31 January 2019

Buser Polsek Banguntapan Berhasil Bekuk Pelaku Jambret

Tim Buru Sergap (Buser) Polsek Banguntapan Bantul Polres Bantul Polda DIY berhasil mengungkap kasus penjambretan  yang terjadi di Potorono Banguntapan Bantul awal November 2018.  Satu orang tersangka berinisial  Ai (25) warga Berbah Sleman. Polisi masih memburu satu orang  yang terlibat dalam kasus penjambretan tas milik Yuni Widiastuti (29) tersebut. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa sepeda motor.

Kapolsek Banguntapan Bantul Kompol Suhadi SH MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Banguntapan Iptu Ryan Permana Putra, Kamis (31/1/2019) mengatakan, kasus penjambretan tersebut terjadi pagi sekitar pukul 05.45 WIB di Potorono Banguntapan Bantul. Pagi itu korban dengan rekannya naik sepeda, tanpa diduga dari selatan dipepet pelaku.  Setelah dekat tas langsung dirampas dan pelaku kabur ke utara.

Tim Buser Polsek Banguntapan bergerak cepat melakukan penyelidikan kasus penjambretan tersebut.  Sejumlah saksi diperiksa, olah tempat kejadian perkara langsung dilakukan. “Kami bergerak melacak siapa sebenarnya ‘otak’ dibalik kasus penjambretan  dipagi itu,” ujar Suhadi.  Tiga bulan lamanya petugas berjibaku dilapangan untuk membongkar tindak kejahatan yang sudah meresahkan warga tersebut. 

Akhirnya pada tanggal 28 Januari 2018 lalu petugas berhasil mengendus keberadaan Ai di daerah Tajem Sleman. Petugas  mengintai keberadaan pelaku  tidak jauh dari pasar kawasan Tajem. “Tersangka ini kan jualan rebung di pasar,” ujarnya.

Seharian Tim Buser di lapangan, menjelang senja  pelaku melintas  setelah keluar pasar untuk membeli rokok.  Tersangka Ai panik setelah tanpa diduga sebelumnya langsung disergap petugas. Bahkan sempat terjadi perkelahian sengit ketika tersangka berusaha meloloskan diri dari cengkeraman petugas.  Dalam tempo singkat petugas berhasil melumpuhkan lelaki  bertato itu. “Karena diselimuti kepanikan, tersangka sampai terkencing-kencing dicelana saat dibekuk anggota Banguntapan,” ujar Suhadi.

Masih ada satu tersangka yang terus diburu oleh petugas. “Penjambretan itu dilakukan  dua orang, satunya masih kami buru,” ujarnya. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Pleret Hadiri Sosialisasi Pemahaman Gender Untuk Masyarakat DIY Tahun 2019

Bhabinkamtibmas Desa Pleret, Bripka Rofiq, menghadiri acara Sosialisasi Pemahaman Gender untuk Masyarakat DIY tahun 2019 di Pendopo Balai Desa Pleret, Pleret, Bantul pada Rabu (30/1/2019) pagi.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan  Pengendalian Penduduk DIY, dihadiri Kabid Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan DP3AP2 DIY Nelly Tristiana S.Kep Ners, Lurah Desa Pleret H. Nurman Afandi, Pamong Desa Pleret, Dukuh, TP PKK Desa Pleret dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu Nelly Tristiana S.Kep Ners mengungkapkan, perempuan di DIY mesti didorong untuk tampil ke publik. Oleh karena itu dalam setiap organisasi keterwakilan gender harus diperhatikan. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menyerap aspirasi kaum perempuan.

Dijelaskan dalam berbicara gender tidak bisa dipisahkan dari keluarga. Artinya dalam sebuah keluarga itu, masing -masing punya peran dan tanggung jawab.

Namun sebaliknya, tidak ada ketentuanya juga ketika kepala keluarga harus ikut menjaga anak. Padahal perkembangan anak-anak itu juga dipengaruhi motorik dasar dan halus. Peran bapak sebagai representasi sebuah sikap ketegasan dan kemandirian.

Oleh karena itu dalam mengasuh anak tidak hanya dibebankan kepada ibu, tetapi bisa dilakukan kedua orangtua. Sementara peran publik, juga bisa dilakukan secara bergantian. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Menangani ODGJ Di Dusun Banjarwaru

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH beserta warga melaksanakan penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Dusun Banjarwaru, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Kamis (31/01/2019) jam 07.00 Wib.

Adapun warga yang menderita ODGJ adalah F. Bambang Widiyatmoko (52) warga setempat. Ia dirasa meresahkan masyarakat sekitar bahkan pernah melakukan tindakan kekerasan dengan membawa senjata tajam/pisau besar.

Setelah melaksanakan dialog dengan pihak keluarga selanjutnya Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo bersama pihak keluarga membawa F Bambang Widiyatmoko untuk berobat di RSJD. Dr.RM. Soedjarwadi Klaten. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Argodadi Hadiri Gatan Musdes Penetapan APBDES 2019

Bhabinkamtibmas desa Argodadi Aiptu Baryadi hadiri Kegiatan Musyawarah Desa pembahasan dan penetapan APBDES 2019 di Balai desa Argodadi Sedayu Bantul, Selasa, 29 Januari 2019 pukul 20.30 wib

Musyawarah Desa dihadiri Lurah Desa Argodadi Bapak Prayitno, Ketua BPD dan Anggota BPD Desa Argodadi, Bhabinkamtibmas Desa Argodadi, Pamong desa dan Kadus se Argodadi.

Dalam kesempatan tersebut BPD Argodadi menyetujui RAPBDES  tahun 2019 dan menetapkan menjadi APBDES Argodadi Tahun 2019.

Selanjutnya  dilaksanakan penyerahan dokumen APBDES 2019 dari BPD Argodadi kepada Pemerintah Desa Argodadi yang di wakili oleh Lurah Desa Argodadi Bapak Prayitno. (Humas Polsek Sedayu)

Anggota Sabhara Polsek Dlingo Rutin Laksanakan Pos Pagi

Anggota Sabhara Polsek Dlingo melaksanakan pengaturan lalu lintas  (Pos Pagi) di depan MTS Maarif Dlingo Bantul. Rabu pagi, 30 Januari 2019.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap pagi untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna jalan dan mengantispasi kemacetan serta mencegah terjadinya lakalantas.

Adapun titik pos pagi di wilayah Dlingo antara lain di simpang 3 Kerdu, di depan sekolahan yang ada di wilayah Dlingo serperti SD negeri 2 Temuwuh, SMP negeri 1 Dlingo dan MTs Maarif Dlingo.

Kegiatan tersebut rutin di laksanakan setiap harinya oleh anggota sabhara dan anggota lainya yang berpakaian dinas seperti yang dilakukan Brigadir Agus Purnama dan Bripda Bobby ini terlihat dalam gambar.

Selain mengatur lalu lintas ànggota sabhara polsek Dlingo juga memberikan teguran dan pembinaan kepada pengendara kendaraan sepeda motor yang tidak menggunakan helm sesuai dengan standar SNI. (Humas Polsek Dlingo)

Millenial Road Safety Festival Sekaligus Pengamanan Jalan Sehat HUT Ke 43 SMAN 2 Bantul

Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Aipda Sugianto dan Anggota Lalu Lintas Polsek Bantul melaksanakan pengamanan jalan sehat dalam rangka HUT ke 43 SMA Negeri 2 Bantul, Kamis (31/1/2019).

Pengamanan dipimpin oleh Panit Lantas Polsek Bantul Ipda Rustam.

Selain pengamanan, petugas juga melakukan pengaturan lalu lintas agar para  pengendara jalan yang melintas tidak merasa terganggu dan arus lalu lintas tidak macet. “Selain itu juga untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas,” ujar Ipda Rustam.

Dalam kesempatan tersebut,  Panit Lantas Polsek Bantul juga Melaksanakan Giat Sosialisasi 'Millenial Road Safety Festival'  di SMU Negeri 2 Bantul. Giat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas dikalangan pelajar. Meningkatkan  komunikasi dua arah antara Institusi kepolisian dengan dunia pendidikan.

“Tujuannya adalah meningkatkan budaya tertib berlalu lintas dikalangan pelajar demi terwujudnya Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polsek Bantul,” tandasnya. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Sanden Rutin Dampingi PKS Di SD, SMP Maupun SMA

Patroli Keamanan Sekolah yang sering disingkat dengan PKS adalah salah satu jenis kegiatan ektrakurikuler sekolah yang umum ditemui di sekolah sekolah di Indonesia guna menanamkan rasa kedisiplinan kepada anak didiknya.

Polsek Sanden selalu aktif dalam memberikan pendampingan dan pelatihan PKS kepada pelajar SD, SMP maupun SMA yang ada di wilayah Kecamatan Sanden. Hal ini seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Srigading Ipda Taryadi bersama anggota Unit Sabhara Polsek Sanden Brigadir Afif Rudiyanto. Keduanya memberikan pelatihan PKS kepada pelajr SD Bonggalan, Srigading, Sanden, Bantul, Rabu (30/01/2019) pukul 15.30 Wib.

Pendampingan dan pelatihan PKS ini sebagai persiapan SD Bonggalan dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupatrn Bantul. Kegiatan pelatiglhan PKS ini diikuti oleh siswa Siswi SD Bonggalan yang sudah dilaksanakan setiap hari Rabu mulai dari tanggal 25 Januari s/d 14 Februari 2019.

Materi yang di sampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain Peraturan Baris Berbaris ( PBB), 12 gerakan dasar lalu lantas dan senam lalu lantas. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa terhadap tata tertib lalu lintas dan cara berlalu lintas yang baik. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membentuk sikap agar siswa disiplin, tegas dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, ujar Ipda Taryadi. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Bersama Brigadir Afif Latih PKS Pelajar SD Bonggalan

Patroli Keamanan Sekolah yang sering disingkat dengan PKS adalah salah satu jenis kegiatan ektrakurikuler sekolah yang umum ditemui di sekolah sekolah di Indonesia guna menanamkan rasa kedisiplinan kepada anak didiknya.

Polsek Sanden selalu aktif dalam memberikan pendampingan dan pelatihan PKS kepada pelajar SD, SMP maupun SMA yang ada di wilayah Kecamatan Sanden. Hal ini seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Srigading Ipda Taryadi bersama anggota Unit Sabhara Polsek Sanden Brigadir Afif Rudiyanto. Keduanya memberikan pelatihan PKS kepada pelajr SD Bonggalan, Srigading, Sanden, Bantul, Rabu (30/01/2019) pukul 15.30 Wib.

Pendampingan dan pelatihan PKS ini sebagai persiapan SD Bonggalan dalam mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupatrn Bantul. Kegiatan pelatiglhan PKS ini diikuti oleh siswa Siswi SD Bonggalan yang sudah dilaksanakan setiap hari Rabu mulai dari tanggal 25 Januari s/d 14 Februari 2019.

Materi yang di sampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain Peraturan Baris Berbaris ( PBB), 12 gerakan dasar lalu lantas dan senam lalu lantas. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa terhadap tata tertib lalu lintas dan cara berlalu lintas yang baik. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membentuk sikap agar siswa disiplin, tegas dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, ujar Ipda Taryadi. (Humas Polsek Sanden)

Patroli Gabungan Di Wilayah Kecamatan Sedayu

Petugas gabungan Polsek Sedayu,  Pajangan, Pandak, dan polsek Kasihan dipimpin Panit 1 Lantas Polsek Sedayu melaksanakan patroli di wilayah kecamatan Sedayu, Bantul, Selasa, 29 Januari 2019 sekira pukul 21.45 Wib.

Kegiatan ini dilakukan untuk menekan angka kejahatan jalanan dan premanisme yang terjadi diwilayah hukum Polsek Sedayu Polres Bantul. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian, untuk lebih mengenali wilayah hukum masing masing polsek maupun polsek yang lain, agar dalam pengolahan data kerawanan kejahatan dapat dilakukan semakin cepat dan akurat.

Dalam pelaksanaanya petugas memeriksa para remaja yang diketahui bergerombol di jalanan kemudian membubarkanya untuk pulang kerumahnya masing masing karena waktu sudah larut malam mengantispasi terjadinya tawuran maupun menjadi korban klitih. (Humas Polsek Sedayu)

Razia Kendaraan Di Depan Mapolsek Imogiri

Petugas gabungan Polsek Rayon 4 Polres Bantul terdiri dari polsek Imogiri, polsek Jetis, polsek Sewon dan Polsek Bantul dipimpin oleh  Kanit Lantas Polsek Imogiri Iptu Slamet Zuana melaksanakan operasi cipta kondisi di wilayah Polsek Imogiri. Kamis (31/01/2019) pukul 22.00 Wib.

Operasi Cipta kondisi yang dilaksanakan berupa patroli dan razia kendaraan di depan Mako Polsek Imogiri untuk meminimalisir tindak pidana diwilayah bantul khususnya wilayah Imogiri dan sekitarnya dengan sasaran premanisme, senpi, Sajam, handak, Miras dan narkoba .

Selesai oprasi dilanjutkan dengan patroli Mobile ke wilayah rawan kejahatan dan melakukan peneguran- peneguran kepada masyarakat yang nongkrong nongkrong tidak jelas agar membubarkan diri. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Amankan Giat Takziah

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono bersama Piket Fungsi melaksanakan pemasangan Scurity Barier di Simpang Bajang Jalan Srandakan, Wijirejo, Pandak, Bantul, Rabu (30/01/2019) jam 09.00 Wib.

Pemasangan Scurity Barier dimaksudkan untuk menciptakan Kamselcarlantas karena ada salah satu warga yang meninggal yaitu Almarhum Bapak Cris Iman Hansiyanto (60) yang rumahnya berada di pinggir jalan Srandakan maka sangatlah rawan tejadinya kecelakaan.

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono bersama piket Fungsi berinisiatif untuk memasang Scurity Barier didepan rumah almarhum agar masyarakat yang melaksanakan takziah maupun melintas di jalan Srandakan tetap berhati-hati dan mengurangi resiko terjadinya kecelakan. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Kebonagung Polsek Imogiri Bantu Warga Bikin Kartu KIS

Bhabinkamtibmas merupakan anggota kepolisian yang ditugaskan untuk membina keamanan dan ketertiban disuatu Desa binaannya. Diluar kontek itu Bhabinkamtibmas  juga melakukan kegiatan kegiatan lainnya seperti kegiatan sosial di warga binaannya.

Hal tersebut dikatakan Aipda Ari Sulistio selaku Bhabinkamtibmas Desa Kebonagung Polsek Imogiri. Rabu, 30-01-2019 pukul 11.30 Wib.

Dalam hal ini Bhabinkamtibmas Desa Kebonagung  Aipda Ari Sulistio bekerja sama dengan Instansi Pemerintah Desa dan instasi terkait dalam rangka membantu warga binaanya.

Aipda Ari Sulistio mendata warga binaannya, yakni wilayah Desa kebonagung yang memenui syarat  untuk mendapatkan jaminan kesehatan secara Gratis, berupa Kartu KIS.

Memang Untuk Membuat Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) ada syarat syarat tertentu yang harus dipenui. Jika Warga belum Punya kartu KIS dihimbau agar segera mendaftar agar cepat di bahas dalam Musdes untuk dilanjutkan Ke Intansi Terkait.

Selanjutnya kalau sudah disetujui dan menjadi kartu akan didistribusikan melalui saya sekalian sambang, jelas Aipda Ari Sulistiyo. (Humas Polsek Imogiri)

Petugas Gabungan Rayon III Gelar Operasi Cipta Kondisi di Jl Monumen Perjuangan

Petugas gabungan Rayon III yang terdiri dari Polsek Banguntapan, Piyungan, Pleret dan Dlingo menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan pola Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) di Jl. Monumen Perjuangan depan RM. Gedang Mas Desa Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Senin (28/1/2019) pukul 22.00 WIB.

Kegiatan operasi dipimpin langsung oleh Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH.

Kegiatan diawali dengan apel kesiapan dan APP yang diambil langsung oleh Kapolsek Banguntapan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan operasi di Jl. Monumen Perjuangan dengan sasaran pengendara kendaraan bermotor baik R2 maupun R4. Giat dilaksanakan dengan memberhentikan kendaraan bermotor baik R2 maupun R4 dari arah barat maupun timur dan melakukan pemeriksaan dengan sasaran sajam, miras dan narkoba.

Adapun hasil giat adalah telah memeriksa kendaraan R2 sebanyak 87 unit dan R4 sebanyak 23 unit yang mana terdapat 17 teguran terhadap pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm. Untuk pemeriksaan sajam, miras, dan narkoba nihil temuan. Kegiatan berakhir pukul 23.25 WIB, berlangsung aman dan lancar. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan patroli pantau wilayah antaisipasi gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Banguntapan)

Anggota Sabhara Polsek Pandak Amankan Giat Takziah Di Dusun Bajang

Anggota Sabhara Polsek Pandak dipimpin KSPK Aiptu Suyatno melaksanakan pengamanan kegiatan takziah di Dusun Bajang, Wijirejo, Pandak, Bantul, Rabu (30/01/2019) jam 12.30 Wib.

Adapun warga yang meninggal dunia adalah Almarhum Bapak Cris Iman Hansiyanto (60). Almarhum akan dimakamkan di makam Dusun setempat pada pukul 14.00 Wib.

Pengamanan ini dilaksanakan mengingat rumah duka almarhum berada di pinggir jalan raya Srandakan yang cukup ramai, sehingga sangat diperlukan pengamanan agar arus lalulintas lancar dan giat takziah aman tertib serta lancar.  (Humas Polsek Pandak)

Polsek Pundong Laksanakan Pengamanan Penertiban Alat Peraga Kampanye

Personel Polsek Pundong melaksanakan pengamanan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)  di wilayah Pundong Bantul, Rabu (30/01/2019) pukul 09.00 WIB.

Lokasi yang ditertibkan adalah di Jalan Siluk-Parangtritis Desa Seloharjo dan Jalan Seloharjo pundong.

Penertiban Alat Peraga Kampanye dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bantul bersama instansi terkait yaitu KPU Bantul, Polres Bantul, Kodim Bantul, Sat Pol PP Pemda Bantul, Dishub, Panwascam Pundong, PPK, Polsek Pundong serta Kasi Trantib Kecamatan Pundong.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bantul mengatakan, penertiban APK terkait jumlah, lokasi dan ukuran sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017. Pemasangan alat peraga kampaye harus sesuai kententuan yang telah ditetapkan oleh KPU. Kalau tidak sesuai ketentuan maka Bawaslu akan melakukan penertiban. Tujuanya agar terjaga kebersihan dan ketertiban. (Humas Polsek Pundong)

Panit Lantas Kasihan Berikan Sosialisasi Millenial Road Safety di SDN 1 Padokan

Panit Lantas Polsek Kasihan Iptu Sumarjono dan Bripka Andreas Tri Suharyanto memberikan Sosialisasi Millenial Road Safety di SD Negeri 1 Padokan  Jl. Bibis, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Rabu (30/01/2019) pagi.

Kegiatan ini sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk mewujudkan millenial cinta berlalu lintas dengan tertib.

Iptu Sumarjono menjelaskan, program ‘Millenial Road Safety Festival’ ini merupakan terobosan Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu juga, untuk menumbuh kembangkan kesadararan dan disiplin berlalulintas di semua elemen masyarakat.

Program ini terobosan Kapolri dalam upaya menekan angka kecelakaan, khususnya anak anak muda generasi millenial sebagai generasi penerus bangsa, yang merupakan aset masa depan dengan visi dan misi untuk memberdayakan kaum millenial dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Monitoring Pembangunan Jalan Cor Blok Di Dusun Glagahan

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho bersama pamong Desa Caturharjo melaksanakan monitoring pelaksanaan pembangunan cor blok jalan di Dusun, Glagahan, Caturharjo, Pandak, Bantul, Rabu (30/01/2019) jam 13.00 Wib.

Kegiatan monitoring ini dipimpin oleh Carik Desa Caturharjo Bapak Dimas, pendamping Desa Caturharjo Ibu Lastri, Angota TPK Desa Caturharjo Bapak Surahman dan Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho.

Kegiatan monitoring pembangunan Cor Blok di Jalan Glagahan ini adalah wujud kepedulian pemerintah Desa Caturharjo untuk kemajuan di wilayahnya. Dimana pembangunan cor blok ini akan dibangun sepanjang kurang lebih 257 meter dengan lebar 2,5 meter dengan menggunakan dana dari BKK.

Selain melaksanakan monitoring Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho juga melaksanakan sambang di dusun Glagahan untuk mengetahui seberapa jauh pembangunan di dusun Glagahan dan juga untuk meningkatkan senergitas Bhabinkamtibmas dengan warga Binaannya. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Jetis Sambangi Mahasiswa Hanseo Korea Selatan Yang KKN Di Dusun Puton Trimulya

Kapolsek Jetis Bantul  AKP  Muhammad Sholeh SH, MM bersama Bhabinkamtibmas sambangi mahasiswa Hanseo  Korea selatan yang sedang melaksanakan studi lapangan di dusun Puton Trimulya Jetis Bantul. Rabu 30 Januari 2019.

Kedatangan Kapolsek Jetis saat berkunjung diterima langsung oleh Dukuh Puton bapak Suryanto, turut menemui Kapolsek dosen korea selatan Mr tjung Wone dan beberapa Mahasiswa Hanseo korea selatan yang selesai melaksanakan kegiatan KKN di Desa Trimulyo.

Disampaikan oleh Dukuh Puton bahwa KKN mahasiswa Hanseo korea selatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dengan agenda pembelajaran  tradisi jawa dan turut membantu mengajar di sekolah SD N Puton dan di SMP 1 Jetis Bantul dengan program olahraga taekwondo dan komputer.

Ditambakan dukuh Puton, mahasiswa Hanseo korea selatan melaksanakan KKN kurang lebih hanya 2 hari dan selebihnya melaksanakan kegiatan yang telah di Jadwalkan oleh UGM jogjakarta

Kapolsek Jetis AKP M SHoleh SH MM, mengucapkan terima kasih kepada Dukuh Puton yang telah memberitahukan kegiatan mahasiswa Hanseo ke Polsek Jetis untuk melakukan pengamanan selama kegiatan berlangsung.

Kepada Mr Tjung Kapolsek Jetis mengucapkan, selamat datang di Indonesia dan selamat melaksanakan kegiatan kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswa  Hanseo Korsel. semoga dapat mengenal budaya jawa dengan baik, jelasnya. (Humas Polsek Jetis)

Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Berikan Sosialisasi dan Edukasi Lalu Lintas di SD Plebengan

Dalam upaya memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran tertib berlalulintas sejak usia dini, Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Ipda Maryono bersama anggotanya memberikan Sosialisasi dan Edukasi kepada seluruh siswa SD Plebengan, Rabu (30/1/2019) pagi.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman SD Plebengan Sidomulyo Bambanglipuro Bantul. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan tentang aturan dan tata tertib berlalulintas sejak dini, karena pemahaman secara dini kepada siswa sangat diperlukan. Hal ini mengingat pelaku sekaligus korban kecelakaan lalulintas didominasi dari kalangan usia sekolah.

Kanit Lantas menyampaikan dari yang paling sederhana yaitu memperkenalkan para siswa SD tentang rambu-rambu yang kerap mereka lihat ketika berada di jalan raya. Setelah diberikan pemahaman tentang rambu-rambu lalulintas tersebut, para siswa dapat mengerti dan selanjutnya mematuhi rambu-rambu lalulintas demi keamanan dan keselamatan selama di jalan.

"Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kembangkan wawasan disiplin dan tertib berlalulintas sejak usia dini, sehingga kedepan mampu membentuk kepribadian para siswa yang lebih disiplin dalam berkendara di jalan serta mematuhi aturan lalulintas yang berlaku," harap Kanit Lantas. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Sanden Laksanakan Pengamanan Penertiban APK Oleh Bawaslu Bantul

Personel Polsek Sanden melaksanakan pengamanan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)  di jalan Samas wilayah Srigading, Sanden, Bantul, Rabu (30/01/2019) jam 09.00 WIB.

Penertiban Alat Peraga Kampanye dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bantul bersama instansi terkait yaitu KPU Bantul, Polres Bantul, Kodim Bantul, Sat Pol PP Pemda Bantul, Dishub, Panwascam Sanden, PPK, Polsek Sanden serta Kasi Trantib Kecamatan Sanden.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bantul mengatakan, penertiban APK terkait jumlah, lokasi dan ukuran sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017. Pemasangan alat peraga kampaye harus sesuai kententuan yang telah ditetapkan oleh KPU. Kalau tidak sesuai ketentuan maka Bawaslu akan melakukan penertiban. Tujuanya agar terjaga kebersihan dan ketertiban.

Bawaslu menertibkan bendera atau baleho yang ada logo, tanda gambar parpol, termasuk APK yang dipasang di pohon-pohon. Pihaknya sudah memberikan surat himbauan dan rapat koordinasi dengan pihak yang terkait agar peserta Pemilu menertibkan APK nya. Sesuai kesepakatan, jika ada pelanggaran Bawaslu bersama pihak terkait akan melakukan penertiban.

KPU Bantul memberikan apresiasi atas kerja Bawaslu untuk menertibkan APK. KPU Kabupaten Bantul mendukung dan siap berkoordinasi sampai tingkat bawah. Namun untuk kegiatan menjelang Pemilu 2019 atau kegiatan lain, pihaknya menginstruksikan PPK untuk mendampingi PPL. Perwakilan dari KPU Bantul berharap langkah penertiban yang dilakukan tim terpadu tersebut sesuai PKPU No 4 Tahun 2017 dimana kewenangan menindaklanjuti ada di Panwas, ujarnya.

Sementara itu, keikutsertaan anggota Polsek sanden dalam penertiban APK ini hanya sebatas melakukan pengawalan dan pengamanan agar selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Selesai melakukan penertiban di wilayah Sanden dilanjutkan dengan penertiban APK di wilayah Kecamatan lain. (Humas Polsek Sanden)

Petugas Gabungan Rayon III Gelar Operasi KKYD di Pleret

Operasi cipta kondisi KKYD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan) Rayon III Polres Bantul digelar di jalan raya Pleret - Jejeran atau tepatnya di depan Balai Desa Pleret, Pleret, Bantul pada Rabu (30/1/2019) malam.

Operasi dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Polsek Pleret, Polsek Banguntapan, Polsek Piyungan dan Polsek Dlingo.

Dalam operasi tersebut, kendaraan-kendaraan yang melintas, baik motor maupun mobil diperiksa oleh petugas. Adapun sasarannya senjata tajam, miras dan narkoba.

Pawas Polsek Pleret, Iptu Moh. Widayadi Sanani, saat memimpin kegiatan tersebut mengatakan, bahwa operasi cipta kondisi KKYD secara rutin dilaksanakan untuk mengantispasi kejahatan jalanan dan gangguan kamtibmas lainnya. Harapannya dengan kegiatan tersebut dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif, khususnya di wilayah Pleret. (Humas Polsek Pleret)

30 January 2019

Polsek Pleret Giat PSA Di TK-Paud Al Izzah Bedukan Pleret

Polsek Pleret menggelar kegiatan PSA (Polisi Sahabat Anak) di TK-Paud Al Izzah, dusun Bedukan, Pleret, Pleret, Bantul dengan menghadirkan Bhabinkamtibmas Desa Pleret Bripka Rofiq dan anggota polwan Bripda Ninda. Selasa (29/1/2019) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Bripka Rofiq bersama Bripda Ninda memberikan pengenalan serta edukasi tentang tata tertib berlalu lintas dan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak TK-Paud Al Izzah.

Mereka dilatih menerapkan tata tertib berlalu lintas, seperti cara menyeberang jalan, berkendara pada lajur kiri, mengenal traffic light dan menggunakan helm saat berkendara.

Anak-anak pun terlihat sangat antusias. Sesekali mereka diajak bernyanyi dan bermain bersama sehingga suasana semakin cair.

Selain itu, anak-anak juga dikenalkan tentang tugas Kepolisian, seperti halnya kegiatan patroli dengan mengajak mereka menaiki mobil patroli dan berkeliling dusun Bedukan.

Sementara secara terpisah, Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH mengatakan, program Polisi Sahabat Anak merupakan program Polri untuk menanamkan kecintaan kepada Polisi, sehingga mereka menjadi dekat serta menghilangkan rasa takut dengan sosok Polisi.

Dengan kegiatan itu pula, bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan sejak dini, sehingga nantinya dapat menjadi generasi yang berkepribadian baik dan taat pada aturan hukum yang berlaku. (Humas Polsek Pleret)

Team Resmob Polsek Banguntapan Berhasil Ungkap Kasus Curas

Team Resmob Polsek Banguntapan dipimpin Kanit Reskrim Iptu Ryan Permana Putra, SIK, MH berhasil menangkap pelaku jambret, Senin, 28 Januari 2019 pukul 16.30 Wib.

Pelaku ditangkap saat sedang mengirim sayuran rebung di Pasar Stan Pahingan Maguwoharjo Depok Sleman. Pelaku berinisial AI (25) warga dusun sedoyo Rt. 06 Tegaltirto, Berbah, Sleman.

Pelaku menjambret tas milk Yuli Widyastuti (29) warga Tempel Ngipik RT. 03, Baturetno, Banguntapan, Bantul di dusun setempat pada hari Sabtu, 03 November 2018 sekira pukul 05.45 wib.

Petugas berhasil menangkap pelaku setelah melakukan penyelidikan dan penyidikan perkara diduga tindak pidana Pencurian dengan kekerasan  sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 KUHP (jambret). Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH.

Kronologis kejadian, saat korban sedang bersepeda bersama rekanya tiba tiba dari arah belakang datang dua orang pelaku dengan mengendarai sepeda motor matic lansung menarik tas milik korban dengan paksa kemudian dibawa kabur. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebuah HP samsung galaxy s5, kartu ATM BPD dan uang tunai total kerugian sebesar Rp. 1.500.000.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang barang bukti berupa 1 unit HP merk Samsung Galaxy S5, warna gold dan satu unit sepeda motor honda beat no pol AB 4539 YY yang dipakai sarana untuk melakukan jambret.

Dihadapan petugas pelaku mengakui telah melakukan penjambretan dan hasil kejahatan digunakan sendiri dengan menebus dari teman pelaku. Selanjutnya tersangka ditahan di Polsek Banguntapan untuk proses selanjutnya. Sedangkan teman pelaku masih dalam pengejaran. (Humas Polsek Banguntapan)

Satbinmas Polres Bantul Sambang ke Dinsos Bantul Terkait Pendataan Program Bansos E-Warong

Sebagai salah satu bentuk komitmen di bidang sosial, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Bantul yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti SH didampingi KBO Sat Binmas Dedi Tunandi melakukan sambang dan koordinasi ke Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Selasa (29/01/2019).

Kedatangan keduanya di Kantor Dinas Sosial disambut oleh Kepala Seksi Bantuan Fakir Miskin dan Bencana Dra Lestari  Handayani Ngasih MM  dan Koordinator Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Bantul Yanuarko di aula rapat Unit A Dinsos Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Binmas berkoordinasi berkaitan dengan pendataan Program Bansos E-Warong sebagai program bantuan sosial untuk masyarakat. Program ini merupakan tindak lanjut dari upaya mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Sekaligus dibahas dengan pendamping TKSK bila terdapat kartu E-Warong yang hilang atau rusak.

Diharapkan dengan koordinasi ini, penyaluran Program Bantuan Sosial yang dikelola Dinas Sosial Kabupaten Bantul dapat tepat sasaran. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Ajak Anggotanya Tingkatkan Keimanan Dan Ketakwaan

Selasa, 29 Januari 2019 pukul 08.30 Wib di Aula Polsek Banguntapan berlangsung giat pembinaan rohani dan mental personil Polsek Banguntapan. Agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Selasa ini diisi dengan pembacaan surat yasin dan tahlil serta tauziah. Serta mendoakan para leluhur kita serta untuk kamtibmas wilayah Banguntapan agar adem ayem dan sejahtera.

Giat dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu juga sebagai sarana saling berbagi atau pemecahan masalah baik dalam konteks pribadi maupun dalam rutinitas pekerjaan. Serta untuk lebih mempererat dalam kebersamaan sebagai satu keluarga besar.

Membuka sambutannya Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH selalu mengucap syukur Alhamdulillah atas semua nikmat dan kesehatan sehingga kita semua dapat berkumpul disini. Selanjutnya mengajak untuk semua anggota lebih banyak bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Dengan bersedekah yakinlah bahwa tidak akan mengurangi harta kita, namun justru akan menambah apa yang sudah kita miliki.

Dalam keseharian kita hidup bermasyarakat tanamkan pola hidup sederhana, sesuaikan dengan kemampuan kita jangan bergaya hidup yang berlebihan karena justru akan menjerumuskan diri sendiri. Mari berlomba - lomba dalam kebaikan untuk mendapat ridho dan rahmat Allah SWT Aamiin, Tutupnya.

Selanjutnya dengan bersama - sama membaca surat yasin dilanjutkan tahlil yang dipimpin oleh Aiptu Subandi Panit II Binmas Polsek Banguntapan dan diikuti semua anggota yang memgikuti giat binrohtal. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Kretek Bina Dua Siswa SMP Yang Kedapatan Membolos Sekolah

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak didampingi panit Lalu lintas Iptu Tujiyanto dan PS Panit Binmas Aiptu Sutata memberikan pembinaan terhadap dua siswa SMPN 2 Imogiri yang membolos sekolah di ruang Sabhara Polsek Kretek. Rabu, (30/01/2019) pagi.

Kompol Leo Fasak menjelaskan bahwa anggotanya sewaktu melaksanakan Comanderwis di simpang tiga jembatan Kretek melihat pengendara sepeda motor yang mengenakan seragam sekolah setingkat SMP tidak mengenakan helm kemudian dihentikan kemudian dibawa ke Polsek Kretek guna diberi pembinaan.

Adapun kedua siswa tersebut adalah DJ (14) sebagai pengendara dan FD (13) sebagai pembonceng, keduanya merupakan siswa SMPN 2 Imogiri klas 7.

Kompol Leo Fasak lebih lanjut menyampaikan siswa yang kedapatan bolos tersebut kemudian diberikan pembinaan dan pengertian mengenai pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka.

Dalam hal ini, pihak Kepolisian akan terus menjalin kerja sama dan terus membantu pihak sekolah manapun untuk melakukan pembinaan kepada para siswa yang bolos, hal ini diharapkan akan memberikan efek jera kepada para siswa.

Apalagi para siswa merupakan rentan dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggungjawab, misalkan terjerumus pada aksi kriminalitas, narkoba atau tawuran, tambahnya.

Selesai diberikan pembinaan lalu kedua siswa dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya.  (Humas Polsek Kretek)

Empat Golongan Orang Yang Akan Menyesal di Akhirat

Kepolisian Resort Bantul menggelar pengajian rutin mingguan di Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul, Rabu (30/01/2019).

Pengajian rutin tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan Penceramah Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.P.d.I.

Pengajian diikuti oleh anggota dan ASN Polres Bantul serta perwakilan Polsek jajaran.

Dalam ceramahnya, Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.P.d.I menjelaskan materi tentang pentingnya menuntut ilmu.

Disebutkan dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Buchori Muslim juga menyebutkan ada empat  golongan orang yang akan menyesal di akhirat kelak. Yakni oran yang hidup hanya untuk cinta terhadap dunia dan tidak ingat kepada Allah Ta’ala. Kemudian orang yang meninggalkan sholat. Juga orang yang pelit menginfaqkan hartanya di jalan Allah. Dan orang yang suka memutus tali silaturahmi. (Humas Polres Bantul)

Polsek Sanden Rutin Laksanakan Razia Dan Patroli Guna Jaga Kamtibmas

Personil Polsek Sanden yang dipimpin Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana bergabung dengan Polsek jajaran melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) di wilayah Hukum Polsek Srandakan, Selasa malam (29/1/2019) mulai pukul 22.00 Wib. Giat KKYD yang dilaksanakan dalam bentuk razia kendaraan di jalan raya.

Sasaran dari giat razia ini adalah adalah Miras, Sajam, Senpi, Narkoba, Surat-surat kendaraan dan barang barang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selesai mengikuti razia kendaraan di wilayah Srandakan, anggota Polsek Sanden melanjutkan giat patroli di wilayah hukum Polsek Sanden sendiri. Giat patroli bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan terutama kejahatan jalanan (Klitih) sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Sanden.

Rute pelaksanaan giat patroli yaitu Dusun Kalimundu, Mapolsek Sanden, SMP 2 Sanden, Bank BRI, Bank BPD, Swalayan Nusantara, Pasar Celep, Dusun Ceme - Piring - Mayungan - Kurahan- Trisigan- Sanden - Sorobayan - Kranggan -  Wonorejo - Wonoroto - Karanganyar - Samas-Ngepet- Ngunan- unan - JJLS.

Hingga selesainya kegiatan KKYD di wilayah Sanden tidak dijumpai potensi gangguan keamanan. (Humas Polsek Sanden).

Tingkatkan Kinerja, Kapolres Bantul Beri Arahan Kepada Anggota Personil Bantul

Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan pagi ini Rabu, 30 Januari 2019 pukul 08.00 Wib mengambil apel pagi di Mapolsek Bantul.

Apel diikuti oleh Kapolsek Bantul Kompol Munawar Syam, SH, Kanit Binmas AKP Lukman Riyatno, Kanit Sabhara Iptu Paini, para Kanit, Kasi dan seluruh anggota.

Dalam Arahanya Kapolres mengingatkan bahwa Polda DIY naik tingkat dari tibe B menjadi tipe A merupakan prestasi dari semua anggota Polisi yang ada di POLDA DIY, maka dari itu semua anggota Polri wajib hukumnya untuk bekerja semaksimal mungkin menjaga Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi Aman dan Kondusif.

Inilah tujuan utamanya dan untuk mencapai Jogjakarta seperti itu, masing-masing fungsi harus bekerja dan saling bahu membahu, dan kalau perlu buat progam yang di tingkatkan, seperti KKYD Rayonisasi sebab kalau kegiatan KKYD mandiri kurang efektif dan kurang personil atau hasilnya kurang maksimal.

Terkait menghadapi Pemilu kedepan Kapolres Meminta Intel dan Binmas mengadakan pendekatan pendekatan kepada tokoh2 agama, tokoh Politik dan tokoh masyarakat secara maksimal guna mencapai Jogjakarta yang aman dan kodusif.

Itulah arahan-arahan dari Kapolres Bantul dalam Apel pagi di halaman Polsek Bantul. Selesai apel Kaplores langsung berikan arahan khusus kepada para perwira. (Humas Polsek Bantul)

Pos Pagi Di Simpang 4 Gemahan Ringinharjo Bantul

Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo melaksanakan pos pagi membantu menyeberangkan anak sekolah, warga dan pengguna jalan lainya di di simpang  4 Gemahan , Ringinharjo, Bantul, Rabu, 30 Januari 2019 jam 06.20 wib.

Pos pagi adalah sebuah kegiatan untuk melaksanakan tugas pengaturan arus lalu lintas di titik rawan kemacetan atau didepan sekolahan yang ada di kecamatan Bantul sebelum melaksanakan apel pagi pada sasaran atau lokasi yang telah ditetapkan.

Waktu pos pagi dimulai jam 06.00 sampai 08.00 Wib, titik lokasi pos pagi beserta personil sudah ditetapkan sesuai jadwal yang telah disusun berdasarkan analisis kerawanan Kamtibselcar Lantas (Keamanan Ketertiban Keselamatan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas).

Kewajiban Pos pagi tersebut  dilaksanakan oleh seluruh personel Polsek Bantul yang berpakaian dinas serta rompi Polri wajib dipakai dalam melaksanakan Pos pagi.

Kapolsek Bantul mengatakan bahwa setiap pagi hari anggotanya diterjunkan di penggal jalan maupun depan sekolahan guna melakukan pos pagi pengaturan arus lalu-lintas. Pos pagi ini dilakukan setiap pagi untuk melancarkan arus lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Pengaturan arus lalu-lintas dilaksanakan di pagi hari karena mulai pagi masyarakat mulai berangkat menjalankan aktifitasnya, ada yang menuju tempat kerja, ke pasar ataupun ke sekolah, kata Kapolsek Sanden. (Humas Polsek Bantul)

Janjian Duel dengan Tangan Kosong, Korban Malah Ditusuk

Perkelahian berujung aksi penusukan yang terjadi di ikon Pantai Parangkusumo Desa Parangtritis, Selasa (28/01) pukul 14.00 WIB, antara korban dengan pelaku sudah saling mengenal. Bahkan sebelum peristiwa nahas itu terjadi, kedua belah pihak memang sengaja saling menantang untuk berduel.

Mereka pun sepakat sparing di ikon Parangtritis dengan tangan kosong. Dipilihnya tempat tersebut sebab menurut mereka lokasinya sepi pengunjung jika di hari biasa.

Toni, kakak korban Ervan Sani Triyanto mengungkapkan, sebelum mereka bertemu dan berduel, adiknya dihubungi oleh pelaku via gawai. Intinya, pelaku mengajak berkelahi. Ajakan pelaku, kata Toni, langsung disanggupi adiknya. Sampai-sampai mereka juga sepakat tidak akan saling lapor ke aparat kepolisian.

"Mereka janjian di Pantai Parangkusumo untuk berkelahi pakai tangan kosong. Sepakat juga tidak saling lapor," ujar Toni di RS Darma Husada, Selasa malam.

Saat mereka bertemu kata Toni hendak jotos-jotosan di belakang ikon Pantai Parangkusumo. Pengakuan dari adiknya, pelaku nglimpe mengeluarkan pisau stainless dari balik bajunya lalu menusuk Ervan. Ketika ditanya perihal masalah antara keduanya, Toni mengaku tidak tahu menahu.

Kanit Reskrim Polsek Kretek, Ipda Jumadi saat ini masih meminta keterangan dari pihak keluarga korban maupun dokter rumah sakit.

Diberitakan sebelumnya, pertikaian berujung penusukan terjadi di ikon Pantai Parangkusumo Desa Parangtritis, Selasa (28/01/2019).

Korban Ervan Sani Triyanto warga Desa Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta terpaksa harus dilarikan ke RS Darma Husada karena mengalami luka pada bagian perut. Sementara itu, pelaku penusukan kabur dan kini masih dalam pengejaran aparat Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)

Curi Handphone Dan Laptop, Pemulung Menginap Di Polsek Piyungan

Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Piyungan menangkap seorang perempuan berinisial WSR (45) warga Wonocatur, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan.

WSR dibekuk anggota Reskrim karena diduga telah melakukan pencurian sejumlah barang-barang elektronik.

Perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung itu ditangkap anggota Reskrim pada 25 Januari 2019 di sebuah kontrakan di wilayah Pantai Samas Padukuhan Ngepet, Desa Srigading, Kecamatan Sanden.

Kapolsek Piyungan, Kompol Ispurwanto didampingi Iptu Jamingan mengatakan kasus pencurian itu terjadi pada Sabtu 15 Desember 2018 sekitar pukul 09.30 WIB di sebuah rumah warga bernama Rini Trimiyati (22) warga Bintaran Kulon, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan.

Peristiwa terjadi berawal ketika, pelaku berniat mencari barang - barang rongsokan di wilayah Piyungan. Dengan mengendarai sepeda onthel yang dilengkapi dengan krondo (keranjang), pelaku berangkat dari rumah ibunya di wilayah Padukuhan Wonocatur melaju ke arah Desa Srimulyo.

Sesampainya di Bintaran Kulon, langkahnya terhenti di depan pagar rumah korban. Karena ia melihat pintu rumah korban sendikit terbuka. Dia kemudian masuk ke area rumah korban mendekati pintu rumah lalu mengetuk-ngetuk pintu rumah. Namun saat itu pemilik rumah tidak menyahut. Sebab, korban tidak mendengar karena berada di kamar mandi belakang.

Setelah diketuk tidak ada yang menyahut, muncul niat jahat pelaku karena dia melihat dua buah gawai merek Xiomy dan Oppo dan satu buah tas tergeletak di meja ruang tamu.

"Dia nyelinap masuk, ambil 2 buah handphone dan 1 buah tas. Dia tidak tahu isinya. Langsung keluar ditaruh di dalam kronjot lalu pergi," ujarnya, Selasa (29/01/2019).

Sukses menggondol barang barang, pelaku kemudian pergi ke arah jembatan Wiyoro, Banguntapan ia lalu berhenti dan membuka isi tas. Dan ternyata tas tersebut berisi satu buah laptop merk Asus dan uang tunai sebesar Rp 1,6 juta. Setelah diambil isinya, tas yang berisi surat-surat penting seperti identitas korban itu oleh pelaku kemudian dibuang dari atas jembatan Wiyoro.

Sementara itu, sang korban usai mandi terkejut lantaran mendapati barang-barang berharga yang nilainya mencapai Rp 11,5 juta miliknya raib. Menduga rumahnya baru saja disatroni maling, pagi itu juga dia langsung melapor ke Polsek Piyungan. Setelah dilakukan penyelidikan sebulan terakhir, pihaknya berhasil mengantongi identitas pelaku yang kemudian dilakukan penangkapan.

"Dia berhasil kita tangkap, setelah melacak sinyal handphone Oppo yang masih dia pegang. Untuk handphone Xiomy dan Laptop sudah dia jual. Uang hasil penjualan katanya untuk berobat ibunya yang sakit stroke. Saat ini tersangka kita tahan dan kita kenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun," tandasnya. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Piyungan Amankan Kajian Rutin Rabu Kliwon Kokam Daerah Bantul di Masjid At-Taqwa Payak

Personel Polsek Piyungan mengamankan Kajian Rutin Rabu Kliwon Kokam Daerah Bantul di Masjid At-Taqwa Payak Srimulyo Piyungan Bantul, Selasa (29/01/2019) malam.

Kegiatan dihadiri oleh Ir. Sauqi Suratno, MM (PP Muhammadiyah), Kasi Trantib mewakili Camat Piyungan Jumbadi S. IP, Aiptu Sayudi mewakili Kapolsek Piyungan, H. Damanhuri (Ketua PC Muhammadiyah Piyungan), Danramil Piyungan, Panit Binmas Polsek Piyungan Aiptu Sukardi, Bhabinkamtibmas Desa Srimulyo Brigadir Suwarno dan diikuti Anggota Cabang Muhammadiyah Piyungan, Anggota Aisyiah Piyungan dan Anggota Kokam se-Kabupaten Bantul lebih kurang 300 orang.

Pengajian diisi oleh Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, MM. Dalam ceramhnya  Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, MM menjelaskan hanya orang-orang yang bertaqwa yang dapat melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam Surat Ali ‘Imran Ayat 104, yang artinya Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.

Kegiatan berakhir pukul 22.40 WIB dan berjalan dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)


Bgrigadir Suhartono Melaksanakan Pengaturan Lalulintas Pagi Hari Di Simpang Nglarang

Anggota Sabhara Polsek Pandak Brigadir Suharto melaksanakan pengaturan lalulintas pagi hari di simpang Nglarang, Triharjo, Pandak, Bantul, Rabu (30/01/2019) jam 06.30 Wib.

Dimana di simpang ini setiap paginya sangatlah ramai lalulalang aktivitas masyarakat mulai dari pergi bekerja dan anak sekolah.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas dan lakalantas Kapolsek Pandak menempatkan anggotanya disimpul jalan, depan sekolah dan depan perkantoran atau tempat rawan kemacetan.

Pengaturan lalulintas pagi ini merupakan wujud pelayanan prima Polsek Pandak yang dilaksanakan rutin setiap pagi dengan ploting yang sudah ditentukan sebelumnya menurut analisa kerawanan kemacetan saat masyarakat memulai aktivitasnya. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Jetis Hadiri Acara Lepas Sambut Camat Jetis

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh SH, MM beserta anggotanya hadiri acara  lepas sambut Camat Jetis di pendopo kecamatan Jetis Bantul, Senin, 27 Januari 2019 pukul 10.00 Wib.

Hadir Muspika kecamatan Jetis, Kepala dinas instansi se Kecamatan Jetis, Lurah Desa se kecanatan Jetis, Para Kanit Polsek Jetis dan tamu undangan.

Sambutan Camat lama Ibu Dra Endang Rachmawati, M.M menyampaikan secara pribadi kami memohon maaf atas kesalahan selama melaksanakan dinas di kecamatan Jetis dan mohon doa restu melaksanakan tugas di tempat baru sebagai camat Banguntapan.

Sambutan Camat Jetis yang baru Bapak Sariyadi, SIP., M.Si menyampaikan mohon dukungan kepada semua lapisan masyarakat untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah di wilayah kecamatan Jetis. Beliau yakin semua tugas akan terlaksana dengan baik apabila didukungan semua aparat pemerintah baik tingkat kecamatan, desa sampai dusun. Selanjutnya beliau mengucapkan selamat jalan kepada ibu Dra Endang Rachmawati, M.M.

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus Kapolsek Jetis menyerahkan kenang kenangan berupa album foto kegiatan Muspika selama periode jabatan Dra Endang Rachmawati MM yang dirangkum oleh Sie Humas Polsek Jetis. (Humas Polsek Jetis)

Pengamanan Tes Seleksi Calon Dukuh Gedong Panjangrejo Pundong

Bhabinkamtibmas desa Panjangrejo Aiptu Mulyanto melaksanakan pengamanan tes seleksi calon dukuh Gedong  Panjangrejo Pundong, Bantul, Selasa, 29-1- 2019 jam 08.00 Wib.
     
Untuk menguji pilihan calon dukuh Gedong kali ini pemerintah desa Panjangrejo Pundong menunjuk Universtas Gajah Mada Yogyakarta sebagai tim seleksi.                                      

Setelah diadakan sosialisasi penerimaan pemilihan calon dukuh, sampai dengan ditutupnya pendaftaran calon dukuh Gedong terdapat  4 orang peserta yang memenuhi persyaratan administrasi.

Dari keempat calon dukuh Gedong yang mengikuti seleksi, nilai tertinggi di raih oleh Fitria Fatayati dengan total nilai 62, 14, rangking kedua Saryadi dengan nilai 51,21, rangking ketiga Abna Mafid dengan nilai 51,06, rangking keempat sugeng Dwiyanto dwngan nilai 47,53
 
Dari awal hingga berakhirnya seleksi berjalan aman dan lancar (Humas Polsek Pundong)

Kapolsek Bantul Melayat Ke Rumah Almarhumah Ibu Hj. Budiarjo Siswo

Keluarga besar Polsek Bantul dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH, melayat ke rumah almarhumah Ibu Hj. Budiarjo  Siswo  (87) di dusun Juron Rt.19, Pendowoharjo Sewon Bantul.

Almarhumah adalah nenek dari Aipda Gunawan anggota SPK Polsek Bantul, meninggal pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019 jam 22.30 Wib karena sakit.

Menurut rencana, almarhum akan dimakamkan hari ini Selasa 29 Januari 2019 jam 14.00 Wib di makam Juron RT 19 . Pendowoharjo Sewon.Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH,  atas nama keluarga besar Polsek Bantul menyampaikan turut berbela sungkawa teriring doa semoga amal ibadah almarhumah diterima Allah Swt, diampuni segala dosa-dosanya dan meninggal dalam keadaan Khusnul khatimah. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Pajangan Membesuk Anak Kandung Brigadir Suryo

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP beserta anggota membesuk anak kandung Brigadir Suryo DN yang sedang opname di RSU Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta, Selasa siang (29/01/2019) jam 11.00 WIB.

Brigadir Suryo adalah anggota Polsek Pajangan yang sehari-hari bertugas sebagai anggota Unit intel yang mana Anak kandungnya sakit demam sudah 3 hari hingga mencapai suhu badan 39 derajat Celcius. Karena panas yang sangat tinggi dokter anak di rumah sakit tersebut menyarankan untuk opname.

Giat anjangsana ini merupakan program rutin yang dilakukan apabila ada anggota ataupun keluarganya yang sakit. Anjangsana dilakukan sebagai wujud kebersamaan, kepedulian serta perhatian kepada anggota dan keluarganya yang sedang sakit sehingga terjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek  beserta rombongan mendoakan agar ananda  segera diberi kesembuhan dan berharap orangtuanya sabar menerima cobaan. (Humas Polsek Pajangan)

Pengamanan Peresmian Pembangunan Masjid AL Musyawaroh Tamantirto

Personil Polsek Kasihan dipimpin Panit Lantas Iptu Sumarjono mengamankan peresmian Rehab Masjid Al-Musyawaroh oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di dusun Tegalwangi Rt 04, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Selasa (29 /01/ 2019) pukul  09.00 Wib.

Menurut laporan panitia Bejo Sutopo, pembangunan rehab Masjid AL Musyawaroh dimulai pada tanggal 20 November 2013 samapai dengan berakhir tanggal 28 September 2018. Masjid AL Musyawaroh dibangun pertama kali pada tahun 1966.

Sementara Bupati Bantul menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan selamat dan ikut berbahagia serta bangga dengan telah selesainya rehap pembangunan Masjid AL Musyawaroh.

"Mari kita jadikan Masjid sebagai benteng pemeliihara Ukhuwah Islamiah serta simbol keislaman yang ramah. Dengan makna Ukhuwah, maka kita akan menjadi kuat dan solid. Demikian pula, kerukunan bangsa akan lebih kokoh jika pembinaannya melibatkan peran Ulama dan fungsi Masjid," ujar Bupati.

Dalam sambutanya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, memakmurkan Masjid dengan cara menghidupkannya dengan berbagai kegiatan keumatan dan kemasyarakatan menjadi penting. Untuk itu Takmir Masjid harus kreatif mengemas berbagai kegiatan aktual untuk kemaslahatan masyarakat sekitar.

Gubernur DIY menambahkan, Pembangunan sebuah Masjid merupakan sarana saja, masih dibutuhkan pembangunan mental rohaniah manusia muslimnya agar terwujud tatanan masyarakat sejahtera lahir dan batin. Masjid berfungsi sebatas terminal antara untuk mencapai tujuan akhir terwujudnya kembali tananan Masjid secara utuh, sebagai mana Rasulullah Muhammad SAW bersama para sahabatnya.

Hadir dalam acara ini adalah Gubernur DIY, Ketua umum PP muhamadiayah Dr. H. Hadear Nasir,  M.Si, Bupati Bantul, Rektor UMY,  Dandim 0729 Bantul,  Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan, SIK. MH, Camat Kasihan, Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH, Danramil Kasihan,  KUA Kasihan,  Lurah Desa Se-Kecamatan Kasihan, Para pengurus Muhammadiyah Kasihan, Pamong Desa dan ratusan tamu undangan. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Dampingi Giat Surve Data Warga Kurang Mampu

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto mendampingi Surve data warga kurang mampu yang belum masuk data miskin di desa Bantul bersama tim dari kecamatan Dan desa Bantul. Selasa 29 Januari 2019 pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut bhabinkamtibmas Desa Bantul, Babinsa Bantul, Ibu Erna Tim dari kecamatan, ibu Bekti Tim dari desa Bantul, Dukuh Nyangkringan, Dukuh Karanggayam dan Dukuh Bantul Warung.

Pendataan tersebut dilakukan dalam rangka mengetahui warga yang tidak mampu dan jumlah Difabel untuk menyukseskan progaram Pemerintah yaitu Program Sentuhan Peduli Sesama. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan Kondusif. (Humas Polsek Bantul)

Personil Sabhara Polsek Bantul Evakuasi Pohon Tumbang Di Dusun Ringinharjo

Personil Sabhara Polsek Bantul dipimpin oleh Panit Patroli Ipda Mawardi mendatangi kejadian Pohon tumbang menimpa rumah milik warga Dusun Ringinharjo, Desa Bantul Karang Kecamatan Bantul, Bantul, Selasa 29 Januari 2019 pukul 17.15 Wib. Musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa hanya kerugian material saja sekira 2 jutaan.

Dalam kesempatan itu personil Polsek Bantul langsung mengevakuasi pohon tumbang dengan menggunakan alat gergaji mesin milk dinas. Warga sekitar juga ikut membantu memangkas ranting dan menyingkirkannya dari atap rumah.

Diketahui pohon yang roboh adalah pohon jati diakibatkan karena hujan deras diikuti angin kencang. Dihimbau kepada warga yang memilki pohon rindang agar segera memangkasnya mengingat saat ini sering terjadi hujan disertai angin kencang. (Humas Polsek Bantul)

Perwakilan Polsek Imogiri Hadiri Acara Pisah Sambut Kepala Sekolah SMPN 3 Imogiri

Kanit Sabhara polsek Imogiri AKP Agus Budiono bersama panit Binmas menghadiri Acara Lepas Sambut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Imogiri Bantul di sekolah setempat. Selasa(29/01/2019).

Adapun pergantian kepala sekolah tersebut yaitu dari Ibu Wiwik Sulistyorini, S.pd, MM. kepada Bapak Rubingat, S.Pd.

Acara dihadiri oleh Kepala Dikpora Kabupaten Bantul, Kabid PTK Dikpora Kabupaten Bantul, Kabid SMP Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Kasi PTK Dikpora Kab. Bantul, Ketua dan anggota Komite Sekolah, Kapolsek Imogiri Diwakili Kanit Sabhara AKP Agus Budiono Dan Panit Binmas IPTU Siswanto, Bhabinsa desa Selopamioro, Kepala Sekolah SMP Seimogiri, Kepala Puskesmas Imogiri I dan II, kepala Dusun se Selopamioro Imogiri serta semua Guru, Karyawan dan pengurus  Osis SMP 3 Imogiri.

Selama kegiatan berlangsung aman, lancar dan kondusif.  (Humas Polsek Imogiri).

Keluaraga Besar Polsek Pleret Baksos Di Dusun Keputren Pleret

Mengawali tahun 2019 ini, Keluarga Besar Polsek Pleret kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos) yang sudah rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Kegiatan baksos kali ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH serta didampingi Ketua Bhayangkari Ranting Pleret Ny. Titik Sumanto, mengunjungi warga kurang mampu di dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul. Selasa (29/1/2019) pagi.

Turut dalam kegiatan ini antara lain Kanit Lantas Iptu Moh. Widayadi Sanani, Kasihumas Aiptu Sawaldi, anggota Bhabinkamtibmas dan segenap anggota Polsek Pleret serta anggota Bhayangkari Ranting Pleret.

Adapun warga yang dikunjungi yakni Bapak Turmuji (45) Rt 02, Bapak Masijo (56) Rt 01, Bapak Nardi (65) Rt 02, Ibu Waljinah (44) Rt 04 dan Bapak Slamet (46) Rt 02. Kepada warga tersebut diberikan bantuan berupa bingkisan paket sembako dan uang santunan sebagai tali asih.

Kapolsek Pleret mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polsek Pleret dan Bhayangkari Ranting Pleret kepada warga kurang mampu, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Pleret. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan, serta senantiasa akan menjadi berkah bagi kita semua. (Humas Polsek Pleret)

Razia Kendaraan Sistem Hunting Di Jalan Urip Sumoharjo Bantul

Personil lalu lintas Polsek Bantul di pimpin oleh Panit 2 lantas IPDA Giyarto melaksanakan operasi razia kendaraan sistem hunting di Jalan Urip Sumoharjo tepatnya di Simpang 5 Bejen Bantul,Senin,04 Februari 2019 , pukul 07.30 WIB.

Dalam razia ini pelanggaran yang ditemukan pun beragam mulai dari ngeblong lampu merah, ada juga pelanggaran larangan belok kiri, tidak menggunakan spion hingga tidak dapat menunjukan surat-surat kenderaan bermotor.

“Setiap pelanggar yang kita jumpai langsung kita tindak dan bagi yang tidak bisa menunjukan surat kenderaannya kita amankan ke Polsek Bantul, jelas IPDA Giyarto.

Razia System hunting dinilai sangat lebih efektif, membuat efek jera bagi pengendera sepeda bermotor yang tidak mematuhi peraturan disaat mengunakan kenderaan.

Dimana dalam razia kali ini petugas menindak beberapa pelanggaran dengan barang bukti SIM C 2 buah, STNK 8 buah dan  Ranmor 2 unit.

Kita mengharapkan dengan digelar razia system Hunting kedepan dapat meningkatkan kesadaran warga kabupaten Bantul untuk bisa tertib berlalu lintas. (Humas Polsek Bantul)

29 January 2019

Kapolsek Bantul Kompol Hadiri Acara Pisah Sambut Camat Dan Sekcam Kec. Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam, S.H hadiri acara pisah sambut Camat dan Sekcam Kec. Bantul serta Ketua Tim Penggerak PKK Kec Bantul di aula Kec. Bantul, Senin, 28 Januari 2019 pukul 10.00 Wib.

Giat dihadiri oleh Camat Bantul Lama bapak Sunarso, SH, M.Si, Camat Bantul yang Baru R. Jati Bayu Broto, S.H, Sekcam Bantul yang lama bapak Rumanta, S. Sos, MM, Sekcam Bantul yang baru bapak Nyoman Gunarsa, S. Psi, Ny. Endang Yuniati Sunarso Tim Penggerak PKK Kec. Bantul yang lama, Ny. Six Dwi Mulyani Jati Bayu Broto Tim Penggerak PKK Kec. Bantul yang baru, Kapolsek Bantul, Ndanramil, Kepala Bank BPD Bantul, Unsur Muspika Kec. Bantul, Lurah Desa se Kec. Bantul dan ratusan tamu undangan.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman lancar tertib. (Humas polsek Bantul)