28 February 2017

Pelantikan Dukuh Ploso Dan Dukuh Porworejo Wonolelo Pleret

Kapolsek Pleret AKP Tony Priyanto, SH, SIK menghadiri Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Dukuh Ploso dan Dukuh Porworejo di Pendopo Balai Desa Wonolelo, Selasa, 28 Februari 2017 pukul 09.00 WIB.

Hadir pula dalam acara tersebut antara lain Camat Pleret M. Alwi, SH, MH, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo, Kabag Administrasi Pemerintahan Kab. Bantul Bpk. Djaelani, Lurah Desa se Kecamatan Pleret, Perangkat Desa Wonolelo, Ketuap BPD Desa Wonolelo beserta anggota, Ketua LPMD beserta anggota, para Dukuh se Desa Wonolelo, Dukuh terpilih, TP PKK Desa Wonolelo, Karangtaruna Desa Wonolelo dan para tamu udangan.

Acara diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia Pengisian Lowongan Pamong Desa Wonolelo H. Fahrudin. Dalam laporannya Ketua Panitia menyampaikan sesuai amanah peraturan Menteri Dalam Negeri RI dan Perda Kab. Bantul No. 5 Tahun 2015 tentang pengangkatan Pamong Desa, panitia telah melaksanakan tahapan pemilihan dari awal sampai akhir yakni dimulai tanggal 7 s/d 15 Januari 2017 melakukan sosialisasi, tanggal 23 s/d 27 Januari 2017 tahap pendaftaran, tanggal 28 s/d 29 Januari 2017 tahap penyaringan persyaratan pendaftar calon Dukuh.

Dari hasil penjaringan tersebut diperoleh 9 calon yang terdiri dari Pedukuhan Ploso sebanyak 3 orang dan Pedukuhan Purworejo sebanyak 6 orang.

Kemudian dilanjutkan pelaksanaan ujian calon Dukuh pada tanggal 12 Februari 2017 di SMP N 2 Pleret dengan bekerja sama dengan pihak Kampus UAD Yogyakarta.

Dari hasil tes tersebut diperoleh nilai tertinggi yaitu dari Pedukuhan Ploso yakni Luthfi amani memperoleh nilai 321,3 dan dari Pedukuhan Purworejo dengan nilai tertinggi diperoleh Muhammad Wahib dengan nilai 262.

Berdasarkan hasil tersebut panitia pemilihan pamong Desa wonolelo mengajukan kepada Camat Pleret untuk memberikan rekomendasi pengangkatan Dukuh terpilih.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Lurah Desa Wonolelo Pujiastuti Sugianta dengan pembacaan petikan Surat Keputusan sesuai dengan Keputusan Lurah Desa No. 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Lutfi Amani sebagai Dukuh Ploso dan pembacaan petikan sesuai dengan Keputusan Lurah Desa No. 20 Tahun 2017 tentang pengangkatan Muhammad Wahib.

Selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Lurah Desa Wonolelo dan diikuti oleh Dukuh terpilih. Selanjutnya dilakukan penanda tanganan Surat Keputusan pengangkatan Dukuh terpilih.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Desa Wonolelo memberikan sambutan yang intinya bahwa atas nama Pemerintah Desa Wonolelo, kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada panitia pemilihan Pamong Desa.

Terima kasih kepada Camat Pleret atas rekomendasi yang telah diberikan dalam pemilihan Pamong Desa dan pihak SMP N 2 Pleret yang telah mengijinkan tempat untuk pelaksanaan ujian tersebut.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dukuh yang sudah purna tugas atas semua kerjasama dan dedikasi selama ini mengabdi kepada masyarakat.

Sementara itu sambutan Camat Pleret M. Alwi SH, MH menyampaikan terimakasih kepada panitia yang telah melaksanakan pengisian pamong desa yang berjalan dengan aman dan lancar.

Selamat kepada Dukuh terpilih dan semoga jabatan ini amanah. Saat ini masyarakat semakin kritis dan dewasa maka tolong laksanakan tugas sesuai dengan aturan. Dukuh adalah pengemban pelayan masyarakat, untuk itu harus open kepada masyarakat atas semua keluhan ataupun masukan dari warga guna kemajuan bersama. Semoga dengan dilantiknya Dukuh yang baru ini bisa membawa kesejahteraan dan kemajuan untuk kita semua.

Selanjutnya sambutan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kab. Bantul yang diwakili oleh Bpk. Djaelani menyampaikan ucapan selamat kepada Dukuh terpilih semoga menjadi amanah.

Sekarang banyak yang ingin menjadi Pamong Desa, maka syukuri atas terpilihnya Dukuh Ploso dan Dukuh Purworejo ini. Laksanakan tugas sesuai dengan kebijakan dan peraturan undang-undang yang berlaku. "Laksanakan amanah masyarakat demi kesejahteraan", pesan Djaelani.

Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pleret)

Maryono Ditemukan Meninggal Dunia Di Kamar Kost

Penjaga kost warga Sindet Rt 03, Wukirsari, Imogiri, Bantul atas nama Maryono (50) ditemukan meninggal dunia di Rumah Kost dusun Salakan Rt 03, Bangunharjo, Sewon Bantul, Selasa, 28 Februari 2017 jam 09.00 Wib.

Menurut saksi Dwi Anggodo La Rahman (20 tahun) mahasiswa warga Makasar yang tinggal di Kost tersebut mengatakan bahwa saat itu dirinya mencium bau busuk di sekitar kamarnya yang berada di lantai dua.

Kemudian dicarilah sumber bau busuk tersebut dan ternyata sumbernya dari kamar bapak penjaga Kost yang letaknya disebelah utara kamarnya. Saat akan dicek pintunya terkunci dan ada cairan hitam pekat keluar dari bawah pintu kamar. Kemudian saksi melaporkan temuanya itu kepada pemilik Kost selanjutnya diteruskan ke Polsek Sewon.

Tidak berapa lama kemudian Kapolsek Sewon Kompol Iman Santoso beserta Tim Identifikasi Polres Bantul, Bid Dokes Polres Bantul dan Tim Dokter Puskesmas Sewon 1 tiba di TKP, langsung mengevakuasi korban.

Dari hasil pemeriksaan petugas dinyatakan pada tubuh korban tidak ditemukan tanda tanda penganiyaan dan cairan hitam pekat yang mengalir di bawah pintu tersebut berasal dari cairan tubuh korban yang telah membusuk selama kurang lebih 7 hari. (Sihumas Polsek Sewon)

Pembinaan Generasi Muda Di SMPN 3 Pandak

Kapolsek Pandak AKP S. Parmin bertindak sebagai nara sumber dalam acara Pembinaan Generasi Muda Bangsa khususnya di kalangan anak pelajar tingkat SMP di Aula SMPN-3 Pandak Bantul Selasa 28 Februari 2017 pukul 08.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Camat Pandak Dra. Sri Khayatun, Kasi Humas kec. Pandak Drs. Subiyantoro dan Kepala Sekolah SMPN-3 Pandak Retno Yuliastuti, SPd. MM serta diikuti oleh para siswa-siswi kelas VII dan VIII sekitar 130 siswa.

Dalam sambutanya Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Muspika Pandak khusunya Camat dan Kapolsek serta jajaranya mudah-mudahan melalui forum ini akan bermanfaat terutama anak didik siswa dalam membentuk kepribadian/sikap yang selalu mentaati dan patuh terhadap peraturan baik dirumah/ lingkungan terlebih di lingkungan sekolah. 

Selanjutnya dalam pembekalanya Kapolsek AKP S. Parmin memberikan motivasi belajar dan menyampaikan bahwasanya akhir-akhir ini diwil;ayah Bantul marak akan adanya aksi Klitih / kriminal jalanan dimana pelakunya mayoritas pelajar. Untuk itu dihimbau agar seluruh siswa terutama di Pandak ini jangan sampai terlibat agar tidak berhadapan dengan masalah hukum yang tentunya akan merugikan masa depan kalian.

Kemudian ditekankan agar seluruh siswa menjauhi Narkoba dan mentaati aturan lalulintas yang mana faktor kecelakaan lalulintas diakibatkan karena masing-masing tidak mentaati peraturan berlalulintas.

Bersikaplah Saling hormat menghormati dan tolong menolong, selalu berpikiran positip karena akan menimbulkan suatu pemikiran yang baik sebaliknya pikiran negatif akan mendatangkan perasaan marah, emosi, kacau dan lain lainya.

Kuncinya ada pada sholat 5 waktu tepat pada waktunya hal tersebut mencerminkan akan ketaatan dan kedisplinan sehingga akan mempengaruhi prilaku hidup serta membuat kepekaan hati nurani terhadap lingkungan di sekitar kita, demikian pembekalan akhir dari Kapolsek Pandak. (Sihumas Polsek Pandak)

Kini Polsek Tipe Urban Polres Bantul Miliki Alat Pindai Sidik Jari Canggih

Kaurident Sat Reskrim Polres Bantul Aiptu Tono Wibowo, menyerahkan  alat canggih bernama Mobile Automatic Multi Biometric Identification System atau MAMBIS kepada 9 Polsek Tipe Urban Jajaran Polres Bantul, Selasa, 28 Februari 2017.

Aiptu Tono Wibowo menjelaskan penyerahan alat ini adalah dalam rangka menunjang kinerja Polsek Jajaran untuk mengungkap suatu kasus kejahatan. Kecanggihan dari alat ini adalah bisa mengetahui identitas seseorang dengan cepat hanya dengan memindai sidik jari atau iris mata. Kemudian akan muncul data identitas sesuai dengan yang tercantum di e-KTP.

Sebab MAMBIS atau Sistem Identifikasi Multibiometrik Otomatis ini terhubung dengan database kependudukan, dalam hal ini database e-KTP milik Kementerian Dalam Negeri..

Ditambahkannya, hanya dengan memindai sidik jari atau iris mata, jati diri korban kejahatan atau pembunuhan serta pelaku kejahatan tanpa identitas bisa diketahui dalam hitungan detik. Dan akan muncul data diri di layar meliputi nama lengkap, alamat dan wajah sesuai rekaman pada e-KTP. “Dengan alat ini selama kondisi sidik jari jenazah tidak mengalami kerusakan maka Mambis sangat efektif untuk mengungkap identitas jenazah atau orang yang linglung,” imbuhnya.

Aiptu Tono mencontohkan, salah satu contoh kasus yang berhasil diungkap Polres Bantul dengan bantuan alat MAMBIS adalah kasus pembunuhan yang menimpa Sih Miranti yang terjadi di Landasan Pesawat Pantai Depok Desa Parangtritis, Kretek, Bantul pada Maret 2016 lalu.

Dimana saat ditemukan kondisi mayat Sih Miranti telah dalam keadaan membusuk dan tanpa identitas. Akan tetapi jempol kanan korban tidak ikut membusuk melainkan hanya mengering. Identifikasi Sat Reskrim Polres Bantul kemudian melakukan proses pemindaian sidik jari jempol kanan mayat dengan alat MAMBIS.

Sebelum diserahkan, terlebih dahulu para calon operator alat MAMBIS Polsek Jajaran, diberikan pelatihan cara pengoperasiannya. (Humas Polres Bantul)

Patroli Antisipasi Gangguan Keamanan Di Wilayah Pajangan

Dalam rangka menjaga kamtibmas, Kanit Sabhara Polsek Pajangan Iptu Suhirno beserta anggotanya melaksanakan patroli diseputar wilayah Pajangan, Sabtu (25/2/2017) jam 23.50 Wib.

"Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan yang sering dilakukan oleh gerombolan pengacau keamanan seperti Klitih dengan mendatangi tempat tongkrongan anak muda yang ada di seputar wilayah Pajangan.

Sementara saat tim patroli melintas di simpang 3 Sindon Dusun Iroyudan Guwosari Pajangan Bantul menemui sekelompok remaja yang sedang nongkrong kemudian oleh Kanit Sabhara diperiksa satu persatu dan dihimbau mereka untuk bubar pulang kerumahnya masing masing. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Rutin Sambangi Pos Kamling

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Pajangan Aiptu Ngadiman bersama Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto menyambangi Poskamling di dusun Sabrang Kidul RT 01 dan 03, dilanjutkan ke Sabrang Lor RT 01 dan Dusun Guwo RT 01, 02 dan 04, Sabtu (25/2/2017) jam 22.00 Wib.

Kegiatan sambang Poskamling ini rutin dilaksanakan untuk menjaga Desa binaannya agar tetap aman kondusif. Sambang Poskamling juga untuk silaturahmi, mengenal, mengetahui permasalah dan keluhan warga binaanya. Selain itu juga untuk berdialog dengan warga serta menyampaikan himbuan kamtibmas.

Aiptu Ngadiman mengatakan “kegiatan ini sudah menjadi kewajibannya sebagai pengemban fungsi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), kita harus menjiwai dan melaksanakan tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. Untuk jajaran Polres Bantul, pola kerja Bhabinkamtibmas 5-1 yaitu 5 hari di Desa dan 1 hari di kantor dan harus fleksibel. Pembinaan Poskamling akan gencar dilakukan untuk menciptakan Desa Triwidadi aman kondusif, ujarnya. (Sihumas Polsek Pajangan)

Polres Bantul Serahkan Bantuan Kepada 25 Anak Yatim Piatu

Sebanyak 25 anak yatim piatu menerima santunan dari Yayasan Brata Bhakti D.I.Yogyakarta. Para penerima santunan merupakan putra-putri dari anggota Polri, PNS Polri, Purnawirawan Polri/ Warakawuri dan Wredatama Polri Polres Bantul yang ayah ataupun ibunya telah meninggal dunia.

Selain memberikan santunan kepada yatim piatu, Yayasan Brata Bhakti juga memberikan bantuan dana biaya pendidikan kepada tiga orang putra-putri anggota Polres Bantul yang diterima UMPTN dan berprestasi dengan IPK yang tinggi.

Ketiga penerima bantuan tersebut adalah Ratika Aryani putri Aipda Kusfajar, SH, Fahrunnisa Rizki Ananda Putri Bripka Sukino dan Luvina Yudha Wiranti putri Ipda Tri Wulandani.

Santunan diserahterimakan langsung kepada yang bersangkutan oleh Kabag Sumda Polres Bantul Kompol Nugroho Budi Lustomo, S.Pd yang mewakili Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK di Aula Polres Bantul, Selasa, 28 Februari 2017.

Adapun besarnya jumlah santunan yang diberikan kepada 25 anak yatim sebesar Rp 500.000 sedangkan bantuan biaya yang diberikan kepada 3 putra-putri anggota Polres Bantul yang diterima UMPTN sebesar Rp 1.500.000.

Menurut Kompol Nugroho Budi, santunan dan bantuan dana pendidikan ini merupakan bentuk apresiasi dan wujud komitmen dari Yayasan Brata Bhakti terhadap kelangsungan pendidikan putra-putri anggota Polres Bantul untuk terus berprestasi.

“Janganlah dilihat dari jumlahnya, akan tetapi nilailah dari segi kepedulian dan perhatian dari orang yang memberikan santunan,” ujarnya.

Kompol Nugroho Budi juga mengingatkan, agar dana santunan dan bantuan dana pendidikan dipergunakan dengan bijak, yaitu untuk membantu memenuhi kebutuhan yang mendesak, terutama di bidang pendidikan. “Jangan digunakan untuk hal-hal yang kurang penting,” tambahnya.

Semoga dengan pemberian santunan dan bantuan dana pendidikan ini, dapat membantu meringankan kebutuhan para anak yatim piatu dan mamacu semangat putra-putri anggota Polres Bantul yang berprestasi, untuk lebih berprestasi lagi. (Humas Polres Bantul)

Aiptu Ngadiman Sosialisasikan Cara Pukul Kentongan

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri pertemuan warga sekaligus memberikan sosialisasi cara memukul kentongan sebagai alarm tanda bahaya kepada warga Dusun Plambongan RT 02 Triwidadi, Pajangan, Bantul, Sabtu, 25 Februari 2017 pukul 20.00 Wib.

Materi yang disosialisasikan oleh Aiptu Ngadiman adalah tanda-tanda bunyi kentongan sesuai dengan Instruksi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta No 5/Inst/1980 tanggal 6 Juli 1980.

Dihadapan warga Aiptu Ngadiman mempraktekkan cara memukul kentongan, dari saat situasi aman, waspada terhadap bencana alam/kejahatan, ketika terjadi tindak pidana pencurian, perampokan, bencana alam, hingga apabila ada orang meninggal dunia.

“Kentongan adalah warisan dari leluhur kita yang perlu kita jaga. Selain adanya teknologi modern, kentongan masih sangat efektif untuk memberikan kabar atau tanda bahaya kepada warga masyarakat terlebih kepada Mbah-mbah kita,” ujarnya.

Selain mempraktekkan cara memukul kentongan, Aiptu Ngadiman juga memberikan himbauan kepada warga untuk menggalakkan kembali kegiatan Siskamling. Menurutnya, kesadaran dari warga masyarakat sangat diharapkan untuk menjaga lingkungannya karena Siskamling menjadi salah satu faktor penting keamanan dan ketertiban masyarakat.

Terakhir Ia berpesan agar para orang tua untuk memberikan pengawasan dan perlindungan kepada anaknya, jangan sampai anak cucu kita terlibat kenakalan remaja. “Apabila ada permasalahan segera sampaikan ke RT, Dukuh, atau polisi agar cepat dicarikan solusinya," pungkasnya. (Sihumas Polsek Pajangan)

Molimo Mengancam Kehidupan Bermasyarakat

Safari Binluh Pekat Kecamatan Jetis digelar di Balai Desa Sumberagung, Sabtu, 25 Februari 2017. Kegiatan yang merupakan putaran terakhir ini menghadirkan audien  para Dukuh ibu-ibu PKK, dan tokoh masyarakat.

Mengawali acara Binluh Pekat, Camat Jetis Dra. Endang Rahmawati, MM dalam sambutannya mengucapan terima kasih pada pemerintah Desa Sumberagung yang telah menyediakan tempat sehingga kegiatan penyuluhan dapat terlaksana. Camat jetis juga menyampaikan kepada para peserta penyuluhan yang masih mempunyai anak usia pelajar supaya di himbau untuk tidak sering keluar malam, memang sulit tetapi kita harus berusaha demi masa depan anak kita.

Dalam materinya Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro selaku pemateri mengingatkan supaya peserta penyuluhan bisa menyimak dengan baik apa yang di sampaikan oleh narasumber sehingga nantinya bisa menyampaikan kepada keluarga dan tetangga.

Maraknya anak yang belum cukup umur terutama anak SMP yang mengendarai sepeda motor hal ini tentu menjadi keprihatinan kita bersama. “Tolong sampaikan kepada anak-anak kita dan tetangga apabila masih ada anak yang belum cukup umur mengendarai sepeda motor supaya diberi pengertian untuk tidak mengendarai sepeda motor karena berbahaya,” ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtbmas Desa Trimulyo Bripka Sugiyono, SH dalam kesempatan tersebut menambahkan menjelaskan tentang macam Pekat yang berada dan mengancam kehidupan bermasyarakat contohnya Molimo (maling, main, madon, madat dan minum), bahaya Molimo serta ketentuan pidananya.

Sedangkan dari Puskesmas Jetis 1 menyampaikan inti binluh antara lain jenis macam obat tradosional, serta kewajiban dari badan suatu usaha yang menggunakan obat obat tradisioanal utk dijual kepasaran harus sesuai dengan Kepmenkes No 246/Menkes/Pers/V/1990 tentang obat tradisional di campur dengan obat modern serta Kepmenkes No 570/B/SK/1997 tentang larangan memproduksi dan mengedarkan obat tradisional dalam bentuk supositoria, intravaginal, tetes mata maupun parenteral. (Sihumas Polsek Jetis)

Pertemuan Kader Posyandu Desa Triwidadi Pajangan

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman memberikan pembinaan terhadap Kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Desa Triwidadi di Balai Desa Triwidadi, Senin (27/2/2017) jam 10.00 Wib.

Acara diikuti Kader Pos Yandu Desa Triwidadi ± 130 orang. Hadir dalam acara ini Kasi Pelayanan Desa Triwidadi Widiastuti, BPPKB Kec. Pajangan Ibu Sriyanni dan Bidan Desa Puskesmas Pajangan Siti Thoharoh.

Aiptu Ngadiman menghimbau, menyikapi situasi dan kondisi serta kemajuan tehnologi Informatika Medsos (Media Sosial), anak kita perlunya pendampingan dan pengawasan sehingga tidak sampai terjerumus keperilaku yang negatif. Pengawasan terhadap pergaulan anak sangat penting, kenakalan remaja sering diakibatkan oleh perhatian orang tua yang curang, miras dan Narkoba . Kuatkan pendidikan agama terhadap anak dengan mengaji kepada ustad yang ada di Dusun. Mohon dukungan para Ibu untuk mensuport suaminya ikut dalam kegiatan ronda Poskamling, jaga warga saat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram, imbuhnya.

Pertemuan Kader Posyandu telah rutin dilakukan oleh Pemerintah Desa Triwidadi, membekali kader posyandu dengan ilmu kesehatan, keamanan dan ketertiban, ketrampilan dan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat juga kesejahteraannya. (Sihumas Polsek Pajangan)

Musim Angin Ribut, Pohon Rimbun Depan Maposlek Jetis Dipangkas

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, beberapa pohon yang menjulang tinggi dan rimbun di halaman Mapolsek Jetis sengaja dipangkas mengantisipasi adanya  pohon tumbang dimusim hujan seperti saat sekarang ini. Pemangkasan dan pembersihan dilakukan oleh personel Polsek Jetis dibantu warga sekitar, Senin, 26 Februari 2017.

"Pemangkasan ini harus dilakukan mengingat akhir-akhir ini hujan lebat disertai angin sering terjadi di wilayah Jetis dan tak sedikit pohon tumbang menimpa rumah, jaringan listrik atau bahkan pengendara kendaraan,”  ujar Kanit Sabhara Polsek Jetis Iptu Hendri Triyono disela-sela kerja bakti.

Iptu Hendri Triyono menambahkan pohon yang dipangkas adalah pohon yang sudah tinggi, berdahan rimbun serta sudah tua. Selain itu dengan pemangkasan ini, lampu penerangan jalan di depan Mapolsek Jetis dapat berfungsi maksimal. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Daun pohon yang dipangkas juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk pakan ternak dan kayunya untuk kayu bakar,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Jetis)

Temu Kangen Biker's Gamkis

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. pimpin anggotanya mengamankan kegiatan masyarakat temu kangen biker's Gamkis yang bertemakan "Dengan Semangat Palapa Radja Nusantara Kita Menjaga Kerukunan Antar Anggota Dan Sesama RX-King Serta Selalu Tertib Dalam Berlalu Lintas Di Jalan Raya" Sendangsari, Minggu (26/2/2017) jam 13.00 Wib.

Bpk. Pudji (Penasehat Gamkis) dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang silaturohmi Club RX-King di DIY. Ia mengajak agar kekompakan anggota Gamkis dan komunitas RX-King di DIY tetap terjaga dengan baik.

Sedangankan Bpk. Aldi dari YRKI DIY mengajak agar Gamkis tetep solid. Pamsus Gamkis nantinya turut serta dalam pengaman even YRKI Roadrace tanggal 11 -13 Maret di Jogja. Jaga acara temu kangen ini agar tetep istimewa, imbuhnya.

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. mengatakan "Selama kegiatan ini, Gamkis tetep menjaga ketertiban, keamanan acara dan ketentraman warga masyarakat. Hormati pengguna jalan lainnya saat perjalanan pulang nanti", ujarnya.

Hiburan Orgen Tunggal Marssa Production dengan menampilkan penyanyinya memberikan hiburan kepada anggota Gamkis dan perwakilan klub motor RX-King se DIY yang hadir dengan peserta sejumlah ± 500 orang.

Sempat terjadi gesekan pada temu kangen Gamkis ini, panitia dan Polsek Pajangan akhirnya bisa menyelesaikan. Seluruh rangkaian acara berakhir pada jam 16.30 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pertemuan Kader Pos Yandu TP PKK Desa Sendangsari

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana mengadakan pembinaan dalam pertemuan pertemuan Kader Pos Yandu TP. PKK Desa Sendangsari di rumah Ibu Sujilah Dusun Jaten RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (27/2/2017) jam 10.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Kasi Pelayanan Bpk. Sabari, Ketua TP.PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S. E., BPPKB Kec. Pajangan Titik Suhesti, Bidan Desa Puskesmas Pajangan Sri Cahyaniingsih, Ketua TP. PKK masing-masing Dusun Desa Sendangsari sejumlah ± 75 orang.

Kasi Pelayanan Desa Sendangsari Bpk. Subari mengatakan tahun ini ada perubahan nama program, pemberdayaan kader Yandu  dan pembinaan kesehatan kader Yandu, BPPKB dan Sub BPPKB. Setiap pertemuan dianggarkan melalui anggaran Desa untuk 60 orang. Ada perubahan cara pencairan dana penyelenggaraan yandu ditalangi dulu. TP. PKK persiapkan mengikuti lomba Desa, saat ini masih dalam tahap presentasi. Dalam PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Yandu agar didokumentasikan untuk laporan pertanggungjawaban. Diinformasikan mengenai (Kartu Indonesia Sehat), untuk pengusulan susulan harus bersabar.

Aiptu Tetepana dalam pembinaannya menyampaikan orang tua harus memperhatikan dan sering mengajak komunikasi anaknya untuk menghindari kenakalan remaja yang saat ini sudah mengarah tindak kriminal. Pengawasan yang baik terhadap anak-anak kita, pulang Sekolah, kegiatan diluar Sekolah dan bergaulnya harus kita perhatikan. Apabila ada keperluan hingga larut malam diharapkan orang tua mengantar dan mendapinginya. Iajuga menambahkan mengenai menjaga keamanan dan ketentraman warga masyarakat adalah tanggung jawab kita bersama, untuk itu Ibu-Ibu agar mensuport suaminya dalam kegiatan ronda Poskamling, jangan sampai lingkungan kita kebobolan karena pencurian maupun penipuan, tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pembinaan dari BPPKB Kec. Pajangan, Bidan Desa Puskesmas Pajangan dan Ketua TP PKK Desa Sendangsari. Kader Posyandu dianggap oleh warga masyarakat mengetahui untuk itu perlu dilakukan pembinaan-pembinaan oleh Pemerintah. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan maupun perkembangan terkini dapat disampaikan dalam pertemuan ini. (Sihumas Polsek Pajangan)

27 February 2017

Narkoba Merusak Moral Dan Patriotisme

Untuk menekan peredaran narkoba, Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Aiptu Dalija menggelar giat penyuluhan narkoba kepada siswa siswi SMP Muhammadiyah Desa Poncosari Srandakan, Jum'at, 24 februari 2017 pukul O9.00 Wib.

Kegiatan penyuluhan narkoba ini bertujuan memberikan pemahaman pada generasi muda khususnya para pelajar di Kecamatan Srandakan terkait bahaya serta dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi narkoba.

Dalam penyuluhanya, Aiptu Dalija menjelaskan bahwa Narkoba dapat bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pelayanan kesehatan contohnya obat bius, tetapi bila disalahgunakan akan melanggar Hukum  UU No. 5 Th 1997 dan UU No.22 Th 1997, serta dapat berdampak buruk bagi sipemakai.

Penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak moral dan Patriotisme atau rasa cinta tanah air sehingga mengancam ketahanan Nasional dan Runtuhnya Negara Kesatuan RI.

Kasi Humas Polsek Srandakan Aiptu Wahyu Widiyanto mengatakan, ke depan Polsek Srandakan akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk menggelar kegiatan yang sama ke sekolah lainya ataupun masyarakat yang ada di Srandakan. Diharapkan kegiatan ini dapat meminimalisir peredaran narkoba di daerah Srandakan, serta memberikan pelajaran bagi para siswa akan bahayanya mengkonsumsi narkoba. (Sihumas Polsek Srandakan)

Olah Raga Bersama Muspika D i Halaman SLB Kasih Sedayu

Jumat, 25 Februari 2017 jam 07.30 Wib di halaman SLB Tunas Kasih Sedayu Bantul, telah dilaksanakan senam kesegaran Jasmani bersama muspika.

Peserta senam antara lain Muspika kecamatan Sedayu, para lurah dan staf dan siswa siswi SLB Tunas Kasih Sedayu.

Maksud dan tujuan dilaksanakan senam untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bagi para peserta senam, sehingga akan menunjang kinerja dalam melaksanakan tugas. (Sihumas Polsek Sedayu)

Brigadir Winarko Selesaikan Kasus KDRT Secara Kekeluargaan

Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo Brigadir Winarko, SH memediasi pertemuan penyelesaian dugaan kasus tindak pidana KDRT balai desa Tirtohargo Kretek Bantul, Senin 27 Februari 2017 pukul 10.00 Wib.

Adapun dugaan KDRT yang dilakukan oleh SB (40 tahun) warga Muneng, Tirtohargo, Kretek terhadap istrinya SJY (44) yaitu sering mengumpat dengan kata kata kotor, bahkan pernah menampar dan mencekik istrinya. Oleh karena tidak terima diperlakukan begitu oleh suaminya maka sang istri melaporkan ke Polsek Kretek.

Kemudian atas inisiatif Brigadir Winarko, SH kedua pasangan suami istri itu dipanggil ke balai Desa Tirtohargo untuk pertemuan menyelesaikan permasalahanya secara kekeluargaan. Namun dengan catatan apabila kasus tersebut tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan maka akan dibawa keranah Hukum.

Dalam mediasi tersebut si suami mengakui kesalahanya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Apabila mengulangi lagi perbuatanya maka dirinya bersedia dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kemudian pernyataan si suami tersebut dituangakan ke dalam surat pernyataan yang disaksikan oleh Kasi Pemerintahan Tirtohargo Sigit DA dan Kadus dusun Muneng Agus Purwanto situasi aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)

Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba Di Balai Mancasan

Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. mengadakan penyuluhan penyalahgunaan Narkoba di balai Mancasan Dusun Dukuh RT 05 Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu (25/2/2017) jam 18.30 Wib.

Penyuluhan ini dilakukan bersama Mahasiswa KKN STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Dusun Dukuh berupa Penyuluhan Napza (Narkoba) dan juga penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi serta Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) untuk mendeteksi kanker Payudara.

Hadir dalam acara ini Ketua KKN STIKES Jenderal A. Yani Kelompok Dukuh Sdr. Torik Dkk, Ketua pemuda Surojo dan Narsruri Rifai serta muda mudi Karang Taruna Dusun Dukuh sejumlah ± 30 orang.

Unit Binmas Polsek Pajangan dalam penyuluham ini menyampaikan tentang penyalahgunaan narkoba dilihat dari sisi Hukum, pengertian dan dampak-dampaknya. "Setelah mengetahui jenis narkoba dan efeksampingnya serta akibatnua, Kita berharap dengan penyuluhan ini muda mudi dan warga masyarakat Dukuh khususnya dan masyarakat Pajangan umumnya tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba", ujar Kanit Binmas Iptu Muh. Sugeng.

Hingga selesainya penyuluham muda-mudi Karang Taruna Dusun Dukuh jam 20.00 Wib berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pentas Kethoprak HUT Ke 2 Group Kethoprak Marsudi

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri pentas Kethoprak Mataram Marsudi Budoyo di rumah bapak Jumingan dusun Kayen RT 05 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (25/2/2017) jam 21.00 Wib.

Hadir ddi acara ini antara lain DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. (Ketua Desa Budaya Sendangsari), Kepala Dukuh Kayen bapak Rusmidi, Ketua Kethoprak Maraudi Budoyo bapak Pariman.

Kepala Dukuh Kayen dalam sambutannya menyampaikan pagelaran ini dalam rangka ulang tahun yang ke 2 Kethoprak Marsudi. Terima kasih kepada Ketua Desa Budaya Sendangsari yang telah membantu dalam memajukan seni Budaya di Desa Sendangsari khususnya di Kayen. "Mari kita saksikan bersama-sama pentas Kethoprak Marsudi Budayo dengan Lakon Joko Sanggit", ajaknya.

Pagelaran Kethoprak disaksikan ± 300 warga yang mendapat pengamanan dari personil Polsek Pajangan dipimpin Aiptu Pujiharta berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan Maret 2017


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Maret 2017 adalah sebagai berikut :


NoHariTanggalJamTempat
I.Rabu01 Maret 201709.00 - 12.00 WibSrandakan
2.Kamis02 Maret 201709.00 - 12.00 WibPajangan
3.Jumat03 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
4.Sabtu04 Maret 201717.00 - 21.00 Wib Lapangan Paseban
5.Senin06 Maret 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Mulyodadi
6.Selasa07 Maret 201709.00 - 12.00 WibPiramid Cafe
7.Rabu08 Maret 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Kretek
8.Kamis09 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Bantul
9.Jumat10 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
10Sabtu11 Maret 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
11.Senin13 Maret 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Pandak
12.Selasa14 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Dlingo
13.Rabu15 Maret 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Trimulyo Jetis
14.Kamis16 Maret 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Srigading
15.Jumat17 Maret 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
16.Sabtu18 Maret 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
17.Senin20 Maret 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Tirtonirmolo
18.Selasa21 Maret 201709.00 - 12.00 WibKid' Funs
19.Rabu22 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
20.Kamis23 Maret  201709.00 - 12.00 WibPolsek Pajangan
21.Jumat24 Maret 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
22.Sabtu25 Maret 201717.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
23.Senin27 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
24.Selasa28 Maret 201709.00 - 12.00 Wib------LIBUR------
25.Rabu29 Maret 201709.00 - 12.00 WibPyramid Cafe Sewon
26.Kamis30 Maret 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Banguntapan
27.Selasa31 Maret 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pleret

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

 SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru, SIM Hilang dan apabila masa berlakunya habis tidak bisa dilayanani di SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Pagelaran Wayang Kulit Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Di Desa Murtigading

Kapolsek Sanden AKP Riwanta beserta anggotanya melaksanakan pengamanan pentas seni pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di pendopo Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Sabtu, 25 Februari 2017 pukul 20.30 Wib.

Pagelaran seni budaya Wayang Kulit semalam suntuk dipentaskan oleh dalang Ki Drs. Iswahyudi, M.Hum dengan lakon "Mbangun Sapta Marga".

Hadir dalam kegiatan tersebut, DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA (Wakil Ketua MPR RI), Matheus Stefi Pasimanjeku, SH (anggota DPD RI), Siti Fauziah (anggota MPR RI), Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Sunarto, SH, MM, Ketua umum Masyarakat Peduli Wayang bapak Didik, Kapolsek Sanden AKP Riwanta beserta jajaran Muspika Sanden.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, SH, MM dalam sambutannya mewakili Bupati Bantul mengatakan bahwa seni macapat Bantul pernah mencetak rekor MURI. Kegiatan ini merupakan upaya melestarikan budaya  dan bermanfaat dalam memahami dan menanamkan 4 pilar MPR RI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jelas Sunarto.

"Bhinneka Tunggal Eka harus ditanamkan kepada generasi muda sehingga perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dihindari", kata Kadisbud Kabupaten Bantul Sunarto, SH, MM.

Sedangkan Wakil Ketua MPR RI, DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA menyatakan, dalam konteks keragaman budaya Indonesia, MPR sesuai amanat UU No. 17 Tahun 2014 juncto UU No  42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD senantiasa merawat kebudayaan bangsa dengan melakukan pemasyarakatan Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinbeka Tunggal Eka.

DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA memaparkan bahwa lakon "Mbangun Sapta Marga" dalam pentas seni Wayang Kulit ini mengandung banyak makna, diantaranya ketuhanan yang dimiliki dan diyakini amatlah penting dalam membangun sebuah bangsa.

"Tanpa landasan agama yang kuat maka proses pembangunam bangsa akan porak poranda", Kata Hidayat Nur Wahid.

Generasi di era globalisasi membutuhkan implementasi pancasila yang kuat. Selain pancasila, juga harus berdasar pada UUD 45 sehingga pemuda calon generasi penerus bangsa harus memiliki nilai pancasila dalam kepemimpinannya yaitu Kepemimpinan berketuhanan, Kepemimpinan berkesatuan, Kepemimpinan bermusyawarah, dan Kepemimpinan berkeadilan, ujar Wakil Ketua MPR RI DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA.

Pentas seni pagelaran Wayang Kulit dimulai dengan penyerahan secara simbolik tokoh wayang dari Wakil Ketua MPR RI DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA kepada dalang Ki Drs. Iswahyudi, M.Hum. Dalam pentas seni pagelaran Wayang Kulit tersebut menghadirkan bintang tamu Dimad Tejo dan Yu Beruk dari Yogyakarta. (Sihumas Polsek Sanden)

Lepas Sambut Camat Bambanglipuro

Suasana penuh keakraban terpancar dalam acara lepas sambut Camat Bambanglipuro dari pejabat lama Alwi, SH, MH kepada pejabat baru Drs. Anom Adiyanto, Bsc di pendopo Kecamatan Bambanglipuro, Jumat, 24 Februari 2017 pukul 13.30 Wib.

Pejabat lama, Alwi, SH, MH yang sejatinya baru sebulan menjabat sebagai Camat Bambanglipuro, selanjutnya akan melaksanakan tugas sebagai Camat Pleret. Sedangkan Drs. Anom Adiyanto, Bsc sebelumnya menjabat sebagai Camat Srandakan. Drs. Anom Adiyanto, Bsc sendiri bukan pejabat yang asing lagi buat masyarakat Bambnaglipuro, karena sebelumnya, dia juga pernah menjabat Camat Bambanglipuro.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto, SH, MH, Danramil Bambanglipuro Kapten Inf. Mardiono, Lurah Sumbermulyo Dra. Ani Widayani dan para Dukuh se Kecamatan Bambanglipuro.

Dalam sambutannya  Alwi SH.MH mengatakan bahwa mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul merupakan hal biasa sebagai upaya penyegaran kinerja aparatur pemerintah Kabupaten Bantul. Kebetulan penggantinya adalah pejabat yang sudah di kenal masyarakat Bambanglipuro.

“Saya kira Bapak Anom sudah tidak asing lagi di Kecamatan Bambanglipuro karena beliau pernah menjabat Camat di sini. Dan para pegawai sendiri pasti sudah mengetahuai gaya kepemimpinan beliau,” jelasnya yang disambut sorak riuh dan tepuk tangan para hadirin.

”Dengan keberadaan saya di sini  yang baru sebulan menjabat sebagai Camat Bambanglipuro, tentunya saya banyak sekali kekurangan dan kesalahan baik secara kedinasan, untuk itu saya atas nama pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya,” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Camat yang baru Drs. Anom Adiyanto, Bsc. Dalam sambutannya beliau mengatakan jabatan ini merupakan amanah yang harus dijalani.

”Kami berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang ada di kecamatan Bambanglipuro, khususnya para Kepala Desa, para Dukuh dan tokoh masyarakat beserta segenap masyarakat Bambanglipuro, mudah-mudahan saya bisa menjalankan amanah ini sesuai dengan yang kita harapkan,” terangnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Pemerintah Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Puskesmas serta pamong desa kepada Bapak Alwi, SH, MH. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)                                                                             

Upacara Bendera Di SMK Muhammadiyah Kretek

Sebagai lembaga pendidikan, sekolah mempunyai peranan yang penting untuk menangkal kenakalan remaja seperti tawuran antar pelajar, vandalisme dan lain-lain. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan pembinaan-pembinaan secara intensif, termasuk juga dengan memberikan ruang untuk menyalurkan aspirasi dan kreatifitas pelajar dengan mengadakan pertandingan dan perlombaan.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Kretek Kompol Salim dalam Upacara Bendera di SMK Muhammadiyah Kretek, Senin, 27 Februari 2017 pukul 07.00 Wib.

Upacara bendera diikuti oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Ibu RR Uning Suciasih Spd, Panit Binmas, Bhabinkamtibmas Desa Donotirto Aiptu Sugito, para Guru dan seluruh siswa SMK Muhammadiyah Kretek.

Untuk itu, Kapolsek mengajak kepada para siswa untuk bekerja keras dengan rajin belajar serta mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang  positif, jangan sampai salah bergaul, taati aturan lalu lintas dan lengkapi kelengkapan diri maupun kendaraan. Selain itu siswa diminta harus menghormati  dan menjaga sopan santun terhadap orang tua dan guru serta menjalin persaudaraan dengan siswa dari sekolah lain karena kalian saling bersaudara.

Diakhir amanatnya, Kapolsek menegaskan bahwa Polsek Kretek siap membantu sekolah-sekolah yang ada di Kretek untuk melakukan pembinaan-pembinaan guna membangun generasi muda yang berkualitas dan lebih baik di masa depan.

Sementara itu, selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Kretek Ibu RR Uning Suciasih Spd mengucapkan banyak terimakasih atas pembinaan dari Polsek Kretek di sekolahnya. Ia berharap kegiatan ini nantinya dapat berlanjut terus dikemudian hari sehingga para siswa tidak salah jalan. (Sihumas Polsek Kretek)

Seminar Sehari Kebangsaan Di Balai Desa Trimulyo

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro menghadiri Seminar Sehari kebangsaan dengan mengambil tema "peran Pancasila sebagai jati diri bangsa indonesia dalam konsep wawasan kebangsaan" yang diselenggarakan oleh LSM dirjen politik dan pemerintahan umum kementrian dalam negeri republik Indonesia, Sabtu 25/2/2017 di balai desa Trimulyo Jetis.

Nampak hadir dalam pembukaan seminar sehari bapak Eko Indriyanto, S.Fil. dari dirjen ormas, direktorat polpum pemerintahan pusat Bapak Supriyanto dari Kesbangpol kab Bantul

Mengawali sambutan pembukaan seminar bapak Eko Indriyanto S.Fil mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya acara seminar ini dalam masyarakat Indonesia perlu adanya kepekaan hukum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, baik dari aparatur pemerintah maupun masyarakatnya. Apabila hukum telah menjadi pedoman hidup berbangsa, ketentraman akan terwujud.

Sehingga perhatian kepada wilayah terutama perbatasan perlu mendapat atensi karena keterbatasan dalam fasilitas dan ketimpangan pembangunan serta kerawanan adanya warga asing yang masuk ke wilayah NKRI. Pembangunan di segala bidang di era pemerintahan presiden Jokowi saat ini sedang gencar untuk memperhatikan daerah tertinggal agar tidak terjadi kecemburuan dalam masyarakat.

Selesai pembukaan seminar dilanjutkan seminar oleh masing masing pemateri dari keterangan panita Kegiatan LSM Hipersa. Kegiatan serupa akan dilksanakan siang ini di desa Wukirsari dan esok hari akan dilaksnakan di balai desa Canden dan kec Imogiri. 

Selama kegiatan seminar bhabinkamtibmas desa Trimulyo dan anggota fungsi melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Jetis)

Pawai Simpatik Suporter Persiba Bantul

Polres Bantul dan jajaran polsek menyiagakan sejumlah Personil dibeberapa titik dan penggal jalan  untuk mengamankan Jalannya pawai simpatik suporter Persiba Bantul yang digelar minggu 26/2/2017.

Secara khusus Polres Bantul menyiagakan personilnya di Stadion Sultan Agung sebagai tempat Start keberangkatan dan kembalinya pawai simpatik suporter Paserbumi, 

Dalam APP nya, Bag Ops Res Bantul AKP Sumanto menekankan kepada personil pengamanan melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggungjawab dan profesional.

Pawai simpatik Paserbumi diikuti kurang lebih 1000 orang dengan menggunakan kendaraan R2, dengan rute start Lapangan Parkir Stadion Sultan Agung Jetis Bantul - menuju simpang empat Sudimoro kearah selatan - Simpang empat Barongan kerah barat- simpang empat Palbapang ke arah Utara- simpang Gose kebarat -simpang Ringinharjo keutara -menuju Masjid Agung kerah Utara -Cepit ketimur Tembi ketimur - menuju Stadion Sultan Agung.

Kegiatan pawai yang di komandoi ketua Paserbumi Sdr. Rumawan ini  mendapatkan antusias suporter cukup luas hal tersebut dengan panjangnnya rombongan pawai dengan berjajar rapi disepanjang jalan. Pawai ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kecintaan terhadap tim sepak bola persiba yang akan mengikuti kompetisi PSSI tahun ini.

Diakhir pawai rombongan Suporter paserbumi memasuki Stadion Sultan Agung dan segenap pengurus Persiba mendaptkan arahan secara khusus oleh Kabag Ops Res Bantul untuk segera kembali kerumah masing masing. (Sihumas Polsek Jetis)

26 February 2017

Olah Raga Bersama Muspika Di Halaman Kantor Kecamatan Kasihan Bantul

Jumat, 10  Pebruari 2017 jam 07.30 wib telah dilaksanakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) bersama Muspika di Halaman Kantor Kecamatan Kasihan Bantul. 

Hadir dalam SKJ tersebut Camat Kasihan  Drs. Sambudi Riyanto, Kapolsek Kasihan Kompol Supardi,  Danramil Kasihan Mayor Inf. Nurhadi,  KUA Kasihan  Drs. H. Imam Mawardi,  Kepala Puskesmas Kasihan II  Eko Budi Santoso, SST. M.Kes.,  Lurah desa Tirtonirmolo Drs H. M Marwan MS, SH,  beserta karyawan, Staf, PKK dan Masyarakat.

Selaku penyelenggara Danramil Kasihan Mayor Inf. Nurhadi menyampaikan maksud dan tujuanya supaya Muspika beserta ajajaranya karyawanya sehat-sehat dan kompak sehingga dapat melayani dan mengabdi masyarakat dengan maximal.

Jumlah peserta SKJ kurang lebih 200 orang, kegiatan berakhir pukul 10.00 wib dalam keadaan aman dan tertib. (Sihumas Polsek Kasihan)

25 February 2017

Aiptu Ngadiman Ajak Warga Aktifkan Siskamling

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dalam pertemuan P2A di rumah bapak Ngadiyo Dusun Kadireso RT 06 Triwidadi Pajangan Bantul, Jumat (24/2/2017) jam 19.30 Wib.

Hadir dalam acara ini KUA Pajangan Syahril Sidiq, S.Pd.I, Kepala Dukuh Kadireso Bpk. Suyadi, Pamong, Pengurus P2A dan Kaum Rois sedesa triwidadi. Peserta yang hadir 50 orang dari 60 orang anggota P2A.

Aiptu Ngadiman dalam pesan kamtibmasnya mengatakan, demi keamanan dan ketentraman dalam beraktifitas beribadah, warga diminta tingkatkan toleransi antar umat beragama lain serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Juga disampaikan bahwa menjaga keamanan lingkungan bukan hanya tanggung jawab aparat Kepolisian saja namun merupakan tanggung jawab bersama untuk itu perlu adanya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dengan mengaktifkan Siskamling, pungkasnya. (Sihumas Polsek Pajangan)

Patroli Sambang Pos Kamling Dusun Gampeng RT 01 Triwidadi

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman mengiakan sambang Poskamling di wilayah Desa binaannya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, Jumat (24/2/2017) jam 22.00 Wib. Sambang Poskamling kali ini dilaksanakan di Dusun Sabrang Kidul RT 01 dan Dusun Gampeng RT 01 Triwidadi Pajangan Bantul.

Di pos kamling tersebut, Aiptu Ngadiman memberikan semangat dan memotivasi warga agar giat melaksanakan ronda menjaga keamanan lingkungan. Serta memberikan penyuluhan tentang Kamtibmas.

Kunjungan yang dilakukan oleh Aiptu Ngadiman merupakan kegiatan rutin dalam rangka pengawasan dan pembinaan terhadap petugas siskamling sekaligus ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan dengan masyarakat. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pertemuan Rutin Pandu Di Dusun Gupakwarak

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri pertemuan rutin Pamong dan Paguyuban Dukuh (Pandu) Desa Sendangsari bertempat di dusun Gupakwarak RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu 25 Februari 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Carik Sendangsari Zuhri Saren Satrio, S.Sos. menyampaikan tentang Dana Desa dari Pemerintah dan mewajibkan Pamong mempunyai BPJS sebagai jaminan kesehatan. Hal ini karena masih banyak Pamong dan Dukuh yang belum mendapat jaminan kesehatan.

Kasipem Desa Sendangsari Sugiman, S.Pd. dalam kesempatanya memberikan informasi kepada para Kepala Dukuh mengenai pengurusan pertanahan/pecah waris yaitu agar syarat kepengurusanya dilengkapi, leter C asal, asal usul keluarga dan Akta Kematian sesuai nama yang mempunyai tanah. Bagi siapa saja yang akan mengurus agar rembukan dengan keluarga dulu agar jelas. Status tanah harus jelas pecah waris, konversi atau hibah.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari dalam kesempatanya menyampaikan bahwa Polri akan membuka Pendaftaran penerimaan Polri untuk Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri akan dilaksanakan secara serentak di tanah air mulai 14 Maret s.d. 8 April 2017 mendatang.

Oleh karena itu agar putra putrinya bila berminat agar segera mempersiapkan diri mulai dari sekarang mulai dari fisik, intelegensia, hingga mental spiritual,” tegasnya. (Sihumas Polsek Pajangan).

Peserta SESAT Melintas Diwilayah Pajangan Dengan Aman Tertib

Jogja 150 kilometer atau J150K kembali digelar di Yogyakarta pada Sabtu, 25 Februari 2017 bersama komunitas Sepeda Sampai Tua (SESAT) dan Jogja Folding Bike (JFB). SESAT J150K acara bersepeda sejauh 150 kilometer menikmati keindahan Yogyakarta di bagian utara, barat, selatan menggunakan sepeda lipat.

Start dan finish di LPP Garden Hotel Yogyakarta dan terbagi menjadi beberapa etape agar mudah pengoordinasian jika ada peserta yang tidak kuat dan tersesat. Peserta ± jumlah 600 dibagi dalam 6 star dan masing-masing star 100 orang.

Adapun rute yang akan dilalui satart dari LPP Garden Hotel Yogyakarta – Tajem Maguwoharjo – Ngemplak – Jalan Kaliurang – Turi Sleman – Desa Kebon Agung – Desa Minggir – Naggulan Kulon Progo – Sedayu Bantul – Pajangan – Pantai Baru – Kretek Bantul – Pundong Bantul – Pleret Bantul – Wiyoro Banguntapan – Brebah Sleman – Blok O Yogyakarta dan finish kembali LPP Hotel Yogyakarta.

Sementara peserta Sesat J150K selama melewati wilayah Hukum Polsek Pajangan berjalan aman dan lancar. Dalam giat ini petugas Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas di simpang 4 Kayuhan Triwidadi dan simpang 4 Jetis Sendangsari, Sabtu (25/2/2017) jam 06.30 Wib. (Sihumas Polsek Pajangan).

Senam Masal Peserta Didik PAUD Se-Gugus V Kecamatan Bantul

Senam masal peserta didik PAUD se-Gugus V Kecamatan Bantul dilaksanakan di Lapangan Ringinharjo pagi ini Sabtu 25/2/2017. Dihadiri tamu undangan dari Disdikpora, muspika, UPT PPK, dan desa serta pengawas, kegiatan ini diiukuti oleh sekitar 430 peserta didik dari 6 TK dan 5 KB se-Gugus V Kecamatan Bantul. Para guru sekitar 45 orang juga lebur dengan anak-anak senam bersama.

Dijelaskan oleh Hj.Suryati, SPd selaku Ketua KKG Gugus V bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan persiapan menyongsong lomba gugus yang akan dilaksanakan Bulan Maret mendatang.

Sementara itu dalam sambutannya Camat Bantul mengapresiasi kegiatan ini dan berharap bisa dilaksanakan secara berkala untuk memberikan wahana bagi anak-anak kita melaksanakan pola hidup sehat dengan berolahraga sekaligus mewujudkan visi pemerintahan daerah yaitu masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Setelah kegiatan senam, tamu undangan dan peserta senam mengunjungi bazar yang disiapkan untuk melengkapi kegiatan senam masal hari ini.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Bantul)

Sering Terjadi Lakalantas, Polisi Pasang Spanduk Peringatan Di Depan Balai Desa Patalan

Dalam rangka mencegah terjadinya lakalantas, Kanit lantas polsek Jetis Aiptu Heri Maryono bersama Bhabinkamtibmas desa Patalan Aiptu Sukardi memasang Spanduk Peringatan di seputar jalan tikungan depan Balai Desa Patalan jalan Parangtritis, Kamis 23 Februari 2017.

Menurut Kanit Lantas Polsek Jetis, "selama ini ditikungan depan balai Desa Patalan sering terjadi laka tunggal karena jalan menikung, jika pengemudi tidak hafal jalan maka pengemudi terkecoh seolah olah jalan ini lurus padahal menikung sehingga banyak kendaraan masuk parit, baik itu dari arah selatan maupun dari arah utara jalan Parangtritis, jelasnya.

Meskipun sejumlah rambu-rambu dan penunjuk jalan juga sudah tepasang, namun kami tetap akan memasang spanduk ini dengan tujuan agar pengguna jalan lebih berhati hati lagi saat akan melintas ditikungan depan balai desa Patalan, sehingga tidak terjadi kecelakaan, jelas Kanit.

Pemasangan spanduk sendiri di pasang di tembok SMP 3 Jetis agar pengguna dari arah Jogja dapat membaca spanduk peringatan dan memperlambat lajunya sehingga di tikungan dapat pelan-pelan, jelas Aiptu Heri Maryono.

Sedangkan disebelah selatan dipasang disebelah selatan sisi balai desa dengan harapan agar pengendara dari arah Parangtritis dapat membaca spnduk dan memperlambat laju kendaraan sebelum tikungan di depan balai desa Patalan. Diharapkan setelah dipasang spanduk ini tidak ada lagi lakalantas. (Sihumas Polsek Jetis)

Supriyono Ditemukan Meninggal Dunia

Supriyono (55) warga Sonopakis kidul Rt 03 Ngestiharjo Ngestiharjo, Kasihan Bantul ditemukan meninggal dunia di dalam kamar tidur rumahnya sendiri, Sabtu, 25 Pebruari 20017 jam 06.15 wib

Menurut Saksi Wahdiyanto (38) tetangga korban, saat dirinya akan mengantar anaknya sekolah mencium bau yang menyengat dari dalam rumah korban, setelah ditengok ternyata korban sudah meninggal dunia dalam keadaan terlentang ditempat tidur.

Korban hanya tinggal sendiri dirumahnya, sudah lama pisah ranjang dengan istrinya serta mengalami depresi. Sedangkan kedua anaknya juga tidak tinggal bersamanya. Kebutuhan makan korban sehari hari di kasih dari warga sekitar dan kadang makan sisa-sisa makanan yang ada di tempat sampah.

Setelah mendapat laporan dari warga, Kapolsek Kasihan Kompol Supardi beserta Tim Identifikasi Polres Bantul Tim Medis Puskesmas Kasihan II segera mendatangi TKP.

Menurut keterangan tim Medis Dr. Wikan, korban meninggal sudah 3 hari dan tidak ditemukan tanda tanda penganiayaan. Selama ini korban dalam pengawasan Puskesmas Kasihan II karena menderita gangguan jiwa (depresi). Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan situasi aman tertib. (Sihumas Polsek Kasihan)

Hari Kedua Pemeriksaan IVA Di Polsek Sanden

Pemeriksaan dini kanker leher rahim secara gratis buat masyarakat pada hari kedua di Polsek Sanden berlangsung hari Jum'at, 24 Februari 2017 mukai jam 08.00 Wib. Kegiatan tersebut merupakan program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan bekerjasama dengan Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Kecamatan serta kader TP PKK Kecamatan dan kader TP PKK Desa se-Sanden.

Dihari kedua pemeriksaan, Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito menerjunkan 5 orang dokter spesialis obgin, 5 orang residen, 14 koas dibantu dr. Nyoman Tritia, SpOG dari RSUD Panembahan Senopati Bantul, Yayasan Kanker Indonesia Cabang Yogyakarta, serta Urkes Polres Bantul.

Masyarakat Sanden sangat antusias mengikuti program terobosan Polsek Sanden melaksanakan pemeriksaan dini kanker leher rahim. Sejak pagi, terpantau dari Sihumas Polsek Sanden, masyarakat sudah banyak yang berdatangan guna mengikuti pemeriksaan gratis. Sesuai jadwal pemeriksaan hari kedua untuk masyarakat Desa Srigading dan Gadingharjo, namun warga desa lain yang kemarin belum sempat melakukan pemeriksaan masih tetap dilayani hari ini.

Dwi Astuti, SIP dari Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito yang setiap hari mengikuti pendampingan pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA tersebut menjelaskan, hari ini warga yang melakukan pemeriksaan ada 155 orang dan yang positif terindikasi abnormal ada 22 orang. Untuk hari pertama dari 132 orang yang melakukan pemeriksaan ada 19 orang yang terindikasi positif abnormal. Dari total 287 orang yang melaksanakan pemeriksaan, yang terindikasi positif abnormal ada 41 orang.

"Yang terindikasi abnormal, mereka dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito guna penanganan lebih lanjut", ujar Dwi Astuti, SIP.

Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana selaku ketua panitia penyelenggara program terobosan pemeriksaan dini kanker leher rahim mengatakan, kegiatan ini benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat dan berjalan dengan sukses.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan ini, dari target 300 orang peserta yang mengikuti pemeriksaan ada 287 orang atau 96%", kata Iptu Tri Haryana.

"Program pemeriksaan dini kanker leher rahim gratis buat masyarakat akan kami laksanakan kembali tahap kedua pada bulan Juni 2017 mendatang", tambah Iptu Tri Haryana.

Iptu Tri Haryana mengucapkan banyak terimaksih kepada Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, YKI Cabang Yogyakarta, Muspika Sanden, RSUD Panembahan Senopati Bantul, Puskesmas Sanden, Lurah Desa se-Sanden, kader TP PKK Kecamatan Sanden, kader TP PKK Desa se-Sanden, anggota Polsek Sanden serta semua pihak yang turut membantu suksesnya pelaksanaan bhakti sosial program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan melaksanakan pemeriksaan IVA. (Sihumas Polsek Sanden)

Muscab FKKB Kec. Pajangan Tahun 2017

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri pertemuan Muscam FKKB (Forum Komunikasi Kethoprak Bantul) di pendopo Kec. Pajangan, Jumat (24/2/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kasikemas Kec. Pajangan Ibu Riana Budiati, S.E., Kasubag Program, Keuangan Dan Aset Setcam Pajangan RM. Rosdian Johari Suyono, Koramil 18/Pajangan Peltu Yohanes A. Rasul, Ketua FKKB Kec. Pajangan Sumidi Hadi Prayogo, FKKB Kab. Bantul Sudarmanto dan Purwantono, pelaku Kesenian Kethoprak Kec. Pajangan sejumlah 35 orang.

Dalam sambutanya Camat Pajangan menyampaikan Pemerintah Kecamatan Pajangan mengucapan terima kasih kepada para pelaku seni Budaya yang masih memelihara kesenian ini sehingga dapat menjaga dan melestarikan salah satu kesenian dan kebudayaan DIY yaitu Kethoprak. Kesenian ini sudah dipandang aneh oleh generasi muda. Oleh karena itu kita harus melestarikan seni Budaya ini untuk membendung pengaruh kebudayaan asing yang masuk.

Kethoprak harus menjadi pilihan utama hiburan di masyarakat Pajangan untuk meredam orgen tunggal, tambahnya.

Pertemuan ini diisi dengan laporan pertanggung jawabkan FKKB Kec. Pajangan periode 2012-2017 disampaikan oleh Ketua FKKB Kec. Pajangan Sumidi Hadi Prayogo. Dana menggunakan Dana Keistimewaan. Tiap 1 tahun akan dipentaskan untuk lomba. Biaya dan anggaran sudah ditentukan dan diplot oleh panitia kegiatan dan sudah dijelaskan kepada para anggota FKKB Kec. Pajangan.

Acara dilanjutkan dengan penyegaran pengurus FKKB Kec. Pajangan untuk memilih Ketua dan pengurus FKKB Kec. Pajangan masa bakti tahun 2017-2021.

Sambutan Ketua FKKB Kab. Bantul Bpk. Slamet H.S. yang disampaikan Bpk. Sudarmanto menjelaskan, FKKB Kab. Bantul berdiri pada 6 November 2004. Musda FKKB Kab. Bantul.tahun 2017 ini adalah yang ke V. Fungsi FKKB adalah untuk menjembatani pelaku kesenian Kethoprak di Bantul dengan Pemerintah. FKKB Kab. Bantul sudah berbadan Hukum setelah 12 tahun berjuang.

Purwantono FKKB Bantul menambahkan kepengurusan FKKB Kab. Bantul Tahun 2017-2021 pengurus baru dan sudah disiapkan oleh pengurus lama, nantinya pembinaan akan dilakukan oleh pengurus yang lama. Kita sudah menyampaikan proposal ke Dinas Kebudayaan Kab. Bantul. Nantinya akan ada beberapa perlombaan baik antar Kecamatan, Kethoprak antar sekolah SMA di masing-masing Kecamatan di Bantul. FKKB Kec. Dlingo kemarin menyabet juara 3 Kethoprak antar Kecamatan karena Paskibraka Dlingo dilatih Kethoprak selama 6 Bulan untuk tampil. Salah satu penilaian dari Juri adalah regenerasi para pelaku Kethoprak. “Untuk Muspika Pajangan sekiranya dapat memberdayakan Paskibraka untuk melestarikan Kethoprak”, pintanya.

Hasil dari Muscam FKKB Kec. Pajangan Thun 2017 sebagai Ketua terpilih Bpk. Saridal. Selanjutnya dilakukan pelantikan oleh Camat Pajangan Yulius Suharta dan dilanjutkan pembacaan ikrar oleh seluruh pengurus baru FKKB Kec. Pajangan masa bakti Tahun 2017-2021.

Hingga selesainya Muscam FKKB Kec. Pajangan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

24 February 2017

Gali Sumur, 3 Pekerja Terkubur Hidup Hidup

Saat menggali sumur, tiga pekerja tertimbun pasir yang ambrol di dalam sumur pekarangan milik Sukoco (73 tahun) di Depok Parangtritis Bantul, Jumat, 24 Februari 2017 pukul 12.40 Wib.

Melihat hal tersebut, saksi Yoko (35 tahun) warga Salakan Potorono Banguntapan Bantul langsung lari ke Markas Polairud minta bantuan polisi untuk menolong ketiga korban.

Adapun ketiga korban adalah Febri (22 tahun) dan Sigit (40 tahun) keduanya Warga  Warga Karangturi Kuncen Banguntapan, Bantul dan Setyo (35 tahun) warga Sitimulyo Piyungan Bantul.

Begitu mendapat laporan, petugas Polairud segera mendatangi lokasi langsung menggali sumur yang telah tertutup pasir tersebut. Beruntung tidak berapa lama kemudian datang bantuan dari petugas Polsek Kretek, Sar Parangtritis dan warga.

Alhamdulillah, 30 menit kemudian ketiga korban berhasil diangkat dari dalam sumur dalam keadaan selamat, namun mereka pada umumnya mengalami sesak nafas. Selanjutnya mereka dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk ditangani secara medis.

Kapolsek Kretek Kompol Salim menjelaskan, awalnya, ketiga korban dan saksi mendapat orderan menggali sumur di lahan berpasir tak jauh dari Pantai Depok. Setelah menggali hingga kurang lebih 5 meter tiba tiba tanah berpasir itu ambrol mengubur 3 orang pekerja yang saat itu sedang menggali sumur. Beruntung mereka cepat diselamatkan oleh petugas, jelasnya.

Korban terkubur dalam posisi berdiri sehingga mereka saling melindungi dan dapat bernafas pada rongga rongga pasir yang menimbunya, kata Kapolsek. (Sihumas Polsek Kretek)

Empat Anggota Polres Bantul Akan Menikah

Empat anggota Polres Bantul beserta pasangannya yang akan melangsungkan pernikahan mengikuti sidang Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) di Aula Polres Bantul, Jumat, 24 Februari 2017 pukul 09.00 Wib.

Sidang BP4R dipimpin Waka Polres Bantul, Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SIK yang didampingi Kabag Sumda Kompol Nugroho Budi Lustomo, S.Pd, Rohaniawan Aiptu Tobroni dan disaksikan Anggota Propam, Pengurus Bhayangkari Cabang Bantul serta dihadiri oleh orang tua/wali pasangan.

Sidang BP4R adalah sidang untuk memberikan izin nikah kepada anggota Polri. Sidang ini wajib dilaksanakan bagi seluruh personel Polri beserta calon pasanganya yang akan melangsungkan pernikahan karena merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pernikahan.

Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota dan pasangannya untuk melakukan pernikahan dengan anggota Polri mengingat tugas dan tanggung jawab Polri yang sangat berat. Sehingga diperlukan pengertian dari pasangannya agar bisa mendukung pelaksanakan tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Waka Polres Bantul Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SIK saat memimpin sidang mengingatkan, agar setelah resmi menjadi istri Polri nanti, hendaknya aktif mengikuti organisasi Bahayangkari. Selain itu juga harus melengkapi administrasi selaku istri anggota Polri seperti KTA Bhayangkari dan Kartu Penunjuk Istri (KPI).

Adapun anggota yang mengikuti sidang antara lain Aiptu Sugiyono Jabatan Bamin Sihumas Polsek Kretek dengan Astripah, Brigadir Tri Widodo Joko Pamungkas Jabatan Banit Sabhara Polsek Bantul dengan Maryati, S.Pd, Brigadir Pikur Eri Rusdiana, SH dengan Ambar Nurmiyaningsih, S.Pd dan Brigadir Rifan Dwi Wirasta Banit Reskrim Polsek Kasihan dengan Dira Kusumayanti, SE. (Bag Humas Polres Bantul)

Ada Pagar Ayu Di Lobi Mapolres Bantul

Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menempatkan sejumlah Polisi Wanita (Polwan) menjadi ‘pagar ayu’  di Lobi Mapolres Bantul, Senin (27-02-2017).

Kapolres Bantul, Ajun Komisaris Besar Polisi Dadiyo, S.I.K melalui Kepala Sub Bagian  Pengendalian Anggaran, AKP Rafiqoh, S.H yang juga sebagai Senior Polwan jajaran Polres Bantul mengatakan, anggota Polwan yang menjadi pagar ayu ini merupakan petugas untuk memandu dan melayani masyarakat yang datang ke Polres Bantul dengan segala kepentingannya, termasuk juga memberikan pelayanan bagi tamu yang akan menghadap Kapolres.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk membantu serta memudahkan masyarakat yang kurang mengerti dimana tempat pelayanan pelaporan, persyaratan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) maupun pelayanan Kepolisian lainnya.

Seperti yang dilakukan Bripda Dhuma Lakshintya. Dengan senyum ramah dan humanis,  Bripda Dhuma Lakshintya melayani dan menunjukkan kepada masyarakat yang datang akan mencari SKCK.

Dengan ditempatkannya Polwan sebagai pagar ayu merupakan wujud  upaya Polres Bantul menghilangkan kesan masyarakat bahwa polisi memiliki sikap yang kaku, galak, dan menakutkan. Diharapkan pelayanan yang dilakukan oleh Polwan dapat lebih diterima dengan baik oleh masyarakat tanpa merasa canggung maupun takut.

Ini juga sebagai sarana informasi bagi masyarakat. Mudah-mudahan dengan adanya pemandu Polwan dapat lebih mendekatkan Polri kepada masyarakat.

Harapan Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo, S.I.K dengan penempatan pagar ayu anggota Polwan sebagai pelayan masyarakat terdepan di Mapolres Bantul, lebih memberikan kesan humanis dan bisa menempatkan Polri di hati masyarakat. (Bripda Yara Dewi Saraswati)