31 August 2018

Personel Polsek Bambanglipuro Ikut Senam Bersama Muspika

Anggota Polsek Bambanglipuro melaksanakan senam sehat jasmani bersama Muspika di Halaman kantor Credit Union ( CU) Tyas Manunggal Ganjuran, Jumat (31/8/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh anggota Polsek Bambanglipuro, Muspika dan seluruh pegawai pemerintahan yang ada di wilayah Bambanglipuro.

Acara senam bersama yang dilaksanakan rutin di wilayah Bambanglipuro ini sebagai ajang silaturahmi dengan Muspika dan senam untuk menjaga kesehatan jasmani. Dengan harapan agar seluruh anggota dan pegawai yang ada di wilayah Bambanglipuro ini saling mengenal dan memudahkan jika ada tugas yang saling berhubungan antar instansi.

Untuk gerak dan lagu senam bersama Muspika ini dipandu oleh salah satu sanggar senam yang ada di Bantul.Seluruh peserta melaksanakan senam dengan antusias dan sangat bersemangat tanpa mengenal rasa lelah.

Selama kegiatan berlangsung aman dan tertib. Kegiatan senam bersama selesai pukul 09.00 WIB. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Kretek Tuan Rumah Olahraga Bersama Instansi Kecamatan Kretek

Bertempat dihalaman Mako Polsek Kretek telah berlangsung kegiatan olah raga SKJ bersama Muspika dan Instansi Kecamatan Kretek, Jum'at (31/8/2018) pagi.

Muspika Kretek setiap hari Jum'at melaksanakan berbagai kegiatan yang diantaranya adalah PSN dan SKJ. Sedangkan untuk SKJ dilaksanakan dalam satu bulan sekali dengan tempat secara bergilir,dan kali ini Polsek Kretek mendapat giliran tempat untuk pelaksanaan SKJ.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH dan para Kepala Instansi terkait serta para karyawan tersebut disamping agar jasmani tetap sehat juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas kerja yang lebih erat sesuai dengan bidangnya dalam melayani warga masyarakat.

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak dalam kesempatannya atas nama dinas mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta SKJ ini atas kehadirannya,dan mohon maaf jika dalam memberikan segala penyambutan kurang berkenan dihati seluruh peserta, harapnya.

Selesai pelaksanaan senam dilanjutkan dengan ramah tamah dan koordinasi serta evaluasi situasi perkembangan kamtibmas. (Humas Polsek Kretek)

Petugas Gabungan Grebek Kios Penyimpanan Miras di Sewon

Petugas gabungan Polres Bantul, Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI dari Kodim Bantul  menggrebek sebuah kios penyimpanan minuman keras (Miras) di Jalan Imogiri Barat Ngentak Timbulharjo Sewon Bantul, Kamis (30/8/2018) malam.

Dalam penggrebegan ini, petugas berhasil menyita barang bukti  ratusan minuman keras berbagai merek. Sementara pengontrak kios ketika penggrebekan terjadi tidak berada ditempat. 

Sebagaimana diketahui disepanjang jalan itu ada beberapa bangunan kios disewakan kepada warga untuk membuka usaha. Dari deretan kios itu,  ternyata ada satu dijadikan gudang penyimpanan miras.                           

Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Tukirin menjelaskan, penggrebegan ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat adanya peredaran minuman keras  (Miras) dalam skala besar di wilayah Sewon Bantul. 

Saat dilakukan penggrebegan, Petugas sempat mengalami kesulitan masuk ke dalam kios karena semua pintu digembok.   Akhirnya tim gabungan bisa masuk lewat pintu belakang.  Dalam bangunan itu miras ditimbun tumpukan kardus serta kamar sisi selatan. 

AKP Tukirin berharap masyarakat dapat ikut aktif berpartisipasi dalam pengawasan disekitar tempat tinggal. Ketika ditemukan hal mencurigakan terkait peredaran miras atau lainnya bisa disampaikan ke petugas untuk ditindak lanjuti. (Humas Polres Bantul)

Personel Gabungan Sat Sabhara Polres Bantul dan Polsek Pajangan Amankan Pentas Orgen Tunggal di Dusun Kayen

Personel gabungan Sat Sabhara Polres Bantul dan Polsek Pajangan mengamankan pentas Orgen Tunggal di Dusun Kayen RT 03 Sendangsari Pajangan Bantul, Rabu (29/8/2018) malam.

Kepala Dukuh Kayen Bpk. Rusmidi mengatakan kegiatan Orgen Tunggal ini untuk memperingati HUT Ke 73 Kemerdekaan RI dan untuk memberikan hiburan kepada masyarakatnya. Kepada masyarakat yang menyaksikan diharapkan dapat menjaga kondusifitas, jangan sampai ada keributan. Siapa pun yang menyebabkan diberhentikan acara akan dikenakan ganti rugi membayar denda biaya pentas. “Mari kita tingkatkan kerukunan dan persatuan membangun negara RI,” ujarnya.

Kelompok Orgen Tunggal New GRS pimpinan Agus Cilik ditunjuk untuk pentas. Artis yang ditampilkan Rindi Antika, Ana Viana dan Dhanty DKCK.

Acara berlangsung cukup meriah dan berakhir aman jam 23.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. Polres Bantul mengamankan 3 orang yang diduga membuat keributan dan dibawa ke Polres Bantul untuk dilakukan pembinaan. (Humas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Rutin Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas Pagi di Simpang 4 Glagahan

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo, Aiptu Agus Nugroho rutin melaksanakan pengaturan lalu lintas pagi di simpang 4 Glagahan, Caturharjo, Pandak, Bantul. Kamis (30/09/2018) jam 06.30 WIB.

Pengaturan lalulintas ini betujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dan untuk membantu kelancaran masyarakat yang beraktifitas melewati simpang Glagahan.

Setiap pagi di simpang Glagahan ini ramai lalu-lalang masyarakat yang menyebrang. Selain itu juga banyak siswa-siswi yang menyebrang untuk berangkat ke sekolah di SDN Glagahan dan SMPN 2 Pandak sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan maka dari itu perlu kehadiran anggota Polri untuk membantu dalam kelancaran lalulintas di simpang tersebut, tutur Aiptu Agus Nugroho. (Humas Polsek Pandak)

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif, Polsek Pandak Rutin Gelar Patroli Malam

Anggota Polsek Pandak yang dipimpin KSPK Aiptu Suparman beserta anggota melaksanakan Patroli malam hari di perkantoran, sekolah dan obyek vital yang ada di wilayah Kecamatan Pandak, Rabu (29/08/2018) jam 23.00 WIB.

Patroli Polsek Pandak yang dipimpin KSPK Aiptu Suparman melaksanakan patroli dilogis di perkantoran,Sekolah dan obyek vital. Dalam patroli ini Aiptu Suparman juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada penjaga malam di perkantoran dan sekolah agar selalu waspada terhadap orang yang tidak dikenal dan selalu cek apakah gerbang dan pintu ruangan sudah terkunci apa belum.

KSPK Aiptu Suparman juga mengimbau kepada anak muda yang masih nongkrong di sekitar lapangan Wijirejo agar pulang kerumah masing-masing karena sangat rawan bila tengah malam masih berada di jalan. (Humas Polsek Pandak)

Petugas Polsek Pleret, Rutin Laksanakan Pos Pagi

Ditengah padatnya arus lalu lintas pada pagi hari, secara rutin personil Polsek Pleret melaksanakan pelayanan Pos Pagi di sejumlah penggal jalan wilayah Pleret.

Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH, Kamis (30/8/2018), mengatakan, pos pagi digelar mulai pukul 06.30 WIB hingga 07.30 WIB dengan menempatkan personilnya sesuai ploting, baik di persimpangan jalan maupun depan sekolahan.

"Mulai dari Jl. Imogiri Timur, Jl. Jejeran-Pleret dan Jl. Pleret kita gelar personil", terang Kapolsek.

Menurutnya giat rutin pos pagi bertujuan untuk membantu menyeberangkan anak-anak sekolah dan mengatur pengendara lain agar tidak terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Selain melaksanakan pengaturan lalu lintas, petugas juga menghimbau kepada para pengendara atau pengguna jalan untuk selalu menaati aturan berlalu lintas, yaitu demi terwujudnya kamseltibcar lantas di jalan raya", tandasnya. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Pembukaan Sanden Fair 2018

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, SH., MH membuka "Sanden Fair 2018"  di Aula Balaidesa Gadingsari, Sanden, Bantul, Jum'at ( 31/08/ 2018) pukul 09.00 Wib.

Pembukaan Sanden Fair 2018 dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Suharsono, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, SH., MH, Camat Sanden Slamet Santosa, SIP bersama jajaran Muspika, Kepala Dinas Instansi se-Sanden, Ketua panitia Sanden Fair Suyamto, SE, Lurah Desa Se-Kecamatan Sanden beserta Pamong Desa dan anggota Polsek Sanden.

Ketua panitia Sanden Fair 2018 menyatakan bahwa dasar pelaksanaan Sanden Fair adalah  pengembangan wawasan kebangsaan yang bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk unggulan Sanden, menyemarakkaan peringatan Kemerdekaan Indonesia serta mengembangkan UKM yang ada di Kecamatan Sanden. Pelaksanaan Sanden Fair dengan jumlah 60 stan  akan berlangsung selama 2 hari yang akan ditutup dengan pentas ketoprak.

Camat Sanden menjelaskan, kegiatan Sanden Fair merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menampilkan dan memperkenalkan produk unggulan UKM yang ada di wilayah Sanden. Sanden Fair dilaksanakan dengan konsep keserasian produk unggulan berupa makanan maupun non makanan, teknologi, serta pentas budaya. Khusus pada tahun 2018 bekerjasama dengan ahli arkeologi dan mahasiswa arkeologi terkait penelitian pegunungan purba yaitu Gunung Wingko yang ada di wilayah Sanden yang nantinya dapat dikembangkan menjadi obyek wisata arkeologi. Selain itu ditampilkan teknologi pengolahan sampah yang akan menjadi solusi penanggulangan sampah di wilayah Sanden, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, SH., MH dalam sambutan saat membuka Saden Fair 2018 mengatakan, atas nama Pemda Bantul mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan Sanden Fair 2018 dan apresiasi kepada Kecamatan Sanden beserta masyarakat yang telah menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan Kecamatan Sanden.

Dengan kegiatan ini, diharapkan produk dari Sanden dapat terekspos keluar sehingga pasar dapat semakin luas. Sedangkan pentas seni budaya diharapkan dapat meningkatkan kecintaan pada budaya luhur bangsa terutama generasi muda, imbuhnya.

Selama pelaksanaan Sanden Fair 2018, anggota Polsek Sanden bersama Koramil dan FKPM Paksi Katon melaksanakan pengamanan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung maupun stan. (Humas Polsek Sanden)

Olahraga Bersama Instansi Kecamatan Pleret Di Balai Desa Wonolelo

Kegiatan Jumat Sehat atau olahraga bersama antar instansi se Kecamatan Pleret pagi ini digelar di halaman Balai Desa Wonolelo, Pleret, Bantul. Jumat (31/8/2018) pukul 07.30 WIB.

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama anggotanya turut hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. Hadir pula Camat Pleret M. Alwi SH MH, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Kepala Instansi, Plt Lurah Desa Wonolelo Eko Purwanto SIP, Lurah Desa se Kecamatan Pleret, ASN, PNS dan Pamong Desa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah selain menjaga kesehatan jasmani, sekaligus sebagai sarana komunikasi, memelihara keharmonisan dan juga dapat meningkatkan kerjasama yang sinergis antar instansi.

Olahraga bersama berupa senam aeribic, dengan dipandu oleh instruktur senam Mbak Nur Jazimah dari Sewon, Bantul. Setelah senam selesai, kemudian dilanjutkan ramah tamah sambil menikmati hidangan yang telah tersedia. (Humas Polsek Pleret)

Meriahkan HUT Polwan ke-70, Polwan Polres Bantul Gelar Lomba Balap Karung di Pantai Goa Cemara

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi dan Pembinaan Tradisi HUT Polwan ke-70 Tahun 2018, seluruh Polwan Polres Bantul melaksanakan kegiatan olah raga bersama di Komplek Obyek Wisata Pantai Goa Cemara Gadingsari, Sanden, Bantul, Jum'at (31/08/2018) pagi.

Kegiatan yang mengambil tema "Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 &  2019" ini dihadiri Kapolres AKBP Sahat Marisi M. Hasibuan, S.I.K, Ketua Cabang Bhayangkari Bantul selaku Ibu Pembina Polwan Ny. Debora Sahat M. Hasibuan beserta jajaran Pengurus Cabang, Pejabat Utama Polres Bantul, Kapolsek Sanden AKP Riwanta dan seluruh anggota Polwan Polres Bantul.

Olahraga yang dilakukan adalah jalan sehat menempuh jarak sekitar 2,5 km dengan rute start Pantai Goa Cemara-Pertigaan JJLS pintu masuk Pantai Goa Cemara-perempatan Cangkring-Penangkaran Penyu-Finish Pantai Goa Cemara.

Selain olahraga dalam rangka Pembinaan Tradisi HUT Polwan ke 70, dalam kesempatan tersebut Pengurus Cabang Bhayangkari Bantul juga melaksanakan bhakti sosial yaitu bersih-bersih pantai di kawasan obyek wisata Pantai Goa Cemara dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) Ke-66 Tahun 2018.

Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan, S.I.K didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Bantul Ny. Debora Sahat M. Hasibuan dan Pakor Polwan Polres Bantul AKP Rapiqoh SH, saat mengibaskan bendera start jalan sehat mengungkapkan, selain dalam rangka Pembinaan Tradisi HUT Polwan ke 70, kegiatan ini juga merupakan rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan, S.I.K juga memberikan piagam penghargaan kepada Bripka Reni Anggraeni anggota Sat Lantas Polres Bantul atas prestasinya meraih juara 4 lomba menembak Polwan se-Indonesia dalam rangka pembinaan Tradisi HUT Polwan di Bali.

"Semoga Polwan Polres Bantul selalu meningkatkan prestasi dan menjaga kekompakan baik dengan sesama Polwan maupun atasan dalam melaksanakan tugas menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Bantul," ujar Kapolres Bantul.

Guna memeriahkan acara dan menjalin keakraban, juga diadakan berbagai lomba diantaranya lomba balap karung, lomba kelereng dan lomba bola estafet yang diikuti Kapolres Bantul, Ketua Cabang Bhayangkari dan pengurus cabang serta anggota Polwan. (Humas Polsek Sanden)

30 August 2018

Polsek Bambanglipuro Bersama Instansi Terkait, Gelar Razia Pelajar Bolos Sekolah

Instansi gabungan yang terdiri dari Polsek Bambanglipuro, Koramil, Sat Pol PP Kabupaten Bantul dan Kecamatan Bambanglipuro menggelar razia secara bersama -sama,  Kamis (30/08/2018) pagi.

Razia dilakukan di beberapa titik di wilayah Bambanglipuro diantaranya seperti warung-warung,  kios buah, warnet, dan tempat-tempat yang biasa digunakan para pelajar untuk nongkrong.

Petugas berhasil mengamankan pelajar saat mereka sedang asik duduk-duduk sambil ngobrol bareng temannya. Pelajar yang terjaring kemudian digelandang ke sekolahnya untuk dilaporkan kepada wali murid dan selanjutnya dilanjutkan pendataan.

Selain mendata nama masing-masing siswa, pihak Satpol PP juga memberikan surat pernyataan kepada pelajar yang terjaring untuk bersedia belajar saat jam sekolah serta tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Surat pernyataan wajib dilaporkan kepada Kepala Sekolah dengan ditandatangani siswa dan orang tua siswa.

Razia pelajar digelar setelah banyak keluhan dari masyarakat mengenai keberadaan siswa yang membolos saat jam sekolah, selain itu juga untuk mencegah terjadinya aksi tawuran di wilayah Bambanglipuro. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polisi Bantu Menyeberangkan Anak Sekolah Di SMPN 2 Sanden

Bhabinkamtibmas desa Gadingharjo,Sanden melaksanakan pos pagi membantu menyeberangkan anak sekolah di SMPN 2 Sanden. Kamis, 30 Agustus 2018 jam 06.20 Wib.

Pos pagi adalah sebuah kegiatan untuk melaksanakan tugas pengaturan arus lalu lintas di titik rawan kemacetan atau didepan sekolahan yang ada di kecamatan Sanden sebelum melaksanakan apel pagi pada sasaran atau lokasi yang telah ditetapkan.

Waktu pos pagi dimulai jam 06.00 sampai 08.00 Wib, titik lokasi pos pagi beserta personil sudah ditetapkan sesuai jadwal yang telah disusun berdasarkan analisis kerawanan Kamtibselcar Lantas (Keamanan Ketertiban Keselamatan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas).

Kewajiban Pos pagi tersebut  dilaksanakan oleh seluruh personel Polsek Sanden yang berpakaian dinas serta rompi Polri wajib dipakai dalam melaksanakan Pos pagi.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta mengatakan bahwa setiap pagi hari anggotanya diterjunkan di penggal jalan maupun depan sekolahan guna melakukan pos pagi pengaturan arus lalu-lintas. Pos pagi ini dilakukan setiap pagi untuk melancarkan arus lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Pengaturan arus lalu-lintas dilaksanakan di pagi hari karena mulai pagi masyarakat mulai berangkat menjalankan aktifitasnya, ada yang menuju tempat kerja, ke pasar ataupun ke sekolah, kata Kapolsek Sanden. (Humas Polsek Sanden)

Evaluasi PAAR Di Pendopo Balai Desa Caturharjo

Kamis (30/08/2018) TP-PKK desa Caturharjo mengadakan evaluasi PAAR  oleh Tim Evaluasi dari DIY yang dilaksanakan pada Rabu (29/08/2018) pukul 09.00 WIB di Pendopo Balai Desa Caturharjo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pamong desa, Muspika Pandak, TP-PKK Kecamatan Pandak, TP-PKK Kabupaten Bantul, Bhabinkamtibmas desa Caturharjo, tokoh masyarakat. TIM Evaluasi DIY disambut oleh drumband Hizbul Wathan cabang Pandak Barat dan senam lansia dari dusun Samparan.

Dra. Sri Kayatun mengucapkan ucapan selamat datang kepada Tim Evaluasi dari DIY. Mars PKK sangat penting dalam kehidupan. Segala kehidupan tercermin dalam mars PKK. Seperti halnya program PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) juga sangat penting, karena mereka merupakan penerus generasi bangsa.

Program PKK ini selalu bersinergi dengan muspika Pandak. Salah satunya adalah kegiatan pengentasan kemiskinan dengan program RTLH untuk warga miskin. Program-program yang ada di desa telah sesuai dengan visi dan misi kabupaten Bantul. Evaluasi ini merupakan bagian koreksi diri untuk lebih baik, segala koreksi yang nantinya akan kami tindak lanjuti.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bantul (ibu Hj. Erna Suharsono) mengucapkan apresiasi untuk program PAAR oleh TP-PKK desa Caturharjo. Program ini mengerahkan masyarakat yang berkaitan Pola Asuh dan Remaja dikalangan keluarga dengan penuh cinta kasih. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Kretek Takziah Ke Almarhumah Nyai Krasno Sugiyarto

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak pimpin langsung anggotanya melaksanakan takziah kerumah duka Almarhumah Nyai Krasno Sugiyarto (78) di Rt 07 Dusun Mancingan XI Parangtritis, Kretek. Kamis (30/8/2018) pagi. Almarhumah merupakan ibu kandung Carik Desa Parangtritis Wursidi.

Meninggal pada hari Rabu 29 Agustus 2018 pukul 21.55 wib di RSU Panembahan Senopati Bantul karena sakit dan meninggalkan 4 orang anak serta 9 cucu. Almarhumah dimakamkan pada hari Kamis 30 Agustus 2018 pukul 14.00 wib dimakam Gede dusun Grogol X Parangtritis, Kretek.

Dalam kesempatannya Kompol Leo Fasak atas nama Polsek Kretek mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya Almarhumah, semoga diterima segala amal baiknya dan diampuni segala dosanya,keluarga yang ditinggalkan dapat menerima dengan iklas serta diberikan ketabahan. (Humas Polsek Kretek)

Penyambutan Siswa SIPSS di Pantai Baru Parangtritis

Bertempat di Pantai Baru Parangtritis Kretek Bantul telah dilaksanakan kegiatan penyambutan siswa SIPSS dari Akpol Semarang yang berjumlah 17 personil. Kamis (30/8/2018) pagi. 

Siswa Laja di Polres Bantul tersebut dalam kegiatannya didampingi oleh Kasubagpers Polres Bantul AKP Ropiqoh dan diterima Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak beserta anggota.

Dalam kesempatannya Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak memberikan ucapan selamat datang pada para siswa dan pendamping serta minta maaf bila dalam penyambutannya kurang berkenan.

Selamat berlibur di Pantai Parangtritis Kretek Bantul dan berhati-hati dalam sisa sisa pendidikan, jaga kesehatan dan tetap semangat. Semoga sampai selesai pendidikan mendapat hasil yang memuaskan dan dapat berguna bagi Nusa dan Bangsa Indonesia, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek)

Pengamanan Pentas Ketoprak Di Dusun Nanggul Triwidadi

Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Sunaryo dan Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri pentas ketoprak di rumah bapak Panut dusun Nanggul Rt 04 Triwidadi, Pajangan, Rabu, 29-08-2018 pukul 21.00 Wib.

Pentas kethoprak dalam rangka HUT RI ke 73 dihadiri oleh Anggota DPRD Tk I Prop DIY bapak Joko Purnomo, Lurah desa Triwidadi bapak Slamet Riyanto, Kadus Nanggul bapak Wakimin, para Ketua RT, dan ratusan warga.

Dalam sambutanya Lurah desa Triwidadi mengatakan pentas kethoprak saat ini sudah agak lunthur maka siapa lagi yang akan melestarikan budaya kethoprak ini kalau bukan generasi saat ini. Oleh karena itu saya mengajak marilah kita lestarikan budaya kita ini, ajaknya.

Pentas Ketoprak selesai dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Humas Polsek Pajangan)

Polsek Bantul Rudin Adakan Pembinaan Rohani dan Mental

Polsek Bantul mengadakan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) berupa pengajian di Mushola Al Ihtihad Kompleks Polsek Bantul, Kamis (30/8/2018).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap hari Kamis yang bertujuan untuk membentuk karakter angggota Polri menjadi lebih humanis, ikhlas dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas sehingga dicintai masyarakat.

Pengajian diikuti oleh Kapolsek, Para Perwira, Bintara dan PNS khususnya yang beragama Islam.

Kegiatan rutin ini diawali dengan pembacaan surat Yasin. Dan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustdz Muchsin dari Jomblang Mulyodadi. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Jetis Pamit Pindah Tugas

Kapolsek Jetis AKP S Parmin berpamitan pindah tugas kepada jajaran Muspika Kecamatan Jetis, Kepala Dinas Instansi, serta Lurah dan pamong yang hadir Pada Saat Rapat  Koordinasi Muspika Kecamatan Jetis, Kamis 30/8/2018.

Kapolsek Jetis AKP S Parmin yang hadir di tengah tengah peserta Rapat koordinasi menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan Hut Kemerdekaan RI ke 73 pengibaran Bendera merah Putih yang dilaksanakan Paskibra berjalan dengan sangat baik berkat dukungan semua pihak, di agenda yang akan datang Polsek Jetis dan Koramil siap untuk mendukung program yang ada, terkait dengan rencana Binluh pekat, kami jajaran Polsek Jetis siap untuk menyiapkan materi sebagai Nara Sumber, tegasnya.

Diakhir sambutan AKP S Parmin menegaskan situasi kamtibmas diwilayah polsek Jetis masih terkondisi kondusif, "Kapolsek berharap kita sama sama untuk menciptakan situasi kondusif dengan menjaga lingkungan masing masing, sebentar lagi kita akan melaksanakan pilurdes mari kita sama sama untuk saling mengingatkan warga kita untuk menjaga keharmonisan selama pemilihan Lurah desa di Desa Patalan dan Sumberagung.

Diakhir sambutannya, Kapolsek Jetis berpamitan, dalam waktu dekat akan melaksanakan serah terima jabatan, permohonaan maaf apabila dalam bergaul selama 1 tahun ini selama menjabat Kapolsek ada kekurangan dan kesalahan mohon maaf yang sebesar besarnya, pamitnya.

Diakhir kegiatan Camat jetis mengucapkan terimakasih kepada jajaran muspika dan kepala dinas instansi serta lurah desa yang telah mensukseskan kegiatan upacara 17 Agustus 2018, serta membentuk tim Paskibraka, dan kita jajaran muspika dan ASN TNI Polri, beberapa hari yang lalu kita menyalurkan bantuan beruapa air bersih kepada warga di daerah panggang Wonosari, kita juga menyumbangkan sejumlah dana yang akan digunakan takmir masjid Aqoliah membuat sumur mata air secara manual, jelasnya. 

"Selanjutnya masih banyak agenda ke depan mari kita saling sama sama bersinergi mensukseskan kegiatan di bulan September 2018 yang akan datang, utamannya rencana kita akan menyelenggarakan acara senam massal yang akan diikuti kurang lebih 1000 orang", tegas bu Camat. (Humas Polsek Jetis)

Kunjungan Tim Supervisi Sat Intelkam Ke Polsek Jetis

Kapolsek Jetis AKP S Parmin di dampingi anggota Intel Polsek Jetis Aiptu Kusbiantoro,SH menerima kunjungan tim supervisi fungsi Intelkam Polres Bantul di Mapolsek Jetis. Rabu, 29/08/2018.

Ipda Darmanto, S.H. selaku Ka Tim supervisi menyampaikan, kegiatan supervisi ini bertujuan guna mengecek kesiapan baik data-data maupun kesiapan anggota fungsi Intelkam di Polsek Jetis dalam menghadapi Pemilu 2019.

Tim supervisi fungsi Intelkam Polres Bantul yang beranggotakan 4 anggota setiba di Mapolsek Jetis langsung melaksanakan pengecekan di fungsi intelkam, dengan teliti mengecek data-data dan produk-produk intel maupun tentang penyerapan anggaran.

"Secara keseluruhan baik data-data pemilu 2019, kesiapan personil sudah cukup baik, dan penyerapan anggaran pun sudah sesuai aturan yang berlaku", jelas Ipda Darmanto. (Humas Polsek Jetis)

Layani Masyarakat, Personel Polsek Dlingo Laksanakan Pos Pagi di SD Negeri 2 Temuwuh

Personel Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Ari Hardono dan Aipda Gunaryo di depan SD Negeri 2 Temuwuh, Kamis (30/8/2018). Mereka melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Dlingo)

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Amankan Pentas Seni Kethoprak di Gedung Pak Pele Sembungan

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka bersama Babinsa mengamankan Pentas Seni Kethoprak di  Gedung Pak Pele Sembungan RT 01, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Rabu (29/08/2018) pukul 21.00 WIB.

Pentas Kethoprak ini diselenggarakan oleh  Komunitas Agus Bumi Indonesia dalam rangka HUT RI ke 73 dengan ketua panitia Agus Widiyatmaka dengan Lakon Suminten Ora Sido Edan. Hadir dalam pentas tersebut Muspika Kasihan, Pamong Desa Bangunjiwo, undangan dan pengunjung.

Tujuan Pentas Kethoprak  malam hari ini sebagai wadah untuk menyalurkan bakat generasi muda di bidang  seni. Ternyata di Dusun Sembungan Bangunjiwo ini banyak potensi seni yang belum tersalurkan. Dengan harapkan kegiatan seperti ini tetap di gelar, sehingga bakat- bakat seni yang ada di Dusun Sembungan dapat di gali secara optimal.

Selama pentas berlangsung Bhabinkantibmas dan Babinsa Bangunjiwo melakukan pantauan kamtibmas yang dihadiri oleh ratusan pengunjung terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Keluarga Besar Polsek Piyungan Anjangsana ke Rumah Aiptu Agung Marsono

Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta bersama keluarga besar Polsek Piyungan, anjangsana ke rumah anggota Binmas Polsek Piyungan Aiptu Agung Marsono di perum Pemukti Baru Tlogo Prambanan Klaten Jateng, Rabu (29/8/2018) pukul 13.00 WIB.

Banit Binmas Polsek Piyungan Aiptu Agung Marsono menderita sakit diabetes sejak tahun 2011. Kemudian pada tahun 2015 komplikasi ke ginjal serta strok dan lumpuh sehingga harus istirahat total.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek mendoakan dan memberikan suport agar Aiptu Agung cepat sembuh dan keluarganya sabar dalam merawatnya. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Srandakan Hadiri Pentas Seni Budaya Pagelaran Wayang Topeng

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet dan Bhabinkamtibmas desa Trimurti Kecamatan Srandakan Brigadir Eko Rustamaji menghadiri pentas seni budaya pagelaran wayang topeng bertempat di balai budaya desa Trimurti kecamatan Srandakan kabupaten Bantul. Selasa (28/8/2018) pukul 20.00 WIB.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dan merupakan program pemerintah kabupaten Bantul dalam rangka melestarikan kesenian budaya di wilayah Kabupaten Bantul.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Sunarto, Muspika Kecamatan Srandakan, Ketua Desa Budaya Trimurti Bpk.  Susanto,Tokoh masyarakat Desa Trimurti serta penonton sekitar 500 orang. (Humas Polsek Srandakan)

Kanit Lantas Polsek Pleret Laksanakan Dikmas Lantas di SDN Segoroyoso

Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani bersama anggotanya melaksanakan giat Dikmas Lantas di SDN Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Rabu (29/8/2018) pagi.

Kegiatan dikmas lantas diikuti oleh 56 siswa-siswi kelas V dan VI dengan didampingi Kepala Sekolah Drs. Slamet Jauhari serta para guru. Adapun materi yang disampaikan yaitu menjadi pelopor keselamatan lalu lintas sejak dini.

Menurut Kanit Lantas kegiatan ini bertujuan menanamkan kesadaran generasi muda sejak usia dini untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan ketika suatu saat sudah bisa dan diperbolehkan untuk berkendara.

Lanjutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang maksimal kepada anak-anak usia dini, jika di masa depan berkendaraan bermotor agar tertib mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan serta bisa menjadi pelopor kese­lamatan berlalu lintas. (Humas Polsek Pleret)

Kanit Provos Polsek Pandak Hadiri Kegiatan PAAR di Desa Caturharjo

Kanit Provos Polsek Pandak Ipda Parmanta menghadiri kegiatan PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) POKJA I dari TP PKK Provinsi DIY bertempat di balai desa Caturharjo, Pandak, Bantul, Rabu (29/08/2018) jam 09.30 WIB.

Hadir juga dalam acara tersebut TP PKK Provinsi Ibu Suryatinah beserta 3 anggota, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ibu Hj Erna Kusumawati Suharsono, Camat Pandak Dra Sri Kayatun, Kapolsek Pandak Diwakili Kanit Provos Ipda Parmanta, Kepala  Puskesmas Pandak 2 Haryati A.Md., Keb, Lurah desa Caturharjo Budi Suryanto BA beserta ibu, Ibu-ibu PKK Desa Caturharjo jumlah 100 dan Group drum band dari Hisbul Waton.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua PKK Kabupaten Bantul ibu Hj Erna Kusumawati Suharsono yang mengucapkan terimakasih atas kesiapan dan sambutan dari PKK Desa Caturharjo dan semoga nantinya dapat mewakili tingkat Nasional. Kami mewakili dari Desa Caturharjo minta maaf apabila banyak kekurangan dalam menyambut Team dari PKK Propinsi Yogyakarta.

Ibu Suryatinah mengatakan bahwa kami akan melihat hasil implementasi dari PAAR dan kami berharap PKK Desa Caturharjo bisa mewaakili ke tingkat Nasional. Disini kami berharap ibu ibu semua melaksanakan pola asuh anak semenjak anak masih di kandungan dan kami juga berharap Pandak bisa menciptakan inovasi dan bisa memanfaatkan potensi yang ada.

Acara di lanjutkan evaluasi data tentang PAAR di ruang PKK Desa Caturharjo Pandak Bantul. Selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif. (Humas Polsek Pandak)

Personel Polsek Bambanglipuro Amankan Orgen Tunggal di Lapangan Voli Dusun Selo

Personel Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan hiburan musik orgen tunggal di Lapangan Voli Dusun Selo Sidomulyo  Bambanglipuro, Rabu (29/8/2018) malam. Pengamanan dipimpin oleh Kanit Provos Polsek Bambanglipuro Ipda Suhariyanto.

Pada pengamanan tersebut petugas Polsek Bambanglipuro memberikan imbauan serta pesan Kamtibmas agar warga yang menonton turut menjaga keamanan dan ketertiban. Penonton juga dilarangg mengkonsumsi minuman keras karena dapat berdampak pada perbuatan yang bisa menimbulkan kegaduhan. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menonton maupun para tamu undangan lainnya.

Acara orgen tunggal itu sendiri digelar oleh warga dalam rangka penutupan rangkaian kegiatan karang taruna Dusun Selo dan peringatan HUT RI ke 73.Selain itu untuk memberikan hiburan bagi warga masyarakat Dusun Selo dan sekitarnya.

Selama hiburan musik orgen tunggal berlangsung, personel Polsek Bambanglipuro bersama Koramil  Bambanglipuro serta FKPM desa Sidomulyo melaksanakan pengamanan hingga berakhir pada pukul 23.30 WIB dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Bambanglipuro)


29 August 2018

Warga Dusun Mrisi Gantung Diri

Kapolsek Kasihan beserta Tim Identifikasi Polres Bantul dan Puskesmas Kasihan mendatangi TKP orang gantung diri di dusun Mrisi Rt 07 Tirronirmolo Kasihan Bantul. Rabu, 29 Agustus 2018 pukul 12. 45 wib.

Korban adalah Budiraharjo Ngadiyo (63) warga Mrisi Rt. 07 Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Berdasarkan keterangan hasil pemeriksaan dari Tim Identifikasi Polres Bantul dan Dokter dari Puskesmas Kasihan II dinyatakan tidak ada tanda tanda penganiayaan, dan dimungkinkan meninggal kurang dari 7 jam. Sementara penyebab perbuatan nekad tersebut masih dalam penyelidikan. (Humas Polsek Kasihan)

Razia Pelajar Bolos Sekolah Di Wilayah Kasihan

Petugas gabungan terdiri dari Polres Bantul, Polsek Kasihan, Kodim, Sat Pol PP, Kemenag, Balai Dikmen dan Disdikpora Kabupaten Bantul serta Muspika Kecamatan Kasihan mengadakan penertiban pelajar yang bolos dan atau berada diluar sekolah pada saat jam pelajaran.

Sebelum penertiban dimulai dilakukan koordinasi di Pendopo Kecamatan Kasihan yang diikuti Kapolsek Kasihan AKP Y. Tarwoco Nugroho, SH dan Bhabinkamtibmas desa Tirtonirmolo bersama Tim dari Kabupaten bantul dan Muspika Kasihan, Rabu (29/08/2018) pukul 08.30 wib.

Pada kesempatan ini tim penertiban di bagi dalam dua Tim yang masing-masing sudah ditentukan wilayah operasiya di Kecamatan Kasihan. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswa sekolah yang berada di Futzal, warung-warung makan, Warnet, Play Station dan tempat -tempat lainnya yang berpotensi menjadi tempat nongkrong bagi siswa sekolah pada saat-saat jam pelajaran sekolah.

Adapun dalam kegiatan ini didapatkan puluhan siswa yang berada di Futzal Semar dan Warung makan Utara SMP Mataram pada saat jam pelajaran. Adapun mereka berasal dari siswa dari SMP Muh Kasihan, Siswa dari SMSR, Siswa SMK Taman Siswa Pakuningratan, Siswa SMK MuhamadiyahII Lempuyangan dan Siswa SMK Bangunjiwo.

Siswa yang terjaring dimaksud kemudian dikumpulkan di Kecamatan untuk diberikan pembinaan oleh tim dan kemudian diserahkan ke Sekolah masing-masing untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut oleh sekolah.  (Humas Polsek Kasihan)

Kanit Binmas Polsek Pandak Melatih Upacara Siswa SMK Cokroaminoto

Kanit Binmas Polsek Pandak IPTU Subiantara dan Bhabinkamtibmas desa Wijirejo Aiptu Suryono meltih upacara siswa di halaman SMK Cokroaminoto Kampus 2 Kauman Wijirejo Bantul, Rabu, 29 Agustus 2018 pukul 07.30 wib.

Kegiatan ini dalam rangka menghadapi kesiapan lomba upacara se kabupaten Bantul dan rencananya lomba dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018.

Kepala Sekolah SMP mengharapkan terutama siswanya  dalam latihan menghadapi lomba ini benar benar  serius, perhatikan instruktur baik gerakan ataupun formasi yang diberikan  sehingga bisa menghasilkan yang terbaik.

Kanit Binmas Polsek Pandak dalam latihan ini langsung menunjuk terutama petugas upacara, Komandan Upacara, pengibar bendera dan pembawa acara yang benar benar trampil, bisa diandalkan, terutama mental, gerakannya korek,  intelek tual serta mempunyai  keberanian.

Dan setelah latihan diadakan evaluasi untuk menambah kekurangan, demi kelancaran dalam upacara. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Lomba TK Tingkat Kabupaten Bantul Di TK Marsudi Siwi Daleman

Pada Selasa, 28 Agustus 2018, Taman Kanak-Kanak (TK) Marsudi Siwi Daleman Nampak berbeda dari biasanya. Kedatangan juri dari Kabupaten Bantul disambut hangat oleh pihak sekolah bersama dengan Pemerintah setempat.

Pasalnya TK Marsudi Siwi mengikuti lomba TK tingkat Kabupaten Bantul. TK Marsudi Siwi memang layak mengikuti lomba ini karena dari segi fasilitas dan prestasinya cukup bagus. Lingkungan TK Marsudi Siwi sangat bersih, ditambah lagi fasilitas edukasi untuk anak-anak tergolong lengkap.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari Kecamatan, Polsek Pandak, Pemerintah Desa Gilangharjo, Basuki, Amd, dari BPD Desa Gilangharjo, Haryoto dan Ibu Ketua TP PKK Desa, Puji Astuti, SH. (Humas Polsek Pandak)

Kapolres Bantul Sidak Di Mapolsek Imogiri

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan, S.IK, M.H sidak di Mapoksek Imogiri, Rabu,  29/8/2018 pukul 12.15 WIB.

Kedatangan Kapolres Bantul ke Polsek Imogiri disambut Kapolsek Imogiri bersama Kanit, Kasi, Panit dan seluruh anggota dalam rangka mengecek kesiapan Personel Polsek Imogiri dalam melayani masyarakat dan memberikan arahan kebijakan pimpinan.

Selesai mengecek kebersihan Mako, dalam kesempatan itu Kapolres Bantul memberikan penekanan kepada seluruh personil Polsek di Aula Mapolsek Imogiri tentang kebijakan selama menjabat Wilayah Bantul khususnya Kecamatan Imogiri harus Aman dan kondusif, setiap ada kegiatan masyarakat Polri harus hadir, laksanakan pos pagi, laksanakan Patroli di tempat tempat rawan kamtibmas atas rekomendasi kirka intelejen diharapkan  keberadaan  kedatangan Polri masyarakat merasa aman terlindungi. (Humas Polsek Imogiri)

Aiptu Alip Subana Hadiri Rapat Pembubaran Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-73

Aiptu Alip Subana mewakili Kapolsek Sedayu menghadiri rapat koordinasi pembubaran panitia HUT Kemerdekaan RI ke-73 di ruang Aula Kecamatan Sedayu, Selasa (28/8/2018) pukul 09.00 WIB.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut jajaran Muspika Sedayu. Camat sedayau dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada  seluruh instansi baik dari sekolah dan para siswa dan para donatur yang turut mensukseskan jalannya upacara HUT Kemerdekaan RI yang telah lalu.

Sementara itu, Aiptu Alip Subana dalam sambutannya mengatakan selaku Dantim pelatih Paskibra, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan para donatur yang turut mendukung dan mensuport pelaksanaan upacara.

“Semoga untuk upacara tahun yang akan datang dilaksanakan di lapangan Argosari juga lebih bagus, untuk itu mohon dukungan kepada seluruh instansi dan donatur demi kesuksesan,” katanya. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Sanden Panen Raya Bawang Merah Bersama Bupati Bantul

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri kegiatan "Panen Raya Bawang Merah bersama Bupati Bantul" di Kelompok Tani Manunggal Bulak Lahan Pasir, Ngepet, Srigading, Sanden, Bantul. Rabu (29/08/2018) jam 08.30 Wib.

Turut hadir dalam giat panen raya, Kepala BPTP Yogyakarta Joko Pramono MP, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bambang Guritno SH, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Ir. Pulung Haryadi, MSc, Kepala Dinas Pertanian Kelautan Perikanan Bantul, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Danramil Sanden Kap. Inf. Suyana, PS Kasat Polair Samas Iptu Gandung, Camat Sanden Slamet Santosa S.IP, Lurah Desa Srigading dan Gadingharjo, perwakian kelompok tani.

Dalam smabutannya Camat Sanden Slamet Santoso, SIP mengatakan bahwa panen bawang merah ini merupakan hasil penemuan tehnologi baru yaitu menanam dengan biji varietas Lokananta yang berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dengan umbi.

Camat Sanden berharap kesulitan yang petani alami baik bibit atau obat nantinya semakin mudah didapat sehingga biaya produksi dapat ditekan dan petani semakin sejahtera. Disamping itu petani tidak henti hentinya melakukan inovasi, agar dapat dikembangkan sebagai agro wisata.

"Mohon dukungan dan bimbingan kepada semua pihak agar generasi muda tertarik untuk ikut berperan serta dalam budidaya pertanian khususnya bawang merah," harap Camat Sanden.

Subandi, mewakili kelompok tani manunggal lahan pasir mengungkapkan bahwa dahulu lahan pasir di daerah Sanden merupakan bentangan gurun tanah perak atau tanah tandus, namun atas dorongan dari berbagai pihak dan kerjasama dinas terkait menjadikan lahan pasir menjadi lahan emas artinya bahwa lahan pasir menjadi bebas air rob, tidak terkena banjir, dapat ditanami berbagai macam tanaman holtikultura.

Sementara itu, Budi Haryono mewakili  PT Tanah Merah mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bantul yang telah mensuport kami, sehingga petani dapat mengenal biji dari tanaman bawang merah. Kelebihan dari biji yaitu menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan karena  benih harganya murah dan konsumsi pupuk berkurang 30 %. Semoga kerjasama ini langgeng dan dapat meningkatkan pertanian di Indonesia, harapnya.

Sedangkan Bupati Drs. H. Suharsono dalam kesmepatannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat kelompok tani manunggal Dusun Ngepet yang telah berhasil dalam mengembangkan pertanian bawang merah.
Kita harus yakin bahwa bawang merah ini dapat menjadi salah satu komoditi utama dari Kabupaten Bantul. Untuk itu saya berharap acara panen pada hari ini akan dapat memicu semangat dan bisa menginspirasi warga masyarakat yang lain, ujar Bupati Bantul.

Pemerintah Bantul mempunyai komitment bahwa sektor pertanian harus terus didorong agar mampu berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantul melaksanakan panen raya bawang merah hasil tanam dari biji varietas Lokananta dan hasilnya jauh lebih besar daripada hasil tanam dari umbi bawang merah.

Dalam kegiatan panen raya bawang merah tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)

Kapolres Bantul Sidak Di Polsek Dlingo

Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan, SIK, MH melakukan sidak ke Polsek Dlingo, Rabu, 29 agustus 2018 pukul 09.00 wib.

Maksud dan tujuannya untuk mengecek kesiapan jajaran Polsek dalam melaksanakan tugas Kepolisian  sekaligus menyampaikan arahan dan kebijakan pimpinan.

Dalam sidaknya, selain mengecek keberadaan anggota yang melaksanakan piket fungsi, Kapolres Bantul juga langsung mengecek kebersihan Mako, Ruang Unit/Seksi, Yanmas dan Ruang Tahanan serta lingkungan Mapolsek Dlingo.

Selanjutnya Kapolres Bantul memberikan beberapa arahan kepada anggota diantaranya terkait pengamanan pilurdes di wilayah Dlingo. Kapolres memberikan perhatian khusus agar anggota jangan memosting status Sara maupun foto yang tidak etis di Medsos. (Humas Polsek Dlingo)

Supervisi Intelkam Polres Bantul Di Polsek Kasihan

Polsek Kasihan  telah menerima kunjungan Tim Supervisi dari  Intelkam Polres Bantul. Adapun Tim Supervisi Intelkam Polres Bantul dipimpin Kanit Politik Intelkam Polres Bantul  Iptu Agus Taprihatin beserta 4 anggota lainnya dan didampingi oleh Panit l Intelkam Kasihan Ipda Muh Riyadi serta Ps.Panit II Kasihan Intelkam Aiptu Jaka Suyanta, SH,  Selasa (28/08/2018) pukul 10.15 wib.

Tim dari Intelkam Polres Bantul diterima oleh  Panit I Intelkam Kasihan Ipda Muh Riyadi mewakili Kapolsek Kasihan Akp Y.Tarwoco Nugroho, SH beserta anggota Intelkam Kasihan bersama tim melaksanakan pengecekan tentang pelayanan SKCK, penerbitan perizinan  keramaian, kendala dan hambatan dalam pelaksanaan tugas pelayanan Intelkam khususnya masalah bidang politik.

“Pada kesempatan tersebut Tim Supervisi menyampaikan beberapa hal yang harus dipedomani oleh anggota Intelkam Polsek diantaranya  pelayanan pembuatan SKCK, penerbitan perizinan keramaian khususnya bidan politik serta kendala dan hambatan anggota dalam pelaksanaan tugas Intelkam  bagian pelayanan.” Ujar Iptu Agus Taprihatin. (Humas Polsek Kasihan)

Rapat Koordinasi Penutupan Pendafataran Bakal Calon Lurah Ngestiharjo

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH mengikuti Rapat Koordinasi Penutupan Pendafataran Bakal Calon Lurah Ngestiharjo, di Ruang BPD Desa Ngestiharjo, Jl. Wates, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Selasa (28/08/2018) pukul 16.00 wib.

Proses Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) serentak di Kabupaten Bantul tahap pendaftaran yang diselenggarakan pemerintah desa di Desa Ngestiharjo dinyatakan ditutup.

Dan menetapkan Calon Lurah Desa Ngestiharjo sejumlah 3 orang yaitu 1. Fatoni Ari Eibowo dari Janten, Ngestiharjo,  2.  Agus Feriyanto dari Godekan, Tamantirto dan 3. Oni Oktavani (incomben) dari tegal onggobayan Ngestiharjo. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi pem Kecamatan Kasihan Wiji Harini, S.Sos.MM, Ketua BPD dan anggota Ngestiharjo, Ketua panitia pilurdes dan anggota, Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo serta Babinsa.

Sesuai peraturan, lurah desa diperbolehkan menjabat hingga tiga kali berturut-turut. Sehingga hal itu ditengarai mendorong petahan untuk berani bertarung.

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH mengaku, sejak tahun 2016 jumlah calon dalam proses Pilurdes minimal harus diisi oleh dua pendaftar. Apabila hanya terdapat satu orang calon, maka pelaksanaan pengisian atau pemilihan ditunda satu tahun. Hal ini supaya tidak ada pemilihan yang melawan kotak kosong.

"Batas maksimal pendaftar tidak dibatasi. Namun jika jumlah calon boleh lebih dari lima orang maka akan diadakan ujian tambahan, karena dalam kontestasi batas maksimal ialah lima orang," jelas Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH

Sedangkan tahapan berikutnya adalah pemantapan calon, kampanye dilaksanakan 8- 10 Oktober 2018, kemudian pelaksanaan Pilurdes serentak di Bantul pada 14 Oktober 2018.

Bripka Budi Sunaryo, SH berpesan masyarakat dapat memilih calon lurah sesuai pilihanya dengan harapan dapat memimpin desa yang lebih baik dan agar dalam proses Pilurdes di Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul masyarakat tetap menjaga situasi yang kondusif dan aman. (Humas Polsek Kasihan)

Pengjian Rutin Seloso Kliwon Di Masjid An Nur Di Komplek Kecamatan Jetis

Segenap anggota Polsek Jetis melaksanakan pengjian Rutin Seloso Kliwon di Masjid An Nur di komplek Kecamatan Jetis Bantul. Selasa pagi, 28 Agustus 2018.

Camat Jetis menyampaikan, hari ini kita dapat bersilaturahmi kembali di majlis yang mulia ini pengajian ini rutin setiap selasa klwon, setiap bulan kita menyisihkan rejeki kita dengan infaq dalam pengjian ini dan pada hari sabtu yang lalau sudah kita salurkan ke Gunung kidul dan infaq jemaah pengajaian ini kita serahkan ke masjid Aoliyah didusun Sumur, semoga apa yang kita bantukan menjadi amalan bagi kita" jelas Camat Jetis.

Kh Amad Maskut dalam tauziahnya menyampaikan membersihkan diri itu akan mendapatkan pahala, jika kita mandi jinabat dapat menghapus dosa. Sebaiknya sesuci itu sesuai dengan tuntunan nabi.

Dalam pengajian rutin ini segenap anggota Polsek Jetis dan ASN TNI hadir sejak pagi menyimak pembacaan al quran dan pengajian secara khusuk. (Humas Polsek Jetis)

Sosialisasi Pemilih Pemula Tahun 2019 Di Kecamatan Jetis

Kasihumas Polsek Jetis bersama Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo hadiri Sosialisasi Pemilih Pemula tahun 2019  kepada sejumlah pelajar Tingkat SLTA Jetis di lingkungan kecamatan Jetis.

Disampaikan oleh Ketua Panwascam kecamatan Jetis " Sosialisasi pemilih pemula ini dalam rangka untuk, memberikan gambaran kepada pemiih pemula/pelajar yang akan memberikan hak suaranya di pilihan legislatif dan president tahun 2019 mendatang.

Narasumber Dari Bawaslu Kabupaten Bantul Supardi menyampaikan tahapan dan mekanisme pemilu yang akan datang jangan sampai pada pemilu 2019 hak suara anda terbeli dengan uang/ sogokan atau dengan iming iming yang lain," tegasnya.

"Manfaatkan hak pilih anda dengan sebaik baiknya jangan sampai hak pilih pertama anda tidak bermanfaat, Ketika mau ikut berpolitik jangan sampai ikut kampanyanye menggunakan knalpot blombongan dan melanggar aturan berlalu lintas, tegas Supardi.

Selaku panwascam bidang pe gawasan dan hubungan antar lembaga. Admojo mugi Utomo menjelaskan Strategi dan peran pelajar dalam pengawasan pemilu 2019. serta tentang pemasang alat Peraga Kampanye tidak boleh di tempat umum ibadah dan lingkungan sekolah. Sebagai pemilih pemula gunakan hak sebaik baiknya jangan sampai Golput" ajaknya.

Menutup Sosialisasi pelajar Ketua Panwaslu R. Suprapto  menyampaikan beberapa permasalahan  terkait pentahapan, cara mencoblos yang benar, termasuk dalam menentukan pilihan dalam pilkada nanti sesuai dengan visi dan misi calon yg akan dipilih.

Ketua panwascam kecamatan Jetis berharap agar sosialisasi ini bisa meningkatkan kesadaran siswa, terutama pemilih pemula, untuk berpartisipasi pada pesta demokrasi sehingga pemilu 2019 dapat berlangsung sukses dan luber", tegasnya. (Humas Polsek Jetis)

Pengamanan Latihan Manasik Haji Kids Di Lapangan Desa Pleret

Anggota Polsek Pleret melaksanakan pengamanan kegiatan Latihan Manasik Haji Kids yang diadakan di Lapangan Desa Pleret, Pleret, Bantul pada Rabu (29/8/2018) pagi.

Latihan Manasik Haji Kids ini diikuti sebanyak 600 anak didik dari 7 RA (Raudatul Athfal) se Gugus III Kabupaten Bantul dengan didampingi 60 guru.

Menurut Ketua Gugus III RA, Muslikhah Suriah S.Pd.I, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu Rukun Islam kepada anak didik RA di lingkungan Gugus III, yaitu haji melalui pembelajaran yang menarik dan aplikatif.

Selama kegiatan ini anak-anak RA mengikuti dengan sangat antusias dan berjalan lancar hingga selesai. (Humas Polsek Pleret)

Patrali Sambang Obyek Vital Di Wilayah Pleret

Kanit Sabhara Polsek Pleret Ipda Dalhari memimpin giat patroli menyambangi obyek vital yang ada di wilayah Pleret. Salah satunya sambang ke sekolahan, yaitu di SMA Negeri 1 Pleret, Selasa (28/8/2018) malam.

Dalam sambangnya, Kanit Sabhara bersama anggotanya melakukan dialog dengan penjaga malam sekolah sembari memberikan pesan kamtibmas agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian dengan berpatroli di sekitar lingkungan sekolah.

Diharapkan dengan kegiatan ini kamtibmas di lingkungan sekolah senantiasa aman dan kondusif.

Setelah sambang sekolahan, kemudian petugas melanjutkan patroli ke obyek vital lainnya, seperti ke SPBU Jati, perkantoran dan juga pemukiman warga. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Pertandingan Bola Basket Tingkat Pelajar SMA Se Kabupaten Bantul Di SMA Stella Duce Ganjuran

Personel Polsek Bambanglipuro dipimpin oleh Ka SPKT Aiptu Isdarmanto mengamankan pertandingan Bola Basket Tingkat Pelajar SMA se Kabupaten Bantul di Lapangan SMA Stella Duce Ganjuran Bambanglipuro,  Selasa (28/8 /2018) Siang.

Pertandingan Bola Basket Tingkat Pelajar SMA ini diselenggarakan oleh Disdikpora Kabupaten Bantul dengan tujuan yaitu memfasilitasi pelaksanaan pembina olahraga pelajar di Kabupaten Bantul, memacu dan mendorong pengembangan potensi atlet pelajar, membentuk dan meningkatkan persahabatan, persatuan dan kesatuan dikalangan pelajar.

Selama pertandingan berlangsung, personel Polsek Bambanglipuro stand by untuk melaksanakan pengamanan hingga kegiatan berlangsung dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pengamanan Pentas Seni Orgen Tunggal Di Dusun Colo

Personil Polsek Kretek dipimpin panit Intel Ipda Wiyono melaksanakan pengamanan pentas seni Orgen Tunggal di halaman kediaman Sujudi mantan Kepala Dusun Colo, Donotirto, Kretek, Bantul. Selasa (28/8/2018) malam.

Kegiatan pentas musik Orgen Tunggal Rofinsa production dari Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro tersebut menampilkan penyanyi Rindy Antika dkk, diadakan oleh Unit Karangtaruna Dusun setempat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia.

Dalam kesempatannya petugas menitipkan pesan kepada ketua panitia sekaligus penanggung jawab kegiatan Rizal dan juga MC agar para penonton menjaga ketertiban selama berlangsungnya kegiatan,jangan sampai terjadi keributan agar kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan waktu yang telah diijinkan oleh Polsek Kretek yaitu pukul 23.00 WIB.

Lebih lanjut disampaikan agar dalam memperingati HUT Ke-73 Republik Indonesia ini, generasi muda sebagai penerus perjuangan para pahlawan Kemerdekaan untuk melakukan hal yang positif misalnya dengan rajin belajar serta tidak melakukan hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri, orang tua maupun orang lain, jelasnya.

Selama berlangsungnya kegiatan pentas musik Orgen Tunggal berjalan lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kretek)

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Sekarpetak

Selasa Malam (2018-08-28), masyarakat berbondong-bondong menyaksikan pagelaran wayang kulit sebagai puncak acara Merti Dusun di Sekarpetak RT 01 Pedukuhan Gedongan. Wayang Kulit dibawakan oleh Dalang Ki Seno Nugroho.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Anggota DPRD Kabupaten Bantul H. Bibit Rustamto, SH dan DPW DIY dari Partai Nasdem H Subardi, SH.MA, Anggota DPRD Kabupaten Bantul dari Fraksi PPP bapak Jumakir, Wakil Gusti Yudonengrat , Camat  Kasihan Drs. Susanto, MPA dan para Kasi Kecamatan, Kapolsek Kasihan Akp Y. Tarwoco Nugroho, SH, Pj.Danramil Kasihan Kapten Inf. Rajiko, Carik Bangunjiwo bapak Sukarman, Para Pamong Desa Bangunjiwo, Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka, Babinsa Bangunjiwo, Turis  dan tamu undangan serta sekira 1000 penonton..

Wayang Kulit semalam suntuk ini merupakan Puncak Pentas Seni Merti Dusun Gedongan,  dengan isi cerita " Mbangun Kasatrian Pringgodani". Bintang tamu Apri &  Mimin dari Klaten.

Pagelaran wayang kulit berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Kasihan)