31 May 2017

Buka Puasa Bersama Bupati Bantul Di Aula Bank Bantul

Untuk acara buka puasa tahun ini Bank Bantul memberikan beasiswa kepada sekolah yang bekerjasama membuka tabungan sekolah serta salurkan zakat, infak dan shodaqoh karyawan Bank Bantul kepada panti asuhan, kaum dhuafa dan bantuan kepada orang sakit yang berdomisili di Bantul.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bank Bantul Aristini, SE saat menyampaikan sambutannya pada Safari Ramadhan Tahun 1438 hijriyah 2017 dalam acara Buka Puasa Bersama dengan Bupati Bantul dan jajaran Forkompinda Kabupaten Bantul bertempat di Aula Bank Bantul, Selasa, 30 Juni 2017.

Menurut Aristini, penyaluran beasiswa dan ZIS ini adalah sebagai wujud dari tuntunan agama dan kepedulian untuk berbagai dengan sesama maka penghasilan pegawai setiap bulannya disisihkan untuk zakat. Dan sesuai SK Direksi No 41 Th 2014 yaitu pemberian bea siswa kepada sekolah yang bekerjasama sebesar 2 % dari saldo terendah dalam 1 tahun.

Aristini menyebutkan, bahwa dana zakat yang terkumpul sampai dengan 29 Mei 2017 sebesar Rp. 75.523.674,- dan dana infak hingga 20 Mei 2017 sebesar Rp. 8.012.535,-dana tersebut akan disalurkan diantaranya kepada dhuafa di sekitar Unit sebesar Rp. 18 juta, 6 Panti Asuhan sebesar Rp. 12 juta, sembako untuk tukang becak sebesar Rp. 5 juta, dhuafa sekitar rumah karyaan sebesar Rp. 5 juta.

Selain itu, tambah Aristini, bantuan untuk orang sakit di RS sebesar Rp. 10 juta, bea siswa pendidikan sebesar Rp. 10 juta untuk 10 SD @ Rp 1 juta. Untuk Himatu sebesar Rp 8 juta (8 anak), dan untuk kunjungan ke Panti Asuhan sebesar Rp. 5 juta.

Pada acara tersebut hadir pula Bupati Bantul, Sekretaris daerah Kabupaten Bantul, Kepala OPD, Polsek Bantul, Koramil Bantul, Kepala Sekolah SD, SMP dan AMA/K yang menerima beasiswa, pimpinan beserta perwakilan anak Panti Asuhan dan kaum dhuafa yang ditunjuk.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bantul beserta jajaran Formpinda Bantul berkenan menyerahkan beasiswa dan bantuan yang lain kepada yang bersangkutan dan kepada Perwakilan Panti Asuhan yang hadir.

Sementara tausiyah disampaikan Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bantul Drs. Bukhori Muslim, M Ag. dinataranya menyampaikan tentang keutamaan bulan Ramadhan yang juga disebut sayyidusuhur karena satu-satunya bulan yang diwajibkan berpuasa bagi yang beriman, bulan yang sangat dinantikan oleh orang beriman karena bulan yang meneteramkan hati, menurunkan segala macam nafsu sehingga memberikan rasa kenikamatan dalam beribadah. (Sihumas Polsek Bantul)

Dimutasi, Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro Iptu Yan Indah Berpamitan

Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro Iptu Yan Indah S.Sos berpamitan dengan seluruh anggota yang hadir dalam apel pagi di Mapolsek, Rabu 31 Mei 2017 pada pukul 08.30 wib. Acara pamitan berlangsung sederhana namun sangat mengesankan.

Iptu Yan Indah S.Sos dimutasikan dari jabatan Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro pindah ke Polsek Srandakan menduduki jabatan baru sebagai Panit 2 unit Reskrim Polsek Srandakan.

Dalam pamitanya, Iptu Yan Indah S.Sos menyampaikan maaf kepada seluruh anggota selama dalam kepemimpinannya sebagai Kanit Reskrim manakala ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para anggota, Iptu Yan Indah S.Sos menyampaikan kata maaf.

Iptu Yan Indah S.Sos juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah di bangun selama ini dalam rangka menciptakan wilayah hukum Polsek Bambanglipuro yang aman dan tertib. ”Kebersamaan kita bukan hanya sampai disini, tetapi kebersamaan ini akan selalu melakat dihati dimanapun saya bertugas, ” katanya.

”Saya meyakini bahwa nanti di kemudian hari insya Allah kita pasti bertemu kembali tentunya dalam nuansa berbeda, ”ucap Iptu Yan Indah S.Sos.   

Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto SH.MH mengucapkan terima kasih kepada Iptu Yan Indah S.Sos yang selama ini menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.”Selamat jalan Iptu Yan Indah S.Sos, teruslah maju, semoga sukses di tempat tugas yang baru.”ucap AKP Yayan Dewayanto SH.MH. Selama apel Pagi berlangsung dalam keadaan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)               

Polres Bantul Peduli Sambangi Adik Reni Dan Mbah Lugiyo

Senang sekaligus terharu, itulah yang dirasakan Reni Kumalasari (14) kala Tim Polres Bantul Peduli mengunjungi rumahnya di Dusun Nglarang RT 01 Triharjo Pandak Bantul, Rabu, 31 Mei 2017.

Reni yang masih duduk di bangku Kelas VII SMP Muhammadiyah Bantul adalah seorang yatim piatu yang kini tinggal bersama pamannya. Dan saat ini, gadis manis yang bercita-cita ingin menjadi dokter ini, sedang mengalami sakit dan masih dalam masa perawatan.

Kepada Reni, Tim Polres Bantul Peduli melalui Kabagren Kompol B. Ayom Yuswandono, SH mewakili Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan uang tali asih untuk membantu meringankan beban.

Atas bantuan tersebut, Sumaryono, paman Reni mengucapkan banyak terima kasih karena telah diberi perhatian dari Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Polisi. Ia berharap, kunjungan ini dapat membesarkan hati keponakannya. “Semoga bantuan yang diberikan ini dapat memberikan manfaat bagi Reni, dan mendapat balasan dari Allah Subhanahu wata’ala,” ujarnya.

Selain Reni Kumalasari, Tim Polres Bantul Peduli juga menyambangi Bapak Lugiyo (70) warga Dusun Kwalangan, RT 01 Wijirejo Pandak Bantul yang menderita lumpuh. Bapak Lugiyo selama ini tinggal sebatang kara dan tinggal menumpang di dapur milik tetangganya, Bapak Sariman. Kepada Bapak Lugiyo, Tim Polres Bantul Peduli memberikan bantuan berupa sembako dan sejumlah uang.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Leonisya Sagita, SIK disela-sela kegiatan mengatakan, selain diharapkan dapat membantu dan meringankan beban warga masyarakat kurang mampu, Program Polres Bantul Peduli juga diharapkan menggugah pihak-pihak yang berkompeten cepat dan tanggap untuk memberikan respon.

Ditambahkannya, Program Polres Bantul Peduli merupakan kegiatan sosial bulanan yang bertujuan memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu dengan lokasi yang berbeda-beda dalam pelaksanaannya. Dan dana yang digunakan dalam Program Polres Bantul Peduli berasal dari sumbangan sukarela anggota Polres Bantul.

“Bulan lalu Tim Polres Bantul Peduli menyambangi warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Pajangan, dan bulan ini giliran wilayah Kecamatan Pandak,” jelasnya.

Ikut serta dalam rombongan Tim Polres Bantul Peduli ke wilayah Kecamatan Pandak antara lain Kabagren Kompol B. Ayom Yuswandono, SH, Pakor Polwan AKP Rapiqoh, SH, Kasubbag Humas AKP Leonisya Sagita, SIK, KBO Satbinmas Iptu Dedi Tunandi, Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono, Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa, SH, Dukuh Nglarang Subowo, Dukuh Kwalangan Sutardi serta perangkat desa lainnya. (Humas Polres Bantul)

Gudang Penyimpanan Busa Dan Kain Bekas Milik Karsilan Terbakar

Gudang penyimpanan busa dan kain bekas milik Karsilan (62 tahun) di Dusun Cepoko Trirenggo Bantul, Selasa, 30 Mei 2017 sekitar pukul 13.00 Wib terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta.

Kapolsek Bantul Kompol Paimun, SH mengatakan, kebakaran tersebut diduga terjadi karena cucu korban Arjuna sebelumnya bermain korek api di sekitar gudang. Api perlahan-lahan membakar salah satu gabus yang kemudian merembet hingga semua bahan yang sedianya digunakan korban untuk kerajinan tersebut ludes.

Menurut istri korban, Ngatinah (59), saat sedang memasak didapur mendengar suara gemuruh dari bagian barat rumahnya. Lantaran penasaran ia pun lantas keluar mencari sumber asal muasal suara tersebut. Setelah keluar saksi melihat asap membumbung tinggi di tumpukan busa, jelas Kapolsek.

Tak beberapa lama kemudian warga sekitar berdatangan langsung memadamkan api dengan alat seadanya, beruntung pemadam kebakaran BPBD Bantul cepat datang sehingga api berhasil dipadamkan. (Sihumas Polsek Bantul)

30 May 2017

Servis Honda Murah di Polsek Bambanglipuro

Ahass Utama Abadi Motor sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda bekerjasama dengan Polsek Bambanglipuro menggelar kegiatan program servis murah di Mapolsek Bambanglipuro, Senin, 29 Mei 2017 pada pukul 09.00 wib.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto SH, MH mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polsek Bambanglipuro dalam memudahkan warga untuk servis sepeda motor Hondanya dengan harga jasa servis yang murah, sehingga diharapkan adanya kedekatan masyarakat dengan Polisi sebagai pelayan masyarakat, kata Kapolsek.

Parji Antoro selaku kepala mekanik bengkel Utama Abadi Motor menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk terus meningkatkan layanan yang berkualitas kepada semua pengguna motor Honda agar selalu dalam keadaan prima.

“Program ini memanfaatkan bulan suci Ramadhan sekaligus merupakan bentuk komitmen Honda untuk terus meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada konsumen”ungkap Parji Antoro.

Kepala mekanik bengkel ini juga menambahkan konsumen dapat langsung mendaftarkan sepeda motor Hondanya di mako Polsek Bambanglipuro untuk melakukan servis murah senilai Rp 25.000 untuk jasa servisnya.

Adapun kualitas layanan servis murah ini sama dengan servis langsung di bengkel resmi Honda. Layanan ini juga memberikan jaminan kualitas dengan ketersediaan peralatan servis yang lengkap dan tenaga mekanik tersertifikasi. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)        

Mengenali Penjahat Di Bus

Penjahat. Salah satu hal yang membuat pengalaman naik bis kota menjadi sungguh sangat tidak menyenangkan. Dia bisa merubah rencana perjalanan singkat anda menuju kantor menjadi malapetaka yang membuat anda trauma untuk naik bis seumur hidup. Untungnya, penjahat dan trik yang mereka gunakan itu bisa dikenali dan dengan demikian anda bisa mengantisipasi apabila ada orang-orang yang memang mencurigakan di sekitar anda.

Penjahat yang Mencuri Barang

Mengenali Secara Fisik :
Biarpun ini kesannya jadi stereotyping, tapi tidak ada salahnya berhati-hati kalau anda menjumpai orang semacam ini di dalam bis kota. Entah kenapa, pada umumnya secara fisik mereka serupa.

1. Biasanya berusaha memakai baju yang terlihat rapi, tapi jatuhnya agak terlihat lusuh. Mungkin ini mereka lakukan supaya kamu mengira mereka orang kantoran.
2. Biasanya membawa tas punggung yang ditaro di depan.
3. Wajah mencurigakan. Nah ini agak susah sih. Karena biasanya yang bisa tau cuma yang udah berpengalaman naik bis aja.
4. Kalau orang ini baru naik bis terus tiba-tiba langsung turun lagi, kemungkinan dia penjahat.

Mengenali secara fisik saja sangat sulit. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan hal berikutnya.

Mengenali Lewat Modus:
Modus penjahat di bis itu ada banyak, tapi belakangan ini mereka sudah kurang variatif, sehingga kamu bisa mengantisipasi. Digabungkan dengan mengenali si penjahat secara fisik, berikut adalah hal-hal yang patut membuat anda curiga:

1. Masuk bergerombol, biasanya terdiri dari 3 orang atau lebih.
2. Orang ini mepet-mepet anda, padahal ada ruang lebih. Kalo ini terjadi, langsung menjauh
3. Dia maksa duduk di bagian dalam kursi, padahal itu sempit sekali. Mendingan anda langsung berdiri saja.
4. Tiba-tiba ada orang yang bagi-bagi brosur pemijatan alternatif, terus mulai mijet-mijet anda. Kalo ini sampai terjadi, LANGSUNG BERGERAK, kalo perlu langsung turun dari bis. Jangan lupa selalu konsentrasi ke barang bawaan anda.
5. Ada orang yang sok-sok kehilangan koin terus berusaha nyari koin di sekitar anda. Jangan terpengaruh, konsentrasi ke barang bawaan anda.
6. Ada yang tiba-tiba muntah. Itu adalah distraksi. Konsentrasi terus ke barang bawaan anda.
7. Apapun yang sifatnya berusaha menyentuh anda, hindari. Kuncinya adalah selalu konsentrasi ke barang bawaan kamu.

Yang paling sulit adalah penjahat yang mencuri dengan cara merobek tas anda. Ini biasanya dilakukan tanpa anda sadari. Oleh karena itu, saran Polisi sebaiknya anda selalu mendekap tas anda di depan.

Jelang Lebaran, Hati Hati Dengan Diskon

Diskon merupakan kesempatan bagi konsumen meraup manfaat dan keuntungan, yaitu mendapatkan barang-barang kualitas bagus dengan harga murah. Apalagi barang yang didiskon adalah barang-barang yang pas sekali dengan kebutuhan. Dari situ obral/diskon adalah peluang untuk melakukan penghematan.

Biasanya diskon dipromosikan lewat spanduk atau pamphlet menyolok, bahkan juga diteriakkan oleh pramuniaga cantik. Ya, sudah tidak rahasia lagi kecantikan senantiasa dijadikan alat menyihir konsumen oleh pengusaha. Sejumlah brand sengaja membuat ajang khusus semacam konsep festival guna menambah daya tarik. Dari sini yang semula hanya ikut-ikutan berkerumun, setelah melihat tingginya animo orang, terperosoklah ikut hanyut berbelanja.

Konsumen sering lupa diri melihat embel-embel diskon dan mengeluarkan uang untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya belum tentu dibutuhkan. Terkadang bahkan mengganggu kebutuhan lain terutama bagi pengguna kartu kredit, sering terjebak dalam bunga dan tagihan yang membengkak. Niat semula menghemat menjadi malapetaka.

Sebenarnya kalau dicermati program diskon ini berlangsung sepanjang tahun. Jadi istilah berburu diskon rasanya kurang tepat toh jika saat itu belum memungkinkan berbelanja masih ada kesempatan pada bulan berikutnya.

Ada banyak sekali istilah digunakan pedagang untuk mengadakan program diskon. Sebut saja cuci gudang untuk menyambut tahun baru di bulan Desember-Januari, Valentine di bulan pebruari, Gong xi fat chai, Diskon libur sekolah sementar Juli adalah back to school. Ada lagi , Agustus diskon menjelang kemerdekaan, September back to campus, Oktober-Nopember diskon ramadhan dan idul fitri serta Desember diskon Natal dan cuci gudang. Masih banyak lagi diskon selingan semacam ulang tahun pusat perbelanjaan, program promo, lounching produk baru dan sebagainya. Intinya, alasan diskon bukan hal sulit untuk dicari.

Diskon memang bisa menggiring orang bertindak lebih konsumtif dari sebelumnya. Konsumen sering termakan trik penjualan yang sebenarnya menjebak. Dengan kata-kata sakti seperti: Diskon 50%, 30%+20% bagi pemegang member card, 50%+20% diskon toko dan lain-lain. Apakah semua ini penipuan? Jawabnya tidak. Hanya saja konsumen kurang teliti dan kekurangtelitian ini dimanfaatkan oleh pengusaha.

Ahmad Gozali, perencana keuangan dalam bukunya cash flow for women menerangkan bahwa diskon yang ditawarkan sebenarnya bukanlah potongan harga, tetapi strategi penjualan dengan penambahan syarat dan ketentuan yang bisa membingungkan konsumen.

Seperti diskon bersyarat, beli gula pasir diskon 50% jika berbelanja RP 100.000. Konsumen beruntung membeli gula yang biasa dijual seharga Rp 13. 000 hanya membayar Rp 7.500. Padahal sebenarnya konsumen telah berbelanja Rp. 107.500 dikurangi diskon Rp 7.500 maka diskon keseluruhan cuma 1,92% dari keseluruhan belanjaan. Bahkan dengan belanja Rp 100.000 penjual sudah mempunyai laba menutupi diskon Rp 7.500 gula pasirnya yang mungkin kurang laku.

Masih ada lagi diskon bertahap, beli barang satu diskon 20% dan beli dua diskon 60%. Konsumen yang tidak hati-hati pasti mengira diskon 80%. Padahal kalau dihitung Cuma berdiskon 40%.

Kemeja 1 dengan harga Rp 100.000 diskon 20% menjadi Rp 20.000, kemeja 2 harga Rp. 100.000 diskon 60% jadi Rp 60.000. Total diskon Rp 80.0000 dari harga dasar 2 kemeja Rp 200.000 sama dengan diskon 40%.jadi diskon sebenarnya bukan 80%. Masih banyak trik diskon lainnya yang kelihatan sangat menggiurkan padahal hanyalah strategi pemasaran. Untuk itu, waspadalah.

Pakailah strategi cerdas untuk berburu diskon di belantara pusat perbelanjaan:
1. Pastikan barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai susah-susah memburunya hanya menjadi penghuni gudang atau malah menambah sesak ruangan di rumah yang sudah sempit.
2. Pastikan barang dalam kualitas prima, tidak rusak, tidak kadaluarsa, eks display atau rejected.
3. Pastikan harga yang didiskon tidak di-mark-up.
4. Cermati trik-trik diskon bersyarat yang membuat pengeluaran malah bertambah.
Intinya berbelanja pun perlu “kecerdasan” sikap, agar tidak dibodohi oleh trik diskon yang menjebak.

Selamat berburu, semoga sukses.

Sekolah Kesbang Buka Puasa Bersama Dengan Warga

Sekolah Kesatuan Bangsa Argomulyo Sedayu Bantul mengadakan silaturahmi dan Buka bersama dengan warga masyarakat di Gedung Kesbang Argomulyo, Sedayu 29 Mei 2017 pukul 17.00  Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolsek Sedayu Kompol Moch. Nawawi, SPd, Msi beserta staf, Danramil Kapt Inf Kusmin beserta Staf, Warga masyarakat RT 03 dan seluruh Rt dari Rt 01-08 Karanglo Argomulyo Sedayu, jumlah undangan kurang lebih 150 orang.

Sambutan dari Kepala Sekolah Kesbang Bapak Nur Ahmi  menyampaikan dalam kesempatan bulan romadhon ini kami dari bidang Menejemen Sekolah sengaja  mengadakan buka bersama dengan maksud bersilahturohmi mendekatkan diri bertatap muka secara langsung dengan warga masyarakat setempat dan unsur Muspika Kec. Sedayu.

Ustadz Marando Sihombing dalam ceramahnya mengambil tema “Keistimewaan Bulan  Suci Romadhon”. Bulan Romadhon adalah bulan penuh berkah yang mana pahala sunat adalah pahala wajib, sedang pahala wajib dikalikan hingga tak terbatas.

Ibadah puasa , semua amal anak adam adalah untuknya, kecuali Puasa, karena puasa  untuk Alloh sendiri yang akan membalas pahalanya, Baburoyan adalah pintu masuk surga bagi orang-orang yang berpuasa. (Saihumas Polsek Sedayu)

Safari Tarawih Keliling Muspida Bantul Di Masjid Al Firdaus Dusun Ngoto

Sewon, 29 Mei 2017, Kapolsek Sewon Kompol Subadi di dampingi oleh Bhabinkamtibmas desa Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi dan personil Polsek Sewon mengikuti kegiatan Safari taraweh keliling bersama Muspida Kabupaten Bantul.

Safari Tarawih keliling yang di laksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bantul kali ini bertempat di masjid al Firdaus yang beralamat di dusun Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul di hadiri oleh Bupati Bantul drs H Suharsono, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Bantul, muspika kecamatan Sewon, lurah desa Bangunharjo Yuni Ardi Wibowo,S.Sos ,anggoat DPRD Kabupaten Bantul dari fraksi Gerindra Enggar Surya Jadmiko,SE, pamong desa Bangunharjo, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Ustadz M Sholihuddin H menyampaikan bahwa takmir Masjid Al Firdaus mengucapkan selamat datang kepada bapak Bupati Bantul beserta rombongan dan ucapan terimaksih karena masjid Al Firdaus di tunjuk oleh pemerintah kabupaten Bantul untuk putaran pertama dalam safari tarawih keliling bersama pemerintah kabupaten Bantul.

Sholihuddin juga menyampaikan bahwa Masjid al Firdausi ini selain sebagi tempat ibadah juga sebagai tempat pendidikan terbukti sebanyak 30 santri dari berbagai daerah secara gratis menuntut ilmu dengan bimbimbingan dari ustadz yang berpengalaman, dan setiap harinya selalu ada kajian kajian, bedah buku yang di ikuti oleh berbagai kalangan dan profesi baik dari akademisi, aparatur pemerintah, pengusaha dan masih banyak lagi Imbuhnya.

Sementara itu bupati Bantul Drs H Suharsono menyampaikan bahwa Masjid Al Firdaus merupakan salah satu masjid yang patut di jadikan contoh karena memiliki toleransi yang tinggi terhadap kemajemukan yang ada, sehingga tercipta ukuwah islamiyah dalam konteks yang sebenarnya, jelasnya.

Mulai dari sini kita wujudkan masyarakatnya Bantul hidup dalam kedamaian, kesamaan dan kebersamaan yang sejati, saling menghargai, menghormati, dan mengasihi, saling menolong dan mengayomi, hidup dalam tolerasi yang tinggi dan mengenyahkan paham paham yang merusak persatuan dan kesatuan Bangsa

Oleh karena itu, masalah yang dihadapi dalam upaya membangun masyarakat Bantul yang benar-benar bersatu dan kuat dalam kemajemukan suku, agama, budaya, antar golongan, dan sebagainya dengan membentuk perilaku yang berwawasan luas dan berkesadaran tinggi dari masyarakat baik secara individual maupun secara kelompok tegasnya

Selesai sambutan Bupati Bantul drs. H Suharsono memberikan bantuan dari pemerintah kabupaten Bantul yang di terima secara simbolis oleh bapak Riyono selaku perwakilan dari takmir masjid al Firdaus. (Sihumas Polsek Sewon)

29 May 2017

Petasan Meledak, 3 Jari Tangan Gusnindar Putus

Pelajar SMP, Gusnindar M. Isnadi (13 tahun) warga Bakalan pedukuhan Sawahan Rt.09, Pendowoharjo, Sewon, Bantul menjadi korban petasan yang meledak di dalam kamar rumanhya, Senin, 29 Mei 2017 Sekira Pukul 10.30 wib.

Karena kejadian itu mengakibatkan 3 jarinya putus yaitu jari kelingking, jari manis dan jari tengah serta melukai kakinya, selanjutnya korban dilarikan ke Klinik Rahma mendika JI. Bantul kemudian dirujuk Rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul.

Kronologis kejadian, sekitar pukul 10.30 wib saksi paman korban Nugroho (35 tahun) yang sedang duduk santai di dalam rumahnya kaget mendengar suara ledakan hingga dinding bergetar. Kemudian saksi keluar rumahnya mencari sumber ledakan. Saat mencari sumber ledakan saksi melihat korban sudah berada di depan rumahnya minta tolong kesakitan.

Kapolsek Sewon, Kompol Subadi mengatakan, korban masih dalam kondisi shok dan dalam perawatan intensif  tim medis. Kami belum mengetahui secara pasti kronologi kejadian tersebut lantaran korban masih dalam kondisi kurang stabil. Jadi nanti kalau sudah stabil baru kita mintai keterangan," katanya.

Kapolsek menghimbau kepada para orang tua melarang putra putrinya tidak bermain petasan karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kapolsek berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita, jangan sampai kejadian ini terulang lagi, " tegas Kapolsek. (Sihumas Polsek Sewon)

Memasuki Bulan Ramadhan, Kapolsek Pleret Pantau Harga Sembako

Memasuki Bulan Ramadhan 1438 H, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama anggotanya melaksanakan patroli wilayah sekaligus memantau harga sembako serta barang-barang yang sudah kadaluarsa di pasaran, Senin (29/5/2017) pagi.

Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain Pasar Jejeran, Swalayan DM Pleret dan Swalayan Amanda Pleret. Dari hasil pantauannya diungkapkan bahwa sejauh ini kondisi kebutuhan pokok di wilayah Pleret masih aman dan harga masih relatif stabil.

Lebih lanjut Kapolsek Pleret mengatakan kegiatan ini dalam rangka pantauan  kebutuhan sembako dan kenaikan harga barang di pasaran pada bulan Puasa ini dan menjelang Lebaran nanti. Kapolsek berharap harga tetap normal. Apalagi menjelang lebaran ini, kebutuhan pokok masyarakat meningkat.

Menurutnya, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kestabilan situasi kamtibmas di masyarakat. Untuk itu pantauan perkembangan harga sembako akan terus dilakukan. (Siumas Polsek Pleret)

Sat Lantas Polres Bantul Tindak Tegas Truck Melebihi Tonase

Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Imam Bukhori, SH, SIK akan menertibkan dan menindak truk dan pick up yang bermuatan melebihi tonase. Menurutnya, truk bermuatan melebihi tonase merupakan salah satu faktor terbesar yang mengakibatkan rusaknya jalan raya.

"Akan kita berikan teguran terlebih dahulu, tapi apabila masih diulangi akan kita berikan tindakan tegas berupa tilang," katanya kepada Humas Polres Bantul, Senin, 29 Mei 2017.

Ditambahkannya, selain melanggar pasal 307 juncto pasal 169 UU No 22 tahun 2009 tentang tata cara pemuatan barang, daya angkut dan dimensi, mengangkut muatan barang melebihi tonase juga dapat mengancam keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas bagi pengendara lain.

Untuk itu Kasat Lantas menghimbau kepada sopir truk maupun pick up untuk mematuhi ketentuan berlalu lintas, sehingga rasa aman dan nyaman dalam berkendara bisa dirasakan diseluruh lapisan masyarakat.

“Saya sudah perintahkan anggota yang di lapangan, apabila melihat ada truk dan pick up bermuatan melebihi tonase untuk ditindak," tegasnya. (Humas Polres Bantul)

Dilarang Nyalakan Petasan

Kasubag Humas Polres Bantul AKP Leonisya Sagita, SIK menghimbau kepada warga masyarakat untuk mengawasi / melarang putra putrinya menyalakan Petasan. Karena selain mengganggu kekhusukan Umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, juga berbahaya terhadap keselamatan orang lain maupun diri sendiri.

“Mari kita bersama menjaga putra-putri kita agar belajar juga menahan diri, sesuai dengan ajaran dan hikmah dari datangnya bulan puasa ini”, ajak Kasubbag Humas.

Selanjutnya Kasubag Humas menjelaskan tentang Bahaya Petasan yaitu :

• Membahayakan keselamatan jiwa, kesehatan diri sendiri dan orang lain
• Dapat menimbulkan bahaya kebakaran
• Menjadi pemicu terjadinya tawuran warga / perkelahian / keributan
• Menganggu ketertiban umum
• Mengganggu kekhusukan beribadah

Dilarang menyimpan / menjual / membunyikan petasan dan bagi yang melanggar akan dikenakan ancaman pidana bagi para pelaku yaitu :

1. UU darurat no 12 th 1951 tentang senjata api & bahan peledak
a. Pasal 1 ayat 1 bagi yang membuat, menerima, memperoleh / menyerahkan , menguasai, mengangkut , menggunakan senjata api, amunisi atau bahan peledak tanpa hak dihukum mati atau hukuman penjara seumur hidup / penjara 20 tahun
b. Pasal 2 ayat 1 bagi yang membuat , menerima, menguasai , membawa, memiliki, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, menggunakan senjata api , senjata penikam atau senjata penusuk tanpa hak dihukum penjara 10 th

2. Pasal 188 KUHP barang siapa menyebabkan karena kesalahannya kebakaran, letusan dihukum hukuman penjara 5 th

3. Lembaran Negara No 41 th 1940 tentang pelaksanaan undang-undang bunga api 1939 pasal 2 :
a. Bagi yang membuat serta menjual, menyimpan , mengangkut bunga api / petasan yang tidak sesuai standard pembuatan dipidana kurungan 3 bln
b. Bagi yang membuat, menjual , memasang/ membunyikan bunga api / petasan dipidana kurungan 2 bulan.

Mari ciptakan bulan Ramadhan dengan suasana aman dan nyaman dengan tidak membakar petasan, polisi akan melakukan razia secara berkala dan yang tertangkap terbukti menjual / menyalakan petasan maka kami akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku, Tegasnya. (Humas Polres Bantul)

Agar Puasa Nyaman, Polsek Bantul Razia Petasan

Ratusan petasan berbagai ukuran dan korek api berhasil diamankan petugas Polsek Bantul saat menggelar razia petasan di wilayah Bantul, Senin, 29 Mei 2017 sekitar pukul 05.00 Wib. Petasan tersebut disita dari puluhan remaja yang sedang berkumpul di sepanjang Jalan Ringroad Manding, Lapangan Trirenggo dan lain lainya.

Kapolsek Bantul, Kompol Paimun, SH mengatakan, razia petasan yang dilaksanakan secara mendadak itu sempat membuat puluhan remaja lari kalang kabut. Kegiatan razia ini sendiri bertujuan untuk menciptakan suasana bulan Ramadan agar tetap kondusif.

"Hal ini sebagai salah satu upaya kami dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman menjelang bulan Ramadan," katanya.

Ia menambahkan bagi umat Islam, Ramadan menjadi bulan yang sangat mulia. Untuk itu kenyamanan dan keamanan kaum muslim dalam menjalankan ibadah puasa harus benar-benar terjaga.

Selanjutnya barang bukti berupa petasan dari kegiatan razia itu, diamankan ke Polsek Bantul untuk dimusnahkan. Sementara untuk remaja yang kedapatan membawa petasan, langsung diberikan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya.

Kapolsek Bantul juga menghimbau masyarakat agar tidak membuat, mengedarkan dan memperdagangkan petasan, karena selain membahayakan diri sendiri, petasan ini juga sangat membahayakan orang lain, " tegasnya. (Sihumas Polsek Bantul)

Kapolres Bantul Himbau Warga Ikut Jaga Kamtibmas Selama Bulan Ramadhan

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Bantul agar ikut menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan1438 H dengan melakukan sebagai berikut :

1. Agar organisasi massa (ormas) tidak melakukan sweeping selama bulan puasa. Bila ada yang melakukan sweeping, polisi akan bertindak tegas.

2. Meningkatkan kewaspadaan dan jangan panik pasca Teror bom kampung Melayu Jakarta. Masyarakat sangat dibutuhkan perannya dalam upaya antisipasi ancaman teror. Masyarakat dapat berperan aktif jika menemukan gelagat-gelagat mencurigakan dari seseorang/kelompok untuk melaporkannya ke kantor polisi terdekat.

3. Tempat hiburan malam seperti karaoke dalam hotel, kafe dalam hotel, bar dalam hotel, karaoke dan kafe hanya boleh buka 3 jam dari pukul 21.00 - 24.00 Wib setiap hari selama bulan puasa.

4. Tidak memproduksi, menjual dan membakar petasan atau sejenisnya yang dapat membahayakan keselamatan jiwa.

5. Tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penyakit masyarakat, menjual belikan miras, mabuk – mabukan, judi, prostitusi, pornografi, penyalah gunaan narkoba, pencurian dan kejahatan lainnya.

6. Hindari perilaku anarkis, fitnah, adu domba, kekerasan dan main hakim sendiri.

7. Tingkatkan kegiatan silaturahmi sesama warga dan hindari sikap permusuhan.

8. Meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan rumah tinggal masing – masing dan lingkungan sekitarnya terutama pada saat melaksanakan solat Tarawih.

9. Agar waspada terhadap pelaku kejahatan terutama pelaku pencurian kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 dengan senantiasa memarkir kendaraan pada tempat yang benar – benar aman dan gunakan kunci ganda.

10. Bilamana anda memerlukan bantuan Polisi silahkan hubungi pos kepolisian terdekat atau hub Call centre 110 atau Layanan pengaduan Polres Bantul (0274) 367570.

Diharapkan warga masyarakat mengindahkan himbauan ini agar puasa Ramadhan 1438 H benar – benar  khusyuk yang berimbas pada peningkatan amal ibadah kita pada bulan shaum ini. (Bag Humas Polres Bantul)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Bulan Juni 2017 Di Wilayah Bantul


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Juni 2017 adalah sebagai berikut :



NoHariTanggalJamTempat
I.Jumat2 Juni 201709.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
2.Sabtu3 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
3.Minggu4 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
4.Senin5 Juni 201709.00 - 12.00 Wib Kelurahan Mulyodadi
5.Selasa6 Juni 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Donotirto
6.Rabu7 Juni 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Pandak
7.Kamis 8 Juni 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Trimulyo
8.Jumat9 Juni 201709.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
9.Sabtu10 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
10Minggu11 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
11.Senin12 Juni 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
12.Selasa13 Juni 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Sendangsari
13.Rabu14 Juni 201709.00 - 12.00 WibKids funs Piyungan
14.Kamis15 Juni 201709.00 - 12.00 WibKelurahan Tamantirto
15.Jumat16 Juni 201709.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
16.Sabtu17 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
17.Minggu18 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
18.Senin19 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
19.Selasa20 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
20.Rabu21 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
21.Kamis22 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
22.Jumat23 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
23.Sabtu24 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
24.Minggu25 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
25.Senin26 Juni 201709.00 - 12.00 WibLibur
26.Selasa27 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
27.Rabu28 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
28.Kamis29 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan
29.Jumat30 Juni 201709.00 - 12.00 WibPos Pam Gabusan

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB,  Sabtu pukul 17.00 - Selesai dan Minggu pukul 08.00 - Selesai.
SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru, SIM Hilang dan apabila masa berlakunya habis tidak bisa dilayanani di SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

DTT SMDE Polres Bantul Serahkan Bantuan Renovasi Masjid Al Fatah Terong

Alumni Dikmaba Polri T.a. 2000 (DTT-SMDE) Polres Bantul menyerahkan bantuan Renovasi Masjid Al-Fatah di dusun Pancoran Rt 06, Terong, Dlingo, Bantul, Selasa, 23 Mei 2017 pukul 14.30 Wib. Bantuan yang diserahkan berupa uang sebesar Rp 8.150.000 dan material pasir serta finishing pengecatan senilai 4 juta.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ipda Ikhwan Wahyudi kepada Ketua Panitia Renovasi Masjid bapak Kemijo yang tidak lain juga sebagai Kaur Pemerintahan Desa Terong.

Bapak Kemijo mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Alumni DTT-SMDE Polres Bantul. 'Semoga dukungan yang diberikan ini akan bermanfaat dan menjadi amal ibadah seluruh Alumni,' tuturnya.

Sementara itu, Ipda Ikhwan Wahyudi mengatakan, bantuan yang diberikan ini merupakan dana infaq dari Alumni Dikmaba Polri T.a. 2000 Polres Bantul secara sukarela, katanya. (Humas Polres Bantul)

27 May 2017

Dua Pelaku Curanmor Di SSA Bantul Tertangkap

Unit Reskrim Polsek Jetis berhasil mengungkap kasus curanmor dengan menangkap 2 tersangka yaitu NB (31 tahun) dan WW (25 tahun) keduanya warga Tompean,  Tegalrejo Yogyakarta.

Kanit Reskrim Polsek Jetis Iptu Anar Fuadi, SH, Jumat (26/5/2017) kepada wartawan mengungkapkan, kejahatan itu dilakukan pada hari Kamis sore, 18 Mei 2017 di tempat parkir Komplek Stadion SSA Bantul saat pertandingan sepak bola antara Psim Djogja VS Persebaya. Kerena pencurian itu itu menyebabkan korban Yosa Lingga Ezio kehilangan sepeda motor Yamaha Mio kemudian melapor ke Polsek Jetis.

Iptu Anar Fuadi, SH menyampaikan pengungkapan kasus Curanmor ini bermula saat petugas mendapat informasi dari korban bahwa ada Sepeda Motor Yamaha Mio yang ciri cirinya sepertinya miliknya yang hilang mau dijual. Selanjutnya petugas bersama korban mengecek Sepeda Motor yang akan dijual tersebut di dusun Tompean, Tegalrejo dan ternyata benar sepeda motor tersebut miliknya.

Selanjutnya penjual sepeda motor yang dimaksud berinisial YJK dibawa ke Polsek Jetis untuk menjalani pemeriksaan. Di depan petugas YJK mengaku bahwa sepeda motor tersebut didapat dari tersangka NB dan WW. Begitu mendapat informasi tersebut petugas langsung melakukan penangkapan kepada kedua tersangka dan didepan petugas mereka mengakui kejahatanya.  (Sihumas Polsek Jetis)

Selamat Jalan Aiptu Trini Maryana Semoga Husnul Khotimah

Kapolsek Piyungan Kompol Tri Pudjo Santoso, SIP bertindak sebagai Inspektur upacara pemakaman secara dinas Kepolisian Almarhum Aiptu Trini Maryana NRP 66100296 di Pemakaman Umum dusun Stan Rt 02, Maguwoharjo, Depok, Sleman,  Sabtu, 27 April 2017 pukul 13.00 wib.

Adapun selaku Paup Iptu Budi Haryanto, SH, Dan Up  Ipda Maryono diikuti 4 Pleton Pasukan upacara dari Perwira jajaran Polres Bantul, Polwan Polres Bantul, Sabhara Polres Bantul dan Bintara Remaja Polres Bantul.

Dalam Upacara Pemakaman tersebut Irup membacakan Apel Persada serta Riwayat Hidup Singkat. Dalam amanatnya Kapolsek Piyungan berharap semoga amal ibadah Almarhum di terima Allah SWT serta di ampuni semua dosanya. Dan mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah memberikan dukungam baik tenaga, moral maupun spiritual kepada keluarga almarhum.

Almarhum adalah anggota Unit Lantas Polsek Piyungan meninggal dunia mendadak karena sakit pada hari Jumat sore tanggal 26 April 2017 saat menjalankan tugas.

Sebelumnya Almarhum bersama Aiptu Arif menangani dua kejadian lakalantas di jalan Wonosari wilayah Piyungan. Kemudian pada pukul 15.00 Wib setelah selesai menangani dua lakalantas tersebut, Almarhum melepas sepatu hendak berwudhu sholat Ashar di Pos tempat tugasnya.

Namun saat melepas sepatu itu tiba tiba almarhum duduk terkulai, tidak merespon ketika ditegur oleh Bripka Wasis. Selanjutnya Almarhum dilarikan ke rumah sakit, namun setiba di RS oleh dokter dinyatakan telah meninggal dunia. Diduga almarhum terkena serangan jantung mendadak. (Sihumas Polsek Piyungan)

Truk Kontainer Nyangkut Pohon, Jalan Stadion Sultan Agung Macet

Sebuah truk kontainer Nopol H 1764 FS tersangkut pohon Mahoni di Jl. Stadion Sultan Agung – Pleret tepatnya sebelah barat Warung Sate Pak Pong sehingga mengakibatkan kemacetan lalulintas, Sabtu (27/5/2017) pagi.

Salah satu saksi mata Agung Nugroho (40) warga Brajan, Wonokromo menuturkan bahwa truk kontainer tersebut melaju dari arah barat ke timur. Kemudian truk menepi ke sisi kiri menghindari rombongan para pejalan kaki yang sedang jalan-jalan pagi dari arah berlawanan. Tiba-tiba "mak krosak", badan kontainer (peti kemas truk) tersangkut batang pohon mahoni.

Sang pengemudi Kasriyanto (31) warga Kendal, Jawa Tengah mengaku menepikan truknya ke kiri untuk menghindari rombongan pejalan kaki. Ia menyangka pohon mahoni di kiri jalan itu memiliki batang yang lurus. Namun ternyata pohonnya doyong ke jalan sehingga nyangkut kontainer.

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama anggotanya datang ke lokasi kejadian membantu Tim Relawan (BPBD Bantul dan SAR Sultan Agung) mengevakuasi truk tersebut serta mengurai kemacetan lalulintas.

"Kejadian sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun truk menderita kerugian sekitar 5 juta Rupiah karena mengalami kerusakan (penyok) pada bagian atas truk", ungkap Kapolsek Pleret. (Sihumas Polsek Pleret)

Pengamanan Padusan Sambut Puasa Ramadhan 1438 H Di Pantai Parangtritis

Ribuan orang mengikuti tradisi padusan atau mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa dikawasan obyek wisata pantai parangtritis, Jum'at, 26 Mei 2017.

Acara tradisi padusan tersebut merupakan event tahunan yang dilaksanakan sebelum memasuki bulan puasa. Padusan ini sudah merupakan tradisi masyarakat jawa, mereka membersihkan diri dengan mandi ditempat sumber air agar saat menjalankan puasanya sudah bersih diri dan baik.

Untuk mengantispasi terjadinya gangguan kamtibmas dan mencegah terjadinya lakalaut, Kapolsek Kretek Kompol Salim menerjunkan seluruh anggotanya untuk mengamankan kegiatan ini dengan menempatkan anggota disimpul-simpul sepanjang jalan Parangtritis wilayah hukum Polsek Kretek untuk menjaga agar arus lalu lintas tetap lancar serta meningkatkan patroli di pantai menghimbau pengunjung agar tidak mandi ditengah laut.

Personil tidak henti-hentinya menghimbau pengunjung untuk tidak mandi dilaut terlalu jauh dari pantai karena itu sangat berbahaya, terlebih saat ini ombak sedang pasang, jangan sampai kita tidak jadi menjalankan ibadah puasa wajib di tahun ini.

Di waktu yang sama diselenggarakan juga kegiatan penentuan rukyatul hilal Bulan Dzulhijjah 1438 H di Markas POB Syeh Bela-Belu, Grogol X, Parangtritis, Kretek, Bantul, pukul 17.00 Wib.

Hadir dalam giat ini Kepala Kantor Kementrian Agama DIY, UII Yogyakarta, Kementrian Agama Kabupaten Bantul, MUI Yogyakarta, Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi, Iptu Nurgiyanti mewakili Kapolsek Kretek, Kepala KUA Drs Suryadi, Nahdzatul Ulama, Muhammadiyah, siswa MAN1 Wonosari dan siswa SMA IT Bantul.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakata. Data hisab menggunakan Algoritma ELP2000 dengan Sofware Starrynight Pro Plus 6.4.

Dalam rukyatul hilal tersebut telah mendapatkan hasil bahwa : Tinggi hilal rata-rata diatas 2 derajat, menurut sistim hisab, baik hisab Tadqiqi, hisab Tahqiqi dan hisab Taqirbi bahwa awal puasa baik NU, Muhammadiyah dan pemerintah berdasar sidang asbat untuk tahun ini puasa sama, yaitu dimulai pada Sabtu Pahing tanggal 27 Mei 2017.

Demi lancarnya rangkaian kegiatan tersebut personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan. Kegiatan berakhir pukul 18.00 wib,situasi aman dan terkendali.
(Sihumas Polsek Kretek).

Pengamanan Padusan Sambut Puasa Ramadhan 1438 H Di Banguntapan

Menjelang bulan suci Ramadhan, sebagian besar umat muslim mempunyai berbagai macam tradisi untuk menyambutnya. Salah satunya yaitu tradisi padusan.

Oleh karena itu untuk ketertiban dan kelancaran giat tersebut, Jumat tanggal 26 Mei 2017 mulai pukul 13.00 wib, Personil Polsek Banguntapan pengamanan tradisi tersebut di dua tempat yakni Waterboom Balong Potorono dan Galaxy water park Kalangan Baturetno Banguntapan, Bantul.

Pengamanan juga bertujuan untuk memberikan rasa aman serta menciptakan kenyamanan pada warga masyarakat yang melaksanakan tradisi padusan.

Padusan adalah mandi dengan niat membersihkan / mensucikan diri sebelum bulan Ramadhan. Mereka mensucikan diri dengan cara mandi keramas. Padusan diartikan mandi dengan maksud membersihkan / mensucikan diri agar dapat menjalani peribadahan di bulan suci Ramadhan dalam kondisi suci, raga dan pikiran bersih.

Di 2 lokasi padusan tersebut terpantau pengunjung sangat ramai. Petugas selalu menghimbau agar perhatikan /awasi keluarganya terutama anak anak dan barang bawaan masing-masing. Situasi aman tertib.

KAMI KELUARGA BESAR POLSEK BANGUNTAPAN MENGUCAPKAN "SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1438 H” (Sihumas Polsek Banguntapan)

26 May 2017

Tradisi Padusan Jelang Puasa Ramadhan Di Pantai Wilayah Sanden

Padusan bersihkan diri menjelang puasa Ramadhan masih menjadi tradisi sebagian masyarakat. Mereka mendatangi tempat-tempat pemandian untuk melaksanakan tradisi padusan. Di wilayah Kecamatan Sanden, berbagai tempat yang menjadi jujugan masyarakat diantaranya Pantai Samas, Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara.

Guna menjaga keamanan antisipasi lakalaut, jajaran anggota Polsek Sanden bersama anggota Polres Bantul, Sat Polair, SAR serta instansi terkait melaksanakan pengamanan tradisi ini di kawasan pantai selatan wilayah Sanden, Jum'at 26 Mei 2017 mulai jam 13.00 Wib.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, petugas melaksanakan patroli di sepanjang pantai Goa Cemara, Pantai Pandansari, dan Pantai Samas. Selain melaksanakan patroli petugas juga memberikan himbauan agar para pengunjung tidak mandi di laut sampai terlalu jauh, karena bisa membahayakan keselamatan dirinya. Tidak hanya di kawasan pantai, petugas juga ikut membantu pengamanan di TPR pantai  Samas dan TPR pantai Goa Cemara.

Terpantau sejak siang hari, sudah banyak masyarakat yang menuju pantai wilayah Sanden. Berdasarkan pantauan, sampai sore hari masih banyak masyarakat yang mendatangi pantai untuk melaksanakan tradisi padusan.

Petugas gabungan dari Polsek Sanden, Polres Bantul, Sat Polair, SAR, Pokdarwis, dan instansi terkait selalu melaksanakan penjagaan dan himbauan, sehingga tradisi padusan di wilayah Sanden berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Aiptu Ngadiman Cek Harga Pangan Di Desa Triwidadi

Jelang Puasa Ramadhan, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman didampingi Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto melakukan patroli sekaligus memantau harga bahan pangan di Pasar Sudimoro dan sejumlah toko klontong penyedia bahan pangan di wilayah Desa Triwidadi, Jumat (26/5/2017) jam 08.00 Wib.

Pengecekan dilakukan di Pasar Sudimoro Triwidadi yang merupakan satu-satunya pasar rakyat di Kec. Pajangan. Aiptu Ngadiman dan Aiptu Sunarto juga menyambangi beberapa toko klontong dan penyedian bahan pangan diantaranya, toko Bu Etik Trucuk RT 03, toko Nabila Trucuk  RT 06, toko Bu Rondiyah Polaman RT 02, toko Naura Polaman RT 04, toko Pak Wanto Butuh Lor RT 04, toko Barokah Jojoran Kulon RT 01, toko Bu Kasiman  Jojoran Kulon RT 02, toko Mugiyo Jojoran Wetan RT 03 dan terakhir di  toko Sunarto di Blabak RT 03 Desa Triwidadi Pajangan.

Harga bahan pangan yang mengalami kenaikan telor 1 Kg dari Rp 21 Ribu menjadi Rp 22 Ribu, Gula pasir/Kg Rp 12.500 menjadi Rp 13 Ribu dan bahan pangan lainnya masih seperti semula. Meskipun terjadi kenaikan harga bahan pangan namun tidak memperngaruhi perekonomian secara umum. Sedangkan untuk stok persediaan masih terpantau aman" tutur Aiptu Ngadiman setelah melakukan pengecekan harga bahan pangan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pengamanan Layatan di Dusun Manukan

Personil Polsek pajangan dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana mengamankan layatan di rumag duka Almh. Ibu Ngadinem (66 tahun) di Dusun Manukan RT 02 Sendangsari Pajangan, Jumat (26/5/2017) jam 13.00 Wib.

Almarhumah Ibu Ngatinem adalah Ibunda Brigadir Wahyudi anggota Unit Lalu lintas Polsek Kasihan. Alamarhumah meninggal hari Kamis (25/5) sekira jam 14.00 Wib karena sakit. Jenazah akan dimakamkan di pemakaman umum Dusun Manukan Jumat (26/5) jam 14.00 Wib.

Layatan dihadiri oleh Kanit Lantas Polsek Kasihan AKP Tukirin, H. Sapta Sarosa, S.Psi DPRD Kab. Bantul, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Toga, Tomas dan leting Brigadir Wahyudi.

Untuk memperlancar prosesi pemberangkatan jenazah Personil Polsek Pajangan bersama dibantu Linmas, Rapi dan Banser Kec. Pajangan melakukan pengaturan lalu lintas.

Hingga selesainya prosesi pemberangkatan jenazah situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Aiptu Heru Ajak Warga Pendowoharjo Meningkatkan Ukuwah Islamiyah

Babinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana mengahdiri kegiatan Haflah Akhirussanah dan Khotmil Quran di mushola Al Istiqomah dusun Diro Rt 56,  Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Kamis, 25 Mei 2016.

Kegiatan di mulai pukul 20.00 wib di hadiri oleh Lurah desa Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin S Pd I, Muspika Kecamatan Sewon, Tokoh Masyarakat, Karang taruna dan warga kurang lebih 500 orang.

Dalam sambutannya Aiptu Heru menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada warga yang pada intinya Umat Islam agar meningkatkan ukuwah islamiyah, Menjalin kerukunan antar umat beragama, saling menghargai, tepo seliro, dan selalu mengedepankan musyawarah dalam setiap menyelesaikan permasalahan serta bersikap hati - hati dalam menerima informasi melalui media terutama yang bersifat provokasi sehingga memecah belah kehidupan beragama dan bernegara.

Juga dihimbau kepada seluruh warga masyarakat dusun Diro untuk turut berperan aktif dalam menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat, serta jangan mudah terpengaruh isu isu yang menyesatkan, isilah bulan suci Ramadhan dengan kegiatan positif “ pinta Aiptu Heru.

Sementara Ustad KH. Sigit Nur Syahid dalam tausiyahnya menyampaikan Umat muslim patut bergembira dengan hadirnya bulan Ramadhan sebab bulan tersebut merupakan bulan ampunan, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan Alquran, bulan kasih sayang, bulan kesabaran, bulan taubat, serta bulan pembebasan dari api neraka. Juga bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh umat Muslim.

Bulan Ramadhan diperumpamakan sebagai tamu istimewa. Setiap tamu istimewa wajib diperlakukan secara istimewa pula. Tamu istimewa selayaknya disambut dengan sukacita serta memuliakannya. Bayangkan di tempat tinggal kita kedatangan presiden. Presiden adalah pejabat tertinggi pada sebuah negara yang wajib disambut dengan penuh rasa hormat. Dan menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Apalagi dengan menyambut Ramadhan.

Ramadhan lebih dari seorang presiden atau pejabat tinggi lainnya, sebab Ramadhan merupakan anugerah dari Allah Swt. yang nilainya sangat luar biasa. Ramadhan adalah waktu yang bisa dijadikan sebagai kesempatan bagi muslim untuk menyiapkan masa depan baik dunia dan akhirat secara sekaligus.

Untuk itu agar muslim bisa meraihnya diperlukan persiapan yang paripurna. Dengan demikian, target untuk mendapatkan gelar takwa serta mendapat janji Allah Swt. berupa terbebas dari siksa api neraka bisa diraih. (Sihumas Polsek Sewon)

Pelayanan SIM Keliling Di Halaman Polsek Pleret

Telah berlangsung Pelayanan perpanjangan SIM Keliling Polres Bantul di Halaman Mapolsek Pleret pada Jumat (26/5/2017) pukul 09.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut Bripka Martono sebagai petugas pelayanan SIM Keliling menyampaikan kepada para pemohon tentang tata cara dan persyaratan melakukan perpanjangan SIM.

Adapun syarat perpanjangan cukup mudah yakni mengisi blangko formulir perpanjangan SIM serta membawa fotokopi KTP Elektronik dan fotocopy SIM yang akan diperpanjang, SIM asli, surat kesehatan kemudian membayar biaya administrasi.

Pemohon juga dapat mendaftar secara on line di www.sim.polresbantul.com atau melalui portal sim.korlantas.polri.go.id. Sedangkan untuk jadwal perpanjangan SIM on line bisa dilihat di situs www.tribratanewsbantul.com.

Hari ini petugas SIM Keliling Polres Bantul melayani sebanyak 53 pemohon dengan rincian sebanyak 48 lembar SIM C dan 5 lembar SIM A. Selama pelaksanaan pelayanan SIM Keliling, berlangsung dengan lancar dan tertib hingga selesai pada pukul 11.30 WIB dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)

Selamat Jalan Almarhum Aiptu Supardi

Kabar duka dari Polsek Kretek, Aiptu Supardi NRP 60040658 Jabatan Anggota SPKT Polsek Kretek, meninggal dunia pada hari Kamis, 25 Maret 2017 pukul 14.00 Wib, di Rumah sakit Bhetesda Yogyakarta karena sakit.

Jenazah Almarhum Aiptu Supardi disemayamkan di rumah duka di Dusun Mancingan X RT 04, Parangtritis, Kretek,Bantul, dan dimakamkan pada hari Jum'at, 26 Mei 2017 pukul 14.00 Wib di pemakaman umum Makam Gede dusun Grogol X, Parangtritis, Kretek, Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sitiadi Sik MM Waka Polres Bantul Kompol Dhanang Bagus Anggoro, SIK, MH, para Perwira dan anggota Polres Bantul, Polsek Jajaran serta Bhayangkari datang melayat ke rumah duka.

Setelah proses terhadap almarhum secara agama Islam selesai, perwakilan pihak keluarga lalu menyerahkan jenazah Almarhum Aiptu Supardi kepada Polres Bantul untuk dimakamkan secara kedinasan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Almarhum Aiptu Supardi.

Bertindak sebagai Irup dalam Upacara Persemayaman di rumah duka adalah Kapolsek Kretek Kompol Salim. Sedangkan Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH MH menjadi Irup dalam Upacara Pemakaman di TPU Makam Gede dusun Grogol X, Parangtritis,Kretek.

Almarhum Aiptu Supardi merupakan lulusan Secata Milwa Polri tahun 1982/82, meninggal dunia dalam usia 57 tahun meninggalkan seorang istri serta 2 orang anak serta cucu. Selama mengabdi di Kepolisian, Almarhum Aiptu Supardi dikenal disiplin oleh rekan-rekannya,” jelas Kapolsek Kretek Kompol Salim ".

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi Sik MM dalam kesempatan tersebut, atas nama Keluarga Besar Polres Bantul mengucapkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban.

Semoga amal ibadahnya diterima dan seluruh dosa-dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu Wata’ala serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan dapat melanjutkan perjuangan almarhum. (Sihumas Polsek Kretek)

Liburan Kenaikan Isa Al Masih, Goa Selarong Tetap Aman Kondusif

Bamin Sihumas Polsek Pajangan Aipda Moh. Arin Ashudi melakukan pantauan Kamtibmas ke obyek wisata Goa Selarong Pajangan Bantul, Kamis (25/5/2017) jam 13.00 Wib.

Selama Liburan Kenaikan Isa Al Masih ini ada beberapa kegiatan di obyek wisata ini antara lain giat outbond dari TPA Al Furqon Jalakan Jigudan Triraharjo Pandak dengan 80 orang santrinya.

Menurut Sdr. Suratijo Kegiatan ini untuk penyegaran menjelang Bulan Ramadhan 1438 H. Outbond diisi dengan berbagai permainan, kita juga memperkenalkan kepada para santri bahwa Obyek Wisata Goa Selarong ini adalah sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah.

Selama kunjungan wisata di Goa Selarong terpantau dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pengawalan Pemindahan Tahanan Rutan Bantul Ke Lapas Wirogunan Yogya

Unit Sabhara Polsek Pajangan mengawal pemindahan (mutasi) tahanan Rutan Kelas II B Bantul ke Lapas Wirogunan Yogyakarta dan Lapas Narkotika Pakem Sleman, Rabu  (24/5/2017) jam 09.30 Wib.

Pengawalan dilakukan oleh Polsek Pajangan dan Petugas Rutan Bantul. Pemindahan ini untuk mengurangi kapasitas warga binaan Rutan Bantul dan dilakukan sesuai peraturan.

“Pemindahan didasarkan setelah para tahanan mendapatkan vonis Hukuman, lebih 1 Tahun akan dipindahkan ke Lapas Wirogunan dan tahanan khusus narkoba dipindahkan ke Lapas Narkotika di Pakem Sleman.

Ada 13 tahanan yang dipindahkan, 8 ke Lapas Wirogunan dan 5 ke Lapas Narkotika”, Jelas Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Bantul Fx Agus Subagya, S.H.

Pengawalan menggunakan kendaraan dari Rutan Bantul dan Patroli Polsek Pajangan, kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pajangan).

Pengamanan Giat Kenaikan Isa Al Masih Di Gereja Wilayah Jetis

Kamis 25 Mei 2017, sejumlah personil polsek Jetis di tempatkan di beberapa gereja dalam rangka pengamanan serangkaian kegiatan kebaktian Kenaikan Isa Al Masih.

Adapun gereja diwilayah polsek Jetis yang melaksanakan kegiatan tersebut antara lain GKJ Sumberagung yang memulai kegiatan pukul 07.00 WiB dipimpin Pendeta Saryanto Diikuti oleh ratusan jemaat dengan mengambil tema " Dipun Utus dadi Saksi" , .

Di GKJ Canden kebaktian kenaikan isa al Masih dilaksnakan sekira pukul 08.00 WIB dipimpin Pendeta Setiyono Sth diikuti oleh 70 jemaah.

Di GKJ Patalan yang merupaka gereja yang mempunyai jemaat dari imogiri, pundong di mulai pukul 08.00 WIB dengan dipimpin oleh Pendeta Yudo Aster S.Si  dari Gondokusuman Yogyakarta diikuti ratusan jemaat mengambil tema " Mempersiapkan menjadi Saksi".

Selama berlangsungnya kegiatan di tiga GKJ tersebut terpantau situasi aman tertib. (Sihumas Pilsek Jetis)

Kapolsek Pleret Bina Security Warung Sate Pak Pong

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH didampingi Kanit Lantas Ipda Moh. Widayadi Sanani bersama Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan menyambangi petugas Security di Warung Sate Pak Pong Jl. Stadion Sultan Agung, Pleret pada Jumat (26/5/2017) pagi.

Kunjungannya kali ini dalam rangka perkenalan sekaligus memberikan pembinaan kepada petugas Security dan memastikan kondusivitas wilayah hukumnya aman.

Pada kesempatannya Kapolsek Pleret memberikan pesan kamtibmas kepada petugas Security Warung Sate Pak Pong untuk selalu waspada dan hati-hati saat melaksanakan tugas, baik saat menjaga parkiran maupun menyeberangkan para pengunjung wisata kuliner Warung Sate Sak Pong. Selain itu disampaikan pula agar petugas Security selalu menjalin komunikasi dengan petugas Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas Wonokromo.

Giat pembinaan semacam ini setidaknya satu minggu sekali dilakukan kepada anggota Security dengan maksud dan tujuan agar anggota Security lebih paham bahwa mereka merupakan kepanjangan tangan dari tugas Kepolisian.

Harapannya dengan adanya giat semacam ini wilayah hukum Polsek Pleret benar-benar dalam keadaan aman, tertib dan kondusif, setidaknya dapat meminimalisir dari tindak kriminalitas. (Sihumas Polsek Pleret)

Kapolres Bantul Sidak Di Polsek Kretek

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM pada hari Jum'at tanggal 26 Mei 2017 pukul 08.00 wib adakan sidak ke polsek Kretek.

Maksud dan tujuannya untuk cek kesiapan jajaran polsek dalam laksanakan tugas kepolisian serta memperkenalkan diri secara langsung, sekaligus menyampaikan arahan dan kebijakan pimpinan.

Dalam sidaknya, Kapolres Bantul langsung cek kebersihan mako dan memberikan arahan yang kaitannya dengan hari hari libur, untuk itu seluruh anggota diharap senantiasa dalam keadaan standby siaga pantau perkembangan kamtibmas wilayah.

Terkait dengan tradisi padusan sambut bulan suci Ramadhan di Pantai selatan, Kapolres memberikan beberapa arahan pada anggota diantaranya, Laksanakan tugas pengamanan di pantai dengan iklas, tegas namun humanis.

Berikan pengertian kepada pengunjung pantai agar tidak mandi dilaut, arahkan petugas parkir agar tidak menimbulkan kemacetan, buat satu jalur arus pulang dari pantai. Tingkatkan patroli dan pertajam pantauan wilayah rawan. Dengan harapan dalam kegiatan ini berjalan lancar dan tidak timbul korban lakalaut serta kamtibmas tetap kondusif.

Kapolres juga memerintahkan kususnya Bhabinkamtibmas Parangtritis untuk senantiasa berkoordinasi dengan segala komunitas yang ada di Parangtritis, agendakan pertemuan rutin agar lebih cepat menyampaikan segala informasi.

Lebih lanjut Kapolres juga memberi motivasi pada anggota demi peningkatan kinerja polri ke depan. Sehingga terwujud apa yang jadi harapan masyarakat, polri yang dekat dengan masyarakat, profesional, humanis, dan lain lainya.

Tingkatkan kualitas kinerja anggota dalam melayani masyarakat. Selesai sidak, Kapolres didampingi Bhabinkamtibmas Aiptu Sukarso menyisir kawasan Parangtritis. (Sihumas Polsek Kretek)

25 May 2017

Pengamanan Misa Kenaikan Isa Almasih Di Sewon

Panit 1 Sabhara Polsek Sewon Iptu Susanto beserta anggotanya melaksanakan pengamanan serangkaian giat kebaktian dan misa dalam rangka kenaikan Isa Almasih 2017 di wilayah hukum Polsek Sewon, Kamis 25 Mei 2017.

Salah satu gereja yang melaksanakan giat tersebut adalah gereja Katholik Santo Martinus yang beralamat di jalan Imogiri Barat Km 7 Semail, Bangunharjo Sewon Bantul.

Digereja ini ditempatkan beberapa petugas untuk melaksanakan pengamanan dilokasi dan pengaturan arus lalulitas. Kegiatan ini bertujuan memberikan rasa aman serta menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya kegiatan perayaan peringatan kenaikan Isa Almasih.

Kegitan pengamanan oleh personil Polsek Sewon baik yang berseragam dinas maupun tidak berseragam dinas tersebut ditujukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Serta mewujudkan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sewon. Sehingga pelaksanaan kegiatan ibadah peringatan Kenaikan Isa Almasih dapat dilakukan dengan penuh hidmat imbuhnya.

Sementara iru petugas juga melaksanakan pengamanan kegiatan yang sama yaitu di Gereja Katholik Santo Martinus yang berada di Jalan Imogiri Barat Km 7, Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, dan gereja Kristen Baptis Saman yang terletak di Dusun Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul. (Sihumas Polse Sewon)

Sarasehan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 186

Sarasehan Peringatan Hari Jadi ke-186 Kabupaten Bantul tahun 2017 kali ini cukup spesial, karena diundang Profesor DR. Mahfud MD guru besar Ilmu Hukum Tata Negara UII Yogyakarta, mantan Menteri Pertahanan dan mantan ketua Mahkmah Konstitusi (MK) era Presiden Gus Dur sebagai nara sumber.

Menurut laporan Kepala Bapeda Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayanti, MT selaku Ketua panitia melaporkan bahwa sarasehan ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-186. Sarasehan di tingkat kabupaten sudah diawali dengn sarasehan di tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d 23 Mei 2017, setiap malam dilaksanakan di 6 kecamatan, dengan partisipasi yang cukup tinggi, rata-rata dihadiri oleh sekitar 100 orang. Selain itu di setiap kecamatan ditampilkan pula kesenian lokal dan menyajikan jamuan makanan lokal dari hasil bumi setempat.

Menurut Fenty diundang dalam acara tersebut sebanyak 500 orang terdira dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan, camat, lurah desa dan OPD dan Forkompinda Kabupaten Bantul.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, tambah Fenty, disampaikan rumusan hasil sarasehan di 17 kecamatan oleh Tim Perumus dalam bentuk " Semangat Makaryo Bangun Deso" yang terdiri dari 7 butir diantaranya Makaryo Bangun Deso dengan menggali dan menumbuhkembangkan nilai-nilai gotong royong masyarakat yang merupakan fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Membangun Kawasan Strategis dan pantai selatan untuk menyongsong Bandara NYIA, Menata dan Menyiapkan fasilitas kebersihan manuju Bantul yang bersih, indah, rapi dan nyaman serta empat butir lainnya.

Sementara Prof. DR Mahfud MD dalam paparannya diantaranya menyampaikan tentang keistimewaan DIY dari sejarah keistimewaan hingga tugas dan beban sebagai daerah istimewa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mahfud juga menguraikan tentang ancaman NKRI dari organisasi yang tidak mendukung keutuhan NKRI seperti oranisasi HTI yang ingin merubah NKRI menjadi sebuah negara khilafah yang berdasarkan satu agama di kawasan Asia Tenggara dan Australia.

Acara dimeriahkan dengan kehadiran dalijo dkk. yang cukup mengocok perut hadirin. (Bag Humas Polres Bantul)

Penilaian Lomba Jaga Warga Di Pos Kamling Dusun Dahromo I Pleret

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama Kanit Binmas Polsek Pleret Aiptu Supomo mendampingi Tim Penilaian Lomba Jaga Warga Kabupaten Bantul saat kunjungan di Pos Kamling dusun Dahromo I, Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Rabu (24/5/2017) pukul 20.30 WIB.

Tim penilai tersebut antara lain Sugiatno dari Bagpemdes Kab. Bantul, Sarwono dari Kesbangpol Bantul, F. Suwondo dari Sat Pol. PP Kab. Bantul, Serma Bahrudin dari Kodim 0729/Bantul, Srihardono dari FKPM dan Aiptu Juwanta dari Sat Binmas Polres Bantul.

Kedatangannya diterima langsung oleh Dukuh Dahromo I Marhadi bersama Kelompok Ronda dusun Dahromo I, Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Bripka Sudi Harsono dan Babinsa Koramil 07/Pleret.

Pada kesempatan tersebut Aiptu Juwanta menyampaikan bahwa dusun Dahromo I, Segoroyoso, Pleret, Bantul mewakili Kecamatan Pleret dalam penilaian lomba Jaga Warga tingkat Kabupaten Bantul.

Untuk itu kedatangannya bersama Tim dalam rangka silaturahmi dengan Kelompok Ronda serta untuk melihat langsung pelaksanaan jaga warga di dusun Dahromo I. Kelengkapan sarana dan prasarana di Pos Kamling, berikut administrasinya juga mendapat perhatian dari tim penilai.

Lomba ini merupakan upaya dari Pemerintah untuk memberikan semagat warga masyarakat dalam melaksanakan kegiatan jaga warga di lingkungan masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan Peraturan Gubernur DIY No. 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga. Jaga warga sesuai dengan Pergub dimaksud adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada. Adapun launching Jaga Warga akan dilaksanakan tanggal 30 Mei 2017 di DPRD DIY oleh Gubernur DIY.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pembinaan terkait kamtibmas oleh tim penilai, serta dialog bersama kelompok ronda mengenai situasi kamtibmas khususnya di dusun Dahromo I, Segoroyoso, Pleret, Bantul. (Sihumas Polsek Pleret)

Jelang Ramadhan, Petugas Gabungan Sita 206 Botol Miras

Petugas gabungan dari Polres Bantul, TNI dan Sat Pol PP Kab Bantul melaksanakan operasi cpta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan di wilayah Bantul, Rabu sore, 24 Mei 2017.

Dalam operasi tersebut petugas mendatangi kafe di Kasongan milik IY. Dikafe ini petugas menemukan barang bukti 8 botol bir.

Selanjutnya Petugas bergerak ke wilayah Pandak tapi tidak menemukan barang bukti. Dan terakhir di wilayah Mancingan petugas mendapat barang bukti sebanyak 198 botol merek proost beer dan mix max. Namun saat diadakan pnggerebekan pemilik berinisial S warga Desa Palbapang, Kecamatan Bantul tidak ada ditempat.

Semua barang bukti disita petugas beserta pemiliknya  akan dikenakan Perda Nomor 12 tahun 2012. (Bag Humas Polres Bantul)

Operasi Jelang Ramadhan, Polsek Imogiri Sita Puluhan Botol Miras

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Panit 1 Sabara Polsek Imogiri Iptu Sarim dibantu personil Polres Bantul melaksanakan operasi Cipta Kondisi memberantas pekat diwilayah Imogiri, Rabu, 24 Mei 2017 pukul 17.30 wib.

Dalam operasi tersebut petugas menangkap seorang pemuda pengendara sepeda motor Honda Grand No Pol AB 2563 NG yang dicurigai membawa minuman keras di jalan dusun Kujon Rt 05, Sriharjo, Imogiri, Bantul. Pengendara sepeda motor tersebut berinisial HK (24 tahun) warga dusun setempat.

Setelah diadakan pemeriksaan ternyata benar, petugas menemukan beberapa kardus berisi miras yang dibawa oleh HK dengan cara diboncengkan pakai keronjot di sepeda motornya.

Adapun kardus tersebut berisi 96 botol miras yang terdiri dari 60 botol anggur merah cap orang tua dengan kadar alkohol 19% dan 36  botol besar anggur koleson cap orang tua dengan kadar alkohol 19%.

Selanjutnya HK beserta barang bukti dibawa ke Polsek Imogiri untuk proses hukum lebih lanjut. (Sihumas Polsek Imogiri)

Tinjauan Wisata Baru Desa Guwosari Oleh Muspika Pajangan

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menghadiri rapat Koordinasi Destinas Obyek Wisata Desa Guwosari di RM. Ingkung Pandansari Dusun Santan RT 01 Guwosari Pajangan, Rabu (24/5/2017) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Bpk. Suharwanto S.T. Komisi C DPRD DIY Fraksi PAN (Narasumber),  Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., TKPK Kec. Pajangan Bpk Panji Pranowo, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Perwakilan Desa, Pamong Desa Guwosari, Dukuh Guwosari dan Pokdarwis di Kec. Pajangan.

H. Muh. Suharto, sangat mengharapkan potensi pariwisata di Desa Guwosari harus digalakkan dan ditingkatkan, guna menunjang perekonomian masyarakat Desa Guwosari, khususnya pelaku pariwisata.

Sedangkan Yulius Suharta, S.Sos M.Si mendukung penuh kegiatan pariwisata dan menggali potensi-potensi wisata baru di wilayah Pajangan. Sektor Pariwisata Pajangan harus ditingkatkan untuk kemajuan perekonomian masyarakatnya. Destinasi Pariwisata Pajangan perlu adanya kreatifitas baik itu kuliner, kerajinan bathok dan lainnya.

Suharwanto S.T. Komisi C DPRD DIY mengatakan harus dipetakan kelompok Pokdarwis mana yang antusias untuk pengembangan Pariwisata di Pajangan dan selanjutnya diberikan semangat dan suport.

Prakarsa Camat dan Pemerintah Desa agar disambut dengan baik oleh masyarakat. 1 maju lainnya pasti akan ikut maju. Usahakan Wisatawan bisa berlama-lama di wilayah kita. Rata-rata lama tinggal untuk saat ini di hotel 1,8 hari. Pajangan yang punya Budaya harus bisa membuat lama agar tinggal wisatawan di jogja. Jejaring sosial untuk promosi wisata sangat penting. Masing-masing obyek wisata harus bisa menciptakan kreatifitas, ikon dan ciri khasnya, sehingga memunculkan anggapan dari para wisatawan adanya ikon hanya di obyek wisata tertentu. Majunya obyek wisata tidak bisa serta merta perlu proses yang lama dan persatuan dan kesatuan dari masyarakat setempat serta adanya dukungan Pemerintah tentunya.

Pembahasan lainnya mengenai status jalan dari jalan Dusun menjadi jalan kabupaten, agar status jalan yang akan diajukan dijadikan satu dan tidak terpotong-potong dengan jalan RT sehingga Pemerintah  bisa melakukan pembangunan jalan. Mengenai alih fungsi lahan dari lahan kas Desa menjadi lahan untuk pengembangan Obyek Wisata harus mengajukan permohonan ke Gubernur DIY .

Selanjutnya tim melakukan kunjungan ke obyek wisata dan wisata baru di Desa Guwosari Kec. Pajangan. Pertama tim mengunjungu Wisata kerajinan Batok dan outbond Dusun Santan, Ingkung Kuali dusun Kalakijo, Pancuran noni-noni, pereng gunung dan Sumur Miring Dusun Kedung dan terakhir ke mata air telaga Santen Dusun Dukuh. Hingga selesainya rapat koordinasi dan dilanjutkan tinjauan obyek wisata dan wisata baru di Desa Guwosari berakhir jam 14.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)