Pengamanan Giat Pengajian Memperingati Hari Relawan 2018 Di Markas PMI Kab. Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 03:00

Personil Polsek Bantul mengamankan giat Pengajian dalam rangka Memeperingati Hari Relawan 2018 di Markas PMI Kab. Bantul Jln. Jendral Sudirman no. 1 Bantul, Bantul, Rabu, 26 Desember 2018 pukul 20.00 wib.

Dalam kegiatan ini juga diadakan pelantikan anggota KSR PMI (Korp Suka Rela PMI Kab. Bantul) dengan tema Kesiapsiagaan Relawan PMI Dalam Menghadapi Bencana.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Bantul diwakil Sekda Bantul Bp Drs Helmi Jamharis MM, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf. Yuswanto, Pimpinan Ponpes Ibnu Hadi Prambanan Sleman Ustad Gus Jaroh, Ketua PMI Kab. Bantul H.M Wirmon Samawi SE, MIB, Camat Bantul Bp Sunarso, Anggota Kodim 0729/Bantul, Pengurus dan Relawan PMI Kab. Bantul, BPDB Kab. Bantul, SAR DIY, TAGANA, IKKJ, Front Masyarakat Madani, IEA INDONESIA Escord Ambulance, Sena Putra, PMR dan segenap tamu undangan.

Sambutan Ketua PMI Bantul Bp Wirmon Samawi SE, MIB menyampaikan ucap Syukur dan selamat datang kepada segenap tamu undangan yang telah hadir dalam acara pada malam hari ini, atas nama panitia kami memgucapkan terima kasih.

Hari relawan ini tercipta pada tahun 2004 ketika pada waktu bencana tsunami di aceh oleh bp SBY. Relawan kemanusiaan ini sangat siap siaga untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana dimanapun berada terakhir pada waktu bencana gempa Lombok/Palu kemaren dan relawan PMI gabung dengan relawan se indonesia. PMI adalah milik kita bersama dan PMI ini merupakan markas bersama semua elemnt karena PMI adalah milik masyarakat. Seperti pesan Gusti Yudho PMI adalah relawan milik masyarakat, PMI adalah Milik kita bersama, maka jadikan PMI Bantul menjadi PMI relawan tingkat Nasional, dan terakhir kami membentuk KSR dimana dalam seleksi kemaren kita loloskan 21 anggota yang akan dilantik setelah melalui tahab tahab yang tidak mudah.

Acara dilanjutkan simulasi pertolongan pertama gawat darurat oleh anggota KSR PMI Kab. Bantul. Dilanjutkan Pelantikan anggota baru KSR PMI Kab. Bantul 2018 sebanyak 21 anggota oleh Sekda Kab. Bantul Bp Drs Helmi Jamharis MM.

Sekda Kab. Bantul Bp Drs. Helmi Jamharis MM dalam sambutanya menyampaikan marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME sehingga acara pelantikan KSR dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.
Marilah kita sejenak bersama-sama memberikan doa kepada saudara kita yang mengalami bencana semoga diberikan ketabahan dan semoga korban yang meninggal di ampuni segala dosa dan keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan.

Kami atas nama pemerintahan Kab. Bantul mengucapkan banyak terimakasih karena keberadaan PMI dengan jiwa kemanusian yang sangat besar dalam membantu  masyarakat yang ada di wilayah Kab. Bantul.

Marilah kita bersama-sama untuk menjaga agar keberadaan PMI dapat bermanfaat bagi kita semua dan sekitarnya. Semoga pelantikan KSR dapat memberikan energi baru bagi PMI dalam mengemban tugas kemanusian.

Kami atas nama pemerintah Kab. Bantul berusaha memberikan yang terbaik agar PMI Kab. Bantul dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dan kami akan berusaha membantu memfasilitasi keperluan dari PMI sesuai anggaran yang ada

Dalam tausiyahnya Gus Yaroh menyampaikan Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, seperti halnya tema pada malam hari ini, adanya musibah bencana seperti pada gempa di Bantul pada 2007 dan terakhir kemaren di Banten jadikan kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT, disamping itu juga ambil hikmah bencana bagi kita, seperti contoh adanya dibentuk relawan yang tanggap bencana seperti halnya PMI, bisa menjadikan kita hidup bersama saling membantu dan saling mengasihi antar sesama, dan bisa mengatisipasi adanya bencana.

Hikmah dengan adanya bencana kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kelada Allah SWT, dan apabila masyarakatnya sering bermusuhan jangan harap bencana bisa hilang dari negara kita mengingat tahun ini adalah tahun politik, maka ciptakan kerukunan antar sesama, tidak membeda bedakan baik suku, ras agama karena kita hidup dinegara yang dibingkai Pancasila.

Dalam Al Qur'an juga sudah dijelaskan tentang tatacara bergaul baik antar umat islam maupun umat beragama yang lain, jaga ukhuwah islamiyah kita, jaga ukhuwah watoniyah kita, dan jaga tali silaturahmi kita agar terhindar dari Bala' dari Allah SWT.

Selain bencana alam ada juga bencana yang sulit di tanggulangi yakni bencana hati, maka jaga hati kita dalam kehidupan, seperti halnya apa yang dikatakan nabi sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, karena manusia banyak kekurangan, maka jadikan PMI sebagai wadah kita untuk saling sebagai ladang pahala baik di dunia maupun akhirat, menjaga dan menolong kepada sesama tanpa memandang patar belakang mereka

Dalam menghadapi bencana selamatkan diri sendiri dulu baru orang lain, seperti apa yang telah di ditulis dalam al qur'an, jangan seperti lilin, jangan kita terpancing adanya berita hoax uang bisa memperkeruh suasana. Allah akan menolong kita apabila kita mau menolong orang lain dengan niat karena allah

PMI adalah suatu wadah untuk menjalin tali silaturahmi semua element, jadikan ladang ibadah baik dunia dan akhirat, tak hanya tanggap bencana alam tp kita juga harus tanggap bencana hati yang bisa memecah belah kerukunan  karena kita sudah hidup di akhir zaman, jadikan bencana ini sebaga alat pengukur iman dan taqwa kepada Allah dan ambil hikmah bencana, kita berdiri di negara Indonesia maka kita jaga ukhuwah islamiya kita, ukhuwah wathoniyah kita, untuk saling menjaga tali silaturahmi kita, kerukunan kita baik sesama maupun antar umat beragama dan jadikan itu sebagai manfaat, saling sinergi bersama element masyarakat untuk menjaga keamana dan kerukunan di negara NKRI, pererat tali silaturahmi tanpa memandang suku ras dan agama karena kita hidup di negara Indonesia.

Sampai berakhirnya acara kegiatan Pengajian situasi terdapat aman kondusif. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 03:00

0 komentar:

CB