31 December 2016

Tidak Kuat Menanjak, Bus Wisata Mlorot Ditanjakan Jalan Imogiri - Dlingo

Bus pariwisata Nopol  S 7234 UW mengalami lakalantas tunggal di Jalan Imogiri-Dlingo Km 2 Kedungbuweng Desa Wukirsari Imogiri Bantul, Sabtu 31 Desember 2016 pukul 09.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian mencapai jutaan rupiah setelah bus tersebut terguling tidak kuat menanjak dijalan.

Menurut Sopir bus Kuswinto (33 tahun) warga Kedungombo, Tuban, Jawa Timur, bahwa dirinya dalam perjalanan dari Desa Palang Agung, Karangtubang, Jatim. Tujuannya untuk mengantar rombongan Karang Taruna desa setempat berwisata di Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul.

Namun sebelum sampai tujuan, bus tidak kuat naik dijalan menanjak, lalu semua penumpang turun dan menganjal Ban, namun ganjal tidak kuat akhirnya Bus mlorot dan terguling,” ujar Kusminto.

Dalam kondisi bus tidak bisa dikendalikan Kusmanto berusaha membenturkan badan bus ke tebing di sisi selatan dan akhirnya terguling. “Saya masih sadar, jika tidak saya benturkan tebing saya masuk jurang diutara jalan,” ujarnya.

Kanit Lantas Polsek Imogiri Iptu Slamet Yuwana mengatakan tidak ada korban jiwa dan luka. Diduga kejadian ini karena sopir belum hafal medannya, ” jelasnya.

Karena adanya peristiwa itu menyebabkan Jalan Imogiri-Dlingo Kedungbuweng Wukirsari Imogiri Bantul macet. Bahkan sebelum ditarik oleh mobil patroli Polsek Imogiri dan warga, jalan tersebut macet total karena posisi bus melintang ditengah jalan.

Bahkan setelah bus berhasil disingkirkan dari tengah jalan, laju kendaraan roda empat harus buka tutup. Untuk memperlancar kendaraan, Polisi melibatkan Rapi serta siswa yang tergabung dalam Saka Wira Kartika Kecamatan Imogiri untuk membantu pengaturan arus lalulintas.. (Sihumas Plsek Imogiri)

Edarkan Uang Palsu, Ibu Rumah Tangga Diamankan Di Polsek Imogiri

Seorang ibu rumah tangga brinisial ANN (39 tahun) warga Perum Puri Satya Permai, Salatiga, Sidareja, Kodya Salatiga, Jateng diamankan di Mapolsek Imogiri karena terbukti mengedarkan uang palsu, Sabtu, 31 Desember 2016 pukul 12.00 Wib.

Saat itu, Tersangka belanja beberapa macam kebutuhan rumah tangga diantaranya gula pasir, hati sapi, kain lap dan lain lainya di pasar Imogiri membayar dengan uang kertas seratus ribuan. Namun setelah tersangka meninggalkan tempat, si pedagang, Ibu Tugiyanti curiga dengan uang ratusan ribu yang dipakai membayarnya.

Karena curiga selanjutnya tersangka dikejar kemudian diamankan oleh warga di kantor pasar Imogiri, setelah dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan terhadap tersangka ditemukan uang 5 lembar seratus ribuan palsu. Selanjutnya tersangka dibawa ke Mapolsek Imogiri untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya.

Saat ini tersangka beserta barang bukti berupa gula pasir, paha, kepala ayam, hati sapi, uang tunai Rp 337.000 dan uang kertas seratus ribuan sebanyak 5 lembar diamankan di Mapolsek Imogiri guna keperluan proses hukum. (Sihumas Polsek Imogiri)

Komunitas Anti Narkoba SMA Jetis Laksanakan Diklat Narkoba

Kanit Bimas polsek Jetis Aiptu Sugiarto Pagi ini, Jumat tanggal 30 Desember 2016 melaksanakan pembinaan dan penyuluhan terkait penyalahgunaan Narkoba kepada Siswa Siswi SMA Jetis Jetis.

Pembinaan penyuluhan Narkoba ini merupakan program yang diselenggarakan oleh SMA 1 Jetis bersama sama dengan Komunitas Anti Narkoba SMA 1 Jetis,  agar Siswa siswi kelas 11 dan 12 mengetahui dampak dari Narkoba dan waspada serta tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Anti Narkoba SMA 1 Jetis / Kanomi, merupakan Program tahunan yang diselenggarakan oleh Kanomi (komunitas anti Narkoba rokok dan Miras SMA 1 Jetis), yang terbentuk sejak 2012, dengan program kegiatan antara lain Pembuatan mading dan poster anti Narkoba, konseling Sebaya, Razia alat elektronik.

Kanomi SMA 1 Jetis terbentuk berkat kegiatan yang menonjol dan pernah menjuarai Sekolah anti Narkoba Tingkat Prop Bantul.

Dalam sambutannya Drs Bambang Yuwana, selaku guru bidang kesiswaaan menyampaikan selamat datang kepada para peserta Diklat/binluh, dengan di adakannya binluh ini di harapkan siswa siswi SMA 1 Jetis bisa bertambah wawasan terkait dengan penyalaahgunaan Narkoba.

Dengan harapan Siswa siswi harus menjauhi dan bisa bersih dari Narkoba, dengan adanya komunitas Anti Narkoba siswa berkomitmen mencegah terlibat dalam pengunaan Narkoba dalam bentuk apapun, tegas Pak Drs Bambang Yuwana mengakhiri sambutannya.

KanitBbimas Polsek Jetis Aiptu Sugiyarto dan anggota Bimmas Aipda Heri P, selaku Narasumber dalam kesempatan tersebut menjelaskan pengertian Narkoba, jenis/golongan, bahaya/dampak akan Narkoba serta pasal dan pidana lahgun Narkoba

Dalam menghahiri penyuluhanya, Kanit Bimmas berpesan setelah binluh ini diharapkan siswa yang hadir tidak terlibat dalam penggunaan Narkoba dan dapat berpartisipasi  menginformasikan kepada Polsek apabila ada tanda tanda penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah maupun dirumah. Dan bisa menyampaikan kepada Masyarakat lain terutama pada teman teman yang tidak hadir disini untuk memerangi Narkoba bersama sama karena saat ini Indonesia Darurat Narkoba, kita sebagai generasi penerus Bangsa wajib ikut dalam memerangi Narkoba. (Sihumas Polsek Jetis)



Pelantikan Kasi Pem Desa Trimulyo

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro hadiri pelantikan Kasi Pem Desa Trimulyo di Pendopo setempat, Jumat, 30 Desember 2016

Nampak hadir Muspika Kecamatan Jetis, Kepala KUA Kecamatan Jetis, Ketua Panitia Penerimaan Lowongan Perangkat Desa Trimulyo Bapak Santoso Amd, Lurah Desa Trimulyo Bapak Drs. H.Juzan Sanusi,M.A, perangkat desa Trimulyo beserta para Dukuh, LPMD desa Trimulyo,Tokoh Masyarakat Dan Tokoh Agama Desa Trimulyo serta tamu undangan.

Adapun yang dilantik sebagai Kasi Pem Desa Trimulyo oleh lurah adalah bapak Bapak Ikhsan Khumaedi,S.Pd.

Sambutan Lurah desa Trimulyo mengucapkan selamat kepada bapak Ihksan Khumaedi, Spd selaku Kasi Pem yang dilantik. Beliau berharap dengan diisinya formasi baru ini pekerjaan di lingkup desa Trimulyo dapat semakin baik. Serta berharap dapat menerapkan profesionalitas dan dedikasi serta loyalitas sehingga suasana kerja menjadi harmonis dan itu adalah kunci kesuksesan bersama.

Kegiatan yang berlangsung sampai pukul 15.00 wib dalam keadaan aman dan tertib berkat pengamanan personil Polsek Jetis dan Linmas Desa Trimulyo. (Sihumas Polsek Jetis)

Pengamanan Ibadah Di GKJ Patalan Pepanthan Pundong

Jumat, 30 desember 2016 pukul 14.00 wib anggota polsek pundong melaksanakan pengamanan ibadah di Gereja Kristen Jawa Patalan Pepanthan Pundong dusun Piring, Srihardono, Pundong Bantul.

Ibadah ini dalam rangka pelaksanaan ibadah pendewasaan GKJ Patalan Pepanthan Pundong menjadi Gereja Dewasa di lingkup klasis Yogyakarta Selatan dengan nama GKJ Pundong.

Ibadah mengambil tema "Gereja yang tumbuh dalam kedewasaan bersama kristus" yang dihadiri oleh pendeta Petrus Sutoto S.pd, pendeta Dr Budi Raharjo, MTh, pendeta Aris Widaryanto, bapak Dwi Kristyantoro St dan kurang lebih kurang 600 jemaat. (Siumas Polsek Pundong)

Pelantikan Pamong Desa Sendangsari Pajangan Tahun 2016

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T, Jumat 30 Desember 2016 jam 09.00 Wib melantik 4 pejabat pamong yaitu Zuchri Saren Satrio, S.Sos sebagai Carik Desa Sendangsari, Gestria Sariaji Fariris sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan, Fivien Nur Endah Kumalasari, S.E. sebagai Kepala Urusan Perencanaan dan Sunarya sebagai Dukuh Jetis Heksa.

Pelantikan didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Lurah Desa Sendangsari Nomor 28 tahun 2016 tentang Pemberhentian Pamong Desa Sendangsari dan SK Lurah Desa Sendangsari Nomor 29 tahun 2016 tentang Pengangkatan Pamong Desa Sendangsari tertanggal 30 Desember 2016.

Pelantikan disaksikan oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E,  Lurah Wijirejo Murtadho, Pemdes Kab Bantul Bpk. Jaelani, Pelda Rasula Koramil 18/Pajangan, Perwakilan Desa Guwosari, perwakilan Desa Triwidadi, Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo, Ketua BPD Desa Sendangsari Bpk. Miskidjo, S.I.P, Pamong, Dukuh, Toga, Tomas Desa Sendangsari dan warga Dusun Jetis Sendangsari ± 150 orang.

Laporan Ketua panitia pengisian Pamong Desa Sendangsari Bpk. Miskidjo, S.I.P. (Ketua BPD Desa Sendangsari) menyampaikan bahwa pentahapan pemilihan Pamong Desa Sendangsari telah sesuai dengan Perda Kab. Bantul Nomor 05 tahun 2016 tentang Pamong Desa. Dalam proses seleksi bekerjasama dengan pihak ke - 3 UAD Yogyakarta untuk membantu dalam proses tes seleksinya. Pelaksanaan pengisian Pamong Desa dilakukan dengan transparan dan akuntabel.

Lurah Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, Camat, Muspika, Panitia dan Masyarakat Sendangsari sehingga pemilihan pengisian Pamong berhasil dengan sukses. Kepada peserta yang belum bisa menjadi pamong Desa Sendangsari bisa memberi konstribusi lain dalam memajukan Desa Sendangsari.

Diharapkan para terlantik dapat bisa mengemban tugas dengan baik dan tanggungjawab. Pamong ke depan dituntut untuk bekerja keras dan menguasai teknologi. Kami ucapkan selamat bergabung di Pemerintah Desa Sendangsari mari bersama-sama memajukan Desa Sendangsari ini, pungkasnya.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lurah dan jajaran sudah menindak lanjuti Rekom kami dengan baik terkait pengisian Pamong Desa Sendangsari.

Sekarang Desa menjadi tumpuan pembangunan, untuk penyelenggara pemerintahan, pelayanan masyarakat, pembangunan dan pengembangan masyarakat. Oleh karena kami mengharap Kepada terlantik bisa melaksanakan tugas dengan profesional dan bertanggungjawab.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Sebanyak 160 Anggota Polres Bantul Naik Pangkat

Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo, SIK bertindak sebagai Irup dalam Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat dan pelepasan Purna Tugas Polri Semester 2 Tahun 2016 anggota Polres Bantul di halaman Mapolres Bantul, Sabtu, 31 Desember 2016 pukul 08.00 Wib.

Selain anggota yang naik pangkat dan purna tugas, upacara juga diikuti oleh Waka Polres Bantul Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SIK, seluruh pejabat dan Perwira di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek jajaran, Ketua Cabang Bhayangkari Bantul Ny. Linda Dadiyo dan pengurus serta Bhayangkari anggota yang naik pangkat.

Dalam upacara tersebut, sebanyak 160 anggota Polres Bantul mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 yang terdiri dari Iptu ke AKP1 orang, Ipda ke Iptu 25 orang, Aipda ke Aiptu 37 orang, Bripka ke Aipda 49 orang, Brigadir ke Bripka 36 orang, Briptu ke Brigadir 9 orang, Bripda ke Briptu 1 orang, pangkat penghargaan dari Aiptu ke Ipda 1 orang dan pangkat penghargaan dari Bripka ke Aipda 1 orang. Sementara 10 anggota Polres Bantul lainnya resmi memasuki masa pensiun.

Dalam amanatnya, Kapolres Bantul mengatakan kenaikan pangkat merupakan hak bagi setiap anggota, namun hak ini hanya akan diberikan kepada personel Polri yang telah memenuhi syarat, artinya bahwa personel tersebut layak dan tidaknya naik pangkat akan ditentukan melalui keputusan Wanjak pimpinan Polri yang berwenang.

Kapolres menekankan bahwa naik pangkat bukan sekedar untuk menyombongkan diri, namun yang perlu saudara ingat adalah bersyukur kepada tuhan yang  maha esa, dikarenakan kenaikan pangkat yang saudara terima merupakan amanah yang dipercayakan, harus dijaga dan dipertanggungjawabkan kepada organisasi maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara kepada anggota yang memasuki Purna Tugas, Kapolres berpesan bahwa Purna tugas bukanlah sesuatu yang ditakutkan, tetapi perlu disyukuri apalagi dalam kondisi yang sehat.

Tak lupa atas nama pribadi dan pimpinan, Kapolres bantul menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih sebanyak-banyaknya, atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama mengabdi di institusi Polri.

Diakhir amanatnya Kapolres Bantul mengingatkan bahwa saat ini kita sedang melaksanakan rangkaian giat pengamanan Operasi Lilin Progo 2016. Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh  anggota dan jajaran Polres Bantul karena dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal tercipta kondisi aman dan terkendali, tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol.

“Kemudian untuk moment perayaan Tahun Baru 2017 yang akan berlangsung saya harapkan kepada seluruh anggota dan jajaran Polres Bantul agar selalu siaga, laksanakan pengamanan sesuai plotingnya yang telah ditentukan, pahami betul tugasnya dan melaksanakan pengamanan dengan penuh keikhlasan dan penuh rasa tanggung jawab. Semoga kegiatan pengamanan dapat berjalan lancar dan tercipta kondisi yang aman terkendali,” pungkasnya. (Bag Humas Polres Bantul)

Lurah Desa Wonokromo Lantik Kepala Urusan Tata Usaha & Umum Dan Kepala Seksi Pelayanan

Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP, MAP, Jumat, 30 Desember 2016 pukul 20.00 WIB melantik M. Hamdan Ardiansa, SIP sebagai Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Desa Wonokromo, sedangkan Musta'in sebagai Kepala Seksi Pelayanan Desa Wonokromo.

Pelantikan disaksikan oleh Camat Pleret Drs. Walkodri M.Si, Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo, Kepala KUA Pleret, Kepala UPT Pleret, Kepala Puskesmas Pleret, para Lurah Desa Se Kecamatan Pleret, Ketua BPD Desa Wonokromo, Ketua LPMD Desa Wonokromo, TP PKK Desa Wonokromo,Toga dan Tomas serta Karang Taruna Desa Wonokromo.

Dalam laporan Ketua Panitia Pengisian Pamong Desa Wonokromo oleh Asngat Zamzani bahwa pelaksanaan penjaringan calon pada tanggal 8 Desember 2016 dengan hasil lolos10 peserta pada lowongan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, dan 7 peserta lolos untuk lowongan Kepala Seksi Pelayanan.

Kemudian pelaksanaan ujian berlangsung pada tanggal 22 Desember 2016 bertempat di SMK N 1 Pleret diperoleh nilai tertinggi yakni M. Hamdan Apriansa SIP memperoleh nilai 75.10 sehingga terpilih sebagai Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, sedangkan Musta'in dengan nilai 69.55 terpilih sebagai Kepala Seksi Pelayanan. Dalam prosesnya panitia menggandeng pihak ketiga yakni STPMD-APMD Yogyakarta sebagai tim penguji.

Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP, MAP dalam sambutannya menyampaikan Selamat kepada kedua Pamong Desa yang telah dilantik dan berharap dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat membawa manfaat bagi masyarakat Desa Wonokromo.

Sedangkan Camat Pleret Drs. Walkodri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul dan Muspika Kecamatan Pleret mengucapkan Selamat kepada Desa Wonokromo dan Ketua Panitia beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan pengisian Pamong Desa Wonokromo dengan baik.

Dan kami juga mengucapkan Selamat kepada Pamong Desa terlantik semoga cepat menyesuaikan dengan pekerjaannya dan berintegrasi bekerjasama dengan perangkat lainnya untuk membangun dan memajukan Desa Wonokromo.

Acara tersebut berjalan lancar dengan pengamanan dari personil PolsekPleret dan berakhir pada pukul 21.30 WIB dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)

30 December 2016

Final Kejurnas piala Kamenpora Fossbi Di SSA Jetis Bantul

Patroli Polsek Jetis yang diPimpin Ka SPK II Aiptu Masrodin, Pantau pertandingan Final Sepak Bola Fossbi Usia 12 thn Di Stadion Sultan Agung Rabu, 26 desember 2016.

Final  penutupan Kejurnas Sepak Bola FOSSBI I - U12 yang memperebutkan Piala bergilir Menteri pemuda dan Olah raga Republik Indonesia Menpora th 2016 dengan Ketua penyelenggara ISMA USMAN, SE disaksikan kl. 100 penonton.

Final Piala Keementrian disaksikan beberepa pejabat di bidang Olah raga Hadir dalam acara penutupan tsb antara lain Kepala dispora Bantul widodo Setiyanto,Asprov PSSI dr. Antok, Ketua umum Fossbi HM Lutfi. Pelatih Bali United FC Indra Sjafri.

Ketua umum Fossbi dalam acara penutupan Kejurnas Fosbi "menyampaikan selamat kepada juara juara Fosbi, kembangkan terus sepak bola untuk kemajuan bangsa ini, ketua umum Fossbi bpk. Hm Lutfi  juga menyampaikan bahwa Kiki Kurniawan dari Jatim 5 secara resmi tekah dikontrak klub Bali United" Demikian ketua umum fosbi mengkhiri sambutan.

Kejurnas Piala bergilir Menpora RI 2016 dengan hasil lengkap sebagai berikut : Juara 1 : DIY putih, Juara 2 : Jatim 5, Juara 3 :Jateng, Juara 4: Jatim 3.
Tops skor : Kiki kurniawan dari Jatim 5.
Best player : Kiki Kurniawan dr Jatim 5.
Best Kiper : Aldi dari Jateng.

Dalam kesempatan tersebut ketua umum Fossbi bpk. Hm Lutfi  juga menyampaikan bahwa anak bernama Kiki Kurniawan dari Jatim 5 secara resmi tekah dikontrak klub Bali United.

Selama final kejurnas fosbi pengamanan dilaksanakan oleh personil polsek Jetis berjalan aman. (Sihumas Polsek Jetis)

Kasihumas Polsek Pleret Siaran Di Radio Swadesi

Kasi Humas Polsek Pleret Aiptu Sawaldi, Rabu, 28 Desember 2016, melakukan siaran On Air di Radio Swadesi 107.9 FM dalam acara Tambalan "Tambah Apik Lantip" yang dipandu oleh penyiar Hendro Pleret.

Pada kesempatan pertama Kasi Humas Aiptu Sawaldi menyampaikan terkait tugas dan fungsi Sihumas. Menurut Aiptu Sawaldi, Sihumas merupakan unsur pelayanan dan pembantu pimpinan yang berada dibawah Kapolsek. Adapun tugas Sihumas antar lain mengumpulkan, mengolah data dan menyajikan informasi serta dokumentasi yang berkaitan dengan tugas Polsek. Sementara itu dalam melaksanakan tugas Sihumas menyelenggarakan fungsi yakni melakukan pengumpulan dan pengolahan data serta peliputan dan dokumentasi kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanan tugas Polsek. Kemudian melakukan pengelolaan dan penyajian Informasi sebagai bahan publikasi kegiatan Polsek.

Terkait situasi kamtibmas Kasi Humas menyampaikan secara umum wilayah Kecamatan Pleret relatif aman kondusif. Namun demikian akhir-akhir ini marak aksi klithih yang meresahkan masyarakat. Untuk itu Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK memerintahkan jajaran Polsek bersama Polres Bantul melaksanakan Operasi Cipta Kondisi di seluruh wilayah Bantul guna mencegah aksi klithih tersebut.

Disampaikan pula bahwa saat ini Polsek Pleret bersama Mitra Kamtibmas Pleret tengah melakukan program pemasangan CCTV, utamanya di obyek-obyek vital yang ada di wilayah Pleret. Rencana akan dipasang sebanyak 25 sampai 30 titik. Sementara saat ini telah terpasang 12 titik dan sudah bisa dipantau langsung melalui layar monitor yang ada di Polsek Pleret. Program CCTV ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK dengan tujuan untuk mendukung kelancaran tugas Kepolisian terutama terhadap tindak kriminalitas ataupun kejadian lainnya. (Sihumas Polsek Pleret)

Komunitas Anti Narkoba SMA jetis Laksanakan Diklat Narkoba

Kanit Bimas Polsek Jetis Aiptu Sugiarto pagi ini, Jumat, 30 Desember 2016 melaksanakan pembinaan dan penyuluhan terkait penyalahgunaan Narkoba kepada Siswa-Siswi SMA Jetis.

Kegiatan binluh ini diselenggarakan oleh Komunitas Anti Narkoba Rokok dan Miras SMA 1 Jetis (Kanomi) dan merupakan program tahunan dengan tujuan agar para siswa mengetahui dampak dari penyalahgunaan Narkoba sehingga menjadi lebih waspada.

Dalam sambutannya Drs Bambang Yuwana, selaku guru bidang kesiswaaan menyampaikan selamat datang kepada para peserta binluh. Dengan diadakannya binluh ini diharapkan siswa-siswi SMA 1 Jetis bisa bertambah wawasan terkait dengan penyalaahgunaan Narkoba. Dengan harapan siswa-siswi harus menjauhi dan bisa bersih dari Narkoba.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Jetis Aiptu Sugiyarto dan anggota Binmas Aipda Heri P, selaku narasumber dalam kesempatan tersebut menjelaskan pengertian Narkoba, jenis/golongan, bahaya/dampak akan Narkoba serta pasal dan pidana lahgun Narkoba

Diakhir materinya, kepada siswa-siswi SMA 1 Jetis Kanit Bimmas mengingatkan setelah binluh ini diharapkan siswa yang hadir tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba dan dapat berpartisipasi  menginformasikan kepada pihak Kepolisian apabila ada tanda-tanda penyalahgunaan Narkoba baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Kanit Binmas juga mengharapkan agar para siswa dapat menyampaikan kepada teman-teman yang tidak hadir untuk turut serta memerangi Narkoba bersama-sama. (Sihumas Polsek Jetis)

Polsek Banguntapan Tangkap Residivis Kambuhan Spesialis Currat

Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, Opsnal reskrim Polsek Banguntapan berhasil menangkap tersangka currat berinisial SGY (29 tahun)  di rumahnya dusun Tompak, Karangmojo, Gunungkidul, Jumat, 30 Desember 2016 pukul 01.00 Wib. Dari tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa Laptop Asus, HP samsung dan tas ransel kemudian dibawa ke Mapolsek Banguntapan.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH didampingi Kanit Reskrim Iptu Deby A, SIK menjelaskan, tersangka adalah pelaku pencurian dengan pemberatan di rumah milik Bekti Murheny (51 tahun) PNS dusun Plakaran Rt. 02 Baturetno Banguntapan pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2016.

Saat kejadian, korban sedang tidur dikamarnya dan meletekkan 4 unit HP dan 2 unit Laptop di meja samping tempat tidur. Sekira pukul 03.00 wib korban bangun untuk sholat tahajud, selesai sholat baru mengetahui barang barang miliknya tersebut sudah tidak ada ditempatnya, dan selanjutnya melaporkan ke Polsek Banguntapan untuk pengusutan lebih lanjut, jelas Kapolsek Banguntapan.

Tersangka tidak sendirian dalam melakukan aksinya, ia bersama temannya berinisial DR yang saat ini ditangani perkaranya di Polres Gunungkidul, tambah Kanit Reskrim.

Kepada petugas, tersangka mengaku sebelum melakukan pencurian, dirinya berboncengan motor bersama DR keliling cari sasaran, setelah menemukan lokasi incaran tersangka langsung melakukan aksinya. DR menunggu didepan rumah dengan siap diatas motor, sedangkan tersangka masuk rumah korban melalui pintu belakang rumah yang tidak dikunci.

Setelah masuk dalam rumah melihat ada kamar tidur yang sedikit terbuka dan melihat ada 2 Laptop merk asus dan lenovo, serta 4 buah HP blackbery Z3, Lenovo, Samsung grandprime silver dan nokia N95, serta tas ransel yang didalamnya ada uang tunai Rp. 2 juta.

Tanpa basa basi pelaku langsung mengambil barang-barang tersebut diatas langsung bergegas keluar lewat pintu depan menuju ke DR yang menunggu didepan rumah. Setelah itu langsung tancap gas menuju ke rumah tersangka di Gunungkidul, terang Kapolsek Banguntapan.

Kemudian mereka berdua menjual hasil pencuriannya berupa HP Nokia N95 dan HP lenovo laku Rp. 300.000.- kemudian hasilnya dibagi dua. Sedangkan uang tunai juga dibagi dua. Dan sudah habis untuk membayar hutang. Tersangka merupakan residivis, sebelumnya pernah menjalani hukuman di Lapas Gunungkidul dan bebas tahun 2014 pada perkara yang sama, tutup Kapolsek Banguntapan. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Upacara HUT Satpam Ke 36 Di Mapolres Bantul

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke 36 di Kabupaten Bantul di pusatkan di aula Mapolres Bantul, Jumat, 30 Desember 2016 pukul 08.00 Wib dengan Inspektur Upacara Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK.

Upacara HUT Satpam kali ini juga dihadiri oleh, Kasibinlat Subditbinsatpam/Polsus Ditbinmas Polda DIY Kompol Diah Ernawati, Paur Sibinlat Subditbinsatpam/Polsus Ditbinmas Polda DIY, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto, SH, MH, para Pejabat Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantul, FX. Agus Subagja dan Ketua Senkom Bantul.

Sedangkan untuk pasukan upacara terdiri dari para Satpam dari berbagai instansi dan perusahaan, Sat Pol PP, Satuan Polisi Khusus Rutan Bantul, Senkom dan Paksi Katon.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Bantul membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dalam amanatnya, Kapolri mengatakan peringatan HUT Satpam ke 36 yang dilaksanakan secara serentak di  polres-polres  dimaksudkan  untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing- masing,  sebagai  mitra keseharian  dalam mengemban fungsi kepolisian  di lapangan.

Pada kesempatan yang baik ini, Kapolri ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas, atas segala dukungan maupun partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungan kerjanya.

Selanjutnya, Kapolri  juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada   seluruh   personel satuan  pengamanan.  Melalui  peringatan  hari ulang tahun Satpam ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap  kinerja yang telah dilakukan.

Melalui perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan  tugas, kita berharap peran Satpam sebagai  mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal di masa mendatang.

Perlu dipahami bahwa dinamika lingkungan global yang ada saat ini, masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat. Konflik berkepanjangan di sebagian   negara juga masih terjadi, disertai trend perlambatan ekonomi yang melanda dunia internasional. Kondisi tersebut tentu saja akan berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam negeri, baik langsung maupun tidak langsung.

Disamping itu, dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terkahir, juga menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, baik inter maupun antar agama, serta semakin meningkatnya suhu politik di beberapa daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2017.

Berbagai  hal tersebut,  merupakan tantangan tugas bagi Polri dalam  menciptakan dan  memelihara stabilitas  keamanan  dalam negeri. Namun demikian, Polri menyadari bahwa Polri tidak dapat bekerja sendiri dalam menghadapi kompleksitas tantangan tugas tersebut. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk satuan pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Dalam implementasinya, Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas. Dukungan tersebut telah ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

“Hal ini juga sejalan dengan salah satu program prioritas yang telah saya canangkan, yaitu “membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas”, ujar Kapolri.

Polri telah menerbitkan panduan induk kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi,  perusahaan  dan/atau instansi/ lembaga pemerintah yang dituangkan sebagai Peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 (Berita Negara Republik Indonesia tahun 2007 nomor 50).

Panduan ini memberikan tuntunan untuk menerapkan satu tata kelola pengamanan swakarsa secara holistik terhadap proses bisnis satu organisasi. Penerapan panduan ini tidak harus eksklusif, namun melengkapi tatanan industrial security yang telah berjalan, guna lebih meningkatkan kemampuan organisasi secara

Swakarsa dan profesional dalam menanggulangi ancaman dan gangguan keamanan terhadap proses bisnisnya, serta mematuhi regulasi keamanan yang berlaku.

Kapolri menegaskan   bahwa yang dimaksud anggota satuan pengamanan dalam panduan tersebut adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi.

Mencermati hal ini, harus disadari bersama bahwa anggota satuan pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya  menciptakan  jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita. Oleh karena itu, penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri.

Prioritas penyiapan anggota Satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing, semakin mendesak untuk direalisasikan khususnya pada 12 (dua belas) spesialis industrial security guna mengantisipasi inovasi “security  profesional” asing, sebagai konsekuensi dari adanya 12 sektor prioritas mea 2015 yang disebut sebagai free flow of skilled labor (arus bebas tenaga kerja terampil).

Kapolri mengingatkan  bahwa posisi  atau jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional memerlukan orang yang berkualitas dan memiliki kompetensi serta profesionalisme yang tinggi. Hal ini menjadi penting karena dalam era kompetisi saat ini, setiap individu dituntut untuk dapat menampilkan kinerja yang terbaik.

Menyikapi hal tersebut, diperlukan upaya bersama untuk dapat semakin meningkatkan kemampuan personel Satpam dalam menghadapi setiap tantangan tugas dan permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Untuk itu, Kapolri memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para personel Satpam, melalui pelatihan dan simulasi serta kursus spesialisasi di bidang industrial security, baik pada jenjang gada pratama, gada madya maupun gada utama.

Oleh  karenanya,  Kapolri menilai tema peringatan  ke-36  HUT  Satuan Pengamanan  tahun 2016 sangat tepat, yaitu ”Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam  Indonesia Dengan Melalui Pelatihan Kompetensi Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Secara Profesional, Modern Dan Terpercaya (Promoter) Guna Menciptakan Stabilitas  Keamanan Dan  Ketertiban Di Lingkungan Kerjanya”.

“Saya yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan, dan berkesinambungan dari seluruh stakeholder industrial security dalam peningkatan kompetensi profesi Satpam sebagaimana yang telah saya jelaskan, kinerja satuan pengamanan akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuh Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri ingin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada 99 pimpinan BUMN dan perusahaan yang mengelola objek vital dan objek vital nasional, yang telah mendapatkan sertifikat, maupun sedang dalam proses menerapkan standar tata kelola pengamanan swakarsa berdasarkan peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007.

Tak lupa, Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan badan audit publik yang telah melaksanakan audit penerapan sistem manajemen pengamanan secara transparan dan independen.

Tatanan penerapan tata kelola pengamanan swakarsa seperti yang saya uraikan, akan memposisikan profesi satuan pengamanan sejajar dengan profesi lainnya, dan secara bertahap diharapkan dapat menciptakan satu iklim adanya jaminan  perlindungan terhadap dunia investasi di Indonesia.

Sebelum mengakhiri amanatnya, kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan, Kapolri menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

1.  Pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam;

2.  Bersikap  tegas  dan  cermat  dalam  menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja;

3.   Berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security;

4.   Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap  proses bisnis organisasi;

5.    Lakukan upaya preventif  yang  konstruktif dan kreatif, dalam mencegah dan mengeliminir segala bentuk gangguan kamtibmas;

6.    Lakukan tindakan penegakan hukum terbatas apabila dibutuhkan, secara profesional dan proporsional sesuai aturan hukum yang berlaku;

7.    Tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan petugas kepolisian setempat dan instansi terkait di lapangan, agar dapat mengantisipasi perkembangan gangguan kamtibmas di lingkungan kerja sedini mungkin.

“ Akhirnya, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas sekuriti, anggota Satpam,   pimpinan badan   usaha jasa pengamanan, asosiasi bidang pengamanan serta seluruh stakeholder, atas dedikasi dan kerja samanya dalam menumbuh kembangkan pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan di indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia,” pungkas Kapolri. (Bag Humas Polres Bantul)

Meski Hujan, Personil Polsek Dlingo Tetap Semangat Berolahraga

Meski cuaca tidak mendukung karena hujan, namun Personil Polsek Dlingo tetap semangat melaksanakan olah raga bersama karyawan instansi se-Kecamatan Dlingo dalam rangka memelihara kebugaran jasmani maupun kesegaran rokhani di sela kewajiban melaksanakan tugas, Jumat pagi, 30 Desember 2016.

Olah raga berupa Senam dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Dlingo dan serambi-serambi bangunan sambil berteduh dari air hujan.

Sebagaimana biasa, kegiatan diakhiri dengan ramah tamah menyambung tali silaturahim dan berbagi informasi sambil menikmati hidangan ala kadar. Disertai harapan dan doa dapat sua kembali pada Tahun Baru 2017 mendatang, yang diinginkan yaitu segalanya akan lebih baik dan tetap mendapatkan bimbingan, pertolongan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa. (Sihumas Polsek Dlingo)

Kapolsek Banguntapan Hadiri Pelantikan Carik desa Jambidan

Desa Jambidan mengadakan pelantikan Carik desa hasil seleksi Pamong desa 2016 di UMY. Pelantikan yang dipimpin langsung Lurah Desa Jambidan berlangsung hikmad dengan melantik Carik Desa Jambidan Susilo Hadi S.T, Selasa 27 Desember 2016.

Kegiatan ini dihadiri Camaat Banguntapan, Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno dan Dan ramil kec Banguntapan beserta Kepala KUA Kecamatan Banguntapan, Pamong  Desa jambidan, RT, dan Lembaga Desa Jambidan.

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Pengisian Pamong Desa Jambidan  bapak Dahroni. Dalam laporannya, Bapak Dahroni menyampaikan, Panitia 9 telah berusaha semaksimal mungkin untuk transparan dalam proses seleksi pengisian pamong desa ini dengan menggandeng pihak ketiga, yakni Universitas Muhammadiah Yogyakarta sebagai tim penguji.Bapak Dahroni menambahkan, dalam seleksi Carik Desa Jambidan yang diikuti 14 orang, Susilo Hadi, ST mendapat nilai tertinggi sehingga berhak menjabat Carik Desa Jambidan.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dan jabatan carik desa Jambidan,  dilakukan oleh Lurah Desa Jambidan Indrianta Nugraha, S.T. MM. dengan mengucap sumpah dan jabatan serta penandatangan berita acara sertijab.

Dalam sambutanya lurah Desa Jambidan bapak Indrianta Nugraha, S.T. MM. mengucapkan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang telah hadir dalam pelantikan Carik Desa Jambidan serta ucapan selamat kepada Carik Desa  Jambidan yang baru di lantik, berharap jabatan ini harus di jalankan dengan sebaik baiknya serta bisa bekerja sama dengan Pamong yang lain, semoga kedepan dapat membawa Masyarakat Desa Jambidan menjadi lebih baik serta marilah kita wujudkan Desa Jambidan yang lebih maju.

Sambutan Camat Banguntapan R. Jati Bayubroto, SH, M.Hum, dengan inti mengucapkan selamat kepada Carik Desa yang baru di lantik, semoga bisa menjalankan tugas dengan penuh amanah, bisa sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Desa Jambidan dan Pemerintah, harus mau belajar dan terbuka serta selalu ada komunikasi. Sebagai Carik harus di pelajari tupoksinya, semoga dapat membawa Desa Jambidan lebih maju serta bisa menciptakan situasi yang kondusif.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Pengamanan Obyek Wisata Hutan Pinus Dlingo

Kapolsek Dlingo AKP Sarjono, SH beserta anggota memantau keamanan obyek wisata Hutan Pinus Mangunan, Mangunan, Dlingo, Bantul yang ramai dikunjungi ribuan Wisatawan dari berbagai daerah, Rabu, 28 Desember 2016.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas serta untuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan.

Saat ini Hutan Pinus memang semakin populer sebagai salah satu lokasi hunting foto dan bahkan prewedding. Deretan hutan pinus yang tumbuh teratur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. (Sihumas Polsek Dlingo)

Pengamanan Obyek Wisata Puncak Becici Dlingo

Di waktu libur panjang sambut tahun baru ini, obyek wisata puncak Becici Muntuk Dlingo Bantul ramai dikunjungi para wisatawan dari dalam maupun luar daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 29 Desember 2016.

Oleh karena itu untuk menjamin keamanan dan ketertiban serta untuk kenyamanan para wisatawan, Kapolsek Dlingo AKP Sarjono, SH menempatkan anggotanya dibantu Koramil di lapangan untuk pengamanan obyek wisata Becici.

Pada hari itu terpantau ribuan wisatawan memadati obyek wisata Becici sedangkan personil Polsek Dlingo memantau parkir dan selalu patroli jalan kaki disekitar Becici mengantisipasi hal hal yang dapat menganggu kamtibmas.

Puncak Becici berada di area hutan pinus Muntuk Dlingo Kabupaten Bantul. Dari Jogja bisa ditempuh sekitar 45 menit. Puncak Becici belum lama dibuka, baru beberapa tahun ini dan makin banyak pengunjung diminati para wisatawan karena tempatnya yang sangat menawan menawarkan keindahan alamnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Tekan Peredaran Narkoba, Sat Binmas Polres Bantul Adakan Penyuluhan Narkoba Di Desa Tirtosari

Sebagai bentuk kepedulian akan maraknya penggunaan Narkoba dilingkungan generasi muda saat ini, Sat Binmas Polres Bantul mengadakan penyuluhan Narkoba kepada Para Pamong Desa Tirtosari, Dukuh, BPD, Toga, Tomas, LPMD, para Ketua  RT, PKK dan Karang taruna di balai desa Tirtosari, Kretek, Bantul, Kamis 29 Desember 2016 pukul 20.00 wib.

Tujuan kegiatan ini adalah agar polisi beserta masyarakat dapat bersama-sama menjaga menekan peredaran Narkoba serta memberikan bekal kepada generasi muda untuk tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba.

Sebagai narasumber dalam penyuluhan ini yaitu Kasat Binmas AKP Handiko Widiyanto SH MH, Kanit Bintibmas Ipda Sudiasih, Kanit Binkamsa Aiptu Juwanto dan Bhabinkamtibmas Tirtosari Aiptu Suryanto.  

Kasat Binmas menyampaikan, Kita sebagai Orang tua atau yang dituakan dimasing-masing dusun agar senantiasa memantau pergaulan dan perkembangan anak muda sebagai generasi penerus Bangsa, kita tahu generasi muda semakin hari semakin rapuh di gerogoti Narkoba, sehingga tidak dapat lagi berpikir jernih.

Adapun ciri-ciri seseorang yang sudah ketergantungan terhadap Narkoba diantaranya :          Terjadinya perubahan sikap dan kepribadian, mudah tersinggung, mudah mengantuk, pemalas, kesehatan diri tidak terjaga dan suka melakukan tindakan kriminal dan pelanggaran hukum lainnya.

Untuk itu dimohon partisipasi dan sumbangsihnya. Awasi generasi kita dan laporkan jika disekitar kita ada yang memakai bahkan menjual narkoba, jangan takut melaporkan, karena pelapor mempunyai hak untuk dilindungi.                   

Sedangkan untuk keamanan dan ketertiban dilingkungan kita adalah tanggung jawab kita bersama untuk itu mari kita tingkatkan dalam menjaga lingkungan dengan cara mengaktifkan ronda, karena ronda itu disamping untuk menjaga kamtibmas juga untuk silaturohmi dan tukar pendapat dan masih banyak masih banyak lagi keuntungannya,  namun ronda jangan sampai dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum.Jika terjadi suatu permasalahan segera lapor ke RT atau Bhabinkamtibmas agar dengan cepat dapat tertangani tutup Kasat Binmas Polres Bantul.

Sedangkan tentang materi penyuluhan narkoba diberikan oleh Kanit Bintibmas Ipda Sudiasih dan nara sumber lainya. Kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)

Serah Terima Program Sanimas Tahun 2016 Dari PSPLP Prop DI Yogyakarta Kepada KSM AKUR Dusun Dukuh

Kamis, 29 Desember 2016 sekira pukul 10.15 wib di dusun Dukuh Seloharjo Pundong Bantul telah berlangsung Serah Terima Program Sanimas Tahun 2016 dari PSPLP (pengembangan sistem penyehatan lingkungan pemukiman) Prop DI Yogyakarta kepada KSM (kelompok swadaya masyarakat) AKUR dusun Dukuh Seloharjo Pundong Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Satker PSPLP Prop D.I Yogyakarta Bapak Agung S, DPU Kab. Bantul Hermin H, Drs. Sukrisna Dwi Susanto MSi Camat Pundong, Kapolsek Pundong AKP Nuning S SH.Mhum, Ketua KSM Akur Sunaryo, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan kurang lebih 100 orang.

Dalam sambutanya bapak Agus S, mengucapkan banyak terimakasih kepada KSM Akur Seloharjo yang telah menyelesaikan pembangunan Sanimas di dusun Dukuh Seloharjo sesuai dengan waktu yang ditentukan dan menyerahkan bangunan sanimas ( Saluran pembuangan limbah secara terpadu) di dusun Dukuh kepada warga untuk digunakan dan dirawat secara baik.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pundong melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pundong)

Iwan Alim Sunu Purwoko Dilantik Menjadi Carik Desa Pleret

Lurah Desa Pleret H. Norman Affandi telah melantik Carik Desa Pleret Iwan Alim Sunu Purwoko, SP di Balai Desa Pleret, Kamis, 29 Desember 2016 pukul 13.00 WIB.

Pelantikan disaksikan oleh Kabag Pemdes Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Staf administrasi umum Jaelani, Camat Pleret Drs. Walkodri, M.Si, Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo, Kepala KUA Pleret, Kepala UPT Pleret, Kepala Puskesmas Pleret, Lurah Desa Se Kecamatan Pleret, Perangkat Desa Pleret, Ketua BPD Desa Pleret, Ketua LPMD, TP PKK Pleret, Toga dan Tomas serta Karang Taruna Desa Pleret.

Sebelumnya, acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Pengisian Pamong Desa Pleret Prapto Sisilo. Dalam laporannya disampaikan bahwa dengan bekerjasama dengan UMY, Panitia 9 telah berusaha semaksimal mungkin untuk transparan dalam proses seleksi pengisian pamong desa ini.

Adapun peserta seleksi Carik Desa Pleret diikuti oleh 30 peserta digelar pada tanggal 01 Desember 2016 di Gedung Ar Fahrudin LT.2 dan di Kantor LP3M Komplek UMY. Iwan Alim Sunu Purwoko, SP berhasil memperoleh nilai tertinggi 89.35 diantara peserta lainnya.

Dalam sambutannya Lurah Desa Pleret H. Norman Affandi menyampaikan terimakasih kepada Panitia Pengisian Pamong Desa yang telah terlaksana dengan sukses. Kemudian pak Lurah juga mengucapkan Selamat kepada Iwan Alim Sunu Purwoko, SP atas terpilihnya sebagai Carik Desa Pleret.

Disampaikan pula bahwa sebagai Lurah Desa tidak pernah mengintervensi terkait pemilihan Carik tersebut. Ini adalah hasil kerja keras panitia dan transparansi dalam proses seleksi.

Diakhir sambutannya Lurah Desa Pleret berpesan bahwa sumpah itu dari dalam hati, sehingga dalam pelaksanaan tugas pun harus dengan hati nurani dan siap melaksanakan tugas di Desa Pleret.

Selanjutnya sambutan Camat Pleret Drs. Walkodri M.Si menyampaikan ucapan Selamat kepada Iwan Alim Sunu Purwoko, SP sebagai Carik Desa Pleret.

Untuk itu kepada Carik terpilih segera sesuaikan dengan lingkungan kerja dan jadikan Desa Pleret ini lebih berkembang dan maju.

Camat Pleret mengungkapkan rasa syukur Alhamdulillah semua pelaksanaan seleksi pamong desa di Kecamatan Pleret telah berlangsung dengan lancar dan sesuai oleh peraturan yang berlaku. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada panitia atas pelaksanaan seleksi pamong desa ini hingga berlangsung dengan sukses.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut berjalan lancar dengan pengamanan dari personil polsek Pleret hingga berakhir pukul 15.00 WIB dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)

29 December 2016

Pengumuman SPP Awards 2016 UPK Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri acara Pengumuman SPP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) Awards 2016 dan Pameran Produk Kelompok SPP di Kec. Pajangan Bantul, Kamis 29 Desember 2016 jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kantor PMD Kab. Bantul Ibu Heri Murwani, Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa)  Kec. Pajangan Drs. Sukamtri, Ketua dan Pengurus UPK Kec. Pajangan, Perwakilan Lurah, Pamong, Dukuh, Karang Taruna  Kec. Pajangan dan Kelompol SPP Kec. Pajangan. Acara diikuti peserta sejumlah ± 200 orang.

Ketua BKAD Drs. Sukamtri menyampaikan SPP merupakan program PNPM MPd di Pajangan sejak tahun 2014. SPP ini mempunyai tujuan untuk menguatkan modal kelompok perempuan, menertibkan administrasi masing-masing kelompok SPP dan menghidupkan kegiatan kelompok perempuan agar lebih maju dalam berkreasi. Pajangan memiliki kelompok SPP sebanyak 114.

Camat Pajangan dalam sambutannya menyampaikan tonggak keberhasilan UPK Kec. Pajangan yakni mampu membuat gedung kantor sendiri dan diresmikan oleh Bupati Bantul tahun kemarin. Hal tersebut menunjukkan prestasi UPK Kec. Pajangan dalam memajukan kelompok perempuan.

Potensi Pajangan sudah nampak, masyarakat sudah meningkat ketrampilan dan kesejahteraannya. Apresiasi dari UPK tahun 2015 sudah bisa merehab 9 rumah tidak layak huni, Semoga tahun 2017 sudah bisa masuk ke Sendangsari dan ditambah dari program Kemenpera RI.

UPK Pajangan bisa mengentaskan kemiskinan melalui program-programnya. Ketahanan keluarga dilihat dari sisi ekonomi, unit usaha di tingkat kelompok, pola hidup yang sehat dan bersih dan anak-anak usia sekolah harus sekolah. Waspadai dan cek selalu hp anak-anak kita jika sudah memiliki hp android.

Kita merasa prihatin tahun 2016 ini sudah ada 62 kasus penyakit DBD.  Desa Bebas Empat Masalah Kesehatan (DB4MK) hanya 12 Dusun yang berhak menetima hadiah.

Guna memasarkan produk perlu Promosi. Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) cukup sampai Kecamatan gratis dan tidak dipungut biaya, seluruh IUMK diharapkan segera melengkapi ijin tersebut. Ijin usaha untuk menghadapi globalisasi, produk luar negeri bebas masuk ke Negara kita. Anggaran Desa harus ada alokasi untuk pemberdayaan dan pelatihan masyarakat. Pembangunan fisik bisa diperoleh dengan dana aspirasi anggota Dewan.

Pajangan memiliki Kampung UKM Digital di Krebet Sendangsari Pajangan berkat kerjasama dari Disperindagkop Kab. Bantul, PT. Telkom Indonesia dan Kecamatan Pajangan. Siapa pun yang ingin mengiklankan bisa ke Krebet menghubungi Koperasi Sido Katon.

Terima kasih kepada Karang Taruna yang ada di Pajangan. Pemuda Karang Taruna supaya diberdayakan untuk pelatihan-pelatihan sehingga dapat memfalitisasi dalam promosi produk-produk usaha dan usaha kreatif yang ada di Pajangan. Pemuda Pajangan harus membawa manfaat untuk kemajuan Pajangan.

Mari bersama-sama satukan tekat untuk menjadi tuan di negeri sendiri. Gunakan produk dari dalam negeri. Bendung Kamijoro sudah mulai dibangun, produk-produk kita bisa sampai ke Kulon Progo.

Ibu Heri Murwani dari kantor PMD Kab. Bantuk mengucapkan Terima kasih kepada BKAD Kec. Pajangan yang berhasil dan masih mengelola UPK dari program PNPM MPd dengan baik dan berkembang. Keberhasilan SPP dana hibah PNPM MPd  merupakan keberhasilan program Pemerintah dalam memberdayakan masyarakat.
PNPM membuktikan keberhasilan dalam meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat.

PNPM MPd Kab. Bantul dimulai sejak Pasca Gempa Bumi Jogja tahun 2016 dan berakhir tahun 2014. Dana yang terakumulasi ± Rp 103,9 M kekayaan PNPM se Kab. Bantul. Menguatkan peran perempuan dalam usaha ekonomi produktif melalui Program SPP PNPM MPd telah mencapai dana ± Rp 43, 2 M dengan jumlah kelompok 2.143 dan pemanfaat ± 22.076 orang. Ia berharap kita semua memberikan perhatian terhadap pelestarian, perlindungan dan pengembangan terhadap aset yang dihasilkan oleh kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan dan harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Acara diisi dengan penyerahan hadiah kepada kelompok yang berprestasi dan tertib dalam membayar administrasi. Hadiah doorprise diberikan kepada tamu undangan sedangkan hadiah utama diperuntukan kepada kelompok-kelompok SPP yang hadir. Acara selesai pada jam 13.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

Berikan Semangat Petugas, Kapolres Bantul Kunjungi Pos Pam Kretek

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK didampingi Provos pada hari Kamis, 29 Desember 2016 siang mengunjungi  Pos Pam Kretek. Kunjungan ini dalam rangka mengecek kesiagaan petugas dilapangan serta memberikan semangat petugas dalam melaksanakan tugas Opersi Lilin Progo 2016.

Dalam kunjungannya Kapolres Bantul memberikan arahan kepada anggota untuk senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan juga melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab. Laksanakan tugas dengan penuh iklas agar mendatangkan pahala dari Allah SWT, Kata Kapolres Bantul kepada petugas Pengamanan.

Berikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, jangan arogan, jaga emosi agar masyarakat terkesan terhadap pelayanan kita, tegas Kapolres.

Selesai mengadakan ceking petugas di pos pam Kretek, Kapolres meninggalkan tempat melaksanakan pengecekan anggota yang bertugas dipantai Parangtritis. Situasi lancar dan tertib. (Sihumas Polsek Kretek)

Pelantikan Jabatan Dukuh Kurahan II Dan Dukuh Pucanganom II Di Balaidesa Murtigading

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Dukuh Kurahan II dan Dukuh Pucanganom II di Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul, Kamis tanggal 29 desember 2016 pukul 13.40 Wib.

Selain Kapolsek Sanden AKP Riwanta, hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Pemdes Pemda Bantul ST Heru Wismantoro, SIP MM, Camat Sanden Drs. Fatoni, Kasi Trantib Kecamatan Sanden Widjaja, Lurah Desa Murtigading Dra. Sutrisno, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, Pamong Desa, TP PKK Murtigading, LPMD Murtigading, serta keluarga Pamong Desa yang dilantik.

Panitia Seleksi Pamong Desa Murtigading Tri Sedyo Purwana melaporkan, pelaksanaan Pengambilan Sumpah, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Pamong Desa sesuai dengan peraturan yang ada dalam mekanisme pengisian Pamong Desa.

Pejabat Pamong Desa Murtigading yang dilantik adalah Dukuh Kurahan II yaitu Hariyanto sesuai dengan SK No 39 Tahun 2016 tanggal 29 Desember 2016 menggantikan pejabat lama Suharjo. Sedangkan  Dukuh Pucanganom II yang dilantik yaitu Bahron Junianto, SPd sesuai dengan SK No 41 Tahun 2016 tanggal 29 Desember 2016 menggantikan pejabat lama Martono. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilakukan oleh Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno.

Camat Bantul Drs. Fatoni memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Murtigading yang telah turut andil dalam mensukseskan seleksi penerimaan Pamong Desa Murtigading. Camat berpesan kepada Dukuh terlantik agar mengalokasikan waktu khusus untuk warganya dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Dukuh harus menguasai peta dan potensi yang ada dalam masyarakat pedukuhan, tambah Camat Sanden.

Kabag Pemdes Pemda Bantul ST Heru Wismantoro, SIP MM mengucapkan selamat atas suksesnya seleksi Penerimaan Pamong Desa Murtigading. APBDes 2017 agar segera disusun supaya pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat pada 2017 dapat berjalan dengan baik. Pelayanan masyarakat harus didasari dengan sikap ikhlas dan jujur, ujar Heru. Dalam konteks good goverment adalah selalu melaksanakan tugas sesuai dengan porsinya dan tolak ukur  kesuksesan kinerja adalah kepuasan masyarakat, tambah Heru Wismantoro.

Kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan berakhir pukul 14.40 Wib berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Operasi Cipkon, Polsek Banguntapan Sita Ratusan Botol Miras

Polsek Banguntapan razia miras, mengamankan ratusan botol minuman keras (miras) berbagai merek, Kamis siang, 29 Desember 2016. Miras ini merupakan hasil razia yang dilakukan polisi dari berbagai tempat penjual miras.

Menurut Kapolsek Bangntapan, Kompol Suharno didampingi Kanit Sabhara AKP Gunarto, razia miras dilakukan di berbagai tempat wilayah Banguntapan yang ditenggarai untuk jual Miras dengan mengerahkan petugas gabungan fungsi..

Saat razia di Warung kelontong miik ibu IJH (56 tahun) dusun Modalan, Banguntapan. Bantul kami menyita 118 botol minuman keras yakni 39 botol anggur merah dan 79 botol anggur koleson yang tidak disertai izin, kata Kapolsek.

Razia ini dilaksanakan untuk menciptakan keamanan menjelang pergantian malam tahun baru 2017. Kami melakukan pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan akibat meminum minuman keras. Seperti yang kita ketahui "Banyak kasus kejahatan berawal dari miras," kata Kapolsek. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Pelantikan Pejabat Kaur Perencanaan Dan Dukuh Kadisono Desa Guwosari

Rabu 28 Desember 2016 jam 09.00 Wib, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto melantik pejabat Kaur Perencanaan Sdri. Miftakhul Khasanah, S.Hum dan Dukuh Kadisono Sdr. Imam Muttaqin di aula Balai Desa setempat.

Pelantikan disaksiakan oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kepala KUA Pajangan Drs. Dalyono Warsito, Ketua BPD Desa Guwosari H. Muhammad Juremi, S.Sos yang juga Ketua Panitia pengisian Pamong Desa Guwosari, Pemerintah Daerah Kab. Bantul, Rutan Bantul,TP. PKK Desa Guwosari, Pamong, Dukuh, tamu undangan dan perwakilan tokoh masyarakat Desa Guwosari sejunlah ± 100 orang.

Dalam sambutannya, Lurah Desa Guwosari menyampaikan Selamat dan pejabat berharap terlantik dapat bekerja dengan sebaik baiknya. Sedangkan Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Bantul dan Muspika Pajangan mengucapkan selamat kepada kelurahan Guwosari dan Ketua panitia dan jajarannya yang telah menyelenggarakan pengisian Pamong Desa Guwosari dengan baik. Serta mengucapkan selamat kepada kedua pejabat terlantik semoga cepat menyesuaikan dengan pekerjaannya dan berintegrasi bekerjasama dengan Dukuh lainnya untuk membangun Desa Guwosari.

Selama giat pelantikan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kebaktian Malam Kudus Di GKJ Karangbendo

Sabtu, 24 Desember 2016 pukul 18.00 wib di Gereja Kristen Jawa Karangbendo Banguntapan Bantul telah berlangsung kebaktian malam kudus dengan tema "Kesederhanaan Allah Yang Memerdekakan" yang dipimpin oleh Pendeta Djoko Prasetyo Adi Wibowo, M.Th, dan diikuti 600 jemaat.

Untuk lebih khidmad dalam beribadah semua lampu din gereja dimatikan dan diganti dengan nyala lilin. Makna dari menyalakan lilin merupakan harapan baru akan kelahiran Isa al Masih sebagai juru selamat bagi umat kristiani.

Dalam kotbahnya pendeta mengajak pada semua jemaat untuk lebih mawas diri, bersedia menyadari dan mengakui dosa-dosa yang telah dilakukan selama tahun ini. Untuk itu dimalam kudus ini mari meningkatkan rasa syukur dan memohon ampunan atas semua dosa yang telah dilakukan, serta mohon perlindungan untuk keluarga, masyarakat bangsa dan negara.

Selama berlangsungnya rangkaian ibadah malam kudus personil Polsek Banguntapan laksanakan pengamanan secara intensif dibantu dari personil Koramil Banguntapan dan dewan pengurus GKJ Karangbendo situasi aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Perayaaan Natal Di Rutan Kelas II B Bantul

Warga binaan Rutan Kelas II B Bantul yang beragama Nasrani merayakan Natal di Gereja setempat, Rabu 28 Desember 2016 jam 09.00 Wib.

Kegiatan keagamaan di Rutan Bantul disesuaikan dengan agama yang dianut para warga binaan juga dijalankan sebagai mana mestinya. Pada hari ini Natal diikuti oleh agama Katholik dan Kristen dengan tema "Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juru Selamat, Yaitu Kristus Tuhan Di Kota Daud" (Lukas 2:11).

Kegiatan ibadah Natal dipimpin oleh Pendeta Andreas Dewananta dan Kristina Rena Ningsih dari GBI Miracle Service Jogjakarta.

Kepala Kesatuan Pengaman Rutan Bantul Bpk. Fx Agus Subagja S.H. menyampaikan kegiatan perayaan Natal ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan juga mengundang keluarga warga binaan. Dalam kegiatan ini, kita minta bantuan Polsek Pajangan dan Koramil untuk mengamankan kegiatan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bus Damri Terbakar, Kerugian Capai Rp 150 Juta

Bus Damri No pol BE-2809-BU terbakar digarasi PO Damri, Pranti, Banguntapan, Bantul, Kamis, 29 Desember 2016 pukul 06.40 Wib. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Menurut saksi Alfi Lasuardi, (47 tahun) warga Teluk Betung Selatan, Lampung, saat itu dirinya sedang memperbaiki Bus Damri nomor 4727. Setelah selesai memperbaiki, saksi mendapati Bus Damri No pol BE-2809-BU yang parkir di sebelahnya mengeluarkan asap di bagian belakang toilet Bus.

Melihat hal tersebut kemudian saksi 1 segera melepas batre/ACCU bus tersebut kemudian memanggil karyawan lainya dan menghubungi pemadam kebakaran serta Polsek Banguntapan.

Tidak lama kemudian datanglah 2 Unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Bantul langsung memadamkan api. Karena kejadian itu pihak PO Damri mengalami kerugian sekitar 150 juta rupiah. Diperkirakan kejadian tersebut disebabkan kosleting listrik. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Gudang Kayu Di Nogosari Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Sebuah gudang kayu bekas di Dusun Nogosari II RT 12 Wukirsari Imogiri terbakar, Kamis, 29 Desember 2016.

Kejadian kebakaran pertama kali diketahui sekitar pukul 04.15 WIB oleh saksi Sri Suwasti (38 tahun) dan Edi (23 tahun) . Saat itu kedua saksi mendengar suara bergemuruh dari arah gudang kayu bekas milik Khusaeni (35 tahun) alamat Karangasem Wukirsari Imogiri tersebut.

Setelah dicek, kedua saksi mendapati api sudah berkobar-kobar membakar kayu bekas yang disimpan di dalam gudang. Saksi yang panik kemudian meminta pertolongan warga sekitar. Selanjutnya warga bahu-membahu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun bukan perkara mudah untuk memadamkan api, mengingat gudang tersebut selain untuk menyimpan kayu bekas, juga digunakan untuk menyimpan karbit dan tabung gas untuk pengelasan. Karena bisa saja terjadi ledakan yang bisa sangat membahayakan keselamatan.

Sesaat kemudian, petugas pemadam kebakaran dari BPBD Bantul yang sebelumnya telah dihubungi tiba dilokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman api. Sementara petugas Polsek Imogiri yang juga sudah berada di lokasi melakukan pengamanan TKP dan membantu pemdaman.

Setelah beberapa saat, api akhirnya berhasil dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugaian ditaksir mencapai Rp 100 juta. (Sihumas Polsek Imogiri)

Polsek Piyungan Sita Puluhan Botol Miras

Dalam rangka cipta kondisi situasi Kamtibmas yang kondusif  jelang perayaan Tahun Baru 2017,  petugas gabungan fungsi Polsek Piyungan menggelar razia minuman keras, Rabu, 28 Desember 2016. Razia ini dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Piyungan, AKP Suparman.

Dalam razia yang digelar malam hari ini, petugas  menyisir sebuah warung milik warga berinisial PN di Dusun Sandeyan , Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul. Ditempat ini petugas berhasil menemukan barang bukti Miras ilegal berupa 6 botol anggur orang tua, 2 botol bir bintang, 2 botol prost beer dan 4 botol anggur kolesom.

Minuman keras yang berhasil diamankan selanjutnya disita oleh petugas. Disamping itu, PN sebagai pemilik barang haram tersebut juga akan diproses.

Polsek Piyungan akan terus menekan seluruh kegiatan penjualan miras secara ilegal di wilayahnya. Masyarakat juga diminta ikut berperan dalam hal pengawasan. Yaitu apabila ada penjualan Miras ilegal, agar melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk segera ditertibkan. (Sihumas Polsek Piyungan)

Pelantikan Kaur Perencanaan Dan Dukuh Gunung Mojo Desa Argosari

Kapolsek Sedayu Kompol Moch. Nawawi, S.Pd menghadiri pelantikan Pamong Desa Argosari di balai desa setempat, Rabu, 28 Desember 2016.

Pelantikan dilakukan oleh Lurah Desa Argosari Drs Dhurohman. Adapun Pamong Desa yang dilantik adalah  Fauzan S.Komp sebagai Kaur Keuangan, Sidik Purwanto sebagai Kaur Perencanaan dan Purwanto sebagai Dukuh Gunung Mojo.

Lurah Desa Argosari Drs Dhurohman dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada panitia 9 yang telah melaksanakan kegiatan seleksi dengan baik dan tidak ada gejolak.

Lurah juga berpesan kepada perangkat desa terlantik agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan bagi istri pejabat terlantik untuk menerima keadaan kenyataan ini karena tugas tidak terikat waktu kadang 24 jam untuk melayani masyarakat.

Sementara itu, Camat Sedayu Priyo Atmojo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pamong desa terlantik dengan harapan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana tupoksi masing-masing, demi terwujutnya masyarakat yang aman, tentram dan damai.

Selama kegiatan berlangsung, personel Polsek Sedayu diturunkan untuk melakukan pengamanan. (Sihumas Polsek Sedayu)

Pelantikan Carik Desa Tirtosari

Kapolsek Kretek Kompol Salim menghadiri pelantikan Carik Desa Tirtosari di aula balai desa setempat, Rabu, 28 Desember 2016.

Kegiatan dihadiri pula oleh Kabag Pemdes Kabupaten Bantul ST Heru Wismantara SIP, Msi, Danramil Kapten Inf. Wardani, Kepala KUA Suryadi, SAg, Lurah se Kec Kretek, Bhabinkamtibmas Aiptu Suryanto, Babinsa Serda Wiyanta, Ketua BPD Hartoyo, Ketua tim 9 Totok Susilo Broto, SPd beserta anggota, PKK, Toga dan Tomas, Karang Taruna serta sekitar 100 tamu undangan.

Acara diawali dengan laporan Ketua tim 9 Totok Susilo Broto SPd selaku ketua panitia Pengisian Pamong Desa Tirtosari. Dalam laporannya Panitia 9 telah berusaha semaksimal mungkin untuk transparan dalam proses seleksi pengisian pamong desa ini dengan menggandeng pihak ketiga, yakni UGM sebagai tim penguji.

Dalam seleksi Carik Desa Tirtosari ini diikuti oleh 16 orang yang terdiri dari 11 pria dan 5 wanita. Sumarjo mendapat nilai tertinggi sehingga berhak menjabat Carik Desa Tirtosari.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Carik oleh Lurah Desa Tirtosari Bapak Longgar, sedangkan untuk sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala KUA Suryadi SAg.

Dalam sambutannya Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi mengucapkan terimakasih kepada Lurah dan seluruh panitia 9 yang sudah bekerja secara maksimal dan transparan, sehingga momen ini tidak menimbulkan gejolak dimasyarakat.Camat juga mengapresiasi kinerja Polsek Kretek dan Koramil beserta jajarannya yang tanpa mengenal lelah senantiasa mengawal proses pengisian pamong desa di wilayah Kretek.                                                      

Camat berharap, kepada Carik terpilih untuk segera melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam melayani masyarakat untuk mewujudkan  masyarakat Tirtosari yang sejahtera lahir dan batin.

Selama kegiatan personel Polsek Kretek Koramil beserta Linmas Desa Tirtosari melaksanakan pengamanan, situasi aman dan terkendali. (Sihumas Polsek Kretek)

Pelantikan Kepala Urusan Keuangan Desa Bawuran

Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK menghadiri acara pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan Kepala Urusan Keuangan Desa Bawuran, Rabu, 28 Desember 2016 pukul 10.00 WIB di Aula Balai Desa Bawuran, Pleret, Bantul.

Hadir pula dalam acara tersebut antara lain Muspika Kecamatan Pleret, Kepala KUA Pleret, Kepala UPT Pleret, Kepala Puskesmas Pleret, para Lurah Desa se Kecamatan Pleret, Ketua BPD Desa Bawuran, TP PKK Desa Bawuran, Ketua LPMD, para Dukuh, Toga dan Tomas serta Karang Taruna Desa Bawuran.

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Pengisian Pamong Desa Bawuran oleh Drs. H. Sumarjono, MM. Disampaikan bahwa dalam tahap seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2016, sebanyak 17 peserta bersaing mengikuti seleksi dan Ahmad Kunadi berhasil memperoleh nilai tertinggi hingga akhirnya akan dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini. Disampaikan pula bahwa dalam proses seleksi, pihak panitia bekerjasama dengan APMD Yogyakarta dan Bidang Psikologi Polda DIY.

Kemudian pelantikan dan pengambilan sumpah Kaur Keuangan Desa Bawuran dilakukan oleh Lurah Desa Bawuran Harmawan.

Dalam acara tersebut Lurah Desa Bawuran Harmawan memberikan sambutan yang intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Panitia 9 yang telah melaksanakan proses seleksi pengisian pamong desa dengan segala tahapan bisa berjalan dengan baik, aman, tertib dan transparan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selamat kepada Ahmad Kunadi yang telah mendapat nilai terbaik dan saat ini telah kita lantik sebagai Kaur Keuangan Desa Bawuran. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk untuk menjalankan amanah ini. Kepada pejabat lama (Plt.) Ibu Supriyati terima kasih telah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Selamat melaksanakan amanah, semoga mendapat ridho Allah SWT dan Desa Bawuran tetep adem ayem", ucapnya.

Sementara itu Camat Pleret Drs. Walkodri M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras dari Tim 9 sebagai panitia dalam melaksanakan proses penjaringan dan seleksi pamong desa dalam hal ini Kaur Keuangan Desa Bawuran.

Kepada Kaur Keuangan Desa Bawuran Ahmad Kunadi kami mengucapkan selamat menjalankan tugas dan laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Dan kepada pejabat yang lama Ibu Supriati kami ucapkan terima kasih atas tugas serta pengabdiannya selama ini.

Camat Pleret berpesan bahwa kita harus ingat bahwa jabatan itu amanah. Untuk itu jagalah amanah ini dengan sebaik-baiknya, menjadi abdi dan siap mengabdi kepada masyarakat, dan semoga akan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Selama acara berlangsung Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga berakhir pada pukul 12.00 WIB dalam keadaan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Pleret)

Pelantikan Carik Dan Kepala Urusan TU Dan Umum Desa Gadingsari

Mashuri, Lurah Desa Gadingsari, Sanden melantik Pamong Desa yang baru, yaitu Lina Asmin sebagai Carik Desa Gadingsari dan Istrilina Widyastuti sebagai Kepala Urusan TU dan Umum Desa Gadingsari. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilaksanakan di Balaidesa Gadingsari, Rabu, 28 Desember 2016 pukul 21.00 Wib.

Kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dihadiri Anggota Komisi A DPRD Bantul  H. Sadji, Kabag Pemdes Pemda Bantul ST Heru Wismantoro, SIP MM, Camat Sanden Drs. Fathoni, Kapolsek Sanden AKP Riwanta,  Lurah Desa Gadingsari Mashuri, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Muchis Humavianto, Danramil diwakili oleh Peltu Maryono, serta pamong desa Gadingsari.

Lina Asmin dilantik menjadi Carik menggantikan Suharjana yang pensiun, dan Istrilina Widyastuti dilantik menjadi Kaur TU dan Umum menggantikan Subowo yang juga pensiun.

Camat Sanden Drs. Fathoni menyampaikan apresiasi kepada Desa Gadingsari dalam penyediaan sumber daya manusia Pamong Desa. Dalam waktu 55 hari proses seleksi dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Camat berharap, dengan terisinya jabatan Pamong Desa maka roda pemerintahan dalam pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

"Segera laksanakan koordinasi dengan pamong yang lain dalam upaya pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik lagi sesuai tugas pokok dan fungsi masing - masing," pesan Camat Sanden Drs. Fathoni kepada Pamong Desa yang baru dilantik.

Sedangkan Kabag Pemdes Pemda Bantul ST Heru Wismantoro, SIP MM mengatakan, pentahapan seleksi Pamong Desa Gadingsari telah dilaksanakan dengan baik. Pamong Desa agar segera menyusun APBDes untuk anggaran 2017 dan revolusi mental harus benar-benar dilaksanakan, harap Heru Wismantoro, SIP, MM.

Lebih lanjut Heru Wismantoro mengatakan, Menurut UU No 6 Tahun 2014, yaitu desa yang mandiri harus segera dapat terealisasi. Dalam pelayanan kepada masyarakat harus dilaksanakan dengan terbuka / transparan dengan niatan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan jabatan Pamong Desa Gadingsari berakhir pukul 22.00 berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)