30 June 2017

Cari Maling Sapi, Semalaman Ratusan Warga Ngrancah Kepung Lahan Tebu

Ratusan warga Padukuhan Ngrancah, Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri mengepung dua orang laki-laki tak dikenal yang hendak melakukan pencurian sapi di kandang kelompok ternak di Padukuhan setempat, Kamis, 29 Juni 2017 sekitar jam 19.20 Wib.

Menurut Kapolsek Imogiri, Kompol Riyono, SH sebelumnya, Saksi Sagino (83 tahun) memergoki dua orang laki-laki menuntun seekor ternak sapi milik Sukijo (65 tahun) di kandang sapi kelompok setempat.

Karena curiga, saksi langsung menegurnya namun malah kedua orang tersebut mengancam saksi dengan sebatang bambu sambil berkata “tak gebuk sisan Koe”. Karena merasa terancam, kemudian saksi lari sambil berteriak maling maling kemudian memukul kentongan.

Mendengar suara teriakan dan kentongan, warga langsung berhamburan keluar rumah, ramai-ramai menuju kandang kelompok,” jelas Kapolsek Imogiri.

Sadar aksinya diketahui warga, kedua orang pelaku langsung meninggalkan ternak sapi yang dicuri dan kabur melarikan diri masuk ke lahan tebu.

Ribuan warga yang berkumpul langsung mengepung area lahan tebu seluas dua hektar tersebut. Untuk berjaga-jaga, bahkan sebagian warga membawa senjata berupa pentungan dan sabit.

Beberapa jam melakukan penyisiran di sekitar lahan tebu, namun kedua maling tak kunjung ditemukan dan keluar dari kebun tebu. Emosi warga semakin tak terkendali dan lahan tebu itupun dibakar massa.

“Lahan itu ludes terbakar, kita belum tahu ini milik Madukismo atau perseorangan. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Bantul datang untuk melakukan pemadaman. Tetapi karena jangkauan yang sangat luas, pemadaman hanya dilakukan di beberapa titik tertentu,” tambah Kapolsek.

Sementara itu, guna mengantisipasi aksi main hakim sendiri oleh warga, aparat gabungan terdiri dari personil Polres Bantul, Polsek Imogiri dan Sat Pol PP Bantul diterjunkan ke lokasi kejadian. Namun hingga Jumat pagi, baik warga maupun petugas dari kepolisian belum berhasil menemukan kedua pelaku pencurian ternak sapi tersebut. (Sihumas Polsek Imogiri)

Jelang HUT 13 Paserbumi Gelar Pertandingan Persahabatan

Ka SPK Polsek Jetis Aiptu Wakidi pimpin pengamanan pertandingan persahabatan sepak Bola TroVeo Paserbumi, Kamis, 29 juni 2017  di Stadion Sultan Agung Jetis Bantul.

Saat di temui sihumas Polsek Jetis, Rumawan selaku lurah Paserbumi menyampaikan pertandingan yang diselenggarakan saat ini dalam rangka memperingati dan menyambut HUT ke 13 Paserbumi yaitu jatuh tanggal 08 Juli 2017.

Rumawan memberikan pesan kepada para pemain dengan inti bahwa pertandingan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara peserbumi yang berada di perantauan dengan yang berada di Bantul, di harapkan para pemaim dapat menjunjung sportifitas serta jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan karena pertandingan ini cuma bersifat ajang silaturahmi disaat bulan Syawal.

Pertandingan sendiri dipimpin Wasit : Wulan Hadi, Asiten Wasit 1 : Abiyasa,  Asisten Wasit 2 : Bagus Kurniawan pertandingan persahabatan ini denfan jeda waktu 30 menit dan berganti tim yang berlaga dilapangan SSA.

Adapun tim yang bertanding pada jam pertama antara Paserbumi Metropolis vs Paserbumi Jayakarta yang di menangkan Paserbumi Jayakarta dengan skor 2 vs 1.

Di Jam yang kedua Pertandingan Paserbumi Jayakarta vs Paserbumi Bantul di menangkan Paserbumi Bantul dengan skor 3 vs 0 Dan pada pertandingan ketiga antara Paserbumi Bantul vs Paserbumi Metropolis dengan skor 1-1

Pertandingan cukup meriah dengan disaksikan ratusan penonton dan simpatisan persiba dengan pengamanan sepenuhnya dari Personil Polsek Jetis. (Sihumas Polsek Jetis)

Jalur Parangtritis Padat, Petugas Pos Pam Kretek Sibuk Urai Kemacetan Lalulintas

Kapolsek Kretek Kompol Salim mengerahkan seluruh anggotanya melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas di jalur obyek wisata wilayah Kretek. Kamis, 29 Juni 2017.

Terpantau di pertigaan Pos Pam Ramadniya Kretek kususnya simpang tiga TPR Induk Parangtritis dari pagi hingga petang arus lalu lintas sudah padat. Puluhan petugas dari Polres Bantul, Polsek Kretek dan Polair mengatur arus kendaraan yang padat merayap untuk mengurai kemacetan.

Jumlah kendaraan yang melintas di jalur ini sangat padat sehingga membuat kemacetan, terlebih ditempat tersebut pusat penarikan restribusi yang akan ke Parangtritis juga merupakan jalur arus wisatawan yang akan menuju ke pantai Depok, sehingga petugas bekerja exstra untuk mengadakan pengaturan arus lalu lintas dan pelayaan kepada wisatawan.

Tidak sedikit wisatawan yang berhenti ditempat tersebut sekedar menanyakan jalur pantai Depok, sehingga hal tersebut tentunya akan menimbulkan kemacetan atau penumpukan kendaraan.

Untuk mengatasi hal tersebut Kapolsek Kretek Kompol Salim bekerja sama dengan petugas TPR mencapai kesepakatan bahwa disamping pemungutan restribusi kusus sepeda motor di alihkan ke TPR Trembis, Grogol X Parangtritis.

Seluruh pintu di TPR induk dibuka semua termasuk pintu keluar dialih fungsikan untuk pintu masuk.

Sehingga sejak tengah hari jalur setelah TPR Induk menuju Parangtritis diberlakukan satu arah, sedangkan jalur keluar dari obyek wisata parangtritis dialihkan melalui jalur Depok.

Kapolsek Kretek Kompol Salim mengatakan, kepadatan arus lalu lintas terjadi karena banyaknya kendaraan yang tidak ditunjang dengan lebar jalan yang ada. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh pengendara agar lebih berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas serta mengikuti arahan petugas. (Sihumas Polsek Kretek)

Pengamanan Goa Selarong

Personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan pentas Campursari di Obyek Wisata Goa Selarong Pajangan, Bantul, Kamis (29/6/2017) jam 11.00 Wib.

Kegiatan ini diselengarakan oleh Dinas Pariwisata Kab. Bantul untuk menyambut libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Dan juga sekaligus untuk memberdayakan potensi kesenian yang ada di Kab. Bantul dengan dipentaskan di obyek obyek Wisata unggulan Kab. Bantul, salah satunya Obyek Wisata Goa Selarong.

Diharapkan pentas Kesenian ini dapat menarik kunjungan wisatawan ke obyek wilayah Bantul. Goa Selarong sendiri sudah dikenal masyarakat luas sebagai tempat bersejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah Belanda.

Bapak Kuswanto koordinator dari UPK  Obyek Wisata Goa Selarong mengatakan “jumlah kunjungan ke Obyek Wisata Goa Selarong untuk hari ini lumayan banyak dibandingkan hari-hari biasa”, tuturnya.

Pengamanan ini dilaksanakan hingga jam 17.00 Wib, berakhir dalam situasi aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kapolsek Pajangan Berikan Semangat Anggota Pos Pengamanan Lebaran

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi arus balik lebaran, Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. melaksanakan pengecekan dan kontrol Pos Pantau  Sindon, Guwosari, Pajangan Bantul, Kamis, (29/6/2017) jam 13.30 Wib.

Kedatangan Kapolsek langsung disambut oleh Kapos Pantau Sindon Iptu Suhirno beserta anggota. Kepada Kapolsek dilaporkan bahwa  saat ini arus lalu lintas pemudik yang melewati jalur alternatif Pos Pantau Sindon masih sama seperti kemarin, belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Petugas tetap melakukan pengaturan lalu lintas disaat jam-jam ramai kendaraan yang melewati Pos Pantau ini.

Cek dan Kontrol Pos ini dalam rangka memberikan semangat dan Pengawasan serta Pengendalian dalam pelaksanaan tugas baik personil maupun kelengkapan alat pengatur lalu lintas saat terjadi penumpupkan atau kemacetan di sekitar pos.

Anggota agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan serta berikan pelayanan prima kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dengan mengedepankan 3 S yaitu Senyum, sapa dan salam ”, tegas Kapolsek. (Sihumas Polsek Pajangan)

29 June 2017

Pengamanan Kunjungan Barrack Obama Di Puncak Becici Dlingo

Ratusan personil gabungan terdiri dari Polda DIY, Polres Bantul hingga jajaran Polsek dibantu TNI dan instansi terkait lainya dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM mengamankan kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di Puncak Becici, Kecamatan Dlingo, Bantul, Kamis pagi, 29 Juni 2017.

Pengamanan dilaksanakan secara terbuka maupun tertutup dengan tetap memberlakukan pengamanan super ketat sesuai dengan standar pengamanan tamu kenegaraan.

Kapolres Bantul mengatakan, Sistem pengamanan sendiri dibagi menjadi 3 ring yaitu ring 1, ring 2 dan ring 3. Untuk pengamanan di Ring 1 dan Ring 2, selain melibatkan personel dari Indonesia, ada pengamanan dari Amerika Serikat, katanya.

Tak hanya pengamanan saja, sebelumnya juga telah dilakukan sterilisasi lokasi kunjungan oleh Gegana Polda DIY.

“Sementara ada kunjungan Obama, kawasan wisata untuk sementara disterilkan terlebih dahulu dari aktifitas wisatawan lainnya,” kata Kapolres Bantul.

Sementara itu pada pukul 10.45 Wib Barrack Obama beserta keluarga tiba di objek wisata Puncak Becici setelah menikmati indahnya Candi Prambanan. Mantan Presiden Amerika Serikat itu pun jalan kaki hingga puncak Becici menikmati panaroma Yogya dari ketinggian 380mdpl.

Merasa cukup menikmati pemandangan yang menyajikan hamparan Pantai Parangtritis hingga Candi Prambanan, rombongan Obama turun dari puncak dan melanjutkan perjalanan ke rumah makan Bumi Langit untuk makan siang. Situasi aman dan nyaman. (Sihumas Polsek Dlingo)

Rekayasa Lalu Lintas Di S4 Jejeran Jalan Imogiri Timur

Memasuki hari kelima libur lebaran, arus kendaraan yang melintas di S4 Jejeran Jl. Imogiri Timur masih cukup padat namun lancar. Kendaraan yang melintas masih didominasi plat luar Jogja.

Selain melaksanakan turlalin secara manual, petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasang pembatas jalan atau barikade di S4 Jejeran, Kamis (29/6/2017).

Arus kendaraan yang dari arah utara (Yogyakarta) diarahkan lurus ke selatan atau belok kiri ke timur. Sementara untuk arus dari selatan langsung lurus ke utara atau belok kiri ke barat (Jl. Stadion Sultan Agung). Sedangkan arus yang dari barat maupun timur langsung di belokkan ke kiri semua.

Ka Pos Pantau Wonokromo Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalin dan sifatnya situasional. Selain itu petugas juga tetap melaksanakan penarikan arus apabila terjadi antrean panjang kendaraan.

Disampaikan pula bahwa kepadatan arus kendaraan mulai terlihat pada H+1 lebaran, baik dari arah utara maupun selatan. (Sihumas Plsek Pleret)

Jalur Mangunan Padat, Polisi Sibuk Atur Arus Kendaraan

Kapolsek Dlingo AKP Sarjono, SH mengerahkan seluruh anggotanya melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas di jalur jalur obyek wisata wilayah Dlingo, Rabu, 28 Juni 2017.

Terpantau, di pertigaan Pos Pantau lebaran Mangunan puluhan petugas sibuk mengatur arus kendaraan yang padat merayap untuk mengurai kemacetan. Jumlah kendaraan yang melintas di jalur ini sangat padat sehingga membuat kemacetan di sepanjang jalan.

Kapolsek Dlingo mengatakan, kepadatan arus lalu lintas terjadi karena banyaknya volume kendaraan."Jumlah kendaraan tidak seimbang dengan lebar jalan yang ada," katanya.

Namun demikian kami telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas. Untuk itu, kami mengimbau seluruh pengendara untuk lebih berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. (Sihumas Polsek Dlingo)

Awas Bahaya Virus Malware Ransomware Petya

Diskominfo - Mohon dengan sangat!! Berikut pernyataan Dan infografis resmi dari Kemenkominfo.

Seperti yang diberitakan bahwa telah terjadi serangan ransomware bernama Patya ke sistem komputer di beberapa Negara di Eropa dan Asia Selatan. Serangan ini begitu massif dan telah menjangkiti sistem dan instalasi komputer di sejumlah Negara.

Ransomware ini harus saat ini juga diwaspadai dan diantisipasi. Dalam konsisi liburan ini saya menghimbau kepada penyelenggara sistem elektronik atau komputer maskapai penerbangan dan bandara untuk tetap terkondisi normal, jangan sampai terkena malware yang menyebabkan disfungsi sistem komputer untuk pelayanan publik himbau Menteri Kominfo Rudiantara.

2. Informasi :

a. Apa itu Petya ?

Ransomware Petya mengeksploitasi eksploitasi SMBv1 EternalBlue, sama seperti WannaCry yang memanfaatkan Sistem Operasi Microsoft Windows yang tidak melakukan patching dan update berkala - misalnya karena menggunakan aplikasi bajakan atau alasan untuk menghindari konflik sistem dengan in house application di perusahaan.

b. Bagaimana cara bekerja Petya ?

Belum diketahui dengan jelas mekanisme penyebarannya. Namun diduga mirip dengan Ransomware Wannacry yang dapat menyebar dan melakukan infeksi otomatis melalui jaringan lokal LAN dan internet (attachment email atau inject dari malware sites). Berdasarkan Security Advisory dari Microsoft, Ransomware Petya berhasil menyebar karena menggabungkan serangan sisi klien (CVE-2017-0199) dan ancaman berbasis jaringan (MS17-010).

c. Apa dampak dari Petya ?

Data akan terenkripsi pada komputer yang terinfeksi Ransomware Petya. Modusnya sedikit berbeda dengan Ransomware Wannacry, dimana Ransomware Petya akan melakukan proses booting secara paksa atau kalau tidak berhasil maka membuat sistem crash sehingga user mau tidak mau melakukan proses booting. Bila proses booting dilakukan, maka Ransomware Petya akan melakukan enkripsi terhadap Master Boot Record (MBR), File Allocation Table (FAT) dan Master File Table (MFT) untuk file system jenis NTFS. Sebagai akibatnya HDD tidak akan bisa diakses (terenkripsi). Oleh karena itu, apabila komputer yang dicurigai (target) telah menjadi korban sedang dalam keadaan menyala, sebaiknya segera dimatikan dan tidak melakukan booting sebelum dilakukan backup. Sedangkan bila dalam keadaan mati, agar dilakukan backup terlebih dahulu menggunakan Live Operating System yang dijalankan dari CD atau USB Drive.

d. Sudah sejauh mana penyebarannya ?

Ransomware Petya diketahui telah menjangkiti ribuan komputer dalam waktu singkat beberapa hari yang lalu di Ukraina. Kemudian menyebar ke seluruh Eropa terutama Perancis, Inggris dan akhirnya sampai ke Asia Selatan khususnya India, Pakistan dan juga dilaporkan Turki. Dari pemantauan online, sudah 250 ribu komputer terinfeksi dan dikhawatirkan jumlahnya akan meningkat karena sejumlah negara sedang musim libur musim panas dan lebaran seperti di Indonesia dan Malaysia.

e. Apa yang harus dilakukan agar kita tidak terkena ?

Mirip seperti Ransomware Wannacry, langkah pencegahan yang paling utama adalah BACKUP, BACKUP, BACKUP dan dilaksanakan secara rutin / otomatis. Satu backup bukan backup, dua backup tidak cukup, harus ada backup ketiga yang terpisah dari sistem yang hendak dibackup. Kemudian menggunakan Operating System dan Aplikasi orisinal yang memiliki fitur secara rutin / otomatis melakukan update / patch kerawanan keamanan. Selanjutnya menggunakan, mengaktifkan sistem proteksi dan secara rutin / otomatis update Anti Virus khususnya yang memiliki fitur Proteksi Anti Ransomware dan Anti Malware lainnya.

Lakukan backup semua data yang ada di PC / client / host maupun di Server khususnya File Sharing. Untuk keamanan, walaupun servernya menggunakan Linux, MacOS dll. Disarankan untuk membackup filenya juga ke external drive kemudian cabut external drive tersebut dan amankan di tempat lain. Apabila terhubung ke online cloud storage yang tersinkronisasi, maka putuskan hubungan untuk sementara sampai semuanya dipastikan telah aman.

f. Karena masyarakat pernah terekspos Ransomware WANNACRY, maka :

1) Apa bedanya ?

Berbeda dengan Ransomware Wannacry, proses enkripsi pada ransomware Petya terjadi setelah pengguna melakukan proses reboot / booting. Jadi jika sistem Anda terinfeksi Ransomware Petya dengan meminta uang jaminan dan komputer anda melakukan restart, jangan menyalakannya kembali karena itu adalah proses enkripsi. Jadi, jika Anda tidak menyalakannya kembali atau komputer anda masih dalam keadaan tidak aktif (off), maka data Anda akan baik-baik saja. Segera lakukan proses backup dengan menggunakan Live Operating System menggunakan CD atau USB Drive.

2) Apakah langkah-langkah untuk pencegahannya berbeda ?

Langkahnya hampir sama dengan Ransomware Wannacry, ada beberapa tambahan:

- nonaktifkan WMIC (Windows Management Instrumentation Command-line).

https://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa826517(v=vs.85).aspx (rch/kominfo)

Pengajian Halal Bihalal Warga Dusun Blabak

Aiptu Sunarto dan Bamin Sihumas Polsek Pajangan menghadiri undangan Pengajian Syawalan di Masjid Baiturrohim Dusun Blabak RT 02 Triwidadi Pajangan Bantul, Rabu (28/6/2017) jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri Kepala Dukuh Blabak Bpk. Endung Dasuki, Ketua Takmir Masjid Jumari, Ketua RT, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan warga Blabak.

Pengajian Syawalan diisi oleh H. Sapta Sarosa, S. Psi. DPRD Kab. Bantul yang menyampaikan bahwa halal Bihalal merupakan tradisi kita untuk saling maaf memaafkan, oleh karena itu taradisi ini harus kita langgengkan.

Nabi Muhammad SAW sebagai junjungan dan panutan kita sudah membuktikan adanya Surga dan Neraka. Kita harus sadar hidup di dunia hanya sementara akherat selama lamanya. Kita akan mati, perbanyak amal ibadah, amal sholeh kita dengan ikhlas agar bisa mendapat surganya Alloh SWT.  (Sihumas Polsek Pajangan)

Kapolres Bantul Cek Pengamanan Kunjungan Bebas Di Rutan Bantul

Kapolres Bantul Imam Kabut Sariadi, SIK, MM didampingi Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. dan Plh. Ka Rutan Bantul melakukan pengecekan pengamanan kunjungan bebas Lebaran di Rutan Bantul, Rabu (28/6/2017) jam 08.00 Wib.

Dalam kunjungan ini Kapolres Bantul mengecek fasilitas Rutan Bantul dan menyempatkan diri berbincang dengan warga binaan Rutan Bantul tentang hasil karyanya dari pembinaan ketrampilan Rutan Bantul sebagai bekal nantinya jika kembali ke masyarakat.

Kapolres Bantul Imam Kabut Sariadi, SIK, MM menghimbau kepada warga binaan agar nanti setelah keluar bebas menjadi lebih baik dan mengembangkan ketrampilan yang diperoleh selama di Rutan Bantul.

Warga binaan harus menjalani program pembinaan di Rutan Bantul ini dengan hati yang Ikhlas. Manusia tidak lepas dari segala kesalahan dan khilaf . “Kami harapkan warga binaan setelah keluar dari Rutan Bantul ini jangan sampai melakukan pelanggaran Hukum lagi, lakukan tindakan-tindakan yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat”, tuturnya.

Kunjungan hari ini merupakan kunjungan terakhir. Warga binaan dan tahanan titipan di Rutan Bantul saat ini berjumlah 177 orang. Kunjungan bebas terakhir ini banyak warga yang mengunjungi keluarganya untuk bersilaturohmi.

Pengamanan kunjungan bebas keluarga Rutan kelas II B Bantul selesai jam 14.00 Wib dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

28 June 2017

Pengalihan Arus Kendaraan Di Cinomati

Untuk mengurangi arus kendaraan yang melintas di jalur Cinomati, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama anggotanya serta Tim Relawan mengalihkan arus kendaraan ke jalur lain. Sebagian kendaraan dialihkan melalui jalur Piyungan-Pathuk atau memutar melalui jalur Imogiri. Pengalihan tersebut dilakukan di simpang tiga Cegokan, Wonolelo, Pleret, Bantul pada Rabu (28/6/2017).

Upaya ini merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan dan lakalantas yang sebelumnya telah disiapkan oleh petugas Sat Lantas Polres Bantul dengan memasang portal maupun rambu penunjuk arah jalan di simpang tiga Cegokan.

Kapolsek Pleret mengatakan bahwa kita ketahui kondisi jalur Cinomati merupakan jalur berbahaya yang banyak tanjakan dan berkelok. Sehingga apabila terjadi penumpukan kendaraan akan sangat beresiko, untuk itu sebagian kendaraan kita alihkan.

Sementara itu Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM saat melakukan pengecekan dan memantau arus kendaraan di simpang tiga Cegokan ini, menyampaikan bahwa pengalihan arus dilakukan secara situasional, oleh karena itu tidak semua kendaraan dialihkan. Dan ini upaya kita mengurangi arus kendaraan yang mau naik ke Dlingo melalui Cinomati.

"Disamping kelancaran dan kenyamanan, tentunya kita juga utamakan keamanan dan keselamatan para pengguna jalan", imbuh Kapolres.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul juga turut membantu turlalin dan melakukan imbauan serta menyampaikan pesan agar selalu berhati-hati bagi para pengguna jalan. (Sihumas Polsek Pleret)

Merampok, Seorang Pemuda Diamankan Di Polsek Kasihan

Seorang pemuda warga Turusan Rt 07 Banyuraden Gamping Sleman berinisial AS (26 tahun) tertangkap warga saat merampok rumah milik Sunarjoga Darma (49 tahun) di Perum Sinar Soto Sawah dusun Soragan Rt 007 Ngastiharjo Kasihan Bantul, Selasa 27 Juni 2017 pukul 14.00 Wib

Saat ini tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolsek Kasihan guna proses hukum. Adapun barang bukti yang berhasil diamakan petugas antara lain HP Merk Samsung S7 Warna Silver, Tas Phinil Warna Coklat, Uang 5000 Yuan,  3000 Dollar Hongkong, Tas Warna hitam, 7 buah jam tangan berbagai merk, 6 buah Flas Dish, Spm Honda City Sport-1 Nopol  AB 2936 GJ, 3 buah Dompet dan sebatang kayu.

Awal mula kejadian pada pukul 07.00 Wib korban pergi bersama pamannya bernama Xu Lianhe sedangkan anak korban yang pertama ditinggal dirumah sendirian. Setelah pulang, korban melihat sepeda motor diparkir didepan garasi, namun korban mengira motor tersebut milik teman anaknya. Tetapi begitu korban dan pamannya mau masuk rumah tiba tiba ada dua orang lelaki keluar rumah sambil menodongkan pistol kearahnya.

Korban curiga pistol tersebut cuma mainan, kemudian korban memberanikan diri mencoba menangkap pelaku sehingga terjadilah perkelahian, namun saat perkelahian itu pamannya terkena pukulan stik besi mengenahi dahi hingga berdarah dan tangan kanan memar. Tak lama kemudian warga yang melihat keributan tersebut berdatangan menangkap pelaku, namun teman pelaku yang membawa pistol berhasil kabur.

Dengan kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa 3 unit Laptop masing-masing merk  Asus, 2 buah Laptop merk HP, alat untuk melukis merk bambu, total kerugian Rp 14,5 juta.

Sedangkan paman korban mengalami kerugian berupa sebuah Handphone merk Samsung S7 warna Silver  dan sebuah tas phinil warna coklat berisikan uang tunai Rp. 3,5 juta, 5000 Yuan dan 3000 Dollar Hongkong. (Sihumas Polsek Kasihan)

Mandi Dilaut, 4 Wisatawan Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Empat orang wisatawan asal Desa Tepisari, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, terseret ombak pantai Parangtritis Kretek Bantul, Selasa, 27 Juni 2017 sekitar pukul 15.00 WIB.

Keempat korban masing-masing bernama Anisa Mawadah (18), Dinda Lestari (18), Wahyu Aziz (19) dan Sumardi (21). Keempatnya datang berombongan tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung menuju pantai untuk bermain air.

Tak lama kemudian korban Anisa, Dinda dan Wahyu terseret ombak ke tengah. Melihat hal tersebut, Sumardi bermasud menolong korban namun justru ikut terseret ke tengah.

Beruntung saat kejadian, sejumlah anggota SAR yang bertugas di pinggir pantai langsung terjun ke laut untuk memberikan pertolongan. Atas kesigapan anggota SAR Pantai Parangtritis, keempat korban berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Posko SAR.

Untuk korban atas nama Dinda dan Wahyu harus dilarikan ke Rumah Sakit karena terlalu banyak minum air dan dua korban lainnya hanya mengalami shock. (Sihumas Polsek Kretek)

Dini Hari Tadi, Kapolres Bantul Cek pos Pam Dan Pelayanan Lebaran

Dalam rangka memaksimalkan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2017, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM melaksanakan pengecekan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan diwilayah Bantul, Rabu, 28 Juni 2017 pukul 02.00 Wib. Adapun salah satu Pos yang di cek adalah Pos pengmanan lebaran di Piyungan.

Pengecekan ini guna meningkatkan pengamanan personil di lapangan yang melaksanakan pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 2017, agar masyarakat dapat merasakan kenyaman saat melaksanakan mudik.

Kapolres berharap, dengan dilakukannya pengamanan mudik lebaran yang melibatkan berbagai instansi terkait itu, berbagai permasalahan, baik gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan berbagai ancaman yang kemungkinan terjadi bisa diantisipasi.

Dengan begitu, tentunya masyarakat bisa merayakan lebaran Idul Fitri tahun 2017 ini dengan khidmat dan aman. (Sihumas Polsek Piyungan)

Kunjungan Bebas Keluarga Lebaran 1438 H Rutan Bantul

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. beserta anggotanya melaksanakan pengamanan kunjungan bebas keluarga Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Rutan Kelas II B Bantul, Selasa (27/6/2017) jam 08.00 Wib.

Hadir dalam pengamanan ini Plh. Ka Rutan Bantul  M. Ali Syeh Banna, Bc.IP., S.Sos, M.Si, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto, S.H., M.H. dan Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Bantul Fx Agus Subagya, SH. Pengamanan dilakukan oleh Polsek Pajangan, Koramil Pajangan, Sat Binmas Polres Bantul Polres Bantul dan petugas Rutan Bantul.

Kunjungan akan diadakan selama 2 hari yaitu hari Selasa (27/6) dan Rabu (28/6) jam 08.00 – 14.00 Wib, untuk pendaftaran hingga jam 13.00 Wib dan jumlah pengunjung tidak dibatasi. Pengunjung diberi waktu kunjung 1 jam disesuaikan dengan kondisi lokasi tempat pertemuan.

Kunjungan keluarga ini mensyaratkan, pengunjung mendaftar menggunakan identitas diri yang sah dan berpakaian sopan. Alat komunikasi, uang, barang terlarang, barang berbahaya dan barang yang mudah terbakar dilarang. Makanan dan minuman dalam kemasan diganti sendiri oleh pengunjung dengan plastik transparan dan dilakukan pengecekan oleh petugas Rutan. Pengunjung akan dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas.

Pengunjung laki-laki akan diberi tanda oleh petugas dan disematkan kartu kunjungan untuk mempermudah dalam proses keluar dan membedakan warga binaan dengan pengunjung. Sedangkan pengunjung perempuan tidak diberi tanda karena Rutan Bantul penghuninya laki-laki semua.

Jumlah warga binaan dan tahanan titipan di Rutan Bantul saat ini berjumlah 177 orang sedangkan jumlah pendaftar untuk kunjungan keluarga sebanyak 140 dengan jumlah pengunjung laki-laki, perempuan dan anak-anak sejumlah 885 orang.

Plh. Ka Rutan Bantul  M. Ali Syeh Banna, Bc.IP., S.Sos, M.Si meminta kepada pengunjung untuk memanfaatkan kunjungan bebas ini sebaik-baiknya dan mentaati peraturaan yang berlaku di Rutan Bantul.

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. mengatakan pihaknya bersama Koramil 18/Pajangan masih mampu mengamankan kunjungan keluarga ini. Apabila kami perlu bantuan akan kita sampaikan ke Polres Bantul. “Kepada pengunjung dihimbau untuk tidak membawa barang berbahaya seperti narkoba karena bisa menjadi temuan dan akan diproses secara Hukum”, tuturnya.

Kunjungan keluarga di Rutan kelas II B Bantul selesai jam 14.00 Wib, berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan)

Pengamanan Obyek Wisata Goa Selarong

Aipda Fendy Arman dan Polwan Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan pentas Jathilan Mudho Slamet Sri Mulyo di Obyek Wisata Goa Selarong Dusun Kembangputihan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (28/6/2017) jam 08.00 Wib.

Pengamanan Obyek Wisata Goa Selarong selama cuti bersama hari raya Idul Fitri 1438 H sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Kab. Bantul. Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman dan menjaga Kamtibmas Obyek Wisata Goa Selarong. Petugas Polsek Pajangan juga melaksanakan patroli jalan kaki di obyek Wisata Goa Selarong ini.

Menyambut cuti bersama hari raya Idul Fitri 1438 H Dinas Pariwisata Kab. Bantul menyelenggarakan serangkaian pentas Kesenian di Obyek Wisata Kab. Bantul salah satunya Obyek Wisata  Goa Selarong. Jathilan Mudho Slamet Sri Mulyo dari Kalidadap 2 Selopamioro Imogiri Bantul pimpinan Bapak Sarbini tampil dalam 2 babak laki dan perempuan, ratusan penonton menyaksikan pertunjukannya.

Dinas Pariwisata Kab. Bantul mengadakan pentas Kesenian ini bertujuan untuk memberdayakan potensi Kesenian di wilayah Kab. Bantul dan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Obyek Wisataunggulan di Kab. Bantul. Bpk. Kuswanto koordinator UPK (Unit Pelayanan Kerja) Obyek Wisata Goa Selarong dengan adanya pentas Kesenian Jathilan ini jumlah kunjungan mengalami peningkatan yang signifikan, kunjungan wisatawan hari ini sejumlah 700 orang dan kemarin 500 orang. “Esok hari Kesenian yang pentas berupa Campursari dari Kelompok Mudho Laras dari Kali Putih, Pendowoharjo, Sewon Bantul”, tuturnya.

Hingga selesainya pengamanan Obyek Wisata Goa Selarong, situasi dalam keadaan kondusif aman. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kaposek Pajangan Cek Pengamanan Di Goa Selarong

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. dan Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto, S.H., M.H. melaksanakan pantauan pengamanan Obyek Wisata Goa Selarong Pajangan Bantul, Selasa (27/6/2017) jam 10.00 Wib.

Pengamanan ditempat wisata ini dilakukan oleh anggota Polsek Pajangan dipimpin Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H dengan maksud memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang melaksanakan liburan lebaran di Goa Selarong.

Dilaporkan kepada Kapolsek bahwa pengunjung Obyek Wisata Goa Selarong meningkat dan sementara situasi kamtibmas masih kondusif aman.

Bapak Kuswanto koordinator UPK  Obyek Wisata Goa Selarong menjelaskan, hari ini Obyek Wisata Goa Selarong menggelar Kesenian Jathilan Kudho Manunggal dari Kalidadap I, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Dinas Pariwisata pada libur Lebaran dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan ke obyek Wisata Goa Selarong dan melestarikan Kesenian dan Kebudayaan di Kab. Bantul. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kapolsek Pajangan Sidak Ke Pos Pantau Sindon

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. dan Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto, S.H., M.H. sidak di pos Pantau Sindon Guwosari Pajangan, Selasa (27/6/2017) jam 11.30 Wib.

Sementara saat Kapolsek tiba di Pos Pantau, petugas gabungan Polisi, RAPI dan Komunitas SDS sedang mengadakan pengaturan lalu lintas di simpang 3 Sindon Dusun Iroyudan RT 06 Guwosari Pajangan Bantul.

Terpantau ditempat tersebut ada peningkatan arus lalu lintas, sehingga untuk memperlancar arus kendaraan petugas jaga Pos Pantau harus melakukan pengaturan lalu lintas.

Melihat hal tersbut Kapolsek mengapreasi kekompakan petugas jaga dalam melayani masyarakat mengantisipasi kemacetan lalulintas. Pesan kapolsek kepada petugas, jagalah kebersamaan dan tetap semangat melayani masyarakat yang melaksanakan lebaran.

Hingga selesainya kunjungan Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. dan Kasat Binmas di Pos Pantau Sindon situasi kondusif aman. (Sihumas Polsek Pajangan)

Menjambret Mahasiswi, 2 Pelajar Diamankan Di Polsek Bantul

Petugas Polsek Bantul mengamankan 2 pelajar yang melakukan penjambretan (Curas) di Selatan Perempatan Jonggrangan Babadan Bantul. Mereka berinisial RK (19 tahun) pelajar warga Ringinharjo Bantul dan HA (18 tahun) pelajar warga Bantul, Bantul.

Awal mula kejadian, saat korban Kamila Salsabela (20 tahun) Mahasiswi alamat Jl Veteran 43 Rt 03/10 Trimulyo I Kepek Wonosari Gunungkidul mengendarai sepeda motor Honda Beat AB 3883 BJ berboncengan dengan Tsabila Kemala Putri (15 tahun) melaju dari arah perempatan Jonggrangan keselatan bermaksud menonton Pasar Malam di Lapangan Ringinharjo Bantul. Namun sesampainya ditengah sawah dusun Gemahan korban dipepet oleh kedua pelaku dengan mengendarai Vario AB4463JJ dan langsung menjambret HP milik korban yang ada didasbor motor kemudian langsung tancap gas.

Melihat hal tersebut bapak korban, Kamalul Hayat (47 tahun) yang saat itu mengendarai mobil dibelakang korban langsung membuntuti pelaku. Sesampainya diperempatan Ringinharjo pelaku melambatkan laju kendaraanya. Pada kesempatan baik tersebut digunakan oleh bapak korban untuk menghentikan pelaku dengan cara menabrakan mobilnya ke sepeda motor pelaku dari belakang hingga roboh sambil teriak copet copet.

Mendengar teriakan copet copet, warga yang ada disekitar TKP langsung bergerak cepat mengamankan pelaku yang saat itu jatuh dari sepeda motor. Kemudian kedua pelaku dibawa ke balai Desa Ringinharjo dan menghubungi Polsek Bantul.

Saat ini kedua pelaku beserta barang bukti diamankan di Polsek Bantul untuk proses hukum. (Sihumas Polsek Bantul)

Hari Keempat Lebaran, Arus Kendaraan Di Simpang 3 Sindon Masih Mengalami Peningkatan

Kapospantau Sindon Polsek Pajangan Iptu Suhirno beserta anggotanya melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di simpul jalan Simpang 3 Sindon Dusun Iroyudan RT 06 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (18/6/2017) jam 08.00 Wib.

Iptu Suhirno menjelaskan pada lebaran hari ke empat ini di Simpang 3 Sindon arus lalu lintasnya mengalami peningkatan. Arus lalu lintas meningkat sekira jam 09.00 Wib, siang hari dan sore hari. Untuk memperlancar arus kendaraan, petugas jaga Pos Pantau melakukan pengaturan lalu lintas.

Dihimbau kepada pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Pengamanan Lebaran Operasi Ramadniya Progo 2017 di Pos Pantau Sindon Polsek Pajangan Polres Bantul hari ini selesai dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

27 June 2017

Kapolda DIY Bantu Dorong Mobil Mogok Di Jalur Cino Mati

Pada H+2 libur lebaran Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. H. Ahmad Dhofiri, M.Si didampingi Kasat Lantas Polres Bantul AKP Imam Bukhori, SH, SIK melakukan pengecekan di tanjakan Cinomati, Wonolelo, Pleret, Bantul pada Selasa (27/6/2017) siang.

Pada kesempatan tersebut Kapolda DIY memberikan motivasi dan semangat kepada petugas yakni dari Tim Relawan bersama anggota Polsek Pleret yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH saat berjaga di tanjakan Cinomati.

Saat melakukan pengecekan dan melihat langsung kondisi Cinomati, Kapolda DIY mengatakan kendaraan yang melintas kebanyakan dari luar kota. Mereka berpatokan dengan melihat peta melalui google map, sehingga jarak tempuh menuju kawasan wisata Dlingo terlihat lebih dekat. Namun mereka tidak mengetahui kondisi jalan yang sempit dan berupa tanjakan curam serta tikungan tajam.

Diharapkan para pengendara/pengemudi mengikuti petunjuk dari petugas. Sudah ada petugas di bawah sana yang memberikan petunjuk dan mengalihkan arus supaya tidak melalui Cinomati. Karena kalau kondisi padat tentunya sangat berbahaya. Sekali lagi jangan tergantung peta.

Selain itu Kapolda DIY bersama Kasat Lantas Polres Bantul juga turut membantu Tim Relawan mendorong mobil yang tidak kuat menanjak di Cinomati ini.

Menurutnya disini layak didirikan pos. Terima kasih untuk rekan-rekan Relawan dan jajaran petugas Polsek Pleret, ucap Kapolda DIY. (Sihumas Polsek Pleret)

Muhammad Afif Qomarudin Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Muhammad Afif Qomarudin (22 tahun) warga Sembungan, Taraman, Sidoharjo, Kabupaten Sragen Jawa Tengah terseret ombak laut Pantai Parangtritis, Senin sore, 26 Juni 2017. Beruntung nyawanya dapat diselamatkan oleh anggota SAR Parangtritis yang saat itu sedang melakukan pemantauan.

Menurut korban, kejadian itu berawal ketika dirinya tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 16.00 WIB. Dirinya mengaku datang ke Pantai Parangtritis bersama 6 orang untuk liburan.

"Saya sama korban dan satu lagi teman saya, Muhammad Miftahul Huda (15) langsung berenang di pantai," jelasnya. Namun saking asiknya dia tidak sadar dengan kedatangan ombak yang akhirnya menggulung Afif.

Melihat rekannya dalam ancaman, ia pun berusaha untuk menolong sementara temannya yang lain teriak meminta bantuan. Sejumlah Tim Sar Parangtritis yang saat itu berjaga-jaga di tepi pantai pun langsung terjun memberikan pertolongan.

Korban sempat tenggelam dan minum air banyak namun setelah mendapatkan perawatan medis keadaannya semakin membaik dan diperbolehkan pulang.

Korban ini berenang di daerah palung padahal peringatan atau himbauan terus menerus lewat pengeras suara setiap 1 jam dilakukan. Namun masih ada juga warga yang tidak mengindahkan.

Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Leo Nisya Sagita, S.I.K mengatakan, karakter Pantai Parangtritis mudah mengecoh para wisatawan yang suka bermain air laut. Di kawasan Pantai dengan kondisi ombak tenang justru berbahaya karena di bawahnya sering ada pusaran ombak, yang biasa disebut palung, mengancam keselamatan pengunjung.

Radius 200 meter ke kanan dan kiri palung merupakan kawasan berbahaya untuk renang. Posisi lokasi pusaran air pun berpindah-pindah dan paling lama semingguan lebih di satu posisi. "Kalau pas renang di posisi palung, alamat tak selamat karena lima menit saja pasti keseret," jelas Kasubag Humas.

Biasanya, pengungjung kebanyakan minggir bila diminta petugas, tapi setelah ditinggal petugas mereka berenang menjauh dari pantai lagi. Oleh karena itu kami berharap petugas untuk tidak bosan bosanya berpatroli di pantai, katanya. (Subag Humas Res Bantul)

Lebaran, Kapolres Bantul Sidak Pos Pam Dan Pantau Kepadatan Arus Kendaraan

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK. MM sidak ke beberapa Pos Pengamanan Ramadniyah di wilayah Bantul, Senin, Juni 2017 dengan mengendarai sepeda motor didampingi perwira lainya.

Selain menyidak pos Pam, Kapolres Bantul juga menyusuri jalur-jalur yang dipadati oleh kendaraan baik warga lokal maupun pemudik.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi lalu lintas di lapangan sekaligus untuk memantau petugas yang ditempatkan di sejumlah Pospam. Kapolres berharap kepada anggotanya baik di Pospam maupun di obyek-obyek wisata menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu, saat melakukan pantauan di Jalan Imogiri Timur, tim yang melakukan penyisiran juga menyampaikan himbauan kepada pengguna jalan untuk tidak melintas jalur Cinomati. Jalur yang menghubungkan antara Kecamatan Pleret dengan Dlingo tidak direkomendasikan untuk dilalui, khususnya warga yang belum mengetahui medan jalan karena rawan terhadap kecelakaan.

Sedangkan kondisi arus kendaraan baik di jalur mudik maupun jalur wisata pada hari kedua Lebaran ini masih terpantau lancar. Meski terdapat peningkatan volume kendaraan di sejumlah jalur, namun hingga kini belum menyebabkan terjadinya kemacetan. (Humas Polres Bantul)

Ruko Milik Poniman Terbakar

Sebuah ruko milik Poniman (44 tahun) di dusun Melikan Lor, Desa Bantul, Kecamatan Bantul terbakar, Senin, 26 Juni 2017 sekitar pukul 19.00 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena adanya konsleteing listrik di dalam toko tersebut.

Kapolsek Bantul Kompol Paimun, SH mengatakan, kejadian kebakaran pertama kali diketahui oleh anggota Polsek Bantul Bripka Yoga Amri Nugroho yang berjaga di Pospol simpang empat Klodran. Saat itu, saksi melihat ada kepulan asap membumbung tinggi dari barat Pospol tempat ia bertugas.

Melihat hal itu kemudian Bripka Yoga menghubungi petugas pemadam kebakaran dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Bantul. Tak lama berselang, petugas pemadam kebakaran dengan membawa dua unit mobil pemadam datang ke lokasi untuk memadamkan api. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena saat kejadian ruko dalam keadaan kosong.

“Dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik. Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp 10 juta,” jelas Kapolsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Sholat Idul Fitri 1438 H Kecamatan Pajangan Dilakukan Serentak Dan Aman

Saat berlangsungnya Sholat Idul Fitri 1438 H, Personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan di beberapa tempat wilayah Pajangan Bantul.

Pengamanan tersebut antara lain dilaksanakan oleh Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto dan Bamin Sihumas Polsek Pajangan Aipda Moh. Arin Ashudi mengamankan Sholat Idul Fitri 1438 H di Lapangan Voli Persada Blabak RT 03 Triwidadi Pajangan Bantul yang dihadiri oleh ratusan jamaah, Minggu (25/6/2017) jam 06.30 Wib.

Sebagai imam adalah bapak Sarbiran dan Khotib H. Adi Sunarya dari Kadireso yang menyampaikan umat Islam yang tidak menjalankan agamanya dengan baik maka tidak akan mencapai ketentraman dan rentan akan perpecahan.

Sedangkan Unit Sabhara Polsek Pajangan dipimpin oleh Aiptu Sugito mengamankan Sholat Idul Fitri di Masjid Gede Al Munir Dusun Iroyudan RT 03 Guwosari Pajangan. Imam dan Khotib dalam kesempatan ini Lurah Guwosari H. Muh. Suharto yang diikuti oleh ratusan Jamaah.

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana dibantu Polwan melaksanakan pengamanan Sholat Idul Fitri 1438 H di lapangan Kamijoro Sendangsari Pajangan. Bertindak sebagai Imam dan Khotib Ustadz Susilo dari Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Kasihan Bantul diikuti ratusan jamaah.

Kemudian pengamanan sholat Idul Fitri di Masjid At Taibiin Rutan Bantul oleh Kanit Provos Aiptu Basroni Achmadi, S.IP dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. beserta anggota lainya.

Pengamanan ini dilakukan bersama petugas Rutan Bantul dan Koramil Pajangan, Imam dan Khotib oleh Ustadz Muhammad Zahri dan diikuti ± 110 orang. Khotib dalam khotbahnya menyampaikan, agar kita saling mengingatkan untuk berbuat kebijakan untuk meraih kebahagiaan dunia dan akherat. Sedangkan untuk Remisi hari Besar ini Rutan Bantul memberikan Remisi bebas 1 orang, Remisi 30 hari 10 orang dan Remisi 15 hari 19 orang.

Untuk Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman mengadakan pengamanan Sholat Idul Fitri di SD Kaderesa Triwidadi.

Pelaksanaan pengamanan Sholat Idul Fitri di Kecamatan Pajangan berakhir jam 08.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. Selesai Sholat para Jama'ah saling berjabat tangan mohon maaf lahir dan batin. (Sihumas Polsek Pajangan)

Kapolres Bantul Sidak Ke Pos Pam Ramadniya Kretek

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut SariadiSIK.MM mengadakan kunjungan di pos pam Ramadniya Kretek,Bantul, Senin 26 Juni 2017 pkl 12.30 wib.

Kunjungan Kapolres Bantul kali ini didampingi oleh Waka Polres Kompol Dhanang Bagus Anggoro SIK MH, Kabag ops Kompol Jan Benjamin S.Sos.Msc, Kasat Sabhara AKP Agus Nuryanto S.Sos, Kasat Intel AKP Bayu Dewasta SH SIK, Kasat Narkoba Eka Wira Dharma Sibarani SIK.ST, Kasat Lantas AKP Imam Bukhori SIK. Dalam kunjungannya Kapolres Bantul mengendarai sepeda motor dinas dengan pengawalan dari Sat Lantas Polres Bantul.

Dalam arahannya Kapalres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK.MM menegaskan, seiring dengan meningkatnya jumlah pengendara baik roda dua maupun roda empat yang akan berwisata dikawasan pantai wilayah Kretek, agar seluruh anggota pos pam agar tidak boasan bosanya selalu melaksanakan pengaturan arus lalu lintas serta merekayasa agar tidak menimbulkan kemacetan atau penumpukan di depan TPR Induk Parangtritis.

Koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pengelola kawasan wisata yang ada diwilayah Kretek untuk berpartisipasi turut membantu Polri dalam memperlancar arus lalu lintas dan turut menciptakan kenyamanan wisatawan.

Jangan lengah, tetap dalam kewaspadaan baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Senantiasa laksanakan konsolidasi dan evaluasi setiap harinya, pengaturan waktu agar dikoordinasikan sesama anggota. Laksanakan tugas pelayanan masyarakat ini dengan penuh iklas dan bertanggung jawab,semoga ini merupakan amal ibadah kita.

Diakhir kunjungannya di pos pam Ramadniya Kretek, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK.MM bertempat didepan TPR Induk Parangtritis dengan menggunakan pengeras suara menyampaikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada pengunjung yang sedang memasuki pintu masuk Parangtritis.

Selesai mengadakan kunjungan di pos pam Kretek Kapolres beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju kawasan wisata pantai yang ada diwilayah Kretek. (Sihumas Polsek Kretek)

Pelaksanaan Shalat Ied Di Wilayah Pleret Pada Umumnya Aman Kondusif

Pelaksanaan Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H di wilayah Pleret pada umumnya berlangsung aman kondusif. Dalam hal ini Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH menempatkan personelnya di beberapa lokasi seperti Masjid maupun Lapangan yang digunakan untuk Shalat Ied, Minggu (25/6/2017) pagi.

Adapun Masjid atau Lapangan yang dilakukan pengamanan oleh Polsek Pleret antara lain :

1. Masjid Al Huda, Karanganom, Wonokromo, Pleret dengan Imam dan Khotib Bapak Tugiyono dari Karanganom, Wonokromo, Pleret.
2. Lapangan Bawuran, Pleret dengan Imam dan Khotib H. Tejo Suryanto.
3. Lapangan Wonokromo, Pleret dengan Imam dan Khotib Dr. H. Said Alhadi, M.Pd. dari UAD.
4. Lapangan Sultan Agung, Kauman Pleret dengan Imam Drs. H. Suyadi dari PHBI dan Khotib Ust. Toto Budi Santoso, S.Pdi dari UMY.

Kapolsek Pleret menjelaskan pengamanan ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga masyarakat yang hendak melakukan ibadah Shalat Ied.

Menurutnya pengamanan dilaksanakan dengan skala prioritas, yakni di Masjid atau Lapangan yang memiliki tingkat kerawanan seperti lokasinya di pinggir jalan raya serta jamaah yang cukup banyak. (Sihumas Polsek Pleret)

Pengamanan Shalat Ied Di Masjid Al Huda Karanganom Wonokromo Pleret

Kanit Sabhara Polsek Pleret Ipda Dalhari bersama Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan melaksanakan pengamanan Shalat Ied di Masjid Al Huda Karanganom, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Minggu (25/6/2017) pagi.

Pada pelaksanaan Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H di Masjid Al Huda ini untuk Imam dan Khotib oleh Bapak Tugiyono dari Karanganom, Wonokromo, Pleret.

Dalam khotbahnya Bapak Tugiyono menyampaikan bahwa kita telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Sehingga pada hari kemenangan Idul Fitri ini, kita seperti terlahir kembali yaitu kembali suci/kembali fitri karena puasa kita pada bulan Ramadhan telah disempurnakan dengan zakat fitrah. Untuk itu mari kita semua saling memaafkan dan bertaubat kepada Allah SWT. Semoga kita menjadi manusia yang bermartabat.

Selama pelaksanaan ibadah Shalat Ied berlangsung lancar dan tertib, hingga berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)

Pengamanan Sholat Idul Fitri Di Lapangan Sultan Agung Pleret

Polsek Pleret melaksanakan pengamanan pada pelaksanaan Shalat Ied di Lapangan Sultan Agung, Kauman, Pleret, Pleret, Bantul dan berlangsung aman kondusif, Minggu (25/6/2017) pagi.

Sejak pukul 06.00 WIB ribuan jamaah yang berasal dari wilayah Kecamtan Pleret dan sekitarnya telah memadati Lapangan Sultan Agung untuk melakukan ibadah Shalat Ied pada Idul Fitri 1 Syawal 1438 H ini.

Imam pada Shalat Ied kali ini adalah Drs. H. Suyadi dari PHBI Pleret. Sementara Khotib oleh Ust. Toto Budi Santoso, S.Pdi dari UMY. Pada Khotbahnya seusai Shalat Ied, Khotib Ust. Toto Budi Santoso, S.Pdi menyampaikan beberapa hal pesan moral setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan, antara lain :

Pertama, Ibadah puasa Ramadhan melatih kita untuk selalu berbuat sabar. Bersabar untuk tetap berada pada jalan yang benar dan bersabar dalam menghadapi penderitaan-penderiataan hidup.

Kedua, Ibadah puasa Ramadhan mendidik Umat Islam untuk selalu tetap istiqomah dalam jalan taqwa. Bahwa seluruh prilaku seyogyanya selalu berada dalam naungan keridhoan Allah SWT, dengan cara melakukan hal-hal yang diperintahkan-Nya dan menghindari diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak dibenarkan oleh ajaran agama Islam.

Ketiga, Ibadah puasa Ramadhan adalah melatih kita untuk ikhlas, yang semata-mata karena keridhoan Allah SWT. (Sihumas Polsek Pleret)

Selama Liburan Lebaran, Personil Polsek Pleret Distanbykan Di Jalur Cino Mati

Pada musim libur lebaran jalur Cinomati mengalami peningkatan arus kendaraan. Sebagian besar kendaraan yang melintas akan berwisata ke kawasan Dlingo. Tidak hanya kendaraan berplat Jogja, namun banyak juga dari luar Jogja.

Jalur yang menghubungkan Kecamatan Pleret dengan Kecamatan Dlingo ini menjadi pilihan bagi sebagian wisatawan sebagai jalur shortcut menuju kawasan wisata Dlingo maupun Gunungkidul. Namun jalur yang terletak di Desa Wonolelo, Pleret ini merupakan jalur perbukitan yang banyak tanjakan dan tikungan tajamnya sehingga rawan terjadi lakalantas.

Oleh karena itu, selama liburan kebaran ini, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH menempatkan anggotanya di jalur Cino mati bergabung bersama-sama Tim Relawan memandu para pengendara/pengemudi melintasi jalur ini guna mengantisipasi kendaraan-kendaran yang tidak mampu menanjak saat melintasi jalur Cino Mati (lakantas), Senin (26/6/2017).

Kapolsek Pleret mengatakan, "terpantau beberapa hari ini, sebagian besar mobil pribadi dan sepeda motor yang belum tahu medan tidak mampu menanjak. Petugas pun dengan sigap langsung membantu mengganjal ban menggunakan balok kayu dan mendorong kendaraan-kendaraan tersebut naik ke atas", imbuh Kapolsek.

Sementara itu Ahmad Furqon salah satu Tim Relawan dari FPRB Wonolelo mengatakan bahwa tim relawan akan standby di tanjakan Cinomati hingga H+7 lebaran nanti.

Adapun tim relawan yang standby di Cinomati antara lain FPRB Wonolelo, RTC Terong, LPMP Pleret, SAR DIY, TRC Rapi Piyungan. FPRB piyungan, FPRB Srimulyo Piyungan dan SAR Sultan Agung Pleret. (Sihumas Polsek Pleret)