22 Bregodo Ramaikan Kirab Budaya HUT Desa Sendangsari Ke 70

Posted by tribratanewsbantul on 14:16

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH menghadiri upacara dalam rangka peringatan HUT Ke 70 Desa Sendangsari bertempat di Lapangan Kamijoro Sendangsari Pajangan Bantul, Rabu 23 November 2016 jam 13.00 Wib.

Selain Kapolsek, upacara yang dikemas dalam adat Jawa ini dihadiri pula oleh DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Pelda Yohanes A Rasul setiyawan Koramil 18/Pajangan, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kepala SD Sendangsari, Ketua BPD Desa Sendangsari Bpk. Miskidjo, S.I.P, Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo, Tamu Undangan, Pamong, Dukuh dan peserta upacara dan kirab Budaya kurang lebih  200 orang.

Bertindak sebagai pembina upacara H. Sapta Sarosa, S. Psi yang juga mantan Lurah dan sesepuh Desa Sendangsari serta untuk  Komandan Upacara Kepala Dukuh Kamijoro Bpk. Supoyo.

DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi dalam amanatnya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kab. Bantul sangat bangga Desa Sendangsari tidak meninggalkan salah satu warisan budaya nenek moyang. Acara ini adalah rasa syukur masyarakat pada Tuhan yang Maha Esa bahwa tradisi kirab budaya ini menyimpan kearifan lokal tentang pentingnya niai-nilai kebersamaan, kekeluargaan, setia, gotongroyong sehingga acara ini bisa terwujud.

Selesai pelaksanaan upacara dilaksanakan Kirab Budaya yang mengambil start di Lapangan Kamijoro dan finish di Balai Desa Sendangsari dengan jarak kurang lebih 4 km.

Kirab Budaya diikuti 22 Bregodo yang terdiri dari 18 Bregodo Dusun, 1 Bregodo gabungan BPD LPMD  TP PKK dan Karang Taruna, 1 Bregodo Yayasan Biba Siwi dan 2 Bregodo pengawal Lurah Sendangsari. Potensi kesenian, kebudayaan dan potensi dari masyarakat dimasing-masing pedusunan juga ditampilkan dalam acara ini.

Untuk pengamanan jalan kirab Budaya pengamanan dilakukan oleh Polsek Pajangan bersama Koramil 18/Pajangan, Linmas dan FKPM Desa Sendangsari.

Seluruh rangkaian upacara adat Jawa dan kirab Budaya Desa Sendangsari tahun 2016 berjalan lancar, aman dan tertib, berakhir pada jam 17.00 Wib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:16

0 komentar:

CB