31 January 2017

Polisi Bersama Warga Evakuasi Pohon Tumbang Di Desa Terong

Bhabinkamtibmas Desa Terong Dlingo Bripka Gangsal Wirajati mengabungkan diri dengan warga dan relawan Radio Terong Comunity (TRC) melaksanakan kerja bhakti evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga milik bapak Sogimin di dusun Pencitrejo, Terong, Dlingo, Bantul.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun hanya menimbulkan kerugian materi yang ditaksir kurang lebih 15 juta rupiah.

Bripka Gangsal Wirajati menjelaskan pohon tersebut tumbang karena tidak kuat diterpa angin kencang diserta hujan yang terjadi pada hari Minggu sore, 30 Januari 2017.

Selain di dusun ini, bencana juga menerpa di dusun Kebokuning, rumah milik Haji Djalil tertimpa pohon dan di dusun Terong II, pohon juga menimpa rumah milik Sudiyarno.

”Rata rata rumah mengalami kerusakan pada bagian atap karena tertimpa pohon,”, jelasnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Pelayanan, Polsek Pajangan Amankan Prosesi Pemakaman Warga Jetis

Anggota Sabhara Polsek Pajangan dipimpin oleh Aiptu Agung Suyadi dibantu Linmas dan RAPI mengamankan pemberangkatan pemakaman jenazah almarhum Cipto Sukirno (69 tahun) warga Jetis RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul yang meninggal karena sakit, Selasa 31 Januari 2017 jam 13.00 Wib. Jenazah dimakamkan di Pemakaman umum Makam Sewu.

Pengamanan dilakukan guna membantu kelancaran prosesi pemakaman dan sekaligus mencegah terjadinya kemacetan lalu lalintas mengingat banyaknya pelayat iring-iringan pengantar jenazah.

Hingga selesainya acara pemakaman situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

Peresmian SMA Negeri 2 Bantul Sebagai Sekolah Siaga Bencana

Guncangan gempa bumi kembali melanda bumi Bantul, kepanikan siswa SMA Negeri 2 Bantul terjadi di tengah asyiknya menerima pelajaran dari bapak-ibu guru mereka, suasaana teriakan siswa-siswi semakin menambah suasana demikian mencekam.

Suara gemuruh dan genteng bangunan gedung sekolah yang berjatuhan mengingatkan siswa akan bencana yang terjadi 11 tahun yang lalu. Dengan tenang bapak-ibu guru menenangkan para siswa dan mengajak untuk menyelamatkan diri di balik meja belajar, sebagaian ada yang mengarahkan untuk ke tanah lapang. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) guncangan gempa mencapai 6.5 Skala Richter dan berpusat di di darat tepatnya di sesar atau patahan Sungai Opak yang berada di wilayah Kecamatan Pundong.

Demikian simulasi kewaspadaan akan bencana gempa bumi di lingkungan SMA Negeri 2 Bantul, mengawali acara peresmian SMA Negeri 2 Bantul Sebagai Sekolah Siaga Bencana, Senin, 31 Januari 2017.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bantul Drs. Isdarmoko M.Pd, M.Par. mengatakan, sekolah ini mempunyai program unggulan yaitu Sekolah Siaga Bencana, dimana program ini bertujuan untuk menyadarkan para siswa, bahwa bencana alam seperti gempa jangan disikapi dengan penuh ketakutan semata akan tetapi bisa disikapi dengan bijak, bahwa bencana adalah Kuasa Ilahi.

Hadir dalam acara launching SMA Negeri 2 Sebagai Sekolah Siaga Bencana yaitu, Bupati Bantul, Kepala Dikpora DIY, Kepala BPDY DIY, Kajari Bantul, Ketua DPRD Bantul, Kepala Pelaksana BPBD Bantul, SKPD, Kapolsek Bantul Kompol Paimun, SH, Danramil, Kepala SMA Negeri 2 Bantul beserta Ibu-Bapak Guru dan siswa-siswi.

Program Sekolah Siaga Bencana ini merupakan aset lebih dari yang dimiliki sekolah ini, dimana para siswa semakin sadar akan potensi gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan bisa meminimalisir terjadinya korban jiwa dan harta benda. Kami harapkan juga sekolah-sekolah di Kabupaten Bantul bisa mengadopsi Program Sekolah Siaga Bencana ini, kata Kepala Sekolah.

Bupati Bantul Drs. Suharsono dalam sambutannya mengatakan, siaga bencana yang merupakan proses mengupayakan berbagai tindakan preventif untuk meminimalkan dampak negatif bencana alam yang diantisipasi akan terjadi di masa datang di suatu daerah, merupakan investasi jangka panjang bagi kesejahteraan semua lapisan masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa negara kita Indonesia, adalah salah satu negara yang berada di daerah rawan bencana. Bermacam ragam jenis bencana terdapat di Indonesia, salah satu cara yang sangta efektif untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan menyikapi hal tersebut adalah diajarkannya pendidikan kebencanaan di sekolah-sekolah, jelas Bupati.

Di sisi yang lain Bupati mengatakan, pelatihan untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana perlu terus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan menjadi agenda penting bersama untuk kita lakukan. Pengalaman bencana gempa misalnya, menunjukkan betapa besarnya dampak kerusakan baik materiil ataupun inmateriil.

Pendidikan kebencanaan yang ditanamkan sejak dini merupakan hal penting dalam pengurangan resiko bencana. Anak didk merupakan salah satu kelompok rentan terhadap bencana, harapan serta masa depan bangsa akan lahir dari anak-anak kita nantinya, sekolah siaga bencana merupakan salah satu solusi serta jalan untuk melindungi mereka terhadap resiko bencana, tambahnya. (Sihumas Polsek Bantul)

Jangan Mudah Percaya Kepada Orang Yang Baru Dikenalnya

Kapolsek Kretek Kompol Salim mengingatkan agar warga tak mudah percaya terhadap orang yang baru dikenalnya agar tidak mudah tertipu seperti yang dialami oleh korban Maghfurin (28 tahun) warga Sabrangkali Rt 03/05, Prawatan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. Pasalnya, sepeda motor korban dibawa kabur oleh teman yang baru dikenalnya selama sehari.

Perkenalan tersebut terjadi saat korban dan pelaku bekerja disebuah proyek yang ada di Yogyakarta. Pelaku mengaku bernama Agung.  Hanya dalam sehari keduanya sudah saling akrab lalu pada hari Senin 30 Januari 2017 mereka berboncengan pergi jalan jalan ke pantai Parangkusumo Bantul.

Sesampainya di Parangkusumo keduanya berhenti diwarung ibu Tumiyem dan langsung memesan minuman teh. Belum selesai minum teh Agung meminjam sepeda motor kepada korban dengan alasan akan membeli anggur merah. Namun setelah satu hari lebih ditunggu Agung tidak juga datang, baru korban menyadari kalau dirinya kena tipu dan melaporkan ke Polsek Kretek untuk pengusutan lebih lanjut, jelas Kapolsek Kretek, Selasa, 31 Januari 2017.

Karena kejadian itu korban kehilangan satu unit sepeda motor Honda CBR warna orange dengan No Pol AD 2263 BJ, NO Ka MHIKC7112EK001897, No Sin KC71E1005583,Th 2014 atas nama korban seharga 29 juta rupiah.

Hingga saat ini unit Polsek Pleret masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. (Sihumas Polsek Kretek)

Latihan Pagelaran Wayang Kulit Di Pendopo Karosan

Personil Polsek Pajangan mengamankan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka latihan meningkatkan seni keterampilan wayang kulit bertempat di pendopo Karosan Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu 28 Januari 2017 jam 21.00 Wib.

Dalam latihan Pagelaran Wayang Kulit ini Ki dalang Sutikno memainkan lakon "Semar Neges" diiringi Karawitan Kuncup Mekar disaksikan oleh DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi, DPRD DIY bapak Joko Purnomo dan ratusan warga.

Maksud kegiatan ini untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan DIY dengan megolah kreatifitas pentas Dalang, Sinden maupun Karawitannya.

Latihan pagelaran Wayang Kulit berakhir  pada jam 04.30 Wib situasi aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Antisipasi Kenakalan Remaja, Polsek Pajangan Tingkatkan Pembinaan Di Sekolah


Dalam upaya meningkatkan kinerja Kepolisian dalam memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat, Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH memberikan arahan anggotanya saat apel pagi, Senin 30 Januari 2017 jam 08.00 Wib

Dalam arahannya, Kapolsek menyampaikan sebagai anggota Polri yang mempunyai tanggung jawab menjaga Kamtibmas kita harus peka terhadap perkembangan situasi lingkungan maupun pemberitaan. Tingkatkan koordinasi sesama anggota Polsek Pajangan, perkembangan situasi harus segera disampaikan ke pimpinan.

Tingkatkan patroli rutin pada jam-jam rawan dalam memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat. Serta tingkatkan pembinaan di sekolah-sekolah untuk mengantisipasi kenakalan remaja dan mengantisipasi berkembangnya paham radikal sebagai upaya kita menciptakan generasi yang bisa diandalakan, taat hukum dan disiplin.

Kapolsek juga meminta setiap anggota Polsek Pajangan harus bisa berbaur dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Selesai pengarahan dari Kapolsek Pajangan personil melanjutkan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bersama Warga, Aiptu Mardi Bersihkan Tanah Longsor

Dalam rangka kepedulian dan menciptakan kerjasama yang sinergis, Bhabinkamtibmas Desa Muntuk Aiptu Mardi mengabungkan diri bersama relawan dan masyarakat melaksanakan kerja bhakti membersihkan tanah longsor yang menimpa rumah milik Bapak Sudi Wiyono (60) di Dusun Nglingseng, Muntuk, Dlingo, Bantul, Minggu, 29 Januari 2017.

Dijelaskan oleh Aiptu Mardi, musibah tanah longsor sendiri diakibatkan oleh hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Dlingo pada Sabtu (28/01/ 2017) sore hingga malam hari.

Akibat hujan deras tersebut rumah Bapak Sudi Wiyono mengalami kerusakan akibat tertimpa material longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta.

Dengan peralatan seadanya, sejak pagi aparat bersama masyarakat kerja bhakti membersihkan longsoran tanah. Mereka bahu-membahu membersihkan material longsor hingga bersih.

Dalam kesempatan tersebut, Aiptu Mardi juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat khususnya warga Dusun Nglingseng untuk tetap waspada akan adanya longsor susulan. Sekiranya merasa tidak aman saat hujan turun, warga juga diminta mengungsi ke tempat aman terlebih dahulu. Sebab, faktor alam yang sulit diprediksi ditambah cuaca hujan yang masih terus mengguyur, menjadi salah satu yang harus diwaspadai warga. (Sihumas Polsek Dlingo)

Kapolsek Jetis Larang Siswa SD Muhammadiyah Blawong II Merokok

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro bertindak sebagai Pembina Upacara di SD Muhammadiyah Blawong II, Trimulyo Jetis, Senin, 30 Januari 2017.

Dalam amanatnya, Kapolsek Jetis berpesan dan mengajak murid-murid SD Muhammadiyah Blawong II Jetis 1 agar menjaga diri dari salah pergaulan yang dapat merugikan. Karena siapa yang menjadi teman kita, sangat mempengaruhi perilaku kita.

Kapolsek menambahkan, banyaknya anak-anak yang mengendarai sepeda motor akhir-akhirnya hendaknya tidak diikuti oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah Blawong II. Karena hal tersebut sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, anak-anak juga diharapkan menjauhkan diri dari meniru kebiasaan orang dewasa seperti merokok dan minum minuman keras.

Selesai upacara kapolsek Jetis menyempatkan berdialog dengan siswa-siswi SD Blawong II dan bernyanyi bersama untuk menambah keakraban. Para siswa terlihat antusias dengan kehadiran Bapak-Bapak Polisi di sekolah mereka. (Sihumas Polsek Jetis)

Siswa SMAN 1 Jetis Deklarasikan Anti Kekerasan

Siswa SMAN 1 Jetis pagi ini Senin, 30 Januari 2017 mendeklarasikan pelajar Anti Kekerasan di lapangan SMAN 1 Jetis. Deklarasi diawali dengan upacara bendera dengan pembina upacara Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Prabowo, SH, MH yang dikuti oleh seluruh siswa siswi SMAN 1 Jetis, guru dan karyawan.

Dalam amanatnya Kasat Binmas sangat prihatin akhir akhir ini tawuran yang melibatkan pelajar marak terjadi di wilayah Bantul. Oleh karena itu Kasat mengajak semua murid SMAN 1 Jetis menjauhi tawuran, miras, Narkoba dan pergaulan bebas, jangan sampai para siswa masa depanya rusak karena hal tersebut.

Kasat Binmas menekankan, tugas pelajar adalah belajar, belajarlah dengan sungguh sungguh, tatai aturan dan hormati guru serta orangtua. Dan jangan lupa dekatkan diri kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga cita cita kalian dapat tercapai dengan sukses.

Setelah selesai upacara, acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Siswa SMUN1 JETIS dengan isi sebagai berikut :

Kami Pelajar Smun 1 Jetis Bantul, Sebagai Generasi Penerus Bangsa Yang Cinta Damai  Menyatakan  1. Anti Narkoba, 2. Anti Tawuran dan 3. Anti Kekerasan

Diakhir kegiatan upacara Kasat Bimmas menyempatkan diri berfoto dengan siswa bersama segenap guru dan karyawan.  (Sihumas Polsek Jetis)

Pelantikan Dukuh Jombor Dan Dukuh Bintaran Kulon Di Balai Desa Srimulyo

Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pujo Santoso, SIP menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah Dukuh Jombor dan Dukuh Bintaran Kulon di Balai Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul, Senin, 30 Januari 2017 pukul 10.00 Wib.

Acara juga dihadiri oleh Bupati Bantul Drs Suharsono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab Bantul, Kepala Bagian Administrasi Pemerintah Kab Bantul,  Kepala Bagian Hukum Kab Bantul,  Kepala Inspektorat Kab Bantul,  Drs Saroyo Heriyanto Camat Piyungan, Danramil Piyungan Kapten Inf Haryono, Lurah Desa Srimulyo Drs Wajiran, Dukuh se Kalurahan Srimulyo, Toga dan Tomas di Srimulyo serta warga masyarakat Bintaran Kulon dan Jombor.

Kegiatan berjalan dengan dengan aman dan selama berlangsung personel Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan. (Sihumas Polsek Piyungan)

Polisi Ajak Siswa SMA Stella Duce Bantul Jangan Sebarkan Berita Hoax

Beragam cara di tempuh Polsek Bambanglipuro untuk memberikan pembinaan kepada remaja. Salah satunya Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto, SH, MH bertindak sebagai pembina upacara di SMA Stella Duce Bantul di Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Senin, 30 Januari 2016 pukul 07.00 Wib.

Kapolsek Bambanglipuro dalam amanatnya menyampaikan agar para pelajar berhati- hati terhadap media sosial yang memberikan informasi yang tidak benar atau hoax. Sebagai pelajar kalian harus mampu menyikapi dengan bijak berbagai berita-berita hoax yang kini marak. Jangan malah ikut-ikutan ikut serta membagikannya sehingga dapat menimbulkan keresahan.

Selain itu Kapolsek juga berpesan agar para siswa menjauhi Narkoba karena dapat merusak generasi penerus bangsa. “Mari kita perangi Narkoba bersama-sama. Kalian bisa meraih prestasi tanpa Narkoba,” tegas Kapolsek.

Usai Upacara Bendera, Kepala Sekolah Stella Duce Bantul, Drs. F. Yuni Wantoro menyambut baik pembinaan yang di lakukan pihak kepolisian guna memberikan pesan dan himbauan yang bermanfaat bagi para pelajar. “Kami selaku pihak sekolah sangat mendukung," ujarnya. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Iptu Agus Supraja Ajak Siswa SD Dingkian Rajin Belajar

Panit Binmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera di SD Dingkian Argodadi, Senin, 30 Janurai 2017 pukul 07.00 Wib. Upacara diikuti oleh segenap guru, karyawan dan seluruh siswa.

Iptu Agus Supraja dalam arahannya menyampaikan beberapa himbauan kepada siswa-siswi. Menurutnya, tujuan sekolah adalah untuk mencapai cita cita agar kelak dewasa nanti  bisa mandiri dan berguna bagi nusa dan bangsa. Untuk itu dari sekarang berkonsentrasilah untuk belajar, memperhatikan nasehat guru.

“Jangan lupa berangkat dari rumah pamitan dulu kepada orang tua mohon doa restu, di sekolah belajar dengan sunggguh-sungguh yakin nanti akan sukses,”  tegasnya.

Iptu Agus Supraja juga menghimbau agar para siswa menghindari apa yang dilarang di sekolah seperti merokok, berkelahi, membuat kelompok geng dan membawa senjata tajam.

“Inilah yang akan menjadi penghalang kesuksesan dan membuat hidup jadi tak karuan, sehingga masa depan hanya tingal angan-angan dan akhirnya menyesal dikemudaian hari,” pungkasnya.

Selesai upacara, Iptu Agus Supraja beserta para guru dan siswa berfoto bersama. (Sihumas Polsek Sedayu)

30 January 2017

Polsek Piyungan Razia Siswa SMP Yang Naik Sepeda Motor

Petugas Polsek Piyungan mengadakan razia penertiban siswa yang berangkat ke sekolah mengunakan sepeda motor di jalan Nglengis Sitimulyo Piyungan / tepatnya jalan ke arah Sekolah MTsN Piyungan Bantul,  Senin, 30 Januari 2017 jam 06.10 Wib Wib.

Razia dipimpin oleh Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pudjo Santoso dengan mencegat para siswa yang berangkat ke sekolah mengunakan sepeda motor. Kepada siswa yang tertangkap diadakan pemeriksaan surat surat sepeda motornya beserta barang barang bawaanya. 

Dalam razia itu, petugas tidak menemukan barang barang yang berbahaya, namun petugas berhasil menilang puluhan siswa yang mengunakan sepeda motor dengan barang bukti 13 unit sepeda motor dan 2 lembar STNK.

Selesai razia, seluruh siswa yang terjaring di kumpulkan di halaman sekolahan kemudian diberikan pembinaan oleh petugas dan guru PB agar tidak lagi berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor karena belum cukup umur.

Selain itu petugas juga memberikan pembinaan kepada warga sekitar membuka tempat parkir bagi siswa- Siswi MTsN tersebut agar tidak menerima lagi siswa yang akan menitipkan sepeda motornya. (Sihumas Polsek Piyungan)

Polisi Ajak Siswa SMP N 1 Pleret Tidak Sebar Berita Hoax

Dalam hidup ini terbukti bahwa orang-orang yang berhasil dan mencapai prestasi hebat adalah orang-orang yang memiliki disiplin diri. Kedisiplinan adalah modal utama untuk meraih keberhasilan, dengan disiplin seseorang akan terbiasa dengan hal-hal yang membuat dirinya bisa berkembang, mengerjakan sesutau tepat pada waktunya dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Humas Polsek Pleret Aiptu Sawaldi dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara Bendera di SMP N 1 Pleret, Senin, 30 Januari 2017 pukul 07.00 Wib.

Lebih lanjut Aiptu Sawaldi mengatakan, tugas utama para siswa adalah belajar dan menuntut ilmu. Maka berdisiplinlah dalam belajar, dengan tidak membolos, tidak suka tawuran atau hal-hal yang cenderung bersifat negatif.

Selain menyinggung masalah disiplin, Aiptu Sawaldi juga menyampaikan pengaruh buruk perkembangan IT. Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman pengguna akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Tak hanya itu, Aiptu Sawaldi juga meminta siswa-siswi SMPN 1 Pleret untuk mewaspadai berita-berita bohong atau hoax. Apalagi, media sosial saat ini menjadi sarana komunikasi yang paling efektif dalam pembentukan opini publik dan penyebaran pesannya hampir tidak dapat dibendung.

“Banyak sekarang kita ditemukan hoax yang berisi fitnah, adu domba, provokasi dan berita-berita lain yang merugikan,” ujar Aiptu Sawaldi.

Sebagai kaum terdidik, para siswa harus mampu memfilter (menyaring) berbagai informasi, karena khawatir informasi itu tidak mendasar dan hanya adu domba dari pihak tertentu, serta ingin memecah belah bangsa. Jangan malah terprovokasi dan ikut-ikutan menyebarluaskannya.

Untuk itu, Aiptu sawaldi berharap kesadaran dan kedewasaan kepada pengguna media sosial, sehingga dapat memilah dan memilih berita yang positif dan bermanfaat.

“Kita harus menguasai teknologi informasi dan memanfaatkannya untuk kemaslahatan bangsa. Gunakan teknologi informasi dengan tujuan yang jelas, jangan dikalahkan teknologi, tetapi jadilah tuan atas teknologi,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Pleret)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan Februari 2017


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Februari 2017 adalah sebagai berikut :


NoHariTanggalJamTempat
I.Rabu01 Februari 201709.00 - 12.00 WibKid"s Funs
2.Kamis02 Februari 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
3.Jumat03 Februari 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
4.Sabtu04 Februari 201717.00 - 21.00 Wib Lapangan Paseban
5.Senin06 Februari 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pajangan
6.Selasa07 Februari 201709.00 - 21.00 WibPolsek Srandakan
7.Rabu08 Februari 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Mulyodadi
8.Kamis09 Februari 201709.00 - 12.00 WibPiramid Cafe
9.Jumat10 Februari 201709.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
10Sabtu11 Februari 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
11.Senin13 Februari 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Kretek
12.Selasa14 Februari201709.00 - 21.00 WibPolsek Bantul
13.Rabu15 Februari 201709.00 - 12.00 WibPolsek Dlingo
14.Kamis16 Februari 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Tamantirto
15.Jumat17 Februari 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
16.Sabtu18 Februari 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
17.Senin20 Februari 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Pandak
18.Selasa21 Februari 201709.00 - 21.00 WibKelurahan Srigading
19.Rabu22 Februari 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Trimulto
20.Kamis23 Februari 201709.00 - 12.00 WibKid"s Funs
21.Jumat24 Februari 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pleret
22.Sabtu25 Februari 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
23.Senin27 Februari 201709.00 - 21.00 WibKelurahan Banguntapan
24.Selasa28 Februari 201709.00 - 21.00 WibKelurahan Tirtomulyo

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

 SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan apabila masa berlakunya habis tidak bisa dilayanani di SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Cegah Kenakalan Remaja, Aiptu Tetepana Menjadi Pembina Upacara Di SMPN 1 Pajangan

Dalam rangka mencegah terjadinya kenakalan remaja, Unit Binmas Polsek Pajangan dalam kesempatan ini Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menjadi pembina upacara bendera setiap hari Senin di SMPN 1 Pajangan, Senin 30 Januari 2017 jam 07.00 Wib.

Upacara bendera diikuti oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Pajangan Murjito, S.Pd., Guru dan seluruh siswa SMPN 1 Pajangan ± 300 orang.

Dalam amanatnya Aiptu Tetepana membacakan sambutan Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H yang menyampaikan polisi selalu melaksanakan operasi Kepolisian diantaranya miras, penertiban lalu lintas dan antisipasi tawuran pelajar. Tidak menutup kemungkinan operasi juga akan dilaksanakan di sekolah sekolahan dengan merazia siswa dikelas secara mendadak.  Ini semua dilakukan untuk menjaga kamtibmas yang kondusif di wilayah Pajangan serta mencegah terjadinya kenakalan remaja.

Oleh karena itu diharapkan para siswa mentaati aturan yang ada, disiplin dan jagan berbuat kriminal agar tidak berurusan dengan polisi. Tugas siswa adalah belajar dan belajar untuk menggapai masa depan agar sukses dan jangan kecewakan kedua orangtua serta menjadilah generasi muda yang bisa dibanggakan.

Sementara untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan disekolah, kapolsek mengharap pihak sekolah mengadakan pengamanan mandiri dan memasang CCTV. (Sihumas Polsek Pajangan)

Jual Togel, Warga Lendah Nginep Di Polres Bantul

Petugas Sat Reskrim Polres Bantul berhasil mengamankan pelaku penjual togel berinisial WN (37) warga Bekelan, Sidorejo, Lendah, Kulonprogo.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo, SH, SIK, Senin, 30 Januari 2017 mengatakan, WN diamankan di Dusun Mancingan, Parangtritis, Kretek pada Jumat, 27 Januari 2017 lalu sekitar pukul 19.30 WIB.

“Awalnya kami mendapat laporan dari warga, bahwa di Dusun Mancingan, Parangtritis ada praktek judi togel, setelah kami lakukan penyelidikan ternyata memang benar ada,” ujarnya.

Kasat Reskrim menambahkan saat ditangkap, dari tangan WN petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 buah HP, 1 buah buku catatan nomor pesanan, 2 lembar catatan nomor yang keluar,  serta uang sebesar Rp. 35.000,-.

“WN kami jerat dengan pasal 303 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama sepuluh tahun atau pidana denda paling banyak dua puluh lima juta rupiah,” pungkas Kasat Reskrim. (Humas Polres Bantul)

Aiptu Suryanto Kerja Bhakti Bangun Rumah Milik Warga

Saat melaksanakan patroli sambang, Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto mendapati warga sedang melaksanakan kerja bhakti membangun rumah milik keluarga Suparjiyo di dusun Cimpon Rt 03, Tirtosari, Kretek, Senin pagi, 30 Januari 2017.

Mendapati hal tersebut, Aiptu Suryanto langsung menggabungkan diri menyatu dengan warga ikut membantu mengikat besi cor yang akan dipakai sebagai cor gandul rumah.

Sementara itu saat jam istirahat, Aiptu Suryanto menghimbau kepada warga yang ikut dalam gotong royong bangun rumah selalu waspada terhadap kamtibmas minimal dilingkungan tempat tinggalnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini diwilayah Bantul angka pencurian semakin meningkat, untuk itu kita harus lebih waspada dan meningkatkan ronda malam untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan diwilayah dusuhn kita, ajak Aiptu Suryanto. (Sihumas Polsek Kretek)

Menjaga Kamtibmas Adalah Tanggungjawab Kita Bersama

Masalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman kondusif bukan hanya tanggung jawab polisi semata. Namun kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama dari berbagai pihak, salah satunya adalah warga masayarat itu sendiri. Warga masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga kamtibmas melalui sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Hal tersebut disampaikan Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Aiptu Suryanto  saat menghadiri pertemuan warga di Dusun Mulekan II, Minggu, 29 Januari 2017 pukul 20.00 wib. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin petugas ronda Dusun Mulekan II.

Lebih lanjut Aiptu Suryanto  menambahkan Untuk menjaga agar pos kamling di wilayah terus aktif, polisi pun terus melakukan berbagai upaya. Selain pembinaan, polisi juga terjun langsung ke pos-pos kamling untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh warga petugas siskamling.

Selain membahas masalah Siskamling, Aiptu Suryanto juga menyampaikan jadwal perpanjangan SIM keliling Bulan Februari 2017 untuk wilayah Kretek. Aiptu Suryanto juga menginformasikan tentang penerimaan Polri melali jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2017.

“Pendaftarannya dibuka pada 25 Januari sampai 28 Februari 2017 ,” jelasnya.

Aiptu Suryanto mengharap, agar warga masyarakat yang hadir, dapat menyampaikan irformasi tersebut kepada anak-anak maupun sanak famili yang berminat.

Kegiatan juga dihadiri oleh Lurah desa Tirtosari Longgar, Kasi Pembangunan Saptopo Wisnu Aji, SH, Bhabinsa Serka Bekram, Kadus Mulekan II Sujadi, Ketua RT dan sekitar 60 warga RT 3 dan RT 4. (Sihumas Polsek Kretek)

Cegah Tawuran, Polisi Razia Di SMAN Pangudiluhur Sedayu

Untuk menekan terjadinya tawuran antar pelajar, Kapolsek Sedayu Kompol Moch.Nawawi,S.Pd beserta puluhan anggotanya dibantu Koramil dan Pol PP Sedayu mengadakan razia terhadap siswa di SMAN Pangudiluhur Sedayu, Senin, 30 Januari 2017 jam 07.30 Wib. Sasaran razia adalah Sajam, Sepeda motor dan benda benda yang tidak pantas dibawa oleh siswa ke sekolah.

Selesai melaksanakan pemeriksaan terhadap siswa, seluruh anggota berkumpul di ruang aula untuk melaporkan hasil dari razia tersebut. Adapun pelanggaran yang ditemukan berupa 1 bungkus rokok beserta Korek apinya, Ranmor berupa knalpot blombongan, tidak ada spion dan lain lain. Selanjutnya para siswa yang ditemukan ada pelanggaran dipanggil ke ruang kepala sekolah untuk diberikan pembinaan.

Dalam arahanya, Kapolsek memperingatkan kepada mereka untuk tidak lagi melakukan hal yang sama. Ini peringatan yang terakhir kali dan apabila mengulangi lagi akan mendapat sangsi yang lebih berat dari sekolah serta diproses sesuai hukum yang berlaku.

Sedangkan Kepala sekolah bapak Candra Widiantara, S.Pd dalam kesempatanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran baik Polsek, Koramil dan Kecamatan yang mana telah peduli terhadap anak didik kami yaitu melakukan pemeriksaan. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini kedepan anak didik kami dapat menjadi siswa yang taat peraturan dan disiplin. (Sihumas Polsek Sedayu)

Judi Gonggong, 6 Pelaku Diamankan Ke Polsek Pandak

Petugas Polsek Pandak menggerebeg perjudian jenis Gonggong Kartu Cina di dusun Kauman Rt. 05, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Sabtu, 28 Januari 2017. Petugas berhasil mengamankan 6 pelaku beserta barang buktinya.

Kapolsek Pandak AKP S. Parmin menjelaskan, penggerebegan ini berawal saat petugas mendapat informasi dari warga masyarakat bahwa ada sekumpulan orang sedang asyik  judi Gonggong Kartu Cina disebuah rumah milik warga. Mendapat laporan tersebut, petugas langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan pengecekan dan penggerebegan.

Dalam penggerebegan itu petugas berhasil mengamankan 6 pelaku berikut barang buktinya berupa uang tunai Rp 3.036.000,- uang cuk Rp 155.000, 3 set Kartu Cina selembar karpet dan 3 buah piring.

Kapolsek Pandak menambahkan keenam pelaku yang diamankan adalah MT (39), WS (32) dan AM (66) ketiganya  warga Kanutan, Sumbermulyo, Bambambanglipuro, SM (51) warga Ngentak, Dagaran, Palbapang, Bantul, DY (53) warga Godegan, Poncosari, Srandakan dan IP (46) Puluhan Kidul, Trimurti, Srandakan.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini keenam pelaku sudah kami tahan di ruang tahanan Polsek Pandak. Mereka dijerat pasal 303 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama sepuluh tahun atau pidana denda paling banyak dua puluh lima juta rupiah,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Pandak)

Ikaba Polri TA 2002 Polres Bantul Gelar Bhaksos Di Dusun Kertan

Ikatan Alumni Dikmaba (Ikaba) Polri TA 2002 Polres Bantul yang tergabung dalam TTNT & Asade Community menggelar acara bhakti sosial di Dusun Kertan RT 06 Desa Sumberagung, Jetis, Bantul, Sabtu, 28 Januari 2017.

Kegiatan bhakti sosial yang diselenggarakan berupa pemberian bantuan bingkisan sembako dan uang tali asih kepada warga masyarakat kurang mampu.

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Bripka Sugiyono sekaligus Ketua Panitia pelaksana mengatakan, bhakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dari Ikatan Alumni Dikmaba Polri TA 2002 Polres Bantul kepada warga masyarakat yang kurang mampu serta untuk memupuk rasa peka kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyerahan bantuan dilakukan dengan door to door untuk menyerahkan bantuan secara langsung kepada warga.

“Meski bantuan yang diserahkan tak seberapa, semoga dapat meringankan beban mereka yang kekurangan dan membutuhkan,” jelasnya.

Bripka Sugiyono menambahkan, rencananya setelah bhakti sosial di Kecamatan Jetis, Ikaba Polri TA 2002 Polres Bantul juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di Kecamatan yang lain dalam waktu dekat.

Sementara itu, Mbah Mijan (75) salah satu warga yang menerima bantuan mengucapkan banyak terima kasih karena telah merasa diberi perhatian.

Matur nuwun sanget Bapak-Bapak Polisi, sampun kerso tindak teng gubuk kulo. Mugi-mugi bantuanipun berkah lan rezekinipun Bapak-Bapak Polisi ditambah. (Terima kasih Bapak-Bapak Polisi, sudah mau datang ke rumah saya. Semoga bantuannya berkah dan rezeki Bapak-Bapak Polisi ditambah),” katanya.

Selain Mbah Mijan, warga yang mendapatkan bantuan antara lain Bapak Paijo (65), Ngadiran (60), Ibu Suwanti (60) Ibu Ngatijah (70) dan Ibu Wajinah (60). (Humas Polres Bantul)

29 January 2017

Liburan Imlek, Goa Selarong Ramai

Anggota Polsek Pajangan dipimpin oleh Aipda Moh. Arin Ashudi melaksanakan patroli sambang di wilayah Pajangan Bantul, Sabtu 28 Januari 2017. Sehubungan dengan adanya hari libur Imlek 2568 tahun 2017, maka kali ini patroli sambang diutamakan di tempat tempat obyek wisata yang ada di Pajangan.

Salah satunya yang disambangi petugas patroli yaitu Obyek Wisata Goa Selarong Dusun Kembangputihan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul. Terpantau di obyek wisata Goa Selarong saat ini ramai pengunjung.

Obyek Wisata Goa Selarong memang tempat vaforit bagi wisatawan, karena ditempat ini sering digunakan untuk, outbond dan off road, kegiatan Pramuka dan kegiatan sekolah lainya.

Tak lupa, Aipda Arin Ashudi ditempat ini menghimbau kepada petugas keamanan bapak Kuswanto agar membantu dalam menjaga kamtibmas di Obyek Wisata Goa Selarong. Apabila ada kejadian gangguan kamtibmas harap segera dilaporkan ke Polsek Pajangan agar senantiasa Obyek Wisata Goa Selarong ini, Aman tertib sebagai salah satu Sapta Pesono Pariwisata Indonesia. (Sihumas Polsek Pajangan)

Latihan Olah Seni Group Ketoprak Mataram Krido

Dalam rangka melestarikan Budaya dan melatih olah seni para anggota Kethoprak, group Kethoprak Mataram Krido Manunggal rutin menggelar pagelaran ketoprak dengan tempat bergiliran diantara anggota kelompoknya.

Kali ini yang mendapat giliran tempat adalah anggota ketoprak bapak Budiman di Dusun Guwo RT 01 Triwidadi Pajangan Bantul, 28 Januari 2017 jam 21.00 Wib.

Pagelaran ketoprak dengan lakon "Joko Samboro" ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, bapak Joko Purnomo DPR DIY, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Kepala Dukuh Guwo Bpk. Mukiyo, Bpk. Wagimin Ketua Kethoprak, Harso Sungkono wakil dari Kelompok Kethoprak, Pamong Desa Triwidadi, Tokoh masyarakat Guwo dan warga masyarakat. Kethoprak disaksikan warga masyarakat ± 400.orang.

Dalam sambutanya Lurah Triwidadi Slamet Riyanto mengajak, mari kita lestarikan kesenian dan kebudayaan kita jangan sampai luntur dan pudar dalam menghadapi Pasar bebas dan globalisasi. Salah satu peningkatan kesejahteraan pelaku seni salah satunya Kethoprak ini. Generasi muda harus mempunyai tekat untuk menggantikan pelaku kesenian dan kebudayaan agar seni Budaya kita tetap terjaga.

Selama berlangsungnya kegiatan anggota Polsek Pajangan dibantu Linmas melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Setiap Hari Libur, Polsek Kretek Tingkatkan Patroli Pantai

Dihari libur ini Polsek Kretek meningkatkan patroli dengan mengedepankan patroli pantai untuk antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan jatuhnya korban laka laut di seputar Obyek wisata pantai Parangtritis, Sabtu, 28 Januari 2017.

Adapun yang melaksanakan tugas patroli pantai tersebut adalah anggota penjagaan yang dipimpin Bawas Aiptu Tri Widodo. Dilapangan petugas tidak bosan-bosannya memberikan himbauan bahkan larangan kepada pengunjung untuk tidak mandi dilaut kerena banyaknya palung dan besarnya ombak yang sewaktu waktu bisa menyedot siapa saja yang mandi dilaut.

Menurut Aiptu Tri Widodo, meskipun Polsek Kretek sudah memasang beberapa spanduk larangan, akan tetapi Polsek Kretek akan terus menerus secara berkesinambungan melaksanakan patroli pantai utamanya dihari libur dan hari minggu.

Semua ini perlu kesabaran untuk melakukannya demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan, karena masih banyak wisatawan yang tidak mau mengindahkan himbauan yang kita sampaikan.

Kegiatan ini akan terus kita tingkatkan terutama pada hari libur, Patroli diutamakan di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, mengingat di lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang favorit bagi wisatawan. Namun begitu, pengawasan pantai lainya pun akan tetap lakukan demi keamanan dan jatuhnya laka laut. (Sihumas Polsek Kretek)

Angin Kencang, Rumah Milik Linangkung Tertimpa Pohon Kelapa

Minggu, 29 Januari 2017 pukul 12.00 Wib, hujan gerimis disertai angin kencang yang melanda wilayah desa Tirtomulyo Kretek menyebabkan sebuah pohon kelapa tumbang menimpa bangunan rumah milik bapak Linangkung warga dusun Genting,Tirtomulyo Kretek.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun korban mengalami kerugian jutaan rupiah akibat bangunan rumah miliknya rusak.

Selain menumbangkan pohon kelapa, angin kencang itu juga mengakibatkan banyak pohon tumbang dan ranting patah yang jatuh dijalan sehingga sangat menganggu arus lalulintas. Adapun jalan yang sempat macet karena peristiwa tersebut yaitu di jalan penghubung antara desa Donotirto dan desa Tirtomulyo, tepatnya dusun Soropadan dan dusun Genting Tirtomulyo.

Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas desa Tirtomulyo Brigadir Haryono dan dukuh Genting Rusdiyanto bersama warga kerja bhakti membersihkan ranting yang ada dijalanan dan memotong beberapa pohon yang roboh menghalangi jalan. Dan juga membantu warga yang rumahnya rusak tertimpa pohon kelapa yang roboh siatuasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Kretek)

Aiptu Sukarso Takziah Dan Mengatur Arus Lalulintas

Untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Bhabinkamtibmas perlu senantiasa hadir dimasyarakat dalam situasi apapun.

Seperti yang dilakukan oleh Aiptu Sukarso, disamping takziah dirumah duka almarhum Pawiro Utomo (93 tahun), Aiptu Sukarso juga melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas didusun Samiran Parangtritis, Minggu, 29 Januari 2017 pukul 13.00 wib.

Terlebih hari Minggu, jalur tersebut arus lalu lintas ramai, banyak wisatawan yang berjunjung ke pantai Depok, sehingga sangat perlu kehadiran Polri, karena tempat takziah ditepi jalan jalur pantai Depok.

Selesai takziah Aiptu Sukarso melanjutkan tugas sambang ke pantai Depok untuk memantau dan menghimbau pengunjung pantai untuk tidak mandi dilaut, karena cuaca hujan dan gelombang air laut sangat tinggi sehingga sangat membahayakan bagi wisatawan yang mandi dilaut. (Sihumas Polsek Kretek)

28 January 2017

Pertemuan Rutin FKPM Di Dusun Ponggok

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono beserta Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri pertemuan rutin FKPM di rumah bapak Bejo di dusun Ponggok Rt 01 Sidomulyo Bambanglipuro, Sabtu 28 Januari 2016 pukul 20.00 wib.

Kegiatan pertemuan ini dihadiri oleh Lurah Sidomulyo bapak Edi Murjito dan Kabag Pemerintahan desa Sidomulyo bapak Saryono. Kegiatan ini bagian dari kemitraan dan peran serta masyarakat dalam rangka menanggulangi gangguan kamtibmas yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan Lurah Sidomulyo yang menyampaikan sebagai mitra polri diharapkan FKPM dapat memberikan manfaat kepada petugas kepolisian dalam mengamankan wilayah desa Sidomulyo dan setiap anggota FKPM siap membantu serta mendukung Polri dalam menanggulangi gangguan kamtibmas.

Sedangkan Kanit Binmas Iptu Sugiono dalam sambutanya bahwa beliau sangat bangga dengan masyarakat yang berada di wilayah hukum Polsek Bambanglipuro yang mau membantu tugas polisi dalam rangka pengamanan kamtibmas. Serta Iptu Sugiono mengapreasi para anggota FKPM yang telah mau membantu tugas - tugas kepolisian dalam menangani masalah di wilayahnya masing-masing.

"Apabila terjadi suatu gangguan atau bentuk pelanggaran hukum, diharapkan masyarakat ikut peduli mencegah ataupun melaporkan kepada petugas kepolisian" kata Iptu Sugiono. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Promosi Wisata Kuliner Ingkung Cangcut Tali Wondo Mbah Kentol

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. mengadakan kunjungan sambang ke Mbah Dalijan di Dusun Kentolan Lor RT 04 Guwosari Pajangan Bantul, Jumat 27 Januari 2017 jam 14.00 Wib. Kebetulan ditempat tersebut di adakan jumpa wartawan  untuk promosi kuliner Ingkung Cangcut Tali Wondo Mbah Kentol.

Mbah Dalijan pemilik Rumah Makan Ingkung Cangcut Tali Wondo Mbah Kentol yang dikenal dengan Ingkung Cangcut Mbah Kentol menyampaikan bahwa tradisi ingkung ini berawal dari acara di Goa Selarong 15 Tahun silam dalam rangka meramaikan obyek Wisata Goa Selarong. Ingkungnya (Mbah Kentol) waktu itu digunakan untuk menu sajian hidangan kepada Bupati, Muspika maupun undangan yang hadir. Tradisi Ingkung akhirnya dalam tiap acara  Grebeg Selarong menjadi sajian utama. Kuliner Ingkung akhirnya dikembangkan Wisata kuliner di Dusun Karangber, Santan dan Kalakijo Desa Guwosari dan terkenal. Oleh karena itu Ia sebagai penggagas Ingkung untuk sajian dalam acara meramaikan Obyek Wisata Goa Selarong 15 Tahun yang lalu, berniat membuka usaha Ingkung ini di dekat Obyek Wisata Goa Selarong guna meramaikan Obyek Wisata tersebut.

Ingkung Cangcut Tali Wondo ini adalah Ingkung perjuangan. Ingkung di dalam tali ini diibaratkan sebagai pasukan dari pangkat terendah hingga pimpinannya yang diikat dengan tali (tali wondo) yang menggambarkan persatuan dan kesatuan. Penggunaan bambu sebagai wadah Ingkung karena bambu tidak mempunyai efek samping untuk kesehatan. Ingkung cangcut Mbah Kentol dijual semurahnya ± Rp. 98 ribu dengan mengambil keuntungan sedikit. Kita harus meniru perjuangan Si Mbah Broto Joyo Joyo Kentol sebagai tokoh perjuangan dalam perang Pangeran Diponegoro yang mengajarkan welas asih terhadap sesama, bertanggung jawab,  jujur dan benar. Ia bersyukur dengan keuntungan sedikit (± Rp. 8 Ribu) bisa menggaji karyawannya yang berjumlah 3 orang (@Ro 800 Ribu). Ingkung perjuangan ini untuk melestarikan seni dan Budaya perjuangan Mbah Kentol untuk memajukan Obyek Wisata Goa Selarong.

Mbah Joyo Joyo Kentol ada jalur keturunan dengan Hamengku Buwono III (HB III) dan Bapak Dalijan ada silsilah ke Mbah Joyo Joyo Kentol. Ingkung ini belum membuat Cabang ditempat lain. Usaha ini masih dalam skala merintis perjuangan untuk anak cucunya kelak. Mbah Dalijan pada jaman dulu pernah mendaftar Polri di Jakarta namun tidak bernasib baik. Ia juga pernah menjadi petani sayur hingga jadi tukang becak di Jogja hingga akhirnya membuka usaha Wisata kuliner Ingkung ini. Semoga dengan Ingkun Cangcut Mbah Kentol ini bisa mengangkat dan meramaikan Obyek Wisata Goa Selarong, tambahnya.

Bripka Supri Handono, S.H. mengharapkan kepada Mbah Dalijan untuk membantunya dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kentolan Lor. Ada kegiatan yang membutuhkan kehadirannya diharapkan selalu dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengannya. Semoga R.M. Ingkung Cangcut Mbah Kentol ini nantinya membawa manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya dan membantu mengangkat Obyek Wisata Goa Selarong.

Hingga selesainya acara promosi Wisata kuliner Ingkung Cangcut Mbah Kentol situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kegiatan Peringatan HUT Ke 3 Desa Wisata Kalakijo Dan Rumah Makan Ingkung Kuali

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. dan Bamin Sihumas Polsek Pajangan Aipda Moh. Arin Ashudi menghadiri acara rapat koordinasi Desa Wisata Kalakijo bertempat Ingkung kuali Dusun Kalakijo RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Jumat 27 Januari 2017 jam 20.00 Wib.

Menurut bapak Siswanto, kegiatan ini merupakan peringatan 3 tahun hari jadi Desa Wisata Kalakijo dan rumah makan Ingkung Kuali.

Dusun Kalakijo merupakan Desa Wisata oleh karena itu perlu selalu mengadakan even-even kegiatan. Even kegiatan nantinya akan dimulai pada Kamis (2/2/2017) berupa prosesi renungan dan doa bersama dengan mengundang Bupati Bantul, DPRD Kab. Bantul, Kepala Dinas dan Muspika Pajangan. Acara diisi dengan sambutan-sambutan, doa bersama dan hiburang keroncong. Acara pada hari Senin (2/2) akan dilanjutkan dengan promosi-promosi, beli Ingkung dua dapat kaos dan Lomba fotografi.

Acara selanjutnya pada hari Minggu (5/2/2017) yaitu Jalan Sehat Warga Kalakijo dan Kedung dengan diselingi hiburan angklung, musik dan pembagian hadiah. Acara ini untuk masyarakat umum dan gratis, masyarakat datang registrasi, mendapat kupon dan ditengah jalan mengumpulkan kupon, hadiah utama berupa 1 ekor kambing. Dana dari even ini murni dari Desa Wisata dan Ingkung kuali tidak ada tarikan ke masyarakat.

Dalam acara tersebut akan kita tampilkan potensi-potensi yang dimiliki Desa Wisata Kalakijo dan Kedung berupa seni, budaya, potensi alam dan potensi lain yang dimiliki 2 pedusunan.

Tema yang akan diusung dalam acara tersebut "Menggali Potensi Alam Untuk Kesejahteraan Masyarakat", kita menggali dan mengembangkan potensi kesenian, kebudayaan, potensi alam dan potensi lain yang ada di Dusun Kalakijo maupun Dusun Kedung dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalakijo maupun Kedung dan pemberdayaan dan penggerakan masyarakat.

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. dalam acara ini menyampaikan pengamanan selain dari Polsek Pajangan diharapkan melibatkan Koramil 18/Pajangan dan Linmas. Ia akan siap membantu dalam mengurus izin kegiatannya. Semoga dengan kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan dan membawa manfaat untuk warga masyarakat Kalakijo dan Kedung. Guna mematangkan kegiatan nantinya akan diadakan rapat tambahan.

Hadir dalam acara ini Kepala Dukuh Kalakijo H. Sareh Supardi, Kepala Dukuh Kedung Bpk. Anwar Aswahadi, Ketua Pokdarwis Dewikasari Kalakijo Bpk. Siswanto, S.S.T., Ketua Muda Mudi Kalakijo Sdr. Ahdan Fajarudin, tokoh masyarakat dan tamu undangan. Hingga selesainya rapat koordinasi situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Olah Raga Bersama Di Mapolsek Pandak

Dalam rangka mewujudkan sinergitas, keakraban, kekompakan dan tali silahturahmi antar PNS, TNI, POLRI dan Pamong Desa se Kecamatan Pandak, pagi tadi Jumat 27 Januari 2017 dilaksanakan olah raga rutin bersama di halaman Mapolsek Pandak.

Dalam sambutanya, Kapolsek Pandak menyampaikan selamat datang dan menjelaskan kegiatan olahraga itu selain untuk menjaga kesehatan, vitalitas dan menjaga daya tahan tubuh juga dapat  menjadi salah satu cara bertukar fikiran dan informasi serta untuk menjalin silahturahmi dan tali kekeluargaan. (Sihumas Polsek Pandak)

Cegah Keributan, Polsek Jetis Swiping Penonton Dangdut Di Dusun Kiringan

Untuk mencegah terjadinya keributan, personil Polsek Jetis dibantu Sat Sabhara Polres Bantul menswiping ribuan penonton pentas Orkes Melayu di dusun Kiringan, Canden Jetis Bantul, Jumat, 27 Januari 2017.

Sweping yang dipimpin Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro ini dilakukan di pintu masuk dusun Kiringan dengan memeriksa seluruh warga yang datang menonton orkes melayu.

Adapun sasaran sweping lebih diutamakan kepada barang bawaan seperti Miras, Sajam dan barang barang berbahaya lainya yang dapat memicu gangguan kamtibmas saat pertunjukan orkes melayu berlangsung.

Dalam swiping ini petugas berhasil mengamankan puluhan miras berbagai jenis dan tidak menemukan barang berbahaya lainya.

Sebelum pertunjukan berlangsung, diatas panggung, Kapolsek Jetis menghimbau agar penonton bisa tertib dan tidak buat keributan.

Pentas Orkes Melayu ini dalam rangka serah terima jabatan ketua pemuda dusun Kiringan berakhir situasi aman tertib. (Sihumas Polsek Jetis)

Tanamkan Kecintaan Pada Anak Anak, Polsek Pleret Datangi TK Paud Masyithoh

Jumat, 27 Januari 2017 pukul 08.00 WIB Polsek Pleret menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di TK Paud Masyithoh dusun Karanganom, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Kegiatan PSA dipimpin oleh Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani bersama Bripka Gunawan, Bripka Rofiq dan Bripda Ninda serta diikuti sekitar 160 anak TK Paud Masyithoh.

Kegiatan PSA merupakan upaya untuk menanamkan kecintaan anak anak kepada polisi agar mereka tidak lagi menganggap polisi sebagai momok. Selain itu, program ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan tugas tugas kepolisian sekaligus memberikan ilmu mengenai tata cara berlalu lintas yang benar terhadap anak sejak usia dini.

Dengan adanya kegiatan Polisi Sahabat Anak ini, diharapkan kedepannya anak-anak akan mengerti dan memahami semua aturan tata tertib berlalu lintas yang berguna dimasa depanya. (Sihumas Polsek Kretek)

27 January 2017

Bolos Sekolah, 10 Siswa Diamankan Ke Polsek Kretek

Sebanyak 10 siswa terdiri dari 5 siswa SMP dan 5 siswa SLTA yang berhasil diamankan saat jam pelajaran nongkrong diwarung dibawa ke Mapolsek Kretek untuk diberikan pembinaan, Jum'at pagi, 27 Januari 2017.

Kesepuluh siswa ini diamankan petugas pada saat jam belajar berlangsung namun mereka malah bolos nongkrong diwarung yang ada di Gadingharjo, Donotirto, Kretek tepatnya sebelah selatan SMP Unggulan Muhammadiyah Kretek. Setelah diperiksa ternyata kesepuluh siswa tersebut masing masing bersekolah di luar wilayah Kretek. Dari tangan mereka petugas tidak menemukan barang yang berbahaya.

Selesai diberikan arahan oleh Kapolsek Kretek Kompol Salim, para siswa yang bermasalah tersebut sebelum diserahkan kepada orang tua dan sekolah diwajibkan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya yang dituangkan dalam surat pernyataan. Dengan catatan apabila mereka mengulangi perbuatanya lagi maka akan ditindak tegas.

Kapolsek mengatakan, kita prihatin terhadap kenakalan remaja yang sudah mulai marak di wilayah Bantul. Bahkan karena aksinya menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan beberapa pelajar lainya masuk rumah sakit. Oleh karena itu Kapolsek mengajak para guru dan orangtua untuk bekerja sama memberikan pengawasan yang melekat serta memberikan nasehat kepada putra putrinya agar mereka tidak melanggar aturan apa lagi melanggar hukum.

Kapolsek juga menegaskan siswa yang melanggar hukum akan ditindak tegas, untuk itu tidak ada toleransi bagi siapapun termasuk pelajar yang terlibat aksi tawuran ataupun kedapatan membawa sajam dan pelanggaran hukum lainnya (Sihumas Polsek Kretek)

Jaga Kamtibmas, Bripka Winardi Sambangi Pabrik BH Bantul

Anggota Bhabinkamtibmas Desa Bantuml Bripka Winardi melaksanakan patroli sambang ke pabrik BH Bantul, Kamis pagi, 26 januari 2017.

Kehadiran Bripka Winardi disambut hangat oleh petugas security dan petugas Bea Cukai yang ada di pabrik BH. Dalam kesempatan tersebut Bripka Winardi menyampaikan himbauan kamtibmas kepada security, yang merupakan sebagai ujung tombak pengamanan di perusahaan, diharapkan petugas security melaksanakan tugas dengan penuh kewaspadaan sering adakan patroli di seputar pabrik agar tercipta kamtibmas yang kondusif.

Selain itu juga diminta security dan petugas Bea Cukai memeriksa barang barang yang masuk dan keluar pabrik. Dalam mengirim barang barang, sebelum dimasukkan kedalam truk kontainer agar bener benar dicek dan di telili jangan sampai ada barang barang yang berbahaya atau yang diseleundupkan oleh karyawan.

Menurut Bripka Winardi, kegiatan sambang ini bertujuan menjaga komunikasi yang baik antara perusahaan dan Polsek Bantul dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Bantul)

Penyuluhan Kesehatan Di Balai Desa Tirtohargo

Bhabinkamtibmas Tirtohargo Brigadir Winarto bersama warga dusun Muneng bekerjasama dengan KKN UMY mengikuti penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Kretek di aula balai desa Tirtohargo, Kamis pagi, 26 Januari 2017.

Nara sumber ibu Endang Pusparini selaku ahli gizi dari puskesmas Kretekmenyampaikan, Penyakit ada dua macam yaitu penyakit menular dan tidak menular. Penyakit menular butuh banyak biaya untuk mengendalikannya sedangkan penyakit tidak menular bisa di kendalikan dengan pola hidup sehat dan olah raga teratur.

Penyakit tidak menular dapat terjadi akibat dari faktor keturunan dan perilaku hidup yang beresiko di antarannya merokok dan pola makan yang salah. Diharapkan Masyarakat selalu mencegah berbagai penyakit dengan cara hidup pola sehat.

Sedangkan Brigadir Winarto menyampaikan pesan pesan kamtibmas berkenaan dengan maraknya aksi tawuran yang dilakukan oleh anak remaja. Untuk mengantisipasi hal tersebut diminta warga mengadakan pengawasan yang melekat kepada putra putrinya agar tidak terlibat / masuk menjadi anggota geng serta tidak memberikan sepeda motor kepada putranya yang masih dibawah umur. (Sihumas Polsek Kretek)