Kapolsek Pleret Hadiri Sarasehan Kerukunan Umat Beragama

Posted by tribratanewsbantul on 08:12

Sebagai sarana silaturrahmi dan dialog umat beragama, penguatan peran tokoh agama dalam memelihara kerukunan antar umat beragama, serta sebagai langkah antisipasi terhadap timbulnya konflik antar umat beragama, Kemenag Kabupaten Bantul menggelar sarasehan kerukunan umat beragama bertempat di Pendopo Kecamatan Pleret, Bantul pada Kamis (25/4/2019).

Acara sarasehan dibuka oleh Camat Pleret M. Alwi SH MH. Turut hadir di antaranya Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH, Danramil Pleret diwakili Serka Kustadi, Kepala KUA Pleret Bayu Dirgohandoyo S.Ag. Hadir sebagai narasumber Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I dan pengurus FKUB Kabupaten Bantul Drs. H. Saebani, MA. M.Pd.

Pranata Humas Kantor Kemenag Bantul H. Ponijo, S.Ag M.Pd.I selaku panitia penyelenggara melaporkan, sarasehan diikuti seluruh perwakilan tokoh lintas agama di Kabupaten Bantul mengusung tema Membangun Kerukunan Umat Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Sementara itu, H. Basori, S.Ag MA sebagai moderator dalam sarasehan tersebut mengemukakan, untuk menjaga kerukunan umat beragama perlu adanya kesadaran mengamalkan ajaran agama masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab yang aplikatif, perlu dikembangkan sikap setuju dalam perbedaan dalam menangkap perubahan jaman yang plural. Tumbuhnya kesadaran rasa persatuan dan kesatuan yang dibingkai dengan Pancasila, serta saling hormat-menghormati dalam pengamalan ajaran agama masing-masing.

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa diperlukan peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan memberikan keteladanan, sekaligus sebagai motor kehidupan yang senantiasa menanamkan kepekaan ukhuwah, menjalin persaudaraan sesama umat manusia. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:12

0 komentar:

CB