31 December 2017

Malam Pergantian Tahun Baru 2018 Anggota Polsek Kretek Tugas 24 Jam Full

Ribuan wisatawan berdatangan mengikuti tradisi menyambut datangnya tahun baru 2018 dipantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis Kretek dan sekitarnya, Minggu(31/12/2017) malam.

Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan, warga masyarakat yang datang bukan hanya warga DIY namun juga dari berbagai daerah ini terbukti terpantaunya dari Nomor Plat kendaraan yang melintas di jalan Parangtritis. Sejak siang hari arus lalu lintas didepan pintu masuk Parangtritis terpantau sangat padat, pengunjung didominasi kawula muda.

Untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan ini, Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak menerjunkan seluruh anggotanya di lapangan untuk mengurai kemacetan arus lalulintas.

Anggota Polsek Kretek dibantu personil Polres Bantul, Sat PolAir Polda Diy, Koramil, Pasikaton ditempatkan di simpul-simpul jalan sepanjang Jalan Parangtritis di wilayah hukum Polsek Kretek untuk menjaga agar arus lalu lintas tetap lancar, juga ditempatkan dipantai parangtritis, pantai Cemara sewu Parangkusumo, pantai Depok dan sekitarnya untuk antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan lakalaut.

Terlebih pada malam pergantian tahun baru 2018 ini terdapat panggung hiburan dibeberapa titik, sehingga Kapolsek meminta anggotanya bekerja full 24 jam dengan semangat dan iklas melaksanakan tugas serta berharap kegiatan pergantian tahun baru 2018 berjalan lancar. (Sihumas Polsek Kretek)

Rekayasa Lalulintas TPR Parangtritis

Polres Bantul bersama intansi terkait memberlakukan rekayasa lalu lintas di TPR Parangtritis, Minggu, 31/12/2017.

Menghadapi Tahun Baru 2018, Polres Bantul telah melakukan koordinasi dengan intansi terkait untuk melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Parangtritis, khususnya di TPR Parangtritis.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat kepadatan kendaraan yang datang dari arah utara menuju pantai parangtitis.

Rekayasa lalu lintas dilakukan dengan mengatur kendaraan yang datang dari utara boleh jalan terus ke selatan menuju pantai saat di TPR parangtritis. Untuk arus balik kendaraan diarahkan menuju pantai Depok. (Humas Polres Bantul)

Polsek Sanden Siap Amankan Perayaan Malam Tahun Baru 2018

Jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan tugas pengamanan perayaan tahun baru 2018 di wilayah Kecamatan Sanden. Sebelumnya, terlebih dahulu melaksanakan apel persiapan pengamanan malam tahun baru, Minggu (31/12/2017) malam pukul 20.00  WIB.

Apel dipimpin Kapolsek Sanden AKP Riwanta dan diikuti seluruh anggota Polsek Sanden, baik para Kanit, Kasi, Ka SPKT dan anggota dari semua fungsi.

Dalam arahannya, Kapolsek Sanden berpesan kepada anggota agar melaksanakan tugas pengamanan perayaan malam tahun baru 2018 dengan penuh tanggungjawab. Tetap jaga kondisi dan selalu waspada terhadap gangguan kamtibmas di wilayah tugas.

Selesai apel, anggota langsung menempatkan diri ke penggal-penggal jalan dan obyek wisata sesuai dengan ploting. Ada beberapa titik yang ditempati anggota dalam melaksanakan pengamanan, yaitu Simpang Tiga Pasar Celep, Simpang Empat Jembatan Merah, Pantai Samas dan Pantai Goa Cemara.

Kepada warga masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun 2017 menuju 2018 petugas menghimbau untuk merayakannya dengan tertib dan tetap mengikuti aturan yang ada. (Sihumas Polsek Sanden)

Jelang Pergantian Tahun Baru, Jalan-Jalan Utama Bantul Mulai Padat

Jelang beberapa jam perayaan malam pergantian tahun baru 2018, intensitas kendaraan yang menuju Pantai Selatan Bantul di Jalan Parangtritis mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Di Pospam Druwo Sewon, kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan sepeda motor itu terpantau secara kontinyu memasuki Jalan Parangtritis. Peningkatan yang sangat tajam, terlihat juga saat kendaraan antri di traffic light. Antrian yang mengular sangat panjang tersebut, jauh berbeda dengan hari-hari sebelumya.

Kondisi arus lalu lintas yang tergolong masih ramai lancar dan mengalami peningkatan gerakan itu pun, tampak puluhan personil kepolisian dan gabungan beberapa relawan dari berbagai komunitas, siap-siap terjun ke jalan melakukan pengamanan.

Sementara dari informasi yang berhasil dihimpun, kondisi jalan utama Bantul hampir semua mengalami peningkatan Volume kendaraan diantara yakni Jalan Jogja-Wonosari, Jalan Jogja-Wates, Jalan Srandakan dan Jalan Imogiri-Dlingo. (Humas Polres Bantul)

Antisipasi Kemacetan, Perempatan Dongkelan Disiagakan Personil Lalulintas

Anggota Polres Bantul dipimpin oleh KBO Lantas Iptu Sugeng melaksanakan pengamanan malam pergantian tahun baru 2018 di perempatan Dongkelan Sewon, Minggu, 31 Desember 2017 malam.

Diperempat Dongkelan ini sengaja ditempatkan puluhan polisi untuk mengantispasi gangguan kamtibmas juga untuk mengantispasi kemacetan arus kendaraan pada malam pergantian tahun baru yang datang dari arah kota Yogyakarta serta dari luar daerah.

Mengingat biasanya setelah selesai pesta kembang api di kota Yogyakarta para warga masyarakat berduyun duyun menuju Pantai Parangtritis untuk menghabiskan malam tahun baru disana melaluli perempatan Dongkelan. (Sihumas Polsek Sewon)

Malam Pergantian Tahun Baru 2018, Depan Mapolres Bantul Ramai

Sebagian anggota Polres Bantul melaksanakan pengamanan perayaan malam tahun baru 2018 di depan Mapolres Bantul, Minggu 31 Desember 2017 malam.

Malam ini di Lapangan voly dan lapangan parkir yang ada didepan Mapolres Bantul dijadikan tempat parkir mobil maupun motor milik warga masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru 2018.

Biasanya setiap malam pergantian tahun baru di lapangan Paseban ada pesta kembang api apalagi malam ini didepan pasar Bantul juga diadakan pentas seni yang diselenggarakan oleh Pemda Bantul. Oleh karena itu malam ini area Mapolres Bantul dipadati oleh masyarakat sehingga rawan akan adanya gangguan kamtibmas.

Untuk itu Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM menempatkan sebagaian anggotanya di depan Mapolres dan sekitarnya untuk menjaga keamanan serta pengaturan argus lalintas untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Selain itu juga telah dibentuk tim patroli khusus yang terus menerus memantau keamanan di wilayah Bantul dengan harapan malam ini tidak terjadi gangguan Kamtibmas. (Bag Humas Polres Bantul)

Polsek Pandak Siap Amankan Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru 2018

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud pimpin apel kesiapan pengamanan tahun baru 2018 di mako Polsek Pandak Minggu (31/12/2017) jam 18.30 Wib diikuti oleh seluruh anggotanya.

Apel kesiapan pengamanan malam tahun baru ini dilaksanakan sebagai pengecekan terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung tugas.

Kapolsek Pandak Akp Amir Machmud mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil Polsek Pandak yang telah melaksanakan apel kesiapan Pengamanan ini dan diharapkan kepada seluruh anggota untuk melaksanakan tugas dengan sunguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, tetap jaga kondisi dan selalu waspada terhadap gangguan kamtibmas diwilayah tugas masing masing.

Setelah mendapatkan arahan dari Kapolsek anggota Polsek Pandak melanjutkan dengan menempatkan diri dititik-titik keramaian diwilayah Pandak yang telah disiapkan guna lebih mengoptimalkan kegiatan pengamanan serta dapat bekerja sama dengan instansi pengamanan lain yang juga terlibat kegiatan pengamanan malam tahun baru 2018. (Sihumas Polsek Pandak)

Polsek Banguntapan Siap Amankan Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru 2018

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH pimpin apel persiapan pengamanan malam pergantian tahun baru 2018 diikuti oleh seluruh anggotanya, Minggu, 31 Desember 2017 pukul 18.30 wib.

Hari ini merupakan penghujung tahun 2017 dan tradisi masyarakat menyambut tahun baru 2018 sebagian besar masyarakat merayakan dengan mengajak keluarga untuk melihat meriahnya pesta kembang api di pertengahan malam.

Untuk mengantisiapai gangguan kerawanan yang mungkin timbul, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH perintahkan anggotanya untuk siaga pengamanan baik lokasi titik kumpul masyarakat maupun kerawanan kemacetan dan kriminalitas. Sikat penjual miras untuk menekan kerawanan yang timbul akibat pengaruh miras.

Seperti tahun sebelumnya titik kumpul masyarakat ada di atas jembatan Janti, sehingga menimbulkan kemacetan arus lalin, antisipasi kejadian tidak berulang akan kami siapkan pembatas sejak awal agar masyarakat tidak menumpuk di atas jembatan Janti. Titik kumpul selanjutnya terkonsentrasi di JEC, namun tidak sepadat konsentrasi masyarakat yang diatas jembatan Janti.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek juga mengingatkan pada semua anggota untuk tetap solid semangat melaksanakan tugas kepolisian. Antar temen kerja saling mengingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran dan jauhi narkoba.

Mari bersama kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, semoga wilayah Banguntapan aman kondusif tidak ada gangguan kamtibmas. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Pengamanan Perayaan Natal Di Gereja Seropan

Anggota Polsek Dlingo dipimpin oleh Aiptu mardi mengamankan perayaan natal di Gereja Seropan, Muntuk, Muntuk, Dlingo, Bantul, Minggu, 31 Desember 2017 pukul 13.00 wib.

Pengamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya ancaman sabotase dan ancaman terorisme serta menjamin kenyamanan umat kristen dalam merayakan natal dan tahun baru 2018.

Dalam pelaksanaan pengamanan, anggota dilapangan melakukan sterilisasi gereja sebelum pelaksanaan ibadah dilaksanakan dengan tujuan agar gereja steril dari ancaman bahan peledak.

Personel di lapangan juga memeriksa barang bawaan para jamaah yang akan mengikuti ibadah. Anggota juga melaksanakan pengaturan arus lalu lintas untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas disekitar gereja. (Sihumas Polsek dlingo)

Polsek Dlingo Siap Amankan Pergantian Tahun 2017 Ke Tahun 2018

Kapolsek Dlingo AKP Cherli Evi Ps meminpin apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun 2017 ke tahun 2018 di mapolsek Dlingo, minggu 31 Desember 2017 jam 17.00 Wib.

Dalam apel persiapan pengamanan ini, Kapolsek Dlingo menyatakan bahwa Polsek Dlingo akan memaksimalkan personel dengan menurunkannya pada titik-titik kumpul perayaan malam tahun baru. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan pergantian tahun baru 2018.

Kapolsek Bantul memimpin sendiri personelnya dalam melaksanakan pengamanan malam pergantian Tahun Baru 2018 di wilayah Kecamatan Dlingo. Selain memimpin pengamanan kegiatan masyarakat, Kapolsek Pandak juga menyempatkan diri untuk melakukan interaksi dengan masyarakat sebagai bentuk perhatian pihak Kepolisian terhadap masyarakat.

Untuk wilayah Polsek Dlingo sendiri, ada beberapa titik yang ditempatkan personel untuk melakukan pengamanan, seperti di obyek obyek wisata Pengger, Hutan Pinus Becici, Hutan Pinus Mangunan, Watu Mabur, Watu Goyang, Rumah Hobbit, Songgo Langit, Jurang Tembelan dan Kebun Buah.

Pengamanan Giat Pentas Orkes Dangdut Di Dusun Monggang Srihadono

Untuk menciptakan rasa aman dalam kegiatan di masyarakat, anggota Polsek Pundong yang dipimpin oleh Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH, MH melaksanakan pengamanan giat pentas orkes dangdut di Rumah bapak Heri dusun Monggang Srihadono pundong bantul, Sabtu, 30-12- 2017 mulai pukul 20.00 wib.

Pentas orkes dandut dibawakan oleh Group Bolodewo dari Yogyakarta dalam rangka tasyakuran khitanan dan HUT Miedes bu Yanti yang ke 32 disaksikan oleh ratusan warga sekitar.

Sebelum pentas dimulai, Kapolsek Pundong Bantul berkenan naik ke panggung pentas untuk memberikan himbauan kepada penonton untuk tertib dan sopan dalam berjoget.

Hingga selesainya acara Pentas Dangdut situasi berakhir dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pundong)

Kapolsek Imogiri Minta FPRD Desa Girirejo Berperan Aktif Bantu Tugas Polisi

Kapolsek Imogiri Kompol Purwadi, S.I.Kom, MA memberikan penyuluhan kepada anggota FPRB sedesa Girirejo Imogiri Bantul, Sabtu 30/12/17 jam 20.00 wib di Balai desa Girirejo.

Acara penyulugan atas permintaan undangan Lurah desa Girirejo Dwi Yuli Purwanti untuk memberikan pembekalan Kapasitas FPRD desa Girirejo dengan menggunakan dana APBDES 2017.

Dalam penyampaian materinya, Kapolsek Imogiri menjelaskan bahwa anggota Polsek Imogiri hanya berjumlah 61 orang mengampu 8 desa Se kecamatan imogiri tentunya ini tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang ada. Oleh karena itu kami tidak akan mampu melaksanakan tugas dengan maksimal bila tidak dibantu dengan elemen masyarakat diantaranya FPRB.

Tugas Polri sangat komplek semua permasalahan yang terjadi di masarakat semua bermuara kepada Polri mulai dari kriminalitas, gangguan kamtibmas, menangani orang gila ngamuk sampai sampai orang melahirkan pun polri turun tangan.

Bencana bukan seperti banjir, tanah longsor dan lain lain, namun bencana dalam arti bobroknya moral di suatu daerah juga akan lebih berbahaya tinimbang bencana alam, miras salah satunya penyebab semua kejahatan yang terjadi. Jadi diminta kepada FPRB agar aktif berperan serta ikut menjaga kamtibmas yang kondusif. Bila ada orang menjual miras segera laporkan ke Polisi agar segera dapat ditindak lanjuti. (Sihumas Polsek imgiri)

Pengamanan Malam Ksatria Perisai Diri Kab Bantul Di Pantai Goa Cemara

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Kabupaten Bantul yang beralamatkan di Trimurti, Srandakan, Bantul melaksanakan kegiatan malam ksatria perisai diri di Komplek Obyek Wisata Pantai Goa Cemara, Sabtu (30/12/2017) mulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka melatih kemandirian atlet dan mempererat tali persaudaraan serta peresmian anggota baru yang merupakan agenda rutin Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Kabupaten Bantul. Malam kesatrian perisai diri diikuti sekitar 250 orang terdiri dari 50 orang panitia dan 200 orang peserta.

Pembina Perisai Diri Kabupaten Bantul, Drs. Joko Priyanto pendekar mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan seluruh anggota perisai diri Kabupaten Bantul dan segenap panitia yang telah mempersiapkan segala  sesuatunya guna menunjang kelancaran kegiatan. Lebih lanjut Drs Joko Priyanto mengatakan, selain untuk menjalin keakraban antar anggota serta pengenalan anggota baru UKM Janamusical Universitas Janabadra Yogyakarta, kegiatan makrab juga bertujuan untuk melatih kemandirian atlet serta untuk mengisi kegiatan seluruh anggota perisai diri Kabupaten Bantul dengan kegiatan positif dan pembinaan budi pekerti luhur bagi generasi penerus bangsa.

"Seluruh anggota peserta malam kesatrian perisai diri agar berperilaku yang baik selama kegiatan  berlangsung mengingat lokasi kegiatan yang bersinggungan langsung dengan warga setempat guna meminimalisir kesalahpahaman yang dapat terjadi," pesan Drs. Joko.

Acara malam kesatrian perisai diri Kabupaten Bantul, diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain sarasehan dan pengenalan anggota baru, api unģgun dan di isi dengan pentas seni.

Guna menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan giat berakhir pukul 23.00 WIB berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Polres Bantul Siap Amankan Perayaan Malam Tahun Baru 2018

Waka Polres Bantul Kompol Mariska Fendi Susanto SH SIK memimpin apel persiapan pengamanan malam tahun baru 2018 di halaman Polres Bantul, Minggu, 31 Desember 2017, pukul 18.30 wib. Apel kesiapan diikuti oleh Para Kabag. Kasat, Kanit, Kasi dan seluruh anggota Polres Bantul.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, malam pergantian tahun baru di wilayah Bantul diprediksikan akan sangat ramai. Sudah menjadi tradisi warga Bantul dan daerah sekitarnya maupun luar daerah akan berdatangan ke sejumlah obyek pariwisata yang ada di Bantul untuk merayakan pergantian tahun baru, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Pandansimo dan juga di Bukit Bintang di Kecamatan Piyungan.

Oleh karena itu Polres Bantul menyiapkan ratusan personil yang terdiri dari gabungan fungsi seperti Satuan Lalu Lintas, Sabhara, Intel Reskrim, Intel, Binmas dan dibantu instansi terkait lainya guna mengamankan malam pergantian tahun baru.

Sementara khusus untuk mengatur  arus lalu lintas yang dimungkinkan akan terjadi kepadatan dan rawan kemacetan, Sat Lantas Polres Bantul telah menyiapkan personilnya di jalur-jalur tertentu seperti jalan Parangtritis, jalan Bantul, jalan Wonosari dan jalan Imogiri Barat. Di jalur-jalur tersebut selalu dipadati kendaraan khususnya menjelang dan setelah pergantian tahun. Sementara untuk obyek wisata Parangtritis akan diberlakukan satu arah jika arus kendaraan dalam kondisi macet.

Dalam arahannya Wakapolres Bantul meminta agar seluruh anggota mampu memberikan pelayanan agar masyarakat yang menyambut pergantian malam tahun baru 2018 merasakan nyaman dan aman didalam merayakannya. Selian itu anggota juga diminta melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, iklas, menjaga keamanan masing masing, hati hati dalam mengunakan senjata api dan bertindak sesuai SOP.

Selesai apel kesiapan dilanjutkan pembagaian tugas oleh para perwira kemudian diadakan pergeseran pasukan untuk menempati pos sesuai tugas masing masing. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Pentas Seni Tari Reog Tradisional Di Dusun Gedogan

Personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan pentas seni tari Reog tradisional di dusun Gedogan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Sabtu, (30/12/2017). Kegiatan ini dalam rangka hiburan tutup tahun 2017.

Hadir dalam acara tersebut Bhabinkamtibmas Sumbermulyo Bripka Sigit, perwakilan Danramil Bambanglipuro Serma Pardiyanto, Dukuh Gedogan ibu Titik Widayati, tokoh masyarakat dan penonton sekitar 200 orang.

Pentas seni reog tradisional ini merupakan seni budaya jawa dan budaya bangsa yang masih diuri-uri dan dilestarikan oleh masyarakat dusun Gedogan yang sadar dengan budaya jawa selalu mendukung pentas seni Reog sehingga setiap ada pentas seni Reog tidak pernah sepi penonton dalam setiap pentasnya.

Dukuh Gedogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentas seni Reog ini di gelar dengan harapan masyarakat makin mencintai kesenian Reog dan mampu menghasilkan generasi yang mau melestarikan kesenian reog ini sehingga kesenian Reog tidak hilang oleh kebudayaan modern.

”Marilah kita lestarikan kesenian Reog yang merupakan warisan nenek moyang kita sehingga kita seharusnya mencintai budaya kita sendiri”. Kesenian Reog masih populer di kalangan masyarakat seiring perkembangan jaman dengan berbagai macam hiburan yang tersedia saat ini. 

Demi kelancaran kegiatan ini personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan bersama anggota Linmas desa Sumbermulyo. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)     

Anggota Polsek Sanden Ikut Donor Darah

Kanit Binmas Polsek Sanden, Iptu Tri Haryana bersama anggota mengikuti bhakti sosial donor darah di kawasan Obyek Wisata Pantai Goa Cemara, Minggu (31/12/2017) pukul 09.00 WIB.

Iptu Tri Haryana ikut mendonorkan darahnya demi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian anggota Polsek Sanden kepada masyarakat yang membutuhkan. Setetes darah sangat berarti guna menyelamatkan jiwa seseorang yang sedang membutuhkan, ucap Iptu Tri Haryana.

Kegiatan bhakti sosial donor darah diselenggarakan oleh alumni SMA PGRI Srandakan, Bantul angkatan tahun 1988-1993 saat mengadakan reuni di Obyek Wisata Pantai Goa Cemara, Patihan, Sanden.

Ketua Panitia Reuni, Supriyanto mengucapkan terimakasih kepada semua alumni SMA PGRI Srandakan yang telah menyempatkan waktu di tengah kesibukan masing-masing untuk menghadiri acara reuni. Reuni ini masih sangat terbatas yaitu hanya beberapa angkatan, namun melihat antusiasme peserta, saya yakin di tahun mendatang dapat melaksanakan reuni yang lebih akbar dengan melibatkan beberapa angkatan, katanya.

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan, reuni dilaksanakan karena kita pernah berkumpul bersama. Butuh sedikit waktu untuk mengembalikan ingatan masa lalu, oleh karena itu kita perlu membaur dan saling membantu mengingatkan hal-hal kecil yang dapat membuka ingatan tentang banyak hal. Tujuan hakiki dari reuni ini tak lain untuk berkenalan kembali dengan orang-orang yang pernah menjadi teman dan rindu untuk kembali berteman.

Dalam bhakti sosial donor darah, Supriyanto berharap para alumni ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk sesama yang membutuhkan.

Kegiatan reuni dihadiri sekitar 150 orang alumni SMA PGRI Srandakan tahun 1988-1993 dan giat  berakhir pukul 14.00 WIB berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Sanden)

Pencuri Uang Infaq Di Mushola Al Ihksan Ternyata Orang Gila

Ka SPK Polsek Kretek Aiptu Wahyudi beserta anggota mengamankan pencuri uang kontak infak di Mushola Al-Ihksan dusun Kergan RT 01 Tirtomulyo Kretek Bantul, Sabtu, (30/12/2017) pukul 12.05 Wib.

Menurut saksi Yadi Sutrisno (42) warga setempat, saat anak anak sedang bermain di sekitar Mushola Al Ihksan melihat seseorang mencurigakan masuk Mushola lalu membuka kotak infak. Melihat hal tersebut kemudian anak anak melaporkan kepada saksi.

Atas informasi tersebut saksi mengajak Arfan Irfani (32) masuk ke dalam Mushola dan mendapati Pelaku sedang memegang uang Rp 422.000 dari kotak infaq. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kemudian pelaku dibawa ke Polsek Kretek guna pengusutan lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Polsek Kretek, diketahui bahwa pelaku  bernama DAM (28) warga dusun Korowelang Rt 05 Caturharjo Pandak Bantul. Menurut keterangan dari paman pelaku yaitu Sujarwo (58) TNI, bahwa ternyata pelaku mengalami gangguan jiwa, hal ini dikuatkan dengan surat keterangan dari RSJ Grasia Sleman bahwa DAM mengalami gangguan jiwa sejak kecil.

Maka atas kesepakatan antara takmir Mushola Al Ikhsan Sigit Purwanto bersama keluarga DAM yang diwakili Sujarwo, bahwa permasalahan ini disepakati diselesaikan secara kekeluargaan sehingga DAM dikembalikan kepada pihak keluarga.

Sujarwo mewakili keluarga  meminta maaf kepada semua pihak dan berjanji akan berusaha extra dalam mengawasi DAM serta berjanji akan membawa DAM berobat kembali ke RSJ Grasia Sleman. (Sihumas Polsek Kretek)

Pengamanan Pentas Koes Plus Mania Di Parangkusumo

Dinas Pariwisata Bantul bekerjasama dengan Komunitas Koes Plus mengelar acara Parade 90-an Tribute to Koes Plus di halaman parkir Parangkusumo, Parangtritis, Sabtu (30/12/2017).

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bantul, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, OPD terkait, Muspika Kecamatan Kretek dan Komunitas Koes Plus Bantul.

Burhan selaku Ketua Panitia Peng dibacakan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S. Sos, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka memberikan wadah para pecinta musik Koes Plus. "Koes Plus itu musiknya the best, syairnya sederhana, musiknya harmonis, enak didengar dan sukar dicari tandingannya," kata Bupati.

Musik Koes Plus juga bisa menjadi pemersatu, karena dengan kecintaan yang sama terhadap musik Koes Plus bisa menjadi pemersatu masyarakat Kabupaten Bantul pada umumnya dan pencinta musik Koes Plus pada khususnya.

"Berangkat dari kecintaan yang sama terhadap musik Koes Plus, mari kita berikan dukungan dalam menciptakan suasana harmonis di Kabupaten Bantul," pesan Drs. Suharsono.

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 21.00 itu dimeriahkan oleh ANYO dan NDX AKA.

Selama kegiatanberlangsung personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)

Wayang Kulit Ramaikan Gebyar Seni dan Budaya Akhir Tahun 2017

Gebyar Seni dan Budaya Akhir Tahun 2017 di Kabupaten Bantul menggelar pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Seno Nugroho lakon "Semar Mbangun Desa" bertempat di Plaza depan Pasar Bantul. Sabtu (30/12/2017).

Kegiatan ini di maksudkan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bantul jelang tahun baru 2018.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul kami merasa sangat senang dan menyambut baik dengan diadakannya acara ini. Apa yang kita saksikan nanti bukan hanya gebyar seni budaya saja, akan tetapi ini adalah bentuk kita nguri-nguri seni budaya jawa. Bukan hanya nguri-nguri akan tetapi ini juga merupakan cara menghidupkan seni budaya kita.

"Berarti kita tidak hanya melestarikan seni budaya saja, akan tetapi kita harus menghidupkan serta menggerakan dengan segala upaya terhadap seni budaya yang ada harus terus eksis dan bisa bermanfaat dan berkembang di daerah kita". Ujarnya.

Kegiatan seperti ini tentunya akan berdampak kepada membangun kebanggaan warga dan daerahnya, dengan begitu masyarakat akan bergerak untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Bantul. Katanya.

Lebih lanjut Bupati Bantul menyampaikan, merasa sangat senang dimana panitia memilih tempat ini sebagai ajang diadakannya gebyar seni dan budaya akhir tahun 2017. Keberadaan tempat ini kita sebut sebagai titik nol kilometernya Kabupaten Bantul, semoga bisa menjadi salah satu ikon perkotan Bantul sekaligus menjadi ruang publik dan tempat berkreasi masyarakat Kabupaten Bantul.

"Pembangunan kawasan ini dan penataan sepanjang Jalan Jendral Sudirman merupakan sebuah hasil kerja keras kita semua pihak yang berkomitmen untuk membangun Kabupaten Bantul. Untuk itu mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Bantul untuk saling bahu membahu, saling bergotong royong agar cita-cita pembangunan di Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan tertib". Tambahnya.

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta aset yang ada bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun menjadi tanggung jawab kita bersama". Ajaknya.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul dibantu Polres Bantul melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polres Bantul)

Bantul Siaga Satu Hadapi Liburan Tahun Baru 2018

Momentum liburan akhir tahun, Natal dan Tahun Baru 2018 sudah dimulai satu pekan terakhir. Diperkirakan liburan Tahun Baru nantinnya beberapa daerah wisata bakal dipadati pengunjung hingga 2 Januari 2018 mendatang. 

Sementara sejumlah jalur tujuan wisata di Bantul menjadi perhatian Pemkab Bantul. Bahkan Bupati Bantul, Drs Suharsono minta seluruh petugas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait  untuk siaga 1. 

Sementara jalur rawan kecelakaan seperti Jalan Imogiri - Dlingo serta dan Jalur Cino Mati perlu diwaspadai. Menyambut tahun baru Dinas Kebudayaan juga akan menggelar gebyar seni dan budaya akhir tahun 2017 di Depan Pasar Bantul. Pada 30 Desember digelar pentas wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho dan 31 Desember digelar Koes Plusan (Hoss Band).

Suharsono, Jumat (29/12/2017) mengatakan, selama libur akhir tahun ini Pemkab bersama Polres Bantul telah memetakan sejumlah titik rawan kecelakaan dan rawan macet. Bahkan Polres Bantul sudah memastikan kesiapannya mendukung Pemkab menyiapkan musim liburan. Selain itu Pemkab Bantul sudah punya berbagai antisipasi. Termasuk sistem buka tutup arus lalulintas pada jalur rawan kemacetan. 

"Kita sudah koordinasi semua, saya instruksikan untuk siaga satu," jelasnya.

Sedang petugas kesehatan baik di seluruh puskesmas ataupun rumah sakit sudah siap memberikan layanan. Menurutnya kesiapan petugas kesehatan ini penting demi menjamin pelayanan prima kepada wisatawan yang masuk ke Bantul. "Semua sudah saya cek, setiap puskesmas harus siaga dan memang sudah siap," jelasnya.

Terpisah Kepala Dishub Bantul,  Aris Suharyanto Ssos MM mengatakan, pihaknya  sudah memasang sejumlah spanduk imbauan. Meski Polda dan Dinas Pariwisata DIY melarang bus naik ke Mangunan, tetapi pihaknya sebatas mengeluarkan imbauan saja. Karena shelter bus yang awalnya menggunakan terminal di Imogiri, hingga menjelang liburan kali ini belum bisa digunakan. Dishub menilai terminal tersebut belum layak digunakan.

"Selain itu, mobil angkutan yang dipakai mengantarkan wisatawan dari shelter juga belum sesuai standar," kata Aris. 

Aris mengatakan, selain jalur Imogiri-Mangunan, pihaknya juga mengantisipasi arus lalulintas melalui jalur Cinomati.  Jalur penghubung Pleret dan Dlingo itu rawan kecelakaan karena medan berkelok dan curam. Aris  sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Bantul untuk mengantisipasi kecelakaan di jalur tersebut.
"Banyak relawan di jalur itu yang siap," pungkas Aris. (Humas Polres Bantul)

Persediaan Pangan Cukup

Satgas pangan Polres Bantul di pimpin oleh Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo S.H., S.I.K mengecek ketersedian beras di gudang Bulog Bantul di Pajangan Bantul, Jumat, 29 Desember 2017 sekira pukul 22.30 Wib.

Kedatangan Satgas Pangan Polres Bantul diterima langsung oleh Kepala Gudang bapak Kristanto dan terus melaksanakan pengecekan beras ke gudang.

Adapun hasilnya adalah jumlah total beras yaitu 916.510 Kg. Gudang A yaitu Stapel 1 : 165.510 Kg, Stapel 2 : 90.000 Kg, Jumlah : 256.510 kg. Dan Gudang B yaitu Stapel 1 : 327.600 Kg, Stapel 2 : 332.400 Kg, Jumlah : 660.000 Kg. (Sihumas Polsek Pajangan)

30 December 2017

Peresmian SAMSAT Desa Argomulyo

Pada hari Jumat tanggal 29 Desember 2017 jam 09.00 wib bertempat di desa Argomulyo Sedayu telah berlangsung giat pembukaan layanan pengesahan tahunan pajak kendaraan bermotor.

Giat dihadiri oleh Camat Sedayu Drs. Fauzan mu'arifin, Kapolsek Sedayu Kompol sugiarta A.Md, Danramil Sedayu kapten Inf kusmin, kepala kua Sedayu Drs Banun Al Amin, Widodo A.Md anggota DPRD kab Bantul, lurah desa argomulyo, Argosari, argorejo dan argodadi, Kompol lutvi mewakili Dirlantas Polda diy, perwakilan PT jasa Raharja Yogyakarta, perwakilan Bank BPD Yogyakarta, perwakilan kppd kab Bantul, DPPKA DIY dan ratusan tamu undangan.

Dalam sambutanya ibu Ruli dari KPPD Bantul menyampaikan pertumbuhan kendaraan motor di kab Bantul per tahun cukup lumayan yaitu diantara 2300 - 1500 pertahun , sedangkan untuk kecamatan sedayu menempati urutan ke 9 dari 17 kecamatan se kab. Bantul dengan jumlah motor sekitar 40.000 kendaraan bermotor.

Di Bantul ada 2 Samsat desa yaitu desa Sidomulyo Bambang lipuro dan desa Argomulyo ini. Semoga dengan diresmikan samsat desa ini akan lebih mudah dan dekat untuk pelayanan pajak tahunan.

Peresmian kantor Samsat desa Argomulyo Sedayu di tandai dengan pemotongan tumpeng oleh DPPKA DIY yang diwakili bapak Gamal diserahkan kepada KPPD kab Bantul di wakili ibu Ruli, kemudian acara dilanjutkan pengguntingan pita dan peninjauan ruang Samsat desa sekaligus memantau pelayanan Samsat desa argomulyo.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek sedayu melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Sedayu)

Penyuluhan Bahaya Narkoba Kepada Karang Taruna Sedesa Tirtohargo

Kanit Bintibmas Polres Bantul Iptu H.Sudiasih mengadakan penyuluhan bahaya Narkoba di gedung pertemuan balai desa Tirtohargo, Kretek, Bantul, Jumat (29/12/2017) pukul 14.00 WIB.

Sebagai narasumber adalah Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Bantul Iptu H.Sudiasih didampingi Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo Brigadir Winarko SH serta lurah desa Tirtohargo Supriyana S.St. diikuti oleh Karang taruna sedesa Tirtohargo. Adapun tema yang diangkat adalah "Menyelamatkan generasi Penerus dari Narkoba"

Penyuluhan narkoba ini bertujuan memberikan pemahaman pada generasi muda khususnya Karang taruna sedesa Tirtohargo terkait bahaya serta dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi narkoba dan agar para pemuda ini juga memahami dan mengerti bentuk-bentuk narkoba sehingga bisa terlepas dari jerat para pengedar yang ingin menjerumuskanya. Apalagi saat ini, sasaran para pengedar narkoba adalah generasi muda, jelas Iptu H.Sudiasih.

Selain itu juga kegiatan ini merupakan kepedulian kita kepada generasi penerus bangsa sebagai langkah pencegahan bahaya narkoba di desa sehingga kedepanya mereka bebas dari pengaruh narkoba dan menjadi generasi penerus yang bisa banggakan, sambungnya..

Sementara Lurah desa Tirtohargo Supriyana S.St dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres Bantul, yang sangat peduli terhadap generasi muda sehingga berkenan memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan harapan Karang taruna Tirtohargo tidak terjerumus kedalamnya.

Untuk itu dikesempatan yang sangat baik ini diharap agar Karang taruna desa Tirtohargo benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh nara sumber, semua ini tentunya demi kebaikan kita semua sebagai generasi penerus keluarga bangsa dan negara, tutupnya.

Dalam penyuluhanya, Iptu H.Sudiasih menjelaskan jenis jenis narkoba, dampak penyalahgunaan narkoba dan sangsi hukum bila menyalahgunakan benda haram tersebut.

Penyalahgunaan Obat jenis narkoba sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan.

Adapun pola penanggulangannya Polri telah bekerja sama dengan masyarakat serta instansi terkait. Diantaranya upaya preemtif yaitu dengan pembinaan atau  penyuluhan.

Kemudian upaya preventif yaitu upaya pencegahan seperti dengan melakukan razia. Dan yang terakhir adalah upaya represif  yaitu upaya penegakan hukum bagi pelaku.

Diakhir penyuluhannya, Iptu Sudiasih berpesan kepada seluruh generasi penerus bangsa ini untuk menjauhi Narkoba, saling mengingatkan sesama teman, atur waktu antara belajar, bermain dan membantu orang tua, jangan sia-siakan waktu, hindari pergaulan yang sekiranya merugikan diri sendiri, jika mendapat masalah jangan lari dengan minum minuman keras ataupun mabuk-mabukan, jangan mudah putus asa, akan tetapi kita harus lebih mendekatkan diri kepada Alloh Tuhan Yang Maha Esa, tutupnya.  Penyuluhan ditutup dengan tanya jawab. (Sihumas Polsek Kretek)

Ops Pembuangan Sampah Liar Desa Tirtonirmolo

Anggota Polsek Kasihan dan Pemerintah Desa Tirtonirmolo melaksananakan Operasi Pembuangan Sampah sembarangan di pimpin langsung oleh Lurah Tirtonirmolo HM. Marwan HS, SH diwilayah Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Jumat (29/12/2017).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Lurah Desa Tirtonirmolo HM. Marwan HS, SH., Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsana dan 2 anggota Polsek Kasihan, Perangkat Desa Tirtonirmolo, Kepala Dukuh Cemplung dan Ketua RT se-pedukuhan Cemplung Padokan.

Sebelum kegiatan Ops dimulai dilaksanakan Koordinasi di rumah bapak Triyono dusun Cemplung RT 01 Tirtonirmolo Kasihan, Operasi ini dilakukan mulai pukul 20.00 - 06.00 wib dengan tujuan untuk mensosialisasi kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dengan harapan wilayah Desa Tirtonirmolo bersih dari sampah, lingkunganya bersih dan sehat. (Sihumas Polsek Kasiahan)

Libur Panjang, SDN2 Blunyahan Kebobolan Laptop Dan Handycam

Tiga buah Laptop berbagai merek dan camera hadicam merk Sony semuanya berada didalam tas gendong ditaruh di atas meja ruang guru raib digondol pencuri. Pencurian tersebut terjadi di SDN 2, Blunyahan, Kali putih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

Aksi pencurian pertama kali di ketahui pada, Jum'at, 29/12/ 2017, pukul jam 22.00 wib, oleh saksi Agung Sulistyo selaku penjaga SD N 2 Blunyahan. Saat melakukan kontrol sekolah, saksi melihat kaca nako rusak dan tertutup kain taplak meja, karena curiga selanjutnya saksi membuka ruangan menghidupkan lampu dan melihat ruangan sudah dalam keadaan berantakan.

Mengetahui kejadian tersebut saksi selanjunya menghubungi Lucia Trinurnani, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD N Blunyahan, dan melaporkan ke Polsek Sewon.

Menurut kasi humas Polsek Sewon Aiptu Jadi Muchrom SH, dari hasil olah TKP pelaku masuk ke ruang guru dengan cara merusak kaca nako jendela dan untuk kejadian tersebut masih dalam penyidikan Polsek Sewon.

Dihimbau kepada para kepala sekolah atau yang lainya agar menempatkan Peralatan Komputer pada tempat Bangunan yang Kokoh, mudah diawasi dan berdayakan Petugas Satpam atau Penjaga Sekolah untuk lakukan Pengawasan. Dilakukan kontrol oleh Kepala Sekolah / Guru kepada petugas jaga terutama pada jam - jam Rawan guna meningkatkan Kewaspadaan. Apalagi sekarang sekolah-sekolah sedang libur panjang agar lebih ditingkatkan lagi kewaspadaanya, himbau Aiptu Jadi Muchrom SH. (Sihumas Polsek Sewon)

Urai Kemacetan Dan Antrian Panjang, Pos Pam Druwo Rekayasa Lalulintas

Untuk kesekian kalinya petugas Pos Pol Druwo dan Pos Pam Natal dan Tahun Baru 2018, melakukan rekayasa lalulintas, di karenakan padatnya antrian dari arah selatan (arah pantai Parangtritis) dan ring road dari arah barat, berupa penarikan atau proritas jalan Sabtu, (30/12/2017).

Menurut Iptu Heru Suryadi, SH, upaya di lakukan rekayasa lalulintas ini karena panjangnya antrian kendaraan, terutama dari arah barat dan selatan, dan juga di karenakan di simpang empat duwo tepat di sebelah utara jalan ada Bus Sumber Alam mengalami keruskan mesin yang berhenti di tengah jalan, sehingga kendaraan yang datang dari arah barat belok ke arah kiri dimana terdapat rambu rambu kiri jalan terus, tidak bisa langsung berbelok, dan sampai dengan siang ini bus tersebut belum bisa di pindahkan, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Iptu Heru mengingatkan kepada para pengendara sepeda motor untuk tetap menjaga ketertiban lalu lintas. Sebab, salah satu kesalahan fatal yang kerap dilakukan pengendara motor dan berimbas pada kemacetan sampai kecelakaan lalu lintas adalah melebihi batas lajur jalan.

Sementara itu Kapolsek Sewon Kompol Subadi memprediksi, kepadatan kendaraan tetap terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. "Peningkatan jumlah kendaraan di simpang empat Druwo diperkirakan terjadi pada malam pergantian tahun " jelasnya.

" Jadi kami himbau kepada masyarakat agar bersabar, tertib dalam berlalulintas" pintanya. (Sihumas Polsek Sewon)

Kunjungan Wasops Mabes Polri Di Pos Pam Druwo

Kapolsek Sewon Kompol Subadi didampingi Ka. Pos Pam Druwo Iptu Riyan Permana , S.Ik. MH menerima kunjungan dari Wasops Mabes Polri AKBP Hanif, SIK, di Pos Pengamanan natal dan tahun Baru 2018, Druwo, Sewon Bantul, Sabtu, 30/12/2017 pukul 17.00 wib.

Dalam arahannya beliau menyampaikan dengan adanya bantuan relawan dari Linmas, Senkom, Paksikaton, dan Saka Bhayangkara agar pembagian tugas dapat disesuaikan dengan kemampuanya, dan relawan tetap diberikan arahan untuk menjaga keselamatan diri, tetap pantau kegiatan gereja, karena kegiatan gereja tidak hanya pada perayaan natal saja namun juga kegiatan gereja sampai dengan tahun baru. Bekerjalah dengan iklas, jaga kesehatan selama bertugas dan yang terakhir puncak pengamanan saat tahun baru agar totalitas dalam bertugas.

Pada kesempatan itu juga Wasops Mabes Polri AKBP Hanif, SIK, bertatap muka langsung dengan relawan, Sat Pol PP Bantul, PMI, SAR DIY, Sakabhayangkara yang turut melaksanakan pengamanan di Pos Pam Druwo,

Dalam tatap muka tersebut disampaiakan atas nama Kepolisian Negara Republik Indonesia menyampaiakan penghargaan dan terimaksih kepada relawan dan rekan rekan dari instansi perintah Kabupaten Bantul, SAR DIY, dan lainnya , yang telah peduli dan turut membantu tugas tugas polri dalam setiap pelaksanaan pengamanan baik pengamanan lebaran , natal dan tahun baru serta pengamanan kegiatan lainnya

Sebelum mengakhiri arahanya AKBP Hanif, SIK, berpesan untuk tetap mengutamakan keselamatan diri, rekan, tetap menjaga kesehatan, dan jaga kekompakan serta selalu berkoordinasi dengan pihak polri.

Selesai melaksanakan kunjungam rombongan bergerak menuju ke Poltabes Yogyakarta. (Sihumas Polsek Sewon).

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan Januari 2018


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Januari 2018 adalah sebagai berikut :



NoHariTanggalJamTempat
I.Senin01 Januari 201809.00 - 12.00 WibPos Pam Pasar Seni Gabusa
2.Selasa02 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
3.Rabu03 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Sendangsari
4.Kamis04 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Srigading
5.Jumat05 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
6.Sabtu06 Januari 201817.00 - SelesaiLapangan Paseban
7.Minggu07 Januari 201807.00 - SelesaiStadion Sultan Agung
8.Senin08 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Sidomulyo
9.Selasa09 Januari 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Pandak
10Rabu10 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Dlingo
11.Kamis11 Januari 201809.00 - 12.00 WibKids Fun Piyungan
12.Jumat12 Januari 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
13.Sabtu13 Januari 201817.00 - SelesaiLapangan Paseban
14.Minggu14 Januari 201807.00 - SelesaiStadion Sultan Agung
15.Senin15 Januari 201809.00 - 12.00 WibPiramyd Cafe Sewon
16.Selasa16 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Tamantirto
17.Rabu17 Januari 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
18.Kamis18 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Bantul
19.Jumat19 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
20.Sabtu20 Januari 201817.00 - SelesaiLapangan Paseban
21.Minggu21 Januari 201807.00 - SelesaiStadion Sultan Agung
22.Senin22 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Trimulyo
23.Selasa23 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Donotirto
24.Rabu24 Januari 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
25.Kamis25 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Tortonirmolo
26.Jumat26 Januari 201809.00 - 12.00 WibPolsek Pleret
27.Sabtu27 Januari 201817.00 - SelesaiLapangan Paseban
28.Minggu28 Januari 201807.00 - SelesaiStadion Sultan Agung
29.Senin29 Januari 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
30.Selasa30 Januari 201809.00 - 12.00 WibPiramyd Cafe Sewon
31.Rabu31 Januari 201809.00 - 12.00 WibKelurahan Sendangsari

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB,  Sabtu pukul 17.00 - Selesai dan Minggu pukul 07.00 - Selesai.

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru, SIM Hilang dan apabila masa berlakunya habis tidak bisa dilayanani di SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Ghina Tewas Terlindas Truk Di Tanjakan Wanagama

Ghina Nur Fitriana (18), warga Dusun Babadan RT 01 Desa Bantul Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul tewas setelah terlindas truk bermuatan pakan ternak ayam di Jalan Imogiri-Dlingo tepatnya di tanjakan Wanagama Dusun Banyusumurup Girirejo Imogiri Bantul.

Panit Lantas Polsek Imogiri Aiptu Sutata menjelaskan, peristwia naas ini terjadi pada Sabtu (30/12/2017) siang sekitar pukul 11.20 WIB. Saat kejadian korban yang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio AB 2251 UT sedang berboncengan dengan rekannya, Yuli Widyaningsih (18) warga Dusun Kalangan RT 03 Bangunjiwo Kasihan Bantul. Saat itu, mereka berdua melaju dari arah Imogiri menuju objek wisata di Mangunan Dlingo.

Keduanya melaju berada tepat di belakang truk dengan nomor polisi AD 1950 DF yang dikemudikan Agus Yulianto (25) warga Brujul, Brujul Wetan, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Secara tiba-tiba truk yang mengangkut pakan ternak seberat 8 ton tak kuat menanjak, sehingga mundur menghantam korban yang berada di belakang truk bagian kanan body. Keduanya kemudian terjatuh, posisi Ghina masuk ke kolong truk dan terlindas ban bagian kanan, sedangkan Yuli terlempar beberapa meter.

“Akibat kejadian tersebut, Ghina meninggal dunia, sementara rekannya Yuli Widyaningsih mengalami luka patah kaki pada lutut kanan dan saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Nur Hidayah,” ujar Aiptu Sutata.

Hingga saat ini, petugas dari Unit Laka Sat Lantas Polres Bantul masih melakukan olah TKP. Petugas juga memeriksa sopir serta saksi-saksi untuk mengetahui sebab peristiwa tragis tersebut. (Sihumas Polsek Imogiri)

Power Stering Alami Gangguan, Xenia 'Nyemplung' Selokan

Sebuah mobil Daihatsu Xenia dengan nomor polisi AB 1911 RS masuk parit di Jalan Padukuhan Manggung RT 07 Desa Wukirsari, Jumat (29/12) siang. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal itu, namun dua orang dari tujuh penumpang dilarikan ke Rumah Sakit karena mengalami luka akibat benturan.

Dari keterangan sopir, Asep Kurniawan (22) warga Kricak Kidul Tegalrejo Yogyakarta, rombongan hendak pulang kerumah setelah memberikan santunan di Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Zikro Manggung Wukirsari.

“Mungkin baru berjarak, 500 M dari panti, kami belok ke arah jalan di TKP namun ternyata ada trouble di power stering mobil kami, stir sudah belok namun ban tidak ikut belok, akhirnya masuklah mobil kami ke dalam selokan,” jelasnya.

Warga yang melihat kejadian itu berbondong-bondong ke lokasi memberi pertolongan dengan mengevakuasi para penumpang yang masih terjebak di dalam mobil. Dalam kecelakaan itu, dua orang luka ringan mendapat obat jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah Blawong Jetis.

Sementara itu, Panit Lantas Polsek Imogiri Aiptu Sutoto, menjelaskan mobil mengalami kerusakan pada bagian body sebelah kiri dan kaca depan pecah. “Setelah berhasil dievakuasi, mobil bisa melanjutkan perjalanan,” ungkapnya. (Sihumas Polsek Imogiri)

Buser Banguntapan Bekuk Pelaku Curas

Unit Reskrim Polsek Banguntapan Bantul berhasil membongkar kasus perampasan yang terjadi di sejumlah wilayah Banguntapan dan  Bantul. Satu tersangka berinisial  RF warga Kalangan Baturetno Banguntapan Bantul sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari tangan RF, petugas menyita barang bukti diantaranya sepeda motor Yamaha Mio No Pol AB 2010 GE warna merah dan dua buah handphone. Hingga kini kasus tersebut masih dikembangkan petugas untuk mengungkap tindak kejahatan lainnya.

Sebagaimana diketahui tersangka selama Desember 2017 ini sudah beraksi sebanyak empat kali di Wilayah Banguntapan dan Sewon. Kasus pertama 10 Desember 2017, RF menggasak handphone di Jalan Pleret Potorono dengan korban Abdawan Ramadhan P, 14 Desember 2017 tersangka kembali merampas handphone milik Lingga Bintang warga Perum Cepoko Indah Sitimulyo Piyungan di Wiyoro Lor Baturetno Banguntapan,  kemudian pada 22 Desember 2017 di Jalan Wiyoro Kidul  tersangka kembali menyikat handphone milik Amir Syarifuddin. Bahkan sebelum disergap petugas di daerah Wiyoro Jumat lalu, tersangka juga beraksi di Stadion Sultan Agung Bantul.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH, Sabtu (30/12/2017) mengatakan, setelah mendapat laporan adanya tindakan perampasan handphone petugas melakukan penyelidikan di lapangan dengan meminta keterangan sejumlah korban dan saksi-saksi.

Menurut Kapolsek, tersangka menjalankan aksinya dengan menyasar siswa di daerah Banguntapan, biasanya tersangka menghentikan calon korbannya setalah itu langsung meminta paksa handphonenya.

"Targetnya biasanya dipepet , setalah itu diminta handphonennya secara paksa," jelasnya.

Dari serangkaian peristiwa itu, seluruh Tim Buru Sergap Polsek Banguntapan turun ke lapangan untuk memburu tersangka. Tentunya dengan bekal keterangan dari para korban, baik ciri-ciri fisik maupun motor yang dipakai pelaku.

Perburuan tim yang dikomandoi Aiptu Arif Budiyanto SIP akhirnya membuahkan hasil. Petugas membuntuti targetnya sampai di tempat tinggalnya. Tersangka berhasil dibekuk di daerah Wiyoro Banguntapan Bantul.

Kepada penyidik tersangka mengakui jika uang hasil menjual hasil rampasan itu digunakan untuk membeli makan dan rokok.  Dijelaskan selain beraksi di Banguntapan RF juga melakukan perampasan handphone di Stadion Sultan Agung Bantul. Dalam aksinya itu RF sempat berpura-pura membeli handphone kepada penjual lewat online.  Namun setelah dekat RF langsung merebut handphone dan pergi meninggalkan korban. 

“Tersangka kami jerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun,” pungkas Kapolsek. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Keluarga Besar Polsek Pundong Jenguk Ny Heni Yang Sedang Sakit

Keluarga Besar Polsek Pundong dipimpin oleh Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH MH menjenguk Ny Heni istri darI Ps Kanit Provost Polsek Pundong Aiptu Sutapa yang sedang sakit dan opname di Rumah Sakit Umum daerah Panembahan Senopati Bantul, Jumat (29/12/2017) pukul 10.30 WIB.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian dan keharmonisan keluarga besar Polsek Pundong.

Tak hanya sekedar menjenguk, Anggota Polsek Pundong juga memberikan tali asih kepada Ny Heni. Serta mendoakannya semoga lekas sembuh sehingga dapat berkumpul kembali bersama keluarga.

Sementara itu pihak keluarga Aiptu Sutapa menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian seluruh rekan-rekan Polsek Pundong. “Dengan hadirnya bapak dan ibu akan menambah motivasi istri saya untuk cepat sembuh,” ungkapnya. (Sihumas Polsek Pundong)

Bripka Sudi Harsono Dampingi Ibu-Ibu Jumat Berbagi Gelar Baksos Di Dusun Dahromo II

Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Bripka Sudi Harsono mendampingi Ibu-Ibu Jumat Berbagi melakukan Bakti Sosial (Baksos) kepada sejumlah warga kurang mampu di Dusun Dahromo II Segoroyoso Pleret Bantul, Jumat (29/12/2017) siang.

Menurut Ibu Leni Suharyanta yang turut dalam kegiatan ini mengatakan baksos dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama guna membantu meringankan beban warga yang kurang mampu.

Baksos yang dilakukan yaitu memberikan bantuan berupa paket sembako kepada Ibu Ponirah (80) Rt 02, Ibu Sokiyah (83) Rt 01 dan Ibu Ngadinem (85) Rt 02 dusun Dahromo II.

Semoga dengan bakti sosial ini, kita lebih peka terhadap warga masyarakat di sekitar kita yang kurang mampu. Saling membantu untuk mengurangi beban hidup mereka dan jangan menilai harganya, yang utama adalah manfaat dari kegiatan ini. (Sihumas Polsek Pleret)

Diduga Jual Ayam Tiren dan Bangkai Jeroan Anjing, Rumah SKD Digerebek Polisi

Intel Sat Brimob Polda DIY bersama personel Polres Bantul dan Polsek Bambanglipuro menggerebek kediaman SKD, warga Dusun Plemantung Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kamis (28/12/2017) sore. SKD diduga telah memperjualbelikan bangkai ayam dan bangkai jeroan anjing.

Dijelaskan, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH melalui Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro, Iptu Wahyu Tri Handono SH, SKD diduga telah melakukan bisnis haram yakni jual beli ayam tiren dan bangkai jeroan anjing. Dari penyergapan yang dilakukan petugas, didapati barang bukti tujuh ekor ayam tiren di dalam ember, jeroan anjing yang sudah direbus diatas wajan dan kulit anjing yang sudah dikerok bulunya.

Dalam penggerebekan itu, petugas memeriksa dapur dan akhirnya ditemukan ayam tiren dan jeroan anjing yang sudah diolah. Petugas menduga ayam tiren dan jeroan anjing tersebut dijual ke pasar-pasar tradisional seperti pasar Barongan dan pasar Bakulan di wilayah Kabupaten Bantul.

Adapun ayam tiren tersebut di jual ke pasar, diakui sebagai daging ayam biasa dan jeroan anjing sebagai jerohan sapi. Namun setelah berhasil terungkap, SKD selaku pemilik pengolahan ini membantah tuduhan tersebut.Menurut SKD bangkai ayam dan jeroan anjing tersebut di jual untuk pakan ternak namun saat warga membeli, dia menjualnya.Diketahui awalnya SKD merupakan penjual tongseng daging anjing namun berhenti sejak beberapa tahun yang lalu.

Diduga  modus yang digunakan oleh pemiliknya yaitu daging dimasak sedemikian rupa dan jeroan ayam tiren seperti usus dan rempelo diolah agar bau busuk tidak ketahuan sehingga konsumen tertipu. Begitu pula dengan bangkai anjing dimasak sedemikian rupa menyerupai daging sapi.

Ipda Wahyu Trihandono SH menegaskan akan mengembangkan dan menindaklanjuti kasus ini setelah hasil penelitian dari BPOM keluar.

Hingga saat ini petugas baru sampai tahap meminta keterangan awal dari SKD, dan belum bisa menjerat pelaku lantaran harus menunggu proses penyelidikan dan hasil dari uji laboratorium BPOM. Selanjutnya barang bukti tersebut diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan Balai BPOM untuk memastikan kualitas jeroan anjing dan ayam tiren yang diolah. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Pandak Ikut Senam Bersama Muspika di SMP Negri 2 Pandak

Anggota Polsek Pandak melaksanakan senam sehat jasmani bersama Muspika di SMP Negri 2 Pandak Caturharjo Pandak Bantul, Jumat (29/12/2017) pukul 07.45 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh anggota Polsek Pandak, Muspika dan seluruh pegawai pemerintahan yang ada di wilayah Pandak.

Acara senam bersama yang dilaksanakan rutin di wilayah pandak ini sebagai ajang silaturahmi dengan Muspika dan senam untuk menjaga kesehatan jasmani. Dengan harapan agar seluruh anggota dan pegawai yang ada di wilayah Pandak ini saling mengenal dan memudahkan jika ada tugas yang saling berhubungan antar instansi.

Untuk gerak dan lagu senam bersama Muspika ini dipandu oleh salah satu sanggar senam yang ada di Pandak. Seluruh peserta melaksanakan senam dengan antusias dan sangat bersemangat tanpa mengenal rasa lelah.

Selama kegiatan berlangsung aman dan tertib. Kegiatan senam bersama selesai pukul 09.00 WIB. (Sihumas Polsek Pandak)

Waspada! Skuter Matic Honda Jadi Favorit Pencuri

Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM mengatakan, kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menduduki ranking tertinggi kasus kriminalitas sepanjang tahun 2017. Tercatat dalam sebulan 12 sampai 15 sepeda motor raib digondol pencuri.

“Kasus  Curanmor   menjadi  tindak  pidana  paling  tinggi  dengan  40.69%  dari keseluruhan kasus menonjol yang terjadi,” ujarnya, Kamis (28/12/2017) siang, saat menggelar jumpa pers akhir tahun di Resto Pyramid.

Dijelaskannya, pada tahun 2016 ada 154 kasus curanmor, sedangkan untuk tahun 2017 meningkat menjadi 165 kasus atau naik sekitar 7 persen. Kalau dirata-rata sebulan ada 12 sampai 15 kali kasus curanmor.

Dijelaskan, jenis sepeda motor yang banyak paling digemari oleh para pencuri sepanjang tahun 2017 adalah Skuter Matic merk Honda, yakni ada 70 kasus. Disusul, Honda bebek 26 kasus, Yamaha sport 19 kasus, selanjutnya Yamaha bebek dan Honda sport masing-masing 11 kasus.

Para pencuri rata-rata beraksi pada dini hari sekitar pukul 04.00 sampai 06.00 WIB dan pukul 06.00 WIB sampai 08.00 WIB. Mereka beraksi dengan modus merusak kunci sepeda motor menggunakan kunci letter T.

Untuk sasaran lokasi tindak pidana curanmor yang paling diisukai oleh kawanan pencuri secara berurutan yakni di perkampungan, tempat kost, toko/warung dan jalan umum.

Menurut Kapolres, kasus curanmor terjadi rata-rata karena faktor kelalaian pemiliknya seperti pengendara parkir sembarangan. Peluang-peluang ini menjadi celah atau kesempatan bagi pelaku untuk melancarkan aksinya.

Untuk mengantisipasi kasus kejahatan curanmor tersebut, Kapolres Bantul mengimbau masyarakat untuk meningkatkan pengawasan saat memarkir kendaraannya. (Humas Polres Bantul)