Pengamanan Tradisi Arak-Arakan Gunungan Dan Ogoh Ogoh Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939

Posted by tribratanewsbantul on 04:40

Personil Polsek Banguntapan mengamankan giat tradisi arak-arakan Gunungan dan Ogoh-ogoh yang merupakan agenda rutin tahunan jelang perayaan hari raya Nyepi oleh umat Hindu di Pura Jagatnatha Banguntopo Plumbon Banguntapan, Senin tanggal 27 Maret 2017 mulai pukul 18.00 wib.

Pada hakekatnya peringatan Hari Raya Nyepi ada beberapa rangkaian dimulai dari Melasti (upacara /sesaji di Parangkusumo) dengan makna membersihkan diri dari roh jahat.

Prosesi arak-arakan gunungan dan ogoh-ogoh mengandung maksud bahwa hal tersebut untuk membersihkan roh jahat di Pura dan lingkungan sekitarnya, dengan demikian diantara pribadi umat hindu dan lingkungan terbebas dari pengaruh roh jahat. Gunungan dan ogoh-ogoh akan diarak keliling dusun Plumbon - Sorowajan (Star dan Finish Pura Jagatnatha). Kemudian dilaksanakan Hari Raya Nyepi (Selasa, 28 Maret 2017) untuk mawas diri kepada Tuhan YME.

Menurut sesepuh bali Gunungan merupakan simbol kemakmuran dan kesejahteraan dari hasil bumi yang subur dan melimpah. Dan ogoh-ogoh adalah seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Khala, ”Bhuta" berarti  kekuatan dan "Khala" berarti waktu yang tidak terukur.

Proses pengarakan Gunungan dan Ogoh-ogoh melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta, dan waktu yang maha dasyat. Kekuatan itu dapat dibagi dua, pertama kekuatan bhuana agung, yang artinya kekuatan alam raya, dan kedua adalah kekuatan Bhuana alit yang berarti kekuatan dalam diri manusia. Kedua kekuatan ini dapat digunakan untuk menghancurkan atau membuat dunia bertambah indah.

Bagi orang awam ogoh–ogoh adalah boneka / patung raksasa yang diarak keliling dusun pada saat menjelang malam sebelum Hari Raya Nyepi (Ngerupukan), diiringi dengan gamelan bali yang disebut Blegajur, kemudian untuk dibakar sebagai simbol pemusnahan hawa nafsu/pengaruh jahat.

Pengarakan gunungan dan ogoh-ogoh diikuti umat hindu yang berada diwilayah Propinsi Yogyakarta dan sekitarnya.

Anggota melaksanakan pengamanan sesuai ploting baik dilokasi maupun disetiap S4 yang dilalui gunungan dan ogoh-ogoh. Selama berlangsungnya giat aman tertib dan berlangsung dengan tenang dan khitmad. (Sihumas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 04:40

0 komentar:

CB