31 August 2016

Mbah Loso Ditemukan Mengapung Disungai Winongo

Mbah Loso (80 tahun) warga dusun Manding Serut Rt 01, Sabdodadi, Bantul, Bantul ditemukan meninggal dunia di Sungai Winongo dusun setempat, Rabu, 31 Agustus 2016 jam 08.00 Wib.

Korban perama kali ditemukan oleh saksi Budiman (52 tahun) warga setempat saat melintas disungai tersebut. Saat ditemukan Korban dalam posisi tengkurap di air memakai baju lengan panjang, celana pendek warna hitam, sarung motif kotak kotak dan disakunya terdapat KTP Korban. Kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Bantul guna penyelidikan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan pada tubuh korban oleh Tim Identifikasi Polres Bantul dan dr. Diyaning dari Puskesmas setempat tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan.

Penyebab meninggalnya korban diperkirakan saat jalan jalan terpeleset masuk sungai tidak bisa berenang sehingga tenggelam meninggal dunia. Menurut warga, korban memiliki gangguan ingatan atau pikun sehingga sering dibantu warga untuk kembali ke rumahnya.

Selanjutkan jenazah korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan sesuai adat setempat. (Sihumas Polsek Bantul)

Seluruh Anggota Polsek Jetis Diperiksa

Unit Provost Polsek Jetis pagi ini Rabu, 30 Agustus 2016 melaksanakan pemeriksaan gaktibplin rutin dengan sasaran anggota Polsek Jetis.

Dari keterangan yang disampaikan Kanit Provost Polsek Jetis Bantul Aiptu Bambang Sugeng pemeriksaan ini merupakan kegiatan  rutin yang direncanakan dalam setiap bulannya.

Kegiatan pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan kelengkapan surat seperti KTP, KTA, SIM, STNK dan juga pemeriksaan sikap tampang serta penggunaan gampol yang sesuai dengan ketentuan yang ada dinas Polri.

Disampaikan pula oleh kanit Provost Pemeriksaan juga dilakukan bagi pemegang Senpi dinas dan pemegang Kendaraan Dinas yang meliputi kebersihan senjata jumlah amunisi, kebersihan kendaraan dan kelengkapan surat surat kendaraan/pas Senpi serta kesiapan kendaraan dalam menunjang  tugas.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan unit Provost Polsek Jetis Aiptu Bambag sugeng yang disaksikan, Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro, sertra Kanit Shabaha Polsek Jetis Ipda Hendri, tidak tidak ditemukan adanya pelanggaran yang prinsip, namun  masih adanya kelengkapan pribadi seperti surat surat pribadi yang hampir habis masa berlakunya.

Diakhir pemeriksaan Kanit Sabhara Polsek Jetis Ipda Hendri mengajak anggota Polsek Jetis untuk selalu melengkapi diri dengan surat surat dan ketentuan sesuai aturan yang berlaku dalam berkendaraan serta mengingatkan surat surat kelengkapan diri dalam bertugas agar tidak kedaluwarso alias Mati dan segera untuk memperbaruhi, bagi pemegang senpi dii ingatkan dalam merawat serta penggunaanya agar berhati hati, penyimpanan senjata api harus benar benar aman.

Bagi pemegang ranmor dinas untuk selalu merawat kendaraan secara berkala dengan menservice secara rutin, mengecek kelengkapan berkendaraan agar dalam pelaksanaan tugas selalu siap dan ready, agar tidak menjadi kendala dilapangan.

Demikian pesan Kanit shabara menutup Apel pagi dan Pemeriksaan oleh unit provost Polsek Jetis.  (Sihumas Polsek Jetis)

Dukun Cabul Pijat Gadis Luar Dalam

Unit Reskrim Polsek Sedayu menangkap dukun pijat cabul berinisial SS (53 tahun) warga dusun Bantar Kulon, Banguncipto Sentolo Kulon Progo. Saat ini tersangka ditahan di Mapolsek Sedayu untuk kepentingan proses hukum.

Didepan petugas tersangka mengakui perbuatanya telah mencabuli AP (Gadis,15 tahun) pelajar warga Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul. Pencabulan itu dikuatkan oleh 2 orang saksi, yaitu kedua orangtua korban serta korban sendiri.

Kronologis kejadian dari berbagai keterangan saksi bahwa, pada hari Kamis sore, 25 Agustus 2016 ayah korban memangil tersangka kerumah untuk memijatnya. Setelah selesai memijat ayah korban, tersangka melihat korban terlihat tidak enak badan / batuk batuk kemudian dirinya menawarkan untuk memijatnya.

Awalnya korban tidak mau, namun tersangka langsung masuk saja ke kamar korban yang saat itu sedang bersama ibundanya didalam kamar. Selanjutnya tersangka memijat memijat punggung korban dengan minyak. Namun setelah 20 menit kemudian ibunda keluar kamar meninggalkan korban untuk menemui adiknya dan menonton TV diruang tamu bersama suaminya.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh tersangka, korban disuruh terlentang selanjutnya tersangka menyibakan kaosnya meremas remas payudara hingga korban terasa sakit, kemudian dilanjutkan memijat kemaluan hingga jari tersangka dimasukan kedalam kemaluan korban hingga terasa sakit dan panas.

Kapolsek Sedayu, Kompol Muhammad Nawawi didampingi Kanit Reskrim mengatakan “Pada awalnya memang dia memijat seperti biasa, tetapi saat korban diminta terlentang tersangka kemudian menyibakkan kaos. Alasannya untuk mempermudah proses pengurutan namun malah menggerayangi bagian tubuh korban,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut tersangka dikenakan pasal 82 ayat (1) UURI No. 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, dan telah diancam dengan penjara kurungan kurang lebih 20 tahun. (Sihumas Polsek Sedayu)

Penutupan Serangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI Ke 71 Di Pajangan

Bertempat di pendopo Kec. Pajangan telah dilaksanakan pentas malam kesenian dalam rangka Penutupan serangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 71 sekaligus penarikan Mahasiswa KKN UPN Yogyakarta, Selasa 30 Agustus 2016 jam 19.30 Wib.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, warga masyarakat dan Mahasiswa KKN UPN Veteran Yogyakarta yang telah membatu dan berpartisipasi dalam serangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Kecamatan Pajangan.

Serangkaian kegiatan Upacara dan perlombaan baik senam sehat kemerdekaan, lomba tumpeng kemerdekaan dan lomba balita sehat berlangsung dengan baik.

Setelah Camat Pajangan resmi menutup serangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 71, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat Paskibra Kec. Pajangan, pemberian hadiah lomba peringatan HUT kemerdekaan RI Ke 71 Kec. Pajangan, pentas Kesenian musik dan tari dari KKN UPN Veteran Yogyakarta dan Yayasan Panti Asuhan Bina Siwi serta di tutup dengan musik Jawa Ertro Nada  dari Dusun Kalakijo Guwosari Pajangan.

Hadir dalam acara ini Kepala Rutan Bantul Dr. H. Syahrial Yuska, Bc, IP, SH, MH, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, SE, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kepala Sekolah SMPN 1 Pajangan  Murjito, S.Pd, UPN Veteran Yogyakarta Dr. Basuki dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana. Tamu undangan dari Panti asuhan Bina Siwi, Perwakilan Paskibra Kecamtan Pajangan, Mahasiswa UPN, Penerima hadiah lomba agustusan dan tokoh masyarakat yang hadir sejumlah ± 400 orang.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan Dipimpin Oleh Ipda Suherno melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pentas Orgen Tunggal HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Di Dusun Manukan

Kanit Reskrim Polsek Pajangan Ipda Sumarman beserta anggota mengamankan pentas orgen tunggal di dusun Manukan RT 06 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin, 29 Agustus 2016 jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Manukan bapak Basiyo, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana dan warga.

Orgen Tunggal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Tahun 2016 dan merekatkan silaturohmi agar tercipta kerukunan ditengah warga masyarakat Manukan.

Kegiatan berlangsung dengan meriah dan berakhir pada jam 23.30 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Launcing Penggunaan Kentongan Sebagai Alat Jaga Warga Butuh Kidul

Senin 29 Agustus 2016 jam 20.00 Wib bertempat di lapangan Voli Dusun Butuh Kidul RT 03 Triwidadi Pajangan telah dilaksanakan acara perpisahan Mahasiswa KKN UPN Veteran Yogyakarta dan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 serta Launcing penggunaan Kentongan sebagai alat jaga warga Butuh Kidul.

Hadir dalam acara ini PJ Kepala Dukuh Butuh Kidul Giyanta S.Pd, Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng, Kanit Sabhara Ipda Suhirno, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, Bpk. Sujud Mantan Dukuh Butuh Kidul, LPMD Butuh Kidul Bpk. Sukiyo, Ketua Panitia Sunardi dan Ketua KKN UPN Veteran Yogyakarta Kelompok Butuh Kidul Maikel Ronald.

PJ. Kepala Dukuh Butuh Kidul Giyanta S.Pd. dalam kesempatan ini mengucapkan Terima kasih kepada terima kasih Kepada para mahasiswa yang membantu program Gubernur DIY tentang jaga warga yang ditindak lanjuti dengan pembuatan kentongan untuk warga masyarakat Butuh Kidul, 1 rumah 1 kentongan. Kita berharap dengan adanya program ini kamtibmas di Butuh Kidul makin terjaga.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kentongan dan bendera lelayu (orang meninggal) kepada para Ketua RT di Butuh Kidul secara simbolis oleh Pj Dukuh, Mantan Dukuh, Kanit Binmas Polsek Pajangan dan Koramil.

Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng dalam kesempatan ini mengatakan warga masyarakat dapat menggunakan komunikasi ini (kentongan) sebagai tanda bahaya untuk meminta bantuan, murah dan efektif.

Kami setiap saat siap membantu dan bekerjasama dengan masyarakat Butuh Kidul maupun Pajangan untuk sosialisasi penggunaan Kentongan maupun lainnya. Semoga penggunaan kentongan sebagai alat keamanan yang murah dan efektif ini bisa diikuti oleh pedukuhan lain dan Desa Triwidadi Kec. Pajangan maupun Desa lainnya.

Acara ditutup dengan pentas Orgen Tunggal New Nada dengan artisnya Tesa dan Erna untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang hadir sejumlah ±  300 orang. Hingga selesainya kegiatan pada jam 23.00 Wib situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Turnamen Bola Voli Triwidadi Cup X Akan Dibuka Tanggal 10 September 2016

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan Turnamen Bola Voli Triwidadi Cup X di rumah bapak Wiyono Dusun Kersan RT 01 Triwidadi Pajangan Bantul, Senin, 29 Agustus 2016 jam 20.00 Wib

Rapat dihadiri Kepala Dukuh Kersan bapak Giyana, Tokoh Turnamen Voli Triwidadi Bpk. Panudiyana, Drs. Bejo, S.Pd, Bpk. Pairin perwakilan tim yang terdiri 15 tim Voli yang hadiri ± 50 orang.

Bpk. Pairin memgatakan waktu merintis dulu 12 tahun yang lalu, Triwidadi membeli pemain dari luar Triwidadi tapi saat ini,  Triwidadi bisa menjual pemain yang berprestasi mari dengan kegiatan ini kita munculkan pemain-pemain yunior yang handal, diperhitungkan dan bisa membawa nama harum Triwidadi.

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman mengatakan dalam kegiatan Turnamen Triwidadi Cup X nanti, diharapkan seluruh pemain dan masyarakat Triwidadi untuk saling menjaga dan menghormati hasil pertandingan dan norma-norma di masyarakat. Kegiatan ini sebagai media pemersatu warga Triwidadi dan mencari bibit pemain Voli dari Triwidadi yang handal.

Kepada petugas dimohon cermat cedas mensikapi situasi, kepada pemain dan suporter dihimbau jangan memakai kendaran yang diblombong dan tetabuhan yang membuat situasi kurang nyaman dalam bertanding. Mari kita wujudkan Kamtibmas Desa Triwidadi tertib, aman kondusif yang mantap dengan kebersamaan dan gotong royongnya.

Dalam rapat itu direncanakan Turnamen Bola Voli Triwidadi Cup X akan dibuka pada  tanggal 10 September 2016 dengan perangkat yang telah disiapkan.  (Sihumas Polsek Pajangan)

Pagelaran Wayang Kulit HUT RI Ke 71 Di Dusun Kedung

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H meserta anggota mengamankan pagelaran Wayang Kulit dusun Kedung RT 002 Guwosari Pajangan Bantul, Senin 29 Agustus 2016 jam 20.00 Wib.

Wayang Kulit ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 yang dihadiri oleh Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kec. Pajangan Muhamad Arwan Amd. Perkes, Kepala Dukuh Kedung Bpk. Anwar Aswahadi, Ketua RT, tokoh masyarakat Kedung, tamu undangan dan warga sekitar.

Adapun dalangnya adalah Ki Suradi dan anaknya Gati Pamungkas Sudarmaji dari Butuh Kidul Triwidadi Pajangan Bantul dengan mengambil lakon  “Bimo Bathok” diringi Sinden Ibu Yatmi, Ibu Tutik dan ibu Yati.

Hingga selesainya pagelaran Wayang Kulit di Dusun Kedung situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

30 August 2016

Pelepasan Ikan Nila, Burung Dan Penanaman 1000 Pohon Dikawasan Hutan Mangrove Baros

Bhabinkamtibmas Tirtohargo Brigadir Winarko menghadiri giat program KKN UAD yaitu pengembangan hutan mangrove untuk pengelolaan pesisir berkelanjutan di Baros, Tirtohargo, Kretek, Selasa, 30 Agustus 2016 sekira pukul 10.00 wib.

Kegiatan dihadiri oleh Rektor UAD Yogyakarya Dr. Kasiarno, M. Hum, Kabid Perencanaan Bapedda Bantul Klausakti Santoso, SS M.Hum, Muspika Kretek, Lurah Tirtohargo, Dukuh Baros, Gegunung dan Kalangan dan Tamu undangan.

Dalam sambutannya rektor UAD Dr. Kasiarno, M. Hum terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi masyarakat terutama warga dusun Baros yang selama ini sudah bekerjasama dengan para mahasiswa kami dlam rangka pelaksanaan KKN ini.

Partisipasi bersama dan keseriusan warga masyarakat dalam mengelola mangrove menjadi perhatian publik dan pemerintah untuk ikut serta dalam pengembangan mangrove agar menjadi kawasan wisata dan konservasi.

Luasan pantai opak dsun Baros saat ini sepanjang 25 hektar namun baru 5 hektar yang sudah tertanami pohon Mangrove sehingga perlu bekerjasama dengan berbagai pihak agar lahan tersebut bisa tertanami semuanya.

Dalam kesempatan itu juga pihak rektor secara simbolis menanam seribu pohon, melepaskan 800 bibit ikan nila dan melepaskan berbagai burung agar bisa berkembang di kawasan wisata Mangrove tersebut. (Sihumas Polsek Kretek)

Melayat Ke Rumah Almarhum Ari Di Kretek

Bhabinkamtibmas desa Parangtritis Aiptu Sukarso melayat ke rumah almarhum M As Ari (65 tahun) di dusun Kretek, Parangtritis, kecamatan Kretek, Bantul, Selasa 30 Agustus 2016 jam 11.30 Wib.

M. As. Ari meninggal pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2016 jam 17.30 Wib karena sakit. Almarhum meninggalkan seorang istri, dua orang anak, tiga cucu.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan hari ini pkl 14.00 Wib di makam umum Dusun Kretek, Parangtritis.

Tampak Hadir dalam layat tersebut Lurah Desa Parangtritis bapak Topo beserta pamong desa, para tokoh agama , tomas warga sekitar dan kerabat.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas desa Parangtritis Aiptu Sukarso atas nama keluarga besar Polsek Kretek menyampaikan turut berbela sungkawa teriring doa semoga amal ibadah almarhum diterima Allah Swt, diampuni segala dosa-dosanya dan meninggal dalam keadaan khusnul khatimah serta dan  keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran. (Sihumas Polsek Kretek)

Temu Lapang Dan Panen Bawang Merah Lahan Pasir Bersama Bupati Bantul

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono melaksanakan Temu Lapang dan Panen Bawang Merah Lahan Pasir di Dusun Ngepet, Srigading, Sanden, Bantul, Selasa, 30 Agustus 2016 pukul 09.30 Wib. Kegiatan tersebut mengambil tema "Status Hara dan Pemupukan Bawang Merah Special Lokasi Pada Lahan Pasir Pantai DIY”.

Hadir dalam giat tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kepala BPTP Propinsi DIY Dr. Ir Joko Purnomo MP, Kepala Dinas Pertanian Kab. Bantul, Kepala BKP3 Kab. Bantul, Muspika Sanden, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Lurah Desa Srigading dan pamong desa, Dukuh Sogesanden, serta anggota Kelompok Tani Manunggal Sogesanden, Srigading, Sanden, Bantul.

Bupati Bantul dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas keberhasilan kelompok tani " Manunggal" dalam menggarap lahan pasir sebagai lahan budidaya bawang merah.

Terimakasih kepada BPTP DIY yang telah melakukan pendampingan teknologi budidaya bawang merah yang hasilnya dapat kita saksikan pada panen ini, ujar Bupati.

Bupati Bantul menambahkan, panen ini bisa memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa lahan pasir yang dulunya tidak produktif  bila dikelola dengan teknologi dan kerja keras bisa menjadi lahan produktif sebagai sumber penghasil bawang merah dan cabai merah.

Lebih lanjut Bupati Bantul mengatakan, produksi bawang merah di Bantul tahun 2012 mengalami penurunan produksi sebesar 33% dibanding tahun 2011 yang disebabkan penurunan luas panen dan produktivitas. Penurunan luas panen disebabkan stok benih berkualitas terbatas dan saat tanam mundur, seharusnya pertengan Juli tetapi ditanam pada Agustus sehungga terkena serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yaitu alternaria dan ulat.

Pada panen ini Bupati berharap hasil panen tidak semuanya dijual ke pasaran tetapi menyisilkan 10% dari hasilnya untuk persediaan bibit sehingga pada masa tanam berikutnya tidak mengalami kekurangan benih yang berkualitas.

Camat Sanden Drs. Fatoni melaporkan wilayah Sanden terdapat  500 Hektar potensi lahan  yang masih belum maksimal dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Saat ini lahan pasir menjadi tempat studi banding dan laboratorium bagi mahasiswa pertanian dari berbagai perguruan tinggi yang hendak mengetahui potensi yang dihasilkan oleh lahan pasir, ujar Camat.

Ketua kelompok tani "Manunggal" Bpk.Subandi menjelaskan, di wilayah Desa Srigading terdapat 4,5 Hektar lahan pasir dengan jumlah anggota kelompok tani sekitar 45 orang petani dengan rincian 3,5 Hektar status Hara pemupukan spesifik lokasi lahan pasir dan 1,5 Hektar kegiatan peningkatan kapasitas komunikasi, koordinasi dan diseminasi Teknologi Budaya Bawang Merah dan Cabai merah dengan introduksi penggunaan mulsa plastik hitam perak.

Lebih lanjut Subandi mengatakan hasil produksi bawang merah dimusim hujan rata-rata 7,8 ton per Hektar dan dimusim kemarau 10 ton per Hektar, dengan demikian hasil panen bawang merah cenderung meningkat dimusim kemarau.

Hasil terbaik penambahan bahan organik yang tertinggi 20 ton/ha, urea 150 kg/ha, ZA 250 kg/ha, phospot 75 kg/ha, Calsium/KCL 200 kg/ha. Hasil yang diperoleh untuk varitas Crok Kuning 21,42 ton/ha, varitas Super Biru 25,34 ton/ha. Hasil introduksi mulsa plastik diperoleh hasil lebih tinggi rata2 1,5 ton/ha di banding cara petani tanpa mulsa plastik, jelas Subandi.

Menurut Dr.Ir.Joko Purnomo, MP dari BPTP DIY lahan pasir merupakan lahan Suboptimal dengan tingkat kesuburan yang relatif rendah, oleh karena itu dari tahun ke tahun BPTP melaksanakan aplikasi pola penanaman guna meningkatkan kwalitas  tanah lahan pasir untuk menghasilkan lahan yang lebih produktif.

Sedangkan Ir. Sasongko dari Dinas Pertanian Bantul mengatakan sampai saat ini kebutuhan bawang merah di Bantul masih bisa terpenuhi dari hasil pertanian oleh petani di Bantul, sehingga tidak perlu mendatangkan bawang merah dari luar Bantul. Produksi bawang merah di lahan pasir sampai saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan 2 tahun yang lalu, dimana masih mengalami kendala dan gagal panen, hal ini tidak lepas dari upaya segenap petani dan petugas PPL dilapangan yang dengan semangat berkeinginan meningkatkan kwalitas hasil pertanian lahan pasir.

Dalam giat tersebut jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan giat berakhir 11.30 Wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Rakor Persiapan Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara 2016 Di Pantai Goa Cemara

Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Muchlis Humavianto, dan Ketua Pokdarwis Pantai Goa Cemara bapak Suranto mengikuti rapat koordinasi (Rakor) persiapan Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Tahun 2016.

Rakor dilaksanakan di lantai 3 Ditsabhara Polda DIY pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2016 mulai jam 09.00 Wib dihadiri pejabat utama Ditbinmas Polda DIY, Biddokes, Yanma Polda, serta Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko.

Menurut rencana Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Tahun 2016 akan dilaksanakan di bumi perkemahan komplek obyek wisata pantai Goa Cemara. Kegiatan perkemahan akan dilaksanakan mulai tanggal 9-11 September 2016 dan diikuti anggota Saka Bhayangkara srluruh Kabupaten se-DIY.

Dalam rakor diantaranya membahas persiapan, perlengkapan kemah bhakti, sarana dan prasarana, pos kesehatan, termasuk publikasi kegiatan.

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko memaparkan tentang lokasi kemah bhakti, mulai dari akses jalan, penerangan, MCK baik untuk peserta kemah maupun pendamping. Hasil dari pengecekan yang kami lakukan semuanya sudah siap, papar AKP Handiko.

Ketua Pokdarwis pantai Goa Cemara Bpk. Suranto mengatakan, seluruh anggota pokdarwis dan masyarakat sekitar akan mendukung penuh pelaksanaan kemah bhakti sehingga nantinya kegiatan bisa berjalan dengan baik dan sukses. (Sihumas Polsek Sanden)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan September 2016


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan September 2016 adalah sebagai berikut :

NOHARITANGGALWAKTUTEMPAT
1.Kamis01 September  201609.00-12.00 WibPyramid Cafe
2.Jumat02 September  201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
3.Sabtu03 September  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
4.Senin05 September  201609.00-12.00 WibKelurahan Tamantirto
5.Selasa06 September   201609.00-12.00 WibKelurahan Trimulyo
6.Rabu07 September   201609.00-12.00 WibPolsek Pajangan
7.Kamis08 September   201609.00- 12.00 WibKelurahan Srigading
8.Jumat09 September   201609.00-12.00 WibPolsek Pleret
9.Sabtu10 September   201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
10Senin12 September   201609.00-12.00 WibLibur
11.Selasa13 September   201609.00-12.00 WibKecamatan Pandak
12.Rabu14 September   201609.00-12.00 WibPolsek Bantul
13.Kamis15 September   201609.00-12.00 WibKecamatan Sedayu
14.Jumat16 September   201609.00-12.00 WibKecamatan Banguntapan
15.Sabtu17 September   201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
16.Senin19 September   201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
17Selasa20 September   201609.00-12.00 WibPolsek Pundong
18.Rabu21 September   201609.00-12.00 WibKecamatan Kretek
19.Kamis22 September   201609.00-12.00 WibKid Fun
20.Jumat23 September   201609.00-12.00 WibPolsek Imogiri
21.Sabtu24 September   201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
22.Senin26 September   201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
23Selasa27 September   201609.00-12.00 WibPyramyd Cafe
24.Rabu28 September   201609.00-12.00 WibKecamatan Kasihan
25.Kamis29 September   201609.00-12.00 WibPolsek Dlingo
26.Jumat30 September   201609.00-12.00 WibPolsek Pleret

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari 3 bulan tidak bisa dilayanan SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Pentas Campursari Di Dusun Kamijoro

Kanit Sabhara Polsek Pajangan Ipda Suhirno beserta anggotanya mengamankan pentas Campursari di Dusun Kamijoro Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu, 28 Agustus 2016 jam 20.00 Wib.

Acara ini dilksanakan dalam rangka tasyakuran pernikahan anak bapak Teguh Wiyono Slamet yang bernama Beni Hermawan. Campursari berlangsung dengan meriah menampilkan Dimas Tedjo Blangkon, Zarima, Wulan Anjani dan kawan-kawan disaksikan ratusan warga sekitar.

Pengamanan dilasanakan hingga kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pelayanan SIM dan Samsat Keliling Malam Hari Di Lapangan Paseban Bantul

Polri senantiasa bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Berbagai ide kreatif dan inovatif sengaja digulirkan untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan.

Hal tersebut selaras dengan program yang telah dilaksanakan oleh Sat Lantas Polres Bantul, yaitu dengan melaksanakan Program Weekend Service Sat Lantas Polres Bantul.

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Mohammad Faisal Pratama, SH, SIK, Selasa, 30 Agustus 2016, mengatakan Program Weekend Service Sat Lantas Polres Bantul adalah pelayanan SIM Keliling dan Samsat Keliling pada malam hari diakhir pekan atau malam Minggu. “Sebagai catatan, program ini khusus melayani perpanjangan SIM dan pajak tahunan STNK saja,” ujarnya.

Dijelaskan Kasat Lantas, tujuan diadakan program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang tidak sempat mengurus perpanjangan SIM maupun pajak tahunan STNK karena siangnya sibuk bekerja.

Untuk lokasi pelayanan Weekend Service Sat Lantas Polres Bantul diadakan di Lapangan Paseban Bantul. Perlu diingat, bagi pemohon perpanjangan STNK, pelananan Samsat Keliling hanya dibuka setiap malam Minggu kedua dan keempat. Sementara untuk perpanjangan SIM, setiap malam Minggunya ada. “Pelayanan dibuka mulai pukul 17.00 s.d. 21.00 WIB,” jelasnya. (Bag Humas Polres Bantul)

Pentas Seni Dan Orgen Tunggal Di Lapangan Voli Jogonandan

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman beserta anggota polsek Pajangan lainya melaksanakan pengamanan Pentas Seni dan Orgen Tunggal di Lapangan Voli Jogonandan, Triwidadi Pajangan, 28 Agustus 2016 jam 19.30 Wib.

Hadir dalam acara ini Kepala Dukuh Jogonandan Bpk. Saronto, LPMD, Ketua RT, Ketua KKN UPN Kelompok Jogonandan M. Reza Fauzan, Muhaimin Rifai Ketua Karang Taruna Jati Sumunar, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda  dan sejumlah warga masyarakat ± 300 orang.

Acara diisi dengan  pembagian hadiah lomba Agustusan, Perpisahan KKN RB 61.16 UPN Veteran Yogyakarta dan ditutup dengan Orgen Tunggal.

Ketua KKN UPN Kelompok Jogonandan dalam kesempatanya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemuda Jogonandan atas kerjasamanya sehingga KKN kami bisa menjalankan program dengan baik.

Kami terkesan dengan muda mudi Jogonandan yang telah membantu kami dalam menjalankan program KKN. Semoga hasil dari KKN kami bisa membuat Dukuh Jogonandan menjadi baik.

Kami mohon maaf apabila selama melaksanakan KKN disini ada salah dan khilaf. Kami mengakui masyarakat Jogonandan mempunyai potensi SDM dan SDA yang melimpah, peternak ayam dan warganya tekun, ulet, bekerja keras, dengan itu semua semoga dusun Jogonandan akan lebih maju dan makmur.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dukuh Jogonandan juga mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa KKN yang telah membinbing dan memberikan ilmu kepada warga demi kemajuan dusun Jogonandan.

Setelah selesai KKN ini kami tetap membuka pintu selebar-lebarnya demi menjaga tali silaturohmi agar persaudaraan diantara kita tetap terjalin untuk selama lamanya. Amin.

Kegiatan berlangsung lancar dan berakhir pada jam 23.00 Wib dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pentas Jathilan Di Dusun Gampeng

Aiptu Pujiharta beserta anggota Polsek Pajangan dibantu RAPI Pajangan dan Linmas Triwidadi mengamankan pentas Jathilan di dusun Gampeng, Triwidadi Pajangan Bantul, Minggu 28 Agustus 2016 jam 13.00 Wib.

Tuan rumah Ibu Ratijem menjelaskan, acara ini dilaksanakan dalam rangka tasyakuran pernikahan saudaranya yaitu saudari Iin Wulandari dengan Wahyudi.

Adapun Jathilan diamainkan oleh grup Tri Mudo Budoyo dari Guwosari  ditampilkan hingga 4 babak dan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bhayangkari Dilarang Posting Foto Tidak Layak Di Medsos

Bhayangkari Ranting Polsek Pajangan mengadakan pertemuan rutin bertempat di Mapolsek Pajangan, Minggu 28 Agustus 2016 jam 09.00 Wib.

Pertemuan dihadiri oleh Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Pajangan Ibu Sumberningsih, Amd.Ak beserta pengurus dan anggotanya.

Ketua Ranting Bhayangkari dalam arahannya menghimbau Bhayangkari Ranting Pajangan dilarang hidup hidonisme atau hidup mewah, berikan contoh hidup sederhana dalam sehari hari kepada tetangga.

Serta dilarang posting status dan foto yang tidak layak di media sosial. Jangan membuat status permasalahan pribadi atau keluarga serta masalah kedinasan di media sosial karena bisa merugikan nama baik Polri dan diri sendiri.

Selesai arahan giat dilanjutkan arisan rutin hingga acara berakir dalam keadaan aman kondusif. ( Sihumas Polsek Pajangan)

Peringati Hut Polwan Ke 68, Kapolsek Sanden Beri Kejutan

Kapolsek Sanden AKP Riwanta mendadak mengumpulkan seluruh anggotanya di ruang Unit Binmas termasuk anggota Polwan, Senin 29 Agustus 2016 pukul 11.00 Wib.

Setelah anggota terkumpul, Kapolsek mengeluarkan nasi tumpeng beserta ingkung ayam dan perlengkapannya.  Anggota nampak heran dan bertanya-tanya.

"Tanggal 1 September yang akan datang, Polwan akan memperingati HUT Polwan yang ke 68, sebagai Kapolsek Sanden saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Polwan Ke 68 semoga kedepan Polwan semakin profesional dan sukses dalam melaksanakan tugas," ujar AKP Riwanta.

Ternyata Kapolsek Sanden membawa tumpeng beserta ingkung ayam dalam rangka memberikan surprise sekaligus tasyakuran dalam rangka HUT Polwan ke 68.

Kapolsek kemudian memotong tumpeng dan diberikan kepada Bripka Tri Asih, A.Md mewakili rekan-rekan Polwan dilanjutkan doa syukur kepada Allah SWT dipimpin Aiptu Taryadi  Bhabinkamtibmas Desa Srigading.

Bripka Tri Asih AMd mewakili Polwan Polsek Sanden merasa terharu dengan perhatian dari Kapolsek. Selama bertugas di Polsek Sanden, baru kali ini kami mendapatkan kehormatan dari Kapolsek melaksanakan doa tasyakuran dan pemotongan tumpeng.

"Terimakasih kepada Kapolsek, Kanit, Kasi, senior, dan rekan-rekan semua atas doanya, hal ini akan kami jadikan pelecut bagi kami dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian," ujar Bripka Tri Asih.

Menurut Bripka Tri Asih, menjadi anggota Polwan sangat berat karena selain mengurus pekerjaan kantor, juga sebagai seorang istri dan ibu yang mengurus anak-anak di rumah, namun bagaimanapun juga kami harus kuat dan mampu menyelesaikan itu semua dengan sebaik-baiknya.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta dalam kesempatan tersebut juga tidak lupa mengucapkan selamat HUT Polwan Ke 68 yang jatuh pada tanggal 1 September 2016. HUT Polwan kali ini mengusung tema "Dengan Memperkuat Soliditas, Polwan Siap Amankan Kebijakan Pemerintah".

Kapolsek Sanden berharap agar Polwan juga berperan sebagaimana polisi laki-laki lainnya terjun langsung ke masyarakat dalam menjalin hubungan yang harmonis untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan yang prima kepada masyarakat. "Selamat Hari Ulang Tahun Polwan Ke 68 Tahun 2016," tutup Kapolsek Sanden. (Sihumas Polsek Sanden)

Orgen Tunggal HUT RI Ke 71 Di Dusun Kayuhan Wetan

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. beserta anggotanya melaksanakan pengamanan Pentas Seni dan Orgen Tunggal di lapangan Voli dusun Kayuhan Wetan RT 02 Triwidadi Pajangan, Jumat, 26 Agustus 2016 jam 20.00 Wib.

Kegiatan ini dalam rangka HUT RI ke 71 dengan mendatangkan group Orgen tunggal dari New Mawar Rimba yang disaksikan oleh ribuan penonton.

Oleh karena itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam pengamanan ini Kapolsek melibatkan personil dari Koramil, Linmas, Satrio Paugeran Pakualaman, RAPI, Ordakata (Organisasi pemuda Kayuhan Wetan) dan warga masyarakat setempat untuk membantu polisi menjaga keamanan.

Kegiatan berjalan lancar hingga berakhir dalam keadaaan aman tertib (Sihumas Polsek Pajangan)

29 August 2016

Pembukaan Liga Santri Nusantara DIY di SSA Bantul

Pembukaan Upacara liga Santri Nusantara DIY tahun ini 2016, Senin, 29 Agustus 2016 secara simbolis di buka oleh wakil Bupati Bantul Bpk Abdul Halim Muslih di SSA Bantul, dengan penyerahan Bola secara simbolis kepada wasit Pertandingan, untuk dimulainya pertandingan sepak bola Liga santri regional DIY.

Liga Santri ini rencananya akan berlangsung selama 8 hari dengan mempertandingkan 15 kesebelasan dari santri se wilayah DIY.

Ketua Panitia Liga Santri KH Umar Wisnu Masdar menyampaikan "penyelenggaran sepak bola santri ini dalam rangka untuk mencari juara untuk mewakili DIY pada babak 32 Nasional. Para pemain Liga santri ini dengan  maksimal berusia 18 tahun,  adapun waktu pertandingan liga santri setiap babak selama  35 menit tidak seperti biasanya selama 45 menit.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bantul menyampaikan selamat atas terselenggaranya kejuaraan Sepak Bola Santri Regional DIY ini, dengan harapan akan muncul bibit muda dari santri pesepak Bola yang menasional bahkan Internasional. Sejarah yang lalu telah menunjukkan bahwa santri juga mempunyai potensi yang besar untuk menjadi pemain yang profesional. 

Wakil Bupati mengucapkan terima kasih atasperhelatan sepak bola santri regional DIY ini karena dapat menumbuhkan jiwa yang kuat dan sehat. Wakil Bupati berharap agar kejuaran final yang diikuti ini akan muncul juara yang akan mewakili DIY dalam Final sepak bola Santri se Indonesia.

Wakil Bupati juga berharap acara final se Indonesia dapat di gelar di Kab Bantul untuk meningkatkan gairah persepakbolaan di Kab Bantul dan menambah tingkat kunjungan wisata di kab Bantul dengan adanya tamu tamu sepak bola dari luar daerah yang berkunjung ke Kab Bantul. Acara dilanjutkan menyaksikan  pertandingan sepak bola antara  kesebelasan Ulul albab VS al Jaelani.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Jetis melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Jetis)

Pelayanan SIM Keliling Di Mapolsek Bambanglipuro

Sejumlah warga dari kabupaten Bantul wilayah Timur mengantri memperpanjang SIM pada pelayanan SIM keliling di Polsek Bambanglipuro, Senin 29 Agustus 2016 jam 09.30 wib.

Warga sangat gembira dengan adanya SIM keliling dari Polres Bantul ini, karena warga tidak harus jauh jauh ke Polres Bantul untuk memperpanjang SIM.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto SHMH menuturkan, pelayanan SIM di Polsek Bambanglipuro merupakan bentuk pelayanan Polisi kepada masyarakat sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan momen tersebut untuk memperpanjang SIM C maupun SIM A.

Persyaratan sangat mudah yaitu warga hanya membawa bukti SIM serta KTP yang sesuai dengan identitasnya.”Persyaratan yang sangat mudah ini adalah bentuk pelayanan mempermudah warga dalam mengurus perpanjangan SIM, kata Kapolsek.

Lebih lanjut ”SIM keliling ini semata - mata demi kemudahan para pemohon SIM untuk mendapatkan SIM, namun aturan-aturan dalam mendapatkan SIM ini tetap kita lakukan. Dan semua dilakukan dengan transparan, misalnya pembayaran dilakukan melalui BANK BRI.” Terang Kapolsek. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)          

Pertandingan Bola Voly HUT RI Ke 71 Di Dusun Cawan

Di dusun Cawan Argodadi Sedayu Bantul telah dilaksanakan kegiatan Bola Voly Cup dalam rangka HUT RI ke-71 dengan semboyan “Nyawiji dadi siji bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” , Sabtu, 27 Agustus 2016 jam 20.00 Wib.

Kegiatan diselenggarakan oleh karang taruna yang didukung oleh lapisan masyarakat desa Argodadi yang diikuti oleh 13 Club,.

Adapun club yang bertanding malam ini pada putaran pertama yaitu antara tim Sungapan A Vs Dingkian dengan Skor 3x0 dimenangkan oleh tim Sungapan A . Sedangkan pada putaran ke-2 antara tim Sungapan B Vs Demangan dengan skor 3x0 dimenangkan oleh tim Sungapan B yang disaksikan oleh penonton kurang lebih 600 orang.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sedayu dipimpin oleh Iptu Kasmini melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sedayu)

Orgen Tunggal HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Di Dusun Polaman Argorejo

Personel Polsek Sedayu mengamankan pertunjukan orgen tunggal di Dusun Polaman  Argorejo Sedayu Bantul, Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 21.00 Wib.

Kegiatan diselenggarakan oleh Karang Taruna Dusun Polaman dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71.

Dalam pengamanan, petugas Kepolisian juga dibantu personel dari Koramil Sedayu. Sebelum acara dimulai, Babinkamtibmas Desa Argorejo Babinkamtibmas Bripka Murgiyadi  memberi himbauan kepada penonton agar menjaga ketertiban dan tidak  mengkonsumsi minuman keras.

Apabila sampai terjadi perkelahian, dengan tegas petugas Kepolisian akan menghentikan pertunjukan. Apabila samapai terjadi keributan, akan dikenakan sangsi mengganti rugi semua yang dikeluarkan oleh panitia. Penonton juga dilarang membawa atau dan apabila kedapatan akan ditindak tegas.

Pertunjukan orgen tunggal berakhir pada pukul 24.00 Wib situasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Sedayu)

Polsek Sedayu Serahkan Stick Lamp Dan Panel Tupoksi Ronda Di Pos Ronda Surobayan

Unit Binmas Polsek Sedayu memberikan bantuan berupa stick lamp dan panel Tupoksi ronda kepada warga masyarakat Dusun Surobayan RT 03 Argomulyo Sedayu Bantul di Pos Ronda setempat, Minggu, 28 Agustus 2016 pukul 20.30 Wib.

Penyerahkan dilakukan oleh Panit 2 Unit Bimas Polsek Sedayu Aiptu Alip Subono yang didampingi Babinkamtibmas Desa Argomulyo Bripka Ikhwan Setyawan  dan 2 orang Babinsa Koramil Sedayu.

Kehadiran petugas di Pos Ronda Dusun Surobayan RT 03 ini adalah dalam rangka menghadiri undangan sekaligus memberikan dukungan kepada warga masyarakat Dusun Surobayan RT 03 yang ingin menghidupkan kembali kegiatan ronda malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua RT, Tokoh Masyarakat setempat dan para petugas ronda RT 03 yang berjumlah 49 orang.

Babinkamtibmas Desa Argomulyo Bripka Ikhwan Setyawan saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa Polsek Sedayu sangat mendukung kegiatan warga berupa menghidupkan kembali kegiatan ronda malam yang sempat vakum.

Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Kegiatan berlangsung hingga pukul 22.15 Wib. (Sihumas Polsek Sedayu)

Upacara Penutupan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Kwaran Kasihan

Kapolsek Kasihan Kompol Supardi  bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Penutupan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Kwaran Kasihan  di Lapangan Kalipucang Bangunjiwo, Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 09.00 Wib.

Dalam amanatnya Kapolsek Kasihan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta Jambore yang telah mengikuti kegiatan ini dengan dedikasi tinggi sehingga diharapkan kedepan siswa dapat menjadi insan yang mandiri.

Kegiatan Jambore Ranting ini dimulai sejak hari Kamis, 25 Agustus 2016 sampai dengan hari Sabtu, 27 Agustus 2016 dan diikuti oleh 30 SD se Kecamatan Kasihan masing masing SD mengikutsertakan 1 regu Laki laki dan 1 regu perempuan. Kegiatan berakhir pukul 10.25 Wib. (Sihumas Polsek Kasihan)

Pelantikan Pamong Desa Srimartani Dalam SOTK Baru

Kanit Sabhara Polsek Piyungan, Moh Jusuf Tianotak mewakili Kapolsek Piyungan menghadiri pelantikan pamong desa Srimartani dalam SOTK baru di Gedung Serbaguna Desa Srimartani, Senin, 29 Agustus 2016 pukul 09.30 Wib.

Pelantikan yang dilakukan oleh Lurah Desa Srimartani H. Mulyana ini sesuai dengan Perbup Bantul Nomor 55 tahun 2016.

Adapun pejabat desa/pamong yang dilantik dan diambil sumpah berjumlah 25 orang yang terdiri atas Dukuh 15 orang, Staf 6 orang, Kabag 4 orang.

Hadir pula dalam kegiatan ini Kabag Pemdes Kabupaten Bantul St. Heru Wismantoro, Camat Piyungan Priyo Atmojo, SH, Danramil Piyungan Kapten Inf. Kusmin, BPD Desa Argomulyo, para Ketua RT Desa Argomulyo dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan dilakukan dengan mengucap sumpah jabatan yang ditirukan oleh pamong praja yang dilantik. Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan dan ditutup dengan doa. (Sihumas Polsek Piyungan)

Pentas Seni HUT RI Ke 71 Di Desa Parangtritis

Bhabinkamtibmas Desa Parangtritis Aiptu Sukarso menghadiri acara Malam Pentas Seni HUT RI ke 71 Desa Parangtritis di Balai Desa Parangtritis, Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 20.00 Wib.

Hadir pula dalam acara ini Muspika Kretek, Lurah Desa Parangtritis Topo beserta Pamong Desa serta sekitar 500 warga masyarakat Desa Parangtritis.

Acara ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 Desa Parangtritis.

Brigadir Bambang Edianto selaku Ketua Panitia lomba dan pentas seni dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Parangtritis terlebih kepada Pemerintah Desa yang telah memberikan bantuan baik moril, materiil dan segala arahannya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

Sedangkan sambutan Lurah Desa Parangtritis Topo memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna yang telah bekerja keras dalam mengadakan berbagai lomba dan pentas seni dengan sukses.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan tarian yang disuguhkan anak-anak perwakilan dari dusun se Parangtritis. Juga dilakukan pembagian hadiah kepada para juara yang telah memenangkan perlombaan.

Acara diakhiri dengan pentas seni kethoprak dari warga masyarkat Parangtritis dengan mengambil lakon "Ngunduh Wohing Pakerti". (Sihumas Polsek Kretek)

Konser Dangdut HUT RI Ke 71 Di Plumbungan Sumbermulyo

Personel Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan konser dangdut Mawar Rimba di Dusun Plumbungan Sumbermulyo Bambanglipuro, Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 19.00 Wib.

Pertunjukan dangdut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 ini diselenggarakan oleh muda-mudi Dusun Plumbungan.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum pertunjukan dimulai Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro Ipda Yan Indah, S.Sos selaku Perwira Pengendali memberikan himbauan kepada para penonton agar selama pertunjukan berlangsung agar menjaga ketertiban dan tidak mengkonsumsi minuman keras.

Ipda Yan Indah juga menegaskan petugas kepolisian akan membubarkan pertunjukan apabila sampai terjadi keributan antar penonton.

Personel yang bertugas dilapangan juga melakukan razia senjata tajam dan miras di pintu masuk pertunjukan. Petugas juga disiagakan di atas panggung agar mudah memonitor penonton. Konser dangdut memang sering menimbulkan kerawanan keributan antar penonton yang pada berjoget.

Pertunjukan dangdut berakhir pukul 23.30 Wib situasi berjalan aman dan tertib tanpa terjadi keributan. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Lomba Mancing HUT RI Ke 71 Di Dusun Kenteng

Dalam rangka memeperingati HUTKemerdekaan RI Ke 71 telah diadakan Lomba Mancing di sungai Dusun Kenteng, Gadingsari, Sanden, Bantul, Minggu pagi, 28 Agustus 2016 yang diikuti kurang lebih sekitar 270 orang peserta lomba.

Lomba memancing ikan Lele ini memperebutkan hadiah yang telah disediakan panitia dengan ketentuan ikan terbesar dan terberat.

Hadiah yang diperebutkan antara lain, Juara 1 uang sebesar Rp. 700.000, Juara 2 Uang sebesar Rp. 500.000, Juara 3 Uang sebesar Rp. 300.000, dan Juara 4 Uang sebesar Rp. 100.000.

Selain itu panitia juga menyediakan beberapa door prize berupa uang Rp. 10.000 bagi peserta lomba mancing yang mendapatkan ikan yang telah ditandai dengan pita.

Untuk memeriahkan acara, peserta dihibur dengan organ tunggal. Guna menjaga ketertiban selama lomba berlangsung,  jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan giat berakhir jam 13.00 Wib berjalan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

28 August 2016

Festival Layang-Layang Di Pantai Parangkusumo

Sejak hari Sabtu, 27 Agustus 2016 hingga hari ini Minggu, Personil Polsek Kretek mengamankan giat festival layang-layang di Pantai Parangkusumo, Bantul dengan tema “Layang-layang  nusantara merajut keberagamaan dalam kebersamaan di dalam kebhinekaan”.   

Festival diikuti 45 klub layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pengkarya Layang-layang Indonesia (Perkalin) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi DIY.

Dalam festival ini, pihak panitia membagi para peserta lomba dalam 5 kategori, yaitu, tradisional, dua dimensi, tiga dimensi, rokaku serta tren naga. Dengan adanya 5 kategori ini, para peserta diharapkan untuk bisa berinovasi dengan layang-layang yang dibawa dari daerahnya masing-masing. Klub yang memegang juara umum nantinya berhak memboyong  piala bergilir Sri Sultan HB X.

Selain menjadi daya tarik wisata dan kompetisi, festival ini juga merupakan salah satu cara untuk mengedukasi para generasi muda khususnya anak-anak untuk mengetahui dunia seni layang-layang.

Hadir dalam festival itu adalah Kadis Pariwisata Bantul, Muspika Kretek, Ketua Festifal bapak Hari cahya dan ribuan penonton. (Sihumas Polsek Kretek)

Mbah Arjo Gantung Diri

Arjo Wahyudi (82 tahun) warga Gaswangi, Nengahan Rt 90, Trimurti , Srandakan Bantul ditemukan gantung diri di pintu depan rumahnya, Minggu, 28 Agustus 2016 jam 12.30 Wib.

Korban ditemukan oleh Hardiyanto (54 tahun) warga setempat saat lewat depan rumah korban melihat korban menggantung diatas pintu depan rumah. Lalu saksi memanggil warga bersama sama menurunkan korban dengan maksud akan menolong korban apabila korban masih hidup.

Setelah korban berhasil diturunkan ternyata masih menghembuskan nafas panjang sebanyak 1 kali kemudian meninggal dunia dan dilaporkan ke Polsek Srandakan.

Dai hasil pemeriksaan pada tubuh korban oleh Polisi dan tim medis dari Puskesmas, tidak ditemukan tanda tanda penganiayaan. Korban dinyatakan meninggal dunia karena gantung diri. (Sihumas Polsek Srandakan)

Polsek Kretek, Kasus Penusukan Selesai Secara Kekeluargaan

Atas permintaan warga, Bhabinkamtibmas desa Tirtomulyo Brigadir Haryono menggelar pertemuan mediasi penyelesaian kasus penganiayaan secara kekeluargaan yang menimpa warganya bertempat di Mapolsek Kretek, Minggu, 28 Agustus 2016.

Mediasi dihadiri oleh suami Korban, Tersangka, Aiptu Eko Ediyanto beserta anggotanya, Kabag Pem Tirtomulyo bapak Agus, Dukuh Punduhan dan para tokoh masyarakat dusun Punduhan.

Adapun korban yaitu Upik Maryati (35 tahun) sedangkan pelaku adalah Rahman (50 tahun) keduanya warga Punduhan, Tirtomulyo Kretek Bantul. Penganiayaan itu terjadi pada hari ini Minggu pagi di rumah Ibu Painah warga setempat.

Awalnya, korban bersama-sama tersangka dan pemilik rumah Painah sedang menggoreng kue Lumpia. Entah kenapa, tiba tiba korban dan tersangka terlibat percekcokan adu mulut.

Beberapa saat kemudian ketika tersangka sedang menyusun kue lumpia yang sudah masak ditegur oleh korban. Namun tersangka tersinggung dengan kata kata korban, kemudian pelaku spontan emosi mengambil pisau dapur dan menusuk korban dari belakang.

Atas kejadian itu korban mengalami luka sobek dibagian perut sebelah kiri sepanjang 5 cm dan kedalaman 0,5 cm. Selanjutnya korban di bawa ke Pukesmas Kretek dan setelah menjalani perawatan di perbolehkan pulang.

Adapun hasil dalam mediasi ini diperoleh kesepakatan antara korban dan tersangka, bahwa Proses hukum tidak lanjut, tersangka mengaku salah meminta maaf kepada korban beserta suaminya serta tidak akan mengulangi perbuatanya lagi yang dituangkan dalam surat pernyataan disaksikan oleh hadirin. (Sihumas Polsek Kretek)