30 June 2018

Sebanyak 68 Personel Polres Bantul Dapat Kenaikan Pangkat

Sebanyak 68 anggota Polres Bantul mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dalam Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat dan Pangkat Penghargaan  TMT 1 Juli 2018 yang digelar di halaman Mapolres Bantul, Sabtu (30/6/2018) pukul 21.00 WIB.

Adapun anggota yang naik pangkat setingkat lebih tinggi, terdiri dari Bripka ke Aipda sebanyak 52 personel; Brigadir ke Bripka sebanyak 9 personel, Briptu ke Brigadir sebanyak 1 personel dan Bripda ke Briptu sebanyak 4 personel.

Sedangkan untuk pangkat penghargaan terdiri dari AKP ke Kompol dan Aiptu ke Ipda masing-masing 1 personel.

Pelaksanaan upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat pada saat ini terasa khidmat karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri dan HUT Bhayangkara ke-72 Tahun 2018.

“Saya atas nama pribadi dan pimpinan, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga apa yang telah kita lakukan bersama menjadi amal ibadah bagi kita,”  ujar Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH dalam amanatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menekankan bahwa kenaikan pangkat bukan sekedar untuk gagah-gagahan saja, namun yang perlu diingat pertama adalah harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kedepannya tugas dan tanggung jawab akan semakin berat dan banyak tantangannya.

Menurut Kapolres, kenaikan pangkat merupakan hak anggota, namun hak tersebut harus diimbangi dengan tugas yang sungguh-sungguh serta tingkah laku sebagai anggota polri yang dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadikan kenaikan pangkat sebagai cambuk untuk meningkatkan profesionalisme kinerja Polri. Ubahlah pola pikir dan budaya lama serta berikan pelayanan prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat yang telah ada,” tegasnya.

Diakhir amanatnya, Kapolres tak lupa mengucapkan selamat kepada para anggota beserta keluarga yang telah melaksanakan korps raport kenaikan pangkat pada hari ini.

“Semoga dengan kenaikan pangkat yang telah diterima bisa menambah kebahagiaan dalam keluarganya,” pungkasnya.

Selesai upacara, Kapolres Bantul di dampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bantul dan diikuti pejabat lainnya, memberikan selamat dengan menyalami seluruh anggota yang naik pangkat yang didampingi Bhayangkari-nya.

Upacara Korp Raport sendiri diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek Jajaran serta seluruh anggota Polres Bantul yang naik pangkat. Dan dihadiri oleh Ketua Cabang Bhayangkari Bantul Ny Debora Sahat beserta pengurus. (Humas Polres Bantul)

Polres Bantul Gelar Doa Bersama Dalam Rangka Malam Tirakatan HUT Bhayangkara ke-72

Polres Bantul menggelar acara Doa Bersama dalam rangka Malam Tirakatan HUT Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 yang dilaksanakan di lobi uatama Polres Bantul, Sabtu (30/6/2018) pukul 19.00 WIB.

Acara dihadiri oleh seluruh pejabat dan Perwira di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek jajaran, anggota dan PNS Polres Bantul serta Bhayangkari.

Acara diawali dengan lomba tumpeng antara Bagian maupun Satuan Fungsi. Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH didampingi Ibu Ketua Cabang Bhayangkari Ny Debora Sahat bertindak sebagai juri dalam lomba tersebut.

Kapolres Bantul, dalam sambutanya mengatakan dengan bertambahnya usia Polri yang telah berulang tahun ke-72, menandakan bahwa usia Polri telah matang. Hal ini seharusnya diimbangi dengan kedewasaan para personelnya.

"Mari kita pupuk kebersamaan di antara kita, dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Bantul yang diserahkan kepada anggota Polres Bantul tertua Ipda Bambang Suyono dan  anggota Polres Bantul termuda, Bripda Sigit Wahyu Setiawan. Rangkaian acara diakhiri dengan bacaan tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh Aiptu Tobroni. (Humas Polres Bantul)

Personil Polsek Pajangan Dan Polres Bantul Mengamankan Pentas Orgen Tunggal Di Dusun Kayen

Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Sumarman mengamankan pentas musik Orgen Tunggal di Dusun Kayen RT 05 Sendangsari Pajangan Bantul, Jumat malam (29/6/2018). Selain dari Polsek Pajangan, Pengamanan juga melibatkan personil Polres Bantul, warga masyarakat dan Gras.

Ipda Sumarman menjelaskan musik Orgen Tunggal dilaksanakan dalam rangka ulang tahun pernikahan Dion dan Ruli yang ke 12 serta ulang tahun Rara Morenza (29) dan anaknya yang bernama Vianika Azahra (6).

"Kita harapkan kerjasama dari penonton yang suka joget agar menjaga situasi jangan sampai ada keributan. Apabila situasi tidak kondusif terpaksa Orgen Tunggal akan kita hentikan", himbaunya saat naik di atas panggung..

Orgen Tunggal Aris MMS menampilkan artis Rindi Antika, Cintya Anerta, Ade Novita, Devi Takdut dan dipandu MC Kocit berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pajangan)

Kapolsek Pajangan Hadiri Sidang Penetapan DPS Pilurdes Guwosari 2018

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, S.A.P dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Suprihandono, S.H. menghadiri sidang penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Lurah Desa Guwosari tahun 2017 di Balai Desa Guwosari Pajangan Bantul, Jumat malam (29/6/2018).

Kapolsek Pajangan mengatakan dari sidang ini DPS untuk Pilurdes Desa Guwosari tahun 2018 ditetapkan berjumlah 9.165 dengan rincian laki-laki 4532 dan perempuan 4633. Untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya  jumlah TPS 28 yang tersebar di 15 pedukuhan.

Hadir dalam sidang ini Lurah Desa Guwosari H. Muh Suharto, Ketua BPD desa Guwosari H. Muh Juremi, S.Sos, ketua Panitia Pilurdes Hendri, Babinsa Serda Suratmin, Pamong dan Dukuh Desa Guwosari. (Humas Polsek Pajangan)

Sosialisasi Dan Sarasehan WBTB Di Pendopo Balai Desa Pleret

Tahun lalu sebanyak 18 warisan budaya DIY ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional tahun 2017 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Jumlah tersebut menjadi pencapaian terbanyak dibanding dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Warisan budaya tak benda merupakan warisan budaya yang tak bisa diindera dengan mata dan tangan, namun jelas-jelas ada di sekitar kita.

Bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret, Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar acara sosialisasi dan sarasehan tentang Warisan Budaya Tak Benda dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Purwadi (Pakar Kebudayaan DIY) dan Damami (Dosen UIN SUKA Yogyakarta sekaligus Dewan Kebudayaan DIY), Jumat (29/6/2018) malam.

Hadir pula dalam acara tersebut antara lain Camat Pleret M. Alwi SH MH, Lurah Desa Pleret H. Nurman Affandi dan Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Desa Pleret Bripka Rofiq serta perwakilan warga masyarakat Pleret.

Dalam sambutannya Camat Pleret sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY yang telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Pleret sebagai tempat untuk menggelar setiap event kebudayaan.

"Agar event seperti ini dapat dijadikan kegiatan yang berkelanjutan, supaya budaya di Pleret tidak hilang sekaligus untuk mengenalkan Pleret sebagai desa wisata budaya kepada wisatawan asing", kata Camat Pleret.

Oleh karena itu diharapkan dari Dinas Kebudayaan agar memberikan masukan maupun motivasi kepada masyarakat Pleret agar lebih bisa melestarikan warisan budaya yang ada di wilayah Pleret ini.

Sementara itu Purwadi (Pakar Kebudayaan DIY) pada acara malam itu menyampaikan, bahwa akan diselenggarakan perayaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) provinsi DIY pada tanggal 7-9 September 2018 dan Desa Pleret ditunjuk sebagai tuan rumah, sebab di Desa Pleret ini cukup banyak terdapat situs-situs budaya yang saling berhubungan satu sama lain.

Harapannya dengan adanya perayaan WBTB, semoga akan meningkatkan kemakmuran di Pleret, baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. (Humas Polsek Pleret)

Halal Bihalal Di Kantor PMI Bantul

Kapolres Bantul diwakili Kasat Sabhara AKP Tukirin didampingi Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Bantul hadiri kegiatan Halal bihalal di kantor PMI (Palang Merah Indonesia ) Bantul Jln Jendral Sudirman No 01 Bantul, Jumat, 29 Juni 2018 pukul 20.30 wib. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan serah terima Ambulans dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk diserahkan kepada PMI Bantul.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wabup Bantul H Abdul Halim Muslih, bapak Irjen (Purn) Drs Haka Astana MW SH dari PMI Yogyakarta, HM Muas SH selaku pengurus PMI pusat, Ibu Idham Samawi selaku Dewan kehormatan PMI dan Relawan PMI se Kabupaten Bantul.

Dalam sambutanya bapak  Wirmon Samawi selaku Ketua PMI Bantul menyampaikan malam ini akan diresmikan unit PMI Bantul yang akan melayani masyarakat. Semoga ke depan kekeluargaan antara PMI Bantul dan masyarakat dapat terus terselenggara.

Wabup Bantul H Abdul Halim Muslih dalam sambutanya menyampaikan kami atas nama Pemda Kabupaten Bantul merasa bangga dengan kekompakan dari PMI Bantul. Mari kita terus memiliki kepedulian terhadap kemanusiaan

Kabupaten Bantul didirikan oleh orang yang peduli dengan kemanusiaan. PMI Kabupaten Bantul memiliki tanggung jawab menangani bencana alam dan para relawan telah menunjukkan empati yang besar kepada korban bencana alam. Tak lupa kami mengucapkan Idul Fitri 1439 H lahir batin semoga amal kebaikan kita diterima oleh Allah SWT.

Dalam sambutanya bapak Nurahman dari Alfamart Pusat  menyampaikan kami dari Alfamart menyerahkan bantuan satu ambulan dari donasi para nasabah Alfamart. Semoga dapat berguna bagi masyarakat.

Irjen (Purn) Drs Haka Astana MW SH menyampiakan kami dari PMI DIY mengucapkan terima kasih atas sumbangan ambulan dan beberapa waktu yang lalu juga sudah menerima dari Alfamart. Beliau mengapresiasi kepada relawan yang telah melayani masyarakat dengan baik. Mari kita ikhlas dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat yang membutuhkan.

Setelah selesai HM Muas SH dari PMI pusat menyampaikan sambutanya, acara dilanjutkan dengan penyerahan 1 unit ambulans dari Bpk Nurohman kepada Wabup Bantul H Abdul Halim Muslih dan dilanjutkan ikrar syawalan serta acara ramah tamah. Kegiatan dihadiri 150 peserta, berlangsung dengan situasi aman dan terkendali. (Humas Polsek Bantul)

Serah Terima Jabatan Dan Pelantikan PJ Lurah Desa Srimartani

Kamis, 28 Juni 2018 Pukul 09.30 WIB, di Balai Desa Srimartani Kecamatan Piyungan diadakan Serah Terima Jabatan dan Pelantikan PJ Lurah Desa Srimartani.

Pelantikan dihadiri oleh Bapak Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Helmi Jamharis, MM , Camat Piyungan Bapak Drs. Hery Saroyo, Kabag Administrasi Pemerintahan Desa Setda Kab.Bantul, Kabag Hukum, Muspika Kecamatan Piyungan, Kapolsek Piyungan, Lurah, BPD, LPMD, PKK, Pamong Desa, Dukuh Desa dan Karangtaruna.

Camat Piyungan Drs. Hery Saroyo melantik Ibu Afif Umahatun, SH dari Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Piyungan sebagai PJ Lurah Desa Srimartani, Menggantikan Lurah Desa yang telah purna tugas Bapak H.Mulyana.

Harapan dari pelantikan semoga akan tetap memperlancar roda pemerintahan Desa Srimartani dan pelayanan di tingkat pedesaan tetap berjalan dengan maksimal Penutupan acara pelantikan dan serah terima jabatan PJ Lurah Desa Srimartani diadakan foto bersama serta jabat tangan. (Humas Polsek Piyungan)

Sarasehan Hari Jadi Ke 187 Kabupaten Bantul Tingkat Kecamatan Sanden

Pemerintah Kecamatan Sanden melaksanakan Sarasehan Hari Jadi Ke - 187 Kabupaten Bantul Tingkat Kecamatan Sanden di Aula Kantor Kecamatan Sanden, Jum'at (29/06/2018) jam 20.30 WIB.

Kegiatan mengambil tema "Dengan Semangat Makarya Mbangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat Intuk Memgurnagi Kemiskinan".

Sarasehan dihadiri team monitoring sarasehan Kabupaten Bantul yang dipimpin Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Inspektorat Hermawan Setiaji, Sekdin Dispora Daeng, Camat Sanden Slamet Santoso, SIP bersama jajaran Muspika Sanden, Kepala Dinas Instansi se-Sanden, Lurah Desa dan Dukuh se-Sanden, anggota Polsek Sanden serta tokoh masyarakat.

Camat Sanden Slamet Santoso, SIP mengatakan, ada tiga hal sebagai bahan dalam kegiatan sarasehan yaitu terkait hari jadi Kabupaten Bantul, pengentasan kemiskinan dan pengembangan produk andalan setempat sebagai sesuai potensi yang ada yakni pengembangan kawasan selatan Kabupaten Bantul. Kedepan, kawasan selatan Bantul akan dijadikan halaman depan Kabupaten Bantul dan Propinsi DIY, kata Camat Sanden.

Kepala Inspektorat Pemda Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MM berharap dengan sarasehan Hari Jadi Ke 187 Kabupaten Bantul bisa menggali nilai nilai yang telah dicontohkan para pendiri Kabupaten Bantul. Dengan tema ini sebenarnya Bantul mempunyai banyak hal yang bisa dibanggakan, salah satu contohnya masalah kreatifitas. menurut data UMKM Propinsi DIY bahwa produk kerajinan di Yogyakarta dari 100 produk dan kreatifitas  70% nya berasal dari Bantul. Bahkan tahun kemarin Bantul mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat menjadi Kabupaten yang paling kreatif di bidang Karya. Ini wujud kebanggaan warga Bantul, ujar Hermawan Setiaji.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa 187 tahun yang lalu terdapat peristiwa yang sangat penting dan menorehkan sejarah berharga bagi kita yaitu berdirinya Kabupaten Bantul. Para pendiri menyadari berbagai macam upaya dan ikhtiar untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Bantul telah kita lakukan.

Momentum hari jadi kita maknai sebagai kebangkitan antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa serta masyarakat untuk memperbaiki strategi metode  pembangunan dapat berjalan efektif dan efisien utamanya dalam menanggulangi kemiskinan menjadi lebih baik. Pemkab Bantul dalam RPJMD tahun 2016 - 2021 telah menetapkan kesejahteraan penanggulangan kemiskinan yang tidak pernah dianggap selesai.

Masalah kemiskinan wajid ditanggulangi bersama lintas level pemerintahan dengan bantuan semua lembaga termasuk swasta. Saat ini kita mempunyai pekerjaan rumah yang dianggap mudah yakni angka kemiskinan di Bantul mencapai 14 %. Kita akan berusaha menangani angka kemiskinan dengan efektif dan efisien. Strategi penanggulangan kemiskinan di Bantul ada dua program, pertama yaitu pengurangan kemiskinan dengan bantuan PKH, rastra, Jamkesda, beasiswa dan beberapa paket jaminan sosial yang lain untuk mengurangi beban konsumsi warga miskin. Strategi kedua meningkatkan kemandirian warga miskin melalui pemberdayaan ekonomi, pembukaan akses permodalan dan dukungan dari lembaga lain, ujar Halim.

Lebih lanjut Halim menjelaskan bahwa Pemkab Bantul tidka bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari Pemdes, maka mohon Lurah Desa untuk menempatkan penanggulangan kemiskinan dengan APBDes masing-masing. Ini menjadi komitmen kita agar angka kemiskinan 14 % bisa ditekan lebih cepat. Kita berupaya pada tahun 2021 angka kemiskinan turun menjadi 8 %, pungkas Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Sabdodadi Hadiri Syawalan Warga Gowokan Dukuh

Bhabinkamtibmas Desa sabdodadi Aiptu Lanji menghadiri undangan Syawalan warga Gowokan Dukuh, Jumat, 29/06/2018 Pukul 19.30 WIB.

Kegiatan Syawalan ini dihadiri oleh Carik desa mewakili bapak Pj Lurah dan ketua BPD, Dukuh, Tomas, Toga, para tamu undangan dan ratusan warga.

Kegiatan syawalan seperti saat ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan silaturahmi dengan warga masyarakat agar terjalin kedekatannya sehingga dapat bekerjasama dengan baik untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan warga masyarakat

Dengan hadirnya anggota bhabinkamtibmas Desa adalah salah satu taktik dalam kegiatan di desa dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan warga masyarakat sehingga akan membantu tugas anggota bhabinkamtibmas dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan. (Humas Polsek Bantul)

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Ponggok Bambanglipuro

Pada puncak kegiatan Merti Dusun di Dusun Ponggok Sidomulyo Bambanglipuro di gelar pementasan Wayang kulit semalam suntuk di rumah bapak Sunardi dusun Ponggok Sidomulyo Bambanglipuro, Jumat (29/6/2018)malam.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Anggota DPRD I Provinsi DIY fraksi Gerindra Yoserizal SH, Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto, Dukuh Ponggok Nuryanto dan tamu undangan sekitar 150 orang.

Acara Merti Dusun merupakan salah satu bentuk syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan rezeki.

Menurut Yoserizal SH bahwa tradisi Merti Dusun dinilai dapat mempererat tali silaturahmi dan juga memajukan seni tradisi yang hidup di tengah masyarakat.

Pentas Wayang kulit pada tradisi Merti Dusun dinilai sangat positif, karena wayang pada dasarnya merupakan media yang ampuh untuk menyampaikan pesan moral kepada warga masyarakat. Wayang kulit bukan sekedar tontonan yang menghibur akan tetapi kerap dijadikan tuntunan berdasarkan alur cerita positif yang dibawakan oleh Dalang.

Pementasan wayang kulit kali ini menampilkan Dalang Ki Kenci dengan lakon Sri Mulih serta disaksikan oleh warga masyarakat dusun Ponggok dan sekitarnya dengan pengamanan dari personil Polsek Bambanglipuro. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pengamanan Turnamen Bolla Volly TURBOVOMEN Cup 2018

Personil Polres Bantul dan Polsek Kretek melaksanakan pengamanan Turnamen Bola Volley "TURBOVOMEN IV Cup 2018 " di lapangan Bolla Volly Dusun Metuk, Donotirto, Kretek, Bantul. Jumat (29/6/2018) pukul 20.00 wib.

Pada malam hari ini dipertandingkan pada season pertama mempertemukan tim bolla volly Sorogaten melawan tim bolla volly Kabrokan dipimpin wasit I Susilo dan wasit II Fajar yang dimenangkan tim bolla volly Sorogaten dengan skor 3 - 1.

Sedangkan season II mempertandingkan tim bolla volly Bongsren melawan tim Sabdodadi yang dipimpin wasit I Susilo dan wasit II Fajar, dengan hasil akhir dimenangkan oleh tim bolla volly Bongsren dengan skor 3 - 1.

Selama berlangsungnya pertandingan situasi lancar dan terkendali dengan pengamanan oleh personil Polres Bantul dan Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek).

Sarasehan Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke-187 Di Kecamatan Pleret

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH menghadiri acara Sarasehan yang digelar di Pendopo Kecamatan Pleret pada Kamis (28/6/2018) malam. Sarasehan tersebut dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-187.

Hadir pula diantaranya Asek II Setda Kabupaten Bantul Bambang Guritno SH, Sekretaris Bapeda Bantul, Camat Pleret M. Alwi SH MH, Danramil Kapten Arm. M. Bambang S, Kepala Puskesmas Pleret dr. Fauzan, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pleret, Karang Taruna Kecamatan Pleret dan tamu undangan lainnya.

Camat Pleret dalam sambutannya mengajak seluruh hadirin untuk menyampaikan saran ataupun gagasan demi kemajuan wilayah Kecamatan Pleret.

Saat ini di wilayah Kecamatan Pleret muncul tempat-tempat wisata baru, sehingga akan berdampak baik untuk masyarakat sekitar khususnya di bidang sosial ekonomi.

Oleh sebab itu diharapkan dukungan atau sumbangsih pemikiran kreativitas masyarakat, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk kemajuan tempat wisata, mengurangi tingkat kemiskinan dan menjaga kelestarian alam.

Sementara itu Asek II Bambang Guritno SH menyampaikan tema Sarasehan tahun ini Dengan Semangat Makarya Bangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan. Maka diharapkan dengan usia Kabupaten Bantul yang semakin tua ini, kedepan Bantul menjadi lebih baik dan maju di berbagai aspek yang telah dijalankan atau dicanangkan terutama dalam mengurangi angka kemiskinan. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Bambanglipuro Sarasehan Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke 187

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH hadiri sarasehan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 187 di pendopo Kecamatan Bambanglipuro, Jumat 29/6/2018) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim pemantau dari Kabupaten Bantul yang dipimpin oleh Asisten III Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Totok Sudarto M.Pd bersama anggota  14 orang, Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Danramil Bambanglipuro Kapten CBA Mardiono, Kepala KUA Bambanglipuro Drs Dalyono Warsito, Sekcam Bambanglipuro M.Misbah S.I.P, para pamong desa se Kecamatan Bambanglipuro, para Lurah se Kecamatan Bambanglipuro, Ketua BPD, LPMD, PKK dan para Toga, Tomas dan Toda se Kecamatan Bambanglipuro.

Sarasehan kali ini bertemakan "Dengan Semangat Makaryo Bangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan" Bambanglipuro Makaryo Bareng Warga.

Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa wilayah Kecamatan Bambanglipuro memiliki 3 desa yaitu Desa  Sumbermulyo, Desa Mulyodadi dan Desa Sidomulyo. Kecamatan Bambanglipuro terletak sangat strategis di wilayah Kabupaten Bantul, akan tetapi semangat gotong royong menjadi prioritas utama,  belum lama ini desa Sumbermulyo mengikuti evaluasi  lomba desa di tingkat DIY, namun semangat kegotongroyongan Masih sangat tinggi.

Menurut Camat Bambanglipuro bahwa masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama dan tanpa ada kerjasama seluruh stakeholder yang ada di Kecamatan Bambanglipuro, maka semua itu tidak mungkin terselesaikan.

Asisten III Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Drs Totok Sudarto M.Pd dalam sambutannya menyampaikan beberapa point yang beliau rumuskan dari sambutan Bupati Bantul. Karena angka kemiskinan saat ini diangka 14,07 % jadi merupakan hal yang tidak sepele dan perlu menjadi perhatian bersama.

Bukan hanya pemerintah ataupun instansi terkait, namun kemiskinan merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebagai penutup Drs Totok Sudarto M.Pd kepada seluruh warga masyarakat untuk berperan dalam seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul tahun 2018.

"Marilah momentum Hari Jadi ini kita gunakan untuk mawas diri. Selanjutnya marilah kita senantiasa melakukan perbaikan, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, untuk mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Syawalan Keluarga Besar Muhammadiyah Cabang Kretek Dan Pamit Haji Di Balai Desa Tirtosari

Panit Binmas Polsek Kretek Aiptu Sutata didampingi Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Aiptu Suryanto menghadiri Syawalan Keluarga Besar Muhammadiyah cabang Kretek dan pamit haji di Balai Desa Tirtosari, Kretek, Bantul. Jumat (29/06/2018) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Desa Tirtosari Longgar, beserta Pamong Desa, Ketua cabang Muhammadiyah Kretek H. Suhardi Mpd, Ketua ranting Muhammadiyah sekecamatan Kretek, ketua Cabang dan ranting Aisyiah sekecamatan Kretek beserta ribuan jamaah.

Lurah Desa Tirtosari Longgar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Muhammadiyah cabang yang memilih desa Tirtosari ini untuk mengadakan kegiatan yang sebesar ini, ini menjadi kehormatan bagi kami.

Atas nama pribadi dan Lurah Desa serta pamong desa, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1439 H Taqabalallahu Mina Wa Minkum, Mohon Maaf Lahir Batin atas segala khilaf dan kesalahan, tutupnya.

Sedangkan Al ustadz Drs H Sutarjo M.Ag dari ngoro-oro Patuk Gunung Kidul dalam tausyiahnya menyampaikan "Hikmah Syawalan ". Kita harus saling menghormati terhadap sesama pemeluk agama Islam diantaranya Muhammadiyah, NU, Muhammadiyah dan lain lain, Islam harus bersatu. Di samping itu kita sebagai umat Nabi Muhammad harus mengikuti ajarannya yang menuntun kepada kebaikan.

Kita harus bersyukur puasa tahun ini antara Muhammadiyah dan NU bisa bersama, namun yang paling utama adalah melaksanakan puasa. Tiga hal yang membatalkan puasa yaitu makan, Minum dan melakukan hubungan suami istri pada siang hari.

Selesai puasa melaksanakan syawalan, saling memaafkan agar kembali Fitroh dan berharap ada peningkatan dalam segala kebaikan utamanya ibadah.

Tausyiah diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh Al ustadz Drs H Sutarjo S.Ag. Selama berlangsungnya kegiatan berjalan lancar dan terkendali dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)

Kapolres Bantul Hadiri Sarasehan Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke 187 Di Kantor Camat Pundong

Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan S.I.K, M.H menghadiri sarasehan dalam rangka peringatan hari jadi  Kabupaten Bantul ke 187 di Aula Kantor Camat Pundong, Jumat , 29 Juni 2018 Pukul 20.15 wib.

Kegiatan mengambil tema “Dengan semangat makaryo bangun deso kita berdayakan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan” juga dihadiri oleh Bupati Bantul Drs H. Suharsono, Drs.Sukardiyono staf ahli bupati, Muhammad David S.Pt anggota DPRD Kab. Bantul dari fraksi PKS, Camat Pundong Ibu Sri Umayati, SH, Kapolsek Pundong AKP Ngadi SH, MH, Danramil Pundong Kapten Inf Tugino, Lurah desa se kecamatan Pundong beserta perwakilan pamong, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Karangtaruna dan para tamu undagan.

Dalam sambutannya Camat Pundong mengucapkan  selamat datang kepada team sarasehan hari jadi Kabupaten Bantul ke 187, diharapkan dengan kehadiran Bapak Bupati Bantul semoga dapat menambah semangat kita dalam mengikuti sarasehan ini.

Semoga dengan tema sarasehan ini kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pundong karena rangking angka kemiskinan di Pundong nomer 16 se kabupaten Bantul. Saya sampaikan kepada bapak bupati bahwa wilayah Pundong termasuk dalam Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Sambutan Bupati Bantul Drs.H.Suharsono menyampaikan bahwa kami akan mempermudah dalam proses perizinan usaha dengan syarat tenaga kerja 75 % warga masyarakat Bantul. Dalam proses rekrutmen penerimaan tenaga bantu di pemda Kab. Bantul kami berusaha akuntabel dan transparan.

Dalam Program Rastra agar data yang disampaikan ke kita agar sesuai dengan yang berhak menerimanya, maka saya himbau agar para Kadus dan Rt diwilayahnya dapat mendata dengan baik. Saya harap kerja sama dari semua unsur dan elemen dimasyarakat agar dapat menyelesaikan masalah kemiskinan diwilayahnya.

Saya akan menerima saran maupun masukan dari warga masyarakat sehingga dengan saran dan masukan dari masyarakat dapat membantu untuk mensejahterakan warga masyarakat.
UKM akan kita usahakan tanpa agunan melalui koperasi dan pemda Kabupaten Bantul akan menganggarkan dana kurang lebih 2 Milyar.

Pemda Kab.Bantul sekarang telah membentuk Badan Narkotika Kabupaten dan saya harapkan kepada warga masyarakat agar memberikan informasi jika diwilayahnya terdapat pesta narkotika maupun miras.

Sarasehan selesai pukul 22.30 wib dengan aman dan lancar, dengan pengamanan oleh personil Polsek Pundong. (Humas Polsek Pundong)  

Sarasehan Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke 187 Di Pendopo Kecamatan Kretek

Panit Sabhara Iptu Paidi didampingi panit Intel Ipda Wiyana menghadiri acara sarasehan hari jadi Kabupaten Bantul ke 187 di Pendopo Kecamatan Kretek. Jumat (29/6/2018) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bantul  Riyantono Msi beserta Rombongan, Camat  Kretek Cahya Widada S.Sos,MH, Danramil Kretek Kapten Inf. Wardani, Kepala desa seKecamatan Kretek dan kelompok mocopatan Respatipalguno dari kecamatan Kretek serta sekira 75 undangan.

Tema sarasehan ini "Dengan semangat makaryo bangun desa kita berdayakan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan " .

Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan pengembangan produktif yang ada, kita dorong usaha usaha jasa, industri yang ada diwilayah agar dapat membantu pengentasan kemiskinan dengan memperhatikan aspek aspek ekonomi.

Adapun cara mengurangi kemiskinan yang ada diwilayah Kabupaten Bantul diantaranya Pemberdayaan masyarakat dalam bidang Ekonomi dengan adanya potensi yang ada diwilayah masing-masing. Oleh karena itu Perlunya memanfaatkan pantai selatan agar wisatawan bisa mengunjungi kecamatan Kretek lebih meningkat sehingga secara tidak langsung dapat menambah pemasukan warga sekitar.

Kemiskinan tidak bisa berhenti, marilah kemiskinan kita kurangi dengan memberikan santunan kepada kaum miskin, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Hadiri Syawalan Keluarga Besar Pemerintah Desa Ngestiharjo

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH mewakili Kapolsek Kasihan Kompol Supardi menghadiri Syawalan dan Silaturahmi keluarga Besar Pemerintah Desa Ngestiharjo di Gedung Pertemuan B2P2KS Dusun Sonosewu, Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jum'at (29/06/2018) pukul 19. 30 wib.

Syawalan  dan Silaturahmi diselenggarakan oleh pemerintah desa ngestiharjo tersebut di hadiri oleh Sekcam Kasihan  Suparmadi, SIP. M.Si dan jajaran, Kepala Puskesmas Kasihan II  Eko Budi Santoso, SST. M.Kes., Kepala Kua Drs. H. Imam Mawardi, MSI., Lurah Desa Ngestiharjo  Oni Oktavani dan jajaran, Ketua BPD dan anggota,  Ketua FKPM dan anggota,  Kaum rois dan takmir masjid, Bhabinkantibmas, Babinsa.

Kegiatan Syawalan   ini dalam rangka menjalin silaturahmi dan upaya saling memaafkan. Kegiatan ini dihadiri tamu undangan sekira  350 orang, terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Sarasehan Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Bantul Yang Ke 187 Di Kantor Kecamatan Srandakan

Bertempat di aula kantor Kecamatan Srandakan pada hari Kamis tanggal 28 Juni 2018 dimulai pada pukul 20.30 wib telah berlangsung kegiatan sarasehan dalam rangka hari jadi Kabupaten Bantul yang ke 187 dengan tema Dengan Semangat Makarya Bangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Helmy Jamharis, Sekretaris Dinas Koperasi UKM Dan Perindustrian Dra.Annihayah, M. English, Dra.Kesi Irawati dari Dinas Irawati dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Dra.Supri Hastuti, MM dari Dinas Perpustakaan dan kearsiapan Kab.Bantul,Suparman, SH Kabag Hukum Kab.Bantul, Rujiyem dari bagian Humas dan protokol Kab.Bantul, Dra.Lies Ratriana, MSC Kabag Organisasi Kabupaten Bantul, Drs. Mujahid dari Bappeda Kabupaten Bantul, Bpk.Agus dari Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Camat Kecamatan Srandakan Bpk. Sukirna, Kapolsek Srandakan Kompol Slamet, Danramil Srandakan Kapten Diya S, Para kepala UPD se Kecamatan Srandakan, PJ Kepala Desa Trimurti Dan Kepala Desa Poncosari, Para undangan yang terdiri dari para tokoh masyarakat.

Sambutan dari camat Srandakan mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dalam acara sarasehan hari jadi Kabupaten Bantul sekaligus mengucapkan terima kasih kapada semua pihak yang telah mendukung khususnya kepada pemerintah kabupaten Bantul yang telah memfasilitasi akan terselenggaranya acara sarasehan. Selanjutnya dirinya memohon pamit karena akan memasuki masa pensiun.

Sambutan Bupati Bantul yang dibacakan oleh asisten I bidang pemerintahan kabupaten Bantul Drs. Helmy Jamharis, yang pada intinya Bupati Bantul mengajak semua pihak untuk bersama sama mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mengurangi dan mengatasi masalah kemiskinan.

Selain itu timbulkan budaya malu pada diri kita masing masing, bila memang tidak miskin jangan suka menerima bantuan yang seharusnya bantuan Itu hanya untuk warga kurang mampu.

Paparan sarasehan oleh Sekcam Srandakan bapak Toto Pamuji. Secara garis besar Bapak Sekcam memaparkan hal hal tentang permasalahan yang ada di kecamatan Srandakan dan program program penanggulangannya.
Dalam kesempatan tersebut bapak Suratman dari tokoh masyarakat menyampaikan beberapa hal yang bersifat usulan dan permintaan untuk memperbaiki saluran air irigasi, dan jalan wisata yang sudah mengalami kerusakan.

Sebelum acara berakhir terlebih dahulu diadakan pembacaan Doa yang dipandu oleh kepala KUA Kecamatan Srandakan.

Seluruh rangkaian acara sarasehan yang dihadiri sekitar 100 orang dari berbagai unsur tersebut berakhir pada pukul 22.00 wib dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Srandakan)

Syawalan TP PKK Kecamatan Sanden

TP PKK Kecamatan Sanden melaksanakan Syawalan di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan Sanden, Jum'at (29/06/2018) jam 13.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sanden Slamet Santoso, SIP, Brigadir Eko Marwanto, S.Psi mewakili Kapolsek Sanden, Sekcam Sanden Rudi Suharto, SIP MM, Ketua TP PKK Kecamatan Sanden Agustin Slamet Santoso, Ustadzah Dra. Hj. Sayuti, MM, Lurah Desa Gadingsari Mashuri, Lurah Desa Srigading Wahyu Widada, SE serta tamu undangan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an dilanjutkan dengan menyanyikan mars PKK dan ikrar syawalan.

Ketua TP PKK Kecamatan Sanden mengucapkan selamat Hari Raya Idhul Fitri 1439 H, dan berharap dapat bertemu kembali di Idhul Fitri yang akan datang. Semoga dengan jalur PKK dapat menjadi cara mengabdi kepada negara dan kegiatan ini dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan peran serta PKK bagi masyarakat, katanya.

Sementara itu, Camat Sanden menyatakan bahwa momen Idhul Fitri adalah momen terbaik untuk saling memaafkan, namun alangkah lebih baik apabila untuk saling memaafkan tidak menunggu Idhul Fitri. Karena menurut ajaran Islam memaafkan adalah suatu sikap yang terpuji, katanya.

Acara dilanjutkan dengan hikmah syawalan yang disampaikan oleh Dra. Hj. Sayuti, MM. Dalam tausyiyahnya Dra. Hj. Sayuti, MM mengatakan bahwa dalam bulan Syawal adalah momen untuk meningkatkan kualitas ibadah dan beramal. Dengan banyaknya beramal tidak akan mengurangi harta. Sayuti berharap, selepas bulan Syawal kualitas dan kuantitas dalam beribadah jangan sampai berkurang namun justru harus meningkat. (Humas Polsek Sanden)

Syawalan P3 A Di Dusun Jaten

Bhabinkamtibmas Desa  Triharjo Bripka Subawa,S.H menghadiri Pertemuan rutin P3 A di lanjutkan Syawalan di  rumah bapak Kiswo Subagyo Dusun Jaten Rt 03, Triharjo, Pandak. Jumat,  29 Juni  2018 pukul, 20.00 Wib

Syawalan dihadri oleh Kepala BKSDA DIY,  Ketua korwil Bantul Selatan, Camat Pandak di wakili Kasi Kesejahteraan bapak Watiman, Babinsa Koramil Sertu Agus Sutrisno, Pengurus P3A dan petani di wilayah Desa Triharjo, Caturharjo serta Trimurti, Tokoh warga setempat.

Kegiatan dengan sambutan dari bapak Jaten dan dari Pandak  kemudian dilanjutkan ikrar syawalan danramah tamah dengan orgen tunggal. (Humas Polsek Pandak)

Sarasehan Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke-187 Di Pendopo Kecamatan Jetis

Kapolsek Jetis AKP S Parmin bersama jajaran Kanit dan Kasi Polsek Jetis  menghadiri sarasehan sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-187 di Pendopo Kecamatan Jetis Bantul, Jumat (29/06/2018) pukul 20.00 WIB.

Kegiatan dihadiri oleh Tim  Kabupaten Bantul yang pimpin Bambang Guritno Asisten perekonomian dan pembangunan  bersama anggota 14 orang. Kegiatan juga dihadiri oleh  Muspika Kecamatan Jetis Kepala Dinas dan Instansi Kecamatan Jetis,  Lurah Desa, Ketua BPD, LPMD, Toga, Tomas, PKK dan Karangtaruna se-Kecamatan Jetis

Tema sarasehan tahun ini adalah Dengan Semangat Makaryo Bangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan.

Dalam sambutannya Camat Jetis Ibu Dra Endang Rachmawati MM mengucapkan selamat datang kepada para hadirin. Beliau berharap dengan Sarasehan ini dapat memajukan Kecamatan Jetis, maju di berbagai aspek ke depannya, terutama dalam mengurangi angka kemiskinan seperti tertuang dalam tema sarasehan malam ini. (Humas Polsek Jetis)

Pertemuan Rutin Paguyuban Pamong Desa Bangunjiwo

Jumat (06/26/2018) Sore segenap Pamong Desa Bangunjiwo melaksanakan pertemuan rutin Paguyuban Pamong Desa Bangunjiwo. Pertemuan kali ini diselenggarakan di Rumah Dukuh V Salakan yaitu Pitoyo.  

Pertemuan ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas desa Bangunjiwo, Pamong Desa lengkap dengan keluarganya. Acara ini menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi dan keguyubrukunan anggota paguyuban serta untuk menyampaikan berbagai informasi pemerintahan dan kegiatan - kagiatan lainnya untuk kemajuan Desa Bangunjiwo.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengumpulan koin dari Pamong Desa untuk dana penanggulangan balita gizi buruk di Desa Bangunjiwo. (Humas Polsek Kasihan)

29 June 2018

Hari Jadi Bhayangkara Ke 72, Polres Bantul Bersihkan Obyek Wisata Watu Lumbung

Personil Polres Bantul beserta Polsek jajaran melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah di kawasan Wisata Watu Lumbung dusun Kretek, Parangtritis, Kretek, Bantul. Jumat (29/6/2018) pagi.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi Kepolisian Negara Republik Indonesia ke 72 tahun 2018 dan sekaligus merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan kawasan wisata di Kabupaten Bantul. Dan sekaligus mempersiapkan tempat yanga digunakan kegiatan oleh personil Polda DIY dan Polres Bantul pada hari Minggu tanggal 01 Juli malam.

Kegiatan kerja bakti tersebut dihadiri Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK, MH, para pejabat Polres Bantul, Kapolsek jajaran beserta ratusan anggota. Personil Polres Bantul beserta Polsek jajaran bahu membahu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan denga membuang sampah dan merapikan kawasan Watu Lumbung.

Sebelum pelaksanaan kerja bakti personil melakukan olah raga jalan santai diseputaran kawasan wisata Watu Lumbung yang diikuti pula oleh Kapolres Bantul.

Dalam kesempatannya penggagas dan pengelola kawasan wisata "Watu Lumbung" Bapak Boy mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres Bantul maupun Polsek Kretek yang dengan suka rela bersedia mengadakan kerja bakti ini, semua ini tentunya akan lebih dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung di Watu Lumbung ini karena tempatnya yang bersih, sehingga pengunjung akan lebih nyaman menikmati indahnya wisata watu lumbung. (Humas Polsek Kretek).

Jajaran Kapolsek Polres Bantul Hadiri Rakor Penguatan 4 Pilar Kebangsaan Di Kab Bantul

Pejabat Polres Bantul dan para Kapolsek jajaran Polres Bantulmenghadiri rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) se-Kabupaten Bantul. Acara yang berlangsung di Gedung Mandhala Saba Madya itu dihadiri oleh Bupati, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, Perwakilan dari Kodim, Perwakilan dari Polres, Camat, Danramil dan Kapolsek se-Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kondusifitas keamanan di wilayah Kabupaten Bantul sangat bergantung pada sinergitas Camat, Danramil dan Kapolsek yang disebut sebagai Forkompincam, karena merekalah yang paling mengetahui keadaan di wilayah masing-masing.

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan saat ini adalah maraknya ujaran kebencian di media sosial. Apapun bentuknya ujaran kebencian tentu berpotensi menimbulkan konflik, Ujar Bupati.

"Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh Forkompincam bisa mengajak masyarakat untuk berhati-hati menyikapi berita yang belum tentu kebenarannya. Dukuh, Bhabin dan Babinsa saya harapkan terus menerus membangun sinergitas untuk deteksi dini pendatang baru di setiap dusun," pesan Bupati.

Dalam kesempatan tersebut pemateri dari Kasdim 0729 Bantul Mayor Infanteri Suwarno dan moderator Asisten Pemerintahan Drs. Helmi Jamharis, MM.

Dalam uraiannya Mayor Infanteri Suwarno menerangkan bahwa, perlunya penguatan Empat (4) Pilar Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Empat pilar kebangsaan-kebangsaan tersebut adalah : Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kita sepakat bersatu dalam naungan Bhineka Tunggal Ika, maka jaga dan pelihara rasa adil dan keadilan, toleransi dan gotong royong. Jauhi dan hindari virus yang mematikan Bhineka Tunggal Ika yaitu : Penyempitan rasa kebangsaan, intoleransi dan individualistik.

Seperti pesan Ir. Soekarno yang berbunyi "Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke."

"Situasi nasional kita sekarang terancam oleh Narkoba, Terorisme, Radikalisme, Komunisme dan Separatisme. Kita harus bersama-sama bersinergi untuk cegah, tangkal dan eliminir hal-hal tersebut dilingkungan kita. Tingkatkan kewaspadaan nasional," tegas Suwarno.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kejaksaaan Negeri Bantul yang baru, Zuhandi, SH, MH, memperkenalkan diri sekaligus mengajak Babinsa untuk mengawal penggunaan dana desa yang sering timbul masalah karena salah dalam pengelolaannya. (Humas Polsek Bantul)

Olahraga Bersama Instansi Di Polsek Pleret

Olahraga bersama instansi kembali digelar oleh Pemerintah Kecamatan Pleret setelah selama Ramadhan dan lebaran ditiadakan. Olahraga bersama kali ini digelar di halaman Polsek Pleret, Jumat (29/6/2018) pagi.

Giat olahraga bersama berupa senam aerobic dengan dipandu oleh instruktur senam Mbak Yeni Yulistiana dari Sanggar Senam 56 Kotagede, Yogyakarta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Pleret M. Alwi, SH, MH, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S dan diikuti oleh Kepala Instansi, ASN, segenap Anggota Polsek Pleret dan Koramil Pleret, Pegawai, para Lurah Desa serta Pamong Desa.

Kapolsek Pleret mengatakan kegiatan olahraga bersama instansi ini sangat baik. Disamping untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, juga untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas kekompakan antar instansi tingkat Kecamatan Pleret.

Setelah kegiatan senam selesai, kemudian dilanjutkan ramah-tamah sambil menikmati hidangan yang telah disediakan. (Humas Polsek Pleret)

Hut Bhayangkara Ke 72, Polsek Imogiri Bagi Bagi Sembako

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo SH  beserta anggotanya melaksanakan Bakti Sosial di wilayah kecamatan imogiri, Jum'at 29/6/2018 pukul 08.00 wib.

Kegiatan bakti sosial dalam rangka Hut Bhayangkara ke 72 th 2018 berupa  penyaluran sembako serta uang tunai kepada warga Kecamatan Imigiri yang kurang mampu serta Warga yang menyandang sakit tidak kunjung sembuh.

Kapolsek Imogiri mengatakan Pelaksanaan bakti sosial dengan anggaran berasal dari kotak peduli Imogiri serta hasil patungan Personel Polsek Imogiri ini bertujuan agar Polsek Imogiri bisa semakin dekat dengan masyarakat serta ikut merasakan apa yang dirasakan warganya.

Adapun paket diserahkan kapada penerima di rumahnya masing masing, mereka yaitu bapak Trisno Sukamto warga Kradenan RT 05, Girirejo, Imogiri, bapak Mul wiyono warga Mojohuro RT 06 sriharjo, imogiri, Ny. Boginem warga Numpukan RT 06, Karangtengah, Imogiri, bapak Sakijo warga Kalidadap RT 06, Selopamioro,  Imogiri, bapak Ponijo warga Nawungan I, RT 05, Selopamioro, Imogiri, bapak Yatin warga Nglorodan Dk Giriloyo RT 04, Wukirsari, Imogiri dan lain lainya. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Hadiri Pertemuan Rutin Kaum Rois Di Dusun Tegallayang

Bhabinkamtibmas desa Caturharjo hadiri pertemuan rutin kaum Rois setiap hari Jumat Kliwon pada pukul 08.00 WIB bertempat di rumah bapak Tumijan alamat di Tegallayang 9 selaku kaum Rois dusun Tegallayang desa Caturharjo. Jumat, 29 Juni 2018.

Pertemuan kaum Rois biasanya diikuti oleh seluruh kaum Rois dari 14 dusun se desa Caturharjo dan kasi Pelayananan yaitu bapak Bunyamin, Amd serta perwakilan dari KUA kecamatan Pandak.

Agenda pertemuan tersebut biasanya meliputi pengajian dan tadarus bersama. Dengan diadakannya pertemuan tersebut akan menciptakan rasa persatuan antar kaum rois. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Piyungan Hadiri Sarasehan Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-187 Kabupaten Bantul

Kapolsek Piyungan menghadiri acara Sarasehan di Aula  Kecamatan Piyungan dalam rangka peringatan hari jadi ke-187 Kabupaten Bantul Tahun 2018, Rabu (27/6).

Dalam sambutannya  Bapak Camat Camat Piyungan Drs. Hery saroyo, mengatakan Kecamatan Piyungan berada di perbatasan dengan Gunung kidul dan Sleman, boleh dikatakan sangat stretegis atau berada di tiga segi emas yang sangat potensial untuk pengembangan wilayah.

Terdiri dari 3 Desa, Sitimulyo, Srimulyo dan Srimartani dengan jumlah penduduk sekitar 52.000 jiwa, selain itu inspirasi dari Bapak Bupati Bantul tentang  semangat makaryo mbangun Desa kita berdayakan masyarakat untuk menanggulangi kemikinan terus kemi kembangkan diantaranya semangat Gotong royong, peningkatan kualitas SDM melalui Pendidikan baik Formal maupun  Non formal di masyakat. 

Mengembangkan potensi wilayah, diantaranya pengembangan Produk Andalan Setempat (PAS), pengembangan obyek wisata, pertanian dan Industri yang diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul Tahun 2018 menggambil tema Dengan Semangat Makaryo Mbangun Deso Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan.

Tema ini mencerminkan semangat dan tekad membangun Bantul dengan melibatkan segenap komponen masyarakat untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Bantul. Dengan semangat tersebut kita bangun Bantul ini sesuai dengan tahapan dan prioritas yang telah ditetapkan menuju Bantul yang semakin baik di segenap aspek kehidupan," Ujar Bupati. (Humas Polsek Piyungan)

Sarasehan Peringatan Hari Jadi Ke-187 Kabupaten Bantul Di Pendopo Kecamatan Kasihan

Kapolsek Kasihan hadiri acara sarasehan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-187 Kabupaten Bantul Tahun 2018 Tingkat Kecamatan di Pendopo Kecamatan Kasihan, Kamis (28/6).

Menurut Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA, Kecamatan Kasihan memiliki 4 Desa yaitu Desa Bangunjiwo, Desa Ngestiharjo, Desa Tamantirto dan Desa Tirtonirmolo. Kecamatan Kasihan terletak dipinggiran perkotaan meskipun seperti itu tetapi kehidupan bergotong-royong sangat menjadi prioritas utama. belum lama ini dibuktikan dengan mengikuti evaluasi lomba desa di tingkat DIY, di Desa Ngestiharjo ternyata semangat kegotong-royongganya sangat tinggi, katanya.

Dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul Tahun 2018 menggambil tema Dengan Semangat Makaryo Mbangun Deso Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan. Tema ini mencerminkan semangat dan tekad membangun Bantul dengan melibatkan segenap komponen masyarakat untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Bantul.

"Dengan semangat tersebut kita bangun Bantul ini sesuai dengan tahapan dan prioritas yang telah ditetapkan menuju Bantul yang semakin baik di segenap aspek kehidupan," Ujar Bupati.

Sebagai penutup Bupati mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk berperan dalam seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul Tahun 2018. Marilah momentum Hari Jadi ini kita gunakan untuk mawas diri. Selanjutnya marilah kita senantiasa melakukan perbaikan, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, untuk mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera. (Sihumas Polsek Kasihan)

Senam Kesegaran Jasmani Di Halaman Kantor Kecamatan Kasihan

Personil Polsek Kasihan mengikuti olah raga Senam Kesegaran Jasmani bersama Muspika Kasihan di halaman Kantor Kecamatan Kasihan Bantul, Jumat (29/06/2018) pukul 07.30 WIB.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat Drs. Susanto, MPA Sekcam Suparmadi, Danramil Kasihan Kapten Inf Rajiko, Jajaran Kasipem Kecamatan Kasihan, Kepala Puskesmas Kasihan II Eko Budi Santoso, ST. M. Kes, Lurah Desa Tirtonirmolo HM Marwan, SH. M.SI, Lurah Bangunjiwo Parjo, ST, M.Si,  Karyawan/Staf,  Pamong Desa Sekecamatan Kasihan, PKK, Kader jumlah 95 orang.

Dalam sambutannya sebagai ketua penyelenggara Danramil Kasihan Kapten Inf. Rajiko mengatakan olah raga bersama bertujuan untuk menjaga kondisi badan agar selalu sehat bagi masyarakat Kasihan terutama bagi Muspika dan karyawan.

Senam SKJ dipandu oleh Instruktur guru senam mbak Cory dari Murtigading Sanden Bantul selesai pukul 09.30 wib dalam keadaan aman dan lancar dilanjutkan ramah tamah. (Humas Polsek Kasihan)

Syawalan 1439 H Di Komplek Masjid An Nur Kecamatan Jetis

Kapolsek Jetis diwakili Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono menghadiri pengajian Syawalan 1439 H di Komplek Masjid An Nur Kecamatan Jetis dusun Kertan Sumberagung Jetis Bantul, Kamis, 27 Juni 2018 malam.

Syawalan dihadiri oleh Camat Jetis, Danramil, Lurah desa Sumberagung bapak Yudi Fahrudin SE, pamong desa Sumberagung, takmir masjid An Nur dan warga sekitar.

Acara yang dibuka  dengan doa dan pembacaan ayat suci Al Quran dilanjutkan dengan Sambutan dari bapak H Indriyanto selaku takmir masjid An Nur menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jemaat dan tamu undangan. Permohonan maaf selama bulan Ramadhan menggangu warga dalam menggugah sahur dengan menggunakan soundsistem.

Camat Jetis Hj Dra Endang Rahmawati saat memberikan sambutan menyampaikan ucapan syukur bahwa saat ini kita dapat berkumpul dalam rangka silaturohmi dan Syawalan. Selamat datang kepada para perangkat pemerintahan dan warga. Mari kita jaga keutuhan dan gotongroyong. Kami pemerintahan Kecamatan jetis berusaha meningkatkan Pelayanan mohon kepada warga Jetis untuk membantu", pintanya.

KH. Asmuni dalam tauziahnya mengajak mari kita mencari ridho dari Allah SWT agar selamat didunia dan Akhirat. Mari kita tetap puasa dan Sholat walaupun dosa itu tidak terlihat. Tetapi amal ibadah akan diberikan di akhirat kelak. Ingat kembali kepada ibu kita yang telah melahirkan jangan sampai kita berani kepada orangtua. Semoga kita saat meninggal kelak dalam keadaan khusnul khotimam. Hormatlah kepada guru yang telah mendidik kita".Jelasnya (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Pajangan Hadiri Sarasehan HUT Ke 187 Kab Bantul Di Kantor Kec Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, S.A.P dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri Sarasehan HUT Ke 187 Kab. Bantul di kantor Kec. Pajangan Kab. Bantul, Kamis malam (28/6/2018).

Sekcam Kec. Pajangan Subarta, S.Sos, M.Si  mewakili Camat Pajangan mengatakan tema kegiatan ini adalah "Dengan Semangat Makaryo Bangun Deso Kita Berdayakan Masyarakat Untuk Mengurangi Kemiskinan", ujarnya.

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih dalam sambutan menyampaikan, Sarasehan ini bertujuan untuk menata Kab. Bantul, yang mana pendiri Kab. Bantul telah mempunyai kiat untuk menata 17 Kec. Di Kab. Bantul menjadi lebih baik. Cita-cita luhur mereka ingin masyarakat Bantul ke depan menjadi lebih baik, mandiri, aman tentram dan damai.

Masyarakat Bantul harus lebih baik dengan penataan pemerintahan mulai dari RT hingga Pemerintah Kab. Bantul. Pendiri Bantul mempunyai nazab pejuang dari Sultan Agung dan Pangeran Diponegoro. Sebagian besar pasukan Pangeran Diponegoro dari Kec. Pajangan. Kita harus mempunyai spirit yang tinggi untuk memperjuangkan cita-cita mereka menjadikan Kab. Bantul lebih baik.

Dokumen cita2 Kab. Bantul tahun yaitu impian, visi kita mewujudkan Kab. Bantul yang sehat cerdas dan sejahtera. Tema kita melakukan penanggulangan kemiskinan secara efektif dengan gotong royong. Penduduk Bantul ± 1 Juta jiwa, penanggulangan kemiskinan merupakan cita-cita dari mendirikan pemerintahan yang ada.

Ada 2 strategi penanggulangan kemiskinan di Bantul, pengurangan beban dengan cara pemberian subsidi dan fasilitasi, Rastra, PKH, pembangunan rumah tidak layak huni dan lainnya. Ke dua Peningkatan kemandirian dengan kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan dan pembukaan akses-akses pemodalan untuk masyarakat.

Bantul memiliki banyak keunggulan, kita menerima delegasi dari berbagai daerah untuk belajar membatik, gerabah dan lain-lain. Keunggulan kita yakni mempunyai tradisi kreatif yang diturunkan dari leluhur kita. Kreatif kita telah mendapat pengharagaan dari Be Craft, Kab. Terkuat kreatifitasnya.

Pariwisata kita telah dinilai dan mendapat anugrah API, kampung adat dan hutan pinus di Dlingo dalam kategori surga yang tersembunyi.

Yang kita berdayakan adalah kemampuan warga untuk memproduksi barang atau jasa untuk mendorong kemandirian mereka. Hari ini industri yang berkembang adalah indutri yang berorientasi dan diserap oleh Pasar.

Penanggulangan kemiskinan ini kita harus kompak untuk menganggarkan yang tujuannya untuk penanggulangan kemiskinan. Kita akan evaluasi penggunaan APBDes se Kab. Bantul agar fokus untuk penanggulangan kemiskinan. Masukan saran dari sarasehan ini sangat berarti untuk pembangunan Kab. Bantul, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan saraseham yang dipandu oleh Sekcam Kec. Pajangan Subarta, S.Sos, M.Si. (Humas Polsek Pajangan)

Penanaman Pohon Mangrove Di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Baros

Babinkamtibmas desa Tirtohargo Brigpol Winarko SH mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan konservasi mangrove pantai Baros, Tritohargo, Kretek, Bantul. Jumat (29/6/2018) pagi.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Bantul dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, Asisten II Bambang Guritno SH, Kepala DLH Drs Masharun MM, Karena OPD Bantul, Muspika, Danposa Samad Peltu Usmanudin HS, Pemdes Tirtohargo serta melibatkan TNI, POLRI, Dinas Instansi, Siswa SMA/SMK, Pramuka dan relawan.

Penanaman bibit pohon mangrove dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia Tingkat Kabupaten Bantul Th 2018 dengan tema "Mengalahkan Polusi Plastik atau Melawan Pencemaran Plastik" yang bertujuan meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Kapala DLH Bantul Drs Masharun MM dalam sambutannya mengucapan terimakasih atas kehadiran tamu undangan dalam rangka  memperingati Hari Lingkungan Hidup SeDunia.

Peringatan hari lingkungan Hidup Se Dunia seharusnya diperingati pada 5 Juni, namun karena bertepatan dengan puasa sehingga baru dapat dilaksanakan hari ini.

Dipilihnya tempat ini karena banyak tanamanan mangrove dan suana sejuk meskipun berada di tepi selatan kabupaten Bantul, apabila dibandingkan dengan daerah lain misal Bali masih perlu ditingkatkan.

Berharap dengan penanaman bibit mangrove  kali ini akan menjadikan kawasan ini menjadi ijo royo royo, harapnya.

Sedangkan Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengucapan terimakasih atas kehadiran tamu undangan.  Hari ini kita berkomitmen membangun lingkungan hidup dan budaya berlingkungan hidup.

Lebih lanjut Drs H.Abdul Halim Muslih mengajak kepada seluruh peserta agar mengelola lingkungan hidup untuk mewariskan kepada anak cucu sebagai generasi yang akan datang.

Diakhir sambutannya Drs H Abdul Halim Muslih mengucapkan selamat memperingati hari lingkungan hidup sedunia, pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penamanan bibit mangrove secara simbolis oleh wakil Bupati Bantul Drs. H Abdul Halim Muslih.

Selama berlasungnya kegiatan situasi lancar terkendali dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)