Penebaran Benih Ikan Air Tawar Di Sungai Winongo Kecil Dusun Kalijurang

Posted by tribratanewsbantul on 14:38

Guna menjaga keseimbangan lingkungan ekosistem perairan umum dan mengembangbiakan jumlah ikan air tawar, Kelompok "OBAWASTA" (Obahe Walesan Tombo Ati) Dusun Kalijurang, Srigading, Sanden, Bantul bekerjasama dengan Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul menebar benih ikan air tawar di sungai Winongo kecil Dusun Kalijurang, Minggu tanggal 30 April 2017 pukul 10.00 Wib.

Jumlah benih ikan air tawar yang ditebar sebanyak 20.000 ekor terdiri dari ikan nila, tombro, lele, belut, dan berbagai macam jenis ikan air tawar lainnya. Benih ikan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, dan bantuan dari beberapa kelompok pecinta lingkungan hidup/mancing mania dari Kabupaten Bantul diantaranya WWI, PUJ & BEJO, MMJ, YUS DKK, KOMBOKARTO.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul Bpk. Bambang Pin Irwanto, Aiptu Taryadi mewakili Kapolsek Sanden bersama perwakilan Muspika Sanden, Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE, Perwakilan kelompok pecinta lingkungan hidup dan mancing mania (WWI, PUJ & BEJO, MMJ, YUS DKK, KOMBOKARTO), Kepala Dukuh Kalijurang serta warga masyarakat.

Aiptu Taryadi mewakili Muspika Sanden dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk ikut serta memikul tanggungjawab atas bantuan benih ikan yang telah dipercayakan kepada kelompok Obawasta Dusun Kalijurang dengan cara menjaga kelestarian lingkungan yang dalam hal ini ekosistem sungai  sehingga nantinya warga bisa menikmati hasilnya.

Sedangkan Bambang Pin Irwanto, Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul mengatakan, penebaran benih ikan di saluran air merupakan salah satu program Bupati Bantul guna menjaga kelestarian lingkungan, diantaranya menjaga sungai sehingga kedepannya masih dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan penebaran benih ikan di sungai winongo kecil oleh kelompok Obawasta Dusun Kalijurang yang merupakan salah satu cara untuk ikut serta mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Bantul dalam pelestarian lingkungan dengan semboyan "Sungaiku Bersih Banyak Ikannya".

Acara dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan secara simbolis di sungai winongo kecil Dusun Kalijurang oleh Sekertaris Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, Aiptu Taryadi, serta pejabat yang hadir. Kegiatan berakhir pukul 11.15 Wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:38

0 komentar:

CB