Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri 2016 Di SMK Muhammadiyah I Bambanglipuro

Posted by tribratanewsbantul on 15:39

Guna meningkatkan animo peserta seleksi calon anggota Polri, Polres Bantul bersama tim dari Polda DIY melaksanakan sosialisasi penerimaan Polri Tahun anggaran 2016/2017 di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, Senin, 21 Maret 2016 pukul 10.00 WIB.

Materi sosialisasi disampikan oleh Kabag Sumda Polres Bantul Kompol Nugroho Budi Lustomo, S.Pd, AKP Taufik dari Biro SDM Polda DIY dan didampingi oleh Kasubbag Pers AKP Sulistiyaningsih, Kanit Bintibmas Sat Binmas Ipda Sudiasih serta anggota lainnya.

Dalam sosialisasi itu ratusan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dengan seksama dan antusias mengikuti sosialisasi penerimaan Polri.

Para siswa mendapatkan pemaparan lengkap mengenai mekanisme penerimaan anggota Polri dari tahap pendaftaran, seleksi, pendidikan dan tugas-tugas yang diemban setelah lulus. Penerimaan yang disosialisasikan juga bukan hanya Brigadir Polisi, tapi juga Akpol, Bintara, Tamtama dan Sumber Sarjana atau SIPSS.

Dihadapan para siswa, AKP Taufik mengatakan orang awam mungkin sering berpendapat bahwa untuk menjadi polisi harus menyuap hingga ratusan juta rupiah, tetapi faktanya banyak yang menjadi Polisi tanpa membayar sepersenpun.

Oleh karena itu apaibila kalian berminat mendaftar jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang mengambil kesempatan tersebut. Bahwa kelulusan menjadi polisi bukan karena uang tapi karena kemampuan peserta diri sendiri.

“Saya ambil contoh si A adalah Polisi yang menjanjikan kelulusan si B calon polisi, lalu si B di latih menjawab soal tes, si B juga diperiksakan ke rumah sakit untuk cek kesehatan, juga dilatih tes jasmani dan diberi tau standar yang harus dilakukan. Dan akhirnya si B lulus. Tapi sebenarnya bukan karena si A melainkan karena si B memang memenuhi syarat untuk menjadi Polisi. Dan akhirnya uang masuk ke kantong si A,” paparnya.

AKP Taufik juga menambahkan, bagi pendaftar yang ingin menjadi anggota Polri baik laki-laki maupun wanita, agar fokus untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik siap secara spiritual, mental, kesehatan, intelegensia dan fisik.

Sementara itu Kabag Sumda Kompol Nugroho Budi menambahkan, pendaftaran penerimaan anggota baru Polri, bakal dilaksanakan secara serentak di tanah air. Akan tetapi tanggal dan bulannya, SDM Polri belum menentukan hingga hari ini. Khusus untuk seleksi calon anggota Polri dari jalur SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) telah dilaksanakan pada tanggal  4 s.d. 22 Februari 2016 lalu.

Kepala Sekolah SMK Muhhamadiyah 1 Bambanglipuro Drs.H. Maryoto mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas sosialisasi yang disampaikan langsung oleh tim dari kepolisian, hal semoga melecut semangat anak didiknya untuk lebih mempersiapkan diri baik secara mental maupun jasmani mengikuti seleksi calon anggota Polri tahun ini. (Bag Sumda)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:39

0 komentar:

CB