31 July 2016

Syawalan PPP Se Kabupaten Bantul Di Gedung Gapensi

Minggu, 31 Juli 2016 pukul 10.36 Wib bertempat gedung serbaguna Gapensi jalan Dr.  Wahidin Sudirohusodo, Trirenggo,  Bantul telah berlangsung syawalan dan tabligh akbar PPP se Kab.  Bantul.

Syawalan dihadiri oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Wabub Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua DPW PPP Yogyakarta H. Sukri Fadoli, Ketua DPC PPP Kab. Bantul sdr. Barig Gupron, Ustad. H. Umar Said, DPRD Propinsi DIY fraksi PPP Edi Susilo, DPRD  Fraksi PPP kab. Bantul, Ketua Dewan Pembina GKP Muhammad Fuad Andreago, Ketua GPK Kota Yogyakarta Deni Yusuf, Ketua Laskar suara jihad Bantul Hidayat Syaifullah dan Simpatisan serta Laskar sayap partai PPP Se-Kab. Bantul kurang lebih 2000 orang.

Ketua Panitia saudara H. Jironi dalam sambutanya Menghaturkan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin, kami mohon maaf bila ada kekurangan dalam penyelengaraan acara ini serta diucapkan terimakasih kepada pihak yang membantu acara ini.

Kami berharap acara ini menjadi ajang konsolidasi internal PPP Bantul yang mana Kita sebagai kader/keluarga yang tidak dapat dipisahkan. Momen ini menjadi momentum kebangkitan dan ajang silaturakhim PPP di Kab Bantul dan di DIY.

Bupati bantul daam sambutanya mengucapkan puji syukur sehingga kita dapat mengikuti giat Syawalan PPP, sebelumnya saya pribadi beserta staff memohon maaf yang sebesar besarnya di hari idul fitri ini. Saya sebagai pelayan masyarakat berniat melayani dengan semangat dan sungguh-sungguh, hal hal yang tidak benar mari Kita singkirkan bersama.

Dalam waktu dekat ini saya akan melakukan penyegaran dengan melakukan rotasi jabatan di pemkab Bantul. Dalam melakukan rotasi jabatan saya akan melakukan tes, tidak akan asal tunjuk saja.

Mari Kita sama sama mendukung kebijakan saya karena yang saya inginkan saat ini adalah kesejahteraan masyarakat Bantul, jangan sampai ada masyarakat Bantul yang tersesat dengan minum minuman dan mabuk mabukan.

Saya membuka lebar-lebar investor yang mau masuk ke Bantul, sebentar lagi akan dibuka kawasan industri di wilayah Bantul. Saya tidak minta pajak yang besar namun saya meminta 75% pekerjanya berasal dari Bantul, sehingga diharapkan warga Bantul tidak akan bekerja jauh jauh keluar Bantul namun bisa di wilayahnya sendiri.

Saya berharap pada pejabat jangan sampai ada pelanggaran/korupsi dan jangan sampai masuk penjara, bekerja sesuai dengan peraturan yang sudah ada, jangan tiru pemerintahn yang lalu.
   
Dalam Tausyiah, KH. Umar Said menyampaikan hal yang harus dimiliki setiap Umat muslim adalah tauhid, banyak sekali ayat Allah yang menyebutkan akan pentingnya tauhid.

Kata tauhid yang lebih berharga dari apapun yang ada di dunia ini adalah "la ilaha illallah". Kita tidak boleh mengingkari kata tersebut dan artinya. Bila yang urgen ini tidak ada pada diri manusia maka semua amal ibadahnya tidak ada artinya dihadapan Allah SWT.

Pluralisme saat ini telah berkembang dan dapat merenggut "la ilaha illallah" dari diri manusia. Allah tidak akan mengampuni orang yang melakukan pluralisme karena itu merupakan kemusyrikan dan Jangan ada yang menyatakan sepakat kepada kata kemusyrikan karena tempatnya adalah neraka jahanam.

Kebanyakan perkara itu diawali dari perkara yang kecil dan itu diperbesar oleh adanya hawa nafsu, oleh karena itu memaafkan merupakan suatu keharusan, sehingga kegiatan Syawalan bukanlah suatu hal yang harus dijadwalkan.

Selesai tausyiah dilanjutkan pembacaan Ikrar syawalan oleh Dedy dari laskar Surban hitam kemudian dilanjutkan amanat politik ketua DPW PPP DIY H. Sukri Fadoli yang menyampaikan mari Kita panjatkan puji syukur sehingga Kita dapat menghadiri giat Syawalan ini semoga amalan kita diterima Allah SWT.

Indonesia saat ini darurat narkoba karena benda itu sudah dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat. PPP harus bangkit bagaimana melawan narkoba. Tantangan kedua adalah Indonesia darurat perkosaan dimana mana. Oleh karena itu angkatan muda PPP harus memiliki akhlak moral yang luar biasa, saya tidak ingin anak muda Bantul banyak yang hamil muda.

Tantangan yang ketiga adalah Indonesia darurat KKN, pejabat indonesia banyak yang melakukan KKN padahal gaji mereka tinggi. Agar angkatan muda PPP melakukan konsolidasi dan kritis terhadap pemerintahan Kab. Bantul dan tidak perlu ragu untuk mendukung bila kebijakan itu benar.

Anak muda merupakan pilar kekuatan bangsa dan jangan sekali sekali meninggalkan akhlak beragama, saya tutup dan amanatkan agar giat PPP harus dirubah, bukanlah hanya konvoi dan mengganggu masyarakat. Namun santun berkendara sehingga bukan tidak mungkin PPP dapat menjadi juara pada pemilu yang akan datang.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul dibantu Polres Bantul dan Polsek Lainya melaksanakan pengamanan hingga kegiatan selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Bantul)

Pengamanan Giat Syawalan PPP Se Kab Bantul

Ratusan personil Polres Bantul dan Satbrimobda DIY menggelar apel pengamanan di halaman Mapolres Bantul. Minggu, 31 Juli 2016 pagi. Apel pengamanan dipimpin Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK digelar dalam rangka pengamanan kegiatan partai politik (parpol) di Bantul.

Adapun kegiatan itu yaitu halal bihalal Syawalan laskar PPP se Kabupaten Bantul di gedung Gapensi Trirenggo Bantul dengan mengundang tokoh PPP dan sejumlah 46 laskar GPK PPP se Kab Bantul. Tidak menutup kemungkinan laskar PPP dari luar Bantul juga akan mengahadiri kegiatan tersebut.

Oleh karenanya polisi menerjunkan ratusan personelnya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Bantul. Ratusan polisi ini nantinya akan disebar di titik-titik keramaian dan kerawanan maupun lokasi kegiatan dan juga mengantisipasi adanya gesekan dengan kelompok lain yang dapat menimbulkan keributan.

Dalam arahanya, Kapolres menekankan kepada personil untuk melakukan tugas dengan penuh tanggungjawab, bila ada pelanggaran bertindaklah tegas sesuai prosedur serta jaga keselamatan personil. Baca perkembangan situasi dan segera laporkan ke pimpinan secepatnya apabila ada kejadian, tegasnya.

Selesai apel selanjutnya, Kabag Ops membagi tugas personil sesuai polting yang telah ditentukan sebelumnya dilanjutkan penggeseran pasukan ke titik titik sesuai tugas yang telah diberikan masing masing. (Bag Humas Polres Bantul)

Pertandingan Sepak Bola ISC B 2016 Antara PSIM Yogyakarta Vs PSIS Semarang Di SSA Bantul


Sabtu, 30 Juli 2016 pukul 14.00 Wib bertempat di Stadion Sultan Agung Bantul telah berlangsung kegiatan Pertandingan Sepak Bola ISC B 2016. Pertandingan antara PSIM Yogyakarta Vs PSIS Semarang dengan perangkat pertandingan Wasit Mustofa Umarela dari Jakarta Timur, Asisten 1 Sdr. Anang Sutardi dari Bandung, Asisten Wasit 2 Bibit Sulaiman dari Sidoharjo dan Wasit Cadangan Hamim Tohari dari Lamangan serta sebagai Match Commisioner adalah Andik Satriya P,S.Pd.

Hadir dalam kegiatan tersebut para seporter dari kedua kesebelasan yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 9.000 orang penonton.

Adapun hasil dari pertandingan yaitu skor PSIM Yogyakarta : 1 dan PSIS Semarang : 0, pencetak gol oleh Rangga Muslim Perkasa dengan nomor punggung 15 pada babak ke dua. Pertandingan sampai menit akhir dimenangkan oleh PSIM Yogyakarta.

Seporter pendukung Tim Kesebelasan PSIS Kota Semarang terdiri dari Snex dengan Korlap selaku ketua Sdr. Rendra yang berada di lokasi Tribun sebelah utara, Panser Biru dengan korlap selaku Ketua Sdr. Wareng berada di lokasi Tribun VIP sebelah selatan dan Seporter Independent atau datang sendiri dengan menempati lokasi pada tribun VVIP dan sebagian berada di Tribun Pojok Tumur dengan jumlah Seporter keseluruhan kurang lebih 2.000 orang.

Seporter Brajamusti pendukung Tim kesebelasan PSIM Yogyakarta terdiri dari element  BMPG, Biru Erem, Blue Crime, Bill Kids, Hayamwurug Gandulaning Atiku, Timoho, Lapas, Well Forever With You dengan Korlap selaku ketua / Presiden Brajamusti  Sdr.  Eko Patrio Pringgondani alias Mamed dengan menempati lokasi pada tribun sebelah selatan dengan jumlah seporter kurang lebih 4.000 orang.

Dan Seporter Pendukung PSIM The Maident dengan Korlap selaku Ketua adalah Sdr. Hari Palang dengan menempati lokasi pada tribun sebelah utara dengan jumlah seporter kurang lebih 1000 orang, serta Seporter indepedent laskar Mataram berada pada lokasi Tribun VIP sebelah utara.

Usai pertandingan Seporter Brajamusti dan Panser Biru dan Snex menyanyikan lagu persahabatan antara dua Seporter pendukung PSIM Yogyakarta dan PSIS Semarang dan disampaikan pesan persahabatan dari masing - masing ketua Seporter kemudian dilanjutkan para seporter keluar dari stadion dengan urutan The Maiden, Brajamusti, snex dan Panser Biru.

Selama kegiatan berlangsung personil Polres Bantul dan jajaran Polsek dibantu Brimob, TNI dan instansi samping dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK didampingi Waka Polres, Kabag Ops, para Kasat melaksanakan pengamanan hingga pertandingan selesai dalam keadaan aman tertib. (Bag Humas Polres Bantul)
  

Warga Plebengan Sidomulyo Berantas Sarang Nyamuk

Warga Plebengan Sidomulyo Bambanglipuro menggelar kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hal ini dilakukan warga sebagai langkah antisipasi serangan nyamuk Demam Berdarah ( DB ) di musim penghujan sekarang ini. ”Ini memang kegiatan kerja bhakti bersama, hanya saja kali ini di kemas dengan sasaran PSN untuk antisipasi serangan penyakit Demam Berdarah,”kata Drs Saryono selaku PJ Lurah Sidomulyo Bambanglipuro.Kegitan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 jam 09.00 wib.

Dengan dilakukan kegiatan ini diharapkan nantinya lingkungan menjadi bersih dari sarang nyamuk. Tampak hadir dalam kegitan tersebut Bhabinkamtibmas Sidomulyo Bripka Siswanto, PJ Lurah Sidomulyo Drs saryono, perwakilan dari Puskesmas Bpk Wiyono Mkes, dinas kesehatan Kab Bantul Ibu Yuniwati Mkes.

Pelaksanaan PSN tidak harus dari aparat Pemerintah, namun harus ada peran aktif dari masyarakat” kata Bripka Siswanto.

Bentuk dukungan dari Polsek Bambanglipuro adalah Bhabinkamtibmas selalu aktif melibatkan diri dalam setiap kegiatan masyarakat contohnya kegiatan PSN ini.

Kegiatan PSN ini diawali dengan koordinasi di rumah Bpk Dukuh Plebengan Sidomulyo dengan sasaran pada tempat tempat penampungan air, pakan ternak dan barang – barang bekas yang dimungkinkan tempat bersarangnya nyamuk.

Dalam penanganan Demam Berdarah, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. “Oleh karena itu program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan”kata Ibu Yuni selaku perwakilan dari dinas kesehatan Kab Bantul. (Sihumas Polsek Bambanglipuro) 

Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Sabrang Lor

Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit di dusun Sabrang Lor RT 03 Triwidadi Pajangan Bantul, Sabtu 30 Juli 2016 jam 20.30 Wib.

Sebagai dalang adalah Ki Sudiyono dari Turi Sleman dengan lakon Mbangun Purbo Suyoso. Sinden Ibu Suyati, Ibu Sutiyah diiringi Karawitan Madyo Laras.

Hadir dalam kesempatan ini DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Kepala Dukuh Sabrang Lor Bpk. Sapardi, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, tokoh masyarakat dan warga Sabrang Lor yang menyaksikan sejumlah ± 300 orang.

Pagelaran ini diselenggarakan dalam rangka tasyakuran khitanan cucu bapak Kawito yang bernama Bagas Tirta Kusuma. Hingga selesainya acara situasi berakhir dalam keadaan aman dengan pegamanan dari personil Polsek Oajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Triwidadi Hadiri Penjaringan Aspirasi Anggota DPRD DIY Di Polaman

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri acara penyerapan aspirasi anggota DPRD DIY KPH. Purbodiningrat, SE, MBA Fraksi PDI Perjuangan DIY di dusun polaman RT 02 Triwidadi Pajangan Bantul, Sabtu, 30 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Acara ini dihadiri warga masyarakat Polaman sejumlah ±  200 orang. Penjaringan aspirasi ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) DIY Perubahan Tahun 2016.

Aiptu Ngadiman dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat datang. Kedatangan KPH. Purbodiningrat, S.E, MBA dan Tim merupakan kehormatan bagi kami. Semoga dalam penjaringan aspirasi ini keinginan warga Polaman dapat terwujud dan hubungan anggota dewan dengan masyarakat makin terjalin dengan baik.

Hingga selesainya penjaringan aspirasi aggota DPRD DIY di Dusun Polaman Triwidadi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihimas Polsek Pajangan)

Bhabinkatibmas Guwosari Hadiri Pelatikan IPNU - IPPNU Pajangan

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH mewakili Kapolsek Pajagan menghadiri acara Pelantikan PAC IPNU - IPPNU Kec. Pajangan bertempat di Masjid Ihsanullohb dusun Watugedug RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu, 30 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kaur Umun Desa Guwosari Yudhi Susanto, Kepala Dukuh Watugedug Bpk. Mistijan, Ketua Panitia Bpk. Mawangir, Ketua IPNU - IPPNU se Kab. Bantul, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga duaun Watugedug sejumlah ±  300 orang.

Kaur Umum Yudhi Susanto mewakili Lurah Guwosari menyampaikan Pemerintah Desa Guwosari menyambut baik acara ini sekaligus halal bihlal bersama warga Watugedug. Kita berharap dengan pelantikan ini IPNU dan IPPNU dapat membantu Pemerintah untuk membagun wilayah Pajangan, selamat atas pelantikan Ketua IPNU - IPPNU Kec. Pajangan, ucapnya.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun menyampaikan dengan inti IPNU dan IPPNU diharap bersinergi dengan Pemerintah Kec. Pajangan untuk membangun Pajangan.

Adapun hasil Konfrensi Cabang ke VI IPNU - IPPNU Anak Cabang Pajangan menunjuk Ketua baru IPPNU – IPPNU periode 2016 – 2018 yaitu Ketua IPNU Anak Cabang Pajangan Sdr. Muhammad Khoirul Anwar (Dukuh - Guwosari) dan Ketua IPPNU Anak Cabang Pajangan Sdri. Nurfitrotul Janah. Pelantikan IPNU dilakukan oleh Ketua PC IPNU Kab. Bantul Ahmad Sidiq. Sedangkan pelantikkan IPPNU Kec. Pajangan dilakukan oleh IPPNU Kab. Bantul Sdri. Amin Khotimah.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar syawalan dan pengajian yang diisi oleh KH. Kholik Syifaq Rois Syuriah Kab. Bantul dari Wonokromo Pleret Bantul. Acara selesai dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pembukaan Pelatihan PMR SMKN 1 Pajangan Di Goa Selarong

Sabtu,  30 Juli 2016 jam 16.00 Wib telah dilaksanakan pembukaan Pelantikan PMR SMKN 1 Pajangan bertempat di lapangan Goa Selarong Dusun Kembangputihan Guwosari Pajangan Bantul.

Pembukaan dilakukan oleh Ibu Nurmala Dewi, S.Pd yang menyampaikan kesiapan mental dan fisik para peserta harus mantap, sebentar kita akan melakukan jalan sehat dari lapangan menuju ke SMKN 1 Pajangan melalui Krebet. Oleh karena itu bagi peserta yang sakit harap melaporkan diri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka regenerasi pengurus dan anggota PMR SMKN 1 Pajangan. Pembentukan mental dan pembekalan mengenai pengetahuan, tugas dan fungsi PMR aka diberikan dalam pelatihan selanjutnya.

Pelantihan diikuti oleh 3 orang Pembina, 9 orang Panitia dan 10 peserta. Pembukaan pelatihan yang dilakukan dengan sederhana selesai dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

30 July 2016

Temu Lapang Siti Hediati Soeharto Dengan Kelompok Tani Sri Makmur Sogesanden

Jum'at, 29 Juli 2016 pukul 10.00 Wib, bertempat di bulak sawah Dusun Sogesanden, Srigading, Sanden, Bantul berlangsung giat "Temu Lapang & Temu Wicara Kegiatan Pengkajian Komoditas Unggulan Holtikultura" antara Siti Hediati Soeharto, SE Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dengan Kelompok Tani Sri Makmur Sogesanden, Srigading, Sanden, Bantul.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kunjungan kerja masa reses Siti Hediati Soeharto, SE sebagai anggota DPR RI, yang bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta dan Dinas Pertanian & Kehutanan Bantul.

Hadir dalam giat tersebut, Siti Hediati Soeharto, SE Wakil Ketua Komisi IV DPR RI,  Bpk. Suwardi anggota DPRD Propinsi DIY, perwakilan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, perwakilan Dinas Pertanian & Kehutanan Bantul, BKPPP Bantul, Muspika Sanden, Kanit Sabhara Polsek Sanden Iptu Nurudin, Lurah Desa Srigading, Kadus Sogesanden, serta anggota kelompok tani Sri Makmur dan kelompok tani di seputaran bulak Sogesanden.

Sesampainya di lokasi kegiatan, Siti Hediati langsung melakukan pananaman secara simbolis bawang merah farietas tiron dan biru lancur.

Camat Sanden Drs. Fatoni dalam laporannya menjelaskan bahwa potensi lahan tanaman holtikultura di wilayah Kecamatan seluas 500 Ha khusus untuk penanaman bawang merah dan cabe yang tersebar di 4 desa. Namun ada beberapa kendala yang dialami petani, pertama Sumber Daya Manusia tenaga kerja masih kurang. Petani membutuhkan alat pencacah tanah untuk mengolah lahan yaitu multifator. Kedua masalah permodalan, operasional penanaman bawang merah membutuhkan Rp 80-90 juta/ha. Permasalahan ketiga terkait mahalnya harga benih bawang merah yang mencapai Rp 40-50 rb/kg. Ini yang menjadi permasalahan para petani, jelas Camat.

Sedangkan Bpk. Suroto selaku seksi usaha kelompok tani Sri Makmur melaporkan, pola tanam yang dilakukan yakni padi dengan produksi rata-rata 8-9 ton/ha, bawang merah MT 1 produksi 8-10 ton/ha, cabe, dan bawang merah MT 2 dengan produksi rata-rata 13-15 ton/ha. Kegiatan yang dilakukan adalah penangkaran dan produsen benih bawang merah telah mendapatkan surat kopetensif dari BPSB. Permasalahan yang dialami petani kurangnya tenaga kerja dan modal, perlunya alat mekanis dan iklim.

Siti Hediati Soeharto, SE dalam kesempatannya mengatakan, kedatangannya adalah melakukan kunjungan kerja dalam masa reses. Beliau berjanji, permasalahan yang menjadi kendala petani akan disampaikan ke pusat. Lebih lanjut Siti Hediati mengatakan, bawang merah dan cabe merupakan komoditi pangan yang bisa mempengaruhi inflasi, untuk itu anggaran untuk bawang merah dan cabe ditingkatkan. Beliau berharap BPTP melakukan penelitian dan inovasi untuk mendapatkan bibit unggul dan tahan terhadap penyakit sehingga produksi hasil pertanian semakin meningkat. Dalam kesempatan tersebut, Siti Hediati memberikan berbagai macam bantuan kepada kelompok tani, diantaranya yaitu genset.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sanden)

Wayang Kulit Gelar Budaya Desa Gadingsari

Bertempat di Dusun Bongos II, Gadingsari, Sanden, Bantul berlangsung pagelaran wayangkulit dengan dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon "Gatotkoco Wisudo", Jum'at 29 Juli 2016 pukul 20.00 Wib. Pagelaran wayang kulit salam rangka syawalan, pengajian, dan gelar budaya desa Gadingsari.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kab. Bantul dari fraksi partai Demokrat Bpk. Nurrohmat, Sekcam Sanden Rudi Suharto, SIP MM, Pj lurah Gadingsari Mulyadi, SIP, pamong desa Gadingsari, BPD Gadingsari, serta masyarakat sekitar 300 orang.

Sekcam Sanden Rudi Suharto, SIP MM mengatakan, kegiatan gelar budaya dilaksanakan dengan tujuan melestarikan kebudayaan jawa. Diharapkan masyarakat dapat mengambil hikmah dan nilai luhur dari cerita "Gatotkoco Qisudo". Lebih lanjut,  diharapkan masyarakat dapat tetap mempertahankan budaya gotongroyong.

Sebelum pagelaran wayang dimulai, terlebih dulu dilaksanakan pengajian yang disampaikan oleh ustadz Drs. H. Purwono, MA dari Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan yang intinya antaralain, sesama umat muslim harus saling memberikan salam dan saling mendoakan. Mengajak untuk selalu berlomba - lomba dalam berbuat kebaikan. Ustadz Purwono juga mengajak kepada seluruh umat muslim agar selalu menjaga kesehatan sehingga dapat menjalankan perintah Islam.

Dalam wayang kulit, Ki Seno Nugroho dengan lakon "Gatotkoco Wisudo" tersebut menceritakan perjalanan Gatotkaca hingga diangkat menjadi senopati.

Guna menciptakan keamanan dan kelancaran pagelaran wayang kulit tersebut, jajaran anggota Polsek Aanden melaksanakan pengamanan yang dipimpin oleh Kanit Intel Aiptu Wiyana. (Sihumas Polsek Sanden)

Hadapi Pilurdes Serentak, Kanit Binmas Polsek Sanden Ajak Warga Murtigading Jaga Persatuan

Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana menghadiri giat syawalan keluarga besar Komunitas Boek Dhuwur di Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul, Jum'at 29 Juli 2016 pukul 20.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut, Muspika Kecamatan Sanden, Kanit Bimas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Kabag Kesra Desa Murtigading, Bhabinkamtibmas desa Murtigading Aiptu Sabari,  Bhabinsa H. Sumardiyono, Ketua BPD Desa Murtigading,  Kepala Dukuh se-Desa Murtigading, tamu undangan sekitar 100 orang, dan anggota komunitas Boek Dhuwur.

Ketua Panitia Boek Dhuwur Sdr. Dwi Purwanto mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir. Dwi Purwanto menjelaskan, bahwa komunitas Boek Dhuwur ini berdiri pada tanggal 18 Agustus 2008 dengan sekretariat di Dusun Sanggrahan, Murtigading Sanden. Kegiatan  yang dilakukan komunitas ini bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. Lebih lanjut Dwi Purwanto mengatakan, komunitasnya selalu siap membantu kegiatan dari pemerintah yang anggotanya terdiri dari warga desa Murtigading  dari berbagai kalangan, jelasnya.

Drs. Sutrisno Kabag Kesra Desa Murtigading mengucapan terimakasih kepada komunitas Boek Dhuwur yang selalu eksis dalam membantu kegiatan di dalam kemasyarakatan warga Sanden. Kedepan, komunitas ini agar membentuk kelompok budaya yang nantinya akan didaftarkan ke Dinas Kebudayaan supaya kegiatanya mendapatkan dukungan dana keistimewaan dan dana desa, harap Sutrisno.

Lebih lanjut Sutrisno menjelaskan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan kegiatan pesta demokrasi pilurah Desa Murtigading, agar warga masyarakat ikut menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Murtigading, ajak Sutrisno.

Sedangkan Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana dalam kesempatannya mengatakan, atas nama keluarga besar Polsek Sanden, mengucapkan terima kasih kepada komunitas Boek Dhuwur yang selama ini ikut membantu dalam kegiatan sosial di masyarakat, termasuk juga membantu kegiatan kamtibmas  di wilayah Murtigading yang sampai saat ini dapat dirasakan manfaatnya bagi warga Murtigading maupun Pemerintahan Sanden.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas memperkenalkan Aiptu Sabari sebagai Bhabinkamtibmas desa Murtigading yang bertugas memonitor kegiatan, kejadian dan memberi pelayanan kamtibmas di wilayah Murtigading.

Terkait kamtibmas, Iptu Tri Haryana berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar memberikan informasi sekecil apapun di wilayah Sanden kepada Bhabinkamtibmas maupun Bhabinsa. Apabila ada permasalahan di wilayah bisa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk diselesaikan ditingkat dusun/desa melalui tokoh masyarakat maupun kelompok yang telah terbentuk di masyarakat sehingga permasalahan dapat selesai dan tidak melebar, ajak Iptu Tri.

Lebih lanjut Iptu Tri berpesan kepada seluruh anggota komunitas agar memahami dan melaksanakan  AD/ART yang sudah terbentuk dalam pakta integritas dan kode etik komunitas, sehingga kegiatan komunitas berjalan sesuai aturan.

Dalam waktu dekat, desa Murtigading akan melaksanakan pilurdes secara serentak. Kepada komunitas Boek Dhuwur agar turut serta menjaga dan menciptakan kamtibmas di wilayah Murtigading, jangan sampai terpecah belah dengan adanya perbedaan pendapat, harap Kanit Binmas.

Acara dilanjutkan dengan tausyiyah pengajian yang disampaikan oleh H. Sumardiyono dan kegiatan berakhir pukul 22.15 Wib berjalan aman lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Polsek Pajangan Sosialisasikan Kode Kenthongan

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dan Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto menghadiri Pertemuan rutin dan Syawalan P2AI (Pembinaan Pengamalan Agama Islam) Desa Triwidadi Pajangan di Balai Desa Triwidadi, Jumat 29 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto, Ketua P2AI Desa Triwidadi Bpk. Rohmad Marzuki, pengurus dan anggota P2AI yang hadir sebanyak 17 orang.

Rohmad Marzuki dalam sambutannya mengajak para hadirin meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT. Selanjutnya memimpin pembacaan Ikrar Halal bihalal yang diikuti seluruh peserta kegiatan.

Slamet Riyanto dalam kesempatannya menyampaikan Pembinaan Kaum Rois Desa Triwidadi Pajangan Bantul dan semua kegiatan dari P2A direncanakan tahun 2017 akan mendapat dukungan anggaran dari dana Desa Triwidadi.

Bhabin Kamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dalam kesempatan ini memberikan sosialisasi tentang cara-cara memukul kentongan sebagai alarm tanda bahaya.

Salah satu materi yang disampaikan adalah tanda-tanda bunyi kentongan sesuai dengan Instruksi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta No 5/Inst/1980 tanggal 6 Juli 1980.

Aiptu Ngadiman kemudian mempraktekkan cara memukul kentongan kepada seluruh anggota. Apabila situasi aman kentongan dipukul dengan cara Doro Muluk/ naik turun sebanyak satu kali dengan kode OOOOOOOOOOO.

Apabila masyarakat diminta wasada terhadap bencana alam maupun kejahatan, kentongan dipukul dua dua dengan kode OO. OO.OO. OO. OO.

Ketika terjadi tindak pidana pencurian, kentongan dipukul tiga tiga dengan kode OOO. OOO. OOO.

Sedangkan ketika terjadi tindak pidana perampokan, kentongan dipukul dengan cara titir tujuh, gandul satu dengan kode OOOOOOO. O. OOOOOOO. O.

Lain lagi ketika terjadi bencana alam, kentongan dipukul dengan cara titir dengan kode OOOOOOOOOOOO.

Dan yang terakhir adalah apabila ada orang meninggal dunia, kentongan dipukul dengan cara Doro Muluk/ naik turun gandul satu sebanyak dua kali dengan kode OOOOO. O. OOOOO. O. (Sihumas Polsek Pajangan)

29 July 2016

Syawalan Bersama Warga Pringgading

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH bersyawalan bersama warga dusun Pringgading Desa Guwosari Kec. Pajangan, Jumat, 29 Juli 2016 jam 20.00 Wib.

Syawalan juga dihadiri oleh Danramil Pajangan Kapten Suyadi, Lurah Guwosari Bpk. H. Muh. Suharto, Kasi Pemerintahan Desa Guwosari Bpk. Muh. Taufik, Dukuh Pringgading Bpk. Mangku Wibowo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Pedukuhan, Warga Perum Pringgading Blok 8 Guwosari dan warga masyarakat Dusun Pringgading sejumlah ± 200 orang .

Acar diawali dengan Tahlil dan doa yang di pimpin oleh Kaum Rois KH. Muhidin dilanjutkan denga sambutan oleh Tri Sihono dengan didampingi Zaenal dan Budi yang menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dan Kekhilafan yang telah terjadi selama ini.

Sebagai warga masyarakat Ia menyatakan dan menyadari bahwa permasalahan fasum dan fasos adalah persoalan pembeli dengan pengembang dan tidak akan dibahas dalam pertemuan / kegiatan RT.

Masalah kepengurusan RT Ia serahkan pada kebijakan Pedukuhan dan akan mengikuti ketentuan wilayah sesuai Perdes (Peraturan Desa) yang telah disepakati, tambahnya. Ia kemudian menyerahkan surat pernyataann kepada Kepala Dukuh Pringgading Bpk. Mangku Wibowo.

Kepala Dukuh Pringgading Bpk. Mangku Wibowo dalam sambutannya menyampaikan acara ini merupakan syawalan untuk warga pedukuhan Pringgading juga Perum Pringgading Blok 8. Kita bersyukur kepada Alloh SWT dengan syawalan ini kita bisa menciptakan kerukunan dan ketentraman warga pedukuhan Pringgading. Kita berharap dengan ini kita bisa makin bersatu lagi untuk membangun Dusun Pringgading agar lebih maju dan sejahtera. Penyusunan wilayah RT sudah kami bicarakan dan disepakati. Pringgading akan dilakukan pembaharuan seluruh RT pada tahun 2017, semoga dapat kita lakukan bersama-sama.

Untuk itu kami mohon arahan dari Lurah Guwosari dan Muspika Pajagan agar Pringgading ini bisa tambah bersatu dan maju.

AKP Suyanto, S.H. menyambut baik akan hal ini, Saya merasa senang dan bahagia warga Pringgading ini dapat bersatu lagi. Hubungan baik ini nantinya kami harap dilakukan dengan tulus ikhlas sehingga warga Pringgading ini bisa maju sejahtera. Hilangkan prasangka dan perbuatan negatif yang dapat menimbulkan perpecahan, jangan mengorek masa lalu dan kita kembalikan kepada diri kita. Semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh pedusunan lainnya di wilayah Pajangan. Mari kita pupuk kerukunan, persatuan, sifat gotongroyong untuk membangun Pajangan agar lebih cerdas, sehat dan makin sejahtera.

Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dalambkesempatan ini memberikan arahan juga diminta untuk memberikan pengajian. Dengan kita bersatu padu apa yang menjadi keinginan kita Insyaalloh semua bisa terwujud. Kita semua sebagai manusia biasa, hidup pasti melakukan perbuatan dosa. Sebaik-baik orang setelah melakukan perbuatan dosa adalah mengimbanginya dengan perbuatan baik dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi alias tobat.

Orang yang nanti dihisab ringan dan masuk surganya Alloh SWT adalah orang yang suka bersodakoh,

Orang yang suka silaturohmi dan menyambung persaudaraan dan orang yang mau meminta maaf serta memberi maaf terhadap sesama manusia. Orang yang lebih dulu minta maaf derajatnya akan lebih tinggi dihadapan Alloh SWT. Syawal diartikan peningkatan, mari kita tingkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT.

Ia juga mengajak saling bergandeng tangan, perkuat silaturohmi. Semoga dengan jalinan silaturohmi ini dapat membawa kemajuan di dusun Pringgading.  Terakhir Ia menyampaikan permohonnan maaf dari Camat Pajangan yang ingin hadir dalam acara ini namun tidak bisa hadir karena sedang ada acara yang tidak bisa ditinggalkan.

Acara ditutup dengan saling bersalaman seluruh peserta kegiatan dan beramah tamah. Hingga selesainya acara syawalan warga pedusunan Pringgading situasi berakhir dalam keadaan aman dannkondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Peresmian Kolam Ikan Di Depok Kretek

Personel Polsek Kretek mengamankan pagelaran wayang kulit dalam rangka peresmian Kolam Renang Mina Bahari di TPI Depok Dusun Depok Parangtritis, Kretek, Bantul, Kamis, 28 Juli 2016 pukul 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Bupati Bantul H. Drs. Suharsono, Anggota DPRD Kab. Bantul Fraksi PBB Supriyanto, Camat Kretek Harso Wibowo, SH, M.Hum, Kapolsek Kretek Kompol Salim, Lurah Desa Parangtritis Topo dan segenap pamong desa, Bhabinkamtibmas Desa Parangtritis Aiptu Sukarso, Dukuh se Desa Parangtritis, tokoh masyarakat, warga Dusun Depok dan tamu undangan sejumlah ±  300 orang.

Bupati Bantul dalam sambutanya berharap agar kolam renang yang akan  diresmikannya ini dikelola dengan baik dan saling terbuka dalam segala hal, jujur dan saling percaya terhadap sesama pengurus, sehingga kedepan akan dapat lebih berkembang dan menunjang kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap seluruh warga yang masih bersedia nguri-uri Budaya Jawa dengan nanggap wayang.

Selesai memberikan sambutan Bupati berkenan menandatangani prasasti yang berada ditepi kolam.

Sebagai dalang dalam pagelaran wayang kali ini adalah Ki Seno dengan mengambil lakon Romo Tambak. (Sihumas Polsek Kretek)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan Agustus 2016


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Agustus 2016 adalah sebagai berikut :


NOHARITANGGALWAKTUTEMPAT
1.Senin01 Agustus  201609.00-12.00 WibPyramid Cafe
2.Selasa02 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Pajangan
3.Rabu03 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
4.Kamis04 Agustus  201609.00-12.00 WibKelurahan Trimulyo
5.Jumat05 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Pleret
6.Sabtu06 Agustus  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
7.Senin08 Agustus  201609.00- 12.00 WibPolsek Dlingo
8.Selasa09 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Imogiri
9.Rabu10 Agustus  201609.00-12.00 WibKelurahan Srigading
10Kamis11 Agustus  201609.00-12.00 WibKecamatan Pandak
11.Jumat12 Agustus  201609.00-12.00 WibKecamatan Sedayu
12.Sabtu13 Agustus  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
13.Senin15 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Bantul
14.Selasa16 Agustus  201609.00-12.00 WibKelurahan Banguntapan
15.Rabu17 Agustus  201609.00-12.00 Wib.............Libur...............
16.Kamis18 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
17Jumat19 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Pundong
18.Sabtu20 Agustus  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
19.Senin22 Agustus  201609.00-12.00 WibKecamatan Kretek
20.Selasa23 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Pajangan
21.Rabu24 Agustus  201609.00-21.00 WibKid's Funs
22.Kamis25 Agustus  201609.00-12.00 WibPyramid Cafe
23Jumat26 Agustus  201609.00-12.00 WibKelurahan Tirtonirmolo
24.Sabtu27 Agustus  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
25.Senin29 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
26.Selasa30 Agustus  201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
27.Rabu31 Agustus  201609.00-12.00  wibKelurahan Trimulyo

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari 3 bulan tidak bisa dilayanan SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Polsek Pajangan Latih Upacara Hadapi Lomba Se Kab Bantul

Unit Binmas Polsek Pajangan Aiptu Tetepana dan Bripka Supri Handono, S.H. bersama Babinsa Koramil 18/Pajangan melatih upacara bendera kepada siwa MIN Pajangan dan SMAN 1 Pajangan, Jumat, 29 Juli 2016 jam 09.00 Wib yang ditunjuk untuk mewakili Kec. Pajangan dalam lomba upacara bendera Kab. Bantul.

Materi latihan upacara yang diberikan sebagaimana aturan yang berlaku agar Pajangan dapat menang dalam lomba sesuai yang kita diharapkan. Penilaian lomba upacara bendera akan dilakukan oleh Tim Juri dari Kesbangpol Kab. Bantul pada tanggal 8 Agustus 2016. (Sihumas Polsek Pajangan)

Lakalantas Di Jalan Parangtritis, Sri Sulastri Meninggal Dunia

Kapolsek Kretek Kompol Salim beserta anggota melaksanakan takziah ke rumah duka Almarhumah Ibu Sri Sulastri di Dusun Gadinglumbung, Donotirto, Kretek, Jumat, 29 Juli 2016 pukul 10.00 Wib. Almarhumah Ibu Sri Sulastri merupakan kakak kandung dari Aiptu Edi Basuki anggota SPKT Polsek Kretek.

Almarhumah Sri Sulastri meninggalkan seorang suami, seorang anak dan seorang cucu. Almarhumah meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Jalan Parangtritis, tepatnya di utara Jembatan Kretek pada Rabu, 27 Juli 2016 sekitar pukul 17.30 Wib.

Almarhumah sebenarnya sempat dibawa ke RS Sardjito Yogyakarta namun jiwanya tidak tertolong dan menghembuskan nafas terakhirnya ada Kamis, 28 Juli 2016 pukul 17.00 Wib.

Kapolsek Kretek Kompol Salim atas nama seluruh anggota Polsek Kretek mengucapkan turut berbelasungkawa semoga keluarga almarhumah diberi ketabahan. Almarhumah semoga khusnul khotimah, diampuni dosa-dosanya dan diterima seluruh amal ibadahnyanya serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan. Kapolsek bersama anggota juga menyempatkan diri untuk menyolatkan jenazah.

Jenazah almarhumah Ibu Sri Sulastri akan dimakamkan di TPU Gading Kauman Donotirto Kretek pukul 14.00 Wib. (Sihumas Polsek Kretek)

Pembekalan Linmas Jelang Pilurdes Oleh Polsek Bambanglipuro

Menjelang  Pemilihan Lurah Desa Sumbermulyo, Polsek Bambanglipuro bersama Sat Pol PP Kabupaten Bantul memberikan pembekalan kepada 50 anggota Linmas saat Apel Siaga dan Pembekalan Desa Sumbermulyo di Gedung Serbaguna Balai Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Kamis, 28 Juli 2016 pukul 09.00 Wib.

Pembekalan disampaikan Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono dan Kasi Linmas Sat Pol PP Pemda Bantul Anton Yulianto. Sementara kegiatan juga dihadiri oleh Kasi Trantib Kecamatan Bambanglipuro Bpk Yudi, Pj Lurah Sumbermulyo H. Albani dan Bhabinkamtibmas Bripka Danang Cahyo.

Sebelum acara pembekalan, terlebih dahulu Apel Siaga Anggota Linmas yang diambil oleh Pj. Lurah Desa Sumbermulyo, H Albani.

Kasi Linmas Sat Pol PP Bantul Anton Yulianto dalam arahannya saat memberikan pembekalan menekankan kepada anggota Linmas agar bersikap netral dan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat menjelang Pilurdes berlangsung.

Sementara Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono yang dalam materinya menjelaskan tentang tugas pokok Linmas serta upaya-upaya untuk mewujudkan kamtibmas menjelang Pemilihan Lurah Desa Sumbermulyo.

Iptu Sugiono menuturkan, kegiatan pembekalan kepada anggota Linmas yang dilakukan Polsek Bambanglipuro ini, merupakan wujud dari upaya untuk menciptakan situasi kantibmas yang kondusif sejak dini jelang Pilurdes Sumbermulyo.

Polsek Bambanglipuro juga telah melakukan berbagai upaya untuk cipta kondisi di antaranya dengan mengadakan dialog dengan warga, sambang dan silahturahmi untuk mengajak masyarakat demi mensukseskan Pilurdes Sumbermulyo.

Agar anggota Linmas mempersiapkan diri dalam Pilkades Sumbermulyo yang akan di selenggarakan Tanggal 23 Oktober 2016, harapannya anggota Linmas dapat menjaga keamanan dan ketentraman selama Pillurdes berlangsung,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Muspika Bantul, Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah Di Jalanan

Jumat, 29 Juli 2016 pukul 07.30 Wib bertempat di halaman Kecamatan Bantul dilaksanakan kegiatan Olah Raga bersama Muspika dan instansi sekecamatan Bantul.

Kegiatan olahraga bersama dihadiri Camat Bantul Ibu Hj Endang Rachmawati MM, Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH, Danramil Bantul Drs Inf Sutarno, TNI, Polri, PNS, Lurah desa sekecamatan Bantul dan perwakilan perangkat desa se Kecamatan Bantul.

Dalam sambutanya Camat Bantul Ibu Hj Endang Rachmawi MM mengatakan pagi ini kita tidak melaksanakan senam bersama, tetapi kita akan melaksanakan jalan sehat di sekitar Kecamatan Bantul untuk memungut sampah agar lingkungan kita bersih. Ayo kita budayakan bersih di wilayah Bantul dengan memberi contoh kepada masyarakat memungut sampah dijalanan, tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan jalan sehat dijalan raya sambil memungut sampah dimasukan kekantong plastik yang telah dibagikan sebelumnya kemudian dibuang ditempat sampah. Kegiatan berakhir pukul 09.30 Wib situasi aman dan terkendali. (Sihumas Polsek Bantul)

Sat Resnarkoba Polres Bantul Ringkus Pengedar Dan Pengguna Narkoba

Dua tersangka pengedar dan pengguna narkoba jenis psikotropika ditangkap Petugas Sat Resnarkoba Polres Bantul. Keduanya berinisial AD (30 tahun) warga Desa Geblak, Desa Bantul, Bantul dan KS (24 tahun) warga Dusun Serayu Desa Bantul, Bantul.

Kasat Narkoba Polres Bantul, AKP Rudi Prabowo, SIK,  Jumat, 29 Juli 2016 menjelaskan AD diamankan petugas pada Sabtu (02/07/2016) lalu. Sedangkan KS ditangkap sehari sesudahnya. “Keduanya berhasil kami amankan berkat adanya informasi masyarakat,”ujarnya.

AD diamankan terlebih dahulu di tempat kerjanya di daerah Demangan Kelurahan Gondokusuman, Yogyakarta. Ketika dilakukan penggeledahan, petugas menemukan barang bukti berupa 19 tablet Riklona.

Saat diinterogasi, AD mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari tangan KS. AD sebenarnya membeli sebanyak 20 tablet Riklona, akan tetapi dia telah meminumnya satu tablet.

Berbekal “nyanyian” AD, petugas Opnal Sat Res Narkoba bergerak memburu KS. KS akhirnya berhasil diamankan petugas di tempat tinggalnya. KS tak dapat mengelak setelah petugas yang menggeledah rumahnya berhasil menemukan barang bukti berupa 1 tablet Zypras Alprazolam 0,5 mg dan 145 tablet Stelosi 5 Trifluoperazine 5 mg yang disimpannya.

AKP Rudi Prabowo, SIK menambahkan dari tangan kedua tersangka, selain menyita barang bukti ratusan butir obat-obatan terlarang yang diduga masuk daftar G, petugas juga menyita barang bukti lain berupa 1 unit handphone yang digunakan untuk bertransaksi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini ketiganya telah ditahan di ruang tahanan Polres Bantul. “Mereka dikenakan pasal 62 Undang-Undang No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman hukuman dipidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 100 juta rupiah,” pungkasnya. (Bag Humas Polres Bantul)

Sosialisasi Etika Berlalulintas Kepada Siswa Baru SMK N 1 Sanden

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi bersama Bamin Unit Binmas Polsek Sanden Bripka Sulistriyanto, SH melaksanakan pembinaan ketertiban dan penyuluhan etika berlalu-lintas kepada 194 siswa baru kelas X SMK Negeri 1 Sanden di aula sekolah setempat, Kamis 28 Juli 2016 pukul 10.00 Wib.

Aiptu Taryadi menjelaskan, banyak kasus kecelakaan lalu-lintas di beberapa wilayah yang melibatkan pelajar, hal tersebut dikarenakan pemahaman tentang tata tertib berlalu-lintas di kalangan siswa masih minim. Makanya, kami dari Polsek Sanden mengadakan bintibluh kepada siswa baru. Kegiatan penyuluhan etika tertib berlalu-lintas ini sebagai upaya preemtif kepada siswa, ujar Aiptu Taryadi. Siswa diberikan pemahaman dan wawasan tentang keselamatan berlalu-lintas, dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu-lintas.

Dalam kesempatan tersebut, para siswa juga diberikan penjelasan tentang 12 gerakan dasar pengaturan lalu-lintas, dengan harapan siswa saat berkendara di jalan raya mengetahui perintah petugas yang sedang melaksanakan pengaturan lalu-lintas.

Sedangkan Bripka Sulis menambahkan, setelah siswa memahami terkait ketertiban berlalu-lintas, diharapkan secara sadar mampu mengimplementasikan etika dan budaya berlalu lintas yang tertib dan santun dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta kamtibselcar lantas. (Sihumas Polsek Sanden)

Suryono Meninggal Dunia Setelah Menerobos Lampu Merah

Suryono (25 tahun) warga dusun Metes Argorejo Sedayu Bantul meninggal dunia setelah mengalami lakalantas di jalan Yogya Wates, Dusun Klangon Argosari Sedayu Bantul, Kamis, 28 Juli 2016 jam 13.00 Wib.

Menurut saksi Yudiyanto (34 tahun) Polri, warga Pengasih Kulonprogo, Kronologis Kejadian, Korban mengendarai Yamaha Yupiter No. Pol AB-3124-XY dengan kecepatan tinggi dari arah Timur ke Barat dengan kecepatan tinggi menerobos lampu trafic light yang sedang menyala merah.

Sesampainya di TKP korban menabrak dari arah belakang kendaraan bermotor yang tidak diketahui identitasnya yang melaju dari arah yang sama yang juga menerobos lampu trafic ligh sehingga korban terpental jatuh ke aspal. Namun pengendara mister X yang ditabrak korban tidak mengalami apa apa langsung tancap gas melarikan diri.

Karena kejadian itu korban mengalami luka parah pada bagaian kepala kemudian dilarikan ke rumah sakit namun nyawa korban tidak bisa diselamatkan. (Sihumas Polsek Sedayu)

28 July 2016

Brimob Polda DIY Bina Siswa SMK Muh Bambanglipuro

Ratusan siswa baru mengikuti program bertema "Pendidikan Karakter dan Bela Negara SMK Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul. Pendidikan Karakter dan Bela Negara Membentuk Siswa Kompeten Serta Berbudaya itu digelar di Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda DIY, di Gondowulung, Selasa-Kamis, 26-28 Juli 2016.

Kepala Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda DIY, Kompol Agus Mulono didampingi Pasi Ops Detasemen A Pelopor  AKP Suryadi, Selasa (26/7) mengatakan,  dalam program tersebut siswa diberi berbagai materi tentang kedisiplinan. Dalam proses pembelajaran sikap disiplin sangat dibutuhkan. Baik didalam lingkungan sekolah dan luar sekolah termasuk ditengah masyarakat. Karena itu, materi kedisiplinan dan pembentukan kepribadian harus diberikan kepada siswa SMK Muhammadiyah Bambanglipuro.

Dijelaskan, siswa SMK tentu orientasinya jelas langsung ke dunia kerja. Ada dua aspek yang mutlak dibutuhkan adalah kedisiplinan dan berkepribadian disamping keterampilan.  "Dalam dunia kerja itu aspek kedisiplinan mutlak dibutuhkan,  demikian juga dengan kepribadian, dua elemen itu yang tidak bisa pisahkan," ujarnya.

Dari program itu diharapkan siswa  benar-benar memahami pentingnya kedisiplinan terutama dalam menghadapi dunia kerja. Selain memberikan materi tentang kedisiplinan, siswa juga diberi materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan tertib berlalulintas. Bahkan siswa juga diajak mengaji bersama di masjid Kompleks Detasemen A Pelopor. (Bag Humas Polres Bantul)

Sosialisasi Kegiatan Jaga Warga di Kelurahan Argodadi

Kamis, 28 Juli 2016 jam 09.00 Wib di Kelurahan Argodadi Sedayu Bantul dilaksanakan Giat Sosialisasi Peraturan Gubernur DIY Nomor 9 Tahun 2015 tentang Jaga Warga yang diikuti oleh Tokoh-tokoh Masyarakat, Karang taruna, Ibu ibu PKK, dan ibu-ibu Pos yandu, se kelurahan Argodadi Sedayu.

Adapun sebagai penyelenggara adalah dari Kesbangpol DIY, menyampaikan Sosialisasi Peraturan Gubernur DIY No. 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga.

Adapun sebagai Penyampaian materi yang lainya adalah Kecamatan Sedayu diwakilkan oleh Bapak Sumardi tentang Gaktibum, Kapolsek Sedayu yang diwakilkan Panit Binmas 1 Iptu Agus Suprojo dan dilanjutkan Bhabinkamtibmas Argodadi Aipda Murgiyadi,S.I.kom tentang Kamtibmas, Disperindag Kab Bantul Bp. Isabudi Hartono, Kesbangpol Diy oleh Ibu Dra. Emiarsi Hardani,Sh,Msi dan Pembentukan Prigram kepengurusan dari rekan-rekan Mahasiswa, Ketua Jaga warga Kelurahan Argodadi, Ketua Keamanan Kelurahan Argodadi dan Ketua Kesejahteraan Kel. Argodadi.

Jaga warga sesuai dengan Pergub dimaksud adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

Selanjutnya Pergub Nomor 9 Tahun 2015 masih akan ditindaklanjuti dengan penyusunan modul-modul yang merupakan teknis pelaksanaan jaga warga.

Kegiatan ini diikiti kurang lebih 50 orang dan berakhir hingga pukul 12.45 Wib situasi aman kondusif. (Sihumas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Triwidadi Melayat Ke Anggota Linmas

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman takziah ke rumah Almarhum anggota Linmas Desa Triwidadi Adi Tumarto (83 tahun) warga Dusun Ngincep RT 03 Triwidadi, Kamis, 28 Juli 2016 jam 10.00 Wib.

Almarhum meninggal karena sakit pada hari Rabu 27 Juli 2016 jam 10.00 Wib. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka pada jam 11.00 Wib dikuburkan di pemakaman Gunungsari Ngincep. Tahlil dan doa rencana akan dilaksanakan 7 hari.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Ngadiman atas nama Polsek Pajangan mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga Almarhum mendapat tempat yang layak disisi Alloh SWT, diampuni segala dosanya, diterima seluruh amal baiknya dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan.  (Sihumas Polsek Pajangan)

Syawalan Bersama Gubernur DIY Di Parasamya Bantul

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK menghadiri acara Silaturahmi dan Syawalan 1437 H Gubernur DIY di Kabupaten Bantul yang digelar di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul  Jl. Robert Wolter Monginsidi Bantul, Kamis, 28 Juli 2016 pukul 10.30 Wib.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Wagub DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, GKR Hemas,  Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, jajajaran Forkopimda Bantul dan Muspika se Kabupaten Bantul serta tamu undangan lainnya.

Drs. Suharsono dalam sambutannya mengaharapkn semoga kegiatan pada hari ini dapat lebih mempererat kebersamaan seluruh komponen di Kabupaten Bantul sekaligus sebagai momentum untuk mensucikan hati dan diri dengan saling memaafkan dan semoga ibadah kita selama bulan Ramadhan yang telah lewat di terima oleh Allah SWT, dan semoga kita di berikan tuntunan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Bupati memohon do'a dan restu semoga dalam mengemban tugas dan kewajiban sebagai abdi masyarakat dan abdhi Negara dapat melaksanan tugas dengan baik , sehingga upaya perubahan menuju terwujudnya masyarakat Bantul yang sehat , cerdas dan sejahtera berdasarkan nilai nilai keagamaan, kemanusiaan dan kebangsaan dalam wadah negara kesatuan republik Indonesia  segera terwujud .

Sementara itu Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya menyampaikan pesan penting untuk meredam suatu kejadian yang kompleks di wilayah Kabupaten Bantul. Menurut  Sri Sultan untuk mengatasi suatu permasalahan yang kompleks di Kabupaten Bantul, Bupati Bantul adalah abdi negara dan harus menjadi pelayan dan  pengayom bagi masyarakat Kabupaten Bantul.

Bagi setiap pejabat publik harus berani menyampaikan kebenaran di media hal tersebut untuk menjaga keaman dan ketentraman di masyarakat. Idul Fitri mengantarkan kita dengan keseimbangan akal dan pikiran manusia ,Idul Fitri sebagai titik awal kita semua untuk menjadi fitrah guna memasuki kehidupan yang nyata.

“Marilah kita sama sama mengucapkan Minal Aizin walfaidin mohon maaf lahir dan batin dan semoga yang maha kuasa mengampuni segala dosa dosa kita semua dan menjadi fitrah,” pungkas Gubernur DIY. (Sihumas Polsek Bantul)

Olah Raga Bersama Muspika Di Sendang Ngembel

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. mengikuti acara penerimaan Mahasiswa KKN UPN Yogyakarta dan dilanjutkan dengan olahraga bersama antar instansi Pajangan bertempat di Sendang Ngembel Dusun Beji Wetan Sendangsari Pajangan Bantul, Jumat 28 Juli 2016 jam 08.00 Wib.

Sebanyak 451 Mahasiswa KKN dari UPN Yogyakarta akan melaksanakan kegiatan KKN di 3 Desa di Kec. Pajangan, Desa Guwosari, Desa Sendangsari dan Desa Triwidadi. Penyerahan Mahasiswa dilakukan oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dan lihak UPN Yogyakarta yang diwakili Bpk. Hendri, SE, MM Kapus LPPN (Kepala Pusat penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

"Saya menitipkan mahasiswa ini kepada Camat,  Muspika dan Kepala Desa". Mahasiswa, wajib menginap, bisa menyelesaikan program-programnya dan paling penting bisa berbaur dengan masyarakatnya", ungkap Bpk. Hendri.

Humas Polsek Pajangan menghimbau kepada para Mahasiswa untuk memberikan contoh yang baik di Masyarakat, mentaati peraturan lalulintas dan berkoordinasi dengan para Bhabinkamtibmas di masing-masing Desa apabila ada permasalahan maupun membutuhkan bantuan penyuluhan-penyuluhan.

Acara dilanjutkan dengan senam bersama Mahasiswa KKN untuk Desa Sendangsari dan peserta senam instansi Pajangan. Olahraga dipimpin oleh Ibu Ninik dari Tiar Grup Jodog Palbapang Bantul. Acara berlangsung dengan aman dan lancar hingga akhir. (Sihumas Polsek Pajangan).


Pengajian Akbar Pamit Haji Di Brajan Pleret

Rabu, 27 Juli 2016 pukul 20.00 Wib bertempat di Musholla Tengah Sawah (MTS) HDWR dusun Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul telah berlangsung acara Pengajian Akbar dan Sholawat bersama Habib Syech Bin Abdulqodir Assegaf dalam rangka Pelepasan Calon Jamaah Haji 2016 dan Syawalan Jamaah Haji Tahun 2000-2016 KBIH Muslimat NU HDWR.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Habib Syech Bin Abdulqodir Assegaf, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Waka Polres Bantul Kompol M. Qori Okto Handoko, SIK, Muspika Pleret, Para Kyai dan Ulama, Toga, Tomas, para tamu undangan dan ribuan jamaah yang memadati komplek MTS HDWR.

Sebelumnya sebanyak 173 calon haji yang tergabung dalam KBIH Muslimat NU HDWR dikirab dari masjid Brajan menuju Musholla Tengah Sawah dengan mengenakan seragam batik nasional.

Acara pengajian diawali dengan mujahadah dan tahlil yang dipimpin oleh KH. R. Najib bin Abdulqodir dari Krapyak Yogyakarta kemudian dilanjutkan Gema Sholawat Sambutan Bupati dan Taushiyah bersama Habib Syech Bin Abdulqodir Assegaf.

Bupati Bantul dalam sambutanya menyampaikan mengajak masyarakat Bantul mendoakan kepada calon jamaah haji KBIH muslimat NU HDWR semoga nanti menjadi haji yang mabrur. Serta berpesan agar calon jamaah haji senantiasa menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Serta Mohon titip doa kepada calon jamaah haji dan seluruh rakyat Bantul agar saya dalam memimpin rakyat Bantul selalu dalam perlindungan Allah SWT untuk membawa rakyat Bantul lebih sejahtera.

Dalam inti tausiaahnya Habib Syech Bin Abdulqodir Assegaf menyampaikan bahwa Jangan takut jangan ragu apa yang akan dilakukan nanti, kita kesana itu sebagai tamu Allah SWT dan pastinya Allah bertanggung jawab kepada kita. Allah pasti akan membimbing kita, memberikan apa yang kita minta melalui doa.

Sebagai tuan rumah Allah SWT pasti akan menjamu kita, maka dari itu kita tidak perlu takut, khawatir dan bingung. Allah SWT itu Maha Tahu apa yang ada dihati dan pikiran kita, yang penting kuncinya adalah ikhlas. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci dan semoga para calon jamaah haji nantinya akan menjadi haji yang mabrur.

Selanjutnya acara ditutup dengan doa bersama untuk masyarakat Bantul dan selesai pada pukul 23.00 wib dalam keadaan aman kondusif dengan mendapat pengamanan dari Polres Bantul dan Polsek Pleret. (Sihumas Polsek Pleret)

PT Pioneer Indonesia Perkenalkan Produk Unggulan Di Bambanglipuro

PT Pioneer Indonesia melaksanakan penyuluhan dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya, yaitu biji jagung Hibrida type P27 Gajah kepada 17 Kelompok Tani se Kecamatan Bambanglipuro bertempat di Bulak Tinom Jogodayoh Sumbermulyo, Selasa 26 Juli 2016.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Bambanglipuro, AKP Yayan Dewayanto, SH, MH, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Bantul Ir Yunianti Setyorini M.Sc, Perwakilan PT Pioneer Bpk Sigit Cahyono, PPL pertanian Desa Sumbermulyo Bpk Mulyono dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kapolsek Bambanglipuro, AKP Yayan Dewayanto, SH, MH mengatakan salah satu persoalan yang sangat penting dalam masalah Negara adalah penyediaan pangan bagi penduduknya. Untuk mengatasinya telah banyak upaya dengan meningkatkan teknologi pertanian, namun sejauh peningkatan teknologi tersebut masih ada kendala yang tidak mudah diatasi dengan teknologi, yakni masalah cuaca dan iklim. Tanaman masih belum dapat dipisahkan dari faktor cuaca dan iklim. Untuk itu, Polsek Bambanglipuro sangat mendukung kegiatan PT Pioneer Indonesia yang mengadakan kegiatan semacam ini.

Dalam kesempatan ini Ir Yunianti S memberikan sambutan bahwa sekarang ini lahan pertanian semakin sempit oleh karena itu diharapkan para petani bisa memilih benih unggulan dan tahan cuaca ekstrim. Pemda Bantul mendukung penuh dari kegiatan dari PT Pioneer dalam rangka Kab.Bantul dapat Swasembada  pangan sendiri.

Sementara itu, sambutan Perwakilan dari PT Pioneer Bpk Sigit Cahyono mengatakan lahan pertanian yang semakin sempit maka petani diharapkan menanam benih pertanian yang berkualitas unggulan sehingga hasil pertanian lebih banyak keuntungannya.

Dalam acara ini PT Pioneer juga mengadakan lomba tanam jagung adalah kecepatan, ketepatan dan kerapian dalam penanaman jagung dengan hadiah berupa seekor sapi. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Muspika Pajangan Terima Tim Akreditasi Komisi FKTP Kemenkes RI Di Puskesmas Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri acara kunjungan Pelatihan Tim Surveyor Komisi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Kemenkes RI bertempat di Puskesmas Pajangan, Rabu (27/7/2016) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi, Kepala KUA Pajangan Asrori S.H., Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dan Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST.

Surveyor Tim Akreditasi Komisi FKTP Kemenkes RI dipimpin oleh Bpk. Djemingin Pamungkas, S.Pd, M.kes dengan peserta pelatihan sejumlah 18 orang dan pendamping 4 orang.

Bpk. Djemingin menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan timnya untuk memberikan peserta pelatihan kemampuan melakukan survei Akreditasi FKTP terhadap Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter praktek mandiri. Intinya untuk mempraktekkan ilmu yang di dapat dengan pelaksanaan di lapangan.

Hal-hal yang dinilai dalam kesempatan ini meleiputi Manajemen Puskesmas, penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat, dan Upaya Kesehatan Perorangan dengan menggunakan standar akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu dinilai juga hubungan Puskesmas Pajangan dengan instansi lainnya dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat Pajangan.

Tim Akreditasi dari Kemenkes RI dijadwalkan awal Bulan Agustus akan melakukan penilaian di Puskesmas Pajangan. Apabila nanti Puskesmas Pajangan lulus Akreditasi tentunya bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional yang dirubah dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 99 Tahun 2015, seluruh Fasilitas Kesehatan tingkat pertama termasuk Puskesmas yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan  dikecualikan dari kewajiban terakreditasi pelaksanaan akan mulai Tahun 2019. Puskesmas yang sudah terakreditasi akan memiliki pelayanan prima terhadap pelayanan kesehatan masyarakatnya.

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. dalam kesempatan ini menyampaikan Polsek Pajangan dengan instansi lain di Kec. Pajangan termasuk Puskesmas Pajangan sudah berjalan baik dan bersinergi. Adanya olahraga bersama antar instansi Pajangan dapat menjadi media komunikasi antar Kepala instansi di Pajangan mengenai berbagai hal termasuk kesehatan masyarakat, Kamtibmas dan pembangunan. Kesehatan masyarakat sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pajangan. Kesejahteraan masyarakat  Pajangan yang meningkat akan berdampak positif terhadap Kamtibmas di wilayah Hukum Polsek Pajangan.

Polsek Pajangan dan Muspika Pajangan turut membantu dalam kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara berkala. Melalui Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan dan bersama Puskesmas maupun instansi lain di Pajangan sering bersama-sama dalam berbagai penyuluhan dan sosialisasi di masyarakat. Sosialisasi mengenai vaksin palsu yang telah menjadi keresahan masyarakat termasuk di Kec. Pajangan. Sosialisasi bersama Puskesmas dan KUA Pajangan mengenai perkawinan anak dibawah  usia pernikahan yang mempunyai dampak perceraian, kesehatan, maupun adanya KDRT serta bertambahnya KK Miskin di Pajangan. Disamping itu kami juga memberikan bantuan dan dukungan dalam perencanaan kegiatan-kegiatan Puskesmas Pajangan di masyarakat yang memerlukan pengamanan agar berjalan lancaran, aman dan tertib.

Acara kunjungan Pelatihan Tim Surveyor Komisi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Kemenkes RI berakhir dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

HUT Pemuda Dwi Muda Bhakti Ke 17

Rabu, 27 Juli 2016 dimulai pukul  20.30 Wib di Dusin Banyakan I, Sitimulyo, Piyungan, Bantul telah berlangsung organ tunggal dalam rangka Hari Ulang Tahun Pemuda Dwi Muda Bhakti ke 17 Dusun Banyakan I.

Dalam acara tersebut ditampilkan grup organ tunggal New Puspita Nada pimpinan dengan disaksikkan oleh ratusan warga.

Karena adanya kegiatan tersebut, maka untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat personil Polsek Piyungan dibantu Koramil dipimpin oleh Ipda Maryono melaksanakan pengamanan hingga acara selesai adalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Piyungan)

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Tempat Ibadah Di Tirtonirmolo

Rabu, 27 Juli 2016 pukul 09.15 wib bertempat di Ruangan Pertemuan Balai Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. telah dilaksanakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Tempat Ibadah Kab. Bantul.

Kegiatan digelar oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul dalam rangka Sosialisasi peran takmir dan fungsi Masjid yang dihadiri oleh Kasi Agama Dinas Sosial Kab. Bantul  Drs Suradi, MM, Camat Kasihan di wakili Kasi Humas Haris Dermawan, Kepala KUA Kec. Kasihan Drs. H. Imam Mawardi, M.Si, Danramil Kasihan Mayor Inf. Nurhadi Suswanto, Kapolsek Kasihan Kompol Supardi, Lurah Desa Tirtonirmolo HM Marwan MS, SH dan tamu undangan sejumlah 23 orang.

Sosilaisasi dilakukan oleh KUA dan berakhir pukul 12.30 wib selama kegiatan berjalan aman dan lancar. (Saihumas Polres Bantul)

Koperasi Polres Bantul Mendapat Penghargaan Sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional

Primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara Polres Bantul berhasil meraih penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Tahun 2016 Jenis Konsumen. Piagam penghargaan beserta plakat diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia AAGN Puspayoga selaku Ketua Primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara Polres Bantul Ipda Sumaryoto saat peringatan Hari Koperasi Ke-69 Tahun 2016 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Kamis, 21 Juli 2016 lalu.

Ipda Sumaryoto saat ditemui, Kamis, 28 Juli 2016 di ruang kerjanya mengatakan penghargaan ini tentu membuat Primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara dan Polres Bantul bangga, karena dapat berprestasi hingga di tingkat nasional.

“Penghargaan ini bisa diraih karena kepercayaan seluruh anggota Polres Bantul,” ujarnya.

Menurutnya penghargaan ini juga membawa sebuah konsekuensi untuk bekerja lebih baik lagi demi membuat Primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara lebih maju, terutama dalam hal memberikan kesejahteraan bagi anggota.

“Primer Koperasi Bhakti Yasa Bhara Polres Bantul berdiri sejak tahun 1968, saat ini anggotanya berjumlah sekitar 1563 orang dan aktif memanfaatkan keberadaan koperasi terutama dalam jasa konsumen, sehingga koperasi mampu berkembang hingga seperti sekarang ini,” pungkasnya. (Bag Humas Polres Bantul)

27 July 2016

Syawalan Bersama Keluarga Besar Desa Donotirto Kretek

Kapolsek Kretek Kompol Salim menghadiri acara Syawalan keluarga besar Pemerintah Desa Donotirto dengan tema "Kita Siap Menuju Desa Maju" bertempat di balai Desa Donotirto, Rabu, 27 Juli 2016 pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul Drs H Suharsono, Anggota Dewan dari PDI perjuangan Drs Pambudi Mulya, dari PKB Suradal, Camat Kretek Harso Wibowo SH M HUM, Danramil  Kapten Nuryanto, Kepala KUA Kretek Suryadi Sag, Kepala Puskesmas Dr Muh. Indrianto, Lurah Desa se Kec Kretek, Bhabinkamtibmas Desa Donotirto Aiptu Sugito, LPMD, BPD, Para Kepala Dukuh, Pamong Desa, Kader PKK Kretek,  Kaum Rois, anggota Karang Taruna se Desa Donotirto, peserta kegiatan sejumlah ±  200 orang.

Dalam sambutanya dibulan syawal ini Bupati Bantul disamping memohon maaf baik secara pribadi maupun dinas Bupati mengajak pamong dan warga untuk meningkatkan dibidang pertanian dan pendidikan.

Selain pembacaan ikrar syawalan oleh Carik Desa Tri Widodo acara ini juga diisi dengan pengajian yang disampaikan oleh KH Drs.H Saebani, Dalam tausiahnya menyampaikan agar kita memperbanyak Mukhasabah dan mukharabah/membina persaudaraan. Syawal maknanya meningkat, yaitu meningkatkannya taqwa dan kebaikan dengan barometernya adalah pelaksanaan ibadah di Bulan suci Ramadhan. Isilah waktu dengan amal kebaikkan,Tutupnya. (Sihumas Polsek Kretek)

Polsek Pandak Latih Siswa SD Upacara Bendera Hadapi Lomba Upacara

Menindak lanjuti Surat Edaran dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Bantul tentang Lomba Upacara untuk siswa SD, SMP dan SMU/SMK se Kabupaten Bantul, sementara itu untuk wilayah Pandak terpilih sebagai wakilnya yakni SDN Jigudan Triharjo Pandak, SMPN Pandak 4 Wijirejo  dan SMKN Pandak 1 Gilangharjo Pandak Bantul.

Berkenaan dengan hal tersebut pihak Sekolah SD Jigudan mengundang Personel Polsek Pandak untuk mengadakan Pelatihan Upacara dimaksud. Oleh karena itu Kapolsek Pandak menujuk Tim Pelatih Upacara yang dipimpin oleh Kanit Sabhara Aiptu Sumpana mengadakan pertemuan tekhnis persiapan lomba dan diterima oleh Kepala Sekolah SDN Jigudan, Sadar Slamet, SPd., beserta guru pendamping lainya, Rabu, 27 Juli 2016

Dalam pertemuan tersebut Aiptu Sumpana menjelaskan beberapa aspek yang dinilai dalam pelaksanaan Lomba Upacara secara Umum, diantaranya Pembina Upacara, Pengatur Upacara, Pembawa Acara, Pemimpin Upacara, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Dirigen, Pembaca Do’a, Pengibar Bendera, Kelompok Barisan, Pemimpin Barisan, Pembawa Teks Pancasila dan Koor.

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan bagi para siswa SD tersebut yang sudah terpilih menjadi Tim Peserta Lomba Upacara hingga selesai pukul 12.00Wib. (Sihumas Polsek Pandak)

Kapolsek Dlingo Cek Kebun Ganja Di Atas Gunung

Setelah mendapat laporan dari warga bahwa adanya kebun Ganja di Gunung Mungker, Mangunan, Dlingo, Bantul, Maka Kapolsek Dlingo beserta anggota Reskrim Polres Bantul langsung mendatangi TKP, Selasa, 26 juli 2016 pukul 11.00 Wib.

Untuk sampai di TKP Kapolsek terpaksa jalan kaki karena tidak ada jalan, medanya naik turun jurang. Namun karena para anggota sudah terlatih maka hal tersebut adalah hal biasa.

Sesampainya di TKP, Kapolsek beserta anggota Reskrim langsung mengadakan penelitian pada pohon yang dimaksud. Namun setelah diteliti ternyata pohon itu bukanlah pohon ganja seperti yang telah dilaporkan oleh warga. Pohon itu sejenis pohon Kecubung yang apabila digunakan untuk campuran merokok orang yang merokok tersebut bisa ngliyeng / mumet/ kepala pusing.

Biarpun itu bukan pohon Ganja namun kami tetap membakarnya mengantisipasi disalahgunakan, Tegas Kapolsek Dlingo AKP Amir Machmud. (Sihumas Polsek Dlingo)

Rekontruksi Penganiayaan Tukang Ojek Di Mapolsek Sewon

Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Sewon menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan dengan tersangka  SM (61 tahun) warga Saman Sewon Bantul yang ditangkap oleh tim Buser Polres Bantul dan Polsek Sewon di Jambi Sumatra Selatan yang menyebabkan Sinung Suroso (55 tahun) Tukang Ojek warga Kepuhan  Timbulharjo Sewon Bantul meningga dunia. Rekonstruksi tersebut digelar di halaman Mako Polsek Sewon.

Panit 1 unit Reskrim Polsek Sewon Inspektur Polisi Dua Sutrisno, SH mengatakan, tersangka SM, memperagakan 15 adegan. Mulai dari cekcok pada hari pertama, sebelum kejadian, hingga pelaku pergi meninggalkan korban yang sudah bersimbah darah.

Rekonstruksi ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada pihak kejaksaan terhadap berkas perkara yang dibuat. Sehingga ada apa yang ada di dalam berkas perkara dengan kejadiannya sesuai. Ini memberikan keyakinan kepada jaksa penuntut dalam persidangan nanti. Tentunya, penilaian akhir dalam suatu perkara terletak pada pihak pengadilan. Kami hanya melakukan pemberkasan dan dituntut oleh JPU, ujarnya

"Pelaku memperagakan dari datang mempergunakan sepeda motor dan cekcok dengan korban, hingga melakukan penusukan pada kaki korban dengan pisau" kata Inspektur Polisi Dua Sutrisno, SH di mako Polsek Sewon, Rabu, 27 Juli 2016.

Dalam rekonstruki ini, polisi juga menghadirkan 3 orang  saksi, diantaranya Parjono (45 tahun), Jalal (67 tahun) dan Andri (36 tahun), Kejaksaan Negeri Bantul selaku penuntut umum, dan tersangka yang di dampingi oleh pengacaranya, A Muslim Murjiyanto,SH.,M.Hum.

Dalam rekontruksi ini pada adegan no 8 dan 9 terdapat dua fersi antara saksi dan pelaku, sehingga rekontruksi dilakukan sebanyak dua kali. Dari fersi saksi saksi pelaku datang dan langsung menghunus pisau yang di selipkan di balik bajunya, dan setelah menusuk kaki korban langsung pergi meninggalkan korban yang sudah tergeletak.

Sedangkan fersi dari pelaku, pisau di ambil dari dalam jog motor kemudian menusuk korban, namun korban masih berdiri sambil memegang kayu, sebelum pergi pelaku meminta saksi saksi untuk membawa korban ke rumah sakit.

Menyinggung masalah dua versi dalam rekonstruksi tersebut, Inspektur Polisi Dua Sutrisno selaku panit 1 Reskrim Polsek Sewon mengatakan bahwa memang ada dua versi rekonstruksi yang dilakukan. Disinilah akan dicari kesesuaian antara keterangan tersangka dan saksi. Nantinya hal ini akan dinilai oleh pihak kejaksaan untuk disampaikan ke pengadilan. ‘’Nantinya disinilah akan terlihat mana keterangan yang masuk akal,” imbuhnya. (Sihumas Polsek Sewon)