31 October 2017

Personel Polsek Sedayu Amankan Proses Eksekusi Rumah Di Perum Pesona Alam Sedayu

Personel Polsek Sedayu mengamankan proses eksekusi rumah oleh Pengadilan Negeri Bantul di Perum Pesona Alam Sedayu Blok F 31 Argomulyo Sedayu Bantul, Senin  30 /10/2017 pukul 10.15 WIB.

Obyek eksekusi adalah sebidang tanah pekarangan yang di atasnya berdiri satu bangunan rumah batu sesuai dengan SHGB No.00253 seluas 71 m2 dengan termohon eksekusi atas nama Ny. Hendri Wiwik Sulistyaningsih alamat Perum Pesona Alam Sedayu Blok F 31 Argomulyo Sedayu Bantul.

Sementara pemohon eksekusi Arif Setiawan alamat Dusun Gedongan RT 005 Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Proses eksekusi dilakukan karena setelah termohon eksekusi diberikan teguran oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul agar dalam tenggang waktu 8 hari termohon harus sudah menyerahkan obyek sengketa kepada Pemohon, namun dalam jangka waktu yang ditentukan termohon eksekusi belum juga menyerahkan obyek sengketa kepada pemohon eksekusi sehingga eksekusi pengosongan rumah harus segera dilaksanakan.

Selama proses eksekusi berlangsung, situasi berlangsung aman terkendali. Pengamanan dipimpin langsung oelh Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarto.

Selanjutnya Panitra Pengadilan Negeri Bantul menyerahkan kunci rumah kepada pemohon. (Sihumas Polsek Sedayu)

Jelang Operasi Zebra 2017, Polsek Bambanglipuro Pasang Spanduk Himbauan

Menjelang digelarnya Operasi Zebra Progo 2017, Unit Lantas Polsek Bambanglipuro melakukan pemasangan spanduk imbauan tertib lalulintas. Operasi Zebra akan mulai digelar pada 1 November 2017.

Kapolsek Bambanglipuro  AKP Yayan Dewayanto SH. MH melalui Kanit lantas Polsek Ipda Maryono mengatakan, bahwa Operasi Zebra akan dimulai 1 sampai 14 November 2017.

Menurutnya, pemasangan spanduk merupakan bentuk pemberitahuan awal kepada masyarakat sekaligus mengingatkan kepada pengendara agar tetap berhati-hati dan taat pada aturan lalu lintas,” tandasnya. (Sihumas Polsek Bambanglipro)

Waspada Curanmor, Bhabinkamtibmas Bangunharjo Pasang Banner

Bhabinkamtimas Desa Bangunharjo Aiptu Moh Imron Rosadi adalah  salah satu Bhabinkamtibmas yang bertugas di Polsek Sewon cukup di kenal luas oleh warga binaannya.

Kali ini, yang bersangkutan melaksanakan pemasangan banner imbauan waspada Curanmor kepada masyarakat di Jalan Imogiri Barat, tepatnya di Dusun Noto Bangunharjo Sewon Bantul, Senin (30/10/2017) pagi.

Aiptu Imron mengatakan, pemasangan banner ini sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas, khususnya kasus Curanmor.

“Disamping itu melalui pemasangan banner himbauan ini setidaknya mengingatkan kembali kepada warga masyarakat akan pentingnya pengamanan swakarsa. Masyarakat diharapkan bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri. Situasi yang aman adalah dambaan kita semua,” imbuhnya. (Sihumas Polsek Sewon)

Personel Polsek Imogiri Amankan Pertandingan Divisi 2 antara PS Prisma vs PS Perspag

Personel Polsek Imogiri mengamankan lanjutan pertandingan Kompetisi Asosiasi PSSI Kabupaten Bantul Tahun 2017 Divisi 2 antara  PS Prisma Dlingo vs PS Perspag Piyungan di Lapangan Miri Sriharjo Imogiri, Minggu (29/10/2017).

Pertandingan yang dipimpin oleh Rojak ini, dimenangkan oleh PS Prisma dengan skor telak 8-0.

Kegiatan disaksikan oleh kurang lebih 150 orang penonton dan berakhir pukul 17.30 WIB dengan situasi aman dan terkendali. (Sihumas Polsek Imogiri)

Polsek Sanden Laksanakan Sosialisasi Pencegahan & Penanganan KDRT Dan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Bhabinkamtimmas Desa Gadingsari Bripka Muchlis Humavianto, S.Pd dan Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan KDRT dan Penyuluhan Bahaya Narkoba di balai Desa Gadingsari, Sanden, Selasa (31/10/2017) mulai pukul 10.00 WIB.

Peserta sosialisasi adalah Lurah Desa Gadingsari Mashuri, Kasi Pelayanan Desa Gadingsari Jakirman, perwakilan LPMD, Dukuh se-Desa Gadingsari, Kader PKK serta perwakilan karang taruna.

Dalam sambutannya, Lurah Desa Gadingsari mengatakan bahwa KDRT semakin hari semakin mencenggangkan, kebanyakan wanita sebagai korban dan pelakunya adalah laki-laki dan berimbas kepada anak. Semoga dengan adanya sosialisasi ini menjadi perhatian bersama dan dapat menghindari perilaku ringan tangan dalam menangani permasalahan, harapnya.

Lebih lanjut Mashuri  mengatakan, angka perceraian menduduki peringkat ke 4 se-Kecamatan Sanden. Belum lagi laporan KDRT di wilayah Gadingsari cukup banyak. Adanya permasalahan tersebut pemerintah desa Gadingsari tergugah untuk mengadakan sosialisasi, dengan harapan agar KDRT setidaknya dapat dihindari dan menjadi berkurang. Ketika muncul permasalahan ekonomi dan perbedaan pandangan, cenderung timbul gesekan masalah dan pada ujungnya terjadi KDRT, imbuhnya.

Bripka Muchlis Humavianto, S.Pd dalam penyuluhannya menyampaikan tentang pengertian Narkoba, golongan Narkoba, dampak narkoba serta memberikan trik menjauhi narkoba agar tidak terjerumus sebagai penyalahguna Narkoba.

Jenis jenis Narkoba yang kini tengah beredar di masyarakat antara lain, Shabu, Ganja, Calmlet Alprazolam, Riklona Clonazepam dan Obat keras jenis Trihexyphenidyl, katanya.

Bripka Muklis menambahkan, Narkoba adalah musuh kita bersama, maka harus kita perangi bersama. Setiap orang tua agar perduli terhadap putra putrinya, pastikan bahwa mereka tidak terlibat narkoba. Caranya lakukan tes Urine, apabila hasilnya positif narkoba maka segeralah lakukan pengobatan atau rehab medis, jangan tunggu sampai parah. Apabila menemukan penguna narkoba dan peredaran Narkoba segera melaporkan kepada pihak yang berwajib, pesan Bripka Muchlis.

Sosialisasi pencegahan dan penangananKDRT dan penyuluhan bahaya narkoba dihadiri sekitar 60 orang peserta. (Sihumas Polsek Sanden)

Kapolsek Bantul Hadiri Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH mengahdiri kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Yayasan Damandiri dan KUD Gemah Ripah Damandiri Trirenggo dengan kelompok Tabur Puja di Balai Desa Trirenggo, Senin (30/10/2017) pukul 12.00 WIB.

Dalam sambutannya, Camat Bantul Drs Susanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Damandiri pusat yang telah memberikan bantuan kepada Desa Trirenggo Bantul. Diharapkan bantuan yang diberikan oleh Yayasan Damandiri dapat mensejahterakan warga Desa Trirenggo.

Setelah sambutan dari Camat Bantul kegiatan dilanjutkan dengan peandatanganan kerja sama dan peresmian KUD Gemah Ripah Damandiri Desa Trirenggo Bantul yang diresmikan oleh Bapak Drs Subiakto Tjakrawerdaja sebagai Ketua Yayasan Damandiri.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengecekan beberapa program KUD Gemah Ripah Damandiri Desa Trirenggo antara lain Unit simpan pinjam Tabur Puja KUD Gemah Ripah Damandiri Trirenggo, Bedah rumah di Desa Trirenggo, Pelatihan dan pembinaan kader pos yandu Desa Trirenggo, Sosialisasi program kerja forum PAUD dan calon penerima insentif, Pelatihan wirausaha dan desain kemasan, Pelatihan sistem pertanian organik dan pembuatan pupuk kompos dan beberapa program lainnya.

Kegaiatan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Sulistiyana dari Perindakop Kabupaten Bantul, Muspika Bantul, Lurah Desa Trirenggo Bapak Munawar, kelompok masyarakat Tabur Puja Desa Trirenggo Bantul dan 150 warga lainnya. (Sihumas Polsek Bantul)

Anggota Polsek Jetis Melayat Ke RUmah Duka Ibu Mertua Pelda Suwahyu

Kapolsek Jetis AKP S Parmin bersama anggotanya melayat ke rumah duka Ibu Hj Sri Haryanti, mertua Pelda Suwahyu anggota Koramil Jetis di Dusun Singsosaren Jetis Bantul, Senin (30/10/2017).

Beliau menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya almarhumah kepada Pelda Suwahyu.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan bersabar dan ikhlas, serta segala dosa almarhumah diampuni dan amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT,“ kata AKP S Parmin.

Dalam kesempatan itu, Pelda Suwahyu mengucapakan terima kasih kepada Kapolsek Jetis dan anggota yang telah meluangkan waktu untuk bertakziyah dan memberikan doa serta semangat untuk  keluarga yang ditinggalkan.

Sebelum meninggalkan rumah duka, Kapolsek Jetis dan anggotanya senyempatkan diri untuk menyolatkan jenazah. (Sihumas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kandang Sapi Kelompok Dusun Dukuh

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana menghadiri peletakan batu pertama dimulainya pembangunan kandang sapi kelompok dan pengolahan pupuk organik di Dusun Dukuh RT 15 Kerandohan Pendowoharjo Sewon Bantul, Senin siang (30/10/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Sewon Drs. Danang Erwanto,M.Si., Lurah desa Pendowoharjo  H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I, Dinas Pertanian Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Sewon, ketua kelompok kandang Gemah Ripah Desa Pendowoharjo bapak Mujio dan anggotanya.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Heru Mulyana menyampaikan bahwa dengan adanya kandang sapi kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan ternak serta lingkungan sekitar, ternak yang dipelihara dapat tumbuh serta berkembangan dengan baik, serta kesehatan lingkungan dan peternak dapat terjaga pula.

 Beliau juga menyampaikan bahwa keberadaan  kandang-kandang ternak yang jauh dari pemukiman penduduk  akan mengurangi pencemaran lingkungan serta resiko gangguan kesehatan bagi masyarakat.

“Intinya warga masyarakat dan ternak sama-sama sehat. Dan untuk keamanan kandang akan di laksanakan ronda yang anggotanya peternak itu sendiri. Sedangkan untuk limbah atau kotoran sapi akan di olah menjadi kompos atau pukuk kandang yang tentunya mempunyai nilai ekonomi,” imbuhnya. (Sihumas Polsek Sewon)

Babinkamtibmas Desa Ringinharjo Hadiri Sosialisasi Penerimaan Calon Pamong Desa Dusun Gemahan

Babinkamtibmas Desa Ringinharjo Aipda Sugiyanto SH  menghadiri kegiatan sosialisasi penerimaan calon pamong desa di Dusun Gemahan Desa Ringinharjo Bantul, Senin (30/10/2017) pukul 20.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim 9 Bapak Sugeng Suprapto S.E dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memilih kasi pemerintahan (keamanan) Desa Ringinharjo.

Setelah sambutan dari Bapak Sugeng Suprapto, S.E kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait proses pendaftaran, syarat serta pelaksanaan ujian pemilihan Kasi Pemerintahan oleh salah satu tokoh masyarakat.

Diharapkan kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan tambahan informasi kepada masyarakat terkait penerimaan calon pamong desa.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Babinsa Desa Ringinharjo dan 30 warga Dukuh Gemahan. (Sihumas Polsek Bantul)

Kapolsek Bantul Ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 89

Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 di halaman Kantor Kecamatan Bantul, Senin (30/10/2017).

Bertindak sebagai Irup Camat Bantul Drs Susanto dan diikuti TNI Polri, ASN dan pelajar. Dalam kesempatan tersebut, Irup membacakan amanat Menpora.

Dalam amanatnya, Menpora menyampaikan pesan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh Indonesia dari penjuru penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta.

Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda Kedua dihadiri oleh pemuda lintas suku agama dan daerah.

Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda kedua kita akan menemukan Daftar Panitia dan peserta Kongres yang berasal dari pulau pulau terjauh Indonesia.

Secara imaginative, sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah. (Sihumas Polsek Bantul )

Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Hadiri Sosialisasi Penggunaan Dana Desa Di Dusun Tegalan

Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Brigadir Eko Rustamaji menghadiri sosialisasi penggunaan dana desa di Dusun Tegalan Pedak Trimurti Srandakan, Senin (30/10/2017) pukul 20.00 WIB.

Sosialisasi disampaikan oleh Lurah Desa Trimurti Agus Purwaka ST didampingi Tim TPK Desa Trimurti.

Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan agar warga masyarakat Dusun Tegalan, dalam pembangunan corblok jalan kampung yang menggunakan anggaran dana desa melaksanakannya sesuai dengan arahan dari TPK Desa Trimurti.

Menurutnya, pembangunan jalan harus sesuai dengan apa yang diajukan dalam Musrendes dan tidak boleh menyimpang dari pengajuan dalam musrendes. (Sihumas Polsek Srandakan)

Iptu Susanto Hadiri Upacara Ulang Tahun Ke 62 SMK N 1 Sewon

Panit I Sabhara Polsek Sewon Iptu Susanto mewakili Kapolsek Sewon menghadiri upacara memperingati ulang tahun yang ke 62 SMK N 1 Sewon di dusun Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Selasa (31/10/2017)

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sewon Drs. Danang Erwanto Msi, Kepala Balai Diknas Kabupaten Bantul Drs Suherman Efendi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Drs Masharun MM, Komite Sekolah Drs H Saibani, Pengawas Sekolah SMK N 1 Sewon Sudarman, M.Pd, Dewan Sekolah SMK N 1 Sewon,Tokoh Masyarakat, Guru, Staf dan Karyawan SMK N 1 Sewon serta siswa siswi SMK N 1 Sewon.

Dalam lapornya ketua Panitia yang sekaligus Kepala Sekolah SMK N 1 Sewon Dra Hj Sudaryati M.Pd menyampaikan bahwa tepat tanggal 31 Oktober merupakan hari berdirinya SMK N 1 Sewon yang ke 62 tahun, dan kegiatan yang di selenggarakan pada hari ini adalah Kirab Budaya Nusantara dengan tema yang di ambil adalah Karnaval Budaya Nusantara Menggali Kreativitas Anak Bangsa Yang Berbudaya Dalam Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Penguatan Pendidikan Karakter, kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMK N 1 Sewon telah di mulai pada tanggal 16 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2017 dengan berbagai kegiatan antara lain lomba kebersihan sekolah dan lingkungan, Bakti sosial, lomba kebersihan kelas, lomba wali kelas terbaik, apel bendera.

Dalam amanatnya Kepala Balai Diknas Kabupaten Bantul Drs Suherman Efendi, menyampaikan selamat atas prestasinya meraih juara pertama lomba Sekolah Sehat tingkat propinsi, prestasi yang dirahi tersebut merupakan wujut nyata kerjasama dan dukungan yang baik dari berbagai pihak, dan kali ini SMK 1 Sewon menyelenggarakan pucak hari jadinya yang bertemakan karnafal budaya nusantara semoga nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Selesai dilaksanakannya upacara acara di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan bantuan berupa sembako kepada warga yang diterima secara simbolis oleh dukuh Pulutan. Selesai penyerahan sembako dilanjutkan pelepasan peserta kirab budaya nusantara yang di ikuti oleh seluruh siswa SMK N 1 Sewon yang terbagi dalam 50 bregodo dan di lepas secara simbolis oleh Kepala Balai Diknas Kabupaten Bantul Drs Suherman Efendi.

Dalam kegiatan Kirab Budaya Nusantara tersebut Polsek Sewon menempatakan sejumlah personilnya guna pengamanan jalur yang di lewati oleh peserta kirab. (Sihumas Polsek Sewon)

Turnamem Bola Volly Triharjo Cup 2017, Tim Pedukuhan Tirto Raih Juara 1

Kapolsek Pandak AKP Amirt Mahmud serahkan piala dan hadiah uang pembinaan kepada pemenang turnamem bola Volly Triharjo Cup 2017 dilapangan bola Volly dusun Nglarang Triharjo Pandak Bantul, Senin ( 30/10/2017).

Turnamen Bola Volly Triharjo Cup 2017 ini dalam rangka hari Jadi Desa Triharjo ke 71 dihadiri oleh Kasi Kemas Kecamatan Pandak Subiyanto, Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiyantoro, Perangkat Desa Triharjo dan ratusan penonton.

Sebelum acara Penyerahan piala dan hadiah berlangsung pertandingan final merebutkan juara 3 dan 4 antara tim pedukuhan Siangan VS Pedukuhan Jaten dimenangkan Pedukuhan Siangan dengan score 3-0 dan perebutan juara 1 dan 2 antara Pedukuhan Tirto VS Pedukuhan Juwono dimenangkan Pedukuhan Tirto dengan score 3-0.

Para pemenang disamping mendapatkan piala juga mendapatkan hadiah uang pembinaan dan untuk Juara pertama mendapatan hadiah uang pembinaaan sebesar Rp. 3.000.000,-, juara kedua Rp. 2.000.000,-, juara ketiga Rp. 1.000.000,-, juara keempat Rp. 750.000,-

Selama berjalannya pertandingan personil Polsek Pandak melaksanaakan pengamanan sehingga berjalan dengan aman dan tertib. (Sihumas Polsek Pandak)

Pengamanan Open House Museum Gumuk Pasir

Rangkaian acara Hari Informasi Geospasial telah diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) sepanjang Oktober 2017, seperti Indonesian Student Orienteering Competition di Yogyakarta, Boothcamp BIG dan Geospasial Week di Aceh. Rangkaian acara ditutup pada hari Senin (30/10) bersamaan dengan acara Open House Museum Gumuk Pasir dengan mengangkat tema "Sinergi Geospasial dan Budaya" yang mempunyai arti menjadi pelecut kemajuan Museum Gumuk Pasir ke depan.

Museum Gumuk Pasir juga ingin berkontribusi dalam hal edukasi lewat talkshow bertema "Menyongsong Pariwisata Istimewa dengan Penataan Ruang Berbalut Kearifan Lokal di Kawasan Kagungan Dalem Gumuk Pasir Parangtritis".

Acara diawali dengan pengguntingan pita untuk peresmian wajah Baru Museum Gumuk Pasir oleh Kepala BIG, Nicky Setyawan, S.Si didampingi oleh Bupati Bantul, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Dekan UGM, Rektor UGM dan tamu undangan serta dilanjutkan dengan keliling Museum Gumuk Pasir.

Pembukaan acara talkshow dimulai dengan sambutan Kepala BIG, Nicky Setyawan yang menyampaikan dengan dibukanya Museum Gumuk Pasir ini semoga nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bantul.

"Kita harus dapat menarik massa atau kunjungan, sangat bagus jika nantinya diwajibkan kunjungan bagi anak-anak sekolah ke Museum Gumuk Pasir." Ungkapnya.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutanya mengatakan atas nama pemerintahan Kabupaten Bantul menyambut baik dan memberi apresiasi sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

"Dengan talkshow ini, saya berharap kita dapat melahirkan pemikiran-pemikiran strategis upaya kita bersama menjaga dan melestarikan keberadaan gumuk pasir yang mempunyai nilai ekonomis di bidang kepariwisataan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya lokal." Harap Bupati Bantul.

Acara diakhiri dengan talkshow yang dipandu oleh moderator Setyawan Tiada Tara berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Kretek. (Sihumas Polsek Kretek)

Pengamanan Pengumuman Hasil Seleksi Kepala Dukuh Di Desa Tirtomulyo

Kapolsek Kretek Kompol Salim menghadiri pengumuman hasil seleksi kepala dukuh di gedung pertemuan balai desa Tirtomulyo, Senin, (30/10/2017) pkl 20.00 wib.

Adapun kepala dukuh wilayah desa Tirtomulyo yang belum terisi diantaranya dusun Soropadan dan dusun Gondangan.

Pedukuhan Soropadan dalam seleksi pengisian kepala dukuh diikuti oleh 5 kandidat dengan hasil Andik Fransisto memperoleh nilai 73,65 Listiawan Yeni Ismarwanto 72,90 Aris Setiawan 69,85,Apriko Setyawan 71,95serta Didik Kurniawan 62,25

Hasil tertinggi diraih Andik Fransisto dengan nilai 73,65 sehingga berhak menjabat kepala dukuh Soropadan.

Sedangkan pedukuhan Gondangan diikuti oleh 2 kandidat dengan hasil, Muhammad Solikin memperoleh nilai 62,10 dan Lasmono Hadi 61,10.

Hasil tertinggi diraih Muhammad Solikin dengan nilai 62,10 sehingga berhak menjabat dukuh Gondangan dan akan dilantik oleh Lurah desa Tirtomulyo Drs Sujadi yang direncanakan pada hari Selasa,7 Nopember 2017.

Adapun penyelenggara kegiatan tersebut adalah Panitia pengisian lowongan pamong Desa Tirtomulyo,Kretek, Bantul bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPPMP ) UNY Yogyakarta sebagai penyelenggara ujian dengan ketua panitia Suhadi Amd.

Lurah desa Tirtomulyo Drs.Sujadi dalam sambutannya menyampaikan dengan ini atas nama pemerintah desa Tirtomulyo mengucapkan terimaksih kepada seluruh panitia pengisian lowongan pamong Desa Tirtomulyo yang mana dalam tahap tahap seleksi telah dilalui dengan lancar tertib dengan pengamanan dari polsek Kretek. (Sihumas Polsek Kretek)

Kanit Lantas Polsek Pleret Bina MTs Al Mahali

Polsek Pleret bekerjasama dengan MTs Al Mahali memberikan pembinaan mengenai larangan bagi siswa seusia SMP atau MTs mengendarai sepeda motor ke sekolah. Pembinaan itu disampaikan oleh Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani dihadapan seluruh siswa MTs Al Mahali saat menjadi pembina upacara di sekolah itu, Senin (30/10/2017) pukul 07.00 WIB.

Disampaikan bahwa saat ini anak-anak seusia SMP atau MTs hampir sebagian besar sudah bisa mengendarai sepeda motor. Namun pengetahuan mereka tentang aturan berlalu lintas masih minim. Tentunya tidak hanya membahayakan siswa itu sendiri, tetapi juga bagi pengguna jalan raya lainnya.

Siswa SMP atau MTs masih belum cukup umur dan belum mempunyai SIM sehingga tidak diperbolehkan mengendarai sepeda motor. Disamping itu menyusul sering terjadinya pelanggaran atau kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara di bawah umur.

"Sesuai dengan peraturan dari Kepolisian, diizinkan apabila mempunyai SIM. Jika tidak, itu termasuk pelanggaran lalu lintas. Sehingga bisa ditindak sesuai peraturan yang berlaku", ungkap Kanit Lantas.

Pada kesempatan itu Kanit Lantas juga mengingatkan kepada seluruh siswa MTs Al Mahali agar ikut menjaga Kamtibmas di lingkungan sekolah. Maraknya kenakalan pelajar yang terjadi saat ini dikarenakan para siswa yang tidak memahami dan mematuhi setiap aturan yang ada di sekolah. (Sihumas Polsek Pleret)

Setiap Pagi, Polsek Pajangan Gelar Pos Pagi

Setiap pagi hari pukul 06.00 sampai dengan 08.00 Wib seluruh anggota Polsek Pajangan terjun ke jalan raya melaksanakan giat Pos Pagi yaitu pengaturan arus lalu lintas pada titik titik atau lokasi yang telah ditetapkan.

Waktu pos pagi dimulai jam 06.00 sampai 08.00 Wib. Titik lokasi pos pagi beserta personil sudah ditetapkan sesuai jadwal yang telah disusun berdasarkan analisis kerawanan Kamtibselcarlantas (Keamanan Ketertiban Keselamatan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas).

Sesuai dengan plotingnya, hari ini Selasa (31/10/2017), anggota Sabhara Polsek Pajangan Aipda Sukamto dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H menempatkan diri di simpang tiga Sindon Dusun Iroyudan RT 06 Guwosari Pajangan Bantul melaksanakan Pos pagi.

Disamping melaksanakan pos pagi personil juga selalu senantiasa mengingatkan setiap pengguna jalan yang belum memiliki kesadaran akan keselamatan melalui teguran simpatik edukatif, sehingga akhirnya seluruh masyarakat memiliki kesadaran hukum yang tinggi dalam berlalulintas. Dengan demikian ketertiban berlalulintas Khususnya di wilayah Pajangan menjadi tinggi sehingga menurunkan angka kecelakaan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Pesan Kamtibmas Kapolsek Kepada Siswa SMPN 1 Jetis

Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja, Kapolsek Jetis AKP S Parmin memberikan pesan pesan kamtibmas saat menjadi pembina upacara bendera di SMPN 1 Jetis diikuti oleh Kepala sekolah, guru, staf dan seluruh siswa, Senin, 30 Oktober 2017.

Dalam pesanya, Kapolsek meminta kepada seluruh siswa agar tidak terlibat dan ikut menjadi gang yang sering meresahkan masyarakat. Jauhi Miras, Narkoba maupun tindakan tindakan yang tidak pantas dilakukan oleh pelajar.

Dalam kesempatanya Kapolsek juga mengajak kepada para siswa mentaati tatertib lalulintas dan mengutamakan keselamatan di jalan raya. Serta melarang para siswa SMP mengendarai sepeda motor karena belum cukup umur.

Kemudian kepada para guru, kami mengajak, mari bersama -sama menciptakan generasi penerus bangsa yang bisa dibanggakan.  (Sihumas Polsek Jetis)

Bripka Sugiyono Sambangi Siswa TK Masyitoh II Kembangsongo

Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Bripka Sugiyono SH bersama Babinsa menyambangi sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Masyitoh II di dusun Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul, Senin, 30/10/2017 dengan maksud untuk menguatkan karakter pendidikan anak disekolah sekaligus membiasakan anak-anak bertemu dengan Polisi.

Kegiatan ini adalah program Polisi Sahabat Anak dengan tujuan agar anak-anak tidak takut dengan polisi tetapi menghargai polisi sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat serta Penegak hukum dalam memberantas segala bentuk kejahatan.

Dengan program ini, polisi juga mengenalkan rambu rambu lalulintas maupun cara menyeberang dengan benar kepada anak agar saat mereka besar nanti bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. (Sihumas Polsek Jetis)

Kapolsek Jetis Melayat Kerumah Duka Ibu Mertua Pelda Suwahyu

Kapolsek Jetis AKP S Parmin didampingi sejumlah Kanit dan anggota melayat kerumah Duka ibu Mertua Pelda Suwahyu anggota Koramil Jetis di dusun Singsosaren, Imogiri Jetis Bantul, 30 Oktober 2017.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek menyampaikan belasungkawa dan turut berduka atas meninggalnya Ibu Hj Sri Haryanti semoga husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan tawakal.

Selaku pribadi Pelda Suwahyu mengucapakan "terimakasih kepada Pak Kapolsek dan Anggotanya yang telah meluangkan waktu untuk bertakziyah dan semoga Allah membalasnya dengan pahala yang tak terhingga, ucap Pelda Suwahyu.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek beserta anggota juga mensholatkan Almarhumah bersama dengan jemaah yang lain.

Kegiatan ini adalah suatu bentuk ibadah dan juga merupakan bentuk persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dengan baik antara Polsek Jetis dan Koramil. (Sihumas Polsek Jetis)

Pengamanan HUT ke 5 JBOC Oleh Sabhara Polsek Sewon

Personil Unit Shabara Polsek Sewon di pimpin oleh Aiptu Dasiman melaksanakan pengamanan kegiatan Pentas musik orgen tunggal dalam rangka Hari ulang tahun yang ke-5 organisasi driver pariwisata java bali overland comunity di Hall Pyramid Resto JI. Parangtritis Km 5,5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Senin (30/10/2017) malam.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh komunitas JBOC dengan mengambil tema" Menjalin Persaudaraan Dengan Memandang Persatuan Antar Komunitas JBOC" dihadiri oleh Ketua JBOC Isnu Subagyo, pengurus JBOC, dan anggota JBOC serta tamu undangan.

Dalam laporannya ketua panitia Eko Prayitno menyampikan tujuan di laksanakannya HUT JBOC adalah menjalin komunikasi dan silaturahmi antar komunitas, dan sebelum di laksnakannya acara puncak telah di laksanakan kegiatan bakti sosial di puncak Becici, Lintang Sewu, dan bukit Pengger Imogiri, Bantul berupa pemberian bak sampah.

Selesai acara seremonial dilanjutkan dengan pentas orgen tunggal, dan selama acara berlangsung mendapat pengamanan Shabara Polsek Sewon dari awal hingga berakhirnya kegiatan berlangsung aman. (Sihumas Polsek Sewon)

Setiap Pagi, Polsek Sanden Gelar Pos Pagi

Untuk menciptakan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran arus lalulintas, setiap pagi hari Polsek Sanden menggelarkan personilnya di penggal penggal jalan maupun depan sekolah melaksanakan pengaturan lalu lintas.

Seperti pagi ini, Selasa (31/10/2017) mulai pukul 06.30 WIB anggota Polsek Sanden telah menempati titik titik tersebut guna melaksanakan pengaturan lalu lintas sesuai ploting yang telah ditentukan.

Kasihumas Polsek Sanden Aiptu Mohtar menerangkan bahwa kegiatan ini sebagai pelayanan kepada masyarakat di jalan yang sedang memulai aktivitasnya dipagi hari. “Pergelaran personel ini dilakukan setiap pagi untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan kemacetan,” jelasnya.

Selain mengatur arus lalulintas, petugas juga menghinbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati hati dalam berkendara, mematuhi rambu rambu lalu lintas agar selamat sampai tujuan, imbuh Aiptu Mohtar. (Sihumas Polsek Sanden)

30 October 2017

Pengamanan Jalan Sehat di Lapangan Argosari

Dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Karang Taruna Tarunasari Desa Argosari Kecamatan Sedayu mengadakan Kegiatan Jalan Sehat tepatnya di Lapangan Argosari, Minggu (29/10/2017) pukul 07.00 WIB.

Antusiasme warga sangat tinggi, terbukti dengan terjualnya 2.400 tiket yang dijual secara umum. Acara ini dihadiri oleh Camat Sedayu Drs Fauzan Mu’Arifin, anggota DPRD Bantul Widodo Amd, Lurah Desa Argosari Drs Hidayaturachman dan Ny Farida Hidayaturachman serta ribuan warga yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Usai kegiatan jalan sehat, Acara dilanjut dengan hiburan dan pembagian doorprize dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor New Revo FI. Sesuai dengan Tema “Jajan Tonggo Nglarisi Konco” banyak stan umkm masyarakat setempat yang ikut serta meramaikan acara tersebut seperti : berbagai olahan jamu tradisional, makanan dan minuman yang beraneka ragam.  Tujuannya agar masyarakat dapat lebih aktif, kreatif dan produktif dalam memajukan berbagai potensi di Desa Argosari.  Dalam acara tersebut juga diadakan tes kesehatan seperti cek gula darah, kolesterol, golongan darah, tinggi badan dan berat badan.

Acara berlangsung cukup meriah dengan ribuan warga yang rela menunggu pembagian doorprize sampai selesai dan di tutup dengan pengundian doorprize yang terakhir yaitu sepeda motor New Revo FI. Pengundian diwakili oleh Camat Sedayu Fauzan Mu’arifin dan diserahkan langsung kepada Pemenang atau yang beruntung, kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan Karang Taruna Tarunasari Desa Argosari.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sedayu melaksanakan pengamaan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sedayu)

Pengamanan Panen Jagung Hibrida Di Bulak Derman Sumbermulyo

Bupati Bantul Drs. Suharsono panen Jagung Hibrida di Bulak Derman Sumbermulyo Bambanglipuro milik Kelompok Tani "Sido Makmur III" pada Senin (23/10/2017).

Pada kesmepatan tersebut Bupati Bantul didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, Camat Bambanglipuro Drs. Anom Ardiyanto, Kapolsek Bambanglipuro serta jajaran Forkompinda Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul dengan wajah yang sumringah menyampaikan bahwa merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi dirinya, karena bisa memberikan semangat kepada para petani yang merupakan tulang punggung ketahanan pangan di Kabupaten Bantul.

Dengan panen raya komoditi jagung yang dihasilkan oleh kelompok tani di Dusun Derman Desa Sumbermulyo Bambanglipuro ini akan menambah kesejahteraan keluarga dan masyarakatnya. Kami berharap kata Bupati, komoditi tanaman jagung kedepan semakin maju dan meningkat hasilnya. Karena saat ini komoditi jagung bukan hanya sebagai pakan ternak atau juga sebagai makanan pengganti beras, namun juga merupakan komoditi ekspor yang sangat menjanjikan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan para petani di daerah.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc,  pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Bantul terdapat seluas 4.000 ha tanaman jagung. Sementara terdapat pula seluas 1.500 ha tanaman pangan yang merupakan demplot dari pusat yang terdiri dari 500 ha berupa tanaman padi, 500 ha tanaman jagung dan 500 ha tanaman kedelai. Kelompok Tani Sido Makmur III saat ini mempunyai lahan pertanian seluas 17 ha yang ditanami jagung dengan menghabiskan benih sebnyak 425 kg jagung yang merupakan program bantuan pemerintah melalui subsidi benih.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamaan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Gerakan Panen Padi Di Bulak Bendo

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono melakukan Gerakan Panen Padi guna Peningkatan Kegiatan Produksi Pertanian/Perkebunan Berkelanjutan di Bulak Bendo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Senin (30/10/2017).

Menurut Lurah Desa Wukirsari Bayu Bintoro, SE, bulak yang ada disini sekitar 38 hektar, yang disebelah selatan sudah panan karena sudah mulai menguning, jadi masyarakat petani sebelah selatan ketakutan nanti dimakan oleh burung dan hasilnya sangat luar biasa untuk tahun ini, Katanya.

"Program Pemerintah Desa di tahun 2018, air sungai bisa di manfaatkan di daerah dataran yang lebih tinggi, dengan cara memompa air sehingga target kami ditahun depan bisa mengairi sekitar 15 hektar", Ujarnya.

Sementara sambutan Bupati Bantul mengatakan, panen padi merupakan salah satu langkah nyata dari petani di Kabupaten Bantul khususnya di kelompok tani yang berada di Dusun Bendo serta upaya mempersiapkan musim tanam (MT 1) dan untuk menjadi contoh para petani-petani yang berada di Kabupaten Bantul.

Lebih lanjut Bupati Bantul juga menyampaikan, harus mau dan mampu menerapkan cara bercocok tanam sesuai anjuran petugas atau penyuluh pertanian yaitu dengan menerapkan cara budidaya yang ramah lingkungan. Yang dimaksudkan ramah lingkungan yaitu menanam padi dengan cara tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Ramah lingkungan dapat melalui pupuk kandang atau menggunakan pestisida organik.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Imogiri melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Imogiri)

Penilaian Lomba Upacara Di MAN 4 Bantul

Guna menanamkan kedisiplinan dan cinta tanah air dan bangsa Indonesia generasi penerus, Kesbang Linmas Kabupaten Bantul mengadakan Lomba Upacara Bendera Tingkat Kabupaten Bantul dengan peserta seluruh SMA, SMK dan MAN se Kabupaten Bantul.

MAN 4 Bantul sebagai salah satu peserta dalam lomba tersebut, Senin (30/10/2017) pukul 07.00 WIB, mendapat giliran penilaian dari Tim Yuri.

Adapun sebagai juri Tim kesabanglinmas Kab Bantul terdiri dari Polres Bantul, Kodim Bantul, Kesbang Linmas Bantul, Kemenpora/Dikpora Bantul, Kemenag dan Satpol PP Kab Bantul. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Dlingo Bertindak Sebagai Irup Dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 89

Kapolsek Dlingo AKP AKP Cherli Evi Prayudati Sela menjadi Irup dalam upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 di halaman Kantor Kecamatan Dlingo, Senin (30/10/2017).

Upacara tersebut diikuti seluruh jajaran Muspika Dlingo, TNI/Polri, ASN dan pelajar di Kecamatan Dlingo.

Dalam kesempatan tersebut, Irup membacakan amanat Menpora. Dalam amanat ini Menpora menyampaikan pesan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh Indonesia dari penjuru penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta.

Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda Kedua dihadiri oleh pemuda lintas suku agama dan daerah.

Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda kedua kita akan menemukan Daftar Panitia dan peserta Kongres yang berasal dari pulau pulau terjauh Indonesia.

Secara imaginative, sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah. (Sihumas Polsek Dlingo)

SMA Negeri 1 Bantul Juara Parade Band Tingkat SMA Tahun 2017

Personel Polsek Sewon melaksanakan pengamanan Bantul Music yang merupakan  Parade Band Tingkat SMA Kabupaten Bantul Tahun 2017 di Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis Km 9 Sewon Bantul, Minggu (30/10/2017) malam.

Pentas yang bertajuk Bantul Musik diselenggarakan oleh IMABA (Ikatan Mahasiswa Bantul), dalam rangka memperingati Milad IMABA yang ke-8 sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda.

Parade band tingkat SMA tersebut diikuti oleh tujuh group band, antara lain SMA Negeri 2 Bantul, SMK 1 Pundong, MAN 2 Bantul, SMA Negeri 1 Bantul, SMK 1 Bantul, SMK 1 Sewon dan SMA Negeri 1 Bantul.

Dalam pentas tersebut setiap peserta membawakan satu lagu wajib berjudul "Bendera" dan satu lagu bebas.

Setelah di laksanakan penilaian oleh tim juri dari ISI Yogyakarta, keluar sebagai Juara 1 SMA Negeri 1 Bantul dan berhak atas tropi Bupati Bantul serta uang pembinaan. Sementara SMA Negeri 2 Bantul keluar sebagai Juara Favorit.

Dalam kesmpatan terpisah Iptu Susanto Panit I Sabara Polsek Sewon selaku Perwira Pengendali menuturkan pengamanan yang dilaksnakan oleh Shabara Polsek Sewon merupakan salah satu bentuk komitmen Polri dalam melaksnakan pelayanan kepada masyarakat. (Sihumas Polsek Sewon)

Polsek Pleret Amankan Laga Final Turnamen Bola Voli Tambalan Cup I Tahun 2017

Tim Klisat Pundong berhasil meraih juara I dalam partai final Turnamen Bola Voli Tambalan Cup I tahun 2017 yang berlangsung di Lapangan Voli dusun Tambalan, Pleret, Pleret, Bantul pada Minggu (29/10/2017) malam.

Dalam partai final tersebut Klisat Pundong berhasil mengalahkan tim Cepoko Trirenggo dalam empat set dengan skor 3-1 (21-25, 25-20, 25-23, 25-13). Dengan kemenangan ini Klisat Pundong berhak membawa pulang Trofi Ketua DPRD Bantul dan uang pembinaan sebesar 8 juta rupiah. Sedangkan tim Cepoko Trirenggo sebagai juara II memperoleh trofi dan uang pembinaan sebesar 6 juta rupiah.

Sebelumnya, pada hari yang sama telah dipertandingkan antara tim Nogosari Jetis melawan Gilon Pundong yang memperebutkan juara III dan IV.  Pada pertandingan tersebut Nogosari Jetis berhasil mengalahkan Gulon Pundong. Dengan demikian juara III diraih oleh tim Nogosari Jetis berhak membawa pulang trofi serta uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah dan juara IV oleh tim Gulon Pundong berhak membawa pulang trofi serta uang pembinaan 2,5 juta rupiah.

Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo, ST usai menyerahkan trofi kepada tim juara menyampaikan terima kasihnya kepada segenap panitia, tim peserta dan semua pihak atas terselenggaranya turnamen Tambalan Cup I berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga turnamen Tambalan Cup akan terus terselenggara. Harapannya dengan turnamen ini dapat meningkatkan prestasi atlet-atlet lokal Bantul dan dapat memotivasi bibit-bibit muda untuk meraih prestasi terbaik di masa yang akan datang.

Pada gelaran final Turnamen Tambalan Cup I tahun 2017 itu, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH memimpin pengamanan hingga selesai dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Pasang Spanduk Himbauan Curanmor

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Aipda Ari Dwi Purnomo, S.H memasang Spanduk Himbauan tentang Pencurian Sepeda Motor di depan Universitas Alma Ata Yogyakarta Jalan Ringroad Lingkar Selatan Dusun Jadan Tamantirto Kasihan Bantul, Senin (30/10/2017) pukul 10.00 WIB.

Pemasangan tersebut untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat sekitar Universitas Alma Ata Yogyakarta agar berhati-hati seiring dengan maraknya kasus pencurian di sekitar area kampus.

“Wilayah Desa Tamantirto merupakan daerah rawan pencurian terutama pencurian kendaraan bermotor di lingkungan sekitar kampus UMY dan Universitas Alma Ata”, jelas Aipda Ari Dwi Purnomo, S.H.

Spanduk tersebut berisi beberapa himbauan antara lain himbauan agar memasangasang kunci pengaman/Alrm, parkir di tempat yang aman dan jangan membawa atau meletakkan barang dan surat berharga di dalam kendaraan.

Selain itu Aipda Ari Dwi Purnomo, S.H juga mengatakan bahwa spanduk sengaja dipasang disini (depan Universitas Alma Ata) guna memudahkan masyarakat untuk membaca himbauan yang tercantum dalam spanduk.

Semoga dengan dipasangnya spanduk ini dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menjaga barang atau hartanya masing-masing. (Sihumas Polsek Kasihan)


Kapolsek Jetis Hadiri Launching program Pencanangan Pasukan Anak Sekolah Pembasmi Jentik (Pasbatik)



Kapolsek Jetis AKP S Parmin memimpin langsung pengamanan Jalan Sehat sekaligus launching program Pencanangan Pasukan Anak Sekolah Pembasmi Jentik (Pasbatik)  di Pendopo Kecamatan Jetis yang diselengarakan Minggu (29/10/2017) pukul 07.00 WIB.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan dibuka oleh Camat Jetis Ibu Dra. Endang Rahmawati M.M. Beliau menyampaikan bahwa Pencanangan Pasukan Anak Sekolah Pembasmi Jentik (Pasbatik) merupakan program baru/inovasi dari Kecamatan Jetis yang berfungsi untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain itu Camat Jetis Ibu Dra. Endang Rahmawati M.M, juga menyampaikan bahwa angka bebas jentik nyamuk di Kecamatan Jetis ini masih di bawah standar yakni di angka 87 dari  95 berdasarkan target  yang di tetapkan pemerintah Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu beliau berharap agar anak-anak usia sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA yang hadir dalam acara ini dapat menjadi pahlawan pembasmi jentik di lingkungan masing-masing sehingga kedepannya Kecamatan Jetis akan terbebas dari jentik nyamuk.

Setelah dibuka oleh Camat Jetis Ibu Dra. Endang Rahmawati M.M, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian program Pasbatik secara simbolis oleh Asisten 3 Kabupaten Bantul, Drs. Totok Sudarto mewakili Bupati Bantul.

Pada kesempatan tersebut Asisten 3 Kabupaten Bantul, Drs. Totok Sudarto atas nama pemerintah Kabupaten  Bantul memberikan apresiasinya kepada Kecamatan Jetis yang telah berinovasi menciptakan perilaku hidup sehat dengan  program  Pasukan Anak Sekolah Pembasmi Jentik (Pasbatik).

“Semoga program ini dapat menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga adanya jentik nyamuk dapat di minimalisir dan tercipta masyarakat Jetis yang sehat dan menjadi percontohan perilaku hidup bersih dan sehat di Kabupaten Bantul,” jelas beliau.

Beliau juga berpesan kepada para pelajar yang hadir dalam acara tersebut agar memulai perilaku hidup sehat dari lingkungan kita sendiri dan lingkungan sekolah.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pembagian kaos Pasbatik dan senter sebagai alat pembasmii jentik nyamuk yang diserahkan oleh Muspika Kecamatan Jetis kepada salah satu perwakilan pelajar tingkat SD sampai dengan SMA Se-kecamatan Jetis.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemerintahan se-Kecamatan Jetis, Perwakilan ASN, Pamong Desa Sekecamatan Jetis serta ratusan pelajar dari tingkat SD sampai dengan SMA. (Sihumas Polsek Jetis)

Pengamanan Giat Jalan Sehat Hari Sumpah Pemuda Ke 89 Di Dusun Jambidan

Telah berlangsung giat jalan sehat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 89 dusun Jambidan Banguntapan Bantul, Minggu, 29 Oktober 2017 pukul 06.30 wib.

Kegiatan dihadiri dan diikuti oleh Camat Banguntapan, Bhabinkamtibmas Jambidan Aipda Yohani, Lurah, Dukuh dan tua muda serta anak anak.

Giat jalan sehat diprakarsai oleh IRM (ikatan remaja masjid) dengan ketua panitia Hendri Adi dari dusun Bintaran Jambidan Bantul bertujuan untuk menyemarakkan dan menjaga kerukunan serta silaturahmi antar sesama warga sehingga tercipta kebersamaan.

Jalan sehat dibuka oleh Camat Banguntapan Drs. Fatoni didampingi Aipda Yohani dengan start dari lapangan Jambidan mengitari desa Jambidan lalu finish di Lapngan Jambidan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Polsek Sewon Amankan Launching Honda Jazz Club (HJC) Yogyakarta

Panit 3 Shabara Polsek Sewon Ipda Sulis Sukliyanto bersama anggota melaksanakan pengamanan Launching Honda Jazz Club Yogyakarta di Hall Piramyd Jl. Parangtritis Km 5 Sewon Bantul, Minggu (29/10/2017).

Diawali dengan pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan pengukuhan dan pelantikan pengurus Honda Jazz Club (HJC) Yogyakarta.

Yudi Setiawan, anggota Honda Jazz Club Yogyakarta mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin persahabatan, persaudaraan dan juga bertukar informasi tentang mobil kesayangan. Karena sejatinya dengan lebih banyak teman, maka hidup akan lebih menyenangkan dan lebih berwarna. (Sihumas Polsek Sewon)

Kapolsek Pundong AIkuti Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 89

Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH MH mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 di halaman Kantor Kecamatan Pundong, Senin (30/10/2017).

Bertindak sebagai Irup Camat Pundong Sri Umayati SH. Dalam kesempatan tersebut, Irup membacakan amanat Menpora.

Dalam amanat ini Menpora menyampaikan pesan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh Indonesia dari penjuru penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta.

Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda Kedua dihadiri oleh pemuda lintas suku agama dan daerah.

Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda kedua kita akan menemukan Daftar Panitia dan peserta Kongres yang berasal dari pulau pulau terjauh Indonesia.

Secara imaginative, sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah. (Sihumas Polsek Pundong ).

Kapolsek Bantul Hadiri Penilaian Lomba Kebersihan & Kemakmuran Masjid Sekolah

Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH menghadiri acara penilaian lomba kebersihan dan kemakmuran masjid sekolah tingkat Propinsi DIY bertempat di Ruang Jodipati SMA N 1 Bantul, Kamis (26/10/2017) pukul 11.30 WIB.

Lomba ini merupakan salah satu cabang dari kegiatan MTQ pelajar sekolah umum dalam rangka mengevaluasi terhadap pendidikan agama Islam khususnya di sekolah umum di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2008.

Harapannya, dengan adanya lomba ini para peserta didik baik itu di SD SMP maupun SMA maupun SMK mencintai tempat ibadahnya mesti dibangun dengan cara swadaya. (Sihumas Polsek Bantul)

Ingat! Tanggal 1 Nopember, Polres Bantul Gelar Operasi Zebra 2017

Operasi Zebra 2017 akan digelar secara serempak termasuk di wilayah Polres Bantul. Operasi ini akan digelar mulai tanggal 1 sampai dengan 14 November 2017.

"Mulai tanggal 1 November nanti, kita akan menggelar operasi kepolisian terpusat, yaitu Operasi Zebra Tahun 2017. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban berlalu lintas," kata  Kapolres Bantul dalam arahannya saat memimpin apel pagi di halaman Mapolres Bantul, Senin (30/10/2017).

Ditambahkan, operasi yang akan digelar selama 14 hari ini, menyasar pengendara yang tidak taat hukum. Mulai dari pengemudi motor, mobil pribadi hingga angkutan umum.

“Selain bertujuan menciptakan Kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran) lalu lintas, operasi ini juga untuk menekan angka kecelakaan,” tambahnya.

Dalam operasi ini, pihak kepolisian lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. Karena, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Kapolres memerintahkan jajarannya, untuk mensosialisasikan pelaksanaan operasi tersebut kepada masyarakat. Ia berharap, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas bisa tumbuh, sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas bisa terwujud.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung operasi tersebut dengan cara tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul juga mengingatkan anggota Polres Bantul untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Jangan lupa sapa, salam dan layani masyarakat dengan iklas.

Menurutnya, indikator berhasilnya suatu pelayanan adalah dengan merasa terpuaskannya orang yang dilayani.

“Disini yang dilayani adalah masyarakat, dan kita adalah pelayannya. Untuk itu masyarakat harus merasa puas dengan pelayanan kita,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Pentas Kesenian Jathilan Di Dusun Kayen

Personil Polsek Pajangan bersama Linmas Desa Guwosari mengamankan pentas kesenian Jathilan di rumah Dukuh Kayen Rusmidi Dusun Kayen RT 04 Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu (29/10/2017).

Bapak Rusmidi menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka Merti Dusun Kayen mengambil tema "Gumregah Manunggal Ing Cipto Roso Mirah Karso" dihadiri oleh anggota DPRD Kab. Bantul Eko Sutrisno Aji, jelasnya.

Pentas kesenian Jathilan disaksikan oleh ratusan warga berlangsung aman tertib hingga selesai pada pukul 17.00 Wib. (Sihumas Polsek Pajangan)