31 August 2017

Acara Wedang Ronde ADI TV Di Goa Selarong

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. bersama Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. dan Babinsa Koramil Pajangan Serda Suratmin menghadiri dan mengamankan jalannya siaran off air ADI TV acara “Wedang Ronde” di Obyek Wisata Goa Selarong Dusun Kembangputihan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu (30/8/2017) jam 19.00 Wib.

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul Komisi A, Endro Sulastomo, S.H. dan Heru Sudibyo, S.Sos., M.M., DPRD Kab. Bantul Komisi B H. Bibit Rustamta, S.H. dan Widodo, A.Md., Kasubag Keuangan Desa Administrasi Pemdes Suparwanto, SIP, Perwakilan OPD, Dukuh Kembangputihan Sulisman. Bpk. Dalijan pemilik RM. Ingkung Cangcut Tali Wondo Mbah Kentol. Masyarakat Dusun Kembangputihan, Kentolan Lor, Desa Guwosari dan sekitarnya yang hadir dan menyaksikan acara ini sejumlah ± 200 orang.

Acara dipandu oleh Juned, Fis Band, Beni, Titik, Gareng Dkk dan Penanggung jawab acara Fauzan Arafat Siahaan. Sejumlah sponsor ikut membantu acara ini, Ingkung Cangcut Tali Wondo Mbah Kentol, Katering Mataram dan Indocafe Cappucino.

Dalam pengambilan gambar untuk Komisi A membicarakan masalah Penggunaan Dana Desa untuk penggunaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Bpk. Heru mengatakan, “BUMDes harus berbadan Hukum dan dilindungi Hukum, BUMDes bisa digunakan untuk pengembangan usaha-usaha di Desa, bisa bermacam-macam bentuk”, tuturnya.

Sedangkan Bpk. Endro menyampaikan, “Dana Desa (DD) ibarat orang mancing adalah kail, Pemerintah memberikan kail bukan ikan. BUMDes ini bisa digunakan untuk fasilitas olahraga, pengembangan Produk Unggulan Desa juga infrastruktur Desa, yang hasilnya bisa menambah pendapatan Desa”.

“Kades dan Pamong harus transparan dalam menggunakan dana Desa. Masyarakat harus ikut mengawasi penggunaan dana Desa tersebut agar benar dan tidak terjadi penyelewengan”, imbuhnya.

Dalam pengambilan gambar untuk Komisi B disampaikan mengenai pembentukan Desa Wisata dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sebagai penunjang kemajuan Obyek Wisata tertentu. Usulan pembentukan Desa Wisata dan Pokdarwis misalnya Desa Wisata dan Pokdarwis Goa Selarong maupun lainnya harus atas usulan warga setempat ke Dinas terkait. Potensi Wisata digali dan dikembangkan oleh Pokdarwis dan sebagai pelaksananya adalah Desa Wisata. Fasilitasi dari Pemerintah berupa pembinaan-pembinaan untuk kemajuan Pokdarwis maupun Desa Wisata.

Pelestarian alam khususnya tanaman yang besar dan ada di Obyek Wisata tidak lepas dari keterkaitan suatu Obyek Wisata. Pokdarwis , Desa Wisata dan pengelola Wisata maupun masyarakat wajib menjaga dan merawat agar tetap lestari. "Pohon besar di Obyek Wisata semisal di Goa Selarong ini jangan sampai ditebang, harus dijaga dan bila perlu ditambah", tutur Widodo. A.Md.

Acara shoting off air acara Wedang Ronde ADI TV di Goa Selarong selesai jam 22.10 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Liburan Idul Adha 1438 H, Polsek Pleret Dirikan Pos Pantau Di Tanjakan Cinomati

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH beserta anggotanya dan Tim Relawan dari BPBD Bantul, FPRB Wonolelo dan RTC mendirikan Pos Pantau di Jalur Cinomati, Wonolelo, Pleret, Bantul pada Kamis (31/8/2017).

Pendirian Pos Pantau di tanjakan Cinomati ini guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi para pengguna jalan yang melintasi jalur tersebut selama masa libur Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Selain itu juga untuk membantu serta memandu kendaraan-kendaraan yang tidak mampu menanjak.

Jalur Cinomati merupakan jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Kecamatan Pleret dengan Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jalur tersebut biasa ramai dilintasi kendaraan yang hendak berwisata ke kawasan Dlingo pada musim liburan.

Kapolsek Pleret mengatakan selama tiga hari akan disiagakan personel dari Polsek Pleret bersama tim gabungan dari Relawan.

"Kita siagakan personel disini (Cinomati) baik Polsek Pleret, Relawan maupun tim penggajal ban mulai hari Jumat s/d Minggu (tanggal 1 s/d 3 September 2017)", kata Kapolsek Pleret.

Diharapkan agar para pengguna jalan tetap berhati-hati saat melintasi jalur Cinomati serta mengikuti papan peringatan atau pentunjuk yang sudah ada.

Disampaikan pula dalam mendukung kelancaran pengamanan ini, polisi melakukan kerjasama dengan PLN Bantul untuk pemasangan trafo dan instalasi listrik sebagai sarana penerangan selama pelaksanaan Pos Pantau. (Sihumas Polsek Pleret)

Penyuluhan Bahaya Narkoba Kepada Perwakilan Pelajar SMP Dan SMA/SMK Se-Sanden

Pemerintah Kecamatan Sanden bekerjasama dengan Polres Bantul, Polsek Sanden dan Puskesmas Sanden melaksanakan penyuluhan bahaya narkoba kepada perwakilan pelajar SMP/MTs, SMA/SMK se-Sanden. Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Kecamatan Sanden, Selasa (31/8/2017) pukul 09.30 Wib.

Kegiatan dihadiri KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Dedi Tunandi, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, dr Prima Dita dari Puskesmas Sanden, Kasi Trantib Kecamatan Sanden, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana dan seluruh anggota Bhabinkamtibmas, perwakilan pelajar pengurus osis SMP/MTs, SMA/SMK se-Kecamatan Sanden.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta berpesan agar peserta mengikuti penyuluhan dengan baik dan hasilnya disosialisasikan kepada temannya di sekolah, agar pelajar di Sanden terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Dedi Tunandi yang menjadi narasumber mengajak kepada pelajar untuk menghindari perbuatan yang bisa menyebabkan bermasalah dengan hukum, salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba dan psikotropika. Apabila remaja sudah tersandung permasalahan hukum, bisa mengakibatkan masa depan menjadi suram, kata Iptu Dedi.

Jangan sampai ada pikiran untuk mencoba Narkoba, baik narkotika, psikotropika maupun minum minuman keras. Sekali mencoba akan ketagihan karena sifat Narkoba adalah menstimulus agar mengunakan lagi, lagi dan lagi, imbuhnya.

Sedangkan dr Prima Dita dari Puskesmas Sanden mengatakan bahwa remaja cenderung akan mudah menyalahgunakan narkoba karena beberapa faktor, diantaranya faktor lingkungan, faktor individu dan faktor ketergantungan. Selalu hindari pergaulan bebas dan jangan sampai jauh dari pengawasan, pesannya.

Giat penyuluhan narkoba berakhir pukul 11.00 Wib berjalan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Kapolres Bantul, Jangan Sakiti Hati Masyarakat

Untuk mengukur dan mengecek kesiapsiagaan anggota polri khususnya petugas piket, Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM melakukan kunjungan mendadak (Sidak) di Polsek Bambanglipuro, Rabu 30 Agustus 2017 pada pukul 07.45 wib.

Dalam kunjungannya, Kapolres langsung mengecek kesiapsiagaan personil dalam melaksanakan tugas terutama dalam melayani masyarakat serta kebersihan mako.

Lebih lanjut sidak kali ini sengaja dilakukan sebelum apel dilaksanakan guna mengetahui kesiapsiagaan serta kewaspadaan anggota yang sedang melaksanakan tugas jaga piket.

Kapolres Bantul dalam hal ini menekankan kepada anggota untuk bekerja dengan baik dan professional.”Diharapkan personil dapat bekerja dengan baik dan jangan sakiti hati masyarakat,”kata AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK,MM.

Selanjutnya Kapolres Bantul menambahkan bahwa dalam mengantisipasi ancaman teroris perlu meningkatkan kewaspadaan dalam bertugas “Untuk mencegah dan mengantisipasi serangan kelompok teroris tertentu agar petugas jaga selalu dalam kondisi siaga penuh serta kewaspadaan yang tinggi, serta setiap pelaksanaan patroli harus dilakukan minimal 2 orang,” pesannya.

Dalam sidak kali ini Kapolres Bantul didampingi Kabag ops Kompol Jan Benjamin,S.Sos,M.Sc Kasat lantas AKP Imam Bukhori, SH SIK, Kasat Intelkam AKP Bayu Dewasto SIK, Kasat Reskrim AKP Anggaito Hadi Prabowo SIK. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)    

Cegah Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja, Kapolsek Kasihan Sosialisasikan Bahaya Narkoba Di Akper YKY

Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan mahasiswa, Kapolsek Kasihan Kompol Supardi dan Bhabinkamtinmas Ngestiharjo Brigadir Budi Sunaryo, SH mengadakan penyuluhan bahaya Narkoba kepada Mahasiswa Baru Akademik Keperawatan “YKY” Yogyakarta, Rabu, 30 Agustus 2017 pukul 09.30 wib.

Penyuluhan diikuti oleh Mahasiswa baru sebanyak 79 orang. Dalam pembukaanya, Kapolsek Kasihan Kompol Supardi menghimbau kepada mahasiswa baru apabila cari tempat kost pilih tempat yang aman serta dilingkungan yang baik.

Di Jogja ini terdapat bermacam-macam pelajar dan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, oleh karena itu hargailah berbagai kebudayaan yang ada serta janganlah saling ejek jagalah persatuan dan keatuan bangsa.

Hindarilah pergaulan yang tidak baik dan jangan coba coba mendekati narkoba. Jadilah polisi untuk dirinya sendiri, dan masalah berlalu lintas diharapkan bisa mentaati aturan yang ada.

Dalam penyuluhanya, Bhabinkamtinmas Ngestiharjo Brigadir Budi Sunaryo, SH  memberikan materi tentang Pengertian narkoba, Golongan narkoba, Dampak Narkoba dan trik trik menjauhinya agar tidak terjerumus di dalamnya.

Selain memberikan penyuluhan, tidak lupa Brigadir Budi Sunaryo, SH juga mengutip undang-undang yang berlaku di Indonesia mengenai hukumannya orang yang menjual, membeli, menggunakan atau sebagai perantara narkoba. Hukuman berat bagi pengedar dan pemakai narkoba di Indonesia dari hukuman penjara selama 4 tahun hingga hukuman mati.

Mudah-mudahan dengan penyuluhan ini, Mahasiswa AKPER YKY tidak mencoba-coba dengan yang namanya narkoba. Karena bahaya dan hukuman berat serta bisa menghancurkan masa depan. (Sihumas Polsek Kasihan)

Pentas Orgen Tunggal HUT RI Ke 72 Di Dusun Kisik Pandak

Kanit Patroli Polsek Pandak Iptu Nurudin pimpin pengamanan pentas orgen Tunggal dalam rangka peringati HUT RI ke 72 di dusun Kisik Gedongsari Rt 002 Wijirejo Pandak  Bantul, Rabu (30/8/2017) jam 20.30 Wib.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Patroli menghimbau kepada para penonton untuk bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban. Disampaikan juga kepada warga masyarakat yang akan mengadakan keramaian harus melengkapi dengan surat izin keramaian dari kepolisian. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga  ketertiban,  kemanan dan menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan.

Adapun orgen tunggal yang dipentaskan dari group Suari Entertainment dengan menampilkan 4 biduan andalanya dengan disaksikan oleh ribuan penonton. Acara berlangsung dengan meriah dan tertib. (Sihumas Polsek Pandak)

Ande Ande Lumut Di Dusun Jomegatan

Personil Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan pentas ketoprak peringati HUT RI ke 72 di Nitiprayan Rt 04 DK Jomegatan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Rabu, 30 Agustus 2017 pukul 20.00 wib.

Pagelaran kethoprak Mataram dari Paguyuban Seni Nitibudaya dengan lako Ande-ande Lumut. Sebagai ketua Panitia penyelenggara adalah Sutini, S.Pd dan penanggung jawab Bu Dukuh Jomegatan.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Lurah Desa Ngestiharjo Oni Oktavani, Panit 1 Binmas Polsek Kasihan Aiptu Markuwat, Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Brigadir Budi Sunaryo, SH, Dukuh Jomegatan, Pak RT dan ratusan warga. Kegiatan pentas kethoprak selesai pukul 23.00 wib dalam keadaan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Kasihan)

Melayat Ke Almarhum Nur Wachid Di Dusun Ngabean Pandak

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH bersama dengan PJ Lurah Triharjo Sarwanto dan Staf Kelurahan Triharjo melayat ke rumah duka almarhum Nur Wachid  (69 tahun) orang tua dari ibu Siti Fatimah (staf Kelurahan Triharjo) di dusun Ngabean Rt 006 Triharjo Pandak Bantul pada Kamis (31/8/2017).

Almarhum akan dimakamkan pada hari ini pukul 14.00 WIB di Pemakaman Umum Sasana laya dukuh Ngabean Triharjo Pandak.

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum dan semoga keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan.

Kegiatan ini dilakukan guna menjalin kedekatan antara Polri dengan masyarakat sehingga lebih dicintai oleh masyarakat dan menjadikan situasi kamtibmas di lingkungan aman dan kondusif.

Hadir juga dalam takziah yaitu Toga, Tomas serta warga masyarakat dusun Ngabean dan sekitarnya untuk memberikan dukungan sekaligus menyampaikan bela sungkawa. (Sihumas Polsek Pandak)

Liburan Hari Raya Idul Adha 1438 H, Polsek Kretek Dirikan Pos Pantau Pengamanan

Kapolsek Kretek Kompol Salim beserta anggotanya mendirikan Pos Pantau dikawasan wisata pantai Parangtritis Kretek dalam rangka pengamanan liburan Hari Raya Idul Adha, Kamis (31/08/2017) pkl 09.00 wib.

Pertama kalinya Polres Bantul pada umumnya dan Polsek Kretek kususnya dalam menyambut liburan panjang memperingati Hari raya Idul Adha atau Idul Qur'ban mendirikan pos pantau yang terletak di sebelah timur Pos SAR Parangtritis.

Sedangkan pengoprasian atau pengisian kesiapsiagaan anggota yang bertugas dipos Pantau tersebut selama tiga hari, yang akan dimulai Jum'at 1 Sept sampai dengan Minggu 3 September 2017.

Adapun maksud dan tujuan didirikannya pos pantau tersebut untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat agar merasa nyaman dan aman dalam menikmati liburan panjang hari raya Idul Adha tahun 2017 di kawasan wisata Parangtritis Kususnya dan tempat wisata yang ada diwilayah Kecamatan Kretek umumnya. (Sihumas Polsek Kretek)

Sebelum Tinggalkan Rumah, Pastikan Rumah Dalam Keadaan Terkunci

Petugas Polsek Piyungan dan Inafis Polres Bantul melakukan olah TKP pencurian yang terjadi di rumah milik RR. Subekti Wijaya SE (42) di Dusun Cepokojajar Sitimulyo Piyungan, Rabu (30/8/2017).

Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta mengungkapkan kejadian pertama kali diketahui oleh anak korban saat mengetahui rumahnya dalam keadaan berantakan. Korban yang dihubungi anaknya langsung pulang ke rumah. Setelah dicek, kerugian sementara berupa TV LED 21’ merk Sharp.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Piyungan. Petugas yang tiba di lokasi segera melakukan olah TKP. Dari dari hasil olah TKP, dugaan sementara pencuri masuk rumah dengan cara merusak jendela.

“Ini sudah kejadian pencurain yang ketiga kalinya menimpa korban, dan baru dilaporkan ke Polisi,” ujar Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta, saat mendatangi TKP.

Kapolsek menambahkan, Polsek Piyungan sudah memeriksa saksi-saksi untuk kasus ini. “Kami sudah memeriksa saksi-saksi, termasuk saksi korban. Semoga dalam waktu dekat, kami bisa mengungkap kasus pencurian ini,” ujarnya.

Kapolsek menghimbau kepada warga agar lebih menggiatkan kembali pengamanan swakarsa seperti keberadaan Pos kamling, ronda malam dan sebagainya sehingga tercipta rasa aman bagi masyarakat untuk mengurangi kesempatan pelaku kejahatan.

Serta apabila akan meninggalkan rumah supaya diperiksa dan dipastikan rumah dalam keadaan terkunci, bila perlu dititipkan pada tetangga untuk menghindari terjadinya pencurian. (Sihumas Polsek Piyungan)

Presiden Jokowi Serahkan Sapi Kurban Kepada Warga Bodowaluh Pundong

Presiden Joko Widodo tahun ini kembali memberikan hewan kurban sapi untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kali ini, sapi kurban Presiden Jokowi ini diberikan kepada warga di Desa Srihardono Kecamatan Pundong.

Sapi kurban Presiden Jokowi berjenis PO (peranakan ongole) dibeli dari petani di Cangkringan, Sleman seharga Rp 45 juta dan ditaksir beratnya mencapai 700 kg. Sapi tersebut nantinya akan disembelih di Masjid Al Huda Dusun Bodowaluh Desa Srihardono Kecamatan Pundong.

Penyerahan sapi kurban Presiden Jokowi dilakukan Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Bantul Drs. Soekendro kepada kepada Takmir Masjid Al Huda Dusun Bodowaluh yang diwakili Bapak Teguh, disaksikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Srihardono, Rabu, (30/8/2017).

Sapi dari Presiden Jokowi akan dipotong bersama tiga sapi lain yang berasal dari warga setempat.

Rencananya daging sapi yang telah dipotong akan dibagikan ke tiga desa yang ada di Pundong, terutama yang belum ada sapi kurban. (Sihumas Polsek Pundong)

PT Jogja Tugu Trans Resmi Meluncurkan 15 Armada Baru

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH diwakili Panit I Sabhara Ipda Susanto menghadiri launching Armada Baru Bus Trans Jogja di Kantor dan Pool PT. Jogja Tugu Trans (JTT) Jl. Wonosari Km 4,5 No. 24 B Banguntapan Bantul, Rabu (30/8/2017).

Launching armada baru juga dihadiri Plt Kepala Dishub Prov. DIY Dewa Isnubroto Iman Santoso, SH, Direktur Utama PT. JTT Agus Andrianto, SE, Direktur Utama PT. AMI Dra. Diah Puspitasari, Ketua DPD ORGANDA DIY V. Panti Hantoro, Media cetak maupun elektronik (KR, Tribun, Merapi, RRI) dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, PT Jogja Tugu Trans resmi meluncurkan 15 armada baru bus Trans Jogja, Direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (JTT), Agus Andriyanto, mengatakan pengadaan belasan bus baru ini sesuai dengan amanah Dinas Perhubungan DIY beberapa tahun lalu mengenai peremajaan armada.

Nantinya jumlah keseluruhan armada yang baru akan mencapai puluhan unit, dan semuanya dilaunching pada tahun 2017. "Total bus baru Trans Jogja sebanyak 29 unit, tapi dilaunching secara bertahap. Hari ini 15 bus, dan 14 bus lainnya pada bulan Desember mendatang," katanya.

15 armada bus yang dilaunching hari ini akan mulai beroperasi pada bulan depan. Sementara untuk operasional 14 bus lainnya tergantung jadwal launching. "Yang launching hari ini operasionalnya mulai bulan September, kalau yang launching bulan Desember akan beroperasi pada bulan Januari tahun depan," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan belasan armada baru ini, diharapkan akan membawa kemajuan dan menjadi acuan untuk meningkatkan layanan transportasi bagi warga Yogyakarta.

Acara launching ditandai dengan Potong tali secara simbolis oleh PLT Dishub DIY Dewa Isnubroto Iman Santosa, dilanjut ujicoba bus transjogja yang diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir dengan route PT. JTT - S4 Ketandan - S4 Blok O - S4 Gedongkuning - S4 Rejowinangun - PT. JTT. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Pertemuan Paguyuban Satpam Sekecamatan Banguntapan

Rabu (30/8/2017) pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Desa Banguntapan berlangsung pertemuan Paguyuban Satpam se-Kecamatan Banguntapan. Pertemuan atas prakarsa Unit Binmas sebagai pembina Satpam se-Kecamatan Banguntapan.

Hadir pada acara tersebut Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno SH sebagai penanggung jawab paguyuban Satpam, Lurah Desa Banguntapan, Danramil Banguntapan dan Kasi Trantib Kecamatan Banguntapan.

Pertemuan paguyuban Satpam sebagai wadah dan sarana menjalin komunikasi maupun silaturahmi antar Satpam instansi maupun perusahaan, diharapkan tercipta kesamaan visi dan misi memberikan rasa aman dan nyaman pada lingkup kerja sesuai tupoksi sebagai satuan pengamanan.

Kapolsek Banguntapan menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pembentukan wadah paguyuban Satpam, wadah paguyuban ini tidak hanya perkumpulan saja namun juga untuk peningkatan kemampuan diri, pembelajaran demi meningkatkan kemampuan dalam menjaga keamanan baik instansin maupun lingkup seputar.

Sementara itu, Kanit Binmas AKP H. Subardi SH menambahkan kedepan setiap ada peretemuan paguyuban akan kita hadirkan nara sumber baik dari dalam instansi sendiri dan akan kita upayakan dari pihak luar guna mendukung peningkatan pengetahauan maupun keterampilan Satpam.

Selanjutnya evaluasi kepengurusan paguyuban setelah setahun berjalan apakah akan dievaluasi kepengurusannya. Dan semua sepakat untuk pembentukan pengurus baru dan ada beberapa seksi yang akan diganti karena kurang berjalan sesuai perannya.

Giat pembinaan dan pembentukan pengurus paguyuban satPam selesai pukul 11.00 WIB. Dan mulai bulan depan pertemuan akan diselenggarakan di wilayah Desa Baturetno, Banguntapan Bantul. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Patroli Ke Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Mangunan terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Deretan pohon pinus yang ada, membuat Hutan Pinus Mangunan nampak eksotis.

Hutan Pinus Mangunan merupakan area terbuka yang sangat menawan. Pohon-pohon tinggi yang menjulang akan menjadi pesona tersendiri bagi pasangan untuk melakukan selfie romantis di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul.

“Hutan Pinus Mangunan telah menjadi salah satu destinasi wisatawan baik dari dalam ataupun luar Yogyakarta. Untuk itu kami yang bertanggung jawab dibidang kamtibmas harus menjaga suasana yang kondusif untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan,” jelas Kapolsek Dlingo AKP Cherli Evi Prayudati Sela saat memimpin patroli di Hutan Pinus Mangunan, Kamis (31/8/2017)

AKP Cherli menambahkan, kawasan hutan pinus ini memang kerap dijadikan sebagai tempat wisata anak muda. Tak heran jika kawasan ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk.

“Kami harus bisa menjamin keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung yang datang di wilayah kami, agar suatu saat nanti mereka ingin datang kembali ke Dlingo lagi,” tandasnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Malam Pisah Sambut Danramil Jetis

Kapolsek Jetis AKP S Parmin menghadiri acara pisah sambut Danramil Jetis dari Kapten Inf Sagino Kepada Kapten CHB Stefanus Sunarno di Mako Koramil 09/Jetis, Bantul, Rabu 25 Agustus 2017.

Ketua panitia lepas sambut pelda Suwahyo mengatakan, Sertijab Danramil Jetis secara kedinasan sudah dilakukan di Makodim Bantul beberapa hari yang lalu dan malam ini kami sebagai panitia membuat acara lepas sambut sebagai bentuk pengormatan bagi Danramil yang akan berpindah tugas maupun pejabat yang baru sebagai Danramil 09/Jetis, katanya kepada Sihumas Polsek Jetis.

"Kami juga berharap acara ini, sebagai ajang perkenalan dan pamit  bagi pejabat lama dan baru serta sebagai ajang silaturahmi. Kami sengaja memeriahkan acara ini dengan pentas orgen tunggal untuk menghibur tamu undangan yang hadir, jelasnya.

Hadir juga dalam acara ini yaitu  Camat Jetis Dra Endang Rachmawati MM beserta staf, unsur muspika, Lurah Desa, Toga, Tomas dan lain lainya. (Sihumas Polsek Jetis)

Cegah Tawuran, Polsek Jetis Dan Tim Konseling Pelajar Kab Bantul Adakan Razia

Personil Binmas Polsek Jetis bersama Tim Konseling pelajar tidak Displin Kab Bantul mengadakan razia menyusuri tempat tempat yang sering digunakan untuk mangkal oleh pelajar saat jam sekolah berlangsung seperti di Stadion Sultan Agung dan beberapa lokasi Warung di Desa Canden, Rabu,30/8/ 2017.

Adapun Tim Konseling terdiri dari petugas gabungan instansi seperti Sat Binmas Polres Bantul Iptu Dedi kunadi, Sat pol PP Kitri Suwondo serta dari Kesbangpol, dan petugas Kec Jetis.

Dalam razia ini petugas menemukan beberapa pelajar SMP dan SMA yang sedang nongkrong nongkrong di beberapa titik kemudian mereka dibawa ke kecamatan Jetis untuk didata, dibina dan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya disaksikan oleh orang tua dan guru masing masing pelajar yang terjaring.

"Kami yakin sekolah dan orang tuanya tidak tahu. Mereka pamit hendak ke sekolah, akan tetapi justru membolos," kata Iptu Dedi kunadi.

Iptu Dedi kunadi menjelaskan, razia pelajar ini digelar setelah banyak keluhan dari masyarakat mengenai keberadaan siswa yang membolos saat jam sekolah. Ia menambahkan, razia itu merupakan kegiatan rutin, untuk membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar serta menciptakan generasi penerus bangsa yang disiplin dan bisa dibanggakan.

"Razia ini juga untuk mengantisipasi tawuran antar pelajar serta pencegahan penyalahgunaan narkoba",  katanya pula. (Sihumas Polsek Jetis)

Kerja Bakti Bersama Songsong Adipura 2017 Di Perum Pendowo Asri

Iptu Jumardiyono selaku Panit 2 Bhabinkamtibmas Polsek Sewon beserta anggota lainya melaksanakan giat kerja bakti bersama dalam rangka persiapan menghadapi evaluasi Adipura Bantul 2017, khususnya untuk kawasan titik pantau yang nilainya sangat rendah di komplek Perum Pendowo Asri, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (30/08/2017) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sewon Drs. Danang Erwanto Msi, Kasi Trantib Kecamatan Sewon Bambang Suprimantoro,S.Sos, Staf dan Muspika Kecamatan Sewon, Lurah Desa Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I. tokoh masyarakat serta warga lingkungan Perum Pendowo Asri, Dinas Pekerjaan Umum Kab Bantul.

Menurut Camat Sewon kepada Humas Polsek Sewon menjelaskan titik pantau Adipura meliputi pemukiman menengah dan sederhana, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah adiwiyata, rumah sakit dan puskesmas, tempat pemrosesan akhir, bank sampah, fasilitas pengolahan sampah, dan pemukiman. Penilaian Adipura ini, merupakan kunci utama tahap penentu kelanjutan penilaian Adipura ke tahap selanjutnya, peran dan keterlibatan semua pihak sangat diperlukan demi kesuksesan penilaian penghargaan Adipura ini, jelasnya.

"Intinya yang penting, masing-masing instansi terkait bisa bekerjasama dan saling mendukung serta berbuat yang terbaik, supaya mendapatkan nilai terbaik dan memperoleh Adipura” Imbuhnya

Kegiatan kerja bakti bersama yang di mulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 09.00 wib diikuti kurang lebih 50 orang tersebut berjalan sesuai rencana dan untuk penilaian tim evaluasi adipura akan di laksanakan pada bulan Oktober 2017. (Sihumas Polsek Sewon)

Peningkatan Fasilitas Anak Yatim Piatu dan Anak Keluarga Miskin Desa Pleret

Kegiatan peningkatan fasilitas anak yatim piatu dan anak keluarga miskin (gakin) Desa Pleret berlangsung di Pendopo Balai Desa Pleret, Rabu (30/8/2017).

Dalam kegiatan tersebut diberikan santunan kepada 73 anak yatim piatu dan anak keluarga miskin Desa Pleret dari Pemerintah Desa Pleret.

Pada kesempatannya Bripka Rofiq selaku Bhabinkamtibmas Desa Pleret turut mendampingi anak-anak tersebut dalam menerima santunan yang diberikan langsung oleh Lurah Desa Pleret H. Nurman Afandi.

"Mereka (anak-anak yatim/gakin) diberikan santunan peralatan sekolah yang berupa tas dan alat tulis", ungkap Bripka Rofiq kepada Sihumas Polsek Pleret.

Sementara itu Lurah Desa Pleret mengungkapkan bahwa penyantunan ini untuk mengingatkan kita agar saling peduli dan berbagi. Bahwasannya, di sekitar kita terdapat anak-anak yang butuh perhatian dan kepedulian dari sesama.

"Yang jelas, kami ingin mereka (Anak yatim) bisa mendapatkan perhatian serta sentuhan kepedualian dari sekelilingnya. Mudah-mudahan program ini terus berlanjut", tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ust. Khoiri, Kasi Pelayanan Desa Pleret Bpk. Anang, Carik Desa Pleret Bpk. Iwan Alim Sunu dan Ketua TKSK Bapak Dono. (Sihumas Polsek Pleret)

Jathilan Sekar Kemuning Kayen Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 72

Polsek Pajangan pantau dan amankan pentas Kesenian Jathilan Sekar Kemuning dari Dusun Kayen di rumah Jumali Dusun Kayen RT 06 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu (27/8/2017) jam 13.00 Wib.

Jathilan Sekar Kemuning dipimpin oleh Suwartana, M.Pd dan sesepuh Mbah Widi Utomo yang dalam kesempatan ini tampil dalam 3 Babak. “Pentas Jathilan ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72”, tutur Suwartama.

Kegiatan berlangsung dengan meriah ± 200 orang penonton menyaksikan pagelaran ini. Hingga selesainya acara jam 17.00.Wib berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Jathilan Turonggo Setho Mudho Santoso Tampil di Butuh Lor

Polsek Pajangan pantau dan amankan pentas Jathilan Turonggo Setho Mudho Santoso di rumah Bpk. Tukiran Dusun Butuh Lor RT 001 Triwidadi Pajangan Bantul, Minggu (27/8/2017) jam 14.00 Wib.

Jathilan Turonggo Setho Mudho berasal dari Sabrang Kidul yang dipimpin oleh Dalwiadi Sutrisno.

Dalwiadi Sutrisno menjelaskan “Jathilannya tampil di Butuh lor ini dalam rangkan tasyakuran Khitan dan kesembuhan dari sakit putra Bpk. Tukiran yang bernama Joko Prasetyo”, tuturnya.

Pentas Jathilan ini berlangsung dengan meriah, ratusan warga masyarakat menyaksikan pagelaran. Hingga selesainya acara situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Jathilan Klasik Sri Mudho Budoyo Tampil Di Krebet

Polsek Pajangan pantau dan amankan pentas Jathilan Sri Budho Budoyo di rumah Bpk. Putut Suparmin Dusun Krebet RT 05 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu (27/8/2017) jam 14.00 Wib.

Putut Suparmin menjelaskan, Jathilan ini dipentaskan dalam rangka Syukuran lahiran dan Supitan anaknya.  "Dengan memberdayakan Seni Budaya di daerahnya (Krebet), Kita ingin ambil bagian dalam melestarikan seni budaya Yogya", tuturnya.

Jathilan tampil dalam 3 Babak, Jathilan Klasik dan 2 Jathilan Kreasi Baru. Kelompok Jathilan Sri Mudho Budyo saat ini dipimpin oleh Bapak Dalimin dengan sesepuh Mugo Sumarto.

Hingga selesainya Jahilan Sri Mudho Budoyo di Dusun Krebet situasi dalam keadaan aman kondusif sesuai harapan kita bersama. (Sihumas Polsek Pajangan).

Gebyar Pentas Seni HUT Kemerdekaan RI Ke 72 Kentolan Lor Guwosari

Polsek Pajangan mengamankan kegiatan masyarakat pentas kesenian HUT Kemerdekaan RI Ke 72 di halaman rumah Bpk. Harianto Kentolan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Senin (28/8/2017) jam 20.00 Wib.

Acara ini diselenggarakan oleh Forum muda mudi Dusun Kentolan Lor (Formadika) yang diketuai oleh Sdr. Imam Susilo. Sedangkan

Ketua Panitia Sarianto menjelaskan acara ini merupakan puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Dusun Kentolan Lor. Acara diisi dengan penyerahan hadiah-hadiah juara lomba Agustusan . Acara juga diisi dengan Fashion Show anak-anak dan seni tari.

"Acara  ini untuk internal warga masyarakat Kentolan Lor, warga sekitar dan segenap tamu undangan. Diharapkan kegiatan ini dapat menghibur warga masyarakat Kentolan Lor dan muda mudi agar lebih kompak dan bersatu", tuturnya.

Tari Nawung Sekar yang dimainkan Penari Dinda, Ikma, Erlik, Tasya, Nia dan Adel dari pemudi Dusun Kentolan Lor yang menarik perhatian warga masyarakat yang hadir.

Acara diakhiri dengan Hiburan Orgen Tunggal dari New GRS pimpinan Sdr. Agus Cilik dalam kesempatan ini menampilkan penyanyi Ana Viana dan Fitri Anggita.

Selama kegiatan berlangsung mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan dan Linmas Guwosari. Hingga selesainya acara jam 23.00 Wib situasi aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pentas Teater Karang Taruna Dipo Ratna Muda Festival Teater Bantul 2017

Karang Taruna Dipo Ratna Muda yang di sutradarai Sdr. Ebit Ikut dalam Festival Teater antar Kecamatan Kab. Bantul Tahun 2017 di Kampus ISI Yogyakarta, Minggu (27/8/2017) jam 16.00 Wib.

Teater Dipo Ratna Muda kali ini mengangkat kisah "Selarong Tanah Istimewa" yang menceritakan awal mula perang pangeran Diponegoro dengan Belanda.

Festival teater Bantul antar Kecamatan tahun 2017 ini baru pertaa kali diselenggarakan di Kab. Bantul. "Kita bangga teater tahun ini yang pertama. Tahun 2018 akan tetap diadakan dan kita akan mendapat giliran mewakili DIY maju ke tingkat nasional, ujar "Dodiek Koeswardono, S.Sos Kabid Adat Seni Tradisi Dinas Kebudayaan Kab. Bantul.

Lebih jauh Ia mengatan, "Terima kasih kepada dewan Juri yang bekerja keras menyeleksi teater ini. 90 persen peserta generasi muda dan bukan dari insan tetaer hanya warga masyarakat. Semoga teater Bantul bisa jadi baro meter di DIY", pungkanya.

Dewan juri dalam Festival Teater Kab Bantul 2017, Taufik Juwariyanta, S.Psi (Wartawan), Drs. Octo Lampito (KR), Rano Sumarno, M.Sn (Dosen Teater ISI), Meritz Hindra (Pengamat Seni Senior) dan Dra. Siti Sudarwati.

Diakhir acara disampaiakan para juara, ada 14 nominasi juara. Nominasi Naskah dimenangkan Setan Setan Mall Kasihan, nominasi Sutradara terbaik dimenangkan Cinde Laras Purwadi Ponco Atmojo, Aktor terbaik teater sampah Usholi, Aktris terbaik dimenangkan pemeran Si Mbok, pembantu aktor terbaik dimenangkan Alang Alang Dlingo, pembantu aktris terbaik dimenangkan Ndoro Putri dari Sewon, Penata Artistik terbaik dimenangkan Cinde Laras Pleret, penata musik terbaik dimenangkan Cinde Laras Pleret.

6 Kecamatan sebagai Penyaji Teater Terbaik Juara 1 Cinde laras Pleret, juara 2  Perkawinan politik Sewon, juara 3 Jetis, juara harapan 1 Laskar Palbapang, juara harapan 2 Sanden dan juara harapan 3 Banguntapan.

Kecamatan Pajangan dalam nominasi ini hanya masuk dalam artistik terbaik Sdri. Annisa Nur Affifah yang dimenangkan oleh Pemeran Si Mbok. "Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, masukan dan koreksi dari Dewan Juri akan kita perhatikan untuk pengembangan Teater Dipo Ratna Muda nantinya", tutur Ebit Sutradara Teater Selarong Tanah Istimewa Desa Guwosari. (Sihumas Polsek Pajangan)

Latihan Kethoprak Kecamatan Pajangan Hadapi FKB 2017

Polsek Pajangan Pantau latihan Kethoprak Kecamatan Pajangan. Latihan ini untuk menghadapi Festival Kethoprak Bantul Tahun 2017 antar Kecamatan , pelaku kesenian Kethoprak Kecamatan Pajangan latihan di Pendopo Kecamatan Pajangan Bantul, Senin (28/8/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam latihan Kethoprak Kecamatan Pajangan ini, Camat Pajangan yulius Suharta, S.Sos, M.Si, DPRD DIY pemerhati seni dan warga Kec. Pajangan Joko B. Purnomo, SE, MM, Bonda Forum Komunikasi Kethoprak Bantul (FKKB) dan Ketua FKKB Kec. Pajangan Periode 2017 - 2021 Saridal. Tema dalam Festival Kethoprak Bantul 2017 yakni "Prilaku Klitih".

Dalam kesempatan ini Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. mengatakan, "Festival Kethoprak Bantul untuk Kec. Pajangan akan dilaksanakan tanggal 7 Oktober di Kec. Pandak. Syarat syarat administrasi harus disiapkan oleh Panitia. Pak Joko Purnomo kami minta untuk membantu dalam persiapan ini. Semoga Kita bisa berpartisipasi dalam festival Kethoprak Bantul nantinya", ujarnya.

Sedangkan DPRD DIY Joko B. Purnomo, SE, MM mengatakan, dengan Dana Keistimewa DIY di Kab. Bantul akan Banyak pentas seni Budaya yang akan ditampilkan. Kecamatan Pajangan mempunyai potensi yang baik untuk kesenian kesenian ini. Saya mengajak Mas Bondan sebagai penasehat Kethoprak Bantul dan juga tidak terlibat dalam Panitia maupun Juri untuk membenahi Kethoprak Kita akar meraih sukses yang diharapkan".

"Ada beberapa Kriteria dari penilaian, kerja sama tim, naskah, aktor, artis, pembantu aktor, pembantu artis, karawitan dan lainnya. Kita harus sering berlatih untuk penguasaan narkah, penghayatan masing-masing peran sehingga kita siap Menghadaoi FKB tahun 2017", ujarnya.

Berlatih dengan rajin, sungguh-sungguh, kompak, memperhatikan tehnikal meeting pra perlombaan merupakan kunci sukses untuk memperoleh juara sesuai harapan yang diinginkan. (Sihumas Polsek Pajangan)

30 August 2017

Penyerahan Alat Bantu Dengar Kepada Nazar

Selasa, 29 Agustus 2017, dilakukan penyerahan bantuan alat bantu dengan kepada Nazar Muktiansyah yang tinggal di Samben Argomulyo. 

Nazar menderita gangguan pendengaran dan pembicaraan sejak umur 2 tahun karena mengalami panas yang sangat tinggi. Penyerahan dilakukan oleh Camat Sedayu di damping Panit Binmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja, Kepala Puskesmas Sedayu 1, Dukuh Samben, dan Babinsa serta Babinkamtibmas Sedayu.

Camat Sedayu mengatakan akan terus melakukan penyisiran, sehingga warga yang mengalami disabilitas yang membutuhkan bisa tertangani secara keseluruhan. (Sihumas Polsek Sedayu)

Bersihkan Sampah dengan Membakar, Rumpun Bambu Ikut Terbakar

Selasa (29/08/2017) terjadi kebakaran di dusun Sanan RT 01 Bawuran, Pleret yang berbatasan dengan dusun Bojong Desa Wonolelo. Kebakaran ini menimpa kebun yang berada di dekat lahan tebu. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun rumpun bambu milik warga roboh dan melintang ke jalan.

Menurut saksi mata yang ada di lokasi kejadian, sekitar pukul 14.00, seorang buruh tani tebu, Sarini (40) melakukan pembersihan bekas lahan tebu dengan cara membakar.  

Karena banyaknya daun tebu yang kering dan kondisinya berserakan, api cepat membesar dan merambat ke tumpukan sampah yang ada disekitar lokasi lahan.

Beberapa relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) desa Wonolelo, Binmas dari Polsek Pleret dibantu beberapa warga mencoba untuk mematikan kobaran api. Karena besarnya api yang berkobar, api baru berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran  datang. (Sihumas Polsek Pleret)

Koreksi Gladi Resik Upacara Persiapan Lomba Upacara Pengibara Bendera Di SMPN I Srandakan

Kanit Lantas Polsek Srandakan AKP Marjoko mengoreksi sejumlah rangkaian acara dalam Gladi Resik Upacara persiapan lomba Upacara Pengibara Bendera se Kabupaten Bantul, Senin, 28 Agustus 2017 pukul 07.00 Wib.

Poin yang ditekankan AKP Marjoko adalah masih perlu peningkatan semangat upacara tersebut. "Saya lihat semangat perlu ditingkatkan lagi, semangat itu termasuk pengibar bendera dan peserta upacara karena kurang greget.

Selain itu diminta agar komandan upacara harus lebih tegas lagi serta pembawa acara dinaikkan suaranya, tegas AKP Marjoko. (Sihumas Polsek Srandakan)

Membesuk AKP Joko Wuryatmoko

Polsek Sanden kembali melaksanakan anjangsana di rumah AKP Joko Wuryatmoko, S.Sos di RT 23 Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Selasa (29/8/2017) pukul 11.15 Wib.

Rombongan anjangsana Polsek Sanden dipimpin Kasium Aiptu Asri Suwarta bersama anggota perwakilan semua fungsi.  AKP Joko Wuryatmoko,S.Sos merupakan mantan Kapolsek Sanden tahun 2015 dan saat ini bertugas di Direktorat Reskrimum Polda DIY.

Aiptu Asri Suwarta mengatakan bahwa kegiatan anjangsana ini merupakan tradisi yang dilaksanakan Polsek Sanden kepada anggota beserta keluarganya, serta mantan Kapolsek dan anggota purnawirawan Polsek Sanden. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk hormat dan menyambung silahturahmi dan rasa kekeluargaan yang telah terjalin selama ini sebagai keluarga besar Polsek Sanden.

AKP Joko Wuryatmoko, S.Sos sebelumnya dirawat selama 5 hari di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta karena sakit. Dalam kesempatan tersebut, Aiptu Taryadi berharap AKP Joko Wuryatmoko, S.Sos segera sembuh seperti sedia kala dan dapat kembali bekerja. (Sihumas Polsek Sanden)

Rapat Evaluasi Pelaksanaan Bantul Ekspo 2017

Panit II Shabara Polsek Sewon Iptu Suyatno mewakili Kapolsek Sewon menghadiri kegiatan rapat evaluasi pelaksanaan Batul Ekspo 2017, di gedung pertemuan kantor kecamatan Sewon, Selasa (29/08/2017) siang.

Bantul Expo sendiri digelar dari tanggal 28 juli 2017 sampai dengan 06 Agustus 2017 di Pasar Seni Gabusan dibuka oleh Gatot Saptadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY yang mewakili Gubernur DIY dan di tutup oleh Bupati Bantul Drs.H Suharsono.

Rapat evaluasi dihadiri oleh sekretaris kecamatan Sewon Anton Yulianto, Muspika kec Sewon, Kasi Eksbang kec Sewon Wahyudi, perwakilan lurah dari masing masing desa serta tamu undangan kurang lebih 25 orang.

Dalam sambutannya Sekretaris kecamatan Sewon anton Yulianto mengucapkan banyak terima kasih atas kerja samanya, partisipasi dan kerja keras semua pihak sehingga kegiatan Bantul Ekspo 2017 dapat terlaksana dengan sukses.

Saat pelaksanaanya, Stan kita, kecamatan Sewon berhasil meraih juara 3 dari semua stan yang ikut dalam Bantul Ekspo 2017. Kesuksesan dalam penyelenggaraan Bantul Exspo 2017 berkat kerjasama serta koordinasi yang baik dari seluruh panitia dan peserta Bantul Exspo. Terlihat dengan begitu antusiasnya warga masyarakat datang serta besarnya transaksi dalam penyelenggaraan kegiatan Bantul Exspo 2017, berkaca dari kekurangan dan kelebihan dalam penyelenggaraan tersebut semoga kedepanya akan lebih baik, jelasnya.

Dengan jumlah peserta terdiri dari stand organisasi perangkat daerah atau OPD sebanyak 31 unit, stand Kecamatan 17 unit pedagang kaki lima sebanyak 194 unit berlangsung dengan sukses dengan pengamanan personil Polsek sewon. (Sihumas Polsek Sewon)

Cek Kesiap Siagaan Personil, Kapolres Bantul Sidak Ke Polsek Pundong

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut sariadi SIK MM sidak ke Polsek Pundong, Rabu (30/8/2017) pukul 07.15 WIB. Maksud dan tujuan dilakukan sidak adalah untuk mengecek kesiapsiagaan  personel Polsek Pundong dalam melaksanakan tugas.

Dalam arahannya Kapolres menekankan agar anggota Polsek Pundong meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Anggota juga diperintahkan untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya. Termasuk memperhatikan sikap tampang dan gampol yang digunakan.

“Jangan mengendurkan kewaspadaan saat pelaksanaan piket malam, apabila istirahat harus secara bergantian. Waspadai juga setiap tamu yang tidak dikenal,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga mengecek setiap ruangan dan lingkungan Mako Polsek Pundong. Tak lupa Kapolres memerintahkan agar anggota untuk selalu menjaga kebersihan. (Sihumas Polsek Pundong)

Dihimbau Takbir Keliling Dilaksanakan Di Lingkungan Masing Masing

Polsek Bantul mengimbau warga masyarakat agar menjaga ketertiban saat merayakan malam Idul Adha 1438 H. Apabila memungkinkan, sebaiknya takbir keliling jangan mengendarai sepeda motor dan dihimbau jangan menggunakan pengeras suara Horn, pakailah pengeras suara salon agar suaranya tidak terlalu keras, hal ini demi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Lukman Riyanto saat memberikan arahan dalam pemberdayaan Kaum Rois, Tokoh Masyarakat dan Takmir se-Desa Sabdodadi di Dusun Sutran RT 05 Pedukuhan Kadibeso Sabdodadi Bantul, Selasa (29/8/2017).

“Kami mengimbau agar takbir keliling di jalan raya tidak dilakukan. Hal ini karena aktivitas seperti itu dinilai berpotensi menimbulkan gangguan keamananan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” jelasnya.

AKP Lukman menambahkan, apabila takbir keliling tetap dilaksanakan dijalan raya agar tidak melintas di jalan protokol dan tidak melebihi jam 00.00 WIB.

“Antisipasi penyusup agar tidak merusak kekhidmatan takbir,” tandasnya. (Sihumas Polsek Bantul)

Pembuatan Film “Buffalo Boys” Di Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Deretan pohon pinus yang ada, tampak seperti lokasi syuting film di benua Eropa sana.

Maka tak heran, apabila saat ini, sebuah manajemen film terkenal di Indonesia melakukan syuting film di Hutan Pinus Mangunan. Ratusan orang yang terdiri dari para pemain dan kru, terlibat dalam pembuatan film “Buffalo Boys”.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi warga masyarakat Dlingo, karena salah satu wilayahnya digunakan untuk proses film nasional,” jelas Kapolsek Dlingo AKP Cherli Evi Prayudati Sela saat memimpin pengamanan proses pembuatan film, Selasa (29/8/2017).

AKP Cherli menambahkan, petugas Polsek Dlingo sengaja diturunkan untuk menjamin kelancaran dan ketertiban selama proses pembuatan film berlangsung. Rencananya proses syuting film akan berlangsung selama empat hari ke depan.

“Kami harus bisa menjamin keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung yang datang di wilayah kami, agar suatu saat nanti mereka ingin datang kembali ke Dlingo lagi,” tandasnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Dekatkan Diri Pada Masyarakat, Aipda Rubiyanto Turut Cor Jalan Dusun Loputih

Bhabinkamtibmas Desa Jatimulyo Aipda Rubiyanto turut ambil bagian dalam kerja bakti pembuatan jalan corblok di Dusun Loputih Jatimulyo Dlingo, Selasa (29/8/2017).

Aipda Rubiyanto bersama warga binaannya bahu-membahu membangun akses jalan  kampung sepanjang 500 m. Sementara dana pembangunan diperoleh dari bantuan pemerintah dan swadaya masyarakat. Kerja bakti dilaksanakan dari pagi hari hingga malam hari serta melibatkan tak kurang dari 200 orang.

Nantinya diharapkan, setelah proses pembangunan jalan selesai, warga masyarakat yang berlalu lalang dapat merasakan kenyamanan.

Aipda Rubiyanto menuturkan, ia sengaja turut serta dalam kerja bakti sebagai upaya mendekatkan Polisi dengan masyarakat.

“Melalui kerja bakti antara masyarakat dan Polisi semacam ini, silaturahim akan senantiasa terjaga, kekompakan dalam menjaga kamtibmas yang kondusif juga terjaga,” ujarnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Pengamanan Pentas Orgen Tunggal Di Kadisono

Personil Polsek Pajangan dipimpin Kanit Reskrim Polsek Pajangan Ipda Sumarman mengamankan pentas Orgen Tunggal di Pos Ronda dusun Kadisono Guwosari Pajangan Bantul, Sabtu (26/8/2017) jam 20.00 Wib.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Pemuda Pemudi Bhakti Manunggal Kadisono dengan  Ketua Panitia Agus Dwi Wijayanto dalam rangka penutupan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 dengan tema "Kadisono Gumregah".

Orgen Tunggal OM. Pagoda Entertainment dari Kulon Progo dengan 3 (tiga) orang penyanyi menghibur warga masyarakat Kadisono. Kegiatan disaksikan oleh lebih kurang 200 penonton warga Kadisono dan sekitarnya.

Pentas Orgen Tunggal selesai sekira jam 23.00 Wib, situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

Penutupan Liga Mangir 2

Personil Polsek Pajangan dipimpin Kanit Sabhara Iptu Suhirno mengamankan Orgen Tunggal di rumah Agung Warsito Dusun Mangir Lor RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (26/8/2017) jam 20.00 Wib.

Acara orgen tunggal ini dilaksanakan dalam rangka pembagian hadiah dan Penutupan Liga Mangir 2 dan penutupan rangkaian acara memperingati HUT RI Ke 72 di Mangir Lor.

Acara dihadiri dan disaksikan masyarakat Mangir sekitar kurang lebih 100 orang dan selesai pukul 23.00 Wib berjalan lancar, aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

29 August 2017

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Benyo

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri pagelaran Wayang Kulit Merti dusun Benyo 2017 di Dusun Benyo RT 07 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu (26/8/2017) jam 20.00 Wib.

Wayang Kulit dimainkan oleh Dalang Ki Restu Wijayadi mengambil lakon "Mikukuhan" dengan Bintang tamu Ki Warjudi Wignyo Swara dan Titi Cendik dengan diiringi Karawitan Laras Budoyo dari Benyo Sendangsari Pajangan Bantul.

Hadir dalam Wayang Kulit ini DPRD Bantul H. Sapto Saroso S. P.si., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. bersama istri, Lurah Desa Sendangsari Moh. Irwan , S.T., Peltu Y. Rasul A.S. Koramil 18/Pajangan, Dukuh dan Pamong Desa Sendangsari. Masyarakat Dusun Benyo dan sekitarnya yang menyaksikan pegalaran inj Laki-Laki 200 orang.

Acara dimulai dengan penyerahan tokoh Wayang Batara Guru dari DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi.  Kepada Kidalang.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan dibantu Koramil dan Linmas mengamankan jalannya kegiatan hingga berakhir dalam keadaan amn tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)