dari RT agar administrasi tertib.

Kasipem Kecamatan Kasihan dalam sambutanya menyampaikan kepada Ketua RT yang baru agar mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pembaharuan KK dan pembuatan KTP bagi yang sudah cukup umur.

Selama berlangsungnya kegiatan petugas Polsek Kasihan mengadakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kasihan)

Operasi Terompet Berbahan Sampul Al Quran Di Wilayah Kasihan

Rabu, 30 Desember 2015 pukul 10.00 Wib bertempat di Alfamart Tamantirto, Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Bripka Ari DP, SH beserta anggota lainya telah melaksanakan operasi terompet yang diduga menggunakan kertas bertuliskan Arab.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi peredaran trompet berbahan kertas sampul Al-Quran yang ramai di bicarakan di media Masa. Serta untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan sehingga malam pergantian tahun diwilayah Kasihan tetap kondusif dan aman.

Operasi ini tidak hanya dilakukan di Alfamart Tamantirto saja, namun juga dilakukan di sejumlah pasar, warung dan toko seperti minimarket, Indomaret dan pedagang terompet musiman saat menjelang pergantian tahun.

Dari hasil operasi ini tidak ditemukan terompet berbahan kertas sampul Al-Quran. Meski demikian, pemantauan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

Kegiatan operasi dilanjutkan dengan penyuluhan kepada para pemilik toko maupun pedagang agar hati hati belanja Terompet dan jangan menjual terompet yang ada tulisan Arab. (Sihumas Polsek Kasihan)

Polsek Banguntapan Sita Terompet Berbahan Sampul Al Qur’an

Polsek Banguntapan menyita terompet berbahan sampul Al Qur’an dari tangan penjual terompet keliling berinisial SR (laki-laki, 53 tahun) warga Ploso Tanjung Bulukerto Wonogiri Jateng, Rabu, 30 Desember 2015 sekitar pukul 12.00 Wib.

Kejadian ini terungkap berkat informasi dari warga bernama Hari Susanto (33 tahun) yang membeli sebuah terompet buat anaknya di Jalan Pelem Kidul Rt 06 Baturetno Banguntapan Bantul dari SR seharga Rp. 5.000,-.

Sesampainya di rumah terompet dibuka bungkusnya dan terlihat bahan terompet dari sampul Al Quran. Hari selanjutnya melaporkan temuannya tersebut ke Kokam Banguntapan yang kemudian diteruskan ke Polsek Banguntapan.

Petugas Polsek Banguntapan yang mendapati laporan tersebut segera melakukan penyelidikan di lapangan, dan akhirnya SR berikut sisa terompet yang belum laku berhasil diamankan ke Mapolsek Banguntapan.

Dihadapan petugas, SR bersikeras bahwa dirinya sama sekali tidak mengetahui apabila bahan pembuatan terompet daganganya adalah sampul Al Qur’an. “Saya hanya memanfaatkan momentum tahun baru ini untuk mencari tambahan rezeki bagi keluarga saya,” akunya.

SR juga mengaku bahwa terompet-terompet tersebut dibelinya dari seorang yang bernama Parso warga Bulukerto Wonogiri Jateng dengan harga Rp 3.000,- setiap terompetnya. Dirinya membawa 60 buah terompet dari Wonogiri, dan sebelum dirinya diamankan ke Mapolsek Banguntapan, sebanyak 20 buah terompet telah berhasil dijualnya.

Sisanya, sebanyak 40 buah terompet lagi disita oleh petugas Polsek Banguntapan karena terbukti berbahan dari sampul Al Quran. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Sebanyak 149 Anggota Polres Bantul Naik Pangkat

Sebanyak 149 anggota Polres Bantul mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dalam Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat yang digelar di halaman Mapolres Bantul, Kamis, 31 Desember 2015 pukul 08.00 Wib.

Sebagai Irup adalah Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo, SIK dihadiri oleh Waka Polres Bantul Kompol M. Qori Oktohandoko, SIK, Ketua Cabang Bhayangkari Bantul Ny. Linda Dadiyo, para Pejabat Polres Bantul, para Kapolsek Jajaran serta seluruh anggota Polres Bantul yang naik pangkat  beserta Bhayangkari-nya.

Adapun anggota yang naik pangkat setingkat lebih tinggi TMT 1 Januari 2016, terdiri dari Iptu ke AKP 3 orang ; Ipda ke Iptu : 25 orang ; Aipda ke Aiptu : 18 orang ; Bripka ke Aipda : 35 orang ; Brigadir ke Bripka : 48 orang ; Briptu ke Brigadir : 9 orang ; Bripda ke Briptu ;   2 orang. Sedangkan untuk  Pangkat  Penghargaan dari Aiptu ke Ipda sebanyak 7 orang dan Pangkat Penghargaan dari Bripka ke Aipda  sebanyak 1 orang.

Dalam amanatnya, Kapolres Bantul mengingatkan bahwa kenaikan pangkat bukan sekedar untuk gagah-gagahan saja, namun yang perlu diingat pertama-tama harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan yang kedua tugas-tugas mendatang akan semakin berat dan banyak tantangannya, karena polri bukan hanya dicintai masyarakat namun dipercaya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

Menurut Kapolres, kenaikan pangkat merupakan hak anggota, namun hak tersebut harus diimbangi dengan tugas yang sungguh-sungguh serta tingkah laku sebagai anggota polri yang dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat

“Jadikan kenaikan pangkat sebagai cambuk untuk meningkatkan profesionalisme kinerja Polri. Ubahlah pola pikir dan budaya lama serta berikan pelayanan prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat yang telah ada,” tegas Kapolres.

Diakhir amanatnya, Kapolres tak lupa mengucapkan selamat kepada para anggota beserta keluarga yang telah melaksanakan korps raport kenaikan pangkat pada hari ini. “Semoga dengan kenaikan pangkat yang telah diterima bisa menambah kebahagiaan dalam keluarganya,” tutupnya.

Setelah upacara selesai, Kapolres Bantul juga berkesempatan melepas 18 anggota Polri Polres Bantul yang memasuki masa purna tugas TMT 1 Agustus 2015 s.d. 1 Januari 2016.

Adapun 18 anggota yang purna tugas tersebut sebagai berikut  1. Brigadir Mojoyono Polsek Sewon, 2. Aiptu Zuhara Polsek Sedayu, 3. Ipda Sudaryanto Polsek Sedayu, 4. Bripka Muh. Zaenudin Polsek Pleret, 5. Brigdir Rasidi Polsek Kasihan. 6. Brigadir Maryoto Polsek Kretek, 7. Aiptu Rumidi Polsek Polsek Pajangan, 8. Brigadir Suparjan Polsek Sedayu, 9. Ipda Subari Polsek Pajangan, 10. Brigadir Endar NH Polsek Dlingo, 11. Brigadir Jarwanto Polsek Bambanglipuro, 12. Aiptu Dul Muhaimin, 13. Bripka Bambang S Polres Bantul, 14. Bripka Lasto Riyanto Polres Bantul, 15 Brigadir Tukimin Polsek Kasihan, 16. Iptu Jais Polsek Sedayu, 17. Aiptu Haryono Polsek Pleret dan Ipda Kasilan anggota Polsek Sanden.

Dihadapan anggota yang purna tugas, Kapolres berharap semoga masa purna tugas ini dapat dinikmati dengan penuh rasa kebahagiaan dan suka cita. Tak lupa Kapolres juga memberikan pengharagaan yang setinggi-tingginya dan terimakasih yang sebanyak-banyaknya, atas pengabdian dan loyalitas dari anggota selama ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Ketua Cabang Bhayangkari Bantul yang lalu diserahkan oleh Kapolres  Bantul kepada perwakilan anggota purna tugas yang tertua Bripka Purn. Mojoyono dan kepada Briptu Rita Listiyani, anggota termuda yang naik pangkat. (Bag Humas Polres Bantul)

Warga Demo, Sebab Banyak Lalat Di Sekitar TPST Piyungan

Selasa, 29 Desember 2015 sekitar pukul 09.00 wib ratusan warga dan para pemungut sampah melaksanakan demo di kantor TPST Piyungan.

Hal ini dikarenakan karena kompensasi kepada warga sekitar TPST berupa penyemprotan agar lalat tidak masuk rumah dan lingkungan warga beberapa bulan terakhir tidak dilaksanakan oleh petugas TPST sehingga lalat banyak yang masuk kerumah warga sekitar TPST dan mengganggu aktivitas maupun dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit.

Saat melaksanakan demo warga menutup akses masuk truk sampah dengan pohon sehingga puluhan truk sampah yang akan menuju ke TPST tidak dapat masuk sehingga terjadi antrian panjang.

Setelah melalui negosiasi yang alot yang dimediasi oleh Polsek Piyungan, pihak pengelola TPST akhirnya menyanggupi permintaan warga agar rumah dan lingkungan sekitar dilakukan penyemprotan lagi oleh petugas TPST, akan tetapi untuk kompensasi yang lain warga harus mengajukan proposal dulu ke pemprov DIY karena sekarang pengelolaan TPST di pegang oleh Pemprov DIY.

Setelah terjadi kesepakatan warga membubarkan diri meninggalkan kantor TPST, jalan yang menuju area TPST yang sebelumnya ditutup dengan pohon dibuka kembali oleh warga sehingga truk yang mengangkut sampah dapat masuk area TPST.

Demo berlangsung aman dan tidak terjadi tindak anarkhis dengan pengamanan personil Polsek Piyungan. (Sihumas Polsek Piyungan)

Tidak Ditemukan Terompet Dari Bahan Al Quran Di Pasar Piyungan

Rabu, 30 Desember 2015 pukul 09.45 wib anggota Polsek Piyungan dipimpin Kanit Sabhara AKP  M. Yusuf laksanakan operasi cipta kondisi di pasar Piyungan dan sekitarnya.

Operasi yang dilakukan oleh Polsek Piyungan dimaksudkan agar masyarakat tetap aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas sebelum dan saat merayakan pergantian tahun.

Sasaran Operasi kali ini ditujukan kepada para pedagang kembang api/mercon maupun pedagang terompet yang ada di kawasan pasar Piyungan. Khususnya pada terompet, anggota melaksanakan pengecekan secara detail karena dikhawatirkan ada yang terbuat dari sampul Al-qur'an seperti yang ada di beberapa daerah lain di Indonesia yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat dan banyak diberitakan di media.

Dalam operasi ini, petugas tidak menemukan penjual terompet yang menggunakan bahan dari sampul Al-qur'an maupun mercon atau benda benda berbahaya lainya.

Operasi berjalan lancar berakhir pukul 10.30 wib dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Piyungan)

30 December 2015

Polwan Polres Bantul Himbau Para Penumpang Bus Wisatawan Untuk Tidak Mandi Di Laut

Untuk mencegah terjadinya laka laut di obyek wisata Pantai Selatan Bantul seperti Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Pantai Depok pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2016 ini, maka berbagai upaya tindakan pencegahan telah dilakukan oleh  Polres Bantul.

Misalnya seperti membagikan Selebaran himbauan, memasang spanduk himbauan, Patroli disepanjang Pesisir Pantai, maupun peneguran langsung kepada para wisatawan yang mandi dilaut.

Bahkan sampai sampai himbauan dilarang mandi di laut ini dilakukan didalam bus wisata yang dalam perjalanan menuju pantai Selatan. Seperti yang dilakukan oleh Bripda Khalisa dan Bripda Dian di pintu gerbang masuk Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, pada hari ini Rabu, 30 Desember 2015.

Di TPR tersebut, saat bus wisata berhenti untuk membayar biaya restribusi masuk Pantai Parangtritis, Bripda Khalisa dan Bripda Dian langsung masuk ke dalam bus dan melakukan himbauan serta membagikan selebaran kepada para penumpang wisatawan untuk tidak mandi dilaut. Hal ini dilakukan mereka berdua pada semua bus wisatawan yang melintas di TPR ini.

Kegiatan ini dilakukannya mengingat banyaknya wisatawan yang manjadi korban tenggelam di pantai Selatan Bantul. Mereka tidak mengenal ganasnya pantai selatan, bahwa dipantai ini banyak palung dan ombak tinggi yang sewaktu waktu datang menelan para wisatawan yang mandi dilaut tanpa pandang bulu.

Diharapkan dengan adanya kegiatan himbauan ini para wisatawan sadar dan tidak terlena untuk mandi dilaut sehingga angka laka laut bisa ditekan. (Sihumas Polsek Kretek)

Pemberian SPP Awards Dan Bantuan Langsung Rtm 2015 Kec. Pajangan

Pajangan, Selasa, 29 Desember 2015 jam 09.00 Wib, Telah dilaksanakan acara pemberian SPP Awards, Bantuan Langsung RTM 2015 dan Pameran Produk kelompok SPP di Pendopo Kec. Pajangan.

SPP Awards merupakan pemberian penghargaan yang diberikan kepada kelompok SPP Kec. Pajangan yang mempunyai prestasi baik. Sedangkan untuk Bantuan langsung RTM 2015 merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Pajangan yang masih berada dibawah penghidupan yang layak.

Pameran gelar potensi produk kelompok SPP diikuti sejumlah 17 kelompok, 15 kelompok dari program PNPM dan 2 kelompok dari program MP3KI (Tahun 2014). Produk yang ditampilkan berupa emping mlinjo, emping garut, nira kelapa, gula Jawa, kerajianan, tas gendong, telur asin, tempe koro, kripik sledri kripik daun singkong dan pati garut.

Ketua BKAD Drs. Sukamtri menjelaskan kegiatan bantuan langsung ini merupakan rutin tiap Tahun dari hasil menyisihkan surplus dari program SPP PNPM MPd (2006-2014) yang masih berkelanjutan di wilayah Kec. Pajangan.

Bantuan langsung berupa rehab rumah kurang layak huni. Dari 3 rumah yang ditargetkan, Tahun 2015 ini subsidi rehab rumah tidak layak huni menjadi 9 rumah di 3 Desa, dengan alokasi dana sebanyak Rp. 75 juta (Rp. 25 juta/Desa). Kelompok SPP di Kec. Pajangan berjumlah ± 115 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 1.200 orang sehingga benar-benar memberdayakan masyarakat Kec. Pajangan.

Camat Pajangan, Dra. Sri Kayatun menyampaikan wilayah Kec. Pajangan kondisi 80 % pegunungan, 20 % pertanian sesuai musim. Sehingga kita berorientasi di pengembangan pariwisata. Program PNPM MPd dan MP3KI kemarin di Pajangan banyak memberdayakan masyarakat Pajangan. 3 (tiga) agenda sekaligus ini merupakan aspirasi dari masyarakat Pajangan dan disetujui oleh UPK Pajagan untuk membantu masyarakat yang masih berada dibawah penghidupan yang layak.

Kita berharap ada kelanjutan dari program PNPM MPd dan MP3KI yang sudah berjalan di wilayah Pajangan, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di wilayah Pajangan.

Terakhir Ia mengumumkan bahwa mengurus Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) cukup sampai di Kecamatan saja. Dengan surat izin tersebut usaha mikro dan kecil dapat meminjam dana ke Bank guna menambah dan memperkuat modal usaha.

Asek III Bpk. Sunarto, SH MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas pengelola PNPM yang masih berlanjut dan hasilnya dapat membantu program sosial di wilayah Kec. Pajangan ini.

Kita optimis pariwisata Pajangan cepat atau lambat akan berkembang, kita harus bisa menangkap kesempatan tersebut. Wisata kuliner Kec. Pajangan yang terkenal adalah Ingkungnya, dari pejabat maupun wisatawan sudah mengetahuinya. Dukungan dari semua pihak kita harapkan guna memajukan priwisata di Kec.Pajangan ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan langsung RTM 2015, pemberian hadiah SPP Awards kepada kelompok yang berprestasi dan peninjauan stan pameran dari kelompok SPP hasil binaan UPK Pajangan selama ini. T

Acara dilanjutkan pengecekan langsung rumah yang sudah di rehab di rumah bapak Miskijan Dusun Jogonandan Triwidadi Pajangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asek III Bidang Administrasi Sunarto, SH, MM mewakili Bupati Bantul, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Ketua BKAD (Badan Koordinasi Antar Desa) Drs. Sukamtri, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi dan Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, kegiatan diikuti sejumlah ± 300 orang. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pentas Wayang Kulit Hari Jadi Desa Argosari Ke 69

Selasa, 29 Desember 2015 jam 22.00 Wib peringatan hari jadi Kelurahan Argodadi ke 69 dimeriahkan dengan kesenian Wayang kulit dengan dalang Ki Anom Sucondro bertempat di dalam Gedung pertemuan Desa Argodadi Sedayu Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapolsek Kompol. Moch. Nawawi,S.Pd bersama Muspika  Kecamatan  Sedayu, Lurah Argodadi, para pamong Desa, para Kadus, Ketua RT, Para Tokoh, Para Tamu undangan dan ratusan warga.

Rangkaian HUT ini juga dimeriahkan dengan aneka lomba, ziarah ke makam mantan lurah, dan kirab budaya yang diikuti oleh 35 bregodo dari 17 pedukuhan. Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sedayu mengadakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek sedayu)

Dua Tersangka Penipuan CPNS Mendekam Di Polsek Bantul

Unit reskrim Polsek Bantul mengamankan dua tersangka penipuan CPNS yaitu HS (laki, 41 tahun) dan HA (laki, 39 tahun) keduanya kakak beradik warga Krajan, Batangsaren, Kauman, Tulungagung, Jatim, Selasa, 29 Desember 2015 jam 10.00 wib.

Keduanya terpaksa berurusan dengan polisi setelah dilaporkan oleh korbannya yaitu Afidatul Ummah (22 tahun)  Mahasiswi warga Gemahan Ringinharjo Bantul karena menipu dan menjanjikan bisa memasukan PNS namun ternyata hanya janji palsu.

Panit 1 Unit Reskrim Polsek Bantul Ipda Slamet yang memimpin penangkapan tersebut menjelaskan,  awal mulanya, pada pertengahan bulan September 2014 korban magang di RSUD Panembahan Senopati Bantul dan bertemu dengan Riska  (22 tahun) mahasiswi Akbid Kasanah yang juga sedang magang di RSUD yang sama.

Korban kemudian dikenalkan dengan pacar Riska yang mengaku bernama Vino. Setelah itu Vino menawarkan bisa memasukan seseorang menjadi PNS dengan syarat membayar Rp.150 juta setiap orang. Korban dan kakaknya yang juga sedang mencari pekerjaan menyanggupi permintaan tersangka.

Karena percaya, kemudian korban mentransfer uang sebesar Rp 150 juta ke rekening yang diberikan Vino. Tidak hanya uang tunai, korban juga memberikan sebuah mobil yang ditaksir seharga Rp. 50 juta. Setelah itu tersangka Vino memberi korban surat SK dari BKN yang ternyata palsu.

Merasa tertipu, korban mengajak tersangka bertemu di RSUD Bantul dengan alasan melunasi kekurangan. Selanjutnya Korban minta bantuan Satpam RSUD untuk mengamankan tersangka HS dan HA kemudian keduanya diserahkan ke Polsek Bantul.

Dihadapan penyidik Polsek Bantul, orang yang mengaku bernama Vino tersebut ternyata HS sedangkan HA berperan membantu kejahatan kakaknya. Setelah diadakan pemeriksaan didalam mobil milik tersangka, petugas juga mendapati senjata tajam dan air softgun.

Tersangka dijerat pasal 372 junto 378 KUHP dan Undang-undang Darurat sedangkan Riska sementara dijadikan sebagai saksi kejahatan tersebut. Kini kedua tersangka mendekam di sel tahanan Polsek Bantul untuk menjalani proses hukum dan pengembangan kasus, jelas Ipda Slamet. (Sihumas Polsek Bantul)

Layanan SIM Keliling Online Di Mapolsek Pajangan

Pajangan, Selasa, 29 Desember 2015 jam 09.00 Wib, Bus Pelayanan SIM Keliling Online Polres Bantul melaksanakan layanan perpanjangan SIM Online di Mapolsek Pajangan.

Pelayanan SIM Keliling Online ini diperuntukan bagi masyarakat yang akan  memperpanjangan SIM Golongan A dan C. Diharapkan dengan adanya layanan ini, masyarakat yang ingin memperpanjang SIM akan terbantu.

Menurut Kasi Humas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, pelayanan SIM Keliling ini banyak diminati oleh masyarakat karena prosesnya yang cepat.

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses jadwal SIM Keliling Online, Humas Polsek Pajangan memasang pengumuman SIM Keliling Online di Kantor Kecamatan dan tipa-tiap Kantor Desa di wilayah Pajangan serta ditempat tempat umum yang mudah dilihat orang.

Selain itu Humas Polsek Pajangan juga memanfaatkan media sosial seperti layanan group Whatsapp dan Facebook untuk memposting jadwal layanan SIM Keliling ini.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat melihat jadwal Layanan SIM Keliling melalui Web resmi Polres Bantul yaitu Tribrata News Bantul dengan alamat http://www.tribratanewsbantul.com.

Saat ini tercatat sebanyak 48 Satpas yang telah terintregasi SIM online di seluruh Indonesia. Untuk warga Yogyakarta dan sekitarnya, pelayanan perpanjangan SIM online bisa dilayani di Polres Sleman atau Bus SIM Keliling Ditlantas Polda DIY serta Bus SIM Keliling Polres Bantul.

Warga yang berhasil dilayani dalam perpanjang Sim kali ini sebanyak 14 orang dengan perincian SIM : A sebanyak 1 orang sedang SIM C Sebanyak 13 orang. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pengamanan Orgen Tunggal di Dadapbong Sendangsari Pajangan

Pajangan, Senin, 28 Desember 2015 jam 20.00 Wib, Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Kanit Sabhara Ipda Suhirno melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat pertunjukan orgen tunggal di Dusun Dadapbong RT 01 Sendangsari Pajangan.

Pertunjukan orgen tunggal yang menampilkan Group Sodron Entertainment ini diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun Bapak Samsudin Kasut selaku tuan rumah sekaligus ingin menguatkan hubungan persaudaraan dengan teman-temannya.

Untuk menjaga ketertiban dan kemanan selama pertunjukan, Ipda Suhirno menghimbau kepada penonton yang ingin berjoget agar berjoget dengan santun dan hindari hal-hal yang dapat memancing keributan karena kita semua bersaudara. Kepada para penyanyi diharapkan agar mengenakan pakaian yang sopan dan mengedepankan etika, moral, seni dan budaya Bangsa Indonesia.

Hiburan orgen tunggal di Dadapbong berjalan meriah dan berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Upacara Peringatan HUT Satpam Ke 35 Di Polres Bantul

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke 35 di Kabupaten Bantul di pusatkan di halaman Mapolres Bantul, Rabu, 30 Desember 2015 pukul 08.00 Wib.

Pj Bupati Bantul, Drs. Sigit Sapto Rahardjo, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara tersebut. Upacara HUT Satpam kali ini juga dihadiri oleh, Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo, SIK, Kasubdit BinSatpam/Polsus Dit Binmas Polda DIY, AKBP Ahmad Hanafi, S.Ag, para Pejabat Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantul, FX. Agus Subagja, Danramil Bantul Mayor Inf. Drs. Sutarno, Ketua Senkom Bantul serta para Bhabinkamtibmas.

Sedangkan untuk pasukan upacara terdiri dari para Satpam dari berbagai instansi dan perusahaan, Sat Pol PP, Satuan Polisi Khusus Rutan Bantul, FKPM dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Bantul membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti pada HUT Satpan ke 35. Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Satuan Pengamanan dimanapun bertugas, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungannya.

Tak lupa Kapolri juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh personel   Satuan Pengamanan. Melalui peringatan  hari ulang tahun Satpam ini, Kapolri mengajak agar peringatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi  dan  evaluasi  terhadap kinerja  yang telah  ditampilkan.

Tentunya melalui perbaikan danpenyempurnaan  terhadap pelaksanaan tugas, Kapolri berharap peran Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal.

Kapolri juga mengungkapkan, memahami beratnya tugas dan tanggung jawab yang  diemban, Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas.

Dalam   pelaksanaannya, Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas. Dukungan tersebut telah ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Menurut Kapolri, selama  kurun  waktu  35  tahun  berkiprah, Satuan Pengamanan dinilai telah mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam rangka membantu Polri. Dengan kewenangan Kepolisian terbatas yang dimiliki, para personel Satpam telah membantu dalam mengamankan para pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya serta melaksanakan patroli guna menjamin terciptanya rasa aman pada lingkungan kerjanya.

Kapolri juga memberi apresiasi terhadap berbagai upaya bersama yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para personel Satpam. berbagai pelatihan dan simulasi telah diberikan kepada personel Satpam agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam mengahadapi perkembangan situasi kamtibmas.

Adapun tema peringatan HUT Satpam tahun ini adalah ”Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”.

Kapolri yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan, dan berkesinambungan dari seluruh stakeholder industrial  security  dalam peningkatan kompetensi profesi Satpam.

Fokus perhatian lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara badan usaha jasa pengamanan dengan satuan kewilayahan Polri, maupun antara anggota satuan pengamanan  dengan petugas kepolisian di lapangan.

Bentuk koordinasi dan kerjasama tersebut, dapat dilakukan dalam hal-hal yang bersifat taktis maupun teknis. Dengan demikian, diharapkan dapat  memberikan manfaat  bagi terselenggaranya  soliditas, profesionalitas, dan kinerja Satuan Pengamanan  yang  diharapkan masyarakat.

Diakhir amanatnya, ada beberapa hal yang disampaikan Kapolri kepada seluruh personel Satuan Pengamanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

• Tingkatkan disiplin, intergitas, soliditas, dedikasi dan profesionalisme sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, dan garda terdepan dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa;

• Tingkatkan pengetahuan,  kompetensi, kemampuan dan keterampilan guna menunjang pelaksanaan tugas di lapangan;

• Tampilkan perilaku yang correct, peka dan waspada,  agar selalu  siap  menghadapi setiap jenis gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi di tempat bertugas;

• Lakukan upaya  preventif  yang  konstruktif dan kreatif, dalam  mencegah dan mengeliminir segala bentuk gangguan kamtibmas;

• Lakukan tindakan  penegakan  hukum terbatas apabila dibutuhkan, secara profesional dan proporsional sesuai aturan hukum yang berlaku;

• Jalin kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan petugas kepolisian di wilayah saudara bertugas, agar dapat mengantisipasi perkembangan gangguan kamtibmas di lingkungan kerja sedini mungkin.

Tak lupa Kapolri mengucapkan terima kasih dan  apresiasi  kepada seluruh Komunitas Sekuriti, anggota Satpam, Pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, Asosiasi di Bidang Pengamanan, serta seluruh stake holder terkait, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuhkembangkan Satuan Pengamanan di Indonesia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan  peringatan ulang tahun Satpam ini, sehingga  dapat  berjalan  tertib  dan lancar  sesuai  yang  diharapkan.

Setelah upacara peringatan HUT Satpam selesai, Pj Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Rahardjo, MM berkesempatan memberikan piala kepada perwakilan Satpam PT. Madu Baru yang telah menjadi juara I dalam lomba ketangkasan Satpam tingkat Polda DIY.

Para Satpam PT Madu Baru juga unjuk kebolehan dengan menampilkan atraksi kemampuan baris-berbaris, senam lantas dan kemahiran bela diri dengan menggunakan tongkat T dan borgol.

Kegiatan rangkaian acara dalam rangka Upcara HUT Satpam ke 35 di Mapolres Bantul berakhir pada pukul 08.30 Wib dan berlangsung dengan khidmat. (Bag Humas Polres Bantul)

29 December 2015

Polsek Banguntapan Ungkap Kasus curat

Unit Reskrim Polsek Banguntapan berhasil ungkap kasus pencurian dengan pemberatan dengan menangkap tersangka BA (27 tahun) warga Kronggahan II Rt. 010 Trihanggo Gamping Sleman.

Tersangka ditangkap petugas di wilayah Plumbon Banguntapan Bantul, Senin 28 Desember 2015 sekira pukul 09.00 wib setelah dilakukan penyelidikan sejak kasus ini dilaporkan oleh Korban pada 04 Nopember 2015 lalu. Adapun korban adalah Frizal Wahyu Hermawan (24 tahun) warga Karang Rt. 03 Singosaren Banguntapan Bantul.

Didepan petugas Tersangka mengakui perbuatanya yaitu pada hari Rabu dini hari, 04 Nopember 2015 telah memasuki rumah korban dan melakukan pencurian barang berupa sepeda motor Honda merah No Pol: AE-3788-LD, dua unit Hp Android merk XIOMI, satu unit Hp blackberry seri Amstrong, dan beberapa surat penting serta uang tunai Rp 2.200.000 yang ditaksir kerugian seluruhnya RP 17.700.000

Berangkat dari rumahnya, tersangka berbekal obeng menuju rumah korban kemudian berhenti didekat rumah warga untuk mengamati sasaran. Setelah dikira aman selanjutnya tersangka menuju rumah korban dan langsung mencongkel cendela menggunakan obeng dan masuk rumah mengambil barang barang milik korban.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH menjelaskan, saat ini tersangka ditahan di Polsek Banguntapan untuk proses hukum. Dan tersangka ini adalah seorang residivis, pernah ditahan di rutan Pajangan pada tahun 2013 karena kasus pencurian, dan bebas menjalani hukuman pada bulan Agustus 2015, jelasnya. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Pentas Wayang Kulit Di Dusun Genting Kretek

Perayaan natal umat Khatolik di dusun Genting Rt 2 Tirtomulyo Kretek Bantul di rumah bapak Linangkung di meriahkan dengan pentas Wayang Kulit oleh dalang Ki Sabil Cermo Menggolo dengan lakon Lampahan Wahyu Purbo Jati, Minggu malam, 28 Desember 2015.

Dalam perayaan tertsebut Bhabin Tirtomulyo Brigadir Suharyono bersama anggota melaksanakan pengamanan di bantu oleh babinsa Desa Tirtomilyo dan Linmas. Pentas Wayang Kulit dihadiri oleh pejabat Muspika setempat, Para tamu undangan dan ratusan warga setempat.

Dalam sambutanya, Pj lurah Desa Tirtomulyo Sarjiman Sip, berharap kita bisa saling memupuk silahturohmi dan saling menghargai antar umat beragama serta semoga tercipta keharmonisan antar umat beragama. (Sihumas Polsek Kretek)

Pencairan Dana Bantuan PKH Tahap IV Di Kantor Pos Pajangan

Senin, 28 Desember 2015 sekira jam 08.00 Wib, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto adakan pantauan keamanan giat pencairan bantuan dana PKH (Program Keluarga Harapan) Tahap IV untuk warga Kec. Pajangan bertempat di Kantor Pos Kec. Pajangan.

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari program ini untuk mengurangi beban RTSM dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.

Sebanyak 1.603  KK Kec. Pajangan menerima dana bantuan ini yang terdiri dari desa Sendangsari 573 KK dan sudah dibagikan pada hari Sabtu 26 Desember 2015, Desa triwidadi 575 KK dibagikan hari ini Senin 28 Desember 2015 dan untuk besok Desa Guwosari dengan penerima PKH sebanyak 455 KK.

Pencairan ini didampingi oleh Pendamping Sosial Kec. Pajangan Bpk. Zuchri Saren Satrio, S.Sos dan Staf Kemasyarakatan Kec. Pajangan Bpk. Suroto.

Bpk. Zuchri Saren Satrio, S.Sos mengatakan syarat pencairan harus membawa KTP dan kartu PKH. Dan selama giat pencairanini dirinya belum menemui kendala, berjalan lancar dan aman. (Sihumas Polsek Pajangan).

Pengamanan Pentas Jathilan Di Dusun Jambean Pajangan

Minggu, 27 Desember 2015 Jam 13.00 Wib, telah dilaksanakan pertunjukkan kesenian Jathilan bertempat di rumah Yatiman dusun Jambean RT 04 Triwidadi Pajangan.

Menurut tuan rumah, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tasyakuran pernikahan anaknya Widayati dan Nur Fauzan. Dengan harapan kehidupan rumah tangga anaknya mendapat berkah dari Allah SWT.

Adapun pentas Jathilan didatangkan dari kelompok Jathilan Wahyu Turonggo Mudho dari Jambean Triwidadi Pajangan yang dihadiri oleh Kepala Dukuh Jambean Ribut Kamseno, Para Tokoh Msyarakat dan ratusan warga sekitar.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada kegiatan tersebut personil Polsek Pajangan mengadakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pelantikan Koversi Pamong Desa Sendangsari

Senin, 28 Desember 2015 sekira jam 10.00 Wib, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri acara Pelantikan Konversi Pamong Desa Sendangsari Tahun 2015 bertempat di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul.

Pelantikan Konversi Pamong Desa Sendangsari tersebut merupakan penyesuaian sebutan Carik Desa, Kepala Bagian, Kepala Urusan Tata Usaha BPD dan Dukuh Desa Sendangsari Kec. Pajangan Kab. Bantul ke dalam jabatan baru menjadi Carik Desa, Kepala Seksi, Kepala Urusan dan Dukuh. Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Lurah Desa Guwosari Nomor 69 Tahun 2015 tanggal 28 Desember 2015 dan berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Pamong yang dilantik diantaranya 2 Kasi, 2 Kaur dan 18 Kepala Dukuh. Untuk jabatan Carik, Kasi Pembangunan dan Kaur Program masih dijabat oleh PJ dan akan dilaksanakan pemilihan setelah Pelantikan Bupati Bantul terpilih.

Lurah Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan pelantikan kali ini untuk melaksanakan Undang-Undang No 06 Tahun 2014 tentang Desa dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Semoga dengan pelantikan ini menjadikan kita semua Pamong Desa Sendangsari bisa menjalankan tugas melayani masyarakat dengan lebih baik dan amanah.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutanya menyampaikan Pelantikan ini sangat perlu walau dilaksanakan terlambat, sesuai Perda. Kab. Bantul waktu dibatasi pelantikannya tanggal 30 November 2015 kemarin, namun ini sudah dikoordinasikan ke Pemda. Kab. Bantul. Pelantikan ini akan berkaitan dengan hak-hak Pamong di dalam APBDes. menutup sambutanya, Camat menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Pamong yang dilantik. Tantangan ke depan tidak mudah mari kita hadapi bersama.

Adapun yang hadir dalam pelantikan ini adalan anggota DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S.Psi, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Bagian Pemdes Pemda Kab. Bantu Bpk. Jaelani, Kepala KUA Pajangan Asrori, S.H, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, SE, Koramil Pajangan Peltu Rasula AS, Kepala Bank BRI Unit Pajangan Bpk. Sarjono, LPMD Desa Sendangsari Dalijo, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana, Babinsa Koramil Pajangan Kopka Muh. Nansa, TP PKK Sendangsari dan para tamu undangan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Giat Sipolim Polsek Bantul Di Dusun Kaligawe

Program Sipolim Polsek Bantul pada bulan Desember 2015 ini dilaksanakan di serambi Masjid Al Amin dusun Kaligawe, Bantul, Senin siang, 28 Desember 2015.

Program Silaturahim Polisi Bersama Anak Yatim atau yang disingkat Si Polim ini adalah Program rutin bulanan berupa bhakti Sosial pemberian bantuan / santunan kepada anak yatim maupun kaum dhuafa yang dananya diambilkan dari hasil iuran / infak personil Polsek Bantul.

Program yang digagas sendiri oleh Kapolsek Bantul ini adalah dalam rangka berbagi rezeki dengan anak yatim dan telah dilaksananakan sejak Kompol Fajar Pamuji, SH resmi menjabat Kapolsek Bantul.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan lokasi yang selalu bergantian di desa desa yang ada Kecamatan Bantul. Adapun tujuan utamanya adalah menjalin silahturohmi dan merupakan kepedulian Polsek Bantul terhadap anak Yatim dan Kaum Dhuafa dengan memberikan bantuan untuk meringankan beban hidupnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH mengundang sebanyak 20 anak yatim dan dihadiri oleh Panit Binmas Ipda Subarata, Ipda Dedy T, Kadus Kaligawe Supri, Babin Bantul Bripka Winardi, Babin Ringinharjo Bripka Ihwan, Takmir Masjid dan tokoh masyarakat.

Selain memberikan santunan, Kapolsek juga memberikan motivasi kepada anak anak yatim yang hadir agar tetap rajin sholat dan belajar. Kendatipun berada dalam keadaan yang serba terbatas, Kapolsek meminta agar anak-anak tidak pernah merasa minder.

“Selalu yakin dan percaya bahwa Allah memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar segala cita-cita kalian dapat tercapai,” ajak Kapolsek Bantul.

“Jangan melihat jumlah yang diterimakan, tapi lihatlah dari sisi perhatian bagi adik-adik sekalian, untuk semakin giat dalam meraih kesuksesan,” tutup Kapolsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Haniyanto Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Mandi

Haniyanto Tedjo (63 tahun) warga jalan Tegalpanggung No 01, RT 058/ 014, Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta, ditemukan meninggal dunia di tempat tinggalnya yang ada di Pedak Baru Rt 16 Karangbendo, Banguntapan, Bantul Senin, 28 Desember 2015 pukul 21.00 Wib.

Awalnya, warga setempat curiga karena korban yang selama ini menderita sakit tidak pernah kelihatan, selanjutnya korban melaporkan kecurigaan tersebut ke ketua RT setempat Heri Setianto (45 tahun).

Selanjutnya Ketua RT bersama sama warga mendatangi rumah korban. Karena pintunya diketuk beberapa kali tidak tidak ada jawaban, maka pintu rumah korban yang terkunci dari dalam tersebut didobrak oleh warga dan didapati korban terlentang di kamar mandi dalam keadaan tidak bernyawa.  Atas kejadian tersebut Ketua RT melaporkan ke Polsek Banguntapan, Bantul.

Tidak lama kemudian Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH beserta petugas Dokkes Polda DIY dan Tim Identifikasi Polres Bantul datang ke TKP. Dari hasil pemeriksaan oleh dr Iib Wibawa Putra disimpulkan bahwa Korban meninggal sekitar 12 jam yang lalu dan penyebabnya karena sakit karena tidak ditemukan tanda tanda pengganiayaan pada tubuh korban.

Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan, situasi dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)

28 December 2015

Kasubag Humas Polres Bantul Himbau Para Wisatawan Tidak Mandi Dilaut

Senin, 28 Desember 2015, Kasubag Humas Polres Bantul AKP Paimun, SH beserta anggota melaksanakan patroli di sepanjang Pantai Parangtritis hingga pantai Depok Kretek Bantul dalam rangka Operasi Lilin Progo 2015.

Dalam patroli tersebut, selain mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas, Kasubag Humas juga memberikan himbauan kepada para wisatawan untuk tidak mandi dilaut.

Kasubag Humas menjelaskan, karakter Pantai Parangtritis mudah mengecoh para wisatawan yang suka bermain air laut. Di kawasan Pantai dengan kondisi ombak tenang justru berbahaya karena di bawahnya sering ada pusaran ombak, yang biasa disebut palung, mengancam keselamatan pengunjung.

Radius 200 meter ke kanan dan kiri palung merupakan kawasan berbahaya untuk renang. Posisi lokasi pusaran air pun berpindah-pindah dan paling lama semingguan lebih di satu posisi. "Kalau pas renang di posisi palung, alamat tak selamat karena lima menit saja pasti keseret," jelas Kasubag Humas.

Biasanya, pengungjung kebanyakan minggir bila diminta petugas, tapi setelah ditinggal petugas mereka berenang menjauh dari pantai lagi. Oleh karena itu kami selalu perintahkan anggota untuk tidak bosan bosanya berpatroli di pantai, katanya. (Subag Humas Res Bantul)

Jelang Tahun Baru 2016, Polres Bantul Dirikan Posko Pengamanan di Pantai Kuwaru

Dalam liburan Natal dan tahun baru tahun ini, diperkirakan ribuan pengunjung akan membludak memenuhi kawasan pantai-pantai yang ada di wilayah Srandakan, Bantul.

Untuk itu, dalam mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan menciptakan rasa aman maka Kapolres Bantul menempatkan personilnya selama 24 jam nonstop di tempat tempat obyek wisata ini sekaligus membangun tenda besar untuk dijadikan Posko pengamanan dan tempat peristirahatan bagi personil yang lepas dinas, Senin, 28 Desember 2015.

Adapun pendirian Pos tersebut dilokasi Pantai gua Cemara Srandakan yang langsung dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bantul Kompol Luthfi, SIK.

Menurut Kabag Ops, posko ini akan diisi oleh puluhan personil yang akan melaksanakan pengamanan dan patroli disepanjang pantai Kuwaru, Pantai Baru, dan Pantai Gua Cemara sekaligus menghimbau para wisatawan untuk tidak mandi dilaut.

Dalam pengaman ini, personil Polres Bantul dibantu oleh Sat Polair, SAR, dan instansi terkait lainya untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung karena kami tidak mungkin mengawasi seluruh pengunjung yang mencapai ribuan jumlahnya tersebut.

Untuk mencegah terjadinya laka laut, Kami menghimbau para wisatawan untuk tindak mandi dilaut disebabkan di sepanjang pantai-pantai di wilayah Srandakan terdapat sejumlah palung yang sangat berbahaya dan belum semuanya terdeteksi,” himbau Kabag Ops Polres Bantul. (Bag Humas Res Bantul)

Petugas Pos Pam Kretek Semakin Sibuk Mengatur Arus Lalulintas

Personil Polsek Kretek dan Polres Bantul yang melaksanakan Operasi Lilin Progo 2015 di Pos Pengamanan Kretek dekat pintu gerbang Parangtritis semakin sibuk mengatur arus lalulintas, Senin, 28 Desember 2015. Hal ini disebabkan karena pengunjung Pantai melonjak sehingga sering terjadi kemacetan arus lalulintas terutama disepanjang jalan Parangtritis.

Terpantau, Obyek wisata Parangtritis mulai dipadati wisatawan sejak hari Selasa tanggal 24 Desember 2015. Namun walaupun begitu petugas masih belum memberlakukan jalur satu arah menuju Parangtritis karena masih bisa diatasi dengan pengaturan arus lalulintas secara manual.

Kapolsek Kretek Kompol Suparji mengatakan, ini sudah rutin setiap tahun selama libur Natal dan tahun Baru objek wisata Pantai Parangtritis dan sekitarnya selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik yang berasal dari luar daerah maupun wisatawan lokal, katanya.

Kalau dilihat Nomor kendaraannya, pengunjung Pantai Parangtritis didominasi wisatawan luar daerah dengan kendaraan roda empat. Meskipun arus lalu lintas jalur wisata padat namun kemacetan tidak dijumpai di sepanjang jalur menuju pantai Parangtritis.
Ini karena kami telah menempatkan petugas di tempat tempat rawan kemacetan sehingga setiap ada kemacetan petugas bisa cepat segera mengatasinya, katanya.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban petugas kepolisian juga selalu meningkatkan patroli di sepanjang pesisir pantai Parangtritis sambil menghimbau kepada para wisatawan agar tidak mandi dilaut. (Sihumas Polsek Kretek)

Among-Among Karang Taruna Desa Wisata Krebet

Pajangan - Minggu, 27 Desember 2015 Jam 07.00 Wib, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana menghadiri acara Among-Among Karang Taruna Desa Wisata Krebet bertempat di Lapangan Bola Voli Tingkir dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul.

Hadir dalam acara tersebut DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi yang juga Tokoh masyarakat Dusun Krebet, Kadus Krebet Kemiskidi, Ketua Pokdarwis Krebet Yulianto, Ketua Karang Taruna Desa Wisata Krebet bapak Riyadi, para Ketua RT Dusun Krebet dan ± 500 warga.

Bapak Riyadi mengungkapkan bahwa acara among-among ini sebagai tanda bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat hidayah dan kekompakan seluruh Karang Taruna Desa Wisata Krebet serta syukuran atas prestasi Karang Taruna sebagai juara 1 lomba festival kesenian se DIY Tahun 2015 kemarin

Acara diawali dengan doa, dilanjutkan dengan jalan sehat bersama dan ditutup dengan pembagaian hadiah dengan dimeriahkan pentas orgen tunggal hingga berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bakti Sosial Alumni SMA N 1 Bantul Angkatan 1990 Di Dusun Dadapbong

Minggu, 27 Desember 2015 Jam 08.00 Wib, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana menghadiri acara Reuni Perak 25 Tahun alumni SMAN 1 Bantul angkatan Tahun 1990 dengan tema Semangat “Berbagi” bertempat di rumah Bapak muntoha Kepala Dusun Dadapbong Sendangsari Pajangan Bantul.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Ketua Panitia Kegiatan Ibu Tatik Windari, S.Sos, M.S.E, Kabag Kesra Desa Sendangsari Bpk. Subari, Kepala Dusun Dadapbong bapak Muntoha dan ± 300 warga.

Ketua Panitia menyampaikan dalam rangka reuni perak (25 tahun) Alumni SMAN 1 Bantul angkatan Tahun 1990 ini kami akan menyelenggarakan bakti sosial berupa kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat, membagikan paket sembako murah dan pemberian tanaman buah kepada warga Dusun Dadapbong Sendangsari Pajangan, jelasnya.

Semoga kegiatan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk masyarakat Dadapbong Sendangsari Pajangan dan tahun depan insya Allah kami akan dilaksanakan kembali, tambahnya.

Camat Pajangan dalam sambutanya menyampaikan apreasi dan ucapan terima kasih atas kegiatan yang positif ini, semoga ini semua menjadikan amal baik bagi Alumni SMAN 1 Bantul angkatan 1990.

Adapun paket sembako yang dibagikan dalam kegiatan ini sebanyak 150 paket, sedangkan untuk pemeriksaan dan pengobatan gratis tidak dibatasi. Selama berlangsungnya acara personil Polsek Pajangan mengadakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaanaman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Jadwal Pelayanan Sim Keliling Polres Bantul Bulan Januari 2016

Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Januari 2016 adalah sebagai berikut :


NOHARITANGGALWAKTUTEMPAT
1.SENIN04Januari201609.00-12.00 WibKecamatan Kretek
2.SELASA05 Januari201609.00-12.00 WibPolsek Pundong
3.RABU06Januari201609.00- 12.00 WibPolsek Srandakan
4.KAMIS07 Januari201609.00-12.00 WibPolsek Imogiri
5.JUMAT08 Januari201609.00-12.00 WibKelurahan Banguntapan
6.SABTU09 Januari201619.00-21.00 WibLapangan Paseban
7.SENIN11 Januari 201609.00- 12.00 WibPolsek Pajangan
8.SELASA12 Januari 201609.00-12.00 WibKecamatan Kasihan
9.RABU13 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Pandak
10KAMIS14 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Piyungan
11.JUMAT15 Januari 201609.00-12.00 WibKecamatan Sedayu
12.SABTU16 Januari 201619.00-21.00 WibLapangan Paseban
13.SENIN18 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
14.SELASA19 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Jetis
15.RABU20 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Sewon
16.KAMIS21 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Bantul
17.JUMAT22 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Pleret
18.SABTU23 Januari 201619.00-21.00 WibLapangan Paseban
19.SENIN25 Januari 201609.00-12.00 WibKecamatan Kretek
20.SELASA26 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Pundong
21.RABU27 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
22.KAMIS28 Januari 201609.00-12.00 WibPolsek Imogiri
23JUMAT29 Januari 201609.00-12.00 WibKecamatan Banguntapan
24.SABTU30 Januari 201619.00-21.00 WibLapangan Paseban

Jam operasional : Pukul 09:00 - 12:00 WIB
SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari 3 bulan tidak bisa dilayanan SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Polres Bantul Larang Wisatawan Mandi Di Laut

Polres Bantul dan Tim SAR Pantai Parangtritis, secara tegas melarang para wisatawan yang berkunjung di Pantai Parangtritis mandi di laut karena sangat berbahaya bagi wisatawan.

KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Lukman Riyadi, Minggu, 27 Desember 2015 mengatakan berdasarkan informasi dari BMKG, tinggi gelombang laut di pesisir pantai selatan diprediksi akan berada pada kisaran sembilan hingga 11 feet, atau sekitar 2,5 meter hingga tiga meter.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, petugas menghimbau para pengunjung dengan membagikan selebaran yang isinya larangan mandi di laut. Selain itu Petugas juga melakukan himbauan melalui pengeras suara di Pos SAR dan juga menggunakan mobil patroli berpengeras suara.

Kegiatan semacam ini oleh Sat Binmas juga dilakukan di Pantai Depok, Pantai Pelangi, Pantai Samas, Pantai Kwaru, Pantai Goa Cemara dan Pantai Pandansimo untuk mencegah terjadinya laka laut selama liburan natal dan tahun baru 2016 ini.

Begitu juga selama musim liburan ini juga dilakukan pengamanan oleh personil Polres Bantul dibantu anggota SAR dan instansi terkait lainya, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang ingin mengisi liburan Natal dan Tahun di Pantai pantai seperti yang tersebut diatas. (Bag Humas Polres Bantu)

27 December 2015

Pulang Liburan Dari Parangtritis, Lina Kesurupan Di Pleret

Dijalan Pleret tepatnya di depan Mushola dusun Trayeman Pleret Bantul telah terjadi orang kesurupan, Minggu, 27 Desember 2015 pukul 18.00 Wib. Adapun korban adalah Lina Roviana (perempuan, 20 tahun) warga Gendeng, Prambanan, Klaten.

Kejadian tersebut mengundang perhatian ratusan warga sekitar serta para pengguna jalan, mereka berhenti di pinggir jalan raya yang menyebabkan kemacetan arus lalulintas. Petugas yang mendapat laporan warga tersebut segera datang ke TKP mengadakan pengaturan arus lalulintas untuk mencegah kemacetan dan sebagaian lagi menangani korban.

Paur Humas Polres Bantul Aiptu Agus Suryanto menjelaskan, menurut keterangan saksi Ari T (perempuan, 19 tahun) saudara korban bahwa saat itu dirinya bersama korban pulang dari Pantai Parangtritis. Sesampainya di TKP tepat adzan Magrib sepeda motor yang dinaiki korban jalanya terseok seok dan kemudian oleh saksi disuruh berhenti dipinggir jalan.

Begitu didekati oleh saksi tiba tiba mata korban terbelalak menakutkan dan berteriak teriak tidak jelas. Kemudian oleh saksi ditanya, tapi korban malah ngomel tidak karuan. Melihat hal tersebut selanjutnya saksi meminta tolong ke warga sekitar untuk membantu korban.

Mendengar teriakan saksi, selanjutnya beberapa warga yang kebetulan berada disekitar TKP segera memberikan pertolongan kepada korban. Oleh warga, korban digotong menuju serambi mushola dusun Trayeman untuk diberi pertolongan. Namun malah korban berteriak teriak seperti kesurupan.

Setelah warga tidak bisa mengatasi hal tersebut kemudian dipanggilkan orang pintar untuk menyembuhkan korban namun hasilnya nihil. Selanjutnya oleh ustadz setempat dibantu anggota Polsek Pleret Aiptu Dalhari meruqyah korban dengan dibacakan ayat ayat suci Al Quran. Tidak sampai 10 menit diruqyah, Jin yang berada ditubuh korban meronta dan keluar dari tubuh korban (sadar).

Setelah korban sadar tepatnya pukul 20.00 Wib, selanjutnya oleh petugas dibantu warga dibawa ke rumah sakit Permata Husada Pleret untuk mendapatkan perawatan medis dengan situasi aman tertib. (Bag humas Polres Bantul)