31 January 2018

Aiptu Ginu Dicintai Anak Anak Sekolah

Setiap pagi hari, Ka SPKT Polsek Dlingo Aiptu Ginu melaksanakan Pos Pagi menyeberangkan anak anak sekolah di MTS Ma’arif Dlingo, Dlingo, Bantul.

Karena seringnya menyeberangkan anak anak sekolah ditempat itu membuat Aiptu Ginu sangat akrab dengan anak anak sekolah, seperti yang terlihat di foto, mereka antri menyalami Aiptu Ginu, ini membuktikan bahwa mereka jelas sangat mencintai Aiptu Ginu sebagi polisi yang bisa dibanggakan.

Pernah suatu hari Aiptu Ginu berhalangan tidak bisa melaksanakan pos pagi ditempat tersebut, akhirnya anak anak sekolah itu merasa kehilangan, mencari dan menanyakan keadaanya kepada petugas yang mengantikan tugas Pos Pagi pada pagi itu.

Kenapa mereka merasa kehilangan ? itu karena selama ini Aiptu Ginu melayani mereka dengan iklas penuh senyum sapa salam sehingga para anak anak menyukainya. Jadi saat Aiptu Ginu berhalangan tidak bisa hadir ditengah tengahya, mereka merasa sangat kehilangan.

Keakraban ini dimanfaatkan oleh Aiptu Ginu untuk memberikan suport dan pesan pesan kamtibmas kepada anak anak sekolah agar selalu rajin belajar, rajin beribadah dan tidak nakal serta mematuhi perintah guru maupun orangtua. Agar dimasa depan mereka bisa dibanggakan. (Sihumas Polsek Dlingo)

Razia Lalulintas Kasat Mata Di Imogiri, 35 Pelanggar Di Tilang

Sebanyak 35 pelanggar lalu lintas terjaring razia lalulintas kasat mata yang dilaksanakan oleh personil Polsek Imogiri, Rabu 31 Januari 2018 pagi di wilayah hukum Imogiri.

Kegiatan razia lalulintas kasat mata ini akan dilakukan setiap hari Senin sampai dengan Kamis dengan lokasi yang pindah pindah sesuai program Kapolsek Imogiri.

Kapolsek Imogiri mengharapkan wilayah Imogiri nantinya menjadi wilayah zero pelanggar helm. Karena wilayah Imogiri merupakan daerah perkembangannya cukup pesat setelah adanya obyek wisata di daerah Dlingo.

Banyak wisatawan luar daerah mengunjunginya terutama hari libur, banyak kendaraan yang melewati  wilayah Imogiri sering terjadi kecelakaan dengan korban luka akibat tidak memakai helm. (Sihumas Polsek Imogiri)

Pengamanan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung BKAD Kecamatan Sanden

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung BKAD Lestari Kecamatan Sanden, Rabu (31/1/2018) pagi mulai pukul 08.00 WIB.

Gedung BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) dibangun di komplek Kantor Kecamatan Sanden. Peletakan batu pertama pembangunan gedung ini dilakukan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKB-PMD) Bantul Ris Widodo, SIP., MM dan Camat Sanden Slamet Santoso, SIP yang disaksikan Muspika Sanden, dinas instansi serta tokoh masyarakat.

Peletakan batu pertama ini sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung BKAD LESTARI Kecamatan Sanden. Pembangunan gedung ini menggunakan  anggaran dana dari Ops UPK sebesar Rp. 198.800.000,- dengan target waktu dua bulan. Menurut rencana, bulan April 2018 gedung baru sudah bisa digunakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan peletakan batu pertama sebagai  tanda dimulainya pembangunan gedung BKAD Lestari Kecamatan Sanden dihadiri Kabid PMD DPPKB-PMD Kabupaten Bantul Ris Widodo, SIP., MM, Kapolsek Sanden AKP  Riwanta beserta jajaran Muspika, Kepala Dinas Instansi se-Kecamatan Sanden, BP UPK Djubarso, Lurah Desa se-Kecamatan Sanden, Panitia Pembangunan serta tokoh masyarakat. (Sihumas Polsek Sanden)

Panit Binmas Polsek Srandakan Melayat Ke Almarhum Mbah Siswo Wiyono

Panit Binmas Polsek Srandakan Iptu Isnen H beserta Bhabinkamtibmas desa Poncosari Srandakan Aiptu Dalija melayat ke Almarhum mbah Siswo Wiyono di dusun Polisiyo Desa Poncosari Srandakan Bantul, Rabu, 31 Januari 2018 pukul 10.00 Wib.

Almarhum adalah ketua RT dusun setempat meninggal  pada hari Selasa, 30 Januari 2018 pukul 21.00 Wib, dan akan dimakamkan pada hari Rabu, 31 Januari 2018 pukul 14.00 Wib di TPU Dusun Polosiyo Poncisari Srandakan

Atas nama keluarga besar Polsek Srandakan, Panit Binmas Polsek Srandakan Iptu Isnen H. menyampaikan turut berduka cita yang sedalam dalamnya kepada keluarga semoga keluarga yang tinggal diberi ketabahan. (Sihumas Polsek Srandakan)

Pusjarah Mabes Polri Mengunjungi Monumen Brimob Polri Di Sedayu

Rombongan dari Pusjarah Mabes Polri dipimpin Kombes  Joko Sarwoko, AKBP Verdi Kalele, AKBP Adang Mulyadi Dan Sipil Aan Ahmad S mengunjungi Monumen Brimob Polri di dusun Sengon Karang Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta, Rabu, 31 Januari 2018 pukul 09.30 wib. 

Rombongan dari Pusjarah Mabes Polri ini didampingi oleh Kompol Arohman dari polda DIY, Kabagsumda Polres Bantul, Kasi propam Polres Bantul Iptu Sutarto, Staf siwas Iptu Teguh Suparno dan anggota Brimob Sentolo. Kedatangan rombongan disambut oleh Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarta, A.Md.

Sebagai agenda utama dalam kunjungan Mabes Polri ini yaitu Penelusuran pendataan sejarah monumen maupun mosium Brimob Polri yang berada di seluruh Indonesia.

Serta berdialok  dengan pelaku sejarah bapak Suparjo (82) Warga Dusun Sengon Karang Argomulyo Sedayu, yang mana dalam hal ini sebagai penjaga dan merawat kondisi monumen Bromob Polri.

Dalam dialog staf mabes Polri Aan Ahmad S menyampaikan bahwa penelusuran sejarah ini untuk mendata monumen status tanah kepemilikan, apakah sudah dihibahkan Polri ataupun kas desa atau masih kepemilikan warga.

Apabila status jelas sudah dihibahkan ke Polri, dari mabes Polri, akan menganggarkan tentang perawatan, Perbaikan ataupun Intensif penjaga, Pelaku Sejarah. (Sihumas Polsek Sedayu)

Kapolsek Banguntapan Melayat Ke Rumah Almarhum Aiptu Sugiran

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH bersama anggotanya melayat ke rumah almarhum Aiptu Sugiran di di Kradenan Rt. 12/52 Maguwoharjo Depok Sleman. Selasa tanggal 30 januari 2018 pukul 10.00 wib.

Almarhum Aiptu Sugiran adalah mantan anak buahnya sewaktu beliau menjabat Kapolsek Berbah. Almarhum meninggal karena sakit.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH dalam kesempatanya mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum Aiptu Sugiran kepada istri dan anaknya. Semoga Almarhum husnul khotimmah, diampuni dosa-dosanya, diterima amal baiknya serta keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran dan ketabahan. Aamiin. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Banguntapan Pantau Pelaksanaan Pos Pagi

Kepadatan arus lalu lintas wilayah Banguntapan terutama saat pagi hari sangat luar biasa, oleh karena itu Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH turun langsung ke jalan pantau pelaksanaan Pos pagi yaitu pelayanan masyarakat di pagi hari dengan pengaturan lalu lintas, Rabu, 31 Januari 2018

Terpantau dilapangan, para Kanit dan Panit  beserta anggotanya sudah menempatkan diri di tempat tugasnya masing masing yaitu di persimpangan jalan, penggal penggal jalan, depan sekolahan maupun tempat rawan lakalantas. Para petugas ini semangat melaksanakan Pos Pagi yaitu pengaturan arus lalintas agar tercipta keamanan ketertiban keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas.

Waktu pos pagi dimulai jam 06.00 sampai 08.00 Wib. Titik lokasi pos pagi beserta personil sudah ditetapkan sesuai jadwal yang telah disusun berdasarkan analisis kerawanan Kamtibselcarlantas.

Disamping melaksanakan pos pagi personil juga selalu senantiasa mengingatkan setiap pengguna jalan yang belum memiliki kesadaran akan keselamatan melalui teguran simpatik edukatif, sehingga akhirnya seluruh masyarakat memiliki kesadaran hukum yang tinggi dalam berlalulintas. Dengan demikian ketertiban berlalulintas Khususnya di wilayah Banguntapan menjadi tinggi sehingga menurunkan angka kecelakaan. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Ciptakan Kenyamanan, Polsek Banguntapan Tingkatkan Patroli

Meskipun cuaca sedang hujan, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH bersama anggota unit Sabhara tetap laksanakan patroli kewilayahan dalam rangka menjaga kamtibmas yang kondusif, Selasa tanggal 30 Januari 2018 mulai pukul 22.00 wib.

Giat patroli kali ini menyasar ke tempat tempat beribadah seperti Gereja, Masjid serta melakukan dialog kamtibmas kepada petugas jaganya.

Tidak hanya tempat peribadatan petugas juga laksanakan patroli menyisir wilayah rawan gangguan kamtibmas, baik curas maupun currat serta rawan laka lantas. Tidak lupa melaksanakan dialogis pada warga yang disinggahi untuk menjaga silaturahmi, komunikasi, mengali informasi dar masyarakat untuk peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sanden Pantau Pembagian Beras Dari Dinsos Kepada PKH

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sanden melaksanakan monitoring kegiatan pembagian beras dari Dinsos yang diperuntukkan kepada PKH (Program Keluarga Harapan) Rabu (31/2/2018) pukul 08.30 WIB.

Pembagian beras ini merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada warga pra sejahtera dengan kriteria tertentu yang dikelola oleh Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini aparat Pemerintah Desa.

Seperti di Balaidesa Murtigading, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari melaksanakan pemantauan sekaligus pengamanan pendistribusian beras. Jumlah beras yang diterima sebanyak 738 sak dan akan dibagikan kepada warga yang berhak menerima di 18 pedukuhan se-Desa Murtigading. Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo, Brigadir Tohari juga melakukan pemantauan dan pengamanan pendistribusian beras kepada PKH di desa binaannya. Desa Gadingharjo mendapatkan beras 329 sak yang akan dibagikan kepada warga yang berhak di 6 pedukuhan se-Desa Gadingharjo.

Kapolsek Sanden, AKP Riwanta mengatakan, jajarannya selalu menerjunkan anggotanya setiap pelaksanaan pendistribusian rastra kepada warga masyarakat di semua desa wilayah Kecamatan Sanden. Keberadaan anggota polsek ini untuk memantau dan mengamankan pendistribusian rastra agar tidak terjadi penyelewengan dalam penyaluran, ujarnya. (Sihumas Polsek Sanden)

Kapolsek Pleret Membesuk Aipda Arsi Yuanto

Kapolsek Pleret yang diwakili Kanit Binmas Iptu Sukardi beserta segenap anggota Polsek Pleret membesuk Aipda Arsi Yuanto yang sedang sakit di rumahnya dusun Demangan Kopen, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Rabu (31/1/2018) siang.

Aipda Arsi Yuanto merupakan anggota Unit Sabhara Polsek Pleret. Sebelumnya sempat dirawat di RS Santa Elisabeth Ganjuran selama beberapa hari, namun saat ini sudah diperbolehkan pulang dan kondisinya sudah mulai membaik.

Menurut Kanit Binmas kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas keluarga besar Polsek Pleret terhadap salah satu anggota yang sedang sakit. Semoga Aipda Arsi Yuanto segera diberikan kesembuhan sehingga dapat melaksanakan tugas sehari-hari seperti sedia kala. (Sihumas Polsek Pleret)

Razia Lalulintas Kasat Mata Di Simpang Empat Jejeran, 9 Pelanggar Ditilang

Petugas gabungan Polsek Pleret bersama Polsek Jetis dipimpin Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani, kembali melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas kasat mata di Simpang empat Jejeran Jl. Imogiri Timur, Rabu (31/1/2018) pagi.

Sebanyak 9 pelanggar diberikan tindakan berupa tilang oleh petugas. Adapun sebagai barang bukti 5 unit sepeda motor dan 4 lembar STNK. Dari sejumlah pelanggar yang ditindak diantaranya adalah pelajar SMP.

Menurut Kanit Lantas razia tersebut bertujuan untuk menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Disamping itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas serta menciptakan kamseltibcar lantas di jalan raya. (Sihumas Polsek Pleret)

Buser Polres Bantul Bekuk Tiga Pencuri Mobil

Tim Buser Sat Reskrim Polres Bantul berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian  mobil yang terjadi di Perum Bugisan Indah, Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Ketiga pelaku masing-masing berinisial ND (35) dan RP (22) keduanya warga Solok Sumatra Barat serta MA (30) warga Cilacap Jawa Tengah.

Kasat Reskrim AKP Anggaito Hadi Prabowo SH SIK didampingi Kasubbag Humas AKP Sulistiyaningsih saat konferensi pers menjelaskan peristiwa pencurian tersebut terjadi pada hari Jumat (26/1/2018) lalu sekitar pukul 11.30 WIB.

“Saat itu korban bernama Faturahman (44) mendengar suara remote mobil berbunyi. Sesampainya di luar, ia terkejut melihat mobilnya sudah dibawa kabur oleh orang yang tak dikenal,” jelasnya, Rabu (31/1/2018).

Korban kemudian berusaha mengejarnya menggunakan sepeda motor namun kehilangan jejak. Atas kejadian tersebut, selanjutnya korban membuat laporan polisi di Polsek Kasihan.

Mendapat laporan tersebut, Tim Buser Polres Bantul segera bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan. Berkat kerja keras petugas di lapangan, keberadaan mobil korban akhirnya terendus berada di daerah Bandung Jawa Barat.

Petugas kemudian berkoordinasi dengan kepolisian disana, dan akhirnya ketiga pelaku berhasil diamankan. Selanjutnya, beserta barang bukti mobil yang sudah diganti plat nomornya, ketiga pelaku digelandang ke Polres Bantul.

Dalam kasus ini, petugas berhasil menyita barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Avanza berwarna silver dengan plat nomor terpasang B 1689 GKE, 2 plat nomor polisi masing-masing bernomor BM 1044 NW, satu buah STNK Mobil Toyota Avanza nopol  B 1689 GKE dan satu buah kunci mobil.

“Para tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Jetis Serahkan Jenazah Korban Penganiayaan

Kapolsek Jetis AKP S Parmin didampingi Kanit Reskrim Polsek Jetis Iptu Anar Fuadi menyerahkan jenasah korban penganiayaan almarhum Sunaryo (65) dirumah duka  dusun Panjangjiwo Patalan Jetis Bantul, 301/1/2018 semalam.

Jenazah diserahkan Kapolsek Jetis setelah selesai diotopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY untuk memastikan kematian Korban. Penyerahan Jenazah diterima langsung oleh keluarga dalam hal ini diwakili oleh Kadus Panjangjiwo bapak Sutiyono disaksikan Lurah Desa Patalan dan Masyarakat Panjangjiwo Jetis Bantul.

Kapolsek Jetis menyampaikan, polisi telah berupaya melakukan penanganan kasus penganiayaan Korban dengan maksimal yaitu dengan melakukan penangkapan pelaku, mengadakan identifikasi maupun otopsi guna mengetahui kepastian penyebab meninggalnya korban,"jelas Kapolsek.

Kapolsek Jetis juga menyampaikan "secara pribadi maupun Kesatuan turut berduka cita atas meninggalnya korban, semoga keluarga menerima dengan tabah dengan lapang dada. Kepolisian menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga dan dipersilahkan untuk dilakukan pemakaman.

Secara khusus Kapolsek Jetis mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya, kepada Lurah, Dukuh Panjangjiwo dan warga yang telah berpartisipasi dengan adanya  kejadian di wilayah Panjangjiwo langsung melaporkan ke pihak kepolisian. Sehingga permasalahan dapat segera ditangani", pungkas Kapolsek Jetis.

Kadus Panjangjiwo Setiyono dalam tanggapanya mengucapan terimakasih kepada Kapolsek beserta anggota, Puskesmas, maupun rumah sakit Bhayangkara yang telah menindak lanjuti laporan dari warga Panjangjiwo dengan cepat, "Dukuh Panjangjiwo" mengapresiasi kepada kepolisian maupun warga sehinga pelaku cepat ditangkap, ucap Kadus.

Hingga pemakaman berlangsung anggota Polsek Jetis melaksanakan pengamanan di Rumah duka dan Route pemakaman. (Sihumas Polsek Jetis)

Sebelum Apel, Aggota Polsek Dlingo Rutin Melaksanakan Pos Pagi

Sebelum apel, Aggota Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan Lalulintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Ginu di depan MTs Maarif Dlingo, Rabu (31/1/2018), ia melaksanakan tugas tersebut dengan iklas dan penuh rasa tanggung jawab. (Sihumas Polsek Dlingo)

Lomba Kebersihan Desa Tingkat Kecamatan Sanden Di Desa Srigading

Kanit Sabhara Polsek Sanden, Aiptu Sumpana menjadi yuri Lomba Kebersihan Desa Tingkat Kecamatan Sanden di Desa Srigading dan Desa Gadingharjo, Sanden, Bantul, Senin (29/01/2018) pagi mulai jam 10.00 WIB.

Tim yuri terdiri dari Kepala Dinas Instansi se-Kecamatan Sanden, Pejabat di Kantor Kecamatan Sanden, Sat Polair, Polsek Sanden, Koramil, Pos AL, Puskesmas, UPT PPK, KUA, PLKB, PKK, JPSM dan dipimpin Camat Sanden Slamet Santoso, SIP.

Camat Sanden Slamet Santoso, SIP saat memberikan arahan kepada tim yuri sebelum pelaksanaan tugas menjelaskan bahwa Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Sanden Tahun 2018 dilaksanakan dalam rangka meraih target Bantul Bersih Sampah Tahun 2019 dan sukses Adipura Tahun 2018.

Selesai menerima arahan dari Camat Sanden, tim yuri langsung bergerak menuju desa yang akan di nilai. Untuk Desa Srigading menunjuk Dusun Ceme sebagai sampel penilaian sedangkan Desa Gadingharjo menunjuk Dusun Ngujung.

Indikator yang dinilai diantaranya adalah Jalan Utama Desa, Ruang kantor/ruang lainnya, Kantor/ institusi/dinas lain, Lingkungan rumah tangga,  Perkantoran, Individu/rumah tangga, Kantor dan individu rumah tangga, Terbuka/tertutup, Kantor/institusi/dinas, Individu/rumah warga, Dusun dan Desa.

Sedangkan ukuran penilaian meliputi Kebersihan umum, Kebersihan kantor/Institusi/Dinas, Kebersihan lingkungan pekarangan,  Kebersihan pekarangan warga, Pemilahan Sampah di perkantoran, Pemilahan sampah skala individu, Kerindangan/penghijauan lingkungan, Kebersihan sungai/saluran air, Keindahan lingkungan kantor,  Keindahan lingkungan rumah warga, Rumah pilah sampah dusun dan Rumah pilah sampah desa.

Penilaian Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Sanden di Desa Srigading dan Desa Gadingharjo berakhir pukul 14.00 WIB. (Sihumas Polsek Sanden)

Kaum Rois Diminta Berperan Dalam Menangkal Paham Radikalime

Kapolsek Bantul Kompol Paimun mengimbau agar kaum rois berperan dalam menangkal paham terorisme/radikalime. Menurutnya, paham radikalisme dapat merusak sendi-sensi keutuhan NKRI.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan dalam pembinaan Kaum Rois se Desa Trirenggo di Dusun Karangmojo Trirenggo Bantul, Rabu (31/1/2018).

Ditambahkannya, berkaitan dengan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bantul yang saat ini sedang marak antara lain Curat (pencurian dengan pemberatan) yaitu tindak pidana pencurian yang dilakukan pada malam hari dengan merusak benda/rumah.

Untuk itu Kapolsek Bantul mengimbau agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

Kapolsek juga mengharapkan kerja samanya, apabila ada aksi vandalisme/aksi coret-coret tidak pada tempatnya sering dilakukan oleh pelajar/remaja, agar segera melaporkannya kepada pihak Kepolisian.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengajian oleh KH. Muslih Nahrowi. (Sihumas Polsek Bantul)

Penyuluhan Jaga Warga Di Pos Ronda Dusun Jayan

Panit Binmas Polsek Imogiri AKP Suharyono bersama Panit Binmas Aiptu Parwoto dan Bhabinkamtibmas desa Kebonagung Bripka Ari Sulistyo memberikan penyuluhan di Pos ronda Rt 02 dusun Jayan Kebonagung Imogiri Bantul, Selasa 30 Januari 2018 pukul 20.00 Wib.

Ngatijan selaku ketua Rt mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada AKP Suharyono dan jajarannya yang telah berkenan hadir memberikan penyuluhan kepada warganya yang bertepatan dengan pertemuan rutin setiab bulan warga Jayan.

Dalam penyuluhannya, Panit Binmas menyampaikan Peraturan Gubernur DIY No. 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga. Jaga warga sesuai dengan Pergub dimaksud adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

Peraturan ini menjelaskan keikutsertaan warga masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Ada beberapa prinsip dalam jaga warga, kebersamaan, sukarela, swadaya, swakarsa dan partisipasi. Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan) merupakan implementasi dari jaga warga ini dan perlu dihidupkan kembali.

Warga akan merasa nyaman, tenteram dan aman saat tidur malam karena adanya Poskamling. Kita berharap warga Jayan meningkatkan pos kamling yang selama ini sudah berjalan sehingga lingkungan kita aman. “Saya mohon warga menyediakan kentongan di pos Poskamling, kentongan sebagai alat berkomunikasi tradisional untuk menyampaikan sesuatu peristhiwa yang terjadi di kampung.

Kegiatan ditutup dengan acara tanya jawab dan penyerahan Lampu Kedip serta alat bermain Carambol yang diterima oleh ketua Rt setempat. (Sihumas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Dampingi Tim Yuri Lomba Kebersihan

Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsana bersama jajaran Pamong Desa Tirtonirmolo mendampngi Tim Yuri Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Kasihan , di Dusun Jeblog RT 02, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul,  Selasa (30/1/2018). Tim Yuri  diketuai oleh Camat Kasihan Drs Sambudi Riyanta.

Kegiatan Lomba Kebersihan ini bertujuan melaksanakan salah satu dari program Bupati Bantul,  Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera sekaligus untuk persiapan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional  mewakili Provinsi DIY, yang akan dilaksanakan bulan April 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kasihan Drs. Sambudi Riyanta, Lurah Tirtonirmolo HM. Marwan MS, SH., Kasi Pem Kecamatan Wiji Harini, S.Sos. MM, dan anggota tim yuri Kecamatan, Bhabinkamtibmas desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsana, Kepala Dukuh Jeblog bapak Joko Pramono, Ketua RT dan warga serta PPK.

Kegiatan lomba kebersihan tingkat  Kecamatan  Kasihan selesai dengan pengamanan dari Polsek Kasihan terlaksana dengan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Kasihan)

Sebelum Apel Pagi, Anggota Polsek Dlingo Laksanakan Pos Pagi

Secara rutinitas anggota Polsek Dlingo melaksanakan Pos Pagi sebelum Apel Pagi, 30 Januari 2018. Apel pagi ini sudah menjadi tradisi anggota Polsek Kasihan. Dimana apel merupakan sarana pengecekan kekuatan personil, perlengkapan personil, termasuk sikap tampang, serta sebagai sarana konsolidasi maupun penyampaian arahan kebijakan pimpinan, sehingga tugas yang diemban dapat dilaksanakan sesuai dengan arah kebijakan pimpinan Polri.

Pada kesempatan apel pagi ini, Kasium Polsek Dlingo Aiptu Riyo Nugroho memberikan arahan kepada anggota antara lain : menekankan agar anggota selalu melaksanakan commander wish pagi sesuai ploting yang sudah ditentukan untuk menyeberangkan anak - anak sekolah atau masyarakat maupun mengatur arus lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan karena pada saat pagi hari jalan menjadi padat dengan berbagai kesibukan masyarakat.

Kasium juga menyampaikan penekanan Kapolsek Dlingo agar anggota selalu meningkatkan keamanan kamtibmas di wilayah Dlingo dengan berbagai upaya diantaranya meningkatkan patroli maupun sambang ke Toga, Tomas atau pembinaan masyarakat dalam menjaga wilayah dusun dengan meningkatkan siskamlingnya.

Kasium juga menyampaikan evaluasi Kapolsek Dlingo tentang kinerja anggota dan mengharapkan agar pelaksanaan tugas perlu ditingkatkan lagi dimana yang sudah baik tetap dipertahankan dan yang belum baik agar perbaiki kemudian didalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat diusahakan semaksimal mungkin sehingga tugas yang sudah dijalankan oleh setiap anggota Polsek Dlingo di lapangan selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat. (Sihumas Polsek Dlingo)

Selesai Laksankan Pos Pagi, Anggota Polsek Pandak Langsung Apel Pagi

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud pimpin apel pagi di halaman Polsek Pandak. Selasa (30/01/2018) jam 08.00 Wib.

Pelaksanaan kegiatan apel pagi ini  rutin dilaksanakan oleh seluruh anggota Polsek Pandak sebagai sarana penyampaian arahan pimpinan kepada anggota dan sebagai wujud kedisiplinan serta tanggung jawab sebagai anggota POLRI. Selain itu juga bertujuan untuk mengecek kehadiran personil dan juga kesiapan anggota untuk melaksanakan pelayanan terhadaap masyaraakat.

Dalam kesempatan apel pagi ini kapolsek Pandak Akp Amir Machmud mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan pengaturan lalulintas di penggal-penggal jalan pagi hari ini.

Diharapkan dengan kehadiran anggota ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan kelancaran dalam kegiatan berlalulintas di jalan raya.

Kapolsek juga mengingatkan kepada seluruh personil agar selalu berhati-hati dalam pelaksanaan tugas, jaga keselamatan diri dan juga kesehatan. Semoga kita semua selalu diberikan rahmad hidayah senantiasa dilindungi oleh Tuhan yang Maha Esa pada saat kita bertugas maupun beraktifitas setiap harinya.

Setelaah pelaksanaan apel pagi seluruh anggota Polsek Pandak melanjutkan dengan kegiatan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi masing-masing. (Sihumas Polsek Pandak)

Polsek Jetis Membuat Vidio Kampanye Tertib Lalu Lintas

Kanit Lantas Polsek Jetis bersama anggotanya dibantu Sihumas pembuatan Vidio Layanan Kamtibmas Dengan judul " Tertib Lalu Lintas dengan menggunakan helm", Senin siang, 29 Januari 2018.

Pembuatan Vidio pendek berdurasi kurang dari 3 menit ini sepenuhnya hasil karya anggota Polsek Jetis baik dari segi ide, pemain dan pengambilan gambar.

Saat di sela sela Shoting pengambilan gambar Kanit Lantas Polsek Jetis Aiptu Heri Maryono berharap " semoga dengan pembuatan vidio pendek ini dapat memberikan kesadaran pentingnya tertib berlalu lintas  bagi masyarakat utamanya memakai Helm saat berkendaraan.

Vidio pendek ini bercerita tentang Bapak petani yang diperankan Brigadir Jamako, yang akan berangkat ke ladang, ditengah jalan di boncengi tetangganya yang mau kesekolah diperankan oleh adik Gilang, tidak memakai helm. 

Karena diperempatan Nogosari terdapat Polisi yang melaksanakan Pos Pagi (diperankan Aiptu Budi Raharjo,) dik gilang secara spontan memakai ember yg dibawa pak tani untuk menutupi kepalanya. Petugas Lalu lintas yang mengetahui pengendara yang tidak memakai helm menghentikan dan memberikan pesan kamtibmas dan meminjamkan helm untuk sampai ke sekolah.

Pengambilan gambar sendiri secara tehnis dilakukan oleh Aiptu Ragil Wisnu dan Editing. Pengambilan gambar vidio dilaksanakan di lingkungan Mapolsek Jetis dan sepanjang jalan imogiri barat," Jelas Aiptu Heri Maryono.

Video ini nanti akan diupload di Facebook, Instragram atau media sosial lainya dengan maksud mengkampanyekan tertib lalulintas. (Sihumas Polsek Jetis)

Mukjizat Gerakan Shalat

Selasa, 30 Januari 2018 pukul 08.10 WIB di masjid Agung Manunggal Bantul telah berlangsung Pengajian rutin Selasa Kliwon bersama PNS, TNI, POLRI, BUMN dan BUMD.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Asek 2 Bambang Guritno, SH, OPD se Kab. Bantul, Dr. dr. Sagiran, Sp.B (K)KL., M.Kes, TNI, Polri, ASN, BUMN dan BUMD kurang lebih 300 orang.

Dalam sambutanya Bupati Bantul Drs. H. Suharsono mengucapkan selamat datang kepada Dr. Sagiran yang telah hadir di tengah-tengah kita, Pengajian rutin ini bertujuan untuk menambah iman dan taqwa bagi kita umat islam.

Seperti sewaktu saya berdinas di Polda Baten kegiatan pengajian selalu kami lakukan. Kami nanti akan melakukan pembukaan workshop mengenai kesehatan Masyarakat, agar masyarakat selalu mementingkan kesehatan. Maka dari itu setiap hari minggu kita adakan car free day di depan pasar Bantul.

Dalam tauziahnya Dr. dr. H. Sagiran, Sp.B(K)KL, M.Kes mengambil tema "Mukjizat Gerakan Shalat". Shalat merupakan wasiat Nabi Muhammad SAW kepada umatnya menjelang wafat dan itu diucapkan berulang-ulang.

Shalat merupakan sarana untuk bermunajat dan berdoa serta sarana untuk menggapai cita-cita. Untuk meningkatkan kualitas shalat maka perlu dipahami arti bacaan shalat, serta gerakan shalat yang tuma'ninah (tidak tergesa-gesa). Shalat yang khusuk adalah shalat yang bisa menyatukan antara jasat, lisan dan hati.

Manfaatkan gerakan shalat untuk menunjang kesehatan kita dan semoga dengan kita rajin shalat dengan gerakan yang benar maka kita dijauhkan dari berbagai penyakit terutama penyakit sendi dan otot. (Sihumas Polsek Bantul)

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Sambangi Tokoh Masyarakat Beri Himbauan Kamtibmas

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono beserta Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto melaksanakan kegiatan silahturahmi di beberapa rumah tokoh masyarakat, Senin(29/1/2018).

Kegiatan silahturahmi ini dilaksanakan untuk mendengar keluhan, saran dan masukan dari tokoh masyarakat secara langsung serta menyampaiakan himbauan kamtibmas.

”Hal ini dilakukan sebagai upaya menjalin hubungan silahturahmi yang baik dengan tokoh masyarakat,” kata Iptu Sugiono.

Dalam kesempatan tersebut Iptu Sugiono menyampaiakan bahwa kegiatan silahturahmi ke tokoh masyarakat ini diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik antara Polri khususnya Polsek Bambanglipuro dengan  masyarakat.

”Sehingga dapat memberikan dukungan dan sumbangsih dalam memelihara situasi kamtibmas di wilayah Bambanglipuro,” ungkap Iptu Sugiono.

Untuk kegiatan silahturahmi kali ini dilaksanakan di dua tempat tokoh masyarakat yaitu : rumah H.Abdul Jalal di dusun Koripan Rt 01Sidomulyo  dan Ustad Jamhari di dusun Turi Rt 04 Sidomulyo.

Dalam kesempatan ini, Iptu Sugiono juga menyampaiakan pesan – pesan Kebhinekaan serta kamtibmas. Diantaranya agar menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama dan jangan mudah percaya dengan berita – berita yang belum tentu ada kebenarannya (hoax) diantaranya tentang isu agama, suku, etnis dan isu lainnya yang dapat  memecah keutuhan NKRI.

”Untuk menjaga kamtibmas, Polisi tidak mampu kerja sendiri maka harus bekerjasama dengan masyarakat. Saya ingin mendengar langsung saran dan masukan dari tokoh – tokoh masyarakat di bawah,” ujar Iptu Sugiono.

Pada silahturahmi tersebut, Ketiga tokoh masyarakat yang disambangi pada intinya menyampaikan terima kasih kepada Kanit Binmas dan anggotanya yang turut hadir dalam kegiatan ini.

”Keberadaan Polisi di tengah – tengah masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat itu sendiri, katanya.Dalam kegiatan tersebut kedua tokoh masyarakat yang dikunjungi mengatakan bahwa kedatangan Iptu sugiono dan Aipda Siswanto adalah suatu kehormatan tersendiri bagi dirinya dan keluarganya. (Sihumas Polsek Bambanglipuro).         

Kerja Bakti Di Monumen Brimob Dusun Sengon

Anggota Polsek dan Sat Sabara Polres Bantul dipimpin AKP Dwi Santosa melaksanalan kerja bakti di monumen Brimob dusun Sengon Karang Argomulyo Sedayu Bantul, Selasa 30 Januari 2018 pukul 08.00 wib.

Pemandu pelaku sejarah Monumen Brimob bapak Suparjo mengucapakan selamat datang kepada bapak bapak polri  yang dengan serentak datang melaksanakan kerja bakti.

Diharapkan dengan kerja bakti ini monumen Brimob akan lebih bersih berseri dan berwibawa sebagai bukti sejarah di masa perjuangan dan akan  menambah rasa cinta mengenang para leluhur suhada yang dengan iklas memperjuangkan dan  mempertahankan NKRI.

Monumen Brimob Polri  ini diresmikan Kapolri Jendral Polisi Drs. Hougeng Imam Santoso pada tanggal 14 Nop 1970, dan sebagai bukti sejarah bahwa di dusun Sengon Karang dan dusun watu Argomulyo Sedayu Bantul, telah terjadi palagan pertempuran antara Belanda melawan Pasukan Polisi (Mobrik)  pada tanggal 18 Marat 1949 pukul 12.30 dan berakhir pukul 14.00 wib.

Dari hasil pertempuran mengisahkan kepedihan, pihak Brimob gugur 18 orang dan dari pihak pejuang gugur 102 orang.

Brimob yang gugur sebagai kusuma bangsa  dimakamkan di makam pahlawan Smaki Yogyakarta, sedang para pejuang yang gugur dimakamkan di makam Jomenggalan Kemusuk Argomulyo Sedayu.

Semoga yang ditinggalkan bisa meniru semangat patriotik para pejuang dalam menghadapi globalisasi saat ini. (Sihumas Polsek Sedayu)

Peringati Hari Gizi Nasional Ke-58, Pemkab Bantul Gelar Konseling Massal

Guna mewujudkan kemandirian keluarga dalam 1000 hari pertama kehidupan (MPK) dan untuk pencegahan stunting atau kondisi dimana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari pada usianya. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menggandeng warga Karangtalun Imogiri melaksanakan Konseling Massal Petumbuhan Anak. Bertempat di Aula Desa Karangtalun, Imogiri. Selasa (30/1/2018).

Menurut Wakil Direktur RSUD Panembahan Senopati Agus Budiharjo menyampaikan, kasus stunting di Indonesia cukup tinggi, bahkan hingga 37 % anak dinyatakan menderita stunting. "ini bukan jumlah yang sedikit, hal ini terjadi semata mata kurangnya asupan gizi," kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, untuk menhindari stunting asupan gizi ibu hamil sangat penting. Makanan selama masa kehamilan, dapat mempengarui fungsi memori. Tidak hanya itu, bahkan pada konsentrasi, pengambilan keputusan intelektual/mood dan emosi anak dikemudian hari.

Untuk itu kebutuhan gizi bayi sangat penting diperhatikan baik dalam kandungan, bahkan hingga anak berusia 2 tahun. Jika tidak terpenuhi asupan nutrisinya berdampak perkembangan pada anak akan permanen, mereka akan mengalami kekuranagn gizi pada 1000 hari pertama kehidupan serta mempunyai beberapa risiko penyakit menular, mengalami hambatan pertumbuhan daya nalar hingga gangguan pertumbuhan tinggi badan.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menegaskan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan pentingnya kebutuhan gizi yang mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan. Terkait stunting, bupati juga menghimbau para ibu hamil untuk mengikuti semua aturan terutama asupan ragam gizi seimbang dan menghindari stress untuk psikologi.

"Pencegahan stunting yang kita usung sebagai tema dalam Peringatan Hari Gizi Nasional ke-58 kali ini, kita harapkan dapat menjadi perhatian khususnya bagi para ibu hamil agar selalu memperhatikan asupan gizi dan menghindari stress. Dukungan keluarga akan sangat berdampak pada tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu," imbuh Wakil Bupati Bantul.

Ada tiga langkah sederhana untuk mencegah stunting pada anak. Yang pertama adalah memperhatikan asupan gizi yang cukup dan baik untuk ibu hamil dan menyusui. Selanjutnya memberikan nutrisi yang baik pada anak dan juga tetap memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan. Membiasakan pola hidup yang sehat seperti yang terkecil misalnya saja mencuci tangan pakai sabun. Senantiasa membersihkan lingkungan dan menjaga sanitasi selalu bersih.

Selama kegiatan berlangsung Ps Panit Binmas Polsek Imogiri Ipda Suswanto bersama anggota lainya melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Imogiri)

Giat Rutin Pembinaan Rohani Personil Polsek Banguntapan

Selasa, 30 Januari 2018 mulai pukul 08.20 Wib setelah apel pagi dilaksanakan giat pembinaan rohani personil Polsek Banguntapan diaula Polsek Banguntapan. Giat diikuti personil baik yang piket staf dan yang tidak dalam sedang pelayanan masyarakat. Kapolsek banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH ikut bergabung bersama anggota memngikuti giat tersebut diatas.

Kanit Binmas AKP H. Subardi, SH memimpin giat pembinaan rohani dengan diawali pembacaan yasin dan tahlil untuk mendoakan baik orang tua yang sudah meninggal maupun umat muslim muslimat semua. Dan terelbih untuk kita semua personil Polsek banguntapan sempga selalu diberikan kesehatan, kemudahan dan keselamatan dalam menjalankan tugas Kepolisian serta mampu memebrikan pelayana prima pada masyarakat dan diterima baik oleh masyarakat.

Setelah selesai acara selanjutnya sharing anggota baik dalam hal pekerjaan, pribadi maupun keluarga. Hal tersebut juga sebagai kontrol anggota baiak dalam kedinasan maupun dalam kehidupan keluarag bermasyarakat. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Penilaian Dan Evalausi Lomba Kebersihan Desa Tingkat Kecamatan Banguntapan.

Senin, 29 Januari 2018 mulai pukul 09.00 wib di wilayah kecamatan Banguntapan berlangsung penilaian dan evalausi lomba kebersihan desa tingkat Kecamatan Banguntapan.

Lomba kebersihan desa agar tercapai kebiasaan perilaku hidup sehat di kalangan masyarakat kecamatan Banguntapan. Adapun tim juri terdiri dari instansi muspika (Polsek, Koramil, UPTD, Puskesmas dan KUA). Kapolsek banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH bersama Danramil Banguntapan Kapten Haryono ikut bergabung dalam giat penialain lomba kebersihan.

Wilayah kecamatan terdiri dari 8 desa, dan untuk memudahkan dan efisiensi waktu tim juri terbagi dua kelompok, kelompok utara dan kelompok selatan. Kelompok Selatan terdiri dari desa Potorono, Jambidan, Tamanan dan Wirokerten. Kelompok Utara terdiri dari Singosaren, Jagalan, Banguntapan dan Baturetno.

Tiap desa mengajukan perwakilan dari pedukuhan sebagai perwakilan untuk penilaian lomba kebersiahan, mulai dari rumah sehat, pengelolan sampah organik dan non organik, lingkungan sehat, kampung ramah anak dll.

Dan dari tim juri sudah menentukan beberapa indikator penilaian lomba kebersihan diantaranya :
1. Kebersihan umum (jalan-jalan utama desa)
2. Kebersiahan kantor/Instansi/Dinas.
3. Kebersihan lingkungan pekarangan kantor.
4. Kebersihan pekarangan warga.
5. Pemilahan sampah di perkantoran.
6. Pemilahan sampah secara skala individu.
7. Kerindangan / penghijauan lingkungan.
8. Kerindangan / penghijauan rumah tangga.
9. Kebersihan sungai / saluran air terbuka
10. Keindahan lingkungan kantor/Institusi/dinas.
11. Keindnahan lingkungan warga.
12. Rumah pilah sampah dusun.
13. Rumah pilah sampah desa.

Bhabinkamtibmas desa binaan masing-masing mendampingi Kepala desa beserta tim penggerak PKK desa dan kepala dukuh dalam menyambut dan mendampingi tim juri penilaian lomba kebersiahan. Setelah penilain lanjut evaluasi dari tim juri pada perwakilan desa. Dan nantinya desa yang terpilih akan maju sebagai perwakilan untuk penilaian lomba kebersihan tingkat Kabutapan, bersaing dengan 17 Desa dari masing-masing perwakilan kecamatan. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Penilaian Lomba Kebersihan Di Dusun Jodog

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Aiptu H Sugi mendampingi tim penilaian lomba kebersihan tingkat Kecamatan Pandak tahun 2018 di Balai Desa Gilangharjo dan dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Selasa (29/01/2018) jam 09.00 Wib.

Dalam pelaksanaan lomba Kebersihan tingkat kecamatan Pandak di Dusun Jodog ini dinilai oleh tim 2 yang terdiri dari ketua tim Camat Pandak diwakili Kasipem Watiman dengan anggota Kanit Provost Polsek Pandak Ipda Parmanta,Koramil Pandak Sertu Basudi,KUA Pandak Aris Samsugito,Puskesmas Pandak 1 Ristanti Apriani,Upt Kecamatan Pandak Eni Purwanti M.,Pd, Staf Kecamatan Pandak Kardi, PKK kecamatan Pandak Sutinarsih.

Tim penialaianm dari Kecamatan Pandak ini Disambut Oleh Lurah Desa GilangHarjo Drs Supardiono dan Anggota DPRD Kabupaaten Bantul Eko Sutrisno. Dalam Kegiatan tersebut “Diharapkan Desa yang sudah bersih agar selalu menjaga kebersihannya jangan karena mau ada penilaian lomba kebersihan saja dibersihkannya”. Tutur Drs Supardiono.

Tim disambut sangat meriah oleh warga Dusun jodog yang berharap agar dusun jodog ini dapat menjadi  pemenang dalam lomba kebersihan tingkat kecamatan Pandak ini supaya dapat mewakili kecamatan Pandak dalam Lomba kebersihan desa tingkat kabupaten nantinya.
Kegitan penilaian lomba kebersihan berlangsung dengan lancar. Camat pandak Yang diwakili Kasipem Watiman menyampaikan trimakasih kepada warga dusunn jodog yang telah bergotongroyong untuk membersihkan lingkungannya, tetap jaga kebersihan lingkungannya karena dengan kebersihan kita akan terhindar dari berbagai penyakit. (Sihumas Polsek Pandak)

Kapolres Bantul Sidak Ke Polsek Kretek

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK,MH didampingi Kabag Ops Kompol Jan Benjamin S.Sos, MSc sidak ke Polsek Kretek diterima langsung oleh Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak. Selasa (30/1/2018) pukul 17.00 wib.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan mako maupun personel dalam pelaksanaan tugas. Selain itu, dalam kunjungan pertamanya di Polsek Kretek setelah menjabat sebagai Kapolres Bantul juga dalam rangka pengecekan perkembangan kasus percobaan pembunuhan dengan berencana yang terjadi di Wilayah Hukum Polsek Kretek.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bantul mendapat penjelasan tentang kronologis kejadian serta kronologis penangkapan tersangka yang sempat melarikan diri dan berhasil ditangkap oleh Panit Serse Polsek Kretek Iptu Jumadi SH, setelah mendapat penjelasan tentang kronologis kejadian tersebut Kapolres Bantul menemui kedua tersangka yang berada di dalam rumah tahanan Mapolsek Kretek untuk mengintrogasi terduga kedua pelaku.

Lebih lanjut Kapolres Bantul berpesan kepada seluruh personil Polsek Kretek khususnya tugas  penjagaan agar lebih meningkatkan kinerjanya. Terlebih saat ini ada tahanan, agar lebih hati-hati dan sering diadakan pengecekan, atur istirahatnya sehingga tetap ada yang siaga, jangan menerima dan atau mengijinkan sembarang tamu yang akan besuk tahanan, pungkasnya. (Sihumas Polsek Kretek).

Penilaian Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Pandak Di Dusun Kuroboyo

Bhabinkamtibmas Desa caturharjo Aiptu Agus Nugroho mendampingi tim 1 penilaian lomba kebersihan tingkat Kecamatan Pandak tahun 2018 di Balai Desa Caturharjo dan di dusun kuroboyo Caturharjo, Pandak, Bantul. Selasa (29/01/2018) jam 09.00 Wib

Dalam pelaksanaan lomba Kebersihan tingkat kecamatan Pandak di Dusun Kuroboyo ini dinilai oleh tim 1 yang terdiri dari Sekcam Pandak Tatik Windarti S.Sos.,M.S.E, Kanit Binmas Polsek Pandak Subiantoro,Koramil Pandak Serma Sumarjono,KUA Pandak Subandi,Puskesmas Pandak 2 Joko Wuryanto A.Md.Kl,Upt Kecamatan Pandak M ali Suriansah M.,Pd, Staf Kecamatan Pandak Kasirah, PKK kecamatan Pandak Bibit Nur Kasiati.

Dalam penilaian kebersihan tingkat kecamatan Pandak ini ada beberapa indicator yaitu kebersihan Umum, Kebersihan lingkungan Pekarangan, Pemilahan sampah, penghijauan lingkungan, kebersihan sungai, keindangan lingkungan, dan Rumah pilah sampah.

Tim disambut langsung oleh Lurah desa caturharjo H. Budi Aryanto BA yang mengucapkan selamat datang di dusun Kuroboyo, caturharjo, Pandak, Bantul. Semoga Dusun Kuroboyo ini bisa menjadi Dusun yang palingt bersih dari Dusun lain yang mengikuti lomba kebersihan tingkat Kecamatan pandak dan bisa keluar menjadi pemenangnya.

Setelah tim mendapat sambutan oleh lurah Desa Caturharjo Tim Penilaian langsung Berkeliling untuk menilai kebersihan di lingkungan dusun Kuroboyo yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho dan ketua Rt setempat. Setelah Tim berkeliling memberikan penilaian tim yang di pimpin oleh sekcam Pandak ini lalu memberikan evaluasi dan acara di tutup dengan doa Bersama. (Sihumas Polsek Pandak)  

Rakor Apat Forum Kerukunan Umat Beragama Di Pendopo Kecamatan Kretek

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak menghadiri rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) di pendopo Kecamatan Kretek, Bantul. Selasa (30/1/2018) pukul 09.00 wib.

Rakor dihadiri oleh Sekcam Kretek Sujarwanto, Danramil Kapten Inf Wardani, Lurah desa se kecamatan Kretek, kepala puskesmas dr Yuni  Astuti, Kepala KUA Drs. Suryadi beserta sekira 50 orang anggota FKUB.

Ketua FKUB Kec. Kretek H. Suhardi M. Pd dalam sambutannya memberikan himbauan kepada pemuka agama dan anggota FKUB untuk memberikan pengertian kepada umatnya masing-masing dalam menghadapi pilkada nantinya agar kita bisa saling menjaga kerukunan antar umat beragama untuk tidak mencampur adukkan agama dengan politik.

Semoga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam pilkada nanti, maka dari itu mari kita jaga kerukunan antar umat beragama dengan memberikan pengetahuan pada masing-masing penganut agama, tutupnya.

Sedangkan Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak dalam sambutannya berharap agar mempertahankan kerukunan umat beragama seperti halnya pada waktu perayaan hari Natal kemarin, saya sangat bangga dengan adanya kerukunan antar umat beragama di wilayah Kec. Kretek ini,untuk itu mari kita selalu jalani menjaga dan melestarikan kerukunan ini.

Diakhir sambutannya Kompol Leo Fasak berpesan, permasalahan sekecil apapun yang terjadi dilingkungan tempat tinggal masing masing  agar segera memberi tahukan kepada petugas ataupun Bhabinkamtibmas untuk ditindaklanjuti, sehingga permasalahan tersebut tidak melebar, terlebih permasalahan atau gesekkan tentang agama, pungkasnya. (Sihumas Polsek Kretek)

30 January 2018

Ini Motif Kedua Pelaku Buang Wanita Muda di Jembatan Kretek

Ini Motif Kedua Pelaku Buang Wanita Muda di Jembatan Kretek
Waka Polres Bantul Kompol Mariska FS SH SIKPetugas gabungan Sat Reskrim Polres Bantul dan Polsek Kretek berhasil mengamankan dua pelaku percobaan pembunuhan terhadap wanita muda berinisial SK (20) warga Dusun Gatak Desa Jotangan Bayat Klaten Jawa Tengah, yang masih tercatat sebagai mahasiswi semester V UNS.

Dua pelaku masing-masing berinisial AS (20) warga Pandanrejo Banyuripan Bayat Klaten dan YR (20) warga Mejan Bayat Klaten, diamankan petugas di Ajibarang Banyumas Jawa Tengah saat hendak kabur ke Jakarta.

Korban yang dalam keadaan hamil 30 minggu itu pada Senin (29/1/2018) dini hari sekira pukul 02.00 ditemukan tersangkut di tiang Jembatan Kretek Bantul. Sebelumnya kedua pelaku berencana menghabisi nyawa korban dengan cara membuangnya dari Jembatan Kretek ke Sungai Opak.

“Motifnya diduga karena salah satu pelaku, yakni AS yang merupakan pacar korban tidak mau bertanggung jawab atas kehamilan korban, menurut pengakuannya, ia belum siap untuk berumah tangga,” jelas Waka Polres Bantul Kompol Mariska FS SH SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Anggaito Hadi Prabowo SH SIK dan Kasubbag Humas AKP Sulistiyaningsih saat konferensi pers bersama wartawan di lobi Mapolres Bantul, Selasa (30/1/2018).

Diungkapkan, selama ini AS mengaku menjalani hari-hari sebagai mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai guru agama di sebuah sekolah dasar di Klaten. Diketahui, ia berkali-kali mencoba membujuk korban untuk menggugurkan kandungannya.

“Sebelumnya pelaku AS sempat mencoba untuk menggugurkan kandungan korban sebanyak empat kali, namun selalu gagal,” jelasnya.

Dijelaskan, dihari kejadian, oleh kedua pelaku korban diajak jalan-jalan ke Parangtritis. Pelaku AS dan YR berboncengan dengan sepeda motor Suzuki Satria FU nopol AD 5348 GQ, sementara korban berkendara sendiri menggunakan sepeda motor Honda Supra nopol AD 3389 ES.

Dalam perjalanan kebetulan hujan turun,  sehingga mereka berteduh di Jembatan Kretek. Saat berteduh, korban dan para pelaku sempat mengobrol. Kemudian tiba-tiba saja kedua pelaku mendorong korban ke sungai dari atas jembatan. Saat didorong, korban sempat berpeganganan dan memeluk erat besi pembatas jembatan sambil meminta ampun. Namun kedua pelaku malah menendangi korban, sehingga pegangannya terlepas dan akhirnya korban terjatuh ke sungai.

Kedua pelaku kemudian membuang sepeda motor milik korban di utara jembatan dengan tujuan kejadian tersebut merupakan peristiwa kecelakaan lalu lintas. Keduanya lantas kabur dengan membawa tas korban yang berisi handphone, charger, powerbank serta dompet berisi uang dan surat-surat berharga milik korban.

Sementara itu korban yang saat terjatuh masih mengenakan helm, berhasil selamat karena berpegangan bambu yang tersangkut tiang jembatan sisi utara. Ia kemudian berteriak meminta pertolongan warga.

Peristiwa tersebut pertama kali diketahui saksi Widodo (42) warga Tobayan Tirtosari, Kecamatan Kretek yang melintas di Jembatan Kretek. Pagi itu saksi terkejut setelah mendengar jeritan  perempuan minta tolong dari bawah jembatan. Merasa curiga, saksi mencari sumber suara. Setelah menengok  ke bawah jembatan, saksi terkejut lantaran melihat seorang perempuan dibawah Jembatan Kretek dalam posisi menggigil.

Ia kemudian memberitahu warga perihal apa yang dilihatnya  tersebut. Dan tak lama kemudian Petugas kepolisan dari Polsek Kretek yang mendapat laporan tiba di lokasi dan langsung melakukan evakuasi bersama Tim Dayung Bantul. Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Kretek untuk diberikan pertolongan.

Dalam kasus tersebut, petugas kepolisian menyita beberapa barang bukti diantaranya sepeda motor Suzuki Satria FU nopol AD 5348 GQ, sepeda motor Honda Supra nopol AD 3389 ES, handphone Xiomi Redmi 4X warna gold, headset, charger, powerbank dan uang sebesar Rp 250 ribu.

“Kedua pelaku kami di jerat dengan tindak pidana percobaan pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud dalam Pasal  340 KUHP Jo Pasal 53 KUHP, atau tindak pidana percobaan pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 338 KUHP Jo pasal 53 KUHP atau Pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud  dalam Pasal 365 KUHP,” pungkas Waka Polres Bantul. (Humas Polres Bantul)

Cuaca Ekstrim, Kanit Sabhara Polsek Pajangan Pangkasi Ranting Pohon Yang Rindang

Kanit Sabhara Polsek Pajangan Iptu Sarjiman beserta anggota dibantu warga memangkasi ranting pohon di jalan utama dusun Beji Wetan Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (29-1-2018) pukul 10.45 Wib.

“Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem, kita lakukan pemangkasan ranting-ranting pohon yang berpotensi tumbang, dan membahayakan pengguna jalan,” jelas Kanit Sabhara

Meski hanya dengan menggunakan sebuah gergaji mesin dan alat seadanya, Petugas tetap bekerja keras memangkas ranting-ranting pohon jati dan Mahoni yang berpotensi membahayakan.

Petugas juga terpaksa menutup setengah badan jalan, agar tidak membahayakan pengguna jalan saat dilakukan pemangkasan. (Sihumas Polsek Panjangan)

Delapan Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Diamankan Sat Resnarkoba Polres Bantul

Sat Resnarkoba Polres Bantul berhasil membekuk tersangka penyalahgunaan Narkoba berinisial EW  (24) warga Kwaron  Ngestiharjo Kasihan Bantul. EW ditangkap petugasnya dirumahnya pada Kamis (25/1/2018) lalu.

“Dari tangan tersangka EW, petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 3.290 tablet Trihexyphenidyl 2mg, satu unit handphone dan uang tunai sebesar Rp 400 ribu,” jelas Kasat Narkoba AKP Andhyka Donny H SH SIK didampingi Kasubbag Humas Sulistiyaningsih, saat memberikan keterangan dalam konferensi pers bersama wartawan di lobi Mapolres Bantul, Selasa (30/1/2018).

“Perannya sebagai pengedar, dan yang bersangkutan  kami jerat dengan Pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah),” jelasnya.

Ditambahkan, selain menangkap EW, Sat Resnarkoba juga mengamankan tujuh tersangka penyalahgunaan Narkoba lainnya selama kurun waktu satu bulan terakhir.

“Jadi selama kurun waktu satu bulan terakhir, Sat Resnarkoba Polres Bantul, telah berhasil mengamankan total delapan tersangka kasus penyalahgunaan Narkoba. Dengan total barang bukti obat Trihexyphenidyl sebanyak 3.511tablet, tembakau gorilla seberat 0,43 gram dan dua plastik sisa shabu,” tambahnya.

Selain EW, para tersangka yang diamankan petugas antara lain ND, AW, NW, HS, DN, WY dan DA.

“Untuk dua tersangka statusnya masih dibawah umur sehingga tidak kami tahan, namun kasusnya tetap lanjut,” imbuhnya.

Selain dijerat pasal Pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, para tersangka juga dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) dan atau Pasal 127 ayat (1) huruf a Jo Pasal 54 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (Humas Polres Bantul)

Razia Kendaraan Bermotor Di Jalan Parangtritis, Polsek Kretek Tilang 11 Pelanggar

Panit Lalu lintas Iptu Tujiyanto bersama personil Polsek Kretek melaksanakan razia kendaraan bermotor di jalan Parangtritis simpang tiga jembatan, Kretek, Bantul, Selasa (30/01/2018) pukul 06.30 wib.

Panit lalulintas mengatakan, razia kendaraan bermotor kasat mata ini dilaksanakan mengingat masih adanya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm beserta kelengkapan sepeda motor lainnya.

Oleh karena operasi pelanggaran kasat mata ini secara rutin akan terus dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat sadar meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan dalam berlalulintas, sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai kebutuhan pokok dalam berlalu lintas.

Petugas kali ini sudah tidak memberikan toleransi lagi terhadap pelanggar, meskipun kita sudah saling kenal tetap kita tindak, tegasnya.

Dalam razia tersebut petugas telah menindak 11 pelanggar dengan menyita barang bukti berupa 5 STNK, 1 SIM dan 1 Ranmor roda dua serta 4  E tilang. (Sihumas Polsek Kretek)