Wabup Bantul Buka Kampanye Germas Di Perwacy Baturetno

Posted by tribratanewsbantul on 12:31

Kamis, 27 April 2017 pukul 08.00 wib di gedung pertemuan taman Perwacy jl. Ring Road Timur Manggisan Baturetno Banguntapan Bantul berlangsung acara Kampanye Gerakkan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, Kadinkes Bangu, Kepala Dinas Pendidikan Bangu, dan Muspika kecamatan Banguntapan serta perwakilan guru TK, SD, SMP dan SMA sekabupaten Bantul.

Kegiatan diselenggarakan oleh Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bantul, dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Disamping hal tersebut secara khusus meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, Meningkatkan Produkvitas masyarakat dan Mengurangi beban biaya kesehatan.

Dalam kampanye ini, kegiatan utama yang dilakukan GERMAS antara lain yaitu 1. Peningkatan aktifitas fisik, 2. Peningkatan perilaku hidup sehat dan bersib, 3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4. Pemingkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5. Peningkatan kualitas lingkungan dan 6. Peningkagan edukasi hidup sehat.

Fokus kegiatan 2016-2017 yaitu 1. Melakukan aktifitas fisik, 2. Konsumsi sayur dan buah serta 3. Memeriksa kesehatan secara berkala.

Pelaku GERMAS yaitu bahwa Germas dilakukan oleh segenap kompenen bangsa, Pemerintah baik Pusat maupun Daerah, Dunia pendidikan, Swasta/Dunia usaha, Organisasi kemasyarakatan dan (Individu, Keluarga dan masyarakat)

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul menyampaikan, bahwa setiap orang mendambakan hidup yang sehat untuk menikmati hari hari yang indah bersama keluarga, dan untuk melakukan aktifitas lainnya, karena kesehatan sangat bermanfaat bagi semua orang.

Maka mari kita lakukan kegiatan fisik seperti jalan jalan, mengepel lantai, naik turun tangga dan membantu kerja suami, namun semua itu didukung dan terpenuhinya makan yang bergizi, dengan cara mengkomsumsi makanan seperti sayur sayuran dan buah buahan.

Tambah Wakil Bupati, perlu diketahui bahwa biaya cegah lebih murah dibanding pengobatan ketika kita jatuh sakit. Mari kita dorongan anak kita membudayakan hidup sehat dan makan makanan asli Indonesia seperti makan sayur2an, buah2an, tempe tahu dan lain lain.

Mulai hari ini mari kembali budayakan makan asli Indonesia, denga demikian penyakit yang mulai tampak bisa dicegah sedini mungkin sehingga generasi muda dapat menjadi generasi yang sehat dan tangguh dalam bersaing.

Acara dilanjut dengan pembukaan Germas oleh Wakil Bupati Bantul dengan mengucapkan Basmallah, kampanye Germas dengan resmi dibuka.

Acara selanjutnya pembagian hadiah dan deklarasi hidup sehat disampaikan Kadinas Pendidikan Bantul Drs Totok Sudarto, M.Pd, serta penandatangan deklarasi oleh perwakilan guru dari Tk s/d SMA.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:31

0 komentar:

CB