Pengamanan Launching Komunitas Kali Celeng

Posted by tribratanewsbantul on 08:17

Minggu, 28 Januari 2019 pukul 07.00 Wib di Lapangan Bola Volly Dusun Tegal Paduresan desa Imogiri Kecamatan Imogiri diadakan Launching Komunitas Kali Celeng dan Merti Kali serta launching Upaya Konservasi Lingkungan Hidup di Kali Celeng.

Kegiata merti kali celeng diprakarsai oleh elemen masyarkat Komunitas kali celeng desa Imogiri bertajuk Kali merupakan bagian kegiatan masyarakat sehari hari, mari bersama kita menjaga, memelihara dan melestarikan dengan tidak membuang sampah di kali.

Hadir dalam kegiatan meti kali celeng Wakil Bupati Bantul Drs H Halim Muslih, Kepala BPPD Kabupten Bantul  Drs Dwi Daryanto, M, Si, Asiten Perekonomian Bambang Guritno, SH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ari Budi Nugroho, DPU Kabupaten Bantul, Dinas Pariwisata, Muspika Kecamatan Imogiri, Kanit Binmas Polsek Imogiri, Lurah dan Pamong Desa Imogiri, Komunitas Kali Celeng. Kodim Bantul,, Siswa SPN Selopamioro, FPRB, Tagana  serta masyarakat pinggiran Kali Celeng

Ketua elemen masyarakat Komunitas Kali Celeng Dusu Tergal Paduresa Suryono dalam sambutannya  mengatakan Merti kali (bersih Sungai) merupakan bentuk kearifan lokal masyarkat Yogykarta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan, sungai, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur, karena sungai menyokong kegiatan masarakat sehari hari.

Komunitas kali celeng telah terbentuk sebagai salah satu upaya merti kali dengan membawa Visi yaitu mewujudkan lingkungan kali Celeng yang bersih, dan sehat

Wakil Bupati Bantul mengapresiasi kepada Komuitas Kali celeng serta bangga kepada masyarakat tepi kali celeng yang kompak  guyup rukun untuk membersihkan kali celeng.

Selain masalah sampah dikatakan Wakil Bupati Bantul bahwa di Kabupten Bantul ada 600 ton /hari sampah yang terkumpul, dari 600 ton cuma 40% nya yang bisa di buang di TPA daerah Piyungan Bantul, dan sisanya ada yang di bakar, di tanam, dan dibuang di sungai.

Tahun 2019 ini Kabupaten Bantul mencanangkan Bantul Bersih untuk itu perlu kerjasama dan kekompakan semua fihak termasuk yang dikerjakan oleh Komunitas kli celeng pada hari ini. Wakil Bupati Bantul mengharapkan untuk merubah  budaya jangan buang sampang sembarangan

Dalam acara tersebut juga diserahkan derbang (wader abang) yang merupakan species ikan asli Kali Celeng. Hal tersebut menunjukkan keseriusan masyarakat Tegal Paduresan dalam rangka melakukan konservasi 34 species ikan. Ini juga merupakan kali pertama dilakukan oleh sebuah komunitas kali, yakni komunitas Kali Celeng yg pertama kali melakukan konservasi 34 species ikan Kali Celeng.

Kegiatan merti kali celeng selesai berjalan lacar mendapat pengamanan dari Polsek Imogiri, dan sat Pol PP Bantul. (Humas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:17

0 komentar:

CB