Pemasyarakatan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus DIY Tahun 2018 Di Balaidesa Sumbermulyo Bambanglipuro

Posted by tribratanewsbantul on 09:34

Kasihumas Polsek Bambanglipuro Aiptu R. Murjono menghadiri kegiatan Pemasyarakatan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus DIY tahun 2018 bertempat di gedung serbaguna balaidesa Sumbermulyo Bambanglipuro, Senin, (26/11/2018) pagi.

Kegiatan pemasyarakatan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus diselenggarakan oleh Dinas Dikpora DIY bidang PLB Dikdas bekerjasama dengan pemerintah Desa Sumbermulyo dalam rangka Sosialisasi Pemasyarakatan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk pemerataan, tidak ada perbedaan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dengan pendidikan umum lainnya disamping itu juga untuk memasyarakatkan pentingnya pendidikan bagi ABK supaya memiliki mental yang lebih kuat dan lebih mandiri.

Sosialisasi pemasyarakatan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus DIY dihadiri oleh Kepala Bidang PLB Dikdas Drs. Bahtiar Hamzah, Kepala Seksi TK - SD Dinas Dikpora DIY Drs. Surti Raharyanto, Anggota DPRD II Kabupaten Bantul Suwandi S.I.P, Kasi Kemasyarakatan Kecamatan Bambanglipuro Drs Saryana, para Dukuh Desa Sumbermulyo serta Perwakilan Anggota Masyarakat Desa Sumbermulyo sekitar 300 orang.

Kepala Seksi TK - SD Dinas Dikpora DIY Drs Surti Raharyanto dalam sambutannya mengatakan ABK atau Anak Berkebutuhan Khusus merupakan sebutan bagi anak yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda daripada anak lainnya. ABK merupakan sebutan pengganti bagi istilah anak cacat atau penyandang cacat.

Sebutan ABK ini dirasa lebih pas ketimbang anak cacat, sebab pada hakikatnya setiap anak tidak memiliki kecacatan, tetapi hanya memiliki kebutuhan yang khusus dan berbeda dari anak lainnya. Anak Berkebutuhan Khusus memerlukan pelayanan, kasih sayang, dan perhatian yang lebih spesifik. Meski demikian, dalam lingkungan sosialnya tidak boleh ada diskriminasi terhadap ABK. Ia harus tetap didukung dan diberikan perlakuan yang sama dengan anak lainnya. Namun ironisnya, saat ini masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata terhadap ABK ini. Padahal, ABK juga memiliki potensi yang tidak kalah dengan anak lainnya, jika didukung dan dilayani dengan tepat.

Dalam acara ini, Anak Berkebutuhan Khusus menampilkan kemampuan mereka, diantaranya menyanyi, bermain keyboard, dan menari. Acara berakhir hingga pukul 11.30 Wib situasi aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:34

0 komentar:

CB