Rakor Evaluasi Pilkada Bantul 2015

Posted by tribratanewsbantul on 20:39

Bertempat di Hall Bamboo ingkung kuali Desa Wisata Kalakijo, Guwosari, Pajangan telah dilakukan rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 oleh KPU Kab. Bantul, Rabu 27 Januari 2016 jam 10.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kab. Bantul M. Johan Komara S.IP, Komisioner KPU Syahrudin, Komisioner KPU Arif Widayanto, S.FIL, Drs Supardi Ketua Panwaslu Kab. Bantul, AKP Sumanto Kasubagops Polres Bantul mewakili Kapolres Bantul, Kapten Kav. Pangestu Pasi Ops Kodim 0729/Bantul, Suparmadi Kasi penindakan Hukum Satpol PP Kab. Bantul, Putro Haryanto Kasi Intel Kejari Bantul,  Agus Jaka S. Dishub Kab. Bantul, Lilik Raharjo JPPR DIY, Ramelan PPK Delingo, Sri Suparmi Dinkesm Kab. Bantul, Paguyuban Lurah Kab. Bantul “Tunggul Jati” Ibu Ani Widayani, Bpk. Bagus (Disdukcapil Kab. Bantul), Kemenag Kab. Bantul Riyadi, M. Zainudi MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) PKN, perwakilan PPK dan PPS di Kab. Bantul sejumlah ± 30 orang.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kab. Bantul M. Johan Komara S.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa secara umum pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Tahun 2015 berjalan dengan lancar, tertib serta aman.

Ada beberapa indikator terkit keberhasilan itu antara lain tidak adanya pemohonan perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi, tidak adanya gugatan ke PTUN, tidak adanya pengaduan penyelenggara ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), tidak adanya konflik di masyarakat, dan tingkat partsisipasi pemilih di Bantul termasuk tertinggi di DIY yaitu 75,27 persen serta kebesaran jiwa bagi Pasangan Calon yang tidak terpilih dengan pemberian ucapan selamat kepada Pasangan Calon  terpilih.

Karena itu atas nama lembaga Muhammad Johan Komara, S.IP menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya tahapa, program serta jadwal  penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Taun 2015. Namun demikian masih ada beberapa catatan yang perlu dievaluasi untuk perbaikan proses demokrari pemilihan ke depan khususnya menyangkut masalah sosialisasi, kampanye, pemutkahiran daftar pemilih, persyaratan Badan Ad Hoc terutama KPPS serta regulasi yang tidak multi tafsir.

Pada kesempatan tersebut para peserta rapat koordinasi menyampaikan masukan dan saran rekomendasi  terkait evaluasi Pemilihan Bupati dan Wakil Buapti Bantul Tahun 2015 baik secara lisan maupun secara tertulis, yang akan dijadikan bahan evaluasi dan  ditindaklanjuti oleh KPU Kabupaten Bantul. 

Selama berlangsungnya rakor personil Polsek Pajangan mengadakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 20:39

0 komentar:

CB