Sat Polres Bantul Ajak Masyarakat Waspadai Rekrutmen ISIS Melalui Media Sosial

Posted by tribratanewsbantul on 11:00

Untuk menambah pengikutnya dan melebarkan sayapnya di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, Gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menggunakan banyak cara, termasuk melalui jejaring atau media sosial.

Terkait dengan upaya-upaya tersebut, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti SH mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap ISIS yang menjelma menjadi organisasi yang sukses sebab mendapat dana yang kuat serta kepemimpinan yang baik.

"Di Indonesia, rekrutmen ISIS banyak dilakukan melalui media sosial. ISIS sengaja menyebarkan 'virus' radikalisme melalui media sosial, seperti Twitter, maupun YouTube. Ini dikarenakan distribusi dan diseminasi informasi jauh lebih efisien dan efektif di kalangan pemuda," katanya saat memberikan arahan dalam acara Silaturahmi Kamtibmas Akbar Tingkat Polres Bantul yang dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat dan Ormas se-Kabupaten Bantul bertempat di Gedung Maducandya Kasihan Bantul, Selasa (28/5/2019).

Ia menilai ISIS jelas merupakan ancaman serius bagi bangsa, bukan hanya ancaman bagi individu atau institusi semata. Oleh karena itu, seluruh komponen masyarakat harus ikut serta melawan ancaman terorisme ISIS. "Semua elemen masyarakat harus, harus berkontribusi menangkal terorisme," katanya.

Partuti bertpendapat bahwa melawan terorisme harus dengan dua pendekatan, yaitu hard (kekerasan) menggunakan aparat keamanan, dan soft approaches yang bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai ormas keagamaan.

Ia meminta masyarakat dari berbagai elemen untuk menyamakan persepsi terkait dengan penolakan terhadap ISIS karena ditengarai pola rekrutmen kelompok ini memanfaatkan berbagai saluran, termasuk media sosial. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:00

0 komentar:

CB