28 February 2018

Satresnarkoba Polres Bantul Berikan Binluh Narkoba Kepala Sekolah se Kabupaten Bantul

Satresnarkoba Polres Bantul melakukan  Pembinaan & Penyuluhan Narkoba  bertempat di SMPN 1 Bantul, Rabu (28/2/2018).

Binluh dikuti Kepala sekolah SMP se Kabuapten Bantul, Kepala Sekolah SD ke Kabupaten Bantul berjumlah kurang lebih 400 orang.

Bertindak sebagai narasumber adalah Bripka Sujono Wibowo, SH dan Bripka Nur Budi Prasetyo, S.Psi.

Dalam kesempatan tersebut narasumber mengajak peran serta para guru untuk bersama-sama mencegah penyalahgunaan Narkoba dikalangan pelajar di Kabupaten Bantul.

Bahaya narkoba bagi para pecandu dan kalangan muda pelajar generasi penerus bangsa adalah banyak dan bila tidak segera dihentikan kebiasaan mengkonsumsi narkoba maka hal ini akan memperburuk derajat kesehatan penggunanya itu sendiri secara pelan-pelan tetapi pasti.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih.

Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja.

“Kalau diambil rata- ratakan usia sasaran pengguna narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja,” Bripka Sujono Wibowo, SH. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Kasihan Ingatkan Anggota Jaga Kekompakan

Seperti biasanya anggota Polsek Kasihan rutin melaksanakan apel pagi setelah melaksanakan pos pagi,  Rabu (28/2/2018) pukul 08.30 WIB. Apel dipimpin langsung oleh Kapolsek Kasihan Kompol Supardi di hamanan Mako Polsek sebelah timur, Jalan Bibis 10, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

Adapun kegiatan apel pagi ini merupakan kewajiban dan rutin dilaksanakan oleh setiap anggota Polri. Dalam pelaksanaan apel ini tidak hanya arahan dari pimpinan saja yang disampaikan juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap anggota Polri.

Kapolsek Kasihan Kompol Supardi menegaskan kepada seluruh anggota tentang pentingnya apel pagi. Selain untuk mengecek kehadiran personel bertujuan mengetahui kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan baik.

“Agar anggota selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan keselamatan selalu menjaga kekompakan, saling mengingatkan dan berdoa semoga diberi rahmat hidayah senantiasa dilindungi oleh Allah Subhanahu wata’ala,” tutur Kapolsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

SMP Negeri 2 Sanden Gelar Achievement Motivation Training

SMP Negeri 2 Sanden menyelenggarakan Achievement Motivation Training (AMT) kepada siswa-siswinya kelas IX, Rabu (28/02/2018) pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya membangun kepercayaan diri dan memberikan pembekalan siswa kelas IX untuk menghadapai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional (UNAS) tahun 2018.

AMT diberikan oleh Teguh Hermawanto Manager PMJ Training Center dan
dihadiri Dewan Sekolah Djubarso, B.Sc, Kepala Sekolah Mujiono, S.Pd bersama guru, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden Aiptu Taryadi dan seluruh siswa-siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sanden sebanyak 240 anak beserta orangtua masing-masing siswa.

Kapolsek Sanden melalui Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesan-pesan kepada para siswa tentang kenakalan remaja dan tertib berlalu-lintas.

"Patuhi semua aturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah, jangan sampai melakukan tindak kriminalitas. Hiduplah dengan damai dengan sesama teman dan terus semangat belajar," pesan Aiptu Taryadi.

Lebih lanjut Aiptu Taryadi berpesan agar para siswa tidak mengendarai sepeda motor sendiri baik saat berangkat sekolah mauapun di rumah. Hal ini karrna anak SMP belum mempunyai SIM dan sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan oranglain. Lebih baik diantar keluarganya atau naik sepeda sekaligus berolahraga, harapnya. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Pundong Dikunjungi Tim Supervisi Polres Bantul

Polsek Pundong mendapat kunjungan dari Tim Supervisi Siwas dan Sium dari Polres Bantul, Rabu 28 Feb 2018 pukul 10.00 WIB. Tim terdiri dari Kasiwas Polres Bantul Iptu Murtiningsih bersama Kasium Ipda Sumarjono, Bripka Tugiyono dan satu anggota Siwas.

Dalam kesempatan ini, Kasium Ipda Sumarjono menjelaskan tentang Perkap no 7 tentang jukminu, ukuran Tribrata, KKA kode klasifikasi arsip, termasuk ditekankan simbol sampul depan dengan menggunakan Tribrata.

Tentang kaitan surat menyurat, terutama scan tanda tangan pimpinan harus sepengetahuan pimpinan, tetap dengan melampirkan tanda tangan yang asli. Kemudian Surat yang naik tetap ada paraf konseptor, paraf Kanit, paraf Kasium. Sementara untuk surat yang ditantangani atas nama Kapolsek, maka harus mencantumkan fungsinya.

Sementara itu, Kasiwas Iptu Murtiningsih selanjutnya langsung mengadakan pengecekan administrasi ke masing-masing fungsi.

Terakhir ia berpesan agar menyiapkan Rengiat dan Hasil Giat, quick win, penyerapan anggaran agar disesuaikan dengan Sium supaya sinkron. (Humas Polsek Pundong)

Kapolsek Pandak Hadiri Rakor Dan Sosialisasi Persiapan Kegiatan Program Pawiyatan Kebudayaan Jawa

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud menghadiri rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan kegiatan program pawiyatan kebudayaan jawa di pendopo Pangrawiting Aji rumah bapak Drs. Pardiono dusun Jodog Gilangharjo Pandak Bantul, Rabu (28/2/2018) jam 10.00 Wib

Hadir juga dalam acara ini Anggota DPRD Kab. Bantul dari Fraksi PPP Eko Sutrisno Aji, Camat Pandak di wakili Sukardi, Danramil Pandak diwakili Pelda Kasimin, Kasi bahasa dinas kebudayaan Prop DIY Yustiananta, Kabid sejarah dan sastra dinas kebudayaan Kab. Bantul Dahroni, Lurah Desa Gilangharjo Drs. Pardiono, Babhinkamtibmas desa Gilangharjo Aiptu Sugi,  dukuh Jodog, guru  dan pendamping.

Dalam sambutan Lurah Desa Gilangharjo mengatakan Gilangharjo pada tahun 2017 ditunjuk sebagai desa budaya, maka dari itu kami selalu mengedepankan pembangunan masalah budaya dan berusaha selalu melestarikan budaya jawa. Dengan adanya kegiatan ini  akan menjadikan pendukung untuk selalu melestarikan budaya jawa kepada generasi penerus kita.

Dari dinas Kebudayaan propinsi Menerangkan salah satu program kegiatan dari dinas propinsi DIY adalah mengalakan menulis dan membaca bahasa serta sastra jawa kepada siswa sekolah, agar dapat ikut serta dalam melestarikan budaya jawa.

Dan program ini akan dilakukan diwilayah gilangharjo ini selama 7 bulan dimulain bulan Maret 2018, jelas Yusiananta. (Sihumas Polsek Pandak)

Anak Anak Paud Chipmunk Pringgolyan Kunjungi Mapolsek Banguntapan

Polsek Banguntapan menerima kunjungan anak-anak TK / Paud ChipMunk Ppringgolyan Banguntapan Bantul, Rabu, 28 Februari 2018 pukul 08.45 wib. Kedatangan anak-anak TK disambut langsung oleh panit Binmas Aiptu Subandi bersama panit lantas Aiptu Suryadi, SH dan Kasihumas Aiptu Woro Arini Dewi.

Kunjungan anak-anak TK dalam rangka program outbond sekolah dengan tema pengenalan profesi dan pembelajaran tertib berlalu lintas demi keselamatan, dan keamanan bersama. Kegiatan ini berlangsung bekat adanya kerjasama antara Polsek dan pihak TK / Paud ChipMunk Ppringgolyan terkait pembinaan pada anak-anak, jelas Kapolsek Kompol Suhadi, SH., MH.

Dalam kunjungan tersebut anak-anak diperkenalkan dengan kendaraan dinas untuk patroli menjaga keamanan lingkungan dan kamtibmas, baik mobil patroli dan sepeda motor buat patroli. Kemudian ditunjukkan juga mobil lalu lintas untuk membantu/menolong apabila ada kecelakaan dijalan.

Selanjutnya anak-anak dan wali murid juga dijelaskan tugas-tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik menerima pengaduan, pelayanan surat kehilangan, penerbitan SKCK, penanganana perkara kriminalitas, bagian pembinaan ke masyarakat, Administrasi perkantoran dan bagian publikasi dan penerangan masyarakat.

Dengan seksama anak-anak dan wali murid serta guru mengikuti kegiatan outbond dan menyimak apa yang disampaikan oleh petugas / pengasuh. Suasana penuh kegembiraan dengan bernyanyi serta saling tanya jawab anak-anak dengan petugas. Anak-anak dengan semangat dan antusias ingin lebih dekat dengan petugas, bahkan tidak ada rasa takut dari diri anak-anak kepada petugas Polsek Banguntapan. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Kunjungan Kerja Kapolres Bantul Di Polsek Banguntapan

Untuk meningkatkan pelayanan polisi yang lebih profesional kepada masyarakat, Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan S.I.K M. H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Bantul beserta rombongan pejabat utama Polres Bantul dan pengurus Bhayangkari melaksanakan kunjungan kerja ke Polsek Banguntapan, Senin (19/02/2018)  jam 12.00 Wib.

Kunjungan kerja ini merupakan rangkaian dari program kerja Kapolres Bantul dengan tujuan untuk mengetahui keadaan dan kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas pelayanan masyarakat di wilayah Polsek Banguntapan.

Dalam laporanya Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi,  SH, MH melaporkan situasi wilayah hukum Polsek Banguntapan, jumlah personil, keberhasilan kinerja, aksi sosial, kegiatan baik internal maupun ke masyarakat. Beliau juga menyampaikan upaya upayanya dalam menjaga situasi kamtibmas adem ayem dan tidak lupa hambatan kinerja dengan keterbatasan jumlah personilnya.

Dalam mengantisipasi aksi jalanan pada malam hari, Kapolsek membentuk tim opsnal bayangan yang terdiri dari anggota Binmas. Tim tersebut mobiling antisipasi gangguan kamtibmas terutama malam hari, dan stanby diwilayah yang rawan (jl wonosari,  Ngipik-pleret, Wiyoro, Jl. Imogiri timur).

Dalam arahanya, Kapolres Bantul menekankan kebijakan pimpinan Polri agar selalu meningkatkan Soliditas dan Sinergitas Polri dengan TNI, Instansi terkait dan masyarakat untuk menghadapi tantangan tugas masa depan yang semakin berat. Ditekankan juga agar seluruh anggota Polsek Banguntapan bisa melaksanakan tugas dengan penuh rasa iklas dan penuh rasa tanggungjawab, sehingga kondusifitas kamtibmas di wilayah Polsek akan terus terjaga.

Khusus kepada anggota, Kapolres berharap untuk senantiasa menjalin silahturohim dengan masyarakat, tomas toga, tingkatkan tugas-tugas Bhabinkamtibmas di desa sampai Kelurahan dengan memantau situasi perkembangan terkini di lingkungan masyarakat, utamakan keselamatan saat melaksanakan tugas di lapangan.

Program Kapolri tentang Promoter agar dilaksanakan dengan serius dan menjadikan prioritas dalam pelaksanaannya. Kapolres juga menekankan agar setiap permasalahan yang muncul dimasyarakat agar segera dapat dilakukan upaya penanganan dini agar tidak menjadi besar dan melebar.

Laksanakan razia, patroli rutin pada jam jam rawan dan lakukan pembinaan kepada warga masyarakat agar situasi Kamtibmas tetap kondusif dan terkendali, sehingga hal yang menjadi penyakit masyarakat seperti pencurian, perjudian, kemaksiatan dan peredaran narkoba dapat diminimalisir,” tegas Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Bantul bersama pengurus Bhayangkari melakukan tatap muka dengan anggota Bhayangkari Ranting Banguntapan. Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui peran dari kinerja Ranting Bhayangkari dari dekat, sehingga diharapkan dengan dilakukan pertemuan tersebut dapat mengetahui kendala yang dihadapi serta dicari solusi yang terbaik. (Sihumas Polres Banguntapan)

Pembekalan Kepada Siswa Diktuk Bintara Polri Di SPN Selopamioro Oleh Kapolda DIY

Selamat siang komandan, mohon ijin dilaporkan Pada hari selasa tgl 27 Februari 2018 mulai pukul 08.00 wib kapolda DIY Brigjend Pol Drs. Ahmaddofiri Msi memberikan pembekalan kepada para siswa diktuk bintara polri TA 2017 di SPN Polda DIY  Selopamioro.

Kegiatan pembekalan tersebut diikuti oleh seluruh siswa Diktuk Bintara Polri yang mengikuti pendidikan di SPN selopamioro sebanyak 197 siswa dihadiri oleh Kepala SPN Selopamioro AKBP Imamkabut Sariadi, SIK dan jajaran tenaga pendidik di SPN Selopamioro.

Kapolda mengharapkan, selama mengikuti pendidikan, siswa telah dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan teknis dan taktis kepolisian yang memadai. Hal ini harus digunakan dengan baik dalam melaksanakan berbagai tugas di lapangan. Kalian akan berdiri di jajaran terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kehadiran kalian akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan,’ tegasnya.

Kegiatan pembekalan siswa Diktuk Bintara Polri TA 2017 di SPN Selopamioro oleh Kapolda DIY  berakhir pada pukul 09.30 wib, selama kegiatan berjalan dengan lancar. (Sihumas Polsek Imogiri)

Alami Sesak Nafas, Wanita Paruh Baya Meninggal di Kamar Kosnya

Seorang perempan paruh baya ditemukan tak bernyawa di dalam kamar kosnya wilayah Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretak, Minggu (25/02/2018) pagi. Korban diketahui bernama Sulastri (56), warga Desa Mukti Harjo, Kecamatan Pendurungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kapolsek Kretek, Kompol Leo Pasak menjelaskan, korban ditemukan meninggal dunia oleh rekannya bernama Tini sekitar pukul 06.30 WIB. Dari keterangan saksi, korban sebelumnya mengeluh sakit nafas dan sempat teriak-teriak meminta bantuan untuk mengambilkan obat nafas.

Sekitar 15 menit setelah minum obat, korban malah mengerang kesakitan. Dari mulut korban mengeluarkan busa. “Oleh saksi korban mau di bawa ke Rumah Sakit, tapi sebelum dibawa korban meninggal dunia,” ujar Kompol Leo Pasak.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolsek Kretek. Mendapat laporan, tersebut anggota Polsek Kretek bersama tim medis Puskesmas Kretek langsung mendatangi tempat kejadian untuk melakukan pemeriksaan dan identifikasi. Hasil dari identifikasi tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Diduga korban meninggal karena penyakit yang dideritanya.

“Suami korban bernama Bejo sudah dihubungi dan dalam perjalanan ke lokasi. Suaminya minta istrinya tidak diotopsi, jenasah rencana akan di bawa ke Semarang,” tandasnya. (Humas Polsek Kretek)



Aiptu Khorim Swasno Rutin Melaksanakan Pos Pagi

Sebelum apel, Aggota Polsek Dlingo Aiptu Khorim Swasno rutin melaksanakan pos pagi pengaturan Lalulintas di MTS Maarif Dlingo, Rabu, 28 Februari 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya wilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan. (Sihumas Polsek Dlingo)

Penyuluhan Bahaya Narkoba Di Balai Desa Argodadi Sedayu

Unit Binmas Polsek Sedayu melaksanakan penyuluhan bahaya narkoba di Balai Desa Argodadi Sedayu, Selasa, 27 Pebruari 2018 pukul 20.00 wib.

Penyuluhan bahaya Narkoba diikuti oleh sekitar 50 anggota Linmas Desa Argodadi, Kasi Pemerintahan Desa Argodadi Bapak Ridho dan Ketua Linmas Desa Argodadi Bapak Teguh. Adapun nara sumber yaitu Aiptu Alip dan Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi.

Dalam kegiatan tersebut Kasi Pemerintahan Desa Argodadi Bapak Ridho mengucapkan selamat datang kepada Anggota Polsek Sedayu dan seluruh linmas serta mengharapkan semoga pertemuan seperti ini bermanfaat .

Dalam sambutanya, Aiptu Alip Subana menyampaikan, mari kita jalin kerja sama  yang baik antara Linmas lan Bhabinkamtibmas serta Babinsa dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Argodadi.

Diharapkan Anggota linmas sebagai ujung tombak desa selalu mengawal kamtibmas dan dapat menjadi contoh tauladan warga dalam menjaga kamtibmas maupun tertib hukum.

Untuk itu dengan adanya binluh bahaya narkoba ini diharapkan para anggota Linmas dapat memahami dan mengetahui akibat penyalahgunaan narkoba serta menularkan wawasanya ke warga masyarakat sehingga desa argodadi dapat terbebas dari Narkoba.

Selanjutnya dalam penyuluhanya, Bhabinkamtibmas Argodadi menyampaikan materi tentang jenis jenis narkoba, akibat penyalahgunakan narkoba dan sangsi hukum bila menyalahgunakanya.

Bhabinkamtibmas juga mengharapkan kerjasama yang baik dalam. Rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. (Sihumas Polsek Sedayu)

Pengamanan Pengajian Akbar Milad Emas MTsN 3 Bantul

Panit Sabhara Polsek Imogiri Iptu Sarim dan Bhabinkamtibmas Desa Wukirsari Bripka Wahyu Apri Winarto menghadiri sekaligus mengamankan pengajian akbar Milad Emas MTsN 3 Bantul di MTsN Giriloyo Wukirsari Imogiri, Selasa (27/2/2018) pukul 21.00 WIB.

Pengajian akbar menghadirkan pembicara KH Mahyan Ahmad dari Pondok Pesantren Al Mansyur. Dalam ceramahnya, ia mengatakan pentingnya pendidikan anak sejak dini. Menurutnya, baik buruknya anak tidak terlepas dari peran orang tua maupun guru dalam memberikan pendidikan mupun  tauladan.

Namun yang paling berpengaruh adalah situasi lingkungan keluarga maupun tempat tinggalnya. Jadi peran orang tua lebih diutamakan dalam mendidik anak, jangan pendidikan anak di serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah,” ujarnya.

Kegiatan pengajian akbar ini dihadiri Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih serta Muspika  tokoh agama, pengasuh Ponpes Ar Roli, Murid MTsN 3 Bantul, Muris MTsN Giriloyo serta para guru dan wali murid. (Humas Polsek Imogiri)

Anggota Polsek Sanden Rutin Laksanakan Pos Pagi di SMA Negeri 1 Sanden

Anggota Polsek Sanden setiap pagi hari rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan di wilayah Kecamatan Sanden. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan rutin setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan kamtibselcar lantas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya yang sedang beraktifitas di jalan raya.

Tugas pos pagi dilaksanakan mulai jam 06.15 hingga 08.00 WIB sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik dengan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Hal ini seperti yang dilakukan Kanit Sabhara Polsek Sanden Aiptu Sumpana di depan SMA Negeri 1 Sanden. Dengan semangat memberikan pelayanan terbaik, Aiptu Sumpana membantu menyeberangkan anak-anak sekolah dan masyarakat yang mengantarkan anaknya ke sekokah maulun berkatifitas lainnya. (Sihumas Polsek Sanden)

Unit Binmas Polsek Sanden Laksanakan Penyuluhan Kepada Karang Taruna Dusun Peciro

Unit Binmas Polsek Sanden melaksanakan penyuluhan tentang Narkoba, Kenakalan Remaja, Radikalisme, Anti Pancasila dan Tertib berlalu lintas di rumah Bpk. Mujiran Dukuh 17 Peciro, Murtigading, Sanden, Selasa malam (27/02/2018) jam 20.00 WIB.

Penyuluhan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Ketua Karang Taruna Dusun Peciro dan perpisahan KKN mahasiswa STTNas. Kegiatan ini dihadiri Kanit Binmas Iptu Tri Haryana beserta seluruh anggota Bhabinkamtibmas, Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno, Kadus Peciro dan pemuda pemudi serta KKN mahasiswa STTNas.

Dalam kesempatannya, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana mengajak warga masyarakat termasuk karang taruna untuk meningkatkan kewaspadaan guna antisipasi dan persempit ruang gerak paham radikalisme di wilayah tempat tinggalnya serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Kanit Binmas berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan seperti ini masyarakat lebih peka mencegah terhadap masuknya paham paham radikal yang akan merusak persatuan dan kesatauan bangsa yang selama ini tetap terjaga khusus nya di wilayah Kecamatan Sanden.

"Mari kita tingkatkan persatuan dalam Kebhinekaan Bangsa Indonesia dan hidupkan kembali rasa toleransi antar umat beragama. Pendiri Bangsa Indonesia sudah memberikan pondasi yang kuat tentang Kebhinekaan di Indonesia sehingga kita wajib melanjutkan cita-cita pendiri bangsa untuk bersatu dalam keberagaman Bangsa Indonesia," ajak Iptu Tri Haryana.

Sedangkan Bripka Sulistriyanto, SH dalam kesempatannya menyampaikan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Hal ini perlu disampaikan agar masyarakat paham dan mengerti arti gerakan pengaturan lalu lintas yang oleh petugas di jalan raya supaya tidak terjadi salah penafsiran yang bisa berakibat fatal terjadinya kecelakaan. (Sihumas Polsek Sanden)

Polsek Piyungan Gelar Diskusi Penanggulangan Bencana Alam

Polsek Piyungan menggelar diskusi penanggulangan bencana alam bersama instansi terkait di aula Mapolsek Piyungan, Selasa (27/2/2018).

Selain Polsek Piyungan, acara diskusi ini diikuti oleh BPBD Bantul, Pemerintah Kecamatan Piyungan, Puskesmas Piyungan, relawan FPRB, RAPI serta anggota Karang Taruna.

Sementara pejabat yang hadir antara lain Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta, Camat Piyungan Drs Saroyo Heriyanto dan Ibu Sofie dari BPBD Bantul

Dalam sambutannya, Camat Piyungan Drs Saroyo Heriyanto menyampaikan bahwa 60% wilayah Kecamatan Piyungan merupakan pegunungan dimana dengan karakteristik tersebut terdapat dua rawan bencana yang khas. Yaitu, tanah longsor dan banjir pada musim hujan serta kebakaran lahan dan kekeringan pada musim kemarau.

Ia menyampaikan, relawan Kecamatan Piyungan termasuk yang paling aktif di Bantul. Sehingga pihak Pemda Bantul mengalokasikan ruangan tersendiri untuk sekretariat komunitas relawan harapannya untuk segera di optimalkan. (Humas Polsek Piyungan)

Aiptu Ginaryo Rajin Seberangkan Siswa MTs Ma’arif Dlingo

Personel Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Ginaryo di depan MTs Ma’arif Dlingo, Rabu (28/2/2018). Ia melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Dlingo)

Personel Polsek Dlingo Rutin Pos Pagi di Depan SD Negeri 2 Temuwuh

Personel Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Sukamto di depan SD Negeri 2 Temuwuh, Rabu (28/2/2018).  Ia melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Dlingo)

Seorang Kakek Ditemukan Mengapung di Anak Sungai Winongo

Sudiatmojo Alim, warga Dusun . Glondong RT 003 Tironitmolo Kasihan Bantul, ditemukan mengapung di anak sungai Winongo, Selasa (27/2/2018). Saat ditemukan kakek berusia 83 tahun ini, sudah dalam kondisi meninggal dunia.

KaSPKT Polsek Kasihan  Aiptu Yohanes Setiyono yang mendatangi lokasi setelah mendapat laporan menjelaskan, jenazah korban pertama kali ditemukan oleh saksi Nanda Aditya Saputra (13) sekitar pukul 16.25 WIB.

“Saat itu saksi melihat ada orang telungkup disungai dan sudah tidak bergerak,” kata Aiptu Yohanes Setiyono.

Selanjutnya, saksi melaporkan perihal yang dilihatnya hal tersebut kepada warga. Atas anjuran istri korban Ny. Suratinem (69), agar korban untuk diangkat dari sungai.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Inafis Sat Reskeim Polres Bantul dan dr Aji Bagus Widiyantara dari RS dr Sardjito diketahui tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban.

Namun terdapat luka di bagian kepala belakang korban yang diduga disebabkan benturan pada saat korban terjatuh ke sungai. Korban dinyatakan sudah meninggal dunia kurang lebih satu jam sebelum ditemukan karena kekurangan oksigen.

Dijelaskan Aiptu Yohanes Setiyono, sebelum ditemukan meninggal dunia di anak sungai Winongo, korban bersama istrinya sedang membersihkan halaman rumah milik tetangganya Almarhum H. Mujiyono. Saat membuang sampah yang lokasinya berada dipinggir anak sungai Winongo ini, diduga korban kemudian terjatuh.

Pihak keluarga korban menerima kejadian ini sebagai musibah. Untuk itu, oleh petugas Kepolisian, jenazah korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. (Humas Polsek Kasihan)


Sosialisasi Rencana Relokasi Pedagang Pantai Depok

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak didampingi Bhabinkamtibmas desa Parangtritis Aiptu Sukarso menghadiri sosialisasi rencana relokasi pedagang pantai Depok di balai desa Parangtritis. Selasa, (27/2/2018) pukul 09.00 wib.

Sosialisasi dihadiri oleh Kabid Sarpras & Perdagangan Kab. Bantul Yus Suwarno SI M.sc, Ka. dinas Pariwisata Kab. Bantul Wintarto Heru Prabowo, Dinas Pertanahan & Tata ruang Arya Nugrahadi SE, SatPol PP diwakili Sugeng purnomo, Muspika Kretek, Lurah parangtritis Topo dan sekira 80 tamu undangan dari pelaku usaha wisata Depok.

Lurah desa Parangtirits bapak Topo dalam sambutannya menyampaikan Puji Syukur kepada Tuhan YME, serta semoga dalam sosialisasi ini bisa berjalan baik sesuai apa yang telah diharapkan, dan tahapan apa saja yang akan dilaksanakan marilah kita laksanakan secara sering, karena warga kami juga mencari nafkah ditempat tersebut, karena relokasi ini pasti ada yang setuju dan ada yang tidak setuju.

Kepada warga masyarakat ini bukanya memutuskan mata pencarian, akan tetapi pemerintah telah menyikapi agar pendapatan warga masyarakat bisa lebih meningkat, tutupnya.

Adapun Arya Nugrahadi dari Dinas tata ruang dan pertanahan sebagai nara sumber ditugaskan oleh pemda untuk kemitraan dengan masyarakat.

Keberadaan kuliner Depok yang berawal dari prakarsa mandiri masyarakat yang sudah berjalan 20 th, pada saat ini kami mengajak untuk berdiskusi/koordinasi, semoga dengan diskusi ini kita mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

Penataan ini bertujuan untuk kemajuan ekonomi masyarakat, serta bisa menjadi daya tarik wisata dari pantai depok. Dengan adanya pembangunan JLS maka mari kita tata yang baik dengan cara diskusi.

Sedangkan Kabid sarpras & Perdagangan dalam sambutannya menyampaikan terkait dengan pelaksanaan ini kami dari dinas perdagangan telah ditunjuk sebagai moderatornya. Saya dibidang Sarpras yang melihat Parangtritis apabila pada musim liburan terdapat kemacetan sehingga terkesan semrawut. Oleh karena itu dengan adanya penataan ini diharapkan para wisatawan, pedagang maupun jasa parkir dapat tertata dengan baik.

Selain itu kami mengajak kepada usahawan agar bisa diajak kerjasama apabila setelah selesai relokasi ini bisa menjadi daya tarik wisata yang lebih disetiap tahunya, dan usahawan bisa mendapatkan hasil yang lebih dari penjualanya, pungkasnya.

Purwanto ST dari dinas Tata ruang dan Pertanahan Kab. Bantul dalam penjelasannya menyampaikan kewenanganya adalah tentang pertanahan yaitu terkait dengan tanah milik SG PAG & Tanah Pribadi.

Disini kami akan menampilkan denah lokasi yang akan digunakan untuk relokasi, sehingga tidak menganggu adanya suaka alam serta gumuk pasir yang harus dijaga.

Dipantai depok merupakan Zona penunjang peruntukan lainya untuk gumuk pasir yaitu kegiatan2 masyarakat yang boleh digunakan meliputi perdaganagan pariwisata hutan pantai perkantoran tanaman holtikultura.

Penataan ruang ini merupakan kewenangan Pemda. Bantul yang mana disini akan dibangun bangunan yang sesuai dengan sepadan pantai, dengan tujuan untuk melestarikan biota alam serta keselamatan alam dan warga masyarakat.

Ini semua telah ada peraturannya yang bertujuan untuk melestarikan alam serta untuk mensejahterakan warga masyarakat, tutupnya.

Sedangkan P.j Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Wintarto Heru Prabowo mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus kami sampaikan yaitu menata seluruh pedagang pantai Depok, yaitu pedagang bisa dan mau pindah sendiri tanpa harus dengan terpaksa.

Kepada pelaku usaha depok kami melaksanakan ini yaitu dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, dan untuk memajukan wisata di Parangtritis, selain itu kegiatan ini agar menjadikan pendapatan bagi anak cucu kita.

Kami tidak memaksakan kehendak warga Depok, akan tetapi pada saat ini silahkan memilih dengan hati nurani pembangunan ini. Apabila warga depok tidak setuju pembagunan ini, maka akan kami bangun di wilayah Sanden, tutupnya. (Sihumas Polsek Kretek)

Kerjasama Polri dan Kaum Rois Dalam Menciptakan Kamtibmas Sangat Dibutuhkan

Panit Bimas Polsek Bantul Iptu Subarata di dampingi Babinkamtibmas desa Palbapang Aipda Fitri Kusharyanto menghadiri undangan giat Pertemuan Rutin dan Pembinaan Kaum Rois Desa Palbapang di pedukuhan Peni, Palbapang, Bantul, Selasa 27/02/2018 Pukul 09.00 Wib.

Pertemuan dihadiri oleh H. Abdul Ghofur S. Ag dari KUA Bantul, Lurah Desa Palbapang bapak Sukirman, SH, Puskesmas Bantul 1 bapak Prasojo, 20 kaum rois se Desa Palbapang dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Lurah Desa Palbapang bapak Sukirman ,SH mengucapkan terimakasih atas kehadiran tamu undangan dalam acara pertemuan rutin kaum Rois Desa Palbapang. Semoga pertemuan ini dapat bermanfaat dan apa yang kita harapkan bersama dapat terwujud.

Dalam kesempatanya, Babinkamtibmas desa Palbapang Aipda Fitri mengucapkan terimakasih dan merupakan suatu kehormatan bagi kami anggota Polsek Bantul telah diundang dalam acara rutin pertemuan rois.

Bahwa Kaum Rois memiliki peran yang sangat strategis di tengah-tengah masyarakat. Peran Kaum Rois selalu dibutuhkan sebagai penengah ketika terjadi suatu permasalahan di dalam masyarakat itu sendiri. Untuk itu sinergitas Polri dengan Kaum Rois dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat sangat dibutuhkan.

Aipda Fitri juga menyampaikan beberapa pesan kamtibmas antara lain tentang bahaya kenakalan remaja dan narkoba serta peredarannya yang saat ini sudah masuk di kalangan remaja bahkan anak usia sekolah. Untuk itu kita sebagai orangtua harus melakukan pengawasan terhadap putra-putri kita agar jangan sampai terlibat narkoba maupun miras.

Masyarakat juga perlu berhati-hati terhadap maraknya informasi atau berita yang bersifat hoax melalui medsos. Tentunya kita harus bisa selektif terhadap informasi atau berita-berita itu.

Disampaikan pula pentingnya mengaktifkan kembali siskamling dalam menjaga keamanan di lingkungan masyarakat. Dan jangan melakukan aksi main hakim sendiri terhadap pelaku tindak kejahatan, serahkan ke pihak berwajib sesuai mekanisme hukum yang ada. (Sihumas Polsek Bantul)

Pengamanan Pertandingan Sepakbola Tingkat SMA Se Kabupaten Bantul

Pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2018 pukul 07.30 s.d. 10.15 wib bertempat di Stadion Dwi Windu Bantul dan Lapangan Pasutan Trirenggo Bantul telah berlangsung

Personil Polsek Bantul mengamankan pertandingan Sepakbola Tingkat SMA se-Kab. Bantul dalam rangka POPDA Bantul Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Disdikpora Kab. Bantul.

Adapun skema pertandingan dengan cara sistem gugur. Pertandingan dilaksanakan 2x30 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit.

Tempat yang digunakan untuk pertandingan yaitu Stadion Dwi Windu Bantul dengan perangkat pertandingan, Wasit yaitu Bono Marjiyanto, Asisten Wasit 1  Muh. Nurochman dan Asisten Wasit 2 yaitu Purwanto.

Pertandingan pada jam pertama mempertemukan kesebelasan SMA 1 Sewon VS SMA 1 Kasihan dengan skor dimenangkan SMA 1 Sewon skor 12 : 0

Pertandingan pada jam Kedua mempertemukan kesebelasan SMA 1 Sedayu VS SMA 1 Pundong dimenangkan SMA 1 Pundong skor 2 : 0

Adapun pertandingan sepak bola yang dilaksanakan di Lapangan Pasutan Bantul dengan perangkat Wasit : Indra, Asisten Wasit 1 : Septian dan Asisten Wasit 2 : Heri Purwito.

Pada pertandingan jam Pertama mempertemukan kesebelasan SMA 1 Pajangan VS SMA Ali Maksum Sewon dimenangkan SMA 1 Pajangan   skor 2 : 0

Jam Kedua mempertemukan kesebelsan SMA Muhammadiyah 1 Bantul VS SMA 1 Pleret skor dimenangkan SMA Muhammadiyah 1 Bantul dengan skor 2 : 0

Selama berlangsungnya pertandingan situasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Bantul)

27 February 2018

Unit Provos Polsek Pleret Laksanakan Gaktibplin Anggota

Setelah Apel Pagi, Unit Provos Polsek Pleret melaksanakan Gaktibplin anggota di halaman Polsek Pleret, Selasa (27/2/2018). Tujuannya untuk menegakkan kedisiplinan dan mencegah terjadinya pelanggaran anggota.

Dalam kegiatan tersebut petugas Provos memeriksa kelengkapan identitas anggota meliputi KTP, KTA, SIM, STNK dan Kartu Senpi bagi yang membawa senpi organik. Selain itu petugas juga memeriksa sikap tampang maupun gampol.

Kanit Provos Muh. Hisyam, SH mengatakan Gaktibplin dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kedisiplinan anggota dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Sementara itu menurut Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH perlunya pengecekan rutin anggota karena sebagai aparat penegak hukum harus mempunyai sikap dan perilaku yang disiplin guna memberikan contoh kepada masyarakat. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Pleret Pimpin Apel Pagi Dan Latihan Bongkar Pasang Senjata

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH memimpin Apel Pagi di halaman Polsek Pleret, Selasa (27/2/2018) pukul 08.00 WIB. Apel pagi diikuti oleh seluruh anggota Polsek Pleret termasuk para Kanit dan Kasi.

Dalam arahannya Kapolsek Pleret menekankan kepada seluruh anggota agar melaksanakan tugas dengan baik, terutama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Berikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, ikhlas dan sepenuh hati", tutur Kapolsek.

Disamping itu, diharapkan seluruh anggota selalu peka terhadap situasi kamtibmas. Berkaitan dengan tugas patroli, agar dilaksanakan terutama pada jam-jam rawan dan berikan imbauan–imbauan kepada masyarakat tentang kamtibmas.

Pada apel pagi tersebut juga dilaksanakan pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup dan pedoman kerja anggota Polri oleh salah satu anggota.

Setelah apel pagi dilanjutkan Gaktibplin anggota oleh Unit Provos dan kegiatan latihan bongkar pasang senjata yang diikuti seluruh anggota Polsek Pleret. (Humas Polsek Pleret)

Pelaku Vandalisme Tembok Mapolsek Sedayu Akhirnya Meminta Maaf

Dua pelaku aksi vandalisme di tembok Mapolsek Sedayu, akhirnya meminta maaf. Tak hanya meminta maaf, pelaku yang masih  berstatus pelajar  ini juga diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Satu pelaku datang langsung ke Mapolsek dengan didampingi orang tuanya, sementara satunya yang masih duduk dibangku kelas IX SMP sedang melaksanakan ujian, sehingga yang datang hanya orang tuannya,” jelas Kapolsek Sedayu Kompol Sugairta AMd, Selasa (27/2/2018) siang.

Kedua pelaku,  yakni SB (16) dan DP (15), keduanya warga Sleman melakukan aksi vandalisme tersebut pada hari Jumat (9/2/2018) lalu. Tembok sisi timur Mapolsek Sedayu dicoret dengan tulisan “SND” menggunakan cat warna biru.

"Tidak ada motif lain, hanya iseng  saja,"  jelasnya.

Dihadapan Kapolsek Sedayu, pelaku dan orang tua masing-masing menyampaikan permohonan maaf dan bersedia untuk menghapus dan mengembalikan tembok yang mereka corat-coret seperti sedia kala.

"Prinsipnya pelaku dan orang tuanya sudah datang untuk meminta maaf serta membersihkan coretan. Dan kami juga telah memberi pembinaan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi," paparnya.

Namun Kapolsek menegaskan, apabila dikemudian hari mereka mengulangi perbuatannya lagi, polisi tak segan-segan untuk memprosesnya secara  hukum. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Kasihan Ungkap Kasus Pengroyokan Di Depan SMP Negeri 1 Kasihan

Unit Opsnal Reskrim Polsek Kasihan dipimpin Panit Reskrim Iptu Yan Indah, S.Sos berhasil menangkap 3 diduga pelaku pengroyokan dengan korban Vino Fahrezi (15) Pelajar warga Ngewotan Rt. 009,  Dk VIII, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Adapun ketiga pelaku ditangkap dirumahnya masing masing pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 Sekira pukul 18.30 Wib. Mereka berinisial AC (13) Pelajar warga dusun Singojayan Pakuncen Yka, FS (14) Pelajar warga Demakan Baru Tegalrejo Yka dan MN (13) Pelajar warga Bener Sidomulyo Mbener Tegalrejo Yka. 

Panit Reskrim Iptu Yan Indah, S.Sos menjelaskan, pengeroyokan tersebut terjadi pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2018 sekira pukul 12.10 Wib di depan SMP N 1 Kasihan, jelasnya.

Saat itu Korban berjalan kaki pulang sekolah bersama saksi Tri Nugroho, sesampainya diujung timur sekolahan SMP N 1 Kasihan, terlihat seorang laki-laki mengendarai sepeda motor matic memaki-maki dengan perkataan jorok kepada murid SMP Negeri  1 Kasihan. Kemudian ia tancap gas ke arah timur.

Korban yang juga sebagai siswa SMP N 1 Kasihan merasa tersinggung dengan makian itu. Saat korban akan mengejarnya, tiba thiba tiba-tiba dari arah belakang ada 2 orang laki-laki berboncengan menggunkan sepeda motor Matic langsung mengayunkan sebuah Gir yang diikat dengan tali ke arah kepala korban, setelah itu kemudian pelaku langsung tancap gas kearah timur.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka pada kepala kemudian dilarikan ke PMI Gamping Sleman untuk pengobatan. Korban mengalami luka bagian kepala sebelah kanan dijahit 1 jahitan.

Mengingat karena ketiga pelaku ini masih dibawah umur (siswa SMP), maka Unit Reskrim Polsek Kasihan tidak melakukan penahanan. Namun proses hukum tetap berlanjut. (Sihumas Polsek Kasihan)

Koordinasi Ketentraman Dan Krtertiban Di Wilayah Kecamatan Kasihan

Kapolsek Kasihan Kompol Supardi menghadiri rakor di Pendopo Kecamatan Kasihan, Bantul, Senin (26/2/2018) pukul.09.00 wib. Rakor ini membahas masalah Ketentraman dan Ketertiban di wilayah kecamatan Kasihan dengan tema "Marilah kita jaga bersama Ketentreman dan Ketertiban di wilayah Kecamatan Kasihan".

Rakor dihadiri oleh Sekcam Kasihan Suparmadi, S.IP. M.Si., Kapolsek Kasihan Kompol Supardi, Pjs. Danramil Kasihan Kapten Inf. Rajiko, Kasi Pem Kecamatan Kasihan Wiji Harini, S.Sos.MM., Kasi Ekbang Kecamatan Kasihan Itanuk, SE.MM, Lurah Desa Bangunjiwo Parjo, ST.M.Si., Kasi Trantib Drs. Petrus Santoso, Bhabinkamtibmas Sekecamatan Kasihan, Pamong Desa Se-Kecamatan Kasihan, Tokoh Masyarakat, Toga, jumlah sekira 21 orang.

Kita hidup bermasyarakat  tentunya kita memerlukan orang lain untuk bersosialisasi atau berkumpul. Dalam setiap pertemuan lingkungan perlu adanya suatu niat untuk menciptakan keadaan yang kondusif. Karena situasi kondusif itu akan menciptakan suasana yang aman, tentram dan tertib. Dalam hal ini mari kita ciptakan lingkungan yang seperti ini. Mari kita sebagai aparat pemerintahan dan juga menjadi panutan di wilayah untuk mengajak dan menghimbau kepada warga msyarakatnya untuk selalu menjaga dan mempertahankan situasi yang selalu kondusif ini.

Keamanan ketentraman dan ketertiban ini adalah merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan tidak bisa dibebankan kepada hanya satu pihak saja yaitu aparat keamanan TNI-Polri”. (Sihumas Polsek Kasihan)

Personil Polsek Pundong Bantul Melaksanakan Latihan Penggunaan Senjata Api Laras Panjang

Usai apel pagi, personil Polsek Pundong Bantul melaksanakan pelatihan cara penggunaan senjata api laras panjang, di halaman Polsek Pundong, Selasa 27-02-2018 jam 08.00 wib.

Dijelaskan oleh Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH, MH, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menembak dan penggunaan senjata api dalam melaksanakan tugas, yang harus dimiliki oleh setiap anggota Polri yang bertugas di lapangan.

Juga meningkatkan profesionalisme dan mencegah penyalahgunaan senjata bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugas menghadapi setiap ancaman gangguan kamtibmas, khususnya di wilayah polsek Pundong.

Senjata yang digunakan pada latihan kali ini adalah jenis SS1. Adapun materi pelatihan yang diberikan berupa pengenalan kembali bagian-bagian senjata, tata cara pengamanan senjata, jarak tembak dan penggunaan sesuai SOP. Kegiatan ini dilatih oleh Ps Kanit Binmas Aiptu Sardini dan Bripka Samsono.

Kapolsek berharap pelatihan ini dapat mengingatkan kembali pengetahuan tentang cara penggunaan senjata laras panjang yang sudah dilatihkan pada masa pendidikan. (Sihumas Polsek Pundong)

Polsek dan Koramil Dlingo Gelar Patroli Terpadu Di Wilayah Dlingo

Polsek Dlingo bersama Koramil Dlingo menggelar patroli terpadu, Senin (26/2/2018) malam.

Patroli terpadu tersebut digelar untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Dlingo. Sasaran patroli terpadu adalah daerah-daerah rawan sebagai antisipasi gangguan kamtibmas, obyek wisata Hutan Pinus di Mangunan, pemukiman warga serta pos kamling untuk pembinaan keamanan lingkungan.

Dengan kegiatan ini diharapkan keamanan dan ketentraman di wilayah Kecamatan Dlingo semakin meningkat, dan jika ada potensi kerawanan segera dapat ditangani berkat jalinan kerjasama antara aparat dan warga masyarakat. (Humas Polsek Dlingo)

Lokakarya Mini Puskesmas Jetis 1

Kapolsek Jetis AKP S Parmin menghadiri Lokakarya lintas sektoral yang pertama di Warung makan Arum Manis Karang Semut, Teomulyo, Jetis Bantul. Selasa, 27 Februari 2018.

Lokakarya lintas sektoral ini, merupakan kegiatan diawal tahun tahun 2018, nantinya akan dilanjutkan dengan lokakarya tiga bulanan, dalam loka karya lintas sektoral, penyampaian permasalahan kesehatan diwilayah Puskesmas Jetis I.

Disampaikan oleh Kepala Puskesmas  dr Indriyanto, kami juga akan melouncing Dusun sehat yang rencannya akan di loncing tahun 2019. Dusun yang akan tunjuk sebagai perwakilan adalah dusun Sindet Trimulyo Jetis.

Diharapkan dengan penunjukan ini, akan tercipta Pola Hidup Sehat dan mencotoh dusun ini, disamping itu Puskesmas Jetis juga akan memantau secara langsung kesehatan warga Sumberagung,  petugas kami akan berusaha sowan untuk hadir ditengah tengah warga Sumberagung, sebagai bagian pemantauan kesehatan masyarakat diharapkan 6000 KK dapat kita datakan indeks kesehatannya, sehingga harapan menuju indonesia sehat akan tercapai, " jelas dr Indriyanto.

Dalam sambutanya, Camat Jetis mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk ajang silaturahmi dan diharapkan partisipasi kita dalam pelaksanaan program pemerintah dalam bidang kesehatan, tegas Ibu camat

Di tengah tengah kita sudah kita Louncing pasbatik, pasukan anak sekolah pemantau jentik untuk itu diharapakan semua yang hadir mendukung program yang kita laksanakan untuk meminimalisir perkembangan nyamuk aides aygepty yang saat ini masih tinggi, kata ibu Camat. (Sihumas Polsek Jetis)

Polsek Dlingo Dikunjungi Anak-Anak TK Dusun Pokoh

Kapolsek Dlingo AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Selasa (27/2/2018) pukul 09.00 WIB menerima kunjungan TK Pokoh Desa Dlingo.

Kedatangan  siswa-siswi TK ini adalah dalam rangka Polisi Sahabat Anak (PSA). Kegiatan PSA diikuti oleh seluruh siswa-siswi TK Dusun Pokoh dan didampingi oleh seluruh guru.

Dalam kegiatan tersebut, AKP Cherli memberikan materi pengetahuan tentang tugas-tugas Polisi. Ia juga memberikan pengenalan tentang 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Tak hanya itu, anak-anak juga diajak bermain dan bernyanyi bersama dengan riang dan gembira.

Dijelaskan, tujuan diadakannya kegiatan PSA ini adalah agar anak-anak lebih dekat dengan Polisi dan tidak ada lagi anak-anak yang takut dengan keberadaan Polisi.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Dusun Pokoh mengucapkan banyak terima kasih berharap kegiatan seperti ini tetap berkesinambungan karena sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi anak-anak. (Humas Polsek Dlingo)

Personel Polsek Dlingo Rutin Melaksanakan Pos Pagi di Depan MTs Ma’arif Dlingo

Personel Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Ginu Dan Aiptu Suhardi di depan MTs Ma’arif Dlingo, Selasa (27/2/2018).  Mereka melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Dlingo)

Pengamanan Pentas Wayang Kulit Di Dusun Karen

Ka SPKT Polsek Kretek Aiptu Wahyudi beserta anggota lainya mengamankan pentas Wayang Kulit di rumah bapak Sarjono dusun Karen Rt. 06, Tirtomulyo, Kretek. Senin (26/2/2018) malam.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini dalam rangka merti dusun Karen dengan dalang Ki Suwondo Hadi Purnomo dan mengambil lakon "Kresno Duto".

Kegiatan dihadiri oleh Kasi Kemas Suroto SE mewakili Camat Kretek, Lurah desa Tirtomulyo Drs. Sujadi beserta pamong, Babinsa dan disaksikan ratusan warga.

Kasi Kemas Kec.Kretek Suroto SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga dusun Karen yang tetap setia nguri-uri kebudayaan jawa,sehingga hal tersebut dapat memberikan pengertian kepada generasi muda agar tidak terlalu jauh terpengaruh dengan kebudayaan asing, pungkasnya.

Sedangkan Brigpol Suharyono dalam kesempatannya menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga masyarakat untuk lebih meningkatkan ronda kampung, agar bisa secara dini mendeteksi dan antisipasi gangguan kamtibmas yang akan timbul, tutupnya.

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan Lancar Dan Tertib Dengan Pengamanan Oleh Personil Polsek Kretek. (Sihumas Polsek Kretek)

Para Bhabinkamtibmas Polsek Sanden Berikan Penyuluhan Ibu-Ibu PKK Gadingsari

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo dan Bhabinkamtibmas Desa Murtigading laksanakan giat penyuluhan tentang Narkoba, Kenakalan Remaja, Radikalisme, dan Anti Pancasila kepada ibu-ibu PKK dan kader kesehatan Desa Gadingsari di Gedung Kaca Balaidesa Gadingsari, Sanden, Senin, ( 26/02/2018) jam 10.00 WIB.

Penyuluhan dihadiri Kasi pelayanan Desa Gadingsari Bpk.  Jakirmasn, PLKB, Puskesmas Sanden dan ibu-ibu PKK serta kader kesehatan Desa Gadingsari.

Dalam kesempatannya Bripka Mochlis mengatakan bahwa kejahatan atau kekerasan adalah suatu  fenomena yang sering di dengar dan lihat, baik di media massa maupun realitas yang ada di sekitar lingkungan dan masyarakat. Kabar terbaru dan yang hangat dibicarakan, khalayak serta media massa dan elektronik yaitu terorisme. Terorisme selalu identik dengan teror, kekerasan, ekstrimnitas dan intimidasi sehingga seringkali menimbulkan konsekuensi negatif menjatuhkan korban yang banyak         

Paham Radikalisme, ekstrim dan terorisme merupakan salah satu ancaman nyata terhadap kehidupan dunia global. Dampak dari gerakan radikal dan teroris dapat berimplikasi terhadap dinamika ekonomi dan politik yang dapat mengalami guncangan yang tidak kecil, sehingga mampu menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat luas. Kekerasan yang mengatasnamakan agama/keyakinan sering sering dikaitkan ke dalam ranah radikalisme dan terorisme, kata Bripka Mochlis H, S.Pd.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek tentang gambaran Indonesia di mata dunia dan penyerahan gantungan kunci sebagai simbol gerakan anti radikalisme.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar berakhir jam 11.30 wib. (Humas Polsek Sanden)

Kapolda DIY Hadiri Haul Al Maghfurlah KHM. Moenawwir Bin Abdullah Rosyad Ke-79

Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. menghadiri Haul Al Maghfurlah KHM. Moenawwir Bin Abdullah Rosyad ke-79 yang digelar di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Senin (26/02/2018) malam.

Selain Haul KHM. Moenawwir Bin Abdullah, juga digelar Haul KHR. Abdul Qodir Moenawwir ke-59, juga dilangsungkan Khataman Al Qur’an XIV.

Hadir pula Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Danrem 072 Pamungkas Yogyakarta yang diwakili oleh Kaster Letkol (Inf) Zaelani, Kementerian Agama DIY yang di wakili oleh Drs. Lutfi Hamid, M.Si. Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan, S.I.K, MH, KH. Ahmad Said Asrory, ketua Kaum Rois PB NU DIY, Wakil Bupati Bantul Drs. H. Abdul Halim Muslih, Pengasuh Pondok Pesantren Almunawwir Krapyak Yogyakarta KH. M. Raden Najib, Abdul qodir, KH. Raden Khaidar Abdul Qodir (Gus Kendar), Pengasuh Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta KH. Atabik Ali, Muspika Kecamatan Sewon, Wali santri, dan tamu undangan.

Dalam acara ini, Mauidhotul Hasanah disampaikan oleh KH. Abdul Qoyyum Mansur, pengasuh Pondok Pesantren An Nur Lasem, Rembang.

Di sela kegiatan pengamanan, Kapolsek Sewon Kompol Subadi yang juga mendampingi Kapolres Bantul mengatakan Acara malam ini lebih semarak lantaran bertepatan dengan agenda nadwah atau wisuda khotmil Quran yang memang rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Haul merupakan  peringatan hari wafatnya pendiri pesantren yang digelar rutin di pondok pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta setiap tahunnya, jelasnya.

“Kegiatan pengamanan malam ini merupakan salah satu upaya Polsek Sewon untuk selalu hadir di tengah kegiatan masyarakat serta untuk memberikan jaminan keamanan selama pelaksanaan kegiatan agar berjalan dengan aman dan lancar” tegasnya

Kapolsek juga menyampaikan, menurut informasi dari panitia Ponpes Al Munawwir tahun ini mewisuda sebanyak 32 santri dan dalam acara itu juga mengundang berbagai kalangan, mulai dari pejabat, masyarakat umum, wali santri yang jumlahnya mencapai ribuan imbuhnya.

Sebelum acara dimulai dilaksanakan prosesi upacara khataman Al-Qur'an 30 Juz sejumlah 32 santri, dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh KH. R. Ajib Abdul Qodir pengasuh Ponpes Al-Munawwir Krapyak. Selanjutnya acara dimulai dengan doa pembuka dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat Suci Al-Qur'an.

Sementara itu dalam sambutannya Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan Tak bisa dipungkiri, perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia mengusir kaum penjajah dari tanah air tercinta tidak lepas dari peranan besar para kiyai, alim ulama dan tokoh agama lain di negeri ini. Bahkan, tidak sedikit kiyai, alim ulama itu terjun langsung berada di lini depan memimpin perang. Sehingga, tak sedikit pula yang berpulang keharibaan Ilahi Robbi sebagai pahlawan syuhada.

Tak terhitung jumlah kiyai, alim ulama ini gugur sebagai syuhada, diantaranya oleh Pemerintah Republik Indonesia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Pada masa penjajahan di Indonesia, para syuhada yang diantaranya alim ulama berada di tengah-tengah pejuang muslim. Mereka senantiasa memacu semangat hizbullah itu untuk memerangi penjajah di wilayahnya masing-masing. Yang tidak berada di medan laga biasanya dipercaya memegang kendali strategi perang, dan senantiasa menjadi rujukan para pejuang untuk menentukan arah gerakannya. Ke mana pun pejuang bergerak, para ulama itu setia mendampingi.

“Peran alim ulama sangat berperan dalam kehidupan dalam wilayah Indonesia, karena tanpa alim ulama negara kita tidak bisa berdiri sampai saat ini. Dalam penyebaran agama Islam para alim ulama dari dahulu sangat berperan penting, karena selain penyebaran Agama Islam juga bertujuan mempersatukan bangsa Indonesia. Maka dari marilah kita bersama TNI / Polri dan para alim ulama untuk tetap menjaga keutuhan NKRI sampai akhir hayat nanti, dengan berpedoman pada Al-Qur'an dan hadits " tegasnya.

Selanjutnya acara Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh KH. Abdul Qoyyum Manshur atau yang di kenal Gus Qoyyum pengasuh PP An-Nur Lasem Rembang. (Sihumas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Takziah ke Rumah Duka Almarhumah Rosalua Subarmi

Dalam rangka mempererat tali silahturohmi dengan warga masyarakat binaannya, Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsono  takziah ke rumah duka  almarhumah Rosalua Subarmi di Dusun Jogonalan  RT 04, Tirtonitmolo, Kasihan, Bantul, Senin (26/2/2018) 

Almarhumah meninggal di usia ke 53 tahun pada hari Minggu  tanggal 25 Pebruari 2018 pukul 21.40 WIB di  RS. Panembahan Senopati Bantul. Almarhum akan dikebumikan pada hari ini Senin pukul 14.00 wib di pemakaman Makam dusun Jogonalan  RT 04,  Tirtonitmolo, Kasihan, Bantul,

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsoso  atas nama pribadi maupun dinas menyampaikan turut belasungkawa kepada keluarga atas meninggalnya almarhumah Rosalua Subarmi. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, dan diampuni segala dosanya sehingga meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, sedang keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan keiklasan dalam menerima musibah ini. (Humas Polsek Kasihan)

Sedang Memanen Padi, Warga Didatangi Polisi

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi sambangi warganya yang tengah memanen padi di bulak Dusun Plumutan Mulyodadi Bambanglipuro, Senin(26/2/2018) siang.

Aipda Sukaryadi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih mendekatkan Polri dengan para masyarakat. Dalam kesempatannya, ia menyampaikan imbauan kepada para petani tersebut agar pada saat bekerja dapat berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

”Apabila bapak sudah lelah lebih baik beristirahat terlebih dahulu.Jangan terlalu dipaksakan dalam bekerja, karena keselamatan yang paling utama,” ujarnya.

Giat sambang tersebut juga sebagai upaya preemtif guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat .”Melalui kegiatan sambang dengan warga maka kita dapat menyerap informasi dan memantau situasi kamtibmas di desa,” tandasnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kompol Purwadi Jadi Pembina Upacara di SMA Muhammadiyah Imogiri

Kapolsek Imogiri Kompol Purwadi SI.Kom MA menjadi pembina upacara di SMA Muhammadiyah Imogiri, Senin (26/2/2018) pukul 07.00 WIB.

Dalam amanatnya dihadapan para siswa dan guru SMA Muhammadiyah Imogiri,  Kapolsek menekankan pentingnya merajut persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

“Kalau dulu berjuang itu harus mengandalkan kekuatan fisik, harus bergerilya malam-malam, masuk keluar hutan membawa senjata dan menahan lapar. Tetapi sekarang perjuangannya melalui pikiran, seperti masuknya paham radikalisme yang dapat merusak sendi-sendi persatuan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, kita harus waspada bagaimana caranya membebaskan pikiran kita masing-masing dari belenggu penjajahan terselubung tersebut.

“Kalian harus mampu mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama guru dan para siswa. Kegiatan anggota Polri menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah merupakan program Kepolisian untuk menjalin hubungan antar instansi dan sebagai sarana untuk memberikan pembinaan/penyuluhan terhadap para siswa. (Humas Polsek Imogiri)

Sertijab Kepala Sekolah SMPN 3 Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH menghadiri acara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala sekolah SMPN 3 Pajangan Dusun Krebet Sendangsari Pajangan Bantul, Senin siang (26/2/2018).

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kab. Bantul Drs. Didik Warsito M.Si, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi (Komite Sekolah), Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Purwanto, tamu undangan.

Drs. Didik Warsito M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kebijakan penempatan Kepala Sekolah sebagai penyetaraan dalam menumbuhkembangkan antara sekolah yang satu dengan yang lain dalam memacu pemberdayaan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga para Guru di harapkan untuk mulai membiasakan terkait pergeseran-pergeseran yang menjadi kebijakan Pemda. Kab. Bantul.

Kedepan nanti tidak ada lagi yang sudah bertahun-tahun hanya menempati di satu sekolah. Langkah-langkah efektif dan efesien dalam bekerja bagi guru tetap akan menjadi pertimbanhan dalam kebijakan penempatan bagi Guru, katanya.

Dalam acara ini pejabat yang melakukan sertijab dari Ibu Martinah, M.Pd kepada bapak Heru Subagya, S.Pd. Selanjutnya Ibu Martinah, M.Pd mendapat tugas baru di SMPN 1 Sedayu. (Sihumas Polsek Pajangan)

Bikin Onar Di Jalan Samas, Belasan Pelajar Diamankan Di Polsek Sanden

Belasan pelajar salah satu SMK Swasta di Bantul diamankan anggota Sat Sabhara Polres Bantul dibantu anggota Polsek Sanden. Mereka di tangkap di Jalan Samas Dusun Kergan, Tirtomulyo, Kretek setelah membuat onar di sepanjang Jalan Samas wilayah Bambanglipuro, Senin (26/02/2018) siang.

Awal mulanya, mereka menjadi suporter sepakbola Popda di lapangan Pasutan saat tim sekolahnya bertanding. Namun dalam pertandingan itu pihak sekolahnya kalah telah, sehingga mereka langsung melampiaskan kekecewaanya dengan mengadakan konvoi sepeda motor melewati Jalan Samas. Saat konvoi di Jalan Samas wilayah Bambanglipuro, mereka berbuat onar membleyer bleyer sepeda motor dan mengganggu kendaraan lain yang melintas.

Melihat tersebut, Anggota Sat Sabhara Polres Bantul yang membuntuti rombongan pelajar ini langsung mengambil tindakan tegas. Belasan pelajar berhasil ditangkap di Jalan Samas wilayah Dusun Kergan, Tirtomulyo, Kretek. Sedangkan yang lainnya melarikan diri memasuki perkampungan warga. Mereka yang tertangkap langsung digelandang ke Polsek Sanden untuk dilakukan pendataan dan pembinaan serta membuat surat pernyataan.

Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana dalam pembinaannya mengatakan pelajar tugas utamanya adalah belajar, persiapkan diri untuk maju kedepan songsong masa depanmu dengan hal yang positif, jangan rusak masa depanmu dengan kegiatan yang negatif.

Jadilah manusia yang tidak menyusahkan orang lain, angkatlah harkat martabat orang tua didepan umum, jagalah nama baik sekolahmu dengan perilaku yang bisa dicontoh dan diteladani.

Letak keberhasilanmu tergantung pribadimu sendiri, jangan kamu sia siakan masa depanmu. Kami harap pelanggaran ini yang pertama dan terakir, tegas Kanit Binmas.

Sementara itu, guru BP dari sekolah yang bersangkutan saat berada di Polsek Sanden berjanji akan membina anak didiknya. Jika nanti ada korban yang melapor, pihak sekolah akan menyerahkan mereka ke Polisi, ujarnya. (Sihumas Polsek Sanden)

41 Pemohon Perpanjang SIM di Balai Desa Sendangsari

Bus SIM Keliling Polres Bantul, Senin (26/2/2018) pagi, melaksanakan pelayanan perpanjangan SIM di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul. Sebanyak 41 pemohon tercatat melakukan perpanjangan, dengan rincian SIM A 4 pemohon dan SIM C 37 pemohon. 

Bripka Martono selaku operator SIM Keliling mengatakan, layanan ini telah rutin dilaksanakan ditiap-tiap Kecamatan secara bergantian.

"Saat ini untuk Sabtu sore layanan masih tetap di lapangan Paseban Bantul dan untuk hari Minggu dilakukan di Pasar Bantul bersamaan dengan car free day, mulai pukul 06.00 WIB kita sudah siap," katanya. (Humas Polsek Pajangan)