Pengamanan Rabu Pungkasan Di Pleret

Posted by tribratanewsbantul on 09:27

Sudah hampir dua pekan ini kegiatan Pasar Malam di Lapangan Desa Wonokromo, Pleret, Bantul berlangsung. Acara Pasar Malam ini dalam rangka menyambut perayaan adat yaitu Rebopungkasan yang rutin setiap tahun digelar.

Pasar malam Rebopungkasan ini bentuknya seperti Sekaten yang berlangsung di Alun-alun Utara Yogyakarta. Stand-stand permainan seperti ombak banyu, Trem, Dermolen/Bianglala dan sebagainya juga dapat kita jumpai disini. Ada juga yang menjual makanan, pakaian, bahkan mainan dan sebagainya.

Menurut sumber yang diperoleh Sihumas Polsek Pleret, sebelum tahun 1980 Pasar Malam Rebopungkasan diadakan di Komplek Masjid Pathok Nagoro (Masjid Taqwa, Wonokromo). Namun seiring perkembangan waktu, dari tahun ke tahun semakin ramai. Kemudian oleh Pemerintah Desa Wonokromo dipindahkan ke Lapangan Desa Wonokromo, Pleret hingga sekarang ini.

Selain pasar malam, Panitia juga mengadakan serangkaian kegiatan antara lain Badminton Rebopungkasan Cup 2016, Pentas Seni dan Budaya Pedusunan, Pentas Musik dan Koes Plus, Merti Kali Code dan Kali Belik serta Mancing Bareng, Festival Hadroh Rebopungkasan, Teater Budaya (menghadirkan Yu Beruk, Aldo, Jonet dkk), Gebyar PAUD Tingkat Desa Wonokromo, Pengajian Akbar Rebopungkasan 2016 oleh Gus Miftah (28 Novemver 2016), Kirab Budaya Rebopungkasan 2016 (digelar pada Malam Rabu, 29 November 2016), Sedekah dan Sholat Tolak Balak.

Sementara itu acara puncak Rabopungkasan akan berlangsung pada Malam Rabu terakhir di Bulan Sapar (29 November 2016) dengan ditandai Kirab Lemper Raksasa berukuran panjang 2,5 meter dan berdiameter 45 cm yang diarak dari Masjid Al Huda Karanganom, Wonokromo menuju Balai Desa Wonokromo.

Dalam kesempatan ini guna menjaga kamtibmas selama berlangsungnya pasar malam dan kegiatan Rebopungkasan, Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK menghadirkan personelnya baik yang berpakaian dinas maupun berpakaian preman untuk melaksanakan patroli dan pengamanan kegiatan tersebut. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:27

0 komentar:

CB