Pentas Jathilan Dan Reog Di Balai Desa Sendangsari

Posted by tribratanewsbantul on 14:06

Personil Polsek Pajangan bersama Koramil 18/Pajangan dan Linmas Desa Sendangsari mengamankan pentas Jathilan dan Reog di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (24/4/2017) jam 10.00 Wib.

Hadir Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Pamong dan Dukuh Desa Sendangsari. Pentas Kesenian Jathilan dan Reog Gagak Rimang Mangir Wonoboyo disaksikan warga masyarakat ± 500 orang.

Pentas jathilan Kudho Birowo dari Kayen dan Reog Gagak Rimang Mangir Wonoboyo ini dalam rangka gelar potensi rintisan Desa Budaya Sendangsari tahun 2017. Selain Kesenian Jathilan dan Reog nanti malam akan ditampilkan Macopat Desa Sendangsari, Tari Angguk dari Dusun Kunden dan puncak acara Kethoprak Pamong.

Gelar Budaya ini merupakan program Dinas Kebudayaan Kab. Bantul. "Kita bekerja keras dan berupaya untuk menjadi Desa Budaya Sendangsari. Berbagai kegiatan Kesenian, kebudayaan dan adat istiadat telah dilaksanakan seperti Merti Dusun, Kirab Budaya dan pentas kesenian baik dalam Merti Dusun maupun peringatan HUT Desa Sendangsari. Kita berharap agar predikat tersebut segera kita peroleh sehingga Pemerintah Desa dan masyarakat Sendangsari lebih semangat dalam menjaga dan melestarikan seni dan Budaya yang ada di Desa Sendangsari", tutur Muhammad Irwan Susanto, S.T.

Jathilan Kudho Birowo berasal dari Kayen Sendangsari Pajangan dengan pimpinan Bpk. Triyatno dalam kesempatan ini tampil dalam 2 babak putra dan putri. Sedangkan untuk Reog Gagak Rimang dari Dusun Mangir (Mangir Lor, Mangir Tengah dan Mangir Lor) dipimpin oleh Iwan Purnama, S.Pd tampil dalam 2 Babak. Penonton antusias untuk menyaksikan pertunjukan yang berlangsung dengan meriah. Pentas Jathilan berakhir jam 13.00 Wib dan Reog Gagak Rimang Berakhir jam 16.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:06

0 komentar:

CB