30 June 2019

Pengamanan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019 Kabupaten Bantul

Sabtu 29 Juni 2019 Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Bantul di SMAN 1 Bantul. 

Kegiatan ini dengan tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku" dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa Yogyakarta , Kepala DLHK DIY, Forkompinda Bantul, kepala OPD Kqb. Bantul, Camat Se Kab. Bantul, Pimpinan BUMN/ BUMD dan Dunia Usaha, Forkom lingkungan Hidup Kab. Bantul, Kepala Sekolah SMAN 1 Bantul, kepala SMA, SMP, SD Adiwiyata Se Kab. Bantul, Pimpinan organisasi Gerakan Sosial kemasyarakatan dan para tokoh masyarakat serta siswa siswi dan masyarakat.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, ST, M.Sc., mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi pemcegahan pencemaran udara melalui penghijauan.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih menyampaikan, hari ini merupakan hari yang sangat penting dan strategis bagi kita untuk memperbarui komitmen kita didalam memperbaiki indeks lingkungan hidup di Kabupaten Bantul, karena ini menyangkut peran serta kontribusi semua pihak didalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita.

Wakil Bupati Bantul menjelaskan bahwa, secara nasional kita menggunakan tema dalam relevansi tersebut yaitu Biru Langitku, Hijau Bumiku. Tema tersebut diambil karena menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau. "Mudah mudahan upaya kita ini diridhoi dan dan memperoleh pertolongan dari Allah SWT demi melestarikan lingkungan hidup kita untuk anak cucu, untuk kehidupan generasi mendatang secara lebih baik," tambah wakil Bupati bapak Halim.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tanaman secara simbolis dan penyerahan penghargaan Adiwiyata SMA , SMP dan SD kab. Bantul oleh Wakil Bupati Bantul. M.S.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Bantul)

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Didusun Dronco Imogiri

Bhabinkamtibmas Desa Girirejo Aipda Toto Chairudin hadiri Pagelaran Wayang kulit di rumah bapak Mujiman Dusun Dronco, Girirejo, Imogiri. Jumat (28/06/2019)

Acara wayang kulit ini  digelar  dalam rangka mengisi Acara Syawalan warga Dusun Dronco  dihadiri oleh Lurah Desa Girirejo, Pamong Desa girirejo, Dukuh Dronco, Team keamanan dari Polsek Imogiri dipimpin Aiptu M Sultoni, Bhabinkamtibmas Girirejo, Babinsa Girirejo dan  Para pengunjung kurang lebih 500 orang.

Dalam pagelaran wayang kulit malam ini dipentaskan oleh "Ki  Dhalang Kenci Wisnu Aji "dari Canden Jetis  dengan mengambil Judul Petruk Dadi  Ratu.

Pagelaran wayang ku berjalan cukup meriah masyarakat begitu Antusias Dan  merasa terhibur.

Sampai selesai acara berjalan Aman, lancar dan kondusif karena mendapat pengamanan dari personel polsek Imogiri dibantu Koramil dan Hansip serta pemuda karang taruna Dusun Dronco. (Humas Polsek Imogiri)

Kapolaek Jetis Pimpin Pengamanan Perayaan Pantai Kosta GKJ Se-Klasisi Selatan Di Aula Balai Desa Sumberagung

Sabtu 29 Juni 2019 pukul 09.00 wib Kapolaek Jetis AKP M. Sholeh SH. MM Pimpin pengamanan Perayaan Pantai Kosta GKJ Se-Klasisi selatan di Aula Balai Desa Sumberagung Jetis Bantul.

Perayaan Pentakosta Adiyuswa Klasis Yogyakarta Selatan dengan bentuk kegiatan Renungan dilanjutkan puji-pujian dipimpin Pendeta Saryanto, S.Th dengan Tema Roh Kudus bagi Indonesia. Perayaan Pentakosta diikuti Jemaat 13  Gereja Kristen Jawa Klasis Yogyakarta Selatan kl 500 jemaat dengan Ketua Panitia Ir. Bambang Priyambodo, M.Si

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan sambutan intinya, Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul dengan penuh kasih menyampaikan selamat hari raya pentakosta semoga hikmah ibadah perayaan pentakosta akan semakin mengokohkan tekad dan komitmen kita dalam melayani Tuhan dan sesama kita, dalam medan pengabdian kita masing-masing. Mari kita semua untuk bersatu meskipun berbagai perbedaan melalui semua itu saya percaya akan terbangun sikap, niat dan komitmen kita bersama untuk  mewujudkan Kabupaten Bantul menjadi lebih baik lagi"jelasnya

Kita menyadari bahwa bangsa kita adalah bangsa yang majemuk terdiri dari suku, agama, etnis, bahasa dan budaya, tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu kecuali dengan membangun kebersamaan saling menghormati serta saling menghargai perbedaan masing-masing, kemajukan bangsa harus kita sikapi dengan penuh rasa syukur. Untuk itulah dalam kesempatan yang baik ini pula kami memohon kepada bapak ibu umat Kristiani senantiasa mendoakan agar diberikan kekuatan dan kesuksesan di dalam kami bekerja keras mewujudkan Kabupaten Bantul yang Sehat Cerdas dan Sejahtera. Tutupnya.

Selama kegiatan berlangsung kegiatan ini mendapat pengamanan dari Polsek Jetis, Koramil Jetis, Satpol PP serta Linmas dipimpin langsung Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh, SH.MM. (Humas Polsek Jetis)

Open Kayu Milik Murgiyanto Terbakar

Karena ditinggal tanpa ada pengawasan, open kayu milik Murgiyanto Warga Dusun Piring Rt 02 Srihardono Pundong terbakar, Sabtu 29-6-2019 pukul 22.00 wib.

Penyebab Kebakaran selain tanpa pengawasan juga diperkirakan karena api pembakaran open terlalu besar sehingga papan kayu jawa yang sudah kering didalam open mudah terbakar

Kejadian pertama kali diketahui oleh Herlambang dan Kristanto keduanya warga Piring, saat itu mereka baru saja pulang mengaji melihat open kayu yang berada dibelakang rumah korban sudah terbakar. Karena kobaran api semakin membesar selanjutnya Herlambang dan Kristanto minta tolong kepada warga sekitar, dengan dibantu oleh warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan disel pompa air yang memang sudah dipersiapkan oleh korban apabila terjadi kebakaran.

Api bisa dipadamkan sekitar pukul 22.45 wib dibantu oleh petugas dari BPBD kabupaten Bantul dan Petugas Polsek Pundong.

Akibat dari kebakaran open kayu ini korban mengalami kerugian kurang lebih Rp 4 juta nihil korban jiwa. (Humas Polsek Pundong)

Pengamanan Penyaringan Calon Carik Desa Sumbermulyo Di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menghadiri pelaksanaan ujian penyaringan calon Carik desa Sumbermulyo di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul, Sabtu (29/06/2019) pagi. Ujian seleksi Calon Carik desa Sumbermulyo tersebut di buka secara resmi oleh Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes.

Kapolsek Bambanglipuro menuturkan pelaksanaan tes lowongan Calon Carik desa Sumbermulyo diikuti oleh 30 peserta. Adapun penyaringan Carik ini untuk mengantikan carik lama yang telah meninggal dunia.

“Untuk pelaksnaan ujian terdiri dari ujian tertulis, ujian Komputer, Wawancara dan yang terakhir pidato dengan mempergunakan bahasa jawa, dan untuk tim penguji dari STPMD APMD Yogyakarta, sedangkan untuk hasil dari ujian ini akan di umumkan 2 hari setelah pelaksanaan ujian tertulis” ungkapnya.

Dalam sambutannya Camat Bambanglipuro menyampaikan bahwa calon Carik desa Sumbermulyo harus memenuhi sarat yang telah ditentukan bilamana nilai peserta calon carik yang nilai hasil ujian di bawah ketentuan dinyatakan tidak lulus “ tegas Camat Bambanglipuro.

“Program ujian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat intelektual dari calon perangkat desa yang mana dalam pelaksanaan tugas nantinya dapat memberikan kinerja yang baik dalam melayani masyarakat di Desa,”  jelas Drs Lukas Sumanasa M.Kes.

Kegiatan penyaringan calon Carik desa Sumbermulyo tersebut sebelumnya sudah disampaikan oleh Panitia tentang tata cara seleksi ujian dengan tahapan tahapan ujian kepada peserta calon secara terbuka dan transparan sehingga peserta sudah memahami dan menerima segala hasil yang diperoleh dalam setiap ujian.

Camat Bambanglipuro juga meminta kepada peserta seleksei calon carik desa Sumbermulyo untuk legowo menerima hasil ujian nanti, dan untuk yang lulus dalam seleksi jangan berbangga hati dulu karena tugas berat untuk melayani masyarakat sudah menanti, sementara bagi yang tidak berhasil atas nama pemerintah desa Sumbermulyo mengucapkan terimakasih atas keikutsertaannya dalam seleksi calon carik desa Sumbermulyo dan menjadi pengalaman terbaik dalam hidup. (Humas Polsek Bambanglipuro).

Kapolsek Pandak Anjangsana Ke Mbah Nyainem Di Dusun Gluntung Kidul

Dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 73, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud S.I.Kom beserta anggotanya anjangsana ke Mbah Nyainem (84) di Dusun Gluntung Kidul RT 004, Caturharjo, Pandak, Bantul, Jumat (28/06/2019) jam 09.30 Wib.

Anjangsana Kapolsek didampingi oleh Kepala Dusun Gluntung Kidul Bapak Ngadiyono dan Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho. Saat ini mbah Nyainem mengalami sakit dan terkendala kondisi keluarga yang kurang mampu.

Mbah Nyainem hanya tinggal dengan anaknya yang keterbatasan mental, sehingga dalam melaksanakan perawatan terhadap simbah kurang maksimal. Simbah sendiri mempunyai 4 (empat) orang anak yang lain namun mereka mengikuti suaminya masing masing di luar dusun Gluntung.

Selain melaksanakan anjangsana, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud S.I.Kom juga memberikan bantuan sembako kepada Mbah Nyainem. "Diharapkan dengan bakti sosial ini kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan juga setidaknya dapat sedikit meringankan beban dan membantu memberikan motivasi kepada keluarga mbah Nyainem. (Humas Polsek Pandak)

Pameran Arsif Foto Parangtritis Tempo Doeloe Di Joglo Pariwisata Parangtritis

Mewakili Kapolsek Kretek, Panit Intel Ipda Wiyono menghadiri kegiatan Pameran Arsip Foto Parangtritis Tempo Doeloe di joglo pariwisata dusun Mancingan XI Rt 05, Parangtritis, Kretek. Sabtu, 29/06/2019 pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPAD Provinsi DIY Ali Pitoyo,Kepala Kearsipan Kabupaten Bantul Drs Edy Susanto, Dinas pariwisata kabupaten Bantul Suranto sebagai pengelola Obyek wisata Pantai Parangtritis, mewakili Camat Kretek Bag. umum Bagus Bag Umum, Perwakilan Lurah desa se Kecamatan Kretek dan puluhan tamu undangan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul dalam sambutannya mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat, hidayat dan inayah Nya sehingga pameran Arsip Parangtritis Tempo Doeloe dapat terselenggara.

Arsip merupakan dokumen sangatlah penting sekali, kita jangan sampai melupakan sejarah, sesuai dengan perkembangan jaman, sektor pariwisata ternyata menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebagai respon akan hal itu pada pameran arsip kami mengambil tema " Parangtritis Tempo Doeloe" Dengan harapan semoga dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Bantul, tutupnya. (Humas Polsek Kretek).

Pengamanan Pengajian Pamit Haji Di Balai Desa Donotirto

Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto menghadiri pengajian pamit haji warga masyarakat desa Donotirto di gedung pertemuan balai desa setempat. Sabtu, 29/06/2019 pukul 13.00 wib.

Pengajian pamit haji dihadiri oleh mewakili ketua PJHI kabupaten Bantul H. Suhardi M.Pd, Camat Kretek Cahya Widada Sos, MH, Lurah se desa Donotirto, ketua  Muhammadiyah Cabang Kretek beserta ketua cabang Aisyiah, ketua ranting Muhammadiyah Donotirto beserta ketua ranting Aisyiah, dan ratusan tamu undangan.

Lurah desa Donotirto Jurahimi mewakili calon jama'ah haji desa Donotirto dalam sambutannya menyampaikan permohonan doa semoga mendapat ridzo dari Alloh sehingga mendapatkan predikat haji yang mabrur, ujarnya.

Lebih lanjut Jurahimi menyampaikan atas nama ke 12 calon jama'ah haji desa Donotirto mohon maaf atas segala khilaf dan dosa, imbuhnya.

Sedangkan H.Suhardi M.Pd selaku perwakilan PJHI kabupaten Bantul dalam sambutannya mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada calon jama'ah haji yang saat ini bisa melaksanakan haji dan di tanah suci dapat melaksanakan sunah dan wajib haji, semoga selamat sampai tujuan dan sekembalinya ditanah air dengan menyandang haji mabrur, Amien, tutupnya.

Adapun Al Ustadz Dr.H.Muhammad Marsudi Iman M.Ag dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa kita dibulan syawal ini untuk meningkatkan instropeksi diri, setelah melaksanakan puasa wajib marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SAW.

Lebih lanjut Dr. H. Muhammad Marsudi Iman M.Ag menyampaikan bahwa jama'ah haji tahun 2019 ini waktunya paling lama, karena ada peningkatan jumlah jama'ah haji, untuk itu persiapkan fisik dan mental.

Sebelum, saat dan sepulang haji bikinlah karakter islam meningkat, berilah contoh yang baik terhadap masyarakat dalam setiap langkah sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, tutupnya.

Kegiatan berakhir pukul 15.00 wib berlangsung lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh Polsek Kretek, Koramil dan Linmas. (Humas Polsek Kretek).

Babhinkamtibmas Desa Mangunan Menghadiri Musyawarah Desa

Babhinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu Ari Ashari menghadiri musyawarah desa Mangunan kecamatan Dlingo kabupaten Bantul di Pendopo balai desa Mangunan,Dlingo, Bantul. Jum at  28 Juni 2019.

Musyawarah dihadiri Camat Dlingo Deni Ngajis Hartono S.STP. MPA, Kabaghukum Kabupaten Bantul Suparman SH. MH, Lurah Desa Mangunan H Jiyono Ikhsan S.Sos, Kadus sedesa Mangunan, Babhinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu Ari Ashari, Babinsa Desa Mangunan Serda Sarjani dan parab tamu undangan.

Camat Dlingo  Deni Ngajis Hartono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Mangunan telah melaksanakan musyawarah desa tepat waktu.

Sedangkan Kabaghukum kabupaten Bantul menyampaikan peraturan bupati nomor 28 tahun 2019 tentang daftar kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.

Secara keseluruhan acara musyawarah desa ini berjalan dengan tertib, aman dan kondusif. (Humas polsek Dlingo)

Rakor Program Kerja Operasi Dan Pemeliharaan Irigasi Blawong II

Kanit Sabhara Polsek Bambanglipuro Aiptu Tribudiyana SH menghadiri acara rapat koordinasi program kerja operasi dan pemeliharaan irigrasi wilayah Blawong II di rumah Bapak H. Sarjiman dusun Plumbungan Sumbermulyo Bambanglipuro, Sabtu (29/06/2019) pagi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Sumber Air Provinsi DIY. Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Sumbermulyo Sertu Widayadi, Kasi Kesejahteraan Desa Sumbermulyo Ibu Heni Nursanti, Kasi Kesejahteraan Desa Mulyodadi Bapak Bayu Nurseto, Gapoktan Blawong II dan tamu undangan sekitar 50 orang.  

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigrasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya. Selain itu juga untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui jaringan irigrasi dengan cara pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A).

Dalam kegiatan tersebut Kanit Sabhara menyampaikan agar petugas irigrasi pengairan desa bisa bekerja dengan baik karena warga masyarakat desa sangat membutuhkan pengairan sawah untuk kebutuhan dalam bercocok tanam dan pembagiannya harus merata dan adil. 

Dalam hal ini Polsek Bambanglipuro bekerjasa dengan pemerintah desa untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif kepada para petani sehingga tidak terjadi masalah / pertengkaran saat mereka mengairi sawahnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)  

Simulasi Penanganan Bencana Di Lapangan Sorobayan Sanden

Telah terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami di pesisir pantai selatan wilayah Kabupaten Bantul. Dengan adanya gempa ini, petugas langsung memberikan himbauan kepada warga untuk segera menjauhi kawasan pantai dan berkumpul ke lokasi evakuasi penampungan sementara guna penanganan tanggap darurat.

Lokasi evakuasi para korban guna penanganan tanggap darurat berada di lapangan Sorobayan Gadingsari Sanden, Bantul. Gempa ini mengakibatkan banyak korbam di masyarakat. Jajaran Forkompincam Sanden langsung bertindak cepat dan berkoordinasi untuk menangani para korban. Dengan ada penanganan cepat dari Forkompincam bersama semua elemen termasuk tim medis tersebut, semua korban dapat tertangani dengan baik.

Situasi itu merupakan sebagian adegan yang terlihat dalam Simulasi Penanggulangan Bencana Tsunami di lapangan Sorobayan Gadingsari, Sanden, Bantul, Sabtu (29/6/2019) jam 09.00 Wib. Kegiatan diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Bantul bekerjasama dengan FPRB Kecamatan Sanden dan FPRB Kecamatan Srandakan, Bantul. Selaku koordinator pelaksana kegiatan adalah Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bantul, Suyamto, SE.

Tujuan dari giat Simulasi penanganan bencana ini adalah guna meningkatkan kapasitas masyarakat dan Pemerintah Daerah utamanya jajaran Forkompincam terkait dengan penanggulangan tsunami. Kegiatan dihadiri Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Dandim Bantul Letkol Kav Didi Carsidi Mi.pol, BPBP DIY, anggota DPRD Bantul, BPBD Bantul beserta OPD terkait, Camat Sanden, Kasium Polsek Sanden Aiptu Asri Suwarta mewakili Kapolsek beserta Forkompincam Sanden, Lurah Desa Gadingsari serta seluruh unsur pendukung kegiatan.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada selurih stake holder baik TNI, POLRI, relawan, Camat, Lurah Desa, FPRB dan warga masyarakat yang terlibat dalam kegiatan simulasi penanggulangan bencana. Terimakasih kepada BPBD Bantul atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya demi kemanusiaan sehingga BPBD Bantul makin dikenal masyarakat.

Antisipasi dini dalam bentuk gerakan penanggulangan bencana menjadi arti penting karena kita tidak tahu kapan dan dimana bencana akan datang. Bupati Bantul berharap masyarakat yang berada di zona bahaya tsunami bisa memiliki pengetahuan dan pemahaman serta kemampuan ketrampilan dalam menyikapi kondisi darurat khususnya tsunami. Lebih lanjut Bupati berharap gladi lapang ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kerja sama antar pihak terkait yang terlibat dalam penanghulangan bencana di Kabupaten Bantul.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Polsek Sanden ikut berpartisipasi dalam simulasi penanganan bencana serta melaksanakan pengamanan selama jalannya kegiatan. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Giat Lari BOP Jogja Sunset Run 2019 Di Laguna Depok Parangtritis

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak menghadiri kegiatan lari BOP Jogja Sunset Run 2019 di Laguna Depok Parangtritis Kretek. Sabtu, 29/06/2019 pukul 15.30 wib.

Kegiatan tersebut dalam rangka ulang tahun Harjo ke 11 dihadiri oleh Kepala dinas Pariwisata kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos, Kepala BOP ida Juanita, perwakilan Pemred Harjo Santoso, mewakili Dir PolAirud Kompol Fajar SH, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, Lurah Parangtritis Topo dan disaksikan oleh ratusan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, selain untuk prestasi juga untuk kesehatan jasmani.

Bahwa kegiatan ini di rekomendasikan untuk destinasi wisata tahunan guna mendorong pariwisata dan juga optimalisasi  laguna Depok. Selamat berkompetisi, pungkasnya.

Lari BOP Jogja Sunset Run ini menempuh jarak 5 km untuk putra dan putri diikuti oleh 700 peserta. Sedangkan jarak tempuh 10 km untuk putra dan putri diikuti oleh 200 peserta.

Adapun hasil akhir kategori 5K putra Juara I Ahar dari Bima NTB menerima uang pembinaan Rp 1.000.000, Posisi II Konradus Taek dari Salatiga Rp 800.000 dan juara III Romario dari Magelang Rp 500.000, serta masing-masing menerima tropy.

Sedangkan katagori 5 K Putri Juara I diraih Tri Suryaningsih Jogja yang menerima dana pembinaan Rp.1.000.000, juara II Zahra Amalia Playon Alkid Rp. 800.000 dan juara III siti Muawanah Magelang Rp. 500.000 serta masing-masing menerima tropy.

Adapun kategory 10 K putra : Juara I Nugroho Magelang menerima dana pembinaan Rp 1.500.000, juara II Amri Wahyu  Gunung Kidul Rp 1.000.000 dan juara III Tri Bius Salatiga Rp 700.000 serta masing-masing menerima tropy.

Sedangka kategory 10 K putri Juara I Helena Hertya Pasi Gunung Kidul menerima dana pembinaan Rp 1.500.000, juara II Okta Vias Tuti Magelang Rp 1.000.000 dan juara III Levanya Azahra  Yogyakarta Rp 700.000 serta masing-masing menerima tropy.

Kegiatam berakhir pukul 21.00 wib berlangsung lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh Polsek Kretek, Dit PolAirud serta Koramil. (Humas Polsek Kretek).

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Hadiri Pentas Seni Budaya Kethoprak Di Dusun Ceme

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden Brigadir Afif Rudiyanto menghadiri Pentas Seni Budaya Kethoprak Desa Srigading "Wargo Budoyo Ceme Dk 02" di Pendopo Lawas Bu Sumini / Bapak Kultus Rt 04 Ceme, Srigading, Sanden, Bantul, Sabtu (29/06/2019) pukul  20.00 Wib.

Pagelaran seni Kethoprak diselenggarakan oleh warga Dusun Ceme dalam rangka Pentas Seni dan Budaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bantul dan mengambil lakon "Kamandoko Dadi Lutung". Kegiatan tersebut turut dihadiri Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo SE, Tokoh masyarakat AKBP Purn Jamin, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, Dukuh Ceme serta warga masyarakat sekitar.

Pentas seni yang dihadiri oleh hampir keseluruhan warga Ceme malam ini terlihat cukup meriah. Acara dimulai dengan pembukaan dan permainan dolanan anak kecil jaman dulu yang bertujuan untuk mengingatkan dan memperkenalkan dolanan tradional kepada anak anak kita agar ikut melestarikan dolanan tradisional tersebut yang sekarang sudah tergerus sama permainan modern.

Usai menampilkan permainan dolanan anak jaman dulu, acara dilanjutkan dengan pementasan Seni Budaya Kethoprak yang isinya membawa pesan-pesan moral, suri tauladan dengan selingan-selingan jenaka dan humor yang sering dimunculkan dalam dialog para lakon. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Sanden Hadiri Pengajian Pamit Haji KBIH Aisyiyah

Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari menghadiri sekaligus melaksanakan pengamanan Pengajian dan Pamitan Haji KBIH Aisyiyah Cabang Muhammadyah Kecamatan Sanden di Aula Balai Desa Gadingharjo, Sabtu (29/06/2019) pukul 20.00 Wib.

Acara dihadiri anggota DPRD Bantul H. Sadji Tirtohadijoyo, Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala KUA Sanden, Bhabinkamtibmas Gadingharjo Brigadir Tohari, Babinsa, Lurah Desa Gadingharjo Aan Indranursanta SS, Pimpinan Daerah Muhammadyah Bantul Drs. Sahari, PCM Sanden Suhadi MSc, Ustadz Drs Yusuf Abdul Hasan M.Ag (Dosen UMY), Calon Jamaah Haji sebanyak 54 orang dan Jamaah pengajian.

Camat Sanden Slamet Santoso SIP dalam sambutannya menyampaikan bahwa jajaran Forkompincam mendoakan agar bapak ibu calon jamaah haji selalu diberikan kesehatan, kenikmatan serta kelancaran selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci dan bisa pulang kembali menjadi haji yang Mabrur. Sesampainya di tanah suci, mohon ikut mendoakan warga masyarakat Sanden agar tetap aman, tentram, sejahtera dan damai, harap Camat.

Calon jamaah haji dari kecamatan Sanden tahun 2019 berjumlah 54 orang, terdiri dari 25 orang calon jemaah laki laki dan 29 orang calon jemaah wanita. Para calon jamaah haji telah melaksanakan manasik haji dari tanggal 17 s/d 26 Juni 2019 dengan pembimbing dari Pukesmas Sanden, KUA Sanden dan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kecamatan Sanden.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Riwanta ikut mendoakan semoga semoga seluruh calon jamaah haji nantinya diberikan kemudahan, kelancaran dan kesehatan dalam menjalankan ibadah di tanah suci dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Pentas Musik Orgen Tunggal Di Bawuran Pleret

Anggota Polsek Pleret dipimpin Kanit Intelkam Ipda Paidi melaksanakan pengamanan acara pentas musik orgen tunggal di dusun Bawuran I, Bawuran, Pleret, Bantul. Sabtu (29/6/2019) malam.

Kehadiran anggota Polsek Pleret dalam acara tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, serta memberikan rasa aman kepada warga masyarakat yang datang menikmati hiburan.

Dalam pengamanan itu pula, anggota Polsek Pleret menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para penonton agar tetap tertib dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat keributan. Petugas akan bertindak tegas dan membubarkan kegiatan lebih awal, apabila para penonton tidak mematuhi imbauan.

Pentas musik orgen tunggal diadakan dalam rangka Syawalan Keluarga Besar Bawuran Squad. Menampilkan para penyanyi yaitu Essy Maria, Vio Tanaka, Yupi Yupita dan Endang Kharisma, serta MC Kancil Nakal. Acara tersebut berjalan lancar hingga selesai aman kondusif. (Humas Polsek Pleret)

HUT Ke-73 Bhayangkara, Polres Bantul Tabur Bunga di Pelabuhan Perikanan Sadeng

Polres Bantul menggelar upacara serta tabur bunga di Pelabuhan Perikanan Sadeng yang terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (29/6/2019).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH tersebut diikuti para Kabag/Kasat, Anggota Polres Bantul serta Bhayangkari.

Usai upacara, kemudian dilakukan tabur bunga di atas kapal inventaris dinas milik Polres Bantul.

Kapolres Bantul mengungkapkan, kegiatan itu merupakan rangkaian acara memperingati HUT Ke-73 Bhayangkara. “Kegiatan ini merupakan salah satu wujud penghormatan dan penghargaan kami terhadap jasa-jasa para pahlawan,” katanya.

Dilanjutkan, melalui momentum peringatan HUT Bhayangkara, Polri akan terus mewujudkan semangat Promoter (profesional, modern dan terpercaya) dalam melaksanakan tugas.

“Semoga ke depan Polri semakin jaya, semakin profesional dan dicintai masyarakat,” harapnya. (Humas Polres Bantul)

29 June 2019

Artikel, Hukum Barang Temuan Dalam Pandangan Hukum Pidana

R. Soesilo dalam bukunya yang berjudul Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal (Hal 250) yang dikatakan dengan Barang adalah segala sesuatu yang berwujud, misalnya Uang, baju, emas,dsb, dan termasuk juga yang tidak berwujud , misalnya daya listrik dan gas.

Dalam (Pasal 509 “KUHPerdata)Yang dimaksud benda bergerak adalah kebendaan yang dapat berpindah atau dipindahkan.

Berdasarkan Pasal 1977 ayat (1) KUH Perdata, mengenai benda-benda yang bergerak, orang yang menguasai benda tersebut dianggap sebagai pemilik benda tersebut. Tetapi, seseorang yang merasa kehilangan barang tersebut (dalam jangka waktu tiga tahun) dapat menuntut kembali barangnya yang hilang dari orang yang menguasai barang tersebut. Orang yang menuntut kembali barang tersebut wajib memberikan penggantian kepada orang yang menguasai barang tersebut, jika orang yang menguasai ini membelinya dari tempat yang biasa digunakan untuk memperjualbelikan barang-barang tersebut (Pasal 582 KUHPer).

Didalam KUHP seseorang yang menemukan barang yang berharga dijalan dan tidak dikembalikan kepada pemiliknya dapat dikenakan sanksi pidana sebagaimana disebut dalam pasal 372 KUHP yang berbunyi: “ Barangsiapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hak sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tangannya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun atau denda sebanayak-banyanya Rp 9.000.000.00,-

Dan Dapat juga dikenakan sanksi pidana sebagaimana disebutkan dalam pasal 362 KUHP yang berbunyi: “Barangsiapa mengambil sesuatu barang, yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain, dengan maksud akan memiliki barang itu dengan melawan hak, dihukum, karena pencurian, dengan hukuman penjara selama-lamanya lima tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp.9.000.000.00,-

Yang dikatakan dengan pengelapan adalah kejahatan yang hampir sama dengan pencurian seperti yang disebutkan dalam pasal 362 KUHP. Bedanya adalah bahwa pada pencurian barang yang dimiliki itu masih belum berada ditangan pencuri dan masih harus diambilnya. Sedangkan penggelapan waktu memiliki barang tersebut suda ada di tangan tetapi tidak dengan jalan kejahatan.

Misalnya A Menemui Uang dijalan lalu diambilnya. Jika pada waktu mengambil uang tersebut sudah ada niat atau maksud untuk memiliki uang tersebut, maka peristiwa ini di namakan pencurian. Dan apabila pada waktu mengambil uang tersebut pikiran A adalah “Uang itu akan saya serahkan kekantor polisi atau pihak yang berwenang lain” dan betul diserahkannya, disini A tidak berbuat perbuatan atau peristiwa pidana, akan tetapi jika sebelum sampainya di kantor polisi kemudian A timbul maksud atau niat untuk memiliki Uang tersebut dan dibelanjakan, maka A salah, ini dinamakan penggelapan.

Dalam Pandangan Hukum Islam

Barang temuan adalah harta yang hilang dari pemiliknya dan ditemukan oleh orang lain. Dalam syariat Islam disebut dengan istilah Luqathah. Bila seseorang menemukan harta yang hilang dari pemiliknya, tentu saja haram hukumnya diambil untuk dimiliki. Karena barang itu pastilah ada pemiliknya yang sedang kesusahan karena kehilangan benda berharga miliknya. Mengambil begitu saja untuk dimiliki berarti sama saja dengan mengambil harta yang haram.

Lalu tindakan apa yang harus dilakukan bila kita menemukan barang berharga di jalan?

Al-Hanafiyah mengatakan disunnahkan untuk menyimpan barang itu bilang barang itu diyakini akan aman bila ditangan Anda untuk nantinya diserahkan kepada pemiliknya. Tapi bila tidak akan aman, maka sebaiknya tidak diambil. Sedangkan bila mengambilnya dengan niat untuk dimiliki sendiri, maka hukumnya haram.

Al-Malikiyah mengatakan bila seseorang tahu bahwa dirinya suka berkhianat atas harta orang yang ada padanya, maka haram baginya untuk menyimpannya.

Asy-Syafi'iyyah berkata bahwa bila dirinya adalah orang yang amanah, maka disunnahkan untuk menyimpannya untuk dikembalikan kepada pemiliknya. Karena dengan menyimpannya berarti ikut menjaganya dari kehilangan.

Imam Ahmad bin Hanbal ra. mengatakan bahwa yang utama adalah meninggalkan harta itu dan tidak menyimpannya.

Kewajiban Bagi Yang Menemukan

Islam mewajibkan bagi orang yang menemukan barang hilang untuk mengumumkannya kepada khalayak ramai. Dan masa penngumuman itu berlaku selama satu tahun. Hal itu berdasarkan perintah Rasulullah SAW :

'Umumkanlah selama masa waktu setahun'.

Pengumuman itu di masa Rasulullah SAW dilakukan di pintu-pintu masjid dan tempat-tempat berkumpulnya orang-orang seperti pasar, tempat resepsi dan sebagainya. Dan dalam kasus Anda, maka Anda bisa meminta bantuan pihak hotel untuk mendapatkan alamat si penyewa kamar yang dianggap kehilangan bross tersebut.

Bagaimana Bila Tidak Ada yang Mengakuinya?
         
Bila telah lewat masa waktu setahun tapi tidak ada yang datang mengakuinya, maka para ulama berbeda pendapat. Sebagian mengatakan bolehlah bagi penemu untuk memiliki harta itu bila memang telah berusaha mengumumkan barang temua itu selama setahun lamanya dan tidak ada seorangpun yang mengakuinya. Hal ini berlaku umum, baik penemu itu miskin ataupun kaya. Pendapat ini didukung oleh Imam Malik ra., Imam Asy-Syafi'i ra. dan Imam Ahmad bin Hanbal ra. Sedangkan Imam Abu Hanifah ra. mengatakan hanya boleh dilakukan bila penemunya orang miskin dan sangat membutuhkan saja. Tapi bila suatu saat pemiliknya datang dan telah cocok bukti-bukti kepemilikannya, maka barang itu harus dikembalikan kepada pemilik aslinya. Bila harta temuan itu telah habis, maka dia wajib menggantinya.

Namun para ulama juga mengatakan bila barang tersebut adalah barang yang tidak bernilai, maka tidak ada kewajiban untuk mengembalikannya, apalagi bila untuk mengembalikan atau mengumumkannya membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Misalnya yang hilang adalah peniti, jarum atau sikat gigi. Barang-barang itu secara umum termasuk kategori haqir, yaitu sesuatu yang tidak ada nilainya, asal tidak terbuat dari emas murni 24 karat.

Penggalangan Komitmen Lintas Sektor Kec. Bantul Dan Puskesmas Bantul 1

Jum'at, 28 Juni 2019, di Aula Puskesmas Bantul 1 dilaksanakan penggalangan Komitmen bersama lintas sektor kecamatan Bantul dalam rangka penguatan dan mencari solusi terbaik untuk memperoleh status akreditasi Paripurna.

Bapak Camat dan Bapak sekcam beserta Forkompincam dan kepala Puskesmas Bantul 1 berkomitmen terhadap upaya serius dalam melakukan inisiasi dan solusinya untuk bisa mewujudkan harapan besar tersebut.

Informasi yang disampaikan kepala Puskesmas Bantul 1 adalah terkait persiapan yang sudah dilakukan dan dipersiapkan oleh seluruh jajaran puskesmas. Acara ditutup dengan penanda tanganan komitmen bersama. (Humas Polsek Bantul)

Giat Safari Jumat Di Masjid Al Hikmah Di Dusun Kemasan, Karang Tengah Imogiri

Personil Polsek Imogiri hadiri giat Safari Jumat Bupati Bantul Drs. Suharsono di Masjid Al Hikmah di Dusun Kemasan, Karang Tengah Imogiri Bantul. Jumat (28/6/2019).

Takmir Masjid Al Hikmah, Ponijo dalam sambutan selamat datangnya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi kepada Bupati Bantul bersama rombongan atas dipilihnya masjid ini sebagai tempat silaturahmi.

Ponijo berharap kepada Bupati Bantul khususnya dan Pemkab. Bantul pada umumnya , untuk membantu pembangunan perluasan masjid. Masjid yang berdiri pada tahun 1981 ini dipugar atas biaya swadaya masyarakat dengan model iuran 500 ribu rupiah per kepala keluarga dan donatur. " Bangunan utama masjid ini mampu dirampungkan sedangkan untuk pembangunan perluasan masjid diperkirakan ada kekurangan dana sebesar 200 juta rupiah, katanya.

Sementara itu Bupati Bantul Suharsono dalam sambutan ramah tamah dengan jamaah, mengucapkan selamat hari raya Idhul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Pada momentum bulan Syawal ini, bupati mengajak kepada masyarakat untuk kembali merekatkan persaudaraan dan kekeluargaan pasca pelaksanaan Pemilu Serentak 2019.

" Saya pribadi dan atas nama Pemkab. Bantul, mengucapkan terima kasih kepada warga Bantul yang telah berperan aktif mensukseskan Pemilu 2019 dan menjaga iklim sejuk di Kabupaten Bantul, " tutur Bupati. (Humas Polsek Imogiri)

Anggota Polsek Pandak Ikuti Senam Rutin Bersama Forkompincam

Anggota Polsek Pandak mengikuti senam bersama Forkompincam dan Instansi Se Kecamatan Pandak di halaman Kantor Kecamatan Pandak Bantul, Jumat (28/06/2019) jam 08.00 Wib.

Hadir juga dalam acara tersebut Camat Pandak Kusmardiyono, S.Sos, M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud S.I.Kom, Danramil Pandak diwakili Peltu Sriyono, Kepala KUA Kecamatan Pandak Asrori SH, Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono, Lurah Desa dan kepala Instansi Se Kecamatan Pandak, TNI, POLRI, ASN, Pamong Desa dan pegawai Instansi se Kecamatan Pandak.

Kegiatan senam bersama Instansi Se Kecamatan Pandak ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan bergiliran tempat di setiap instansi. Pada kesempatan hari ini senam dilaksanakan oleh Kantor Kecamatan Pandak. Kegiatan senam ini bertujuan untuk menjaga kebugaran setiap pegawai Instansi dan juga sebagai ajang silaturahmi antar pegawai Instansi se Kecamatan Pandak.

Pada senam hari ini dipimpin oleh pemandu gerak dari sanggar senam Tiar Pandak. Seluruh hadirin melaksanakan senam dengan senang dan bersemangat dalam mengikuti setiap gerakan. Selama kegiatan berlangsung aman dan seluruh peserta mengikuti senam dengan sangat antusias. (Humas Polsek Pandak)

Anggota Polsek Sedayu Rutin Melaksanakan Pos Pagi

Saat warga memulai aktivitasnya, Polsek Sedayu menempatkan personelnya dengan melaksanakan pengaturan lalu lintas di simpul jalan. Seperti pagi ini Kasihumas Polsek Sedayu Ipda Suraya melaksanakan Pos Pagi gatur lalin di jalan Wates Yogyakarta. Jumat, 28 Juni 2019.

“Pengaturan lalu lintas di pagi hari ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh anggota Polsek Seadyu dengan tujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan serta memberikan pelayanan kepada para Pelajar yang hendak berangkat ke Sekolah,” tutur Ipda Suraya.

Diharapkan masyarakat yang melaksanakan aktivitas pagi selalu berhati hati dan mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. (Humas Polsek sedayu)

Pengajian Rutin Jumat Pagi Bersama Di Ponpes Darul Muklhisin Jomblang Mulyodadi

Pengajian rutin Jumat pagi bersama Muspika, pagi ini digelar di Ponpes Darul Muklhisin di Dusun Jomblang Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, Jumat (28/6/2019) pukul 07.30 WIB.

Hadir diantaranya Pengasuh Ponpes Darul Muklhisin Jombang KH Mukhsin, Camat Bambanglipuro diwakili Kasi Kemasyarakatan Heri Kusdarmanto SH, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Kepala KUA Bambanglipuro Drs Dalyono Warsito, Lurah Desa Sidomulyo Edi Murjito S.Pd dan diikuti oleh staf Kecamatan, anggota Polsek Bambanglipuro serta perangkat desa.

Dalam pengajian kali ini sebagai pembicara KH Hendri Sutopo dari Krapyak Yogyakarta. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan masyarakat yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT akan dapat mencapai kemakmuran. Syukur dan guyub rukun akan dapat menambah nikmat yang diberikan Allah SWT. Pertebal jiwa cinta tanah air Indonesia.

Untuk menjaga kerukunan umat Islam kita waspadai aliran-aliran yang ingin memecah belah Islam yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Hati-hati orang Islam akan dipecah belah dengan politik kekuasaan. Memecah Islam dengan kajian Al Qur'an. Memecah belah Islam dengan membidah-bidahkan sesama Islam.

Acara ditutup dengan doa dan berakhir pada jam 10.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro).

Kapolsek Bambanglipuro Melayat Ke Almarhum KY Suhartanto

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH bersama anggota melayat ke rumah duka Almarhum Bapak KY Suhartanto di Dusun Plumutan Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, Jumat (28/06/2019) Pagi.

Almarhum Bapak KY Suhartanto merupakan orang tua dari Bapak Istanto Suprapto (Dukuh Plumutan) meninggal dunia dalam usia 94 tahun.

AKP Wahyu Sudadi SH mengatakan, personel Polri dituntut untuk selalu dekat dengan masyarakat agar terwujud hubungan yang baik dapat bekerja sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat,” ujarnya.

Salah satu warga yang meninggal dunia tersebut adalah warga dusun Plumutan Mulyodadi Bambanglipuro yang diketahui meninggal dunia akibat sakit dan telah berusia lanjut.
     
Kepada keluarga, AKP Wahyu Sudadi SH mengucapkan turut berbela sungkawa. Semoga husnul khotimah dan diamapuni seluruh dosa-dosanya,” tandasnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Melaksanakan Kegiatan Santunan Jumat Barokah

Bhabinkamtibmas desa Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan santunan Jumat Barokah  di rumah Mbah Dasri dusun Melikan Lor RT 06 Bantul, Jumat, 28/06/2019 Pukul 10.00 wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas desa Bantul, Ibu Dukuh Gandekan, Pak Kuncung Anak Mbah Dasri.

Bhabinkamtibmas desa Bantul  Aipda Agus Bandianto memberikan santunan Kepada Mbah Dasri Melikan Lor Rt 06, Mbah dasri ini merupakan Janda Tua berusia 70 Tahun yang sudah sakit  tua dan selama 2 tahun terakhir mbah Dasri hanya tiduran di kamar dan tidak pernah keluar rumah karena sudah tidak bisa berjalan.

Kegiatan santunan Jum'at Barokah ini adalah Progran Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat demi kepedulian kepada warga binaanya yang tidak mampu atau sedang dilanda musibah. (Humas Polsek Bantul)

Kanit Bimmas Polsek Dlingo Melatih Upacara Bendera Di SMP Muhamadiyah Seropan

Kanit Bimmas Polsek Dlingo Ipda Dadiyono beserta para Bhabinkamtibmas dan anggota Koramil Dlingo melatih upacara bendera di SMP Muhamadiyah Seropan desa Muntuk kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Kamis 27 Juni 2019.

Kegiatan latihan upacara di SMP Muhamadiyah Seropan ini untuk melatih menanamkan rasa disiplin kepada generasi muda khususnya para pelajar dan untuk menghadapi lomba upacara tingkat Kabupaten Bantul dalam rangka memahami dan menanamkan 4 pilar kebangsaan  kepada para pelajar dan generasi bangsa.

SMP Muhamadiyah seropan Muntuk  ini mewakili pelajar tingkat SMP kecamatan Dlingo   untuk maju di lomba upacara tingkat Kabupaten Bantul yang dilaksanakan pada 5 Juli 2019.

Dalam latihan ini Kanit Bimmas  menekankan kepada peserta latihan upacara untuk serius dan memahami makna upacara bendera ini, karena SMP Muhamadiyah ini akan membawa nama baik kecamatan Dlingo khusus pelajar tingkat SMP.

Rencana latihan upacara bendera ini akan dilakukan selama 12 kali pertemuan sampai akan dilaksanakan lomba upacara. (Humas Polsek Dlingo)

Kapolsek Bambanglipuro Sambangi Beberapa Purnawirawan Polri

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menyambangi beberapa purnawirawan Polri yang tinggal di Bambanglipuro, Bantul, Jumat (28/06/2019) siang. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kanit Reskrim, Kanit Binmas Kanit Sabhara, Kasium serta anggota lainnya. 

Salah satu purnawirawan polri yang disambangi adalah Briptu (Purn) Sutopo di Dusun Caben Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul.

Briptu (Purn) Sutopo sebelumnya kena musibah sakit akibat terjatuh. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bambanglipuro berharap Briptu (purn) Sutopo segera sembuh seperti sedia kala dan dapat kembali bekerja.

Kapolsek Bambanglipuro mengungkapkan, kegiatan anjangsana ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong HUT Bhayangkara ke 73 tahun 2019. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk hormat dan menyambung silahturahmi dan rasa kekeluargaan yang telah terjalin selama ini sebagai keluarga besar Polsek Bambanglipuro. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Banguntapan Anjangsana Ke Rumah Para Purnawirawan Polri

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Bhayangkara ke 73, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH bersama anggota dan Bhayangkari anjangsana ke rumah purnawirawan Polri, Jumat, 28 Juni 2019 pukul 09.00 Wib.

Kegiatan ini sebagai wujud menjaga silaturrahim pada purnawirawan polri yang terakhir dinas di Polsek Banguntapan. Hal ini merupakan wujud penghargaan pada senior yang telah purna laksanakan kedinasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harapannya kita semua mengikuti jejak sari tauladan para purnawirawan polri untuk memajukan institusi polri yang kita cintai.

Adapun para purnawirawan yang dikunjungi diataranya yaitu AKP (purn) H. Subardi, SH, AKP (purn) Sunyoto, Ipda (purn) Wagiyo dan Bripka (purn) Sumarjo. Selain itu juga mengunjungi keluarga almarhum Aiptu Arif Budiyanto Panit Opsnal Reskrim yang diterima istri dan anaknya.

Anjangsana Polsek Banguntapan diterima dengan penuh rasa kekeluargaan, rasa bahagia dan haru bercampur jadi satu dalam suasana penuh keakraban. Kapolsek menyampaikan masih dalam suasana lebaran keluarga besar polsek banguntapan mengucapkan minal aisin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin. Selanjutnya tetap kita jaga silaturrahim antara polsek banguntapan dan purnawirawan. Kapolsek juga tidak lupa menyampaikan undangan untuk syawalan dan malam tirakatan HUT Bhayangkara pada hari minggu 30 Juni 2019 di Polsek Banguntapan. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Imogiri Dapat Ucapan Selamat Ulang Tahun POLRI Yang Ke 73 Dari Kelompok Pengajian-Yasinan Al-Mubaroq

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugrogo  Wibowo, SH mengadiri pegajian dan Yasinan di rumah bapak Lurah dusun Manggung RT 05,  Wukirsari, Imogiri, Bantul. Jumat, 28 Juni 2019.

Pengajian diselenggarakan oleh kelompok pengajian yasinan Al -Mubarokq warga setempat dihadiri oleh Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo SH, Lurah desa wukirsari Susilo Hapsoro SE., Panit 1 Intelkam  Polsek Imogiri Iptu sukarto SIP.Ketua kelompok pengajian ibu-ibu RT. 05 manggung wukirsari Imogiri ibu Jazim dan ibu HJ. Zaidah serta Kelompok pengajian ibu-ibu RT 05 kurang lebih 20 orang.

Dalam kesempatan tersebut kelompok pengajian Yasinan RT 05 dusun Manggung mengucapkan selamat ulangtahun ke- 73  kepada Kapolsek Imogiri.

Adapun Ucapan selamat ulangtahun tersebut diwakili oleh lurah Wukirsari  bapak  Susilo Hapsoro, SE selaku Tuan Rumah.

Dimana bapak susilo Hapsoro menyampaikan “Selamat Ulang tahun, Selamat Mangayubagyo, semoga dalam usia yang ke 73 ini, POLRI benar - benar mampu mengiplementasikan Tugas dan tanggung jawabnya selaku Pengayom, Pelindung dan Pelayan masyarakat.

Semoga POLRI menjadi jiwa yang kokoh sebagai pelindung dan penegak hukum, mampu memberi keamanan dan kenyamanan, serta tidak mudah goyah dalam berjuang menjaga Kamtibmas dan keutuhan NKRI.

Ucapan selamat Ulang tahun tersebut diwujudkan dalam bentuk pemotongan tumpeng oleh ketua kelompok pengajian dan diserahkan kepada Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo SH. (Humas Polsek Imogiri)

Kapolsek Imogiri Besuk Purnawirawan Polri Dan Warga Yang Sedang Sakit

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugrogo wibowo, SH beserta anggota dan Bhayangkari membesuk Purnawirawan Polri  yang sedang sakit. Jumat (28/06/2019).

Adapun yang dibesuk adalah Aiptu Pur. Fahrudin dan istrinya yang sedang sakit di rumahnya Dusun Gerselo, desa Patalan, Jetis, Bantul. Ditempat tersebut anggota dan Bhayangkari bersama sama memanjatkaan doa semoga bapak Aiptu Purn. Fahrudin dan Istrinya segera diberi kesembuhan dari sakit yang dideritanya.

Setelah membesuk keluarga Aiptu Purn. Fahrudin, rombongan Kapolsek juga memberikan paket sembako kepada dua warga Imogiri yang kurang mampu yaitu Ibu Mujilah (48) warga dusun Tegalrejo, Girirejo, Imogiri, Bantul dan Ibu  Tondho Suwito  (80) warga dusun ketos, Sriharjo, Imogiri, Bantul.

Ibu Mujilah adalah seorang janda kurang mampu yang sedang sakit dan masih mempunyai tanggungan anaknya yang membutuhkan biaya sekolah.

Sedangkan Ibu  Tondho Suwito adalah seorang Lansia yang kurang mampu, hidup sendiri dan tidak mempunyai tempat tinggal, hidup dari belas kasihan orang lain.

Dalam keterangan terpisah Kapolsek menyatakan  bahwa kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73.

Lanjutnya, kegiatan Bakti sosial ini merupakan bentuk pengabdian Polri terhadap masyarakat dan rasa kepedulian terhadap warga kurang mampu. “Kegiatan pembagian sembako ini mungkin tidak seberapa, namun ini sebagai bentuk sosial Polri kepada masyarakat,” tutupnya.
Sementara itu, Warga Imogiri yang mendapatkan bantuan “menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada Polsek Imogiri karena telah melaksanakan kegiatan bakti sosial pemberian paket sembako. “Semoga Polri jaya dan selalu dekat dengan masyarakat. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Hadiri Pengajian Pamit Haji Bapak Kiryono Dan Ibu

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH menghadiri Pengajian pamit Haji di dusun Soboman, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kamis (28/06/2019) pukul 16.00 wib.

Adapun yang berpamitan adalah bapak Kiryono dan Ibu Suniati yang rencananya akan berangkat pada tanggal 13 Juli 2019. Pamitan haji diisi dengan penceramah Ustadz Gito Pranata dihadiri Dukuh Sonopakis Kidul bapak Rahmat, Ketua RT 07 Soboman dan Undangan jumlah sekira 75 orang.

Dalam pamitanya, Bapak Kiryono dan Ibu Suniati menyampaikan “Kami mohon doa agar perjalanan Haji sohibul bait mendapat kemudahan lancar dan Menjadi Haji yang Mabrur sesuai harapan kita bersama”, tuturnya.

Sedangkan dalam pengajiannya Ustadz Gito Pranata mengatakan, Ibadah haji tidak membeda bedakan pangkat, kedudukan dan kekayaanya, semuanya sama dihadapan Alloh SWT. Berhaji harus memiliki iman yang kuat, orang yang dekat dengan Gusti Alloh SWT akan diberi cobaan-cobaan, kita harus tabah dan tawakal menerimanya.

Agama Islam Rahmatan lilalamin, rahmat untuk alam dan seluruh isinya. Menjalankan ibadah harus sesuai dengan aturan syariat.

Inti Haji adalah andap asor (sopan santun), Semoga yang berangkat Haji, berangkat pulang diberi kesehatan, mampu menjalankan ibadah dengan baik dan pulang membawa barokah serta faedah untuk kita semua”, pungkasnya. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Tamantirto Hadiri Sosialisasi Rumah Kost Di Tegalwangi

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH menghadiri Sosialisasi Rumah Kost di dusun Tegalwangi RT 02, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (28/06/2019) pukul 20.00 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan warga pedukuhan Geblagan dalam rangka Sosialisasi Kos-kosan dihadiri oleh Kadus Geblagan bapak Triyono, Pemilik kost bapak Sunaryanto, SE. MM., Warga Rt 02 Geblagan jumlah 15. Orang.

“Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto mengatakan penyelenggaraan Sosialisasi rumah kos dilaksanakan dengan tujuan Memberikan kepastian hukum, Mewujudkan rumah kos yang layak, aman dan nyaman sesuai dengan fungsinya, Menunjang pembangunan yang berkelanjutan dibidang ekonomi, sosial dan budaya, Tertib administrasi kependudukan dan Melindungi kepentingan semua pihak, menciptakan ketentraman, keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat”, ungkap Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Tamantirto hadiri Rapat Musdes RKP Desa Ta 2020

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH mewakili Kapolsek Kasihan Kompol Y. tarwoco Nugroho, SH menghadiri Rapat Musyawarah Desa (MUSDES) RKPDES Desa Tamantirto tahun 2020 di Aula lantai I Balai Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (28/06/2019) pukul 20.30 wib.

Hadir dalam acara tersebut  Kasi Pem Kecamatan Kasihan Ibu Wiji Haribi, S.Sos. MM., Lurah Desa Tamantirto bapak Wisnu Ardi,  Ketua BPD Tamantirto bapak Andreas Suratno, Kasi / Kaur Desa Tamantirto,  Kadus Se-Desa Tamantirto, Ketua PKK, Ketua Pokgiat dan Pendamping Desa jumlah sekira 49 orang.

Dalam rapat tersebut membahas mengenai Laporan Kegiatan Pemerintah Desa semester I tahun 2019 dan pencermatan RPJPMDES 2016-2022, Penyampaian jaringan Aspirasi BPD dan Pembentukan TIM Verifikasi RKP Desa.

Tujuan RKP Desa adalah Terwujudnya perencanaan tahunan Desa dalam upaya terwujudnya Rencana Pembanguna Jangka Menengah Desa dan Tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara Kesepakatan MUSDES Penyusunan RKPDES tahun 2020. Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Kretek Anjangsana Ke Keluarga Alm. Kopka Anumerta Jasma

Dalam rangka memperingatan HUT Bhayangkara Ke-73 dan mempererat silaturahim keluarga Polri, Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak bersama anggota dan pengurus ranting Bhayangkari Kretek melaksanakan anjangsana kepada keluarga alm. Kopka anumerta Jasma anggota Polsek Sanden di dusun Busuran, Donotirto, Kretek. Jum'at, 28/06/2019 siang.

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Keluarga Besar Polri khususnya Polres Bantul Polsek Kretek sangat berterimakasih kepada Alm. Kopka Jasma bahwa semasa mengabdi sebagai anggota Polri menunjukkan dedikasi dharma bhaktinya kepada Polri, semoga Allah SWT membalas jasa-jasa Almarhum Kopka Jasma dengan pahala berlipat.

Selain itu, kami juga mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan Aml Kopka Jasma senantiasa diberikan  keselamatan dan keberkahan.

Kedepan tantangan Polri semakin besar untuk itu kami mohon doa semoga anggota Polri dimanapun berada senantiasa diberikan keamanan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas, ucapnya.

Selain itu kegiatan ini juga untuk tetap menjalin komunikasi dengan kami yang masih berdinas sehingga jalinan silaturahmi tetap terjaga, imbuhnya.

Selesai memberikan sambutannya Kapolsek Kretek menyerahkan sekedar bingkisan kepada Ibu Sri Drajatsih, Spd. Selama kegiatan berlangsung berjalan lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kretek).

Kapolsek Sanden Mendapat Ucapan Selamat HUT Bhayangkare Ke-73 Dengan Pemotongan Tumpeng Dari Gus Zafri

Kapolsek Sanden AKP Riwanta mewakili Kapolres Bantul menghadiri Haflah Khotmil Quran dan Haul IX KH. Aziz Umar Ponpes Al-Furqon Bongoskenthi Murtigading, Sanden, Bantul, Jumat malam (28/6/2019) jam 20.00 Wib. Rangkaian acara Khotmil Quran dan Haul KH. Aziz Umar dimulai dari hari Kamis (27/6/2019) dengan melaksanakan semaan Al Quran 30 juz.

Giat dihadiri Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kapolsek Sanden mewakili Kapolres Bantul, Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Ustadz KH Abdul Karim Ahmad (Gus Karim) pengasuh PP Al Qur'aniy Azzayyadiy Surakarta Jateng, Danramil Sanden, Kepala KUA Sanden, Lurah Desa se-Kecamatan Sanden, para Kyai, Alim Ulama dan jamaah Khotmil Quran.

Pengasuh Ponpes Al Furqon Gus Zafri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para undangan dan jamaah, semoga kehadirannya mendapat barokah dari Allah Swt, Ponpes semakin maju berguna bagi kehidupan dunia akherat. Saat ini ada santri 240 santri yang mukim dan bersekolah di pendidikan formal yakni di MTs dan SMK IT Al Furqon juga sekolah non formal di Ponpes. Khotmil Qur'an dan Haul KH Aziz Umar diselenggarakan setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan, katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gus Zafri turut mengucapkan selamat HUT Bhayangkara Ke-73 kepada Polsek Sanden dengan memotong tumpeng yang diberikan kepada Kapolsek Sanden AKP Riwanta mewakili Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan. Hal ini sebagai wujud syukur atas HUT Polri Ke 73 bersamaan dengan Khotmil Quran dan Haul KH Aziz Umar ke IX yang menunjukan sinergritas yang kuat dan keharmonisan antara Ulama dan Umaro (pemerintah).

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih berharap, dengan niat iklhas kehadiran para jamaah semuanya pada acara Khotmil Quran dan Haul KH Aziz Umar menjadi barakah dan didekatkan dengan para ulama sehingga kita bisa mendapatkan ilmu dari ulama. Mari kita dukung dan doakan Ponpes Al Furqon, semoga dapat berkembang dan maju sehingga dapat mendidk para santri menjadi sholeh sholehah, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pengajian oleh KH. Abdul Karim Ahmad (Gus Karim) dari Sukoharjo Jateng. Untuk memberikan keamanan dan kelancaran selama kegiatan berlangsung, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)

Olahraga Bersama Di Halaman Puskesmas Pleret

Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH dan anggotanya mengikuti kegiatan olahraga bersama instansi se Kecamatan Pleret yang dilaksanakan di halaman Puskesmas Pleret, Jumat (28/6/2019) pagi.

Olahraga bersama berupa senam aerobic dan dilanjutkan acara ramah tamah. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Koramil Pleret, ASN, Lurah Desa beserta Pamong dan instansi lainnya.

Dengan kegiatan olahraga bersama yang diadakan rutin setiap dua minggu sekali itu, disamping untuk menjaga kebugaran tubuh, juga diharapkan dapat memupuk silaturahmi serta menguatkan sinergitas antar instansi. (Humas Polsek Pleret)

28 June 2019

Bingung Buat SIM? Tenang! Satlantas Polres Bantul Buka Layanan Live Chat

Satlantas Polres Bantul tidak mau ketinggalan memanfaatkan teknologi digital untuk melayani masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan live chat dalam hal layanan informasi dan aduan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kanit Regident Satlantas Polres Bantul Ipda Mulyanto SE MM mengatakan layanan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan menyampaikan aduan. Layanan live chat tersebut bisa diakses melalui website sim.polresbantul.com dan dapat dibuka menggunakan browser pada laptop, komputer, maupun HP.

"Masyarakat butuh percepatan layanan. Karena sekarang ini penggunaan gadget semakin luas mulai dari anak-anak hingga orang tua," ujarnya, Jumat (28/6/2019).

Dengan aplikasi ini, masyarakat juga bisa bertanya-tanya mengenai mekanisme pembuatan SIM baru maupun perpanjangan.

“Masyarakat yang ingin bertanya hanya tinggal memanfaatkan ponsel pintar atau komputer yang tersambung dengan internet. Lalu bisa langsung berkomunikasi dengan admin melalui fitur chat,” jelasnya.

Ipda Mulyanto juga mengingatkan kembali masyarakat, bahwa Satlantas Polres Bantul sejak tahun 2018 lalu telah meluncurkan pelayanan SIM berbasis online.

Sistem ini, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain dapat menghemat waktu, sistem daring ini memberi kemudahan bagi pemohon untuk menentukan waktu pelayanan sesuai keinginan.

Sistem layanan berbasis online ini diharapkan lebih efektif dan efisien. Untuk mengaksesnya, masyarakat bisa mengunjungi website sim.polresbantul.com yang dapat dibuka menggunakan browser pada laptop, komputer, maupun HP.

Secara umum sistem ini mempersingkat waktu pendaftaran dan pengisian formulir bagi pemohon. Dimana jika dilakukan dengan manual atau mengisi formulir kertas di ruang pelayanan setiap pemohon akan menghabiskan waktu rata-rata 5-10 menit.

Dengan mengisi pada sistem ini pemohon hanya butuh waktu paling lama 3 menit. Bahkan pengisian bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun demikian, formulir yang telah diisi secara online, tetap harus di-print out, dan kemudian dibawa ke loket satu Satlantas Polres Bantul untuk registrasi.

“Sehingga tidak perlu lagi masyarakat antri mengisi formulir pendaftaran. Nanti saat datang ke Polres sudah tidak perlu isi lagi,” tambah Ipda Mulyanto.

Kelebihan lain dari sistem ini, pemohon dapat memilih sendiri hari dan jam pelayanan. Setelah selesai masuk (log in) sistem ini pemohon akan disuguhi dengan kolom-kolom pilihan dan isian mengenai data pemohon. Setelah data lengkap, pemohon akan diberikan pilihan kolom hari dan tanggal layanan yang diinginkan.

Baru setelah itu pemohon akan memilih jam berapa layanan yang dikehendaki. Dalam sistem ini disediakan pilihan jam setiap 20 menit sekali mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.50. Setiap jam yang disediakan memiliki kuota jumlah pemohon, sehingga pada pilihan jam akan berwarna lain jika kuota pemohon penuh.

“Setiap hari kita nanti bisa layani 60 pemohon melalui sistem ini, sedangkan pemohon di Polres Bantul rata-rata mencapai 200 orang perhari,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan  pelayanan SIM berbasis online masyarakat tidak perlu khawatir akan banyak menghabiskan waktu di Polres Bantul untuk mengurus perpanjangan SIM. (Humas Polres Bantul)

Personil Polsek Kretek Ikuti Pengajian Rutin Jum'at Pagi

Personil Polsek Kretek mengikuti pengajian rutin Jum'at pagi yang diselenggarakan rutin oleh pemerintah kecamatan Kretek di kantor Korwil UPTPPK di dusun Sruwuh, Donotirto, Kretek. Jum'at,28/06/2019 pagi.

Pengajian bersama Ustadz Suroyo tersebut dihadiri oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, Kepala KUA  Mustafid Amna S.Ag, Kepala instansi terkait, Lurah se kecamatan Kretek, anggota Koramil dan ASN.

Panit Reskrim Polsek Kretek Iptu Jumadi SH dalam kesempatannya menyampaikan pesan kamtibmas, yang diantaranya menghimbau agar jangan bermain HP sewaktu berkendaraan, jangan meninggalkan tas atau barang berharga lainnya di dalam mobil saat parkir.

Sedangkan Ustadz Suroyo dari Jomblang, Bambanglipuro dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa kita harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat, jalan kesurga sudah jelas yang diantaranya kembali kejalan Alloh dengan cara bertaubat, seperti halnya dalam surat Al Imron, jaga hubungan baik terhadap Alloh SWT dan sesama. (Humas Polsek Kretek).

Olah Raga Bersama Di Desa Sendangsari

Kapolsek Pajangan  beserta anggotanya mengikuti olahraga bersama di halaman Kantor Balai Desa Sendangsari,  Pajangan, Bantul, Jumat (28/06/2018) jam 08.00 Wib.

Olahraga diikuti oleh Camat Pajangan Drs Sambudi Riyanto beserta staf, Kapolsek dan Anggota Polsek Pajangan sejumlah 10 orang , Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T.dan pamong desa , Lurah Guwosari beserta pamong desa, Kepala Bank BPD DIY KK Pajangan Drs. Ipan Sumadji, Kepala Sekolah , Kepala Rutan klas 2B Bantul beserta staf, dan sejumlah perwakilan instansi di wilayah Kec. Pajangan.

Olahraga berupa senam aerobik yang  merupakan upaya untuk menjaga kesehatan sehingga kita dapat beraktifitas semaksimal mungkin. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, Olahraga bersama ini juga dapat meningkatkan hubungan dan koordinasi antar instansi di Kec. Pajangan.

Dalam sambutanya, Bapak Subiyanto Kasi  Kemas dari kecamatan Pajangan menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi se kecamatan Pajangan atas peran serta aktif mengikuti olahraga bersama.

Olahraga bersama di halaman Kantor Desa Sendangsari Pajangan ini dilaksanakan dalam bentuk senam aerobik dengan pemandu mbak Runi dari anggota asosiasi Instruktur senam Bantul dari gadingharjo Sanden Bantul. Selama senam berlangsung dengan meriah berakhir situasi aman tertib. (Humas Polsek Pajangan)

Polsek Kasihan Olga Jalan Sehat

Untuk menjaga kesehatan badan, semua anggota Polsek Kasihan dipimpin oleh Kanit Binmas AKP Sukris Sigit Purnama, melaksanakan olah raga pagi bersama berupa jalan sehat keliling di jalan masuk kampung Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Jum’at (28/06/2019) pukul 07.30 wib.

Kegiatan olah raga pagi diikuti oleh semua anggota Polsek Kasihan diawali gerakan pemanasan dengan senam kelenturan badan di halaman Mako Polsek Kasihan..

Selesai kegiatan pemanasan dilanjutkan dengan olaraga jalan sehat menyusuri jalan masuk kampung Padokan Kidul sekitar 2,5 Km dan kembali ke mako Polsek Kasihan guna pendinginan.

“Dengan kita rutin melaksanakan olah raga pagi Insa Alloh kita akan selalu sehat dan selalu siap dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian yaitu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat” kata AKP Sukris Sigit Purnama. (Humas Polsek Ksihan)

Olahraga Senam Di Halaman Kecamatan Pandak

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud S.I.Kom beserta anggota mengikuti olahraga bersam Forkompincam di halaman kecamatan Pandak Bantul, Jumat 27 Juni 2019, pukul 07.30 Wib.

Olah raga berbentuk senam dihadiri oleh Camat Pandak Kusmardiyono, S.Sos, M.Acc, Danramil Pandak diwakili Peltu Sriyono, Kepala KUA Kecamatan Pandak Asrori SH, Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono, Lurah Desa dan kepala Instansi Se Kecamatan Pandak, TNI, POLRI, ASN, Pamong Desa dan pegawai Instansi se Kecamatan Pandak

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Jumat 2 minggu sekali untuk merekatkan tali silahturohmi kepada intansi yang ada di kecamatan  pandak. (Humas Polsek Pandak)

Sosialisasi Pembinan Anggota Satlinmas Di Balai Desa Tirtomulyo

Bhabinkamtibmas desa Trimulyo hadiri Sosialisasi Pembinaan anggota Satlinmas dalam rangka meningkatkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Satpol PP Kabupaten Bantul di Balai Desa Tirtomulyo, Kretek, Bantul pada hari ini Kamis, 27 Juni 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh Kasat Pol PP Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Kabid Perlindungan Masyarakat, Danramil Kretek, Kapolsek Kretek atau yang mewakili, Kasi Tramtin Kecamatan Kretek, Lurah Desa Tirtomulyo beserta Kasi pem Desa, Babinsa Tirtomulyo, Babinkamtibmas Tirtomulyo, Satlinmas se Kecamatan Kretek, serta Narasumber dari Kodim 0729 Bantul yang diwakili oleh Danramil Kretek dan dari Satpol PP Kabupaten Bantul.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada Satlinmas se Kecamatan Kretek agar selalu meningkatkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, serta mempertahankan Ideologi Pancasila melalui Bela Negara untuk menjaga Keutuhan NKRI. Selama acara berlangsung berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Kretek)

Workshop Pemberantasan Cukai Ilegal Di Kabupaten Bantul

Satpol PP Kabupaten Bantul mengadakan Workshop Pemberantasan Cukai Ilegal di Kabupaten Bantul yang bertempat di Hotel Ros-In pada hari ini tanggal 27 bulan Juni tahun 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Beliau Bapak KH. Abdul Halim Muslikh, Bapak Kasat Pol PP Kabupaten Bantul, Pejabat Struktural Kabupaten Bantul, Kapolsek Sewon, muspika Sewon, Camat Dlingo, OPD terkait, lurah desa se Kabupaten Bantul, serta Pengusaha rokok.

Narasumber yang hadir dalam acara tersebut yaitu Bapak Depdika Stevano ( Kepala Sub Penyidikan ) Bea Cukai DIY.

Tujuan diadakannya acara tersebut adalah agar Perangkat Daerah ikut mengawasi dan memantau beredarnya Cukai Ilegal di Kabupaten Bantul. Dan masyarakat taat akan Peraturan yang mengatur tentang Cukai. Selama acara berlangsung berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek sewon)