30 April 2017

Pengamanan Lomba Pacuan Kuda Bupati Bantul Cup VI

Kapolsek Jetis AKP Mega Tetuko SIK pimpin pengamanan lomba Pacuan kuda Bupati Cup VI Di Lapangan Pacuan Kuda Komplek Stadion Sultan Agung Minggu, 30 April 2017.

Lomba pacuan Kuda Bupati Cup VI dibuka oleh Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih di ikuti oleh ratusan peserta yang datang dari penjuru tanah air dengan dibagi menjadi 21 Race.

Dalam laporannya, Ketua Panitia dan Ketua Pordasi Bantul H.Coirul Muslih,SE Menyampaikan,  "Kami merasa bangga telah berhasil melaksanakan kejuaraan Pacuan kuda hingga ke 6. Kejuaraan hari ini diikuti 130 kuda yang terbagi menjadi 21 race, dengan kejuaraan pacuan kuda ini diharapkan akan meningkatkan potensi pariwisata di kab. Bantul.

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam sambutanya berharap para peserta lomba benar benar mematuhi peraturan sehingga kejuaraan dapat lebih berkembang. Mari kita tingkatkan kejuaraan seperti ini karena tidak banyak kabupaten yang memiliki lapangan pacuan sebagus ini. Selanjutnya Wakil Bupati Bantul menerima Penyerahan Piala bergilir dari juara tahun lalu kepada Wakil Bupati Bantul selanjutnya diserahkan kepanitia untuk diperebutkan. (Sihumas Polsek Jetis)

Jogja International Air Show Di Landasan Fasi Depok

Minggu 30 April 2017 jam 09.00 wib bertempat di landasan FASI Depok Parangtritis Kretek Bantul telah dilaksanakan penutupan kegiatan rangkaian acara Jogja Internasional Air Show.

Acara ini dihadiri oleh Asisten Umum FASI Diy Marsda TNI Agus Munandar, Danlanud Adi Sucipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga, MM,Kementrian Pariwisata RI Susanti SH,Kepala Dinas Pariwisata Diy Aris Riyanto Msi mewakili Gubernur Diy, Dirpol Air Polda Diy Kombes Pol Mansyur, Bupati Bantul Drs H Suharsono, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi Sik MM, Dandim Bantul Letkol Inf. Agus Widianto, Muspika Kretek beserta ribuan pengunjung.

Danlanud Adi Sucipto Yogyakarta Marsma TNI Ir Novyan Samyoga MM dalam sambutannya disamping mengucapkan puji syukur atas terlaksananya rangkaian kegiatan ini yang telah dilaksanakan diberbagai wilayah yogyakarta, bahwa hari ini merupakan acara puncak jogja internasional air show yang jumlah pesertanya berasal dari 18 negara, serta terdapat peserta yang timnya berasalkan dari indonesia yang akan memeriahkan acara pada hari ini.
,
JIAS bertujuan untuk mengembangkan bakat tidak hanya individu saja akan tetapi agar dengan acara seperti ini juga bisa membawa turisme ke kota yogyakarta, serta menciptakan bibit  baru yang lebih unggul.

Sedangkan Bupati Bantul H Suharsono dalam sambutannya Bahwa JIAS ini yang merupakan salah satu cara untuk mengembangkan/meningkatkan ilmu produktifitas generasi anak-anak bangsa yang mengebangkan ilmunya dibidang kedirgantaraan.

Selain itu pula dengan acara ini tidak hanya memajukan kedirgantaraan saja akan tetapi semoga perekonomian warga yogyakarta dan bangsa indonesia bisa lebih meningkat dengan melalui kepariwisataan seperti ini, kami pemerintah Kab Bantul berharap agar iven ini bisa meningkatkan produktifitas anak bangsa dan dapat mengembangkan atlit-atlit olah raga dibidang kedirgantaraan ,dan dengan acara seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaring atlit baru dibidang kedirgantaraan.

Kami mengucapkan selamat kepada FASI dan Dinas Pariwisata sehingga iven akbar ini bisa dilaksanakan, semoga Tuhan YME bisa memberikan perlindungan kepada kita semua.

Sedangkan kepala dinas pariwisata DIY Aris Riyanto Msi mewakili Gubernur DIY dalam sambutannya  Mohon maaf karena Gubernur Diy tidak dapat hadir dalam acara ini dikarenakan tugas.

Kegiatan ini merupakan wawasan yang dicita citakan dari sejarah nenek moyang yang terlebih dahulu berharap agar kedirgantaraan di Indonesia bisa lebih maju. Dengan acara ini dilaksanakan menunjukan perkembangan yang membagakan bagi bangsa indonesia, sehingga sudah sepantasnya kita mendukung minat dan antusias masyarakat luas ini, saya memberikan apresiasi acara JIAS ini karena ini merupakan  kegiatan sarana dengan edukasi dibidang kedirgantaraan, serta bisa memotifari kita untuk memperluas dibidang ilmu kedirgantaan, selain itu juga menjadi daya tarik wisatawan yang akan mengembangkan ekomoni dibidang pariwisata.

Semoga pelaksanaan JIAS ini semakin sukses dilain waktu, semoga acara ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan ilmu dan ekonominya.

Acara diakhiri dengan atraksi atau demo udara oleh pesawat TNI Angkatan Udara serta terjun payung oleh club FASI Yogyakarta. Kegiatan berjalan aman dan tertib dengan pengamanan oleh POLRI, TNI, Satpol PP dan SAR. (Sihumas Polsek Kretek)

Jalan Sehat Dan Senam Bersama Di Lapangan Desa Srimulyo

Bertempat di lapangan desa Srimulyo Piyungan Bantul telah berlangsung acara peringatan hari Kartini berupa jalan sehat dan senam bersama yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Minggu, 30 April 2017 Pukul 06.00 Wib.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut adalah camat piyungan Drs. Saroyo heriyanto, Danramil Piyungan Kapt. Arm Haryono, Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pudjo Santoso, SIP, Ketua Pandu Bantul Drs. Sulistyo, Lurah desa kec. Piyungan dan ribuan peserta jalan sehat.

Pengibar bendera start tanda pelepasan peserta jalan sehat dilakukan oleh Ketua Pandu Bantul. Jalan sehat menempuh jarak kurang lebih 2 km yang di lanjutkan dengan senam bersama.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Piyungan)

Peresmian Mushola Asmaul Husna Krebet

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri pengajian dalam rangka peresmian Mushola Asmaul Husna dan pembukaan pengajian Selapanan Minggu Kliwon di Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (29/4/2017).

Hadir dalam acara ini Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih, Joko Purnomo, SE DPRD DIY, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si.. Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi, Dukuh Pringgading Mangku Wibowo, Zahri, S.Ag KUA Pajangan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Krebet.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Mushola Asmaul Husna di bangun dengan swadaya masyarakat semoga dengan diresmikan Mushola ini ketagwaan warga Krebet semakin meningkat.

Sedangkan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Krebet yang peduli atas keberadaan tempat ibadah dengan swadaya masyarakat. Oleh karena itu kami akan memberikan bantuan pengeras suara untuk Mushola ini. Semoga Mushola ini bermanfaat untuk warga masyarakat Krebet dan sekitarnya.  Acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti peresmian Mushola Asmaul Husna oleh Bupati Bantul.

Sedangkan Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih dalam kesempatanya mengajak jamaah untuk memperbaiki sholat karena Sholat mempengaruhi perilaku manusia dan Sholat adalah pertama kali yang akan dihiasab di akherat.

Islam itu luas maka jaganlah dipersempit, tidak semua yang belum dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah sesat. Apa yang kita kerjakan dan tidak bertentangan dengan Al Quran akan dinilai baik dan bukan bidah, seperti membuat madrasah untuk belajar Quran, pergi haji menggunakan pesawat dan lain lainya. Oleh karena kita jangan terlalu mudah mengkafirkan saudara kita sendiri hanya karena mengerjakan hal hal yang tidak dilakukan oleh Nabi.

Tidak semua yang dilakukan Nabi adalah sunah seperti menggunakan jubah, sebelum Nabi lahir pakaian jubah sudah ada termasuk orang-orang Yahudi sudah memakainya. Jangan sampai orang Krebet terjebak dalam pemahaman yang keliru tersebut. Islam mengajarkan kasih sayang kepada sesama Islam dan non Islam. Nabi mengajarkan kita untuk berinteraksi dengan orang non muslim. Bahkan Nabi pernah hutang ke orang nasrani dengan jaminan baju perangnya.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara seelsai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

Penebaran Benih Ikan Air Tawar Di Sungai Winongo Kecil Dusun Kalijurang

Guna menjaga keseimbangan lingkungan ekosistem perairan umum dan mengembangbiakan jumlah ikan air tawar, Kelompok "OBAWASTA" (Obahe Walesan Tombo Ati) Dusun Kalijurang, Srigading, Sanden, Bantul bekerjasama dengan Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul menebar benih ikan air tawar di sungai Winongo kecil Dusun Kalijurang, Minggu tanggal 30 April 2017 pukul 10.00 Wib.

Jumlah benih ikan air tawar yang ditebar sebanyak 20.000 ekor terdiri dari ikan nila, tombro, lele, belut, dan berbagai macam jenis ikan air tawar lainnya. Benih ikan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, dan bantuan dari beberapa kelompok pecinta lingkungan hidup/mancing mania dari Kabupaten Bantul diantaranya WWI, PUJ & BEJO, MMJ, YUS DKK, KOMBOKARTO.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul Bpk. Bambang Pin Irwanto, Aiptu Taryadi mewakili Kapolsek Sanden bersama perwakilan Muspika Sanden, Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE, Perwakilan kelompok pecinta lingkungan hidup dan mancing mania (WWI, PUJ & BEJO, MMJ, YUS DKK, KOMBOKARTO), Kepala Dukuh Kalijurang serta warga masyarakat.

Aiptu Taryadi mewakili Muspika Sanden dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk ikut serta memikul tanggungjawab atas bantuan benih ikan yang telah dipercayakan kepada kelompok Obawasta Dusun Kalijurang dengan cara menjaga kelestarian lingkungan yang dalam hal ini ekosistem sungai  sehingga nantinya warga bisa menikmati hasilnya.

Sedangkan Bambang Pin Irwanto, Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul mengatakan, penebaran benih ikan di saluran air merupakan salah satu program Bupati Bantul guna menjaga kelestarian lingkungan, diantaranya menjaga sungai sehingga kedepannya masih dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan penebaran benih ikan di sungai winongo kecil oleh kelompok Obawasta Dusun Kalijurang yang merupakan salah satu cara untuk ikut serta mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Bantul dalam pelestarian lingkungan dengan semboyan "Sungaiku Bersih Banyak Ikannya".

Acara dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan secara simbolis di sungai winongo kecil Dusun Kalijurang oleh Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, Aiptu Taryadi, serta pejabat yang hadir. Kegiatan berakhir pukul 11.15 Wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Deklarasi Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat Di Balai Desa Guwosari


Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat ( BABS ) di pendopo Balai Desa Guwosari Pajangan Bantul, Kamis (27/4/2017) jam 09.00 Wib.

Hadir Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, M.P.H., Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Kab. Bantul  Bpk. Zanatun Yuda Diana M.Si , Peltu Y. Rasul A.S. Koramil 18/Pajangan, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H., Carik Desa Guwosari H. Walidan, Kasi Pelayanan H. Nizar, Ketua BPD dan LKMD , Ketua Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari Masduki, S.I.P, Kepala Dukuh dan Kader Posyandu Desa Guwosari.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. membacakan Ikrar Stop BABS yang ditirukan oleh seluruh peserta yang hadir .

Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kab. Bantul Bpk. Zanatun Yuda Diana dalam sambutanya mengucapkan banyak terimakasih kepada Puskesmas Pajangan yang telah mendeklarasikan Stop Buang Air Besar sembarangan (Stop BABS) dengan harapan setelah ini tidak ada lagi warga masyarakat Desa Guwosari yang buang air besar (BAB) disembarang tempat.

Camat Pajangan Yulius Suharta mengajak kepada Bapak-bapak Dukuh dan Kader kader Pos Yandu untuk tidak henti-hentinya menghimbau warga masyarakatnya untuk tidak melakukan BAB disembarang tempat dan agar menggunakan fasilitas yang ada demi kesehatan kita bersama. Acara berakhir pada jam 10.30 Wib dalam keadaa  aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Penarikan MMD Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta Di Balai Desa Sendangsari

Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri acara penarikan program MMD Mahasiswa Praktik Keperawatan Komunitas Semester VI Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Kamis (27/4/2017) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Wakil Direktur Akes Karya Husada Istiqomah, APP, M.P.H., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T. , Koramil Pajangan Serda Indarso dan para Dukuh tempat MMD.

MMD di Desa Sendangsari  dilaksanakan ± 1 Bulan. Mulai 3 April hingga 29 April 2017. Mahasiswa yang ikut MMD ini 56 orang Mahasiswa tersebar di Dusun Kayen, Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Beji Kulon, Dadapbong,

Program MMD yang dilaksanakan diantaranya, penyuluhan cuci tangan dengan sabun, Posyandu lansia, pemeriksaan asam urat, penyuluhan PHBS, penyuluhan hipertensi, kaderisasi, penyuluhan vertigo dan kehamilan resiko tinggi, penyuluhan kesehatan reproduksi dan pernikahan dini, pemeriksaan golongan darah, PHBS gosok gigi dan cuci tangan, penyuluhan brantas narkoba dan anti pernikahan dini, Pelatihan kader Posyandu balita dan demonstrasi baby spa. di 5 pedusunan

Wakil Direktur Akes Karya Husada Istiqomah, APP, M.P.H dalam sambutannya menyampaikan masih ada beberapa kegiatan dan presentasi yang belum dilaksanakan hingga acara ini, namun akan dilaksanakan esok hari. Tujuan kami mempraktekan mahasiswa di masyarakat agar mahasiswa kami setelah lulus dan kembali ke masyarakat mampu menjalankan praktik kesehatan secara profesional. Praktek di Desa Sendangsari mendapat pembelajaran yang luar biasa, ada perhatian dari Camat, Lurah hingga RT menerima kami dengan baik dan kami tidak mengalami hambatan selama menjalankan kegiatan di Desa Sendangsari ini. Kami mohon maaf apabila mahasiswa kami ada perilaku yang kurang sopan selama melakukan MMD,  atas nama kampus kami mohon maaf. Saran dan masukkan sangat kami harapkan. Semoga kegiatan kami bermanfaat untuk masyarakat Sendangsari dan mahasiswa kami. Pada hari ini secara resmi kami melakukan penarikan baik untuk mahasiswa semester VI maupun semester IV. Kami akan melanjutkan kegiatan di kampus Akes Karya Husada. Kami akan melakukan kegiatan serupa untuk praktek keperawatan keluarga. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih sebesar-besarbnya.

Siswanto, SST dari Puskesmas Pajangan menyampaika ucapkan terima kasih kepada Direktur Akes Karya Husada yang mempercayakan Puskesmas Pajangan untuk program MMD mahasiswa Semester VI dan IV sekaligus pelaksanaan kerjasama yang pertama. Semoga dengan kegiatan ini dapat memberi manfaat untuk masyarakat Pajangan juga Mahasiswa. Ucapan terimakasih kepada Dukuh dan Lurah selama kegiatan KKN berjalan lancar dan dapat mengena dalam setiap kegiatannya. Kegiatan ini diharapkan ada masukkan untuk Puskesmas, program kegiatan yang sudah dilaksanakan dikoordinasikan dengan kami sehingga kita bisa menyesuaikan program lainnya di masyarakat. Sekali lagi semua kelompok diharapkan memberikan laporan ke kami. Kegiatan interaksi keluarga bisa kita dampingi dan kita lanjutkan.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T.  Kerjasama yang mutualisme antara masyarakat dan kampus. Kami bangga semua usia di warga kami diikutsertakan dalam program kesehatan MMD ini. Hipertensi dan vertigo menjadi sorotan kami untuk kami lakukan perbaikan. Jika para Mahasiswa MMD telah sukses jangan lupakan Desa Sendangsari. Kami sangat terbuka dan berterimakasih sekali. Kami mohonkan maaf juga kepada warga kami apabila ada yang kurang berkenan dihati para Mahasiswa.

Sambutan Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E. Kerja sama yang baik ini diharapkan dapat ditingkatkan. Jangan lupakan Kec. Pajangan dan Desa Sendangsari jika kalian (Mahasiswa) telah berhasil. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini membawa nama baik untuk kami dan Akes Karya Husada. Abdikan ilmu kalian untuk masyarakat, dimana pun kalian berada. Semoga cita-cita kalian dapat terwujud dan jangan lupakan usaha ibadah dan doa kepada Tuhan YME.

Acara dilanjutkan dengan saling berjabat tangan para mahasiswa dengan Pemerintah Kec. Pajangan yang hadir. Acara berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bripka Supri Handono Berikan Semangat Warga Ronda Malam

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menyambangi Poskamling Dusun Dukuh RT 06 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (26/4/2017) jam 23.00 Wib.

Giat sambang untuk memberikan semangat kepada warga agar giat melaksanakan ronda malam menjaga keamanan dusun. Selain itu juga untuk berinteraksi dengan warga dan sekaligus menyampaikan pesan pesan kamtibmas.

Menjaga kamtibmas tidak hanya tanggungjawab petugas saja namun peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Oleh karena itu mari kita jaga keamanan llingkungan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan secara bersama sama agar selalu aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bripka Supri Handono Hadiri Pertemuan Rutin Pandu Guwosari

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menyampaikan pesan pesan kamtibmas pada giat pertemuan  rutin Paguyuban Dukuh Desa Guwosari di Dusun Gandekan RT 01 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (26/4/2017) jam 21.00 Wib.

Acara diawali dengan amaliah Dzikir, Tahlil dan Doa dipandu Dukuh Kembangputihan Sulisman, kemudian dilanjutkan musyawarah membahas beberapa permasalahan Pemerintahan.

Hasil pertemuan Pandu Desa Guwosari ini diantaranya acara syawalan hari Raya Idul Fitri 1438 H yang jatuh di Desa Guwosari akan ditempatkan di kediaman Dukuh Santan Mudakir. Serta Memberdayakan Ketua RT untuk updating data kependudukan dan pembukaan rekening untuk para Ketua RT dengan mengumpulkan fotokopi KTP Elektronik dan lain lain.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Supri Handono, SH juga menyampaikan pesan pesan kamtibmas serta menyampaikan bahwa saat ini Polres Bantul telah bisa melayani pembuatan SKCK online.

Selain itu juga mengajak para dukuh untuk bekerja sama menciptakan kamtibmas dengan cara memberikan informasi adanya pekat ke Polisi serta memberikan suport kepada warganya untuk meningkatkan ronda malam.  (Sihumas Polsek Pajangan)

Pengamanan Layatan Di Dusun Kamijoro Sendangsari

Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan Desa Sendangsari Aiptu Tetepana beserta anggota lainya mengamankan sekaligus melayat di rumah almarhum Miskiyo (61 tahun) warga Kamijoro RT 04 Sendangsari, Rabu (26/4/2017) jam 13.00 Wib.

Almarhum adalah ayahanda Bripka Dalhari anggota Mabes Polri, meninggal karena sakit yang akan dimakamkan di pemakaman umum Dusun Kamijoro Sendangsari Pajangan Bantul.

Hadir dalam Upacara pemberangkatan jenazah antara lain H. Sapta Sarosa, S.Psi, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Ketua LPMD Desa Sendangsari bapak Dalijo, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kerabat Almarhum dan ratusan warga.

Atas nama keluarga Polsek Pajangan Aiptu Tetepana juga menyampaikan turut berbela sungkawa semoga Almarhum Miskiyo Husnul Khatimah, diterima disisi Alloh SWT, diampuni dosanya dan diterima seluruh amal baiknya. (Sihumas Polsek Pajangan)

Dies Natalis Ke 22 STTKD Yogyakarta

Kapolsek Sewon Kompol Subadi di dampingi Bhabinkamtibmas desa Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi menghadiri puncak dies natalis ke 22 Sekolah Tinggi Tehnologi Kedirgantaraan di hanggar komplek STTKD jalan Perangtitis Km 4,5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Sabtu 29 April 2017.

Hdir pula dalam kegiatan ini Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto,SH.MH, Ketua Yayasan Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E,M.M, Dosen, staf, karyawan serta mahasiwa (taruna) STTKD, dan tamu undangan.

Kepada Humas Polsek Sewon, Nurmati Pradana Kusuma, S.Kom selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan hari ini merupakan kegitan puncak dari dies natalis ke 22 Sekolah Tinggi Ilmu Kedirgantaraan di mana sebelumnya telah di laksanakan rangkaian kegiatan seperti, penanaman 1000 pohon, perlombaan lari 10 kilometer umum, lomba Futsal tingkat SMU se DI.Yogyakarta, Seminar bertemakan Bela Negara dengan nara sumber Kapolda DI.Yogyakarta, lomba disain dengan tema kedirgantaraan, aksi donor darah dan bakti sosial bersama warga sekitar lingkungan STTKD, jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Yayasan STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E,M.M yang merupakan mantan gubernur Akademi Angkatan Udara yang juga sebagai pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Kedirgantaraan menyampaikan STTKD yang didirikan tahun 1995 mengalami perkembangan yang cukup bagus, dimana dari tahun ketahun mengalami peningkatan baik dari jumlah mahasiswa maupun saran dan prasarana pedukung pendidikan seperti penambahan ruang kuliah, ruang praktek, dan lain lain.

STTKD merupakan salah satu institusi yang telah terakreditasi dari Badan Nasional Perguruan Tinggi, dengan misi mendidik tenaga profesional untuk mengawaki laju perkembangan dunia kedirgantaraan yang memiliki ciri 5 T antara lain taqwa, Teknokrat, Tanggap, Tanggon, dan Trengginas.

Selesai acara seremonial kegiatan dies natalis di lanjutkan dengan hiburan oleh taruna taruni STTKD, pembagian hadiah kepada pemenang lomba, dan di akhiri dengan ramah tamah.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sewon)

Tasyakuran Khotmil Qur'an Di Mushola Roudzotul Alfat Dusun Bungsing

Telah berlangsung pengajian dalam rangka Tasyakuran Khotmil Qur'an Dan Haul Al Mahgfurlah KH. Mufid Mas'ud Hj. Jauharoh Munawir di Mushola Roudzotul Alfat Dusun Bungsing RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu (29/4/2017) jam 20.00 Wib.

Pengajian dihadiri oleh Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H, Dukuh Bungsing Ichwan, Toga, Tomas dan para santri serta ratusan wali santri dan warga sekitar.

Dalam tauziahnya, KH. Sigit Anam dari  Minggir Sleman mengajak jamaah untuk selalu mengutamakan sholat berjamaah dan menyampaikan ilmu tentang kewajiban maupun sunnah dalam mengerjakan Sholat.

Selain itu beliau juga mengajak jamaah untuk selalu mensyukuri nikmat, perkuat persatuan, memperkuat dan mempertebal iman sehingga dapat membentengi berkembangnya paham komunisme dan terorisme.

Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)

29 April 2017

Pentas Jathilan Dan Reog Di Balai Desa Sendangsari

Personil Polsek Pajangan bersama Koramil 18/Pajangan dan Linmas Desa Sendangsari mengamankan pentas Jathilan dan Reog di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (24/4/2017) jam 10.00 Wib.

Hadir Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Pamong dan Dukuh Desa Sendangsari. Pentas Kesenian Jathilan dan Reog Gagak Rimang Mangir Wonoboyo disaksikan warga masyarakat ± 500 orang.

Pentas jathilan Kudho Birowo dari Kayen dan Reog Gagak Rimang Mangir Wonoboyo ini dalam rangka gelar potensi rintisan Desa Budaya Sendangsari tahun 2017. Selain Kesenian Jathilan dan Reog nanti malam akan ditampilkan Macopat Desa Sendangsari, Tari Angguk dari Dusun Kunden dan puncak acara Kethoprak Pamong.

Gelar Budaya ini merupakan program Dinas Kebudayaan Kab. Bantul. "Kita bekerja keras dan berupaya untuk menjadi Desa Budaya Sendangsari. Berbagai kegiatan Kesenian, kebudayaan dan adat istiadat telah dilaksanakan seperti Merti Dusun, Kirab Budaya dan pentas kesenian baik dalam Merti Dusun maupun peringatan HUT Desa Sendangsari. Kita berharap agar predikat tersebut segera kita peroleh sehingga Pemerintah Desa dan masyarakat Sendangsari lebih semangat dalam menjaga dan melestarikan seni dan Budaya yang ada di Desa Sendangsari", tutur Muhammad Irwan Susanto, S.T.

Jathilan Kudho Birowo berasal dari Kayen Sendangsari Pajangan dengan pimpinan Bpk. Triyatno dalam kesempatan ini tampil dalam 2 babak putra dan putri. Sedangkan untuk Reog Gagak Rimang dari Dusun Mangir (Mangir Lor, Mangir Tengah dan Mangir Lor) dipimpin oleh Iwan Purnama, S.Pd tampil dalam 2 Babak. Penonton antusias untuk menyaksikan pertunjukan yang berlangsung dengan meriah. Pentas Jathilan berakhir jam 13.00 Wib dan Reog Gagak Rimang Berakhir jam 16.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pagelaran Kethoprak Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Sendangsari 2017

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menjadi pemain Kethoprak Pamong Desa Sendangsari berperan sebagai Daeng Malewo yang digelar di Balai Desa Sendangsari, Senin (24/5/2017) jam 20.00 Wib.

Desa Sendangsari yang masih menjadi rintisan Desa Budaya bekerja sama Dinas Kebudayaan Kab. Bantul menggelar beberapa potensi seni dan budayanya. Dalam acara puncak “Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Sendangsari Tahun 2017” Desa Sendangsari menggelar Kesenian diantaranya Seni Tari Merak, Tari Kalongking, Kesenian Angguk Sekar Sari dari Dusun Kunden Sendangsari pimpinan Bpk. Kirwanto, Macopat Desa Sendangsari Sekarsari pimpinan Miskidjo, SIP (Kepala BPD Desa Sendangsari) dan diakhiri Kethoprak Pamong Desa Sendangsari dengan lakon “Roro Hoyi”.

Acara dihadiri Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi. (Ketua Desa Budaya Sendangsari juga turut menjadi pemain), Dinas Kebudayaan Joko Geder (Tim Pemantau Kebudayaan Kab. Bantul), Bpk. Dodi, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Pamong dan Dukuh Desa Sendangsari serta tamu undangan.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gelar potensi rintisan Desa Budaya Sendangsari dimulai sudah dari Pagi tadi. Kethoprak Mataram dari Pamong Desa Sendangsari pada malam ini tampil yang ke 3 (tiga). Desa Sendangsari mendapat 2 kali pendampingan Desa Budaya dari Dinas Kebudayaan DIY. Mohon dibantu agar kelompok kesenian di Desa Sendangsari yang sudah diajukan ke Dinas Kebudayaan segera mendapat NIK (Nomor Induk Kesenian).

Kelompok seni khususnya kesenian tradisional dipentaskan pada hari jadi, upacara adat Jawa dan dalam gelar Budaya. Tahun ini 18 pedukuhan sudah dianggarkan untuk kegiatan Merti Dusun agar dapat meningkatkan pemberdayaan potensi seni budayanya. Desa Sendangsari sudah mempunyai pengurus Desa Budaya yang dipimpin H. Sapta Sarosa, S.Psi. “Kami berharap Desa Sendangsari segera mendapatkan predikat Desa Budaya agar kami lebih semangat untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan potensi seni Budaya Yogyakarta yang ada di Desa Sendangsari”, pungkas Muh. Irwan Susanto, ST.

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih atas nama Pemkab Bantul menyambut baik dan sesuai dengan visi misi Kab. Bantul untuk acara ini. Kebudayaan Jawa yang Adi Luhung mengandung cipta rasa dan karsa untuk kita lestarikan dan merupakan wujud keistimewaan Yogyakarta Hadiningrat. Hal ini yang membedakan kebudayaan kita dengan kebudayaan luar. Kebudayaan Jawa perlu dipahami oleh generasi muda, tata bahasa krama, sopan santun dan budi pekerti harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh mereka. Dengan acara ini kita belajar kemampuan mengolah rasa dan berbahasa Jawa yang baik.

Desa Budaya di Bantul baru ada 12 Desa dari 75 Desa di Kab. Bantu dan 30 Desa masih masuk rintisan Desa Budaya. Pemerintah Kab. Bantul memilih Desa Sendangsari yang memiliki keunggulan dan keunikan untuk menjadi Desa Budaya di Yogyakarta ini. Melalui Dinas kebudayaan kami melakukan pembinaan dan mengajak masyarakat untuk menggali Budaya yang ada di masing-masing Desa. Selamat kepada Desa Sendangsari yang sudah ditetapkan sebagai Desa rintisan Budaya dan ini bisa memberikan makna yang besar sehingga Kebudayaan kita lebih terjaga dan lebih harmonis di Kab. Bantul. “Terima kasih kepada tokoh dan warga masyarakat di Desa Sendangsari yang tetap menjaga dan melestarikan adat istiadat dan seni Budaya”, pungkas H. Abdul alim Muslih.

Kegiatan ini diamankan oleh Polsek Pajangan, Koramil Pajangan dan Linmas Desa Sendangsari. Hingga selesainya acara yang berakhir Selasa dinihara jam 02.00 Wib (25/4) situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pengajian Haflah Khotmil Quran Dan Isro Miroj Di Santan

Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng beserta Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. menghadiri Pengajian Haflah Khotmil Qur'an dan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW di Mushola Miftahul Huda Dusun Santan RT 03 Desa Guwosari Kec. Pajangan Bantul, Minggu (23/4/2017) jam 21.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Ketua Panitia  Rohmadi, S.Ag, Serda Suratmin Babinsa Koramil 18/Pajangan, Kaur Umum Desa Guwosari Yudi Susanto, Dukuh Santan Mudakir, Dukuh Karangber Sualip, KH. Ahmadi Bahrudin, KH. Damanhuri, Muhammad Toha pengasuh Mushola Miftakhul Huda Santan, tamu undangan dan warga Dusun Santan.

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan fisik harus diimbangi dengan pembangunan spiritual untuk memperbaiki akhlak generasi penerus. Ia berpesan kepada santri yang khotmil agar belajar ilmu pengetahuan dan ilmu agama Islam dengan sungguh-sungguh agar kelak menjadi generasi penerus yang berguna bagi agama, Bangsa dan Negara.

Dalam tauziahnya, KH. Mansyur Khadziq (Gus Mansur) dari Salaman Magelang menyampaikan Imu agama perlu ditanamkan pertama kepada anak agar mempunyai akhlak yang baik pintar dan berakhlakul karimah.

Carilah Rizqi yang halal, ambilah hikmah dalam mencari nafkah, seperti lebah/tawon yang berada di tempat baik, makan-makan yang baik, menghasilkan madu yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Dan ciri Lebah yang terakhir jangan diusik, sekali marah tidak akan takut kepada siapa pun.

Keistimewaan peringatan Isro' Mi'roj adalah Allah SWT memberikan perintah langsung kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat untuk melakukan Sholat 5 Waktu. “Orang Islam tanpa menjalankan Sholat seperti jasad pisah dengan Kepalanya, untuk itu lakukan Sholat dengan baik.

Pengamanan acara ini dilakukan oleh Polsek Pajangan dan Banser Kec. Pajangan. Hingga selesainya acara situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Massa LSM AMPB Berunjuk Rasa

Jum'at, 28 April 2017 pukul 14.50 wib Massa yang mengklaim dirinya mantan relawan Suharsono – Abdul Halim Muslih semasa kampanye 2015 yang tergabung dalam LSM AMPB (Aliansi Masyarakat Peduli Bantul) melakukan aksi damai di kantor DPRD Jenderal Sudirman Nomor 85 Kab Bantul.

Aksi damai mengambil tema "Mari bersatu tegakkan Aturan” dihadiri oleh Ketua LSM AMPB Yulius selaku korlap, Sekretaris LSM AMPB Iskandar, Ketua komisi DPRD Kab.Bantul Indro Sulastono dan ratusan orang.

Dalam orasinya Arif Iskandar menyatakan kami mencabut dukungan Bupati dan Wakil Bupati Bantul saat ini, serta mengajak segenap rakyat Bantul untuk bersama-sama mengawasi dan memantau jalannya roda pemerintahan yang digulirkan.

Pencabutan dukungan ini didasarkan oleh kekecewaan mereka kepada kepemimpinan Suharsono-Abdul Halim Muslih. Pasangan ini dinilai tak kunjung memenuhi janji-janji manis saat berkampanye dalam Pilkada 2015 silam. Salah satunya adalah hingga 2 tahun berselang setelah terpilih dan memimpin Bantul, janji pasangan tersebut untuk membuatkan sekretariat relawan di masing-masing kecamatan tak kunjung dipenuhi. Ia juga keberatan dengan penolakan-penolakan proposal-proposal kegiatan yang digelar relawan.

“Sampai saat ini mana janji Puskesmas gratis dan sekolah murah. Sampai saat ini, sekolah masih mahal dan berobat tidak gratis,” kata Arif Iskandar dalam orasinya.

Kekecewaan tersebut semakin menjadi lantaran  Suharsono dalam mengambil kebijakan dinilai melanggar perundang-undangan. Penunjukan pejabat Camat Srandakan yang seharusnya belum memenuhi persyaratan menjadi salah satu noktah merah pemerintahan Suharsono dalam menabrak aturan. Menindaklanjuti masalah tersebut, Arif mendorong  DPRD Bantul  segera membentuk panitia khusus (Pansus). Hal ini diperlukan agar di kemudian hari kebijakan tersebut tak merugikan rakyat Bantul.

Sementara itu, anggota DPRD Bantul, Endro Sulastomo mengatakan, akan menampung semua aspirasi yang disampaikan warga. Ia menyatakan jika DPRD Bantul adalah wakil-wakil dari rakyat yang tentunya akan berpihak kepada rakyat.

Selama kegiatan berlangsung personil Polres Bantul dan jajaranya melaksanakan pegamanan hingga aksi selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polres Bantul)

Launching Desa Murtigading Sebagai Desa Bersih Sampah 2019

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih Melaunching  Desa Murtigading, Sanden, Bantul sebagai Desa Bersih Sampah Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Balaidesa Murtigading dengan tema "Bersih Desaku-Bersih Hatiku", Sabtu 29 April 2017 pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Drs. Masharun Ghazali, MM beserta jajaran, Camat Sanden Drs. Fatoni, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Danramil Sanden, Kepala Puskesmas Sanden, Lurah Desa Murtigading, FPRB, dan Kelompok Masyarakat Peduli Sampah Desa Murtigading.

Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Desa Murtigading mengucapkan terimakasih atas kehadiran, perhatian dan dukungan dalam mewujudkan Murtigading bebas sampah tahun 2019. Desa Murtigading ingin menjadi desa bebas sampah yang diawali tahun 2017 dengan pengolahan sampah menggunakan sistem sodaqoh sampah dan bank sampah. Sodaqoh sampah diambil dari kelompok  masyarakat pengelola sampah di masing-masing  pedusunan, kata Drs. Sutrisno. Sutrisno.

"Mulai saat ini, warga Murtigading harus sudah mengolah sampah dan tahun 2018 wajib mengadakan pengolahan sampah di setiap pedusuan se-Desa Murtigading", harap Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno.

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para pengelola dan anggota jejaring pengelola sampah mandiri di Murtigading dan Kabupaten Bantul yang telah berhasil mengelola sistem pengolahan sampah sampai di tingkat Dusun. H. Abdul Halim mengatakan, tumpukan sampah yang yang diproduksi setiap hari menjadi sumber bibit penyakit, menyumbat selokan, sungai dan saluran air yang menyebabkan banjir. Tumpukan sampah yang tidak dikendalikan  akan menghilangkan keindahan alam dan hidup tidak nyaman.

"Mari bumi ini kita kelola dengan baik melalui pengelolaan sampah yang baik sehingga bisa kita tempati dengan nyaman bersama generasi penerus", ajak Wakil Bupati Bantul.

"Kelompok pengelola sampah mempunyai peran sangat penting dalam mewujudkan Bantul Bersih Sampah 2019", lanjut Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bantul mengukuhkan para Kelompok Masyarakat Pengelola Sampah Desa Murtigading dan penyerahan secara simbolis alat/sarana pengolahan sampah dilanjutkan dengan gropyok sampah di wilayah Desa Murtigading.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir aman dan tertib. (Sihumas Polsek Sanden)

HUT Bank Jogja Ke-56 , Tim Bola Voli Putra Polres Bantul Raih Juara I

Tim bola voli Polres Bantul berhasil meraih juara I melawan tim dari UPT Jogja dalam pertandingan final lomba voli putra ultah Bank Jogja ke-56 di GOR AAU, Jumat, 28 April 2017.

Jalanya pertandingan ini berjalan cukup seru. Masing-masing tim saling berebut dalam perolehan angka. Suporter masing-masing tim pun saling meneriakkan yel-yel menyemangati timnya yang sedang berlaga.

Setelah selesai pertandingan, tim Polres Bantul akhirnya unggul melawan UPT Jogja dengan skor 3-2 yaitu Set I : 19-25, II : 25-9, III : 25-14, IV : 27-29 dan Set V : 16-14. Situasi aman tertib. (Bag Humas Polres Bantul)

28 April 2017

PSN Di Dusun Wirosutan Srigading

Anggota Polsek Sanden bergabung dengan team PSN Kecamatan Sanden melaksanakan giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Wirosutan, Srigading, Sanden, Jum'at, 28 April 2017 jam 09.00 Wib.

Team PSN Kecamatan Sanden yang bertugas di Dusun Wirosutan terdiri dari berbagai instansi yaitu Kecamatan, Polsek Sanden, Puskesmas, UPT Kecamatan, Pamong Desa, serta ibu-ibu kader kesehatan utamanya kader jumantik.

Sebelum melaksanakan tugas pemeriksaan, team PSN berkumpul di rumah Kadus Wirosutan bapak Venteen Gutono untuk mendapatkan penjelasan serta pembagian pelaksanaan tugas.

Kasihumas Polsek Sanden Aiptu Mohtar yang ikut melaksanakan giat PSN mengatakan, keikutsertaan anggota Polsek Sanden bersama team dalam melaksanakan PSN merupakan wujud kepedulian anggota Polri dalam mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Sementara hasil dari pelaksanaan  PSN di Dusun Wirosutan yakni dari sampel 40 rumah didapati ada 13 rumah positif ada jentik-jentiknya dengan angka bebas jentik (ABJ) 67,5 %.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi ikut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan menghimbau untuk hidup sehat kepada warga. (Sihumas Polsek Sanden)

Pengajian Bersama Muspika Dan Karyawan Dinas Instansi Se-Kecamatan Sanden

Telah dilaksanakan pengajian bersama Muspika dan pegawai, karyawan dinas instansi se-Kecamatan Sanden, Jum'at, 28 April 2017 pukul 07.45 Wib. Pengajian dilaksanakan di ruang pertemuan Balaidesa Murtigading yang disampaikan ustadz H. Jawani dari Kalimundu, Gadingharjo, Sanden dengan tema syukur nikmat kepada Allah SWT.

Hadir dalam pengajian tersebut, Camat Sanden Drs. Fatoni, Kalolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala Dinas Instansi Lintas Sektoral se-Kecamatan Sanden, anggota Polsek, Koramil, pegawai dan karyawan dinas instansi, lurah dan pamong desa serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pengajian tersebut merupakan keguatan rutin setiap hari Jum'at minggu terakhir setiap bulannya sebagai pengganti dari olahraga bersama.

Ustadz H. Jawani dalam tausyiyahnya mengatakan, sudah selayaknya setiap manusia untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt atas segala nikmat yang telah diterima. Bersyukur merupakan perbuatan dengan maksud berterimakasih atas segala limpahan nikmat yang telah Allah Swt berikan.

"Orang yang bersyukur niscaya Allah akan menambah kenikmatan tersebut, dan orang yang kufur atas nikmat Allah maka azab Allah sangat pedih", jelas ustadz H. Jawani. (Sihumas Polsek Sanden)

Lakalantas Di Jalan Paris Km 17,5, Mbah Darjo Meninggal Dunia

Darjo (60 tahun) warga Canden, Jetis, Bantul meninggal dunia setelah mengalami lakalantas di Jalan Parangtritis KM 17,5, Derso, Srihardono, Pundong, Bantul, Kamis (27/4) sekitar pukul 23.00 Wib.

Awalnya Darjo yang berboncegan dengan temanya mengendarai sepeda motor Honda Grand AB 5979 CT dari arah selatan atau Parangtritis, menuju ke utara atau arah Yogyakarta. Karena mencoba menghindari rambu peringatan perbaikan jalan, Darjo mengambil lajur agak ke kanan.

Namun naas, laju kendaraan terlalu ke kakan dan dari arah berlawanan muncul kendaraan Honda Vario AB 5196 BH dikendarai Purwo Bayu Siswanto (27), warga Padukuhan Jamprit, Desa Sriharjo, Kecamatan Pundong sehingga terjadi tabrakan.

Dalam kejadian itu Darjo mengalami luka parah pada bagian kepala dan meninggal saat dilarikan ke Rumah Sakit Rachma Husada Patalan. Sedangkan pembonceng Dalimin (70 tahun) dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta Wirosaban.

Sementara itu, Purwo Bayu Siswanto yang mengalami patah kaki kiri dirawat di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Hingga kini kasus lakalantas ini masih ditangani polisi dan barang bukti telah diamankan di Polres Bantul. (Sihumas Polsek Pundong)

Tersangka Pencurian Cengkeh Bertambah Satu Lagi, Kerugian 720 Juta

Jajaran Unit Reskrim Polsek Kasihan, berhasil lagi menangkap tersangka kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi gudang cengkeh milik Jejen Ahmar Jaenun (47 tahun) di Dusun Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Adapun tersangka baru yang ditangkap berinisial WA (32 tahun) warga Gembuk Rt 25/RW 05, Getas, Playen, Gunungkidul. Pelaku ini adalah pelaku yang ke empat ditangkap dirumahnya pada hari Jumat, 21 April 2017 pukul 08.00 wib. Dengan ketangkapnya WA berarti Polsek Kasihan hingga saat ini sudah berhasil mengamankan 4 tersangka dan akan terus diupayakan hingga seluruh pelaku lainya tertangkap.

Sebelumnya tersangka yang sudah tertangkap yaitu masing-masing berinisial HY (34) dan SU (59) keduanya merupakan warga Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul serta RS (24) warga Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta.

Mereka melakukan pencurian ini diduga terjadi dalam kurun waktu bulan September 2016 hingga Januari 2017. Tak tanggung-tanggung,  korban mengalami kerugian sebanyak 144 karung cengkeh yang harganya ditaksir mencapai Rp 720 juta.

Kasus pencurian ini sendiri baru diketahui oleh korban pada Selasa, 28 Maret 2017 sekitar pukul 06.41 WIB yang kemudian dilaporkannya ke Polsek Kasihan. (Sihumas Polsek Kasihan)

Petugas Datang, Para Penambang Pasir Ilegal Lari Terbirit Birit

Karena semakin maraknya penambangan pasir ilegal di kawasan pantai selatan, petugas gabungan dari Satpol PP Bantul, Polairud Polda DIY, Polsek Sanden,  Koramil dan warga setempat melakukan penggerebekan lokasi penambangan pasir ilegal di Padukuhan Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Rabu sore, 26 April 2017.

Para penambang tersebut adalah pelaku lama yang berpindah-pindah tempat untuk menambang pasir pesisir. Mereka mau merambah tempat baru, bahkan di tempat yang baru itu mereka sudah menambang sekitar 50 meter persegi.

Kegiatan razia ini sudah menjadi kegiatan rutin dari petugas sebagai wujud komitmen pemerintah kabupaten Bantul untuk memberantas praktik ilegal. Namun begitu petugas datang ke lokasi semua penambang berhasil kabur, sehingga petugas tidak berhasil mengamankan satupun pelaku.

Oleh karena itu petugas berharap warga bisa bekerjasama untuk menginformasikan jika mengetahui ada praktik penambangan liar agar cepat ditindak lanjuti.

Selanjutnya petugas bersama warga menutup akses jalan masuk yang dilalui oleh Truk dan ditanami pohon akasia. Tak hanya itu, papan-papan kayu yang digunakan untuk lalu lintas truk langsung dibakar oleh massa. (Sihumas Polsek Sanden)


Puluhan Siswa SMP Kena Tilang Di Simpang Tiga Singosaren Imogiri

Kapolsek Imogiri Kompol Riyono, SH beserta puluhan anggotanya mengadakan razia penertiban siswa dibawah umur yang berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor di simpang 3 Singosaren, Imogiri, Bantul, Kamis, 27 April 17 jam 06.10 Wib Wib.

Razia dilaksanakan dengan mencegat para siswa yang berangkat ke sekolah mengunakan sepeda motor. Kepada siswa yang tertangkap diadakan pemeriksaan surat surat sepeda motornya beserta barang barang bawaanya.

Dalam razia itu, petugas tidak menemukan barang barang yang berbahaya, namun petugas berhasil menilang puluhan siswa yang mengunakan sepeda motor dengan barang bukti 4 unit sepeda motor, 2 lembar STNK, teguran lisan 15 dan teguran tertulis 31.

Selesai razia, selanjutnya para orangtua siswa yang bersangkutan dipanggil ke Polsek Imogiri untuk mendapat pembinaan dan arahan oleh Unit Binmas Polsek Imogiri agar mereka tidak lagi mengijinkan anaknya yang dibawah umur mengendarai sepeda motor. (Sihumas Polsek Imogiri)

Kapolsek Pleret Yang Baru Perkenalkan Diri Kepada Muspika

Olahraga bersama antar Instansi se Kecamatan Pleret pagi ini bertempat di Halaman Polsek Pleret. Olahraga bersama berupa senam aerobic dipandu oleh mbak Yeni instruktur senam dari Sanggar Senam 56 Kotagede Yogyakarta, Jumat (28/4/2017).

Pelaksanaan olahraga bersama diikuti oleh jajaran Muspika Pleret antara lain Camat Pleret M. Alwi, SH, MH, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH, Danramil Pleret Kapten Arm. Waluyo serta para Kepala Instansi se Kecamatan Pleret beserta staf/pegawai, para Lurah Desa, anggota TNI/Polri, para Guru dan para Dukuh.

Pada kesempatan ini dimanfaatkan oleh AKP Sumanto, SH yang baru dua hari ini menjabat sebagai Kapolsek Pleret, untuk memperkenalkan diri kepada jajaran Muspika/pimpinan Instansi serta para peserta senam lainnya.

Sementara itu pada sesi ramah tamah Kapolsek Pleret menyampaikan harapan kedepan agar jalinan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik, maka selalu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan, serta selalu bersama-sama menjaga wilayah Pleret dalam suasana yang aman, tentram dan damai. (Sihumas Polsek Pleret)

Kapolsek Jetis Kulonuwun Kepada Segenap Pejabat Pemerintah Dilingkungan Kecamatan Jetis

Kapolsek Jetis AKP Mega Tetuko SIK  yang baru sehari dilantik menjabat Kapolsek Jetis, Langsung tancap Gas bersilaturahmi kepada Segenap Camat Jetis, dan jajaran Lurah desa se kecamatan Jetis dan instansi terkait kamis 27 April 2017.

Acara silaturahmi Kapolsek Jetis  AKP Mega Tetuko SIK didampingi Kanit Sabhara Polsek Jetis Iptu Hendri Triyono, Kanit Intel Aiptu Paidi dan Kasihumas Polsek Jetis Aiptu Ragil Wisnu W bersamaan dengan Rapat koordinasi yang dilaksanakan jajaran Muspika Kec Jetis dan jajaran pemerintah Desa dan instansi terkait.

Dala kesempatan tersebut secara khusus Kapolsek Jetis yang baru menjabat ini memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Jetis yang baru dan mohon ijin untuk bergabung dilingkungan Pemerintahan Kec Jetis, dan mohon dukungan dari bapak/ibu Camat Lurah yang hadir untuk dukungannya dalam pelaksanaan tugas sehari hari sebagai Kapolsek Jetis.

Kapolsek Jetis berharap tidak segan untuk dikritik atau dijewer jika dalam pelaksanaan tugas tidak sesuai dengan aturan yang ada. Terkait dengan permasalahan permasalahan keamanan kami siap untuk melayani dan berkoordinasi dalam penangulangnan permasalahan, pungkas Kapolsek Jetis.

Saat menanggapi apa yang disampaikan Kapolsek Jetis yang baru, ibu Camat Jetis Dra Endang Rachmawati MM mengucapkan selamat bergabung kepada bapak AKP Mega Tetuko SIK dengan segenap komponen pemerintahan Kec Jetis mari bersama sama membangun dan menciptakan keamanan untuk kesejahteraan warga.

Ibu Camat Jetis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap kepala Dinas dan instansi yang telah hadir dalam kegiatan Rapat koordinasi ini, ibu camat menyampaikan Rakor ini dalam rangka persiapan kegiatan yang akan berlangsung di bulan Mei 2017 mari sama sama kita persiapkan. Pungkas Ibu camat mengakhiri sambutanya dilanjutkan dengan pembahasan kegiatan yang akan datang. (Sihumas Polsek Jetis)

Saat Melintas Di Cinomati, Truk Bermuatan Kayu Jati Hampir Terperosok Ke Jurang

Truk bermuatan kayu jati hampir terperosok ke jurang saat melintasi Jl. Cinomati tepatnya di dusun Guyangan, Wonolelo, Pleret, Bantul pada Kamis (27/4/2017) siang.

Kejadian ini berawal ketika Truk dengan muatan kayu jati melaju dari arah Pleret hendak ke Dlingo. Sesampainya di TKP berpapasan dengan kendaraan lain (mobil) yang melintas dari arah Dlingo. Namun naas, Truk dengan nopol B 9181 SO malah terperosok ke bahu jalan dan hampir terguling ke jurang.

Truk berhasil dievakuasi setelah ditarik kendaraan lain dengan dibantu oleh petugas Polsek Pleret bersama-sama dengan warga.

Brigadir Dwi Ramadani anggota Unit Lantas Polsek Pleret saat berada di lokasi menuturkan bahwa berdasarkan keterangan si pengemudi Truk, pada saat berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, Truk berusaha menepi hingga berada di bahu jalan. Namun karena kondisi tanah yang lembek, mengakibatkan roda Truk bagian belakang kiri "njeblos" dan Truk hampir terguling ke jurang.

"Kondisi jalan memang sempit, untuk itu diharapkan para pengguna jalan khususnya pengemudi diharapkan kehati-hatiannya. Selain sempit, kondisi jalan juga naik turun dan berliku", pungkasnya. (Sihumas Polsek Pleret)

Mbah Gimah Ditemukan Di Saluran Irigasi

Warga Dusun Glodogan Sidomulyo Bambanglipuro di dikejutkan adanya penemuan mayat terapung di saluran irigasi bulak sawah dusun Glodogan pada Hari Kamis April 2017 pada pukul 08.00 wib. Saat ditemukan mayat dalam keadaan tertelungkup mengambang di saluran irigasi.

Mayat tersebut pertama kali di temukan oleh Maryanto warga Donotirto Kretek saat melintas di TKP menggunakan kendaraan bermotor. Melihat orang mengapung di saluran irigasi, selanjutnya ia memberitahu warga setempat bernama Poniman dan Sungkono. Atas saran kedua warga ini kemudian Maryanto melapor ke Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto dan diteruskan ke Polsek Bambanglipuro.

Tidak berselang lama Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto SH.MH beserta petugas Inafis Polres Bantul dan peugas medis Puskesmas mendatangi lokasi penemuan mayat dan langsung olah TKP.

Dari hasil pemeriksaan petugas diketahui korban bernama Gimah (73 tahun) warga Dusun Glodogan Rt 04 Sidomulyo Bambanglipuro. Pada tubuh korban tidak ditemukan adanya tanda penganiayaan. Diduga korban terpeleset jatuh ke saluran irigasi dan meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dari keluarga bahwa korban sejak kemarin malam sekitar pukul 19.00 wib pergi menghilang, sampai pihak keluarga bersama warga ikut mencari tetapi belum diketemukan malam itu juga, sehingga keluarga kaget dengan adanya penemuan korban di saluran irigasi bulak sawah.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kemudian jenazah korban diserahkan pihak keluarga. Penyerahan dilakukan langsung oleh Kapolsek Bambanglipuro kepada perwakilan keluarga untuk dimakamkan. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

27 April 2017

Baksos Lazis Masjid Syuhada Di Sabrang Lor Triwidadi

Personil Polsek Pajangan melaksanakan pemantauan bakti sosial (Baksos) Lazis (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh) Masjid Syuhada Yogyakarta di Masjid Ainun Jariyah Dusun Sabrang Lor RT 03 Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu (22/4/2017) jam 15.00 Wib.

"Lazis Masjid Syuhada ini bertujuan untuk mensyiarkan Dakwah Islam siraman rohani berupa pengajian dan membantu sosial masyarakat serta tidak ada tuuan lainnya. Dalam 1 Bulan Lazis mengadakan kegiatan ± 2 (dua)kali untuk wilayah DIY dengan tempat berpindah - pindah. Lazis Masjid Syuhada ini berkantor pusat di Kota Baru dibawah Yayasan Masjid Syuhada", tutur penanggung jawab kegiatan Ahmad Syamsuddin, SH.

Selain baksos, kali ini Lazis Masjid syuhada juga mengadakan beberapa kegiatan antara lain berupa perlomba Kaligrafi, Adzan Iqomah, mewarnai dan hafalan surat pendek Al Qur'an untuk anak-anak TPA.

Sedangkan Bakti Sosial yang dilakukan berupa pengobatan gratis dengan menggandeng RSI (Rumah Sakit Islam) dan membagikan bantuan kepada warga tidak mampu berupa penjualan paket sembako murah sejumlah 110 Paket. Setiap paket sembako ditebus dengan harga Rp 20 Ribu dari harga normal Rp 55 ribu. Uang hasil sembako murah nantinya akan digunakan untuk membiaya beasiswa pendidikan dari siswa SD s/d perguruan tinggi.

Untuk kegiatan nanti malam di adakan pengajian Akbar se Pedukuhan Sabrang Lor ± 200 undangan oleh Ustad Siswo Bowo Laksono dari Jalan Kaliurang Km. 6,5 Sleman. Selama pelaksanaan Baksos di Masjid Sabrang Lor situasi terpantau kondusif aman. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pemasalah Olahraga Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan

Personil Polsek Pajangan dipimpin langsung Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. mengamankan giat pemasalan olahraga berupa jalan sehat Desa Wisata Krebet bertempat di lapangan bola Voli Tingkir Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu (23/4/2017) jam 07.00 Wib.

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Sapto Priono Kabid Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Bantul, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T. , Marsinem , S.I.P. Kasi Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Bantul, Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignya Suprapto, Yulianto Ketua Pokdarwis Krebet Binangun, Agus Jati Kumara Ketua Pengelola Desa Wisata Krebet.

Pemasalan olahraga ini dilaksanakan bekerjasama dengan Desa Wisata Krebet dan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Bantul. Jalan sehat dilaksanakan dengan menempuh jarak ± 2 Km melintasi Obyek Wisata air terjun Jurang Pulosari. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, panitia juga menyiapkan Tim medis dari Puskesmas Pajangan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerukunan warga masyarakat, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatan olahraga, memberikan hiburan untuk masyarakat dan meningkatakan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata khususnya di Desa Wisata Krebet.

Untuk membuat semangat dalam Olahraga ini, panitia menyediakan hadiah utama berupa 1 Unit sepeda motor Honda Revo dan hiburan Orgen Tunggal. Hingga selesainya acara situasi masih dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Curi Burung, Warga Babadan Ditangkap

Petugas Unit Reskrim Polsek Kasihan berhasil membekuk seorang pelaku pencurian dengan kekerasan berinisial AP (36) warga Babadan, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Kapolsek Kasihan, Kompol Supardi, Kamis, 27 April 2017 mengungkapan, AP ditangkap petugas lantaran diduga telah melakukan pencurian burung perkutut milik Reza Febri Eka Masyuzar (26), warga Soboman Ngestiharjo Kasihan Bantul. Selain AP, diamankan pula barang bukti berupa sangkar burung warna coklat, tas kain warna hitam dan bambu.

Ditambahkan oleh Kapolsek, pencurian itu sendiri terjadi pada 16 April 2017 dini hari. Saat kejadian, saksi atas nama Sri Rahayuningsih (49) yang merupakan ibu korban hendak mengambil air wudhu untuk menunaikan sholat malam. Saksi mendengar ada suara gaduh seperti burung yang terbang-terbang dalam sangkar. Saksi kemudian membuka pintu, dan memergoki ada dua orang yang sedang mengambil burung perkutut milik anaknya dari dalam sangkar. Melihat hal tersebut, Saksi kemudian berteriak maling sambil memegangi tas pelaku.

Pelaku kemudian bereaksi dengan memukul saksi menggunakan bambu yang mengenai tangan kanan dan kepala saksi. Kedua pelaku selanjutnya melarikan diri mengendari sepeda motor dengan membawa burung perkutut milik korban.

Akibat kejadian tersebut, korban harus kehilangan burung perkutut kesayangannya seharga Rp 550.000,- dan ibunya juga mengalami luka memar pada bagian tangan kanan dan kepala akibat dipukul pelaku menggunakan bambu.

Setelah mendapat laporan dari korban, Polisi yang langsung bergerak cepat memburu para pelaku, akhirnya berhasil membekuk AP. “Yang bersangakutan berhasil kita amankan pada hari Minggu (16/4/2017) lalu saat berada di rumahnya,” jelas Kapolsek.

Di hadapan petugas, AP mengaku melakukan aksinya bersama AH (30) warga Condongcatur Sleman. Bahkan Polsek Kasihan telah memasukkan AH ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dijelaskan oleh Kapolsek, AH memiliki ciri-ciri berperawakan tinggi besar, warna kulit hitam, rambut lurus warna hitam, mempunyai tato gambar burung garuda di lengan tangan sebelah kiri, memakai anting-anting warna silver pada telinga sebelah kiri.

“Bagi warga masyarakat yang mengenal pria dengan ciri-ciri tersebut, agar melaporkannya ke Polsek Kasihan,” kata Kapolsek.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini AP harus mendekam di sel tahanan Polsek Kasihan. “AP kami jerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun,” pungkas Kapolsek. (Sihumas Polsek Kasihan)

Kasihumas Polsek Pleret Besuk Adik Banyubiru

Personel Polsek Pleret membesuk adik Banyubiru yakni anak dari Brigadir M. Zulkham Effendi anggota Unit Provos Polsek Pleret di Rumah Sakit Nurhidayah Jl. Imogiri Timur, Jetis, Bantul, Kamis (27/4/2017). Adik Banyubiru mengalami cidera ringan dibagian kepala saat jatuh bermain dihalaman rumahnya.  

Kasihumas Polsek Pleret Aiptu Sawaldi yang saat itu memimpin besuk mengatakan, kegiatan ini sudah merupakan tradisi Polsek Pleret dalam rangka peduli dan merekatkan tali silahturohmi antara anggota dan pimpinan sehingga timbul rasa kebersamaan dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH melalui Kasihumas Polsek Pleret menyampaikan pesannya agar kita sebagai orangtua hendaknya senantiasa mengawasi aktivitas anak, apalagi saat bermain, terutama untuk anak yang masih kecil agar tidak terjadi musibah seperti yang dialami oleh adik Banyubiru. (Sihumas Polsek Pleret)

Evaluasi TKSK Berprestasi 2017 Tingkat Provinsi DIY Di Kecamatan Sedayu

Iptu Agus Supraja mewakili Kapolsek Sedayu mengahadiri giat Evaluasi TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Berprestasi Tahun 2017 Tingkat Provinsi DIY di Kantor Kecamatan Sedayu,  Rabu  26 April 2017.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Bantul Drs.Timbul Harjono, Tim Evaluasi Provinsi DIY, Muspika Kecamatan Sedayu, Tagana, Karang Taruna Kecamatan Sedayu

Kepala Dinas Sosial  Drs. Edi Susanto mewakili  Bupati Bantul dalam sambutannya menyampaikan dukungannya agar TKSK Wilayah Sedayu bisa mewakili Tingkat DIY untuk maju TKSK berprestasi tingkat nasional.

Sementara itu, sambutan dari Tim Evaluasi yang diwakili oleh Riswanto mengatakan, selaku Tim Evaluasi hanya menyampaikan agar TKSK Wilayah Sedayu selalu berkoordinasi dengan mereka agar TKSK Wiayah Sedayu semakin maju. Kegiatan berakhir hingga pukul 15.00 Wib situasi aman kondusif. (Sihumas Polsek Sedayu)

Pengajian Akbar Isra’ Mi’raj Di Citrojayan

Kanit Binmas Polsek Jetis Aiptu Sugiarto Bersama Bhabinkamtibmas desa Trimulyo Bripka Sugiyono menghadiri pengajian Akhirusanah memperingati Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad Saw di Masjid Ar Rohmayln Citrojayan, Trimulyo, Jetis, Bantul, Rabu malam, 26 April 2017.

Pengajian Isra’ Mi’raj dengan pembicara kyai haji Bardan Usman dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul bapak Halim Muslih Sag, Lurah Trimulyo, Toga, Tomas dan ratusan jamaah.

Sambutan wakil Bupati Bantul menyampaikan, "kita semua wajib menuntut ilmu mulai dari ayunan hingga liang lahat dan jika memahami agama Islam harus memahami dalam Arti yang luas dan jika tidak bisa cukup mengikuti orang yang berilmu, seperti para Kyai dan ulama.

Sedangkan Ustadz Badar Usman selaku pembicara, mengajak umat Islam yang hadir untuk beribadah harus dengan keyakinan, ilmu dan iklas. Selama kegiatan berlangsung Unit Patroli Polsek Jetis melaksanakan pengmanan hingga berakhir dalam keadaaan aman tertib. (Sihumas Polsek Jetis)

Wabup Bantul Buka Kampanye Germas Di Perwacy Baturetno

Kamis, 27 April 2017 pukul 08.00 wib di gedung pertemuan taman Perwacy jl. Ring Road Timur Manggisan Baturetno Banguntapan Bantul berlangsung acara Kampanye Gerakkan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, Kadinkes Bangu, Kepala Dinas Pendidikan Bangu, dan Muspika kecamatan Banguntapan serta perwakilan guru TK, SD, SMP dan SMA sekabupaten Bantul.

Kegiatan diselenggarakan oleh Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bantul, dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Disamping hal tersebut secara khusus meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, Meningkatkan Produkvitas masyarakat dan Mengurangi beban biaya kesehatan.

Dalam kampanye ini, kegiatan utama yang dilakukan GERMAS antara lain yaitu 1. Peningkatan aktifitas fisik, 2. Peningkatan perilaku hidup sehat dan bersib, 3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4. Pemingkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5. Peningkatan kualitas lingkungan dan 6. Peningkagan edukasi hidup sehat.

Fokus kegiatan 2016-2017 yaitu 1. Melakukan aktifitas fisik, 2. Konsumsi sayur dan buah serta 3. Memeriksa kesehatan secara berkala.

Pelaku GERMAS yaitu bahwa Germas dilakukan oleh segenap kompenen bangsa, Pemerintah baik Pusat maupun Daerah, Dunia pendidikan, Swasta/Dunia usaha, Organisasi kemasyarakatan dan (Individu, Keluarga dan masyarakat)

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul menyampaikan, bahwa setiap orang mendambakan hidup yang sehat untuk menikmati hari hari yang indah bersama keluarga, dan untuk melakukan aktifitas lainnya, karena kesehatan sangat bermanfaat bagi semua orang.

Maka mari kita lakukan kegiatan fisik seperti jalan jalan, mengepel lantai, naik turun tangga dan membantu kerja suami, namun semua itu didukung dan terpenuhinya makan yang bergizi, dengan cara mengkomsumsi makanan seperti sayur sayuran dan buah buahan.

Tambah Wakil Bupati, perlu diketahui bahwa biaya cegah lebih murah dibanding pengobatan ketika kita jatuh sakit. Mari kita dorongan anak kita membudayakan hidup sehat dan makan makanan asli Indonesia seperti makan sayur2an, buah2an, tempe tahu dan lain lain.

Mulai hari ini mari kembali budayakan makan asli Indonesia, denga demikian penyakit yang mulai tampak bisa dicegah sedini mungkin sehingga generasi muda dapat menjadi generasi yang sehat dan tangguh dalam bersaing.

Acara dilanjut dengan pembukaan Germas oleh Wakil Bupati Bantul dengan mengucapkan Basmallah, kampanye Germas dengan resmi dibuka.

Acara selanjutnya pembagian hadiah dan deklarasi hidup sehat disampaikan Kadinas Pendidikan Bantul Drs Totok Sudarto, M.Pd, serta penandatangan deklarasi oleh perwakilan guru dari Tk s/d SMA.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)