31 December 2018

Naik Becak, Kapolres Bantul Lepas Sembilan Anggota Polres Bantul Yang Purna Tugas

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH memimpin Upacara Pelepasan Purna Tugas Anggota Polres  Bantul  TMT  1 Oktober s/d  1 Januari  2019 bertempat di halaman Mapolres Bantul, Senin (31/12/2018) pukul 15.00 WIB.

Upacara diikuti seluruh Pejabat, Perwira dan Anggota Polres Bantul serta sembilan anggota yang purna tugas.

“Secara pribadi maupun selaku Kapolres Bantul saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan serta rasa hormat kepada segenap anggota yang telah  memasuki masa purna atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya  selama  ini.  Semoga  dalam menjalani masa purna bakti tetap  diberikan kesehatan dan  berkah  yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kapolres Bantul dalam amanatnya.

Lebih lanjut Kapolres berharap, jalinan silahturohmi antara anggota yang purna tugas dan Polres Bantul tetap terjaga.

“Dan dengan berakhirnya masa tugas sebagai  anggota polri bukan berarti tugas bapak-bapak sekalian telah selesai, akan tetapi besar harapan kami bapak-bapak sekalian tetap menjadi panutan  di masyarakat, sebagai sosok yang dapat menjadi tauladan dan  sebagai tempat berbagi ilmu, pengalaman dan  pemecah masalah di lingkungan sekitar tempat tinggal,” paparnya.

Selesai pelaksanaan upacara, sebanyak sembilan anggota yang purna tugas dilepas oleh Kapolres Bantul dengan menggunakan becak. Bahkan Kapolres Bantul turut serta mengayuh salah satu becak tersebut.

Kesembilan anggota yang purna tugas TMT  1 Oktober s/d  1 Januari  2019 antara lain, AKBP (Purn) Slamet, Iptu (Purn) Kasmini, Ipda (Purn) Riyanto, Ipda (Purn) Dulkami, Aiptu (Purn) Subardi, Aipda (Purn)  Suyatno, Bripka (Purn) Sumardiyana, Brigadir (Purn) Wartono dan Brigadir (Purn) Sukirno. (Humas Polres Bantul)

Polres Bantul Gelar Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2019

Polres Bantul mengadakan apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru 2019 di halaman Mapolres Bantul, Senin (31/12/2018).

Apel yang dimulai pukul 16.00 WIB ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Polres Bantul serta diikuti seluruh anggota Polres Bantul dan pasukan dari Sat Brimobda Polda DIY.

Dalam arahannya, Kapolres Bantul meminta pasukannya untuk serius dan tidak meremehkan tugas mereka dalam melakukan pengamanan malam ini.

Ada beberapa kerawanan yang menjadi fokus utama pengamanan hari ini, antara lain terjadinya kemacetan lalu lintas di jalan-jalan, terjadinya penumpukan massa di sekitar tempat-tempat wisata, serta terjadinya gangguan tindak kejahatan.

"Sehingga kewajiban kita untuk mengamankannya. Mencermati berbagai kerawanan-kerawanan tersebut kita harus memiliki action plan atau perencanaan aksi yang matang dan mencari solusi untuk meminimalisir resiko yang akan ditimbulkan. Dan jangan underestimate tugas sehingga rasa aman dan nyaman dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," kata Kapolres Bantul.

Kapolres juga mengimbau agar dalam pengamanan pergantian tahun ini agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, selalu mewaspadai adanya kemungkinan tindak pidana dan aksi-aksi terorisme. Pengamanan diberlakukan body system,selalu berkomunikasi dengan rekan di tempat pengamanan tidak terpisah dengan rekan lainnya.

“Setiap kegiatan hendaknya dilakukan dengan tanggung jawab, penuh keiklasan dan tidak lengah. Lakukan dengan sepenuh hati,” tegasnya.

Selesai pelaksanaan apel, anggota yang bertugas langsung menempati plotingnya masing-masing. (Humas Polres Bantul)

Kapolres Bantul Pimpin Upacara Peringatan HUT Satpam Ke-38

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-38 Satuan Pengamanan (Satpam) di halaman Mapolres Bantul, Minggu (30/12/2018).

Upacara dihadiri jajaran Forkompinda Kabupaten Bantul antara lain Dandim 0729 Bantul Letkol Inf. Yuswanto, Karutan Bantul Soleh Joko Sutopo, Kasat Pol PP Bantul Susanto SH MM, Anggota DPRD Bantul dan diikuti seluruh personel dari Lapas, Sat Pol PP, Saka Bhayangkara, Senkom, Paksikaton serta perwakilan anggota Satpam se Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Dalam amanatnya Kapolri mengatakan selaku  Kepala  Kepolisian  Negara  Republik  Indonesia, mengucapkan selamat ulang tahun ke-38 kepada seluruh personel  Satuan  Pengamanan  di manapun  bertugas. Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satuan Pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Perlu diketahui bahwa dinamika lingkungan strategis pada tataran global dan regional senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di satu sisi, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi, merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai  potensi  gangguan  dan  kejahatan  berdimensi  baru, yang berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab institusi Polri.

Sedangkan pada lingkup nasional, bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi. Jika ditinjau dari perspektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019. Kondisi tersebut  memunculkan   beberapa   potensi  kerawanan   yang harus diantisipasi, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara, di antaranya potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran hoax  dan  hatespeech  yang  berpotensi  terhadap  timbulnya konflik sosial.

Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya. Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2018 ini mengangkat tema ”Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.

Satuan Pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu   perhatian   pemerintah   guna   memacu   pertumbuhan ekonomi.  Jaminan  keamanan  pada  lingkungan  badan  usaha dan sektor industri, akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap negara yang pada akhirnya  bisa  berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.

Untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, di antaranya  proses perekrutan yang  selektif,  serta  peningkatan  kapasitas  yang  berkualitas, baik  pada  kualifikasi  Gada  Pratama,  Gada  Madya,  maupun Gada Utama. Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri berpesan beberapa hal kepada seluruh personel Satuan Pengamanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain sebagai berikut:

•    Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia;

•    Kedua, jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada  kode etik  dan profesi  Satuan  Pengamanan,  serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab;

•    Ketiga,       tingkatkan       kesiapsiagaan       diri       dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal;

•    Keempat,  senantiasa  tingkatkan  kompetensi  diri,  baik melalui pendidikan maupun pelatihan,  guna  mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas;

•    Kelima,   bangun   komunikasi   positif   dengan   seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh   stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.

“Dalam kesempatan yang baik ini, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh komunitas security, personel Satuan Pengamanan, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas dukungan kepada institusi Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Semoga kerja sama ini, dapat senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” tutup Kapolri.

Dalam upacara Hut Satpam Kapolres Bantul berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan dan piala lomba ketangkasan Satpam tingkat Polres Bantul. Seusai upacara dilanjutkan penyerahan Piagam lomba ketangkasan Satpam tingkat Polda oleh AKBP Sinungwati dan Pemotongan tumpeng oleh Kapolres Bantul. Acara dilanjutkan dengan peragaan ketangkasan dari Satpam PT Madu Baru dan ditutup dengan Foto bersama. (Humas Polres Bantul)

Perayaan Natal 2018, Kapolres Bantul Gelar Open House

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH menggelar open house Natal di rumah dinas Kapolres, Komplek Mapolres Bantul, Sabtu (29/12/2018).

Hadir dalam Kegiatan ini Waka Polres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, anggota Polres Bantul yang beragama Nasrani, anggota Bhayangkari Cabang Bantul serta segenap para tamu undangan.

Bersama istri Ny Debora Sahat, Kapolres Bantul terlihat membaur penuh suka cita dengan seluruh tamu yang hadir.

Kegiatan ini diawali dengan kebaktian di rumah dinas Kapolres Bantul dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Dalam sambutannya, Kapolres Bantul mengungkapkan Natal membuat manusia merasakan Kasih Karunia Tuhan. Untuk itu, kedepan agar lebih bersatu dan bekerja sama membuat Kabupaten Bantul senantiasa aman dan kondusif.

Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah. (Humas Polres Bantul)

Jelang Malam Tahun Baru, Sat Resnarkoba Polres Bantul Sita Puluhan Botol Miras

Jelang malam pergantian tahun baru, Sat Resnarkoba Polres Bantul menggelar razia minuman keras disejumlah wilayah, Sabtu (29/12/2018) malam. Razia ini dipimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba Polres Bantul AKP Andhyka Donny H, SH, SIK.


Dalam razia yang digelar malam hari ini, petugas  menyisir sebuah rumah warga berinisial WR (44) warga Mancingan Parangtritis Kretek dengan barang bukti 2 botol bir.

Selain di Kretek, petugas juga melakukan razia di Imogiri, tepatnya di rumah DF (23) warga Srunggo Selopamioro Imogiri Bantul. Ditempat ini petugas berhasil menemukan barang bukti Miras ilegal berupa 23 botol vidka, 5 botol anggur kolesom.

Kasat Resnarkoba Polres Bantul, menjelaskan, razia miras ini sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan maraknya penjualan dan penggunaan miras di malam pergantian tahun baru. "Kami berupaya agar tercipta suasana kondusif menjelang malam tahun baru nanti malam, diantaranya dengan melakukan razia miras ini," jelas Kasat.


Sat Resnarkoba Polres Bantul akan terus menekan seluruh kegiatan penjualan miras secara ilegal di wilayahnya. Masyarakat juga diminta ikut berperan dalam hal pengawasan. Yaitu apabila ada penjualan Miras ilegal, agar melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk segera ditertibkan.

"Saat ini Pemilk miras beserta barang buktinya kami amankan di Polres Bantul dan kami proses sesuai ketentuan yang berlaku," tutupnya. (Sat Resnarkoba)

Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Piyungan Sita Miras Oplosan

Jelang malam pergantian tahun baru, Polsek Piyungan menggelar razia minuman keras, Sabtu (29/12/2018) malam. Razia ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta.

Dalam razia yang digelar malam hari ini, petugas  menyisir sebuah warung milik warga berinisial MS (50) di Dusun Petir Desa Srimartani Piyungan Bantul. Ditempat ini petugas berhasil menemukan barang bukti Miras ilegal berupa 4 botol  miras oplosan ukuran 1 liter, 6 botol miras oplosan ukuran 650 mili liter, 3 botol Vodka dan 1 kantong plastik alkohol ukuran 1 liter.

Minuman keras yang berhasil diamankan selanjutnya disita oleh petugas. Disamping itu, MS sebagai pemilik barang haram tersebut juga akan diproses.

Polsek Piyungan akan terus menekan seluruh kegiatan penjualan miras secara ilegal di wilayahnya. Masyarakat juga diminta ikut berperan dalam hal pengawasan. Yaitu apabila ada penjualan Miras ilegal, agar melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk segera ditertibkan. (Humas Polsek Piyungan)

Perayaan Natal, Kapolres Bantul gelar Open House

Sabtu, 29 Desember 2018 pukul 10.00 WIB Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan, S.I.K., M.H menggelar Open House dalam rangka perayaan Natal 2018 dan menyongsong tahun baru 2019 di Kediaman Dinas Kapolres Bantul.

Hadir dalam Kegiatan ini Waka Polres Bantul, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Anggota yang beragama nasrani, bhayangkari Cabang Bantul serta para tamu yang diundang.

Kegiatan ini diawali dengan kebaktian di rumah dinas Kapolres Bantul dan kemudian dilanjutkan dengan Ramah tamah.

"Semoga natal tahun ini, membawa kedamaian dan keberkahan di Kabupaten Bantul secara khusus. Begitu juga dengan Indonesia. Kita semua harus menjaga keamanan Indonesia," katanya.  (Humas Polsek Bantul)

Hujan Dan Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang Di Wilayah Kab Bantul

Hujan dan angin kencang yang melanda Kabupaten Bantul mengakibatkan puluhan pohon tumbang, Minggu (30/12/2018). Terpantau Pasca terjadi fenomena alam tersebut sedikitnya 31 titik terjadi pohon tumbang.

Menurut Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bantul, Update kejadian hingga pukul 16.47 WIB data sementara di Pusdalops BPBD Bantul, dampak kejadian angin kencang di 31 titik terjadinya pohon tumbang yaitu di Kecamatan Kasihan, Dlingo, Bantul, Pleret, Jetis, Piyungan, dan Imogiri.

Akibat kejadian ini sejumlah rumah warga menjadi rusak lantaran tertimpa pohon tumbang. Pohon tumbang melintang di badan jalan juga cukup mengganggu arus lalu lintas. Tak hanya itu, pohon tumbang juga mengenai kios, makam, masjid, jaringan telepon dan jaringan listrik milik PLN.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kali ini. Personil yang disiagakan ada dari BPBD Bantul, Tagana, FPRB, Polres Bantul, Polsek, Koramil, Pol Pp rescue, PLN, relawan, dan masyarakat," pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Kegiatan Masyarakat Di Dusun Kembanggede Guwosari

Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Kanit Sabhara Ipda Darobi melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat di Dusun Kembanggede Guwosari Pajangan Bantul, Minggu Malam (30/12/2018).

Dalam pengamanan ini Ipda Darobi mengatakan, kegiatan masyarakat Kembanggede yang dilaksanakan hari ini cukup banyak, mulai dari pelantikan Ketua RT, Takmir Masjid, Ketua LPMD, Ketua Karang Taruna Dusun dan Ketua Remaja Masjid serta Peresmian Rumah Pilah Sampah Dusun Kembanggede.  Acara ditutup dengan pentas orgen tunggal. Selama kegiatan berlangsung awal hingga akhir acara berjalan lancar, aman dan tertib, jelasnya.

Pengamanan kegiatan ini dilakukan oleh Polsek Pajangan bersama Linmas Desa Guwosari dan pemuda Karang Taruna Dusun Kembanggede. Acara berakhir hingga jam 23.00 Wib berakhir aman kondusif. (Humas Polsek Pajangan)

Razia Miras Di Wilayah Sedayu Membuahkan Hasil

Sabtu, 29 Desember 2018 pukul 19.00 WIB Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarta, A.Md beserta anggotanya melaksanakan Operasi cipta kondisi diwilayah hukum Sedayu.

Kegiatan operasi Cipta Kondisi tersebut untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan sebelum yang marak terjadi pada perayaan malam pergantian tahun dengan sasaran Minuman beralkohol, Bahan peledak, Sajam, Narkoba dan barang barang lainya yang dapat mengganggu keamanan.

Dalam kegiatan razia dalam operasi Cipta Kondisi tersebut petugas berhasil menyita 8 botol miras di rumah milik RS (21) dusun Ngentak Rt 66, Argorejo Sedayu Bantul. Lalu barang bukti beserta pemiliknya dibawa ke Polsek Sedayu untuk menjalani proses hukum. (Humas Polsek Sedayu)

Untuk Tempat Perayaan Tahun Baru 2019, Gereja Santo Paulus Pringgolayan Disterilisasi

Senin, 31 Desember 2018 mulai pukul 08.10 WIB bertempat di Gereja Santo Paulus Pringgolayan, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul telah dilakukan sterilisasi dalam rangka persiapan perayaan tahun baru 2019 oleh Tim Gegana Sat Brimobda Polda D.I.Yogyakarta dipimpin langsung oleh Panit Jibom Iptu Tri Jaka.

Sasaran dari sterilisasi tersebut meliputi Mimbar utama gereja, Tempat jemaat beribadat, Bangku jemaat, Patung, Ruang penghapusan dosa, Bunga hias di meja, Halaman gereja, Rumah pastor, Gudang belakang, Tempat parkir, Toilet dan lain lainya. Kegiatan sterilisasi oleh Tim Gegana Sat Brimobda Polda D.I.Yogyakarta WIB selesai pukul 09.00 WIB, berlangsung aman dan lancar.

Setelah dilakukan sterilisasi didapatkan hasil bahwa Gereja Santo Paulus Pringgolayan dalam keadaan steril (bersih), selanjutnya diserahkan serah terima dari Iptu Tri Jaka (Panit Jibom) kepada Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH untuk diadakan penjagaan. Selama kegiatan disaksikan oleh pihak gereja yang diwakili oleh Sdr. Totok (kepala keamanan Gereja). (Humas Polsek Banguntapan)

Operasi Cipta Kondusi, Polsek Banguntapan Sita 24 Botol Miras

Sabtu, 29 Desember 2018 mulai pukul 18.30 wib, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH berserta anggotanya melaksanakan giat operasi cipta kondusi jelang pergantian tahun baru 2018. Operasi cipta kondisi dengan sasaran utama peredaran Miras diwilayah hukum polsek Banguntapan.

Sebelumnya kapolsek menyampaikan kepada tokoh masyarakat jika mengetahui adanya penjual miras silahkan disampaikan jangan ditutup-tutupi. Kita akan sikat tuntas semua peredaran miras terutama yang diwilayah Banguntapan.

Gayung bersambut kapolsek mendapat laporan dari masyarakat adanya penjual miras di Rejokusuman Rt. 03 Tamanan Banguntapan Bantul, dengan cepat kapolsek merespon adanya informasi tersebut dan bersama anggotanya yang piket segera melakukan pengintaian, benar adanya tidak berselang lama ada pelanggan yang beli miras dan segera ditanya asal belinya ternyata dari alamat tersebut diatas.

Berbekal dari informasi tersebut, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH bersama anggota sabhara regu Aipda Nanang Hartono, SH segera melakukan operasi cipta kondisi. Awalnya pemilik rumah tidak mengakui telah menjual miras, namun petugas tidak percaya begitu saja, lalu petugas melakukan pemeriksaan dan mengeledah di dalam area rumah dan menemukan 2 (dua) kardus berjumlah 24 botol anggur kolesom milik Bapak SDT yang akan dijual kepada pelanggannya.

Selanjutanya 2 kardus anggur kolesom dibawa ke Polsek Banguntapan untuk barang bukti sidang Tipiring di PN Bantul. Kapolsek menghimbau kepada semua warga banguntapan yang mengetahui adanya penjual miras silahkan sampaikan informasi langsung kepada Kapolsek pasti semua akan saya tindak lanjuti tanpa tebang pilih. (Humas Polsek Banguntapan)

Pengamanan Pentas Orgent Dangdut Di Lapangan Badminton Dusun Kembang Gadung

Personil Polsek Pajangan dipimpin Kanit Sabhara  Ipda Darobi melaksanakan pengamanan pentas orgent dangdut  di Lapangan Badminton Dusun Kembang gadung RT 004 Desa Guwosari , Pajangan,  Bantul , pada Minggu (30/12/2018) pukul 20.00 wib.

Dalam sambutannya, kepala Dukuh Kembanggede menyampaikan  bahwa orgen dangdut ini dalam rangka  Pelantikan dan serah terima Jabatan Ketua LPMD, Ketua RT , dan Pengurus Karang  Taruna, semoga dengan kepengurusan yang  baru dapat menambah kebaikan  dan kemajuan  masyarakat. Tidak Lupa  terima kasih kami haturkan  Kepada Polsek Pajangan yang telah berkenan mengamankan jalannya orgent dangdut di malam ini. Acara ini kami laksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya Dusun Kembanggede .

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Sabhara Ipda Darobi menitip pesan kepada MC agar diumumkan kepada penonton untuk menjaga ketertiban, sekali tidak tertib acara langsung kita hentikan, bahkan akan kami bubarkan jika tidak kondusif.  (Humas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Amanakan Pemasalan Olalaraga Di Kalirandu

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka mengamankan giat Pemasalan Olahraga di Monumen Apsari Dk Kalirandu Rt 04, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Minggu,  30 Desember 2018 pukul 07.00 wib.

Kegiatan Pemasalan olahraga ini terselenggara atas kerjasama pemerintah Desa Bangunjiwo dan Dispora Kabupaten Bantul dengan ketua panitia Agus Mulyono di hadiri Lurah Desa Bangunjiwo H. Parjo, ST. M.Si., Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka, Babinsa Bangunjiwo Serka Suparno dan Peserta senam ssekira 200 orang.

Tujuan olah raga ini agar manusia dapat mempertahankan eksistensinya terhindar dari berbagai gangguan atau disfungsi sebagai akibat penyakit kekurangan gerak (Hypo Kinesis Desease).

Selama kegiatan berlangsung Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka melakukan pengamanan sampai acara selesai pada pukul 10.00 wib. Terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Beri Penyuluhan FKPM Pandawa

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH mewakili Kapolsek Kasihan AKP Y.Tarwoco Nugroho,SH memberikan  Penyuluhan FKPM Pandawa di Baldes Ngestiharjo, Jl. Wates No.31, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Sabtu (29 /12/ 2018) Pukul 20.00 wib.

Penyuluhan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ngestiharjo dalam rangka peningkatan kemampuan FKPM Pandawa Ngestiharjo, di hadiri Lurah desa Ngestiharjo bapak Fathoni Ari Wibowo dan perangkat Desa Ngestiharjo, Anggota FKPM Pandawa.

Adapun materi penyuluhan adalah tentang Tupoksi FKPM  dan memberikan pesan kamtibmas serta penyampaian situasi kamtibmas saat ini. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Evakuasi Pohon Tumbang Di Dusun Brajan

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus  Sulistiyono, SH bersama Anggota BPD Desa Tamantirto,  Anggota FPRB Desa Tamantirto dan warga evakuasi Pohon  Tumbang di dusun Brajan Rt 04,Tamantirto, Kasihan, Bantul, Minggu, 30 Desember 2018 pukul  18.30 wib.

Adapun pohon yang tumbang adalah pohon melinjo yang menimpa rumah bapak Endro Sutopo pada pukul 18.00 wib sehabis hujan yang di sertai dengan angin kencang, dan baru bisa dilakukan evakuasi pada pukul 18.30 wib.

Akibat Kejadian pohon tumbang melinjo tersebut tidak ada korban jiwa,  hanya kerusakan ringan pada atap rumah bapak bapak Endro Sutopo, ungkap Brigadir Agustinus  Sulistiyono, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Tim Opsnal Reskrim Polsek Kasihan Buru Pelaku Klitih Di Jalan Ikip PGRI

Unit Opsnal Reskrim Polsek Kasihan dipimpin Panit I Reskrim Iptu Yan Indah, S.Sos melakukan pengejaran terhadap pelaku tindak pidana penganiayaan dengan kekerasan (klitih) yang terjadi di jalan IKIP PGRI tepatnya di depan PUKJ Ngestiharjo, Kasihan, Bantul pada hari Minggu tanggal 30 Desember 2018 sekitar pukul 04.30 WIB.

Sebelum melakukan pencarian pelaku tim Polsek Kasihan melakukan pemeriksaan terhadap saksi korban dan saksi lain, Kemudian mendatangi TKP dan mencari rekaman CCTV untuk bahan penyelidikan selanjutnya.

Saksi yang sudah diperiksa adalah saksi korban Ibrahim Alam, 26 tahun, karyawan swasta, almt  Jalan Kasad Rt 01 Rw 01,  Bandar Agung  Terusan Muyai  Lampung Tengah dan saksi Ardiansyah Alwi, 30 tahun, Alamat Seturan, Condongcatur, Sleman.

Kejadian berawal ketika korban melintas ke arah utara jalan Pendidikan IKIP PGRI di depan PUKJ korban di pepet oleh 2 sepeda motor jenis matic warna hitam yang dikendarai 3 orang kemudian korban di bacok dengan sajam mengenai lengan tangan sebelah kiri dan punggung selanjutnya korban lari dan ditolong saksi. (Humas Polsek Kasihan)


Pengamanan Senam Masal Dalam Rangka Menyambut Hari Ibu Ke 91th Di Imogiri

Personel polsek Imogiri dipimpin Ipda Masyudin mengamankan kegiatan senam masal memperingati hari ibu ke 91th oleh PKH imogiri di lapangan pasar hewan Karang Talun  Imogiri, Bantul, Jumat, 30 Desember 2018 pukul 06.30 Wib.

Kegiatan mengambil tema ”mewujutkan masyarakat sehat tanguh dan sejahtera” dihadiri oleh Dinas sosial provinsi DIY, Dinas sosial Kabupaten bantul, Segenap Muspika Imogiri, ketua Pkh Imogiri, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Karang Talun dan peserta senam 2500 orang

Dalam sambutannya Camat Imogiri menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu ibu yg begitu semangat dlm melaksanakan senam pagi ini. Senam yang dilaksanakan adalah salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ibu ke-91. Selain sebagai sarana bersilaturrahmi, kegiatan ini juga untuk membangkitkan semangat ibu-ibu membiasakan pola hidup sehat dengan cara olahraga murah meriah seperti senam ini. Menurutnya, senam bersama ini juga menjadi implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Pengamanan Ujian Seleksi Pengisian Pamong Desa Gadingharjo

Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Polsek Sanden Brigadir Tohari melaksanakan pengamanan ujian seleksi pengisian Pamong Desa Gadingharjo untuk jabatan Dukuh Merten. Proses ujian seleksi diadakan di Gedung Kaca Kampung Matraman, Minggu (30/12/2018) mulai jam 06.30 Wib.

Guna menjaga netralitas dan independensi proses seleksi Dukuh Merten, ujian diserahkan krpada pihak ketiga yaitu Perguruan Tinggi APMD Yogyakarta. Materi ujian meliputi Ujian Tertulis, Wawancara, Psikologi,  Ujian Prakter Komputer dan Pidato Bahasa Jawa.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan anggota Polsek Sanden ini untuk memberikan pelayanan terbaik dalam setiap kegiatan masyarakat. Pengamanan ujian seleksi calon Dukuh Merten tersebut dilaksanakan Bhabinkamtibmas bersama Babinsa desa setempat.

Melalui sinergi dan kerjasama yang baik antara Polsek Sanden, Koramil Sanden diharapkan pelaksanaan kegiatan pengamanan ujian Pamong Desa untuk jabatan Dukuh Merten dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Pelaksanaan ujian seleksi ini dihadiri pihak ketiga dari APMD Yogyakarta selaku penyelenggara ujian, Kasi Tapem Kecamatan Sanden Bapak Nanang, Ketua Panitia 9 Saryana, M.Pd beserta tim panitia, Lurah Desa Gadingharjo Aan Indra Nursanta SS, Babinsa Serma Sumarlan dan Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari. (Humas Polsek Sanden)

Diprediksi Ombak Diatas 4 M, Petugas Himbau Pengunjung Tidak Mandi Dilaut

Petugas penjagaan Polsek Kretek beserta piket fungsi yang dipimpin Ka SPK Aiptu Sukiman melaksanakan patroli dialogis di kawasan wisata Parangtritis Kretek.  Minggu (30/12/2018) siang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap wisatawan yang berkunjung dikawasan wisata Parangtritis dan sekitarnya serta mencegah adanya lakalaut.

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak ditempat terpisah menekankan anggotanya untuk meningkatkan patroli pantai, saat ini mendekati akhir liburan sekolah, dimana kawasan wisata Parangtritis dan sekitarnya masih menjadi sasaran utama wisata dari dalam maupun luar daerah, sehingga kerawanan atau gangguan kamtibmas akan terancam.

Lebih lanjut disampaikan sesuai dengan fakta dilapangan/laut dan penjelasan dari BMKG bahwa saat ini gelombang air laut mengalami peningkatan, dengan ketinggian gelombang diatas 4 M sehingga sangat berbahaya terhadap pengunjung yang mandi dilaut, imbuhnya.

Dalam kesempatannya petugas melaksanakan dialogis terhadap petugas jasa parkir agar dalam menempatkan kendaraan ditata dengan rapi agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain, serta diharap meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan tanggung jawabnya agar tidak terjadi atau timbul gangguan kamtibmas, kususnya pencurian sepeda motor.

Lebih lanjut petugas juga secara langsung mendekat kepada pengunjung pantai untuk menghimbau kepada pengunjung Parangtritis agar tidak mandi dilaut karena amat sangat berbahaya, terlebih saat ini gelombang laut mencapai ketinggian 4 M dan tidak menutup kemungkinan angin yang kencang ini akan mendorong ombak menjadi lebih besar, himbaunya. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtohargo Hadiri Acara Publik Hearing Dan Sidang Pleno Raperdes Apbdes 2019

Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo Bripka Winarko SH menghadiri acara publik hearing dan sidang pleno raperdes APBDes 2019 di gedung pertemuan balai desa setempat.    Minggu, (30/12/2018) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh mewakili Camat Kretek Muji Sungkono SE, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kretek Yuli Hastuti SH, Lurah desa Supriyana S.St dan pamong, Pendamping desa, kepala Dukuh dan ketua RT se desa Tirtohargo serta puluhan tamu undangan.

Bripka Winarko SH dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan Publik hearing dan sidang pleno Raperdes APBDes 2019 ini di laksanakan guna menyepakati rencana belanja desa Tirtohargo tahun 2019.

Untuk itu diharap dalam pelaksanaannya nanti sesuai dengan kesepakatan yang telah diputuskan dalam sidang ini, sehingga tidak timbul rasa cemburu sosial diantara warga masyarakat, ucapnya. (Humas Polsek Kretek).

Harlah 1 Tahun Forum Srandakan Bersholawat

Bertempat di pendopo balai desa Trimurti Srandakan telah berlangsung kegiatan Harlah 1 tahun Forum Srandakan Bersholawat. Minggu, 30/12/2018 pukul 08.30 Wib.

Kegiatan Harlah 1 tahun Forum Srandakan Bersholawat tersebut dihadiri oleh Camat Srandakan Anton Yulianto AP, Lurah Desa Trimurti Srandakan Agus Purwaka St, kepala KUA Kecamatan Srandakan Mubaziq Sag, Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Srandakan Brigadir Eko Rustamaji, Babinsa Koramil Srandakan Serka Sholikin, Toga dan Tomas Kecamatan Srandakan.

Dengan adanya wadah Srandakan bersholawat diharapkan kecamatan Srandakan menjadi kota kecamatan yang semakin lebih baik dan menjadi wadah generasi muda khususnya di wilayah kecamatan Srandakan.

Di wilayah kecamatan Srandakan banyak saudara saudara kita yang kurang mampu diharapkan Forum Srandakan bersholawat dapat berpartisipasi membantu warga yang membutuhkan seperti yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan maupun desa yang telah  membantu bedah rumah salah satu warga di dusun Kedungbule  dengan berbagai kerja sama dengan pihak pihak lain.

Pada pukul 11.00 Wib seluruh rangkaian kegiatan Harlah 1 tahun Forum Srandakan Bershalawat berakhir dan kegiatan tesebut mendapat pengamanan dari personil Polsek Srandakan selama kegitan berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Pengamanan Jalan Sehat Menyambut Tahun Baru 2019 Di Dusun Karang Bodowaluh Poncosari

Bertempat di pendopo dusun  Karang Bodowaluh desa Poncosari Srandakan Bantul telah berlangsung kegiatan jalan sehat dalam rangka menyambut tahun baru 2019 yang diselenggarakan oleh muda mudi dusun setempat. Minggu, 30 Desember 2018 dimulai 06.30 wib.

Kegiatan jalan sehat tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bantul bapak H. Saji, Kepala dusun Bodowaluh- Karang bapak Sugi, Tokoh Masyarakat serta warga sekitar.

Jalan sehat dimulai start pukul 06.30 wib dan finish pukul 07.45 wib. Dengan route mengelilingi dusun dengan menempuh jarak sekira 4 km.

Bapak H. Saji pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan salam dan terimakasih kepada seluruh hadirin.  Atensi dan apresiasi yang tinggi terhadap muda mudi yang telah mengadakan acara ini. Beliau memberikan motifasi kepada seluruh peserta jalan sehat agar selalu berolahraga, Membangun badan dan jiwa yang sehat. Umur kita semakin lama semakin berkurang, oleh karena itu kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT atas pemberian nikmat kepada kita.

Selesai doa bersama acara dilanjutkan pembagian doorprice dan hiburan Organ tunggal Ronisa Intertainer dengan penyanyi saudari Danti dari Kulon Progo.

Pada pukul 10.30 wib seluruh rangkaian kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh sekira 300 orang dengan harga tiket Rp 2.000, tersebut berakhir dengan aman dan lancar dengan pengamanan dari Personil Polsek Srandakan. (Humas Polsek Srandakan)

Pertemuan Rutin FKPM Desa Sidomulyo

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri pertemuan rutin FKPM Desa Sidomulyo di rumah Bapak Setyo Raharjo Dusun Ngireng - ireng Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Minggu (30/12/2018). malam.

Dalam kesempatan tersebut Aipda Siswanto menyampaikan agar setiap anggota FKPM memanfaatkan komunikasi di grup WA Desa Sidomulyo, untuk setiap kegiatan FKPM agar didokumentasikan dan di share di grup. Apabila ada kejadian menonjol agar didokumentasi dan disampaikan secara pribadi ke Bhabinkantibmas dan Babinsa agar bisa segera ditindak lanjuti”, harapnya.

Pertemuan FKPM kali ini diisi dengan acara tahlil dan doa, dilanjutkan pembinaan dan arisan serta laporan keuangan FKPM Sidomulyo. Acara berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Hadiri Pertemuan Warga Di Pos Kamling Dusun Mulekan II

Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto menghadiri pertemuan warga di pos kamling dusun Mulekan II. Minggu,( 30/12/2018 ) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Saptopo Wisnu Aji SH, Babinsa, Kadus Mulekan II Sujadi, Toga, tomas dan puluhan warga kelompok ronda.

Aiptu Suryanto dalam kesempatannya memberikan himbauan kepada warga masyarakat bahwa pada musim penghujan ini diprediksi akan terjadi hujan disertai angin kencang sehingga akan berpengaruh menimbulkan ombak besar, untuk itu warga dalam merayakan malam pergantian tahun baru diharap tidak dipantai.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam menyambut segala tahapan pemilu 2019 ini dengan sikap yang positif dan demokratif,sehingga tahapan pemilu akan berjalan dengan kondusif tidak terjadi perselisihan antar warga,ajaknya. (Humas Polsek Kretek)

Dua Wisatawan Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Dua wisatawan terseret arus saat bermain air di Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Minggu (30/12/2018) pagi. Mereka adalah Panji Sukmajaya (19) dan Ivan Haski (21) asal Kampung Robandung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Peristiwa nahas ini menimpa kedua laki-laki ini pukul 08.15 WIB.

Diketahui mereka hanya datang berdua di pantai tersebut. Sesampainya di lokasi, keduanya langsung bermain di perairan pantai.

"Sampai di pantai mereka berdua langsung bermain air. Mereka sudah kami ingatkan beberapa kali kalau mereka bermain air di daerah palung atau lembeng," ujar Komandan SAR Parangtritis, Arif Nugraha.

Tak mengindahkan peringatan petugas, keduanya tetap bermain air di tempat tersebut. Lantaran asyik bermain air, mereka tak sadar bahwa terlalu ke tengah perairan. Nahas, tubuh kedua pria ini justru terseret ombak menuju tengah laut dan tenggelam.

Petugas SAR yang mengetahui kejadian ini lantas berusaha menyelamatkan nyawa korban. "Petugas langsung menolong korban dan beruntung keduanya berhasil selamat," pungkasnya. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Sanden Cek Pelaksanaan Tugas Operasi Lilin Progo 2018 Di Pos Pantau Goa Cemara Patihan

Kapolsek Sanden AKP Riwanta melakukan pengecekan pelaksanaan tugas Operasi Lilin Progo 2018 di Pos Pantau Goa Cemara Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Minggu (30/12/2018) pukul 13.30 Wib.

Kegiatan pengecekan ini bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan anggota di lapangan yang melaksanakan tugas di Pos Pantau dalam memberikan pelayanan dan pengamanan di objek objek wisata guna memberikan rasa aman dan nyaman serta meminimalisir tindak kriminalitas.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Riwanta memberikan arahan kepada anggota untuk  melayani masyarakat dengan baik dan tetap semangat serta tidak bosan dalam memberikan himbauan kepada para pengunjung untuk menjaga keamanan dan ketertiban diantaranya agar tidak mandi di laut dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan adanya keberadaan anggota Polsek Sanden yang setiap hari siaga di Pos Pantau Goa Cemara ini diharapkan pengunjung merasa aman dan nyaman dalam berwisata menikmati liburan, tidak merasa khawatir akan adanya aksi premanisme dan tindak kriminal lainnya. (Humas Polsek Sanden)

Giat Patroli Malam Di Wilayah Hukum Polsek Pleret

Anggota Polsek Pleret melaksanakan kegiatan rutin patroli malam hari. Adapun sasarannya obyek vital, pemukiman warga serta tempat-tempat yang dianggap rawan kriminalitas.

Salah satunya menyambangi SMA N 1 Pleret, Sabtu (29/12/2018) malam. Di sekolah tersebut, petugas berdialog sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada penjaga malam sekolah. Selain sambang sekolahan, patroli juga diarahkan ke perkantoran, pertokoan, SPBU dan jalan raya.

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH mengatakan bahwa pihaknya rutin melaksanakan patroli wilayah, baik siang, sore maupun malam hari. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, serta mencegah aksi kriminalitas demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum Polsek Pleret. (Humas Polsek Pleret)

30 December 2018

Bhabinkamtibmas Tamantirto Hadiri Rapat Rt 06 Di Dusun Jadan

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH menghadiri rapat RT di Rumah bapak Pardiman SE, Dusun Jadan RT 06,Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu, 29 Desember 2018 Pukul  20.30 wib

Rapat RT ini diadakan oleh warga Jadan dihadiri oleh Kadus Jadan bapak Budi, Ketua Rt 06 bapak Pardiman SE, dan Warga Rt 06.

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto pada kesempatan ini menyampaikan pesan kamtibmas tentang maraknya permasalahan remaja khususnya kejahatan jalanan (klitih). Oleh karena itu bila bepergian waktu malam supaya berhati-hati dan bagi yang mempunyai anak remaja tingkatkan pengawasan jangan sampai menjadi korban ataupun pelaku klitih, ujar Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH. (Humas Polsek Kasihan

Kapolsek Sanden Menghadiri Musrenbang Desa Gadingharjo

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri Musrenbang Tahhn Anggaran 2019 Desa Gadingharjo Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul di Aula Desa Gadingharjo, Sabtu malam (29/12/2018) jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh DPPKB PMD Kabupaten Bantul Supriyanto MM, anggota DPRD DIY Joko Purnomo dari Fraksi PDIP, anggota DPRD Bantul Sadji Tirtohadijoyo dari Fraksi PAN, Camat Sanden diwakili Nanang, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Danramil, Posal Samas, Lurah Desa Gadingharjo, Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari, Ketua BPD, Dukuh, Ketua RT, Kader PKK dan Karang Taruna Desa Gadingharjo.

Lurah Desa Gadingharjo Aan Indra Nursanta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan pada acara Musrenbang Desa Gadingharjo. Aan Indra meminta partisipasi para peserta musrenbang untuk menyampaikan usulan atau aspirasi yang penting dan membangun agar bisa dititipkan kepada anggota dewan dan berharap bisa di kawal oleh anggota dewan.

Suprianto, MM dari DPPKB PMD Kabupaten Bantul yang mewakili Bupati Bantul berharap rencana pembangunan yang diusulkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Gadingharjo dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat. Lebih lanjut Supriyanto berharap pembangunan desa Gadingharjo dapat berjalan lancar dan berkelanjutan terutama yang di butuhkan oleh  warga masyarakat .

Sementara itu Saryana, M.Pd selaku tim verifikator dari unsur BPD Desa Gadingharjo dalam kesempatannya mengatakan bahwa usulan pembangunan Desa Gadingharjo sudah di verifikasi oleh tim verifikasi yaitu mana yang bisa dilaksankan dan mana yang tidak bisa dilaksanakan. Saryana berharap usulan tersebut dapat di kawal anggota dewan baik dari tingkat Kabupaten maupun Provinsi sehingga segera dapat terealisasi. (Humas Polsek Sanden)

Penyuluhan Bahaya Narkoba Kepada Pemuda Pemudi Di Dusun Kebokuning Terong Dlingo

Kanit Binmas Polsek Dlingo Aiptu Mardi bersama sama dengan mahasiswi Akbid Yogyakarta memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada pemuda pemudi di rumah kepala dusun Kebokuning Terong Dlingo Bantul, Senin 24 Desember 2018.

Penyuluhan bahaya narkoba bertujuan agar pemuda desa mengenal tertang narkoba dan bahaya narkoba sehingga mereka menjauhinya. Kanit Binmas juga mewanti wanti kepada para generasi kusus yang hadir agar tidak menggunakan narkoba apa lagi sampai menjadi pengedarnya. Karena pada awalnya orang ingin coba coba untuk menggunakan narkoba tapi lama lama menjadi ketagihan maka dari itu untuk generasi Kebokuning tidak perlu coba coba menggunakan narkoba.

Penyuluhan bahaya narkoba di ikuti oleh anggouta karang taruna dusun Kebokuning dan juga para mahasiswi Akbid Yogyakarta dengan peserta sekitar 85 orang dengan materi efek bahaya penyalahan gunaan narkoba dan sangsi hukum serta cara pencegahanya.

Dalam kesempatan ini dukuh kebokuning Aryanto mengucapkan terima kasih kepada jajaran polsek Dlingo Kusus kepada  Aiptu Mardi yang telah peduli kepada anak anak muda Kebokuning. Diharapkan generasi Kebo kuning menjadi tahu efek penggunaan narkoba sehingga menjauhinya. (Humas Polsek Dlingo)

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Kerja Bhakti Perbaiki Jalan Rusak

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto  Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH bersama warga kerja bhakti memperbaiki  jalan yang rusak diantanya yaitu  jalan Gatak – Tempuran dan Timur Perempatan Tempuran, dusun  Brajan Rt 09, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu, 29 Desember 2018 Pukul : 22.30 wib

Kegiatan perbaikan jalan oleh warga masyarakat ini dihadiri oleh Tomas Brajan Rt 09 Bapak Budiyanto, warga Brajan Rt 09 dan Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto.

Perbaikan jalan dengan cara di tambal memakai semen, pasir dan koral. Harapan agar lalulintas jalan kembali normal sehingga mengantispasi adanya lakalantas karena banyaknya jalan yang berlobang, walaupun bersifat sementara, ujar Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH.

Selanjutnya Babinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH melakukan koordinasi dengan pihak Desa Tamantirto untuk membahas jalan tersebut agar diperbaiki secara permanen. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Bantul Hadiri Tirakatan Hari Jadi Ke-72 Desa Ringinharjo Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH, menghadiri kegiatan Doa Bersama dan Tirakatan Hari Jadi Ke-72 Desa Ringinharjo Bantul di Wisma Joglo Balai Desa Ringinharjo Bantul, Sabtu,29 Desember 2018 pukul 20.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Camat Bantul Bp. Sunarso, SH, Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam, SH, Lurah Desa Ringinharjo Bp. Sulistyo Atmaji, SE, Kasi Trantib Kec. Bantul Bp. Pujo Isnomo, A.Ks, BPD Desa Ringinharjo, Pamong Desa Ringinharjo, Kaum Rois se-Desa Ringinharjo, Dukuh se-Desa Ringinharjo, Ketua RT se-Desa Ringinharjo, Bimas Desa Ringinharjo AIPDA Sugiyanto, SH,Babinsa Desa Ringinharjo SERTU Riswanto, Ketua Pokgiat Masyarakat dan Karang Taruna Desa Ringinharjo. Acara diawali dengan doa bersama dan pembacaan kalimah toyyibah yang dipandu oleh Kaum Rois.

Dalam Sambutan Lurah Desa Ringinharjo  mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran bp/ibu dalam acara doa bersama dan tirakatan dalam rangka Hari Jadi Ke-72 Desa Ringinharjo. Mari kita bersama-sama makaryo mbangun deso untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Saya berharap bersama pamong kita akan terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa Ringinharjo.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta santunan anak yatim sebanyak 24 anak. Sambutan dari Camat Bantul  Atas nama pemerintah Kec. Bantul mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Ringinharjo yang telah menyelenggarakan kegiatan Doa Bersama dan Malam Tirakatan dalam rangka Hari Jadi Ke-72 Desa Ringinharjo.

Dengan usia yang Ke-72 semoga Pemerintah Desa Ringinharjo semakin maju dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menghadapi Pemilu 2019 saya menghimbau kepada masyarakat Desa Ringinharjo untuk tidak mudah dipecah belah dengan adanya isu politik maupun SARA. Selama berlangsungnya kegiatan situasi aman terkendali. (Humas Polsek Bantul)

Jelang Perayaan Tahun Baru 2019, Polsek Sanden Adakan Operasi Pekat

Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah hukum Polsek Sanden menjelang perayaan Tahun Baru 2019, personil gabungan fungsi Polsek Sanden mengadakan operasi pekat dengan sasaran kejahatan jalanan, Miras, Narkoba, petasan, sajam dan kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat, Sabtu (29/12/2018) mulai jam 20.00 Wib.

Sebelum giat operasi, terlebih dahulu melaksanakan apel yang dipimpin Kapolsek Sanden AKP Riwanta. Selesai apel, anggota langsung melaksanakan operasi pekat di beberapa wilayah Sanden, diantaranya wilayah JJLS dan kawasan Samas.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta mengatakan operasi pekat ini dilakukan guna mengurangi aksi kejahatan dalam masyarakat yang diakibatkan oleh mengkonsumsi minuman keras. Selain itu operasi ini juga sebagai upaya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Tahun Baru 2019 sehingga nantinya masyarakat merasa aman dan nyaman.

Lebih lanjut, AKP Riwanta mengharapkan kerjasama dan peran serta masyarakat untuk melaporkan bila mengetahui ada aktifitas pekat di lingkunganya sekitar tempat tinggalnya. Dengan adanya kerjasama dengan masyarakat diharapkan pekat bisa diberantas dengan cepat sehingga tercipta kamtibmas yang kondusif. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Pleret Takziah Di Dusun Ploso Wonolelo

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo dan perwakilan relawan Cinomati takziah ke rumah duka almarhum Amat Markum di dusun Ploso, Wonolelo, Pleret, Bantul. Sabtu (29/12/2018) siang.

Atas nama keluarga besar Polsek Pleret, AKP Sumanto, SH menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Ia juga mendoakan semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan.

Almarhum Amat Markum adalah Bapak mertua dari Parjono, anggota relawan FPRB Wonolelo. Almarhum meninggal dunia pada hari Sabtu, 29 Desember 2018 pukul 04.00 WIB, dalam usia 82 tahun di RS Nurhidayah, Jetis, Bantul. Pemakaman dilakukan pada hari itu juga, Sabtu, 29 Desember 2018 pukul 13.00 WIB di Makam Gebang Wonolelo. (Humas Polsek Pleret)

Provos Polda DIY Kontrol Pos Pam Ops Lilin Progo 2018 Kretek

Rombongan Bid Provos Polda DIY mengadakan kontrol di pos pam Ops Lilin Progo 2018 Kretek. Sabtu ( 29/12/2018 ) pukul 11.15 Wib.

Kedatangan rombongan Bid Provos Polda DIY tersebut dipimpin PS. Panit 3 Subbid Provos Aiptu Wandoyo disambut Ka Pos Pam Iptu Puji Sabar Raharjo beserta anggota jaga.

Dalam kesempatannya rombongan Provos Polda DIY berpesan agar seluruh anggota jaga untuk senantiasa menjaga performance, disiplin, sikap tampang, waspada terhadap lingkungan pos pam dan menjaga kebersihan, ajaknya. (Humas Polsek Kretek).

Evakuasi Orang Gila Di Dusun Tegalrejo

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono SH bersama petugas Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kasihan dan warga mengevakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bernama Drajat (27) di rumah milik bapak Paimin Dusun Tegalrejo RT 04, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (28/12/2018) pukul 19.00 WIB.

Tanpa sebab, Drajat sering mengamuk sehingga meresahkan keluarga dan warga, kebetulan saat evakuasi tersebut Drajat kumat mengamuk sehingga giat acara lamaran adiknya yang sedang berlangsung ditempat tersebut jadi kacau.

Alahamdulillah berkat bantuan warga, Drajat dapat cepat dievakuasi lalu dibawa ke RS Grasia Pakem Sleman untuk mendapatkan pengobatan.

Proses evakuasi juga dihadiri oleh Kadus Jadan bapak Budi, Keluarga gangguan jiwa (bapak Paimin, Letda Inf. Seno), FPRB Badroen,  Warga dan calon Besan. (Humas Polsek Kasihan)

Mengenali Penjahat Di Bus

Penjahat. Salah satu hal yang membuat pengalaman naik bis kota menjadi sungguh sangat tidak menyenangkan. Dia bisa merubah rencana perjalanan singkat anda menuju kantor menjadi malapetaka yang membuat anda trauma untuk naik bis seumur hidup. Untungnya, penjahat dan trik yang mereka gunakan itu bisa dikenali dan dengan demikian anda bisa mengantisipasi apabila ada orang-orang yang memang mencurigakan di sekitar anda.

Penjahat yang Mencuri Barang

Mengenali Secara Fisik :
Biarpun ini kesannya jadi stereotyping, tapi tidak ada salahnya berhati-hati kalau anda menjumpai orang semacam ini di dalam bis kota. Entah kenapa, pada umumnya secara fisik mereka serupa.

1. Biasanya berusaha memakai baju yang terlihat rapi, tapi jatuhnya agak terlihat lusuh. Mungkin ini mereka lakukan supaya kamu mengira mereka orang kantoran.
2. Biasanya membawa tas punggung yang ditaro di depan.
3. Wajah mencurigakan. Nah ini agak susah sih. Karena biasanya yang bisa tau cuma yang udah berpengalaman naik bis aja.
4. Kalau orang ini baru naik bis terus tiba-tiba langsung turun lagi, kemungkinan dia penjahat.

Mengenali secara fisik saja sangat sulit. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan hal berikutnya.

Mengenali Lewat Modus:
Modus penjahat di bis itu ada banyak, tapi belakangan ini mereka sudah kurang variatif, sehingga kamu bisa mengantisipasi. Digabungkan dengan mengenali si penjahat secara fisik, berikut adalah hal-hal yang patut membuat anda curiga:

1. Masuk bergerombol, biasanya terdiri dari 3 orang atau lebih.
2. Orang ini mepet-mepet anda, padahal ada ruang lebih. Kalo ini terjadi, langsung menjauh
3. Dia maksa duduk di bagian dalam kursi, padahal itu sempit sekali. Mendingan anda langsung berdiri saja.
4. Tiba-tiba ada orang yang bagi-bagi brosur pemijatan alternatif, terus mulai mijet-mijet anda. Kalo ini sampai terjadi, LANGSUNG BERGERAK, kalo perlu langsung turun dari bis. Jangan lupa selalu konsentrasi ke barang bawaan anda.
5. Ada orang yang sok-sok kehilangan koin terus berusaha nyari koin di sekitar anda. Jangan terpengaruh, konsentrasi ke barang bawaan anda.
6. Ada yang tiba-tiba muntah. Itu adalah distraksi. Konsentrasi terus ke barang bawaan anda.
7. Apapun yang sifatnya berusaha menyentuh anda, hindari. Kuncinya adalah selalu konsentrasi ke barang bawaan kamu.

Yang paling sulit adalah penjahat yang mencuri dengan cara merobek tas anda. Ini biasanya dilakukan tanpa anda sadari. Oleh karena itu, saran Polisi sebaiknya anda selalu mendekap tas anda di depan.

Pengamanan Giat Gebyar Budaya Hari Jadi Ke 72 Desa Argodadi

Selasa, 25 Desember 2018 pukul 20.00. wib personil Polsek Sedayu mengamankan giat Gebyar budaya hari jadi ke 72 desa Argodadi di Balai Desa Argodadi Sedayu Bantul.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah dan pamong desa Argodadi, Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi, Babinsa Argodadi, Linmas, Rapi, FORDAM dan Masyarakat desa Argodadi.

Adapun kegiatan pentas tersebut yaitu menampilkan Hadroh Al Huda dari Dumpuh, Sholawat Didaiyah dari Selogedong, Sholawat Ngudiroso dari Ngepek dan pentas Kreativitas Pemuda Pemudi Kadibeso. Kegiatan berakhir pukul 23.00 wib  situasi aman dan lancar. (Humas Polsek Sedayu)

Pengamanan Giat Pengajian Memperingati Hari Relawan 2018 Di Markas PMI Kab. Bantul

Personil Polsek Bantul mengamankan giat Pengajian dalam rangka Memeperingati Hari Relawan 2018 di Markas PMI Kab. Bantul Jln. Jendral Sudirman no. 1 Bantul, Bantul, Rabu, 26 Desember 2018 pukul 20.00 wib.

Dalam kegiatan ini juga diadakan pelantikan anggota KSR PMI (Korp Suka Rela PMI Kab. Bantul) dengan tema Kesiapsiagaan Relawan PMI Dalam Menghadapi Bencana.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Bantul diwakil Sekda Bantul Bp Drs Helmi Jamharis MM, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf. Yuswanto, Pimpinan Ponpes Ibnu Hadi Prambanan Sleman Ustad Gus Jaroh, Ketua PMI Kab. Bantul H.M Wirmon Samawi SE, MIB, Camat Bantul Bp Sunarso, Anggota Kodim 0729/Bantul, Pengurus dan Relawan PMI Kab. Bantul, BPDB Kab. Bantul, SAR DIY, TAGANA, IKKJ, Front Masyarakat Madani, IEA INDONESIA Escord Ambulance, Sena Putra, PMR dan segenap tamu undangan.

Sambutan Ketua PMI Bantul Bp Wirmon Samawi SE, MIB menyampaikan ucap Syukur dan selamat datang kepada segenap tamu undangan yang telah hadir dalam acara pada malam hari ini, atas nama panitia kami memgucapkan terima kasih.

Hari relawan ini tercipta pada tahun 2004 ketika pada waktu bencana tsunami di aceh oleh bp SBY. Relawan kemanusiaan ini sangat siap siaga untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana dimanapun berada terakhir pada waktu bencana gempa Lombok/Palu kemaren dan relawan PMI gabung dengan relawan se indonesia. PMI adalah milik kita bersama dan PMI ini merupakan markas bersama semua elemnt karena PMI adalah milik masyarakat. Seperti pesan Gusti Yudho PMI adalah relawan milik masyarakat, PMI adalah Milik kita bersama, maka jadikan PMI Bantul menjadi PMI relawan tingkat Nasional, dan terakhir kami membentuk KSR dimana dalam seleksi kemaren kita loloskan 21 anggota yang akan dilantik setelah melalui tahab tahab yang tidak mudah.

Acara dilanjutkan simulasi pertolongan pertama gawat darurat oleh anggota KSR PMI Kab. Bantul. Dilanjutkan Pelantikan anggota baru KSR PMI Kab. Bantul 2018 sebanyak 21 anggota oleh Sekda Kab. Bantul Bp Drs Helmi Jamharis MM.

Sekda Kab. Bantul Bp Drs. Helmi Jamharis MM dalam sambutanya menyampaikan marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME sehingga acara pelantikan KSR dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.
Marilah kita sejenak bersama-sama memberikan doa kepada saudara kita yang mengalami bencana semoga diberikan ketabahan dan semoga korban yang meninggal di ampuni segala dosa dan keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan.

Kami atas nama pemerintahan Kab. Bantul mengucapkan banyak terimakasih karena keberadaan PMI dengan jiwa kemanusian yang sangat besar dalam membantu  masyarakat yang ada di wilayah Kab. Bantul.

Marilah kita bersama-sama untuk menjaga agar keberadaan PMI dapat bermanfaat bagi kita semua dan sekitarnya. Semoga pelantikan KSR dapat memberikan energi baru bagi PMI dalam mengemban tugas kemanusian.

Kami atas nama pemerintah Kab. Bantul berusaha memberikan yang terbaik agar PMI Kab. Bantul dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dan kami akan berusaha membantu memfasilitasi keperluan dari PMI sesuai anggaran yang ada

Dalam tausiyahnya Gus Yaroh menyampaikan Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, seperti halnya tema pada malam hari ini, adanya musibah bencana seperti pada gempa di Bantul pada 2007 dan terakhir kemaren di Banten jadikan kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT, disamping itu juga ambil hikmah bencana bagi kita, seperti contoh adanya dibentuk relawan yang tanggap bencana seperti halnya PMI, bisa menjadikan kita hidup bersama saling membantu dan saling mengasihi antar sesama, dan bisa mengatisipasi adanya bencana.

Hikmah dengan adanya bencana kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kelada Allah SWT, dan apabila masyarakatnya sering bermusuhan jangan harap bencana bisa hilang dari negara kita mengingat tahun ini adalah tahun politik, maka ciptakan kerukunan antar sesama, tidak membeda bedakan baik suku, ras agama karena kita hidup dinegara yang dibingkai Pancasila.

Dalam Al Qur'an juga sudah dijelaskan tentang tatacara bergaul baik antar umat islam maupun umat beragama yang lain, jaga ukhuwah islamiyah kita, jaga ukhuwah watoniyah kita, dan jaga tali silaturahmi kita agar terhindar dari Bala' dari Allah SWT.

Selain bencana alam ada juga bencana yang sulit di tanggulangi yakni bencana hati, maka jaga hati kita dalam kehidupan, seperti halnya apa yang dikatakan nabi sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, karena manusia banyak kekurangan, maka jadikan PMI sebagai wadah kita untuk saling sebagai ladang pahala baik di dunia maupun akhirat, menjaga dan menolong kepada sesama tanpa memandang patar belakang mereka

Dalam menghadapi bencana selamatkan diri sendiri dulu baru orang lain, seperti apa yang telah di ditulis dalam al qur'an, jangan seperti lilin, jangan kita terpancing adanya berita hoax uang bisa memperkeruh suasana. Allah akan menolong kita apabila kita mau menolong orang lain dengan niat karena allah

PMI adalah suatu wadah untuk menjalin tali silaturahmi semua element, jadikan ladang ibadah baik dunia dan akhirat, tak hanya tanggap bencana alam tp kita juga harus tanggap bencana hati yang bisa memecah belah kerukunan  karena kita sudah hidup di akhir zaman, jadikan bencana ini sebaga alat pengukur iman dan taqwa kepada Allah dan ambil hikmah bencana, kita berdiri di negara Indonesia maka kita jaga ukhuwah islamiya kita, ukhuwah wathoniyah kita, untuk saling menjaga tali silaturahmi kita, kerukunan kita baik sesama maupun antar umat beragama dan jadikan itu sebagai manfaat, saling sinergi bersama element masyarakat untuk menjaga keamana dan kerukunan di negara NKRI, pererat tali silaturahmi tanpa memandang suku ras dan agama karena kita hidup di negara Indonesia.

Sampai berakhirnya acara kegiatan Pengajian situasi terdapat aman kondusif. (Humas Polsek Bantul)