30 November 2018

Seorang Pejalan Kaki Tertabrak Sepeda Motor di Jalan Srandakan

Karena kurang konsentrasi, sebuah seorang pengendara sepeda motor menabrak pejalan kaki di jalan Srandakan tepatnya di depan RS UII dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul, Kamis (29/11/2018) jam 20.45 WIB.

Menurut keterangan Saksi bapak Laksito (18) Scurity RS UII menjelaskan kronologi terjadinya kecelakaan berawal pada saat Pengendara Sepeda motor Honda revo Nomor Polisi AB 2826 BG melaju dari arah Barat ke timur, tiba-tiba di depan pengendara ada pejalan kaki yang juga berjalan dari arah barat ke timur karena pengendara Sepeda motor Honda Revo melaju agak kencang sehingga pengendara kaget dan spontanitas berusaha menghindar ke sebelah kanan akan tetapi pejalan kaki tersebut tetep tersenggol sepeda motor maka terjadilah kecelakaan.

Adapun identitas korban Pengendara  Sepeda Motor Honda Revo dengan Nomor Polisi AB 2826 BG Muhammad Hamam (18) warga dusun Ngibikan, Canden, Jetis, Bantul mengalami luka ringan lecet - lecet di bagian kaki. Sedangkan pejalan kaki atas nama bapak Yatno  (45) warga Dusun Kalisari, Magelang, Jawa Tengah mengalami luka agak parah pada bagian pelipis mata sebelah kanan.

Mendapatkan laporan dari warga telah terjadi kecelakaan anggota Polsek Pandak yang dipimpin KSPKT Aiptu Suyatno melaksanakan pengamanan tempat kejadian kecelakaan dan membawa korban ke RSUD Panembahan Senopati untuk mendapat perawatan. (Humas Polsek Pandak)

Personel Polsek Bambanglipuro Ikut Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Desa Sumbermulyo

Personel Polsek Bambanglipuro mengikuti senam bersama instansi se Kecamatan Bambanglipuro di halaman Puskesmas Bambanglipuro II Jalan Samas tepatnya di Dusun Kaligondang Sumbermulyo Bambanglipuro, Jum’at (30/11/2018) pukul 07.30 WIB.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Kabupaten Bantul tahun 2018 sekaligus Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si, Danramil Bambanglipuro Kapten Ngadino, Lurah Desa se-Kecamatan Bambanglipuro, pamong desa se Kecamatan Bambanglipuro dan kader kesehatan Kecamatan Bambanglipuro kurang lebih 500 orang.

Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu komponen dalam pencegahan penyakit adalah perilaku keluarga. Yang mana perilaku keluarga ini dapat membentuk perilaku sehat atau tidak sehat individu.

Oleh karena itu beliau menghimbau agar kita berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah-tengah keluarga dan juga di tengah-tengah masyarakat.

Terakhir beliau menyampaikan bahwa pendekatan keluarga dan Germas ini dimaksudkan untuk membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Bambanglipuro.

Setelah sambutan dari Camat Bambanglipuro kegiatan dilanjutkan dengan Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis  Masyarakat (STBM) Desa Sumbermulyo dan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).(Humas Polsek Bambanglipuro)

Personel Polsek Sewon Hadiri Pengajian Rutin Muspika di Kantor Kecamatan Sewon

Kapolsek Sewon Kompol Paimun,S.H, bersama jajaran personil Polsek Sewon mengikuti kegiatan pengajian rutin Muspika Kecamatan Sewon yang di selenggarakan secara rutin setiap Jumat terakhir setiap bulannya.

Pengajian rutin ASN Kecamatan Sewon kali ini di laksnakan di gedung serbaguan komplek Kantor Kecamatan Sewon, yang berlokasi di jalan Parangtritis Km 5,7, Ngijo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, jumat, (30/11/2018), pagi.

Pada kesempatan ini hadir, Camat Sewon Drs Danang Erwanto,M.Si, Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Paimun,S.H., Wakil Komandan Rayon Militer (Wadanramil) 04 Sewon Kapten ARM Jiki Novianto, Kepala KUA Kecamatan Sewon, Lurah Desa seKecamatan Sewon, Pamong Desa seKecamatan Sewon dan Jajaran staf dan pegawai di instansi pemerintahan di wilayah Sewon.

Acara pengajian tersebut diawali dengan sambutan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada segenap hadirin yang telah menghadiri pengajian rutin muspika kecamatan Sewon, di mana kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu agenda kegiatan rutin dimana kegiatan yang dilasnakan secara bergiliran.

Sekcam juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyegaran baik mental maupun rohani ASN di kecamatan Sewon dan memberikan manfaat guna menunjang salam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu dalam tausiyahnya Ustadz Rujito,S.Ag dari Kulonprogo menyampaikan bahwa bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bermaksud berterima kasih atas limapanan nikmat yang telah Allah berikan. Maka jika kita diberi suatu nikmat, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit, karena orang yang bersyukur niscaya Allah akan menambah kenikmatan tersebut.

Syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang Allah berikan kepada kita. Kita tidak akan bisa menghitung, mengira berapa banyak nikmat yang Allah berikan, mulai dari nikmat kesehatan, nikmat iman, nikmat masih bisa berfikir dan berbagai nikmat lagi yang tak bisa kita hitung satu persatu.

Syukur merupakan perbuatan yang amat utama dan mulia, oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kita semua untuk bersyukur kepada-Nya, mengakui segala keutamaan yang telah Dia berikan. Maka dengan demikian syukur adalah merupakan bentuk pengakuan atas nikmat Allah dengan penuh sikap kerendahan serta menyandarkan nikmat tersebut kepada-Nya, memuji Nya dan menyebut-nyebut nikmat itu, kemudian hati senantiasa mencintai Nya, anggota badan taat kepada-Nya serta lisan tak henti-henti menyebut Nya.

Selesai acara kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah. (Humas Polsek Sewon)

Personel Polsek Banguntapan Ikuti Senam Bersama di Kantor Kecamatan Banguntapan

Personel Polsek Banguntapan mengikuti olah raga bersama berupa SKJ semua instansi bertempat di halaman Kecamatan Banguntapan, Jumat (30/11/2018).

Olah raga dikuti pula oleh Muspika, pegawai dan karyawan serta instansi se Kecamatan Banguntapan.

SKJ merupakan agenda rutin Muspika Banguntapan yang pelaksanaan setiap hari jumat secara bergilir yang bertindak sebagai tuan rumah.

Selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jajaran muspika Banguntapan juga untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antar instansi. Sehingga akan semakin solid dan kompak mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan masyarkat. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Banguntapan Hadiri Pembukaan Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH menghadiri Pembukaan Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda Kecamatan Banguntapan di Pendopo Kecamatan Banguntapan, Jumat (30/11/2018).

Hadir pula pada giat tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Bantul Ny. Erna Suharsono, Ibu Dra. Tri Murdianani,  MM bersama Bpk Suryono, M.Si dari Dinas Koperasi UKM dan Perisdutrian Kabupaten Bantul, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Bantul Drs Yahya.

Upacara pembukaan juga diikuti oleh Camat Banguntapan Drs Fatoni, Danramil Banguntapan dan semua instansi terkait serta lurah sekecamatan Banguntapan.

Dalam sambutannya Ny.Erna Suharsono menyambut baik dan mendukung kegiatan UMKM Kecamatan Banguntapan, program yang mengakat potensi dan produk unggulan wilayah yang harapannya mampu berkembang ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu kepada bidang yang menangani UMKM agar lebih ditingkatkan dan kembangkan serta gali potensi produk unggulan yang berkembang di wilayah Banguntapan.

Selanjutnya dengan mengucap Basmalah Ketua UMKM Kabupaten Bantul Ny. Erna Suharsono resmi membuka pameran produk unggulan Dekranasda Kecamatan Banguntapan. Setelah itu beliau meninjau langsung dan turut membeli beberapa produk unggulan UMKM Kecamatan Banguntapan dengan didampingi jajaran Muspika Banguntapan.

Sebagai Informasi Pameran Produk Unggulan Dekranasda Korwil Banguntapan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 30 Nopember - 01 Desember 2018. Pameran diikuti berbagai kelompok usaha yang ada di wilayah Banguntapan yang tergabung dalam UMKM Kecamatan Banguntapan.

Siraman Rohani Muspika Kretek Di Aula Balai Desa Donotirto

Personil Polsek Kretek mengikuti pengajian rutin Muspika di aula balai desa Donotirto, Kretek.Jum'at, Bantul, (31/112018) pagi.

Muspika Kretek setiap hari Jum'at telah mengemas berbagai kegiatan bersama instansi terkait, yang diantaranya SKJ, PSN dan siramanan rohani atau pengajian dengan tempat secara bergilir.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH beserta Kasi dan staf, Lurah se kecamatan Kretek beserta pamong, kepala KUA Mustafid Amna S.Ag, Anggota Koramil, ASN, dan instansi terkait.

Al Ustadz KH Hasan Asy'ari dari Pleret dalam tausyiahnya menyampaikan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kita sebagai umat Islam pengikut Nabi Muhammad SAW harus senantiasa berusaha mengikuti ajarannya,setidaknya empat sifat Nabi yaitu Sidiq atau jujur, Amanah atau memegang teguh apa yang dipercayakan, Fathonah atau bijaksana dan Tabliq atau menyampaikan syiar agama.

Dengan melaksanakan keempat sifat Nabi Muhammad SAW tersebut Insya Alloh kita akan mendapatkan perlindungan dari Alloh,Amien,pungkasnya. (Humas Polsek Kretek).

Patroli Dialogis Anggota Polsek Pandak

Anggota SPKT Polsek Pandak Aiptu Sunaryo dan Aipda Agung Widodo melaksanakan Patroli dialogis kepada Penjaga Malam Sekolah dan Kantor Perbankan di Wilayah Kecamatan Pandak, Jumat (30/11/2018) jam 00.30 Wib.

Kegiatan patroli dialogis ini dilaksanakan rutin setiap malam guna mengantipasi gangguan Kamtibmas di Wilayah Pandak. Didalam patroli ini juga selalu memberikan himbauan kamtibmas kepada Penjaga Malam sekolah, Pos Kamling dan perkantoran.

Dalam himbauannya, Aiptu Sunaryo dan Aipda Agung W meningatkan agar penjaga malam setiap malam melaksanakan pengecekan rutin di setiap ruangan dan lingkungan sekitarnya seta apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Pandak. (Humas Polsek Pandak)

Musrembang Desa Di Aula Desa Argomulyo Sedayu

Kamis, 29 November 2018 sekitar pukul 20.00 Bhabinkamtibmas desa Argomulyo mengikuti kegiatan musrembangdes di aula Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Acara musrembangdes tersebut dihadiri oleh Sekcam Sedayu, Lurah Desa Argomulyo, para Kadus, pamong desa, dan lembaga desa FPRB, turut hadir juga linmas, Bhabinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda desa Argomulyo sedayu.

Acara musrembang ini membahas tentang perencanaan rencana kerja pemerintah desa Argomulyo tahun 2019, kemudian juga membahas sumber dana dari desa APBDes APBD II BKK.

Kegiatan musrembangdes tersebut berjalan lancar dan penuh dengan kesungguhan sehingga diharapkan seluruh unsur – unsur pemerintah desa Argomulyo dapat mengoptimalkan kinerjanya demi kemajuan desa Argomulyo. Dan agar satu unsur dengan yang lainnya selalu menjalin kerjasama yang baik.

Acara musrembangdes yang dipimpin oleh Lurah desa Argorejo tersebut berakhir dengan hasil kesepakatan berdasarkan mufakat seluruh unsur pemerintah desa Argomulyo. (Humas Polsek Sedayu)

OLGA SKJ Bersama Muspika Di Halaman Kantor Kecamatan Kasihan

Telah berlangsung Olah Raga Senam Kesegaran Jasmani bersama Muspika di Halaman Kantor Kecamatan Kasihan Bantul, Jum’at (30/11/2018) pukul 07.30 wib, dan sebagai Penanggung jawab penyelenggara adalah Kanramil 03 Kasihan.

Senam diikuti oleh Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA, Kapolsek Kasihan Akp Y. Tarwoco Nugroho, SH, Danramil Kasihan Kapten Inf. Rajiko, Kasi Ekbang Sumedi, S.Pd. M.Pd,  Panit Binmas Iptu Budi Sunarna, Kanit Sabhara Iptu  Hadi Parjitno dan Ipda Muh Riyadi, Lurah Desa Tirtonirmolo HM Marwan, SH., Lurah Ngestiharjo Fathoni Ari Wibowo, Kasikrmas Kasihan Drs. Cahyono Budi Santoso,  Kepala KUA Kasihan Drs.H. Imam Mawardi, M.S.I., Karyawan/Staf,  Pamong Desa Sekecamatan Kasihan dan kader PKK.

Senam SKJ dipandu oleh Instruktur senam Sdri Cory dari Sanden Bantul berlangsung dengan semangat. Kegiatan ini dalam rangka menjaga kondisi badan agar selalu sehat serta merekatkan tali silahturohmi antar karyawan instansi se-kecamatan Kasihan.

Kegiatan senam kesegeran jasmani selesai pukul 09.30 wib  terlaksana dalam keadaan aman dan lancar. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Pentas Seni Ketoprak Di Dusun Sono Parangtritis

Mewakili Kapolsek Kretek Panit Sabhara Iptu Nurgiyanto menghadiri kegiatan pentas seni gelar budaya di dusun Sono, Parangtritis, Kretek. Kamis (29/11/2018) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah desa Parangtritis Topo beserta pamong, Bhabinkamtibmas Aiptu Sukarso dan disaksikan ratusan penonton.

Pentas seni gelar budaya ketoprak cepet yang diprakarsai oleh dinas pariwisata kabupaten Bantul tersebut mengambil lakon "Gentho Edan" oleh group ketoprak Gita Gilang dengan para pemain diantaranya Dalijo, Ari Angkringan, Sukir Iwak Gangsir Rajiman, Warjudi, Lilik Wisya, Jumitri, Trinil Angkringan,  Tika Tasya, Nisa, Rahmat, Hari, Ganang, Rangga, Anung dan Dandi.

Lurah Parangtritis Topo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada warga dusun Sono ini yang telah melestarikan kebudayaan jawa ketoprak kususnya, masyarakat diharap tidak hanya menonton saja, namun ambil hikmah dari isi ceritanya, sehingga pentas ketoprak ini tidak hanya sebagai tontonan belaka, namun ada yang lebih penting lagi, yaitu sebagai tuntunan dalam masyarakat, harapnya.

Kegiatan pentas seni ketoprak berakhir pukul 00.00 wib, berjalan dalam keadaan lancar, aman dan kondusif denhan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)

Anggota Polsek Sanden Ikuti Olahraga Bersama di Halaman Koramil Sanden

Anggota Polsek Sanden mengikuti olahraga bersama dinas instansi lintas sektoral se-Kecamatan Sanden di halaman kantor Koramil 15 Sanden, Jum'at (30/11/2018) mulai jam 07.30 Wib.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jum'at dua minggu sekali ini merupakan program Pemerintah Kecamatan Sanden bersama dinas instansi dengan tempat bergiliran. Olahraga yang dilakukan adalah sdnam aerobik yang di pandu tiga orang instruktur senam.

Turut hadir dalam kegiatan olahraga tersebut diantaranya Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama jajaran Forkompincam Sanden, Kepala Dinas Instansi, anggota Polsek Sanden, ASN dan karyawan dinas instansi, Lurah dan Pamong Desa, toga, tomas.

Kegiatan olahraga bersama dinas instansi ini sangat baik. Disamping untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas kekompakan antar dinas instansi se-Kecamatan Sanden sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan semua pegawai.

Selesai melaksanakan kegiatan olahraga senam dilanjutkan ramah-tamah dan koordinasi jajaran Forkompincam Sanden sambil menikmati hidangan yang telah disediakan. (Humas Polsek Sanden)

Kasat Binmas Jadi Narasumber Sosialisasi Saber Pungli di Kecamatan Jetis

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti SH menjadi narasumber dalam Sosialisasi Saber Pungli di aula kantor Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) Jl. Imogiri Barat KM 11.5 Sumberagung Jetis Bantul, Kamis (29/11/2018).


Sosialisasi diikuti oleh para Perangkat Desa dan Juru Parkir  Kecamatan Jetis.

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh SH MM saat membuka acara mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, serta ucapan terimakasih kepada kantor LRMPHP yang telah memberikan fasilitas. Semoga kedepan kita akan semakin baik dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat dan bebas dari pungutan yang tidak jelas.

Sementara itu, Kasat Bimas Polres Bantul selaku  narasumber menyampaikan sosialisasi  saber pungli terkait Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di wilayah Kecamatan Jetis.

“Terkait dengan peraturan tentang saber pungli sudah ada sejak dua tahun lalu tetapi perlu disosialisasikan. Kita harapkan untuk pungutan-pungutan yang tidak sesuai aturan agar dihilangkan,” jelasnya.

Ditambahkan, selaku Kasat bimas ia mempunyai tugas untuk membimbing kepada masyarakat dalam bidang saber pungli. Menyangkut sasaran apa saja yang menjadi target tim saber pungli serta tim yang diturunkan untuk pelaksanaan pemberantasan pungli.

“Salah satu program unggulan Kapolda DIY adalah aplikasi pengolahan dana desa sehingga warga dapat mengawasi langsung melalui media masa,” paparnya. (Humas Polsek Jetis)

Patroli Polsek Pleret Sambang Pos Ronda Dan Obyek Vital

Piket malam Polsek Pleret yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Sugiarto melaksanakan patroli wilayah, diantaranya menyambangi Pos Ronda di dusun Suren, Pleret, Pleret, Bantul. Kamis (29/11/2018) malam.

Pada kesempatan tersebut, petugas Polsek Pleret menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada petugas ronda sekaligus memotivasi warga untuk terus bersama-sama menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.

Selanjutnya patroli diarahkan ke pos ronda lainnya dan juga obyek vital, seperti perkantoran, perbankan, SPBU, pertokoan serta sekolahan. Adapun tujuannya untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pleret. (Humas Polsek Pleret)

Louncing SIGAP PSC 119 Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH di dampingi bhabinkamtibmas Desa Palbapang Aipda Fitri Kusharyanto menghadiri kegiatan Louncing SIGAP PSC 119 Bantul di Kantor SIGAP PSC 119  Bantul, Jl P.Senopati Palbapang Bantul, Senin 26 November 2018 pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini di hadiri oleh Plt Sekda Bantul Drs Toto Sudarto Mpd, Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Kapolsek jajaran Polres Bantul,Danramil jajaran Kodim Bantul,Bhabinkamtibmas Desa Palbapang , Kepala Dinas / Instansi Se.Kab Bantul,Lurah Desa Palbapang, Tamu undangan lainnya .

Lembaga baru yang berada di bawah Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul ini bertujuan untuk meminimalisasi angka kematian dan mencegah kecacatan. Sebab, PSC 119 menangani beragam gawat darurat.

Kepala Dinkes Bantul Maya Sintowati Pandji mengatakan, PSC 119 tidak hanya menangani gawat darurat medik. Lebih dari itu, juga berbagai gawat darurat di masyarakat. Seperti kasus kebakaran. ”Ini penanganan gawat darurat pra rumah sakit,” jelas ibu Maya di sela peresmian PSC 119.

Menurutnya, PSC 119 tidak hanya stand by 24 jam. Melainkan juga beroperasi setiap hari. Tujuannya agar personel PSC dapat memberikan penanganan awal dengan maksimal. Saat tim medis belum datang. Yang menarik, penanganan tidak melihat asal usul korban. Melainkan lokasi kejadian. ”PSC memiliki call center, 119 atau (0274) 2811119 ,” ucapnya.

Keunggulan PSC lainnya, Maya menyebut ada beberapa. Di antaranya response time. Menurutnya, penanganan kegawat daruratan bakal lebih cepat. Sebab, penanganan kegawat daruratan seperti kecelakaan tidak hanya ditangani Palang Merah Indonesia seperti selama ini. Melainkan ditangani seluruh jaringan PSC. Artinya, jaringan PSC bakal menangani kegawat daruratan yang terjadi di sekitarnya.

Nah, PSC mengandalkan aplikasi sistem penanggulangan gawat darurat publik (SIGAP). Aplikasi ini terhubung ke puskesmas dan beberapa rumah sakit di Kabupaten Bantul. ”Sehingga mampu memonitoring dan memberikan pelayanan dengan cepat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Plt Sekretaris Daerah Bantul Totok Sudarto meminta aplikasi SIGAP segera disosialisasikan kepada masyarakat. Agar seluruh warga mengetahui keberadaan dan fungsi PSC 119. ”Ini juga sekaligus untuk meminimalisasi angka kecacatan dan kematian,” katanya. (Humas Polsek Bantul)

Patroli Polsek Pleret Sambang Pos Ronda Dan Obyek Vital

Piket malam Polsek Pleret yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Sugiarto melaksanakan patroli wilayah, diantaranya menyambangi Pos Ronda di dusun Suren, Pleret, Pleret, Bantul. Kamis (29/11/2018) malam.

Pada kesempatan tersebut, petugas Polsek Pleret menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada petugas ronda sekaligus memotivasi warga untuk terus bersama-sama menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.

Selanjutnya patroli diarahkan ke pos ronda lainnya dan juga obyek vital, seperti perkantoran, perbankan, SPBU, pertokoan serta sekolahan. Adapun tujuannya untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pleret. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Canden Memberikan Pembinaan Kepada Linmas

Bhabinkamtibmas Desa Canden Jetis Aiptu Heri Pratama didampingi Kasi Pem Desa Canden memberikan Pembinaan kepada Linmas di halaman balai desa Canden Jetis Bantul, Kamis, 29 Nopember 2018 Pukul 22.30 Wib.

Dalam kesempatannya, Aiptu Heri Pratama menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas agar Linmas selalu proaktif dalam menjaga lingkungan dengan menjalankan Sisikamling atau ronda demi keamanan dan kenyamanan dari gangguan kejahatan yang kemungkinan akan terjadi.

"Tugas anggota Linmas sebagai penggerak keamanan di lingkungan masing-masing. Apabila terjadi sesuatu di wilayahnya, segera memberitahukan kepada pemerintah setempat ataupun Bhabinkamtibmas”, ujar Aiptu Heri Pratama.

Lebih lanjut Aiptu Heri Pratama mengajak kepada anggota Linmas agar proaktif membantu Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta mendukung Pemilu 2019 yang aman dan damai. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Berikan Semangat Warga Ronda Malam

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Brigadir Amat Rifaki bersama anggota Koramil melaksanakan patroli sambang ke Pos Ronda dusun Medelan, Sumberagung, Jetis, Bantul, Kamis, 29 November 2018 pukul 22.15 wib. Hadir dalam giat tersebut Kasi Pem Desa Sumberagung, Dukuh Medelan dan warga yang melaksankan ronda malam.

Kegiatan sambang tersebut sebagai silaturahmi dengan warga sekaligus untuk memberikan semangat dan motivasi warga dalam melaksanakan ronda menjaga keamanan di lingkungannya.

Usai sambang di pos ronda dusun Medelan, patroli dilanjutkan menyambangi pos ronda di dusun lainya wilayah desa Sumberagung Jetis untuk melakan hal yang sama. (Humas Polsek Jetis) 

Bhabinkamtibmas Hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Bangunjiwo 2019

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Bangunjiwo 2019 di Gedung Serbaguna Baldes Bangunjiwo, Dusun Gendeng, Bangunjiwo, Kaaihan, Bantul, Kamis, 29 November 2018 pukul 20.30 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPD  dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKP Desa Tahun 2019) dihadiri  Lurah Desa Bangunjiwo H. Parjo, ST. M.Si., Tim pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa Kec. Kasihan, unsur BPD, Pemerintah Desa, Babinsa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda jumlah sekira 50 orang.

Pimpinan musyawarah Desa mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2019, penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, serta berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Bapak Camat yang diwakili oleh Ibu Kasi Pemerintahan Wiji Harini, S.Sos. MM  dan Bapak Kasi Ekbang  Sumedi, S.Pd. M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan peranan dan tugas nya dalam pelaksanaan Dana Desa, beliau juga berterimakasih terhadap peserta yang hadir serta melaksanakan perencanaan dana Desa dengan sebaik-baiknya, dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan menutup mata melihat kesalahan pemerintah Desa dalam pelaksanaan pembangunan Desa melalui dana Desa serta menyarankan kepada lapisan masyarkat Desa Bangunjiwo  agar mendukung BUMDES yang sudah berdiri untuk peningkatan ekonomi di Desa, Ungkapnya.

Selain itu juga beliau menyinggung terkait Pemberdayaan masyarakat juga penting untuk di prioritaskan sehingga visi Desa Bangunjiwo  Mejadi Desa yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera,serta Mandiri tahun 2021 dapat tercapai, Katanya.

Dalam kesempatan yang sama pemerintah Desa dalam hal ini sekretaris Desa bapak  Sukarman  menyampaikan pencermatan RPJMDes sebagai dasar BPD merumuskan program-program yang akan di rencanakan untuk di tuangkan dalam berita acara sebagai dasar penyusunan rancangan RKPDes yang akan di verifikasi oleh tim perumus dan tim Penyusun.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat  dari hasil penjaringan penjaringan di tingkat Dusun  yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbangdes selanjutnya. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Menghadiri Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW Di Masjid Tunas Muslim

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH menghadiri Pengajian Akbar di Masjid Tunas Muslim Dusun Soboman, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kamis (29/11/2018) pukul 19.30 wib.

Pengajian ini diselenggarakan oleh takmir Masjid Tunas Muslim Soboman dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penceramah Bang Jul dari Jogajakarta dan dengan tema " Mentauladani Sifat dan Sikap Rosulullah SAW", dihadiri  Lurah Desa Ngestiharjo bapak Fathoni Ari Wibowo, Bapak Ketua RT Soboman,  dan jamaah sekira 250 orang.

"Dalam kesempatan tersebut Bripka Budi Sunaryo, SH mewakili Kapolsek Kasihan menyampaikan pesan-pasan kamtibmas dan berharap  pada jamaah bisa mengambil hikmah dari pengajian maulud nabi tersebut. Marilah kita menauladani Rosulloh untuk kita terapkan pada kehidupan sehari hari agar tercipta sikap kasih sayang, Sejuk dan damai kepada semua umat baik yang beragama Islam maupun non Islam", ungkap Bripka Budi Sunaryo, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Anggota SPKT Polsek Pndak Melaksanakan Patroli Malam Hari

Anggota SPKT Polsek Pandak Bripka Darco dan Bripka Dwi Susanto melaksanakan Patroli malam hari di Perkantoran, Sekolah dan obyek vital yang ada di wilayah Kecamatan Pandak, Rabu (29/11/2018) jam 22.00 Wib.

Kegiatan Patroli rutin malam hari ini dilaksanakan setiap hari. Dengan tujuan untuk menciptakan siituasi Kamtibmas yang aman dan tertib di wilayah Pandak. Adapun tempat-tempat yang menjadi sasaran patroli di perkantoran, Sekolah dan obyek vital lainnya. Dalam patroli malam ini Bripka Darco dan Bripka Dwi Susanto juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada penjaga malam di perkantoran dan sekolah.

Selain melaksanakan Patroli dialogis Bripka Darco juga menghimbau kepada anak muda yang masih nongkrong di sekitar Lapangan Jodog agar pulang kerumah masing-masing karena sangat rawan bila tengah malam masih berada di jalan. Selain itu juga menghimbau kepada penjaga toko yang masih buka agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan apabila ada hal yang mencurigakan agar melaporkan ke Polsek Pandak. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Pleret Hadiri Pertemuan FKUB Kecamatan Pleret

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH menghadiri pertemuan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kecamatan Pleret yang diadakan di Warung Ndeso Omah Jejer, dusun Jejeran 1, Wonokromo, Pleret, Bantul. Rabu (28/11/2018) malam.

Hadir pula perwakilan FKUB Bantul Drs. Damanhuri, perwakilan Kesbangpol Bantul Muryanto, Ketua FKUB Pleret KH. Wazirudin, Camat Pleret M. Alwi SH MH, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Kepala KUA Pleret Bayu Dirgohandoyo S.Ag, perwakilan pemuka agama, Lurah Desa beserta Pamong Desa, Toga dan Tomas, Bhabinkamtibmas Polsek Pleret serta Babinsa Koramil Pleret.

Acara berlangsung dengan lancar. Pertemuan tersebut rutin digelar sebagai sarana komunikasi dan koordinasi yang baik untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama, sekaligus bersinergi dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Pleret. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Melayat Ke Warga Desa Binaannya

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo melayat ke rumah duka almarhumah Ny. Winarjo di dusun Purworejo Rt 02, Wonolelo, Pleret, Bantul pada Kamis (29/11/2018) siang.

Pada kesempatan tersebut, Aiptu Supomo menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya almarhumah. Ia juga mendoakan semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan.

Almarhumah Ny. Winarjo meninggal dunia dalam usia 80 tahun dan dimakamkan pada hari Kamis, 29 November 2018 pukul 16.00 WIB di TPU Nyamplung, Ploso, Wonolelo. (Humas Polsek Pleret)

Sosialisasi Pembangunan, Rehabilitasi Pemeliharaan Jaringan Irigasi Anggaran 2018 Di Dusun

Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Suhariyono menghadiri giat sosialisasi pembangunan irigasi rawa dan jaringan pengairan lainnya yang  sesuai dengan APBD perubahan kabupaten Bantul th 2018.

Giat sosialisasi tersebut dilaksanakan di masjid Nurul Huda dusun Miri, Sriharjo, Imogiri, Jumat 23-11-2018 dihadiri oleh Dinas PUPKP bapak purwanto dan bapak sumardi, CV Ananda Karya bpk hendra, Kasikesra desa kebonagung cahyo sularno, kanit Binmas AKP Suharyono , babinsa Sriharjo serka walidi, babinkamtipmas desa sriharjo AIPTU Sarpana, dukuh miri bapak  bashorudin dan tokoh petani desa kebon agung dan sriharjo peserta 30 orang.

Adapun rehabilitasi saluran irigasi itu mengairi sawah didua desa ,desa Kebonagung dan desa Sriharjo. rehabilitasi saluran irigasi tersebut dianggarkan oleh dinas PUPKP sebesar Rp 189.000.000 ,00 dan akan dilaksanakan oleh CV Ananda Karya selaku pemenang tender. Kemudian diharapkan pekerja diprioritas oleh warga sekitar.pembangunan dan rehabilitasi ini diagendakan selama 40 hari  sudah selesai. Pembangunan dan rehabilitasi ini di Bagi menjadi 3 bidang yaitu bidan A , B dan C dimana bidang A dan B terletak didesa Kebonagung ,sedangkan bidang C terletak didesa Sriharjo.

Namun sesampainya  acara usul dan saran yang diagendakan oleh pembawa acara ada salah satu warga Kebonagung merasa keberatan dengan adanya Pembangunan dan rehabilitasi saluran air tersebut karena ada tanah miliknya yang digunakan untuk irigasi dan sampai acara mau selesai perbincangan dengan warga Kebonagung tersebut berjalan alot dan akirnya pihak PUPKP memutuskan untuk membangun yang dibangun dibidang C aja dan untuk bidan A dan B menunggu kesepakatan warga Kebonagung dan Sriharjo. Selanjutnya dikasih tenggang waktu selama 5 hari, kalau tidak ada kesepakatan, pembangunan bidang A dan bidang B akan dialokasikan dikelurahan Sriharjo saja .

Kepala dusun Miri bapak Bashorudin berpesan agar para tokoh tani Kebonagung supaya berpikir kembali karena ini untuk kepentingan semuanya yaitu para petani desa Kebonagung dan Sriharjo serta juga bisa dijadikan ladang ibadah.

Lurah Sriharjo ibu Titik Huswatun Hasanah selaku lurah yang baru dilantik memberikan ajakan kepada segenap pamong desa Kebon agung dan Sriharjo untuk mengajak warganya duduk berbarengan dengan kepala dingin demi terwujutnya pembangunan saluran irigasi yang merupakan program pemerintah untuk kemajuan para petani didesa Kebonagung dan Sriharjo. (Humas Polsek Imogiri)

Pelayanan Kesehatan Jamkesus Terpadu Bagi Penyandang Disabilitas Di Aula Balai Desa Segoroyoso

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Bapel Jamkesos Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Pelayanan Kesehatan Jamkesus Terpadu bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. Pelaksanaan Jamkesus Terpadu diselenggarakan pada Selasa 27 November 2018 di Aula Balai Desa Segoroyoso Pleret Bantul.

Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan Jamkesus Terpadu bagi penyandang disabilitas ini mendapat dukungan sangat besar dari berbagai stakeholder, baik dari instansi-instansi pemerintahan maupun dari lembaga-lembaga sosial milik swasta.

Pelayanan Jamkesus Terpadu yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Segoroyoso Pleret Bantul ini diikuti oleh 150 peserta pemeriksaan. 

Pelayanan kesehatan Jamkesus Terpadu ini di buat satu pintu, yang artinya peserta (penyandang disabilitas) datang langsung ditangani kemudian selesai. Disamping itu pelayanan jamkesus terpadu ini gratis bagi penyandang disabilitas.

Dengan adanya pelayanan Jamkesus Terpadu ini diharapkan dapat mempermudah penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul dalam mengakses pelayanan kesehatan. Selaa kegiatan berlangsung Bhabinkamtibmas desa Segoroyoso melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pleret)

Pelatihan Keterampilan Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Sebagai langkah antisipasi serta meminimalisir permasalahan sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pelatihan Keterampilan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Pada kesempatan kali ini, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul memberikan pelatihan keterampilan memasak kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial. Pelatihan ini berlangsung selam 6 hari, dimulai dari Sabtu 24 November 2018 sampai dengan Jumat 30 November 2018.

Pelatihan keterampilan memasak kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial dilaksanakan di Rumah Produksi 3 Mutiara, Jln. Imogiri Timur, Kepek, Jetis dan Aula Dusun Karangtengah, Imogiri, Bantul

Pelatihan keterampilan  ini ditujukan bagi penyandang permasalahan sosial; Orang dengan HIV AIDS, Pemulung, Waria dan Wanita Rawan Sosial Ekonomi.

Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan soft-skill dari para peserta dan  dapat menumbuhkan inovasi serta kreativitas peserta untuk  mengembangkan suatu bisnis atau usaha.

Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan memiliki minat serta keinginan dalam mengikuti pelatihan.

Pada kesempatan kali ini, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul menghadirkan Ibu Sri Rahayu untuk menjadi Instruktur  pelatihan keterampilan. Selain memberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan, wanita yang kerap disapa Ibu Sri itu juga memberikan motivasi serta dorongan mental kepada peserta pelatihan. Disamping itu Kepala seksi Tuna Sosial dan Rehab Napza, Nitakrit Rumantiningsih terlihat sangat antusias dalam memberikan pendampingan kepada peserta.

Selain diberikan ketrampilan memasak, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul juga memberikan seperangkat alat masak. Dengan adanya alat bantu tersebut, semoga dapat bermanfaat dan dapat digunakan untuk membuka usaha, yang nantinya dapat meningkatkan taraf hidup dan penghasilan.

Dalam kegiatan ini Bhabinkamtibmas desa Karangtengah selalu melaksanakan pemantauan selama kegiatan berlangsung.  (Humas Polsek Imogiri)

29 November 2018

Deklarasi 5 Pilar STBM Di Graha Riptaloka Balai Desa Bantul

Rabu, 28 November 2018 telah dilaksanakan Deklarasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Graha Riptaloka Balai Desa Bantul.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Bantul, Kapolsek Bantul, Danramil Bantul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Kepala Puskesmas Bantul II, Kepala Desa Bantul, Dukuh se-Desa Bantul, kader-kader posyandu, serta tokoh masyarakat.

Lima pilar STBM yaitu:
1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)
2. Cuci tangan pakai sabun (CTPS)
3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga (PAM-RT)
4. Pengelolaan sampah
5. Pengelolaan limbah cair.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 tersebut disertai penandatanganan naskah deklarasi oleh seluruh undangan sebagai komitmen bersama demi meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat. Setelah acara selesai dilanjutkan dengan pembinaan kader posyandu oleh Puskesmas Bantul II. (Humas Polsek Bantul)

Sosialisasi Pendidikan Karakter Di SMK N 1 Sedayu

Pada era globalisasi seperti saat sekarang ini karakter anak bangsa dinilai mengalami penurunan, bagaimana tidak, banyak siswa yang tidak bisa menghormati gurunya, sudah banyak contoh kasus yang terungkap sampai media massa, dimana siswa berbuat tidak sopan dan melanggar etika ketika berhadapan dengan gurunya, bahkan sampai ada siswa yang tega menganiaya gurunya sendiri hingga meninggal dunia, betapa mirisnya. Banyaknya siswa yang membolos saat jam pelajaran berlangsung, kemudian merokok di lingkungan sekolah, berkata kasar kepada guru, tidak menghormati gurunya.

Seperti yang telah disampaikan oleh Danang Wahyu Broto, S.E .,M.Si selaku DPRD DIY Komisi D pada sosialisasinya mengenai pendidikan karakter pada siswa SMA /SMK/ MA sederajat pada hari Kamis tanggal 22 Nnovember 2018 pukul 09.30 wib di SMK N 1 Sedayu didampingi oleh Komandan Koramil Sedayu dan Panit Binmas Polsek sedayu serta Bhabinkamtibmas Argomulyo, Sedayu, Bantul bahwa pendidikan karakter pada harus dikuatkan kembali.

Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

Diharapkan Siswa SMK N 1 Sedayu sebagai generasi penerus bangsa memiliki aspek aspek pendidikan karakter yang baik, karena dengan berbekal pendidikan karakter yang baik generasi penerus bangsa akan menjadi generasi yang dapat diandalkan dan membawa kemajuan serta kesejahteraan bagi negara, masyarakat dan lingkungannya. (Humas Polsek Sedayu)

Cegah Curanmor, Binmas Polsek Sedayu Pasang Spanduk Himbauan

Senin, 26 November 2018 pukul 09.30 wib Panit Binmas Aiptu Alip Subana dan Bhabinkamtibmas desa Argomulyo memasang spanduk himbauan kamtibmas di Masjid Al Inayah dusun Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta dan masjid Al Hidayah, Tonalan, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Pemasangan spanduk tersebut bertujuan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu berwaspada terhadap pencurian sepeda motor yang sedang marak di wilayah Sedayu. 

Sasaran pemasangan spantuk tersebut adalah masji masjid yang ada di pinggir jalan, terutama jalan utama atau jalur propinsi yang sering disinggahi masyarakat dari wilayah Sedayu maupun luar sedayu, bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang melakukan perjalanan jauh melewati kecamatan Sedayu.

Pemasangan spanduk himbauan ini juga merupakan bentuk tindak lanjut dari beberapa upaya mencegah makin tingginya angka pencurian sepeda motor di Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Pengawasan Pembuatan Saluran Irigasi Di Dusun Dumpuh

Bhabinkamtibmas desa Argodadi yaitu Aiptu Baryadi melaksanakan pengawasan pembuatan saluran irigasi di dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, Kamis, 29 November 2018 sekitar pukul 09.00 Wib.

Pengawasan ini dilakukan dalam rangka kegiatan pengawasan dana desa yang telah dianggarkan dalam bentuk pembuatan saluran irigasi tersebut.

Masyarakat sangat mengapresiasi dan menyambut kehadiran Bhabinkamtibmas tersebut, karena masyarakat mengakui kehadiran anggota kepolisian sangat diharapkan seiring berjalannya kegiatan yang ada di desa mereka.

Saluran irigasi tersebut nantinya akan mengaliri saluran – saluran irigasi yang terdapat di dusun Dumpuh. (Humas Polsek Sedayu)

Hujan Gerimis Tidak Menghalangi Anggota Polsek Sedayu Melakukan Pos Pagi

Gerimis yang mengguyur wilayah Yogyakarta pagi hari ini Kamis tanggal 29 November 2018 pukul 06.00 Wib khususnya Wilayah Sedayu Bantul, tidak menghalangi KSPK Polsek Sedayu IPDA Ramli Parlindungan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melakukan pengaturan Lalu Lintas Disimpang 4 Mako Polsek Sedayu.

Mengingat padatnya lalulintas di jalan raya Jogja – Wates yang melintasi simpang 4 Polsek Sedayu sehingga membutuhkan kehadiran Polisi untuk membantu kelancaran arus lalulintas, walaupun pagi hari ini hujan gerimis mengguyur wilayah Sedayu namun IPDA Ramli Parlindungan tetap melakukan pengaturan Lalu lintas seperti biasa.

Selain mengatur arus lalulintas, Ipda Ramli juga mengingatkan kepada para penguna jalan raya agar selalu hati hati, tidak menutup kemungkinan dengan adanya kondisi jalan yang licin jika masyarakat tidak berhati – hati dapat menyebabkan motor atau kendaraannya tergelincir dan dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. (Humas Polsek Sedayu)

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri Ke 47 Tingkat Kabupaten Bantul

Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke 47 tingkat Kabupaten Bantul digelar pagi ini di Pendhopo Manggala Parasamya pagi ini Kamis (29/11/2018). Suasana hujan tidak menyurutkan semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti jalannya peringatan.

Bupati Bantul Suharsono selaku inspektur upacara dalam membacakan sambutan Penasihat Korpri Nasional menyampaikan, momentum Peringatan HUT Korpri yang ke 47 ini, kita bisa melakukan refleksi atas apa yang telah dilakukan, dan apa yang akan dilakukan ke depan.

Selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran Aparatur Sipil Negara juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme, tuturnya.

Dia mengapresiasi sebesar-besarnya para Aparatur Sipil Negara yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi. Untuk itu, pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara melalui peningkatkan penghasilan sefta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun.

Upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

Oleh karena itu, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, saya minta untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Sekali lagi, semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Perlu saya sampaikan di sini bahwa dalam empat tahun terakhir ini, pemerintah telah memberikan prioritas besar kepada pembangunan infrastruktur. Dengan cara ini, pemerintah membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, serta membangun sentra sentra ekonomi baru.

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besarbesaran untuk memperkuat sumberdaya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat.

Dalam kaitan itu, saya minta kepada seluruh jaiaran Aparatur Sipil Negara untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan peran Aparatur Sipil Negara yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa, ungkapnya.

Menutup sambutannya dia mengucapkan Selamat Selamat Ulang Tahun yang ke 47, junjung tinggi Panca Prasetya Korpri, dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi.

Pada kesempatan tersebut diserahkan santunan dana sosial kesetiakawanan Korpri kepada pensiunan ASN oleh Bupati Bantul Suharsono.

Upacara dihadiri oleh Bupati Bantul Drs.H Suharsono, Dandim 0729/Bantul diwakilkan  kapten CPM Septi Rahmawati SH, Kapolres Bantul diwakilkan Kompol Ahmad Nanang Wibowo S.I.K, M.H, Asisten 1 pemda bantul Drs. Helmi Jamhari SH. Mm, kepala pengadilan negeri bantul Agung Sulistyono SH. MH. S. Sos, Kepala kejaksaan Negeri Bantul Zuhandi SH.Mh, Jajaran Forkopinda kab. Bantul, Jajaran Perwira kodim 0729/ Bantul, Jajaran Perwira Polres Bantul, Jajaran Ka OPD se-Kab. Bantul, Perwakilan Anggota DPRD kab. Bantul, Perwakilan Persit Kodim 0729/ Bantul, Perwakilan Ibu Bayangkari polres Bantul dan para tamu undangan. (Humas Polsek Bantul)

Sunanto Jadi Ketum Pemuda Muhammadiyah, Gantikan Dahnil Anzar Simanjutak

Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah yang diikuti 1000 peserta dari Perwakilan Se-Indonesia telah memilih Sunanto, S.H.I atau biasa disapa Cak Nanto sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (2018-2022) di Sportorium Kampus UMY dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Rabu (28/11/2018).

Sunanto dengan demikian terpilih sebagai Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak yang telah habis masa jabatan. Cak Nanto meraih suara terbanyak dengan raihan 590 dari 1.196 pemilih.

Sunanto memperoleh 590 suara, mengungguli Ahmad Fanani dengan 266 suara, Ahmad Labib 292 suara, Andi Fajar Asti 0 suara, Faisal 2 suara, dan Muhammad Sukron 2 suara.

Cak Nanto kariernya dirintis mulai dari didaulat menjadi Sekretaris Pimpinan Daerah Ikatan Remaja Muhammadiyah Kabupaten Sumenep Jawa Timur mulai tahun 1997 hingga 2000.

Selamat & Sukses atas terpilihnya Sunanto, S.H.I (Cak Nanto) sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018-2022.  Sunanto kini menjabat Wakil sekretaris Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2015 -2019).

Di luar organisasi Muhammadiyah, Cak Nanto tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah (2007- 2009) dan Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) (2011 - 2014).

Pada visi-misinya sebagai calon ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, ia ingin membangun Pemuda Muhammadiyah mengingat cita-cita yang luhur Muhammadiyah, yaitu berjuang untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Menurutnya, Muhammadiyah memberi kebebasan untuk berpolitik, namun dalam kapasitas personal bukan secara institusi.

"Saya ini orang independen. Selama ini bekerja di dunia kepemiluan. Saya sudah 10 tahun. (Dan sekarang) sebagai Kornas JPPR. Dan saya tidak mau mengorbankan proses yang panjang ini dengan suatu gerakan dukung mendukung," tegas Cak Nanto.

Menurut Cak Nanto, sejatinya konsolidasi demokrasi di tahun 2019 idealnya dapat dimanfaatkan oleh Pemuda Muhammadiyah untuk melakukan konsolidasi internal. Melalui rumah politik, lanjut Cak Nanto, Muhammadiyah tentu dapat melakukan dakwah nilai di ranah kebangsaan.

Selama Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah berlangsung Tim Gabungan Polres Bantul dan Polsek Kasihan melaksanakan Pengamanan terbuka dan tertutup dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul Akbp Sahat M Hasibuan, SH. MH sampai acara berakhir hari Kamis, 29/11/2018 pukul 02.10 wib terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Pembinaan Linmas Di Pendopo Balai Desa Donotirto

Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto menghadiri kegiatan pembinaan Linmas di Pendopo balai desa Donotirto, Kretek, Bantul. Rabu ( 28/11/ 2018) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Kretek Cahya Widada S. Sos, MH, Lurah desa Donotirto Jurahimi, Kasi Pemerintahan Grendi Setyawan, Babinsa dan puluhan anggota Linmas se desa Donotirto, Kretek.

Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH sebagai narasumber dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan diadakan pembinaan ini agar anggota Linmas mengetahui gambaran tugas pokoknya kususnya tentang jaga warga, sehingga setiap anggota Linmas akan terbentuk karakter disiplin yang tinggi, karena Linmas merupakan garda terdepan di tingkat desa.  

Lebih lanjut disampaikan beberapa tugas Linmas diantaranya menjaga kamtibmas, penanganan bencana alam dan kegiatan sosial lainya, pungkasnya.

Sedangkan Aiptu Sri Sukamto dalam kesempatannya memberikan himbauan kamtibmas kepada anggota Linmas agar berperan aktif baik dalam membantu kegiatan masyarakat maupun kegiatan pos kamling di malam hari sehingga situasi kamtibmas aman dan kondusif.

Selain itu anggota Linmas juga memiliki tugas memecahkan masalah terkait dengan aktifitas siskamling bersama kepala dukuh dan RT beserta Bhabinkamtibmas, jadi tidak ada yang bekerja sendiri sendiri, tutupnya. (Humas Polsek Kretek).

Kenang Masa Kecil, Bupati Bantul Kunjungi Polsek Jetis

Minggu, 25 November 2018 pukul 17.00 Wib dalam kesempatanya Bupati Bantul Drs Suharsono mengunjungi Mapolsek Jetis Bantul dalam rangka untuk bersilaturahmi.

Bupati Bantul Drs Suharsono lahir di dusun Beji Jetis Bantul yang terletak tak jauh dari Mapolsek Jetis, hanya sekitar tiga kilometer, saat perjalanan pulang kampung tersebut Bupati menyempatkan diri mampir ke Mapolsek Jetis.

Dulunya sebelah selatan Polsek Jetis ini adalah sebuah Sekolah Dasar, saat masa kecil dulu, saya sering main di tempat ini, kata Bupati kepada Kapolsek Jetis mengenang masa lalunya.

Bupati juga melihat dari dekat pelayanan kepolisian kepada Masyarakat, kesiapsiagaan anggota Polsek Jetis dan berkeliling meninjau lingkungan Polsek.

Kunjungan Bupati Bantul Drs Suharsono diterima langsung oleh Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh , SH.MM , KSPK Aiptu Rintoko  dan Anggota Pelayanan Polri yang melayani nasyarakat. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Argodadi Bantu Warga Dorong Sepeda

Rabu, 28 November 2018 pukul 11.00 wib Bhabinkamtibmas desa Argodadi melakukan patroli sambang warga di dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Dalam perjalananya, Aiptu Baryadi menemui warga mengendarai sepeda yang dimuati rumput tidak kuat saat di jalan menanjak. Melihat hal tersebut Aiptu Baryadi langsung turun dari sepeda motor untuk membantu mendorong warga tersebut.

Sambang dusun ini dilakukannya setiap hari dengan mengunjungi dusun - dusun dan mendata secara rutin perkembangan warganya,  serta melihat bagaimana kondisi wilayahnya dan juga kondisi  warganya, serta membangun komunikasi antara warga, dan tokoh masyarakat untuk bersama sama menegakkan kamtibmas di wilayah Desa Argodadi. 

Dalam sambangnya Aiptu Baryadi tidak lupa untuk selalu menyampaikan pesan – pesan kamtibmas kepada masyarakat, baik di dusun – dusun, rumah ke rumah, pasar, perkumpulan RT maupun paguyuban yang terbentuk di wilayah Argodadi tersebut.

Harapannya warga Desa Argodadi selalu bisa menjaga kerukunan bermasyarakat, saling tolong menolong, meningkatkan keakraban, aktif dalam gotong royong dan selalu menjaga kemanan ketertiban di masyarakat. (Humas Polsek Sedayu)

Pengamanan Pengajian Akbar Memperingati Maulid Nabi Di Balai Desa Agrodadi

Personil Polsek Sedayu mengamankan pengajian akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Gor Balai Desa Agrodadi, Sedayu, Bantul, Rabu, 28 November 2018 pukul 20.00 wib.

Penceramah dalam pengajian ini adalah Drs. KH. Badran Usman, M. Pd. I dari Gunung Kidul. Dalam ceramahnya Drs. KH. Badran Usman, M.Pd I menyampaikan bahwa Barang siapa bersholawat sebanyak 10 kali setiap hari maka akan bebas dari siksa neraka nantinya.

Beliau juga selalu mengingatkan untuk terus bersholawat maka bersholawatlah setiap hari dan pintu surga akan terbuka untuk kita semua, orang yang selalu berbuat baik dia akan mendapatkan hal yang baik juga dari Allah SWT maka berbuatlah baik kepada setiap umatnya, Allah kadang memberikan petunjuk kepada kita melalui apa yang tidak kita suka, semoga para pengemban amanah semua selalu di berikan keselamatan dan selalu pada jalan yang di ridhoi Allah SWT, amin.

Hadir Dalam pengajian akbar tersebut Anggota DPRD Kab. Bantul dari fraksi Golkar bapak Widodo, Amd, Camat Sedayu bapak Fauzan Mu'arifin, Kapolsek Sedayu di wakili Babin Kamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi, Danramil Sedayu Kapten infantri Diya, Lurah desa argodadi bapak Prayitno, Anggota Fordam Argodadi dan ratusan warga.

Pengajian Akbar tersebut berlangsung dengan hikmat aman dan kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Sedayu dan berakhir pada pukul 23.00 wib berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Sedayu)

Pembinaan Dan Penyuluhan Satpam Se Kecamatan Bambanglipuro Di Balai Desa Sidomulyo

Personil Unit Binmas Polsek Bambanglipuro mengadakan pembinaan dan penyuluhan Satpam se Kecamatan Bambanglipuro di balai desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Rabu, (28/11 2018) pagi.

Penyuluhan diikuti oleh anggota perwakilan Satpam se Kecamatan Bambanglipuro. Untuk narasumber dalam penyuluhan ini yaitu semua Bhabinkamtibmas Polsek Bambanglipuro secara bergantian.

Maksud dan tujuan penyuluhan ini untuk memberikan pengetahuan tentang tugas satpam, meningkatkan ketrampilan diri satpam dan lain lain. Selain itu juga untuk penyegaran akan tugas dan peran satpam serta menjaga silaturahmi antar satpam.

Dalam sambutannya Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto  menyampaikan bahwa satuan pengamanan (satpam) merupakan salah satu satuan yang mengemban fungsi pokok pengamanan di lingkungan kerja suatu instansi atau tempat yang membutuhkan jasa pengamanan.

Satpam juga merupakan salah satu mitra Polri yang tugasnya hampir sama persis dengan Polri, yaitu memberikan rasa aman dimana mereka ditugaskan, menciptakan dan menjaga situasi wilayahnya agar tetap kondusif.

Namun satpam mempunyai keterbatasan kewenangan dalam mengambil tindakan atau memberikan sangsi hukum bagi pelaku suatu tindak kejahatan, maka dari itu satpam langsung dibawah naungan pembinaan Polri dan merupakan "Mitra Polri".

Berkaitan dengan mitra atau rekan kerja kami bentuk paguyuban satpam sekecamatan sehingga tercipta hubungan yang harmonis, sinergis dan berkelanjutan, dengan kata lain hubungan silaturahmi dan kerjasama akan terus terjaga.

Bhabinkamtibmas Sumbermulyo Bripka Sigit menyampaikan peraturan mengenai muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik yang termuat dalam UU ITE No. 19 th 2016 pasal 27 (3) yang berbunyi "setiap orang yang yang dengan sengaja atau tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi dan atau dokumen elektronik yang dimiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik". Konsekuensi ketentuan pidana / sangsi pelanggaran pasal 27 (3) diatur dalam pasal 45 (1) UU ITE yang diancam dengan pidana penjara 6 (enam) tahun.

Dari sisi agama Bhabinkamtibmas Mulyodadi Aipda Sukaryadi sedikit menyampaikan Fatma MUI No.24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman bermuamalah melalui media sosial. Fatma MUI menyebutkan bahwa umat muslim dalam bermuamalah "Diharamkan" diantaranya melakukan Ghibah (membicarakan keburukan atau aib orang lain), Fitnah, Naminah (mengadu domba), Penyebaran permusuhan, Bullying, Ujaran kebencian serta permusuhan atas dasar suku, agama, ras atau antar golongan. Haram pula bagi umat muslim yang menyebarkan hoax serta informasi bohong, tutupnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pengamanan Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda Kecamatan Bambanglipuro

Kanit Intelkam Polsek Bambanglipuro Iptu Agus Supraja menghadiri Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda Kecamatan Bambanglipuro tahun 2018 di Aula Kecamatan Bambanglipuro Bantul, Rabu (28/11/2018) siang.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) Kabupaten Bantul Hj Erna Kusumawati Suharsono, Kepala Dinas Koperasi Usaha kecil Memengah dan Perindustrian Drs Sulistiyanto M.Pd, Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si, Danramil Bambanglipuro Kapten Ngadino, Lurah desa Se Kecamatan Bambanglipuro, Pamong Desa se Kecamatn Bambanglipuro dan tamu Undangan sekitar 70 orang.

Pameran ini diprakarsai oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Korwil Dekranasda Kecamatan Bambanglipuro yang sesuai rencana akan berlangsung 2 hari yaitu tanggal 28 - 29 November 2018 di halaman Kantor Kecamatan Bambanglipuro.

Selama 2 hari tersebut akan dipamerkan produk-produk unggulan dari Kecamatan Bambanglipuro. Setiap peserta memamerkan macam-macam produk mulai dari olahan makanan kecil, kerajinan maupun Produk Unggulan lainnya seperti Produk Buah Anggur dari Plumbungan dan Produk dari buah Pisang dari

Tujuan penyelenggaraan gelar produk industri kreatif ini adalah untuk mengenalkan produk industri kreatif yang dimiliki Kabupaten Bantul, serta memberi ruang kepada pengrajin untuk terus berkembang.

Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Bambanglipuro ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan membuka peluang kepada masyarakat sekitar dengan membuka peluang kepada masyarakat terkait serta berperan aktif mempromosikan produk unggulan dari desa.Dengan adanya pameran diharapkan juga produk lokal Bambanglipuro dapat lebih dikenal dan dipromosikan dan produk unggulan yang lainnya dari desa-desa bisa ditampilkan, ujarnya.

Ketua penyelenggara pameran, Ny.Wiwin Julius Suharta menjelaskan bahwa dalam kesempatan pameran kali ini diikuti 20 peserta dari 3 Kelurahan se-Bambanglipuro yakni Kelurahan Sumbermulyo 6 peserta, Mulyodadi 7 peserta dan Sidomulyo 7 peserta.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Bantul Drs. Yahya dalam arahannya berharap dengan diadakan pameran dapat memberikan motivasi dan semangat kepada pelaku UMKM untuk menunjukan hasil produksi terbaiknya sehingga mampu bersaing dengan produk dari luar daerah.

Ibu H. Erna Suharsono selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Bantul dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan ini untuk menjembatani kepentingan perajin, khususnya dalam hal fasilitasi sarana untuk mempromosikan dan menjual barang kerajinan produksinya.

Pameran merupakan suatu bentuk penyajian hasil karya yang dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi serta ada timbal balik yang baik dengan masyarakat luas. Pameran diselenggarakan dengan harapan produk yang dipamerkan terjual dengan keuntungan yang cukup tinggi bagi perajin, Kondisi ini akan meningkatkan kualitas kehidupan perajin, disamping itu, keuntungan yang cukup tinggi juga akan menjadi dorongan bagi perajin untuk menciptakan produk yang lebih baik lagi, lebih bervariasi, berinovasi, memiliki daya saing yang tinggi, dengan kualitas yang meningkat hingga mampu berkompetisi di pangsa pasar yang lebih luas dan seterusnya dengan pangsa pasar yang lebih luas, omset perajin pun akan mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan omset akan berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh sehingga diharapkan usahanya akan semakin maju dan berkembang. "Inilah yang dinamakan peningkatan level perajin, dari perajin mikro ketingkat perajin kecil.

Selama kegitan berlangsung aman dan lancar. Personil Polsek Bambanglipuro  melaksanakan pengamanan sampai dengan kegiatan selesai. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Menghadiri Program Peningkatan Kesejahteraan Bagi Lansia

Sekitar 60 orang lanjut usia (Lansia) menerima santunan dari Pemerintah Desa Gadingsari, Sanden, Bantul. Pemberian santunan dilaksanakan di Gedung Kaca Balaidesa Gadingsari, Rabu (28/11/2018) jam 09.30 Wib.

Acara ini dihadiri Lurah Desa Gadingsari Mashuri, Kasi Pelayanan Desa Gadingsari Jakirman, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Polsek Sanden Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd serta puluhan orang lansia dari warga Desa Gadingsari.

Kegiatan tersebut merupakan program dari Pemerintah Desa Gadingsari sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang sudah lanjut usia guna peningkatan kesejahteraan. Pemberian santunan kepada masyarakat lansia ini bertujuan membantu meringankan beban pengeluaran biaya untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia.

Lurah Desa Gadingsari, Mashuri mengatakan bahwa dana program santunan peningkatan kesejahteraan bagi lansia ini dianggarkan dari dana APBDes. Lebih lanjut Mashuri berpesan kepada warganya agar senantiasa menjaga kebersihan guna mencegah terjangkitnya wabah penyakit mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. (Humas Polsek Sanden)

Penutupan STQ Tingkat Kabupaten Bantul Di Sanden

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari mewakili Kapolsek Sanden menghadiri Penutupan STQ Tingkat Kabupaten Bantul di Pendopo Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul, Rabu malam (28/11/2018) jam 20.00 Wib.

Lomba STQ ditutup oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono yang diwakili Plt Sekda Kabupaten Bantul Drs Totok Sudarto dan dihadiri perwakilan Forkompinda Bantul, Kepala OPD Kabupaten Bantul, Kepala Kemenag Bantul, Forkompincam Sanden dan perwakilan peserta STQ.

Perwakilan kontingen dari Kecamatan Sanden berhasil meraih juara 3 di cabang Tahfidz Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra atas nama Iftah Lutfi Abriyan.

Ketua penyelenggara STQ, Sukamto, S.Pd dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Forkompincam Sanden yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan STQ di Kecamatan Sanden. Termasuk juga warga masyarakat Sanden yang telah mensupport sehingga acara berjalan dengan lancar dan sukses, ujarnya.

Plt Sekda Bantul mewakili Bupati Bantul mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dan yang belum menang agar tetap semangat untuk berjuang di tahun berikutnya. Beliau berharap agar Al Qur'an menjadi tuntunan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Karena Quran adalah petunjuk umat manusia.

Acara diakhiri dengan pengajian okeh Ustadz Drs. Toyib Hidayat dari Kemenag Bantul. Dalam tausyiyahnya beliau berharap dengan adanya STQ ini masyarakat semakin giat mengaji dan menambah keimanan dan rasa berserah diri kepada Allah SWT.

Guna menjaga keamanan dan kelancaran selama kegiatan berlangsung, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)

Patroli Dialogis Di Wilayah Hukum Polsek Kasihan

Anggota Sabhara Polsek Kasihan dipimpin Ka SPKT Suwarsito melakukan patroli dialogis memberikan himbauan kamtibmas diwilayah hukum Polsek Kasihan, Kamis (28/11/2018) malam.

Ka SPKT Aiptu Suwarsito menerangkan kegiatan patroli ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh anggota Sabhara dengan tujuan mencegah niat pelaku kejahatan serta menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Patroli dialogis dilakukan di tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas dan juga menyambangi Amarta Hotel Ngestiharjo, Kampus UMY Jl.Brawijaya Tamantirto, Pos Kamling dan sebagainya.

Dalam kegiatan patroli tersebut petugas memberikan himbauan kamtibmas kepada Satpam, penjaga malam maupun warga yang sedang melaksanakan ronda malam agar selalu waspada dan selalu melakukan patroli pada jam rawan. Kemudian apabila mengetahui tindak kejahatan segera melaporkannya ke Polsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)