Pemberian SPP Awards Dan Bantuan Langsung Rtm 2015 Kec. Pajangan

Posted by tribratanewsbantul on 15:29

Pajangan, Selasa, 29 Desember 2015 jam 09.00 Wib, Telah dilaksanakan acara pemberian SPP Awards, Bantuan Langsung RTM 2015 dan Pameran Produk kelompok SPP di Pendopo Kec. Pajangan.

SPP Awards merupakan pemberian penghargaan yang diberikan kepada kelompok SPP Kec. Pajangan yang mempunyai prestasi baik. Sedangkan untuk Bantuan langsung RTM 2015 merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Pajangan yang masih berada dibawah penghidupan yang layak.

Pameran gelar potensi produk kelompok SPP diikuti sejumlah 17 kelompok, 15 kelompok dari program PNPM dan 2 kelompok dari program MP3KI (Tahun 2014). Produk yang ditampilkan berupa emping mlinjo, emping garut, nira kelapa, gula Jawa, kerajianan, tas gendong, telur asin, tempe koro, kripik sledri kripik daun singkong dan pati garut.

Ketua BKAD Drs. Sukamtri menjelaskan kegiatan bantuan langsung ini merupakan rutin tiap Tahun dari hasil menyisihkan surplus dari program SPP PNPM MPd (2006-2014) yang masih berkelanjutan di wilayah Kec. Pajangan.

Bantuan langsung berupa rehab rumah kurang layak huni. Dari 3 rumah yang ditargetkan, Tahun 2015 ini subsidi rehab rumah tidak layak huni menjadi 9 rumah di 3 Desa, dengan alokasi dana sebanyak Rp. 75 juta (Rp. 25 juta/Desa). Kelompok SPP di Kec. Pajangan berjumlah ± 115 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 1.200 orang sehingga benar-benar memberdayakan masyarakat Kec. Pajangan.

Camat Pajangan, Dra. Sri Kayatun menyampaikan wilayah Kec. Pajangan kondisi 80 % pegunungan, 20 % pertanian sesuai musim. Sehingga kita berorientasi di pengembangan pariwisata. Program PNPM MPd dan MP3KI kemarin di Pajangan banyak memberdayakan masyarakat Pajangan. 3 (tiga) agenda sekaligus ini merupakan aspirasi dari masyarakat Pajangan dan disetujui oleh UPK Pajagan untuk membantu masyarakat yang masih berada dibawah penghidupan yang layak.

Kita berharap ada kelanjutan dari program PNPM MPd dan MP3KI yang sudah berjalan di wilayah Pajangan, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di wilayah Pajangan.

Terakhir Ia mengumumkan bahwa mengurus Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) cukup sampai di Kecamatan saja. Dengan surat izin tersebut usaha mikro dan kecil dapat meminjam dana ke Bank guna menambah dan memperkuat modal usaha.

Asek III Bpk. Sunarto, SH MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas pengelola PNPM yang masih berlanjut dan hasilnya dapat membantu program sosial di wilayah Kec. Pajangan ini.

Kita optimis pariwisata Pajangan cepat atau lambat akan berkembang, kita harus bisa menangkap kesempatan tersebut. Wisata kuliner Kec. Pajangan yang terkenal adalah Ingkungnya, dari pejabat maupun wisatawan sudah mengetahuinya. Dukungan dari semua pihak kita harapkan guna memajukan priwisata di Kec.Pajangan ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan langsung RTM 2015, pemberian hadiah SPP Awards kepada kelompok yang berprestasi dan peninjauan stan pameran dari kelompok SPP hasil binaan UPK Pajangan selama ini. T

Acara dilanjutkan pengecekan langsung rumah yang sudah di rehab di rumah bapak Miskijan Dusun Jogonandan Triwidadi Pajangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asek III Bidang Administrasi Sunarto, SH, MM mewakili Bupati Bantul, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Ketua BKAD (Badan Koordinasi Antar Desa) Drs. Sukamtri, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi dan Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, kegiatan diikuti sejumlah ± 300 orang. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:29

0 komentar:

CB