Giat Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Di Gedung Jec Banguntapan

Posted by tribratanewsbantul on 10:05

Selasa, 26 Maret 2019 mulai pukul 09.00 Wib di Hal A dan B gedung JEC Banguntapan Bantul telah berlangsung peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa menuju desa maju dan mandiri se wilayah kerja balai pemerintahan desa Di Yogyakarta.

Kegiatan dihadiri oleh Hadi Parbowo (Sekjen Kemendagri), Dr Tarmizi A Karim (Dirjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri), Ir Gatot Saptaji (Sekda DIY mewakili Gunernur DIY), Brigjen TNI M.Zamroni (Danrem 072/Pamungkas), Irjen Pol Drs Ahmad Dhofiri, SH. MH. SIK (Kapolda DIY&narasumber), Letkol Kav Didi Karsidi (Dandim O729 Bantul), AKBP Sahat M Hasibuan (Kapolres Bantul), Kompol Suhadi SH MH (Kapolsek Banguntapan), Kapten Inf Nuryanto (Danramil Banguntapan)

Laporan Dirjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri bapak Dr Tarmizi A Karim menyampaikan bahwa narsumber pada kegiatan ini akan menyampaikan tentang pengelolaan dana desa guna mendukung desa mandiri dan sejahtera, dari Kapolda DIY akan menyampaikan peran polri dalam mengawal dana desa untuk mendampingi dana desa yang kamtibmas dan kondusif. Kemudian dari BPK akan menyampaikan materi pengawasan dan desa. Dari KPK juga akan menyampaikan materi dalam pencegahan penyelewengan dan pengawasan dana  desa.

Penyerahan piagam dan Pengarahan oleh Sekjen Kemendagri Hadi Parabowo sekaligus membuka Acara secara resmi, ditandai dengan Pemukulan Gong).

Dalam arahannya menyampaikan bahwa saya atasnama pemerintah pusat mengucapkan terimaksih kepada aparatur desa yang telah iklas dan mengabdi. Desa diberi kewenangan yang lebih luas baik dalam penyelenggaraan maupun administrasi penggunaan anggaran.

Dengan UU no 6 thn 2014 menuju kemandirian desa tentunya tergantung kapasitas dana desa dalam menyelenggarakan kewenangan dalam otonomi, pelayanan pembangunan maupun pemerintahan. Disisi lain diberikan keleluasan dalam dana desa maka dituntut kepala desa menggunakan dengan baik.

Sejak tahun 2015 dialokasikan oleh 20,7 T meningkat 46.98 T, thn 2017 dan 2018 46 T dan tahun ini bapak.Jokowi meningkat 70 T. Jadi bantuan desa dari pemerintahan presiden Jokowi  danan desa 257 T. Pembangunan jalan, pasar desa 1600, posyandu 11.500, paud 18 ribu jembatan sepanjang 791 ribu m. Hal ini membuktikan dana desa konkrit direalisasikan untuk peningkatan kemajuan desa. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:05

0 komentar:

CB