31 July 2019

Kapolsek Sanden Bersama Anggota Melayat Ke Rumah Duka Almarhumah Ny Yulaikah di Dusun Sanggrahan

Keluarga besar Polsek Sanden melaksanakan takziyah/melayat ke rumah duka almarhumah Ny Yulaikah di Dusun Sanggrahan, Murtigading, Sanden, Bantul, Rabu siang (31/7/2019) jam 11.00 Wib.

Rombongan melayat keluarga besar Polsek Sanden dipimpin Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama Kanit Binmas Iptu Tri Haryana, Kanit Provos Ipda Suharyanta, Kasium Aiptu Asri Suwarta, Kanit Intelkam Aiptu Sumaryanta dan perwakilan anggota semua fungsi.

Almarhumah Ny. Yulaikah merupakan istri dari Kasi Pemerintahan Desa Murtigading, Bapak Tri Susedyo Purwono. Meninggal dunia di usia ke 50 tahun pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019 di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta karena sakit. Menurut rencana almarhumah akan dimakamkan pada hari ini juga Rabu (31/7) pukul 16.00 Wib di pemakaman Makam Pandeyan Sanden.

Kegiatan takziyah ini merupakan wujud empati keluarga besar Polsek Sanden atas meninggalnya salah satu warga masyarakat dan jalinan silaturahmi dalam mendekatkan diri dengan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin saat memimpin rombongan takziyah atas nama pribadi maupun dinas mewakili keluarga besar Polsek Sanden menyampaikan turut belasungkawa kepada keluarga atas meninggalnya almarhumah Ny. Yulaikah.

Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, dan diampuni segala dosanya sehingga meninggal dalam keadaan husnul khotimah, sedang keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan keiklasan dalam menerima musibah ini.  (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Pleret Pimpin Giat Pos Pagi

Jalur lalu lintas di wilayah Pleret setiap pagi terlihat cukup padat. Untuk mengatasi dan mengantisipasi kepadatan arus kendaraan, Polsek Pleret menggiatkan pos pagi.

Seperti yang terlihat pada Rabu (31/7/2019) pagi, Kapolsek Pleret AKP Riwanta memimpin langsung pelaksanaan pos pagi.

Kegiatan pos pagi oleh personel Polsek Pleret tergelar di beberapa penggal jalan wilayah Pleret, yaitu dengan melaksanakan pengaturan lalu lintas serta membantu menyeberangkan para pelajar maupun warga.

Kapolsek Pleret AKP Riwanta mengatakan, kegiatan pos pagi rutin dilaksanakan untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Pleret. Selain itu, juga memberikan imbauan kepada para pengguna jalan agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya. (Humas Polsek Pleret)

Kapolres Bantul Bantu Nenek Menyeberang Jalan

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH, membantu menyeberangkan pejalan kaki seorang nenek di depan pasar Bantul, Selasa, 30 Juli 2019 pagi seperti yang terlihat di foto.

Foto ini diambil oleh anggota Humas saat mendampingi Kapolres Bantul mengecek pelaksanaan giat Pos Pagi di penggal penggal jalan, depan sekolahan, perkantoran dan pasar ataupun tempat tempat rawan kemacetan lalulintas di wilayah Bantul.

Bahwa ketika sedang mengecek pelaksaan pos pagi, Kapolres Bantul melihat seorang nenek tampak kebingungan untuk menyeberang. Melihat hal tersebut, spontan Kapolres langsung memberikan bantuan untuk menyeberangkan nenek tersebut sampai di seberang jalan.

Ini sudah menjadi kewajiban setiap anggota Polri untuk membantu masyarakat saat mereka membutuhkan. Apalagi kita temukan seorang lansia yang tampak kerepotan saat akan menyeberang jalan,” Kata Kapolres Bantul. Lansia yang dijumpai diketahui akan menyeberang jalan menuju pasar Bantul untuk jualan sayuran.

Sementara dalam pengecekan tersebut didapati pelaksanaan giat pos pagi yang dilaksanakan oleh Anggota Polres Bantul berjalan lancar tertib lancar dan lengkap.

Adapun yang dimaksud giat pos pagi adalah suatu kegiatan pelayanan masyarakat dari Polri berupa tugas pengaturan arus lalu lintas di jalan raya dengan tujuan menciptakan keamanan ketertiban keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas saat masyarakat memulai aktifitasnya dipagi hari.

Waktu pos pagi dimulai jam 06.00 sampai 08.00 Wib, titik lokasi pos pagi beserta personil sudah ditetapkan sesuai jadwal yang telah disusun berdasarkan analisis kerawanan Kamtibselcar Lantas.

Kewajiban Pos pagi tersebut  bukan hanya dilaksanakan oleh personel fungsi Lalulintas atau fungsi Samapta namun seluruh personil yang berpakaian dinas serta rompi Polri wajib dipakai dalam melaksanakan Pos pagi. (Humas Polres Bantul)

Kapolres Bantul Baksos Di Dusun Sambikerep Bangunjiwo Kasihan

Polres Bantul menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Dusun Sambikerep Rt 04 dan RT 02, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Selasa (30/072019) pukul 10.00 wib. Kegiatan ini bertajuk Program Sosial Polres Bantul Peduli yang rutin dilaksanakan tiap bulan.

Dalam kegiatan ini, Polres Bantul memberikan bantuan kepada  warga kurang mampu yang ada di wilayah Desa Bangunjiwo berupa paket sembako dan uang santunan sebagai tali asih.

Adapun bantuan itu diberikan kepada antara lain Ibu Wagiyah (45) dan  bapak Longgar Hartono warga dusun Sambikerep RT 04. Ibu Wagiyah hidup sebatangkara dan penghasilanya pas pasan. Sedangkan bapak Longgar Hartono adalah seorang Kepala dusun yang rumah miliknya diketahui hampir roboh.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH kepada yang berhak disaksikan oleh Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH, para pejabat utama Polres Bantul, Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH dan Jajaran serta Kepala Dukuh dan Kepala RT Sambikerep.

Dalam sambutannya Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari seluruh anggota Polres Bantul terhadap warga yang membutuhkan dengan berbagi kasih.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya dengan lokasi yang berbeda. Adapun sumber dana dalam bakti sosial ini, murni berasal dari sumbangan sukarela anggota Polres Bantul.

Harapannya dengan kegiatan baksos ini dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat Sambikerep Bangunjiwo. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan kemitraan antara Polri dan warga masyarakat yang sinergis. (Humas Polres Bantul)

Babhinkamtibmas Desa Terong Dampingi Penyerahan Kursi Roda bagi Mbah Wido

Babhinkamtibmas Desa Terong Aipda Gangsal Wirajati SH bersama sama dengan relawan IKKJ JOS melakukan bakti sosial di Dusun Terong 2 Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Senin, 29 Juli 2019.

Bakti sosial ini terselenggara kerjasama antara relawan IKKJ JOS dan relawan Sena Putra bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas  Desa Terong Aipda Gangsal Wirajati SH.

Bakti sosial berupa pemberian kursi roda kepada warga lansia mbah  Wido Suripto warga dukuh Terong 2  RT 03, dengan adanya bantuan kursi roda ini Mbah Wido merasa terbantu dan mengucapkan terima kasih kepada bapak Bhabinkamtibmas maupun kepada para relawan.

Bhabinkamtibmas Desa Terong selain menghadiri bakti  sosial juga sambang di Dusun Rejosari bertemu dengan para mahasiswa  dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta  yang sedang melakukan KKN di desa Terong   berjumlah 100 orang dengan di bagi menjadi 10 kelompok.

Dalam sambang di hadapan para mahasiswa Bhabinkamtibmas memberi arahan kepada para mahasiswa yang sedang melaksanakan  KKN serta menyampaikan pesan pesan kamtibmas (Humas polsek Dlingo)

Kapolsek Pandak Memotivasi Pasukan Paskibra

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi P memberikan arahan dan motivasi kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Pandak yang sedang berlatih di Lapangan Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Senin (29/07/2019) jam 09.00 Wib.

Pelatihan Paskibra tingkat kecamatan Pandak dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jumat dimulai dari tanggal 22 Juli sampai 15 Agustus. Untuk tugas Pasukan Paskibraka tahun ini di emban oleh Siswa-siswi dari SMP N 1 Pandak. Dimana tugas sebagai Pasukan Paskibraka di Kecamatan Pandak di laksanakan setiap tahunnya secara bergantian setiap desanya, dimana pada tahun ini sebagai tuan rumah pelaksana Upacara Bendera memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 dilaksanakan di Desa Gilangharjo.

Bertindak sebagai pelatih Pasukan Paskibraka dari gabungan Kecamatan Pandak, Koramil Pandak, Polsek Pandak, Puskesmas Pandak dan juga Rupbasan.

Pada kesempatan pelatihan Paskibraka Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi P berkesempatan memberikan motivasi dan arah kepada Pasukan Paskibraka tingkat Kecamatan Pandak.

Dalam arahannya Kapolsek memberikan apresiasi kepada Siswa-siswi SMP N 1 Pandak yang telah menunjukan kemajuan dalam berlatih dan bersemangat dalam latihan.

Saya berharap dalam pelatihan ini dapat membangun spirit peserta untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih. Kegiatan seperti ini sekaligus untuk membangun kebersamaan dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada seluruh petugas Paskibraka.

Semoga kalian terus semangat untuk menjadi seorang pasukan pengibar Bendera Pusaka Kebangaan masyarakat Indonesia. (Humas Polsek Pandak)

Cegah Gangguan Kamtibmas, Jajaran Polsek Jetis Giatkan Patroli Malam Hari

Guna menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat, anggota Polsek Jetis dipimpin Ka SPKT II Aiptu Rintoko laksanakan patroli dan sambang dialogis malam hari. Rabu dini hari, 31/07/2019

Pelaksanaan patroli menyasar obyek-obyek vital, perbankan maupun sambang dialogis kepada warga masyarakat yang sedang melaksanakan ronda malam. Agar bersama-sama untuk menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing. "Dengan melakukan patroli malam hari, setidaknya dapat mencegah para pelaku kejahatan maupun gangguan kamtibmas yang lainnya," jelas Aiptu Rintoko

Aiptu Rintoko menambahkan, kami berpesan kepada warga kalau mengetahui dan mendengar adanya suatu kejadian maupun hal-hal yang mencurigakan, diharapkan warga untuk segera melapor ke Polsek Jetis maupun melalui Bhabinkamtibmasnya ," tambahnya.

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh,SH.MM mengatakan, kegiatan patroli rutin malam hari ini selain wujud kesiapsiagaan anggota Kepolisian untuk antisipasi kerawanan kamtibmas. "Sekaligus untuk memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat," kata Kapolsek. (Humas Polsek Jetis).

Evaluasi Kelompok Perondan K2 Dusun Mulekan II Tirtosari

Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto menghadiri kegiatan evaluasi jimpitan kelompok perondan K2 di Pos kamling dusun Mulekan II, Tirtosari, Kretek, Bantul. Selasa, 30/07/2019 malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah desa Tirtosari longgar, Kasi Pemerintahan Saptopo Wisnu Aji SH, Babinsa Serma Bekram dan puluhan warga masyarakat kelompok ronda K2.

Dalam kesempatannya Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto menyampaikan pesan Kamtibmas serta himbauan kepada warga masyarakat dusun Mulekan II yang diantaranya untuk bijak dalam penggunaan sosial media, dan jangan terprovokasi terhadap berita media sosial yang belum pasti kebenarannya, ujarnya.

Aiptu Suryanto juga mengajak warga untuk bersama sama menjaga kamtibmas di lingkungan masing masing dengan lebih meningkatkan giat ronda malam hari guna mencegah dari berbagai gangguan kamtibmas.

Kegiatan Bhabinkamtibmas bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar warga masyarakat untuk memelihara dan menjaga situasi kamtibmas lingkungan yang aman dan kondusif. Kami hampir setiap ada pertemuan warga selalu hadir dan mengajak warga untuk menghidupkan poskamling. (Humas Polsek Kretek).

Penilaian Lomba Upacara Bendera Di SD Kanggotan Pleret


Kapolsek Pleret yang diwakili Bhabinkamtibmas Desa Pleret, Bripka Rofiq DH, menghadiri penilaian Lomba Upacara Bendera tingkat SD se Kabupaten Bantul di SD Kanggotan, Pleret, Pleret, Bantul. Senin (29/7/2019) pagi.

Penilaian lomba dilakukan oleh tim juri Kabupaten Bantul, yaitu dari Polres Bantul, Kodim Bantul, Dinas Dikpora Bantul dan Kemenag Bantul.

Adapun kriteria penilaian meliputi Pembina Upacara, Pengatur Upacara, Pembawa Acara, Pemimpin Upacara, Pembaca Teks UUD 1945, Dirigent, Pembaca Doa, Kelompok Barisan, Pengibar Bendera Merah Putih dan Amanat Pembina Upacara.

Dalam lomba tersebut, petugas upacara seluruhnya dari siswa-siswi dan Kepala Sekolah SD Kanggotan Warsinah S.Pd bertindak sebagai Pembina Upacara. Adapun peserta upacara diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan para guru SD Kanggotan.

Sementara itu, dalam amanatnya Kepala Sekolah menyampaikan pentingnya pelaksanaan upacara bendera, yakni sebagai wujud cinta Tanah Air, nasionalisme, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan.

Setelah melakukan penilaian pada pelaksanaan upacara bendera, tim yuri kemudian melakukan evaluasi dan memberikan masukan serta saran untuk perbaikan pelaksanaan upacara pada waktu-waktu yang akan datang. (Humas Polsek Pleret)

Pemeriksaan Dental Fitness di Polsek Sewon

Petugas Biddokes Polda DIY mengadakan pemeriksaan kesehatan Kesamaptaan Gigi dan Mulut (Dental Fitness) terhadap personil Polsek Sewon di Mapolsek Sewon, Rabu (31/7/2019) jam 08.30 WIB.

Kegiatan ini salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut personil Polda DIY khususnya di Polsek Sewon. Pemeriksaan kepada anggota Polri di jajaran Polda DIY dilakukan secara bertahap dari satu Polres ke Polres lain dan dari Polsek ke Polsek Lain.

Apabila didalam pemeriksaan gigi ditemukan ketidak beresan maka Personil akan dirujuk ke Urdokkes Polres Bantul. (Humas Polsek Sewon)

Biddokes Polda DIY Gelar Dental Firness di Polsek Bambanglipuro

Petugas Biddokes Polda DIY mengadakan pemeriksaan kesehatan Kesamaptaan Gigi dan Mulut (Dental Fitness) terhadap personil Polsek Bambanglipuro di Mapolsek Bambanglipuro, Selasa (30/07/2019) jam 08.00 Wib.

Kegiatan ini salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut personil Polda DIY khususnya di Polsek Bambanglipuro. Pemeriksaan kepada anggota Polri di jajaran Polda DIY dilakukan secara bertahap dari satu Polres ke Polres lain dan dari Polsek ke Polsek Lain.

Apabila didalam pemeriksaan gigi ditemukan ketidak beresan maka Personil akan dirujuk ke Urdokkes Polres Bantul. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Kretek Hadiri Kegiatan Merti Merti Dusun Kalipakel

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak didampingi Panit Sabhara Iptu Nurgiyanto menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di dusun Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul. Rabu, 30/07/2019 malam.

Pagelaran wayang kulit diselenggarakan dirumah  Kepala Dusun Kalipakel bapak Jayusman dalam rangka merti dusun bersama dalang Ki Geter Pramuji Widodo dengan lakon " Semar Mbangun Khayangan ".

Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota DPRD kabupaten Bantul fraksi PBB Supriyono M.Si, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, Pj Lurah Donotirto Yuli Astuti SH beserta pamong, Bhabinkamtibmas Aiptu Sri Sukamto, Babinsa Serka Wagiran, Kepala dukuh se desa Donotirto dan ratusan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Secara tidak langsung bahwa kegiatan ini merupakan wujud syukur kepada sang pencipta yang telah melimpahkan hasil bumi kususnya pertanian.

Lebih lanjut disampaikan, atas nama pemerintah kecamatan Kretek Cahya Widada mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah desa Donotirto kususnya warga masyarakat dusun Kalipakel yang telah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sehingga saat ini desa Donotirto telah lunas 100 %, tutupnya.

Sedangkan anggota DPRD kabupaten Bantul fraksi PBB H. Supriyono M.Si dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada warga masyarakat dusun Kalipakel yang masih setia nguri-uri kebudayaan jawa ini, karena masih banyak daerah lain yang sudah mulai meninggalkan budaya jawa, kususnya wayang kulit.

Semoga pagelaran wayang kulit malam ini bukan hanya menjadi tontonan, namun bisa menjadi tuntunan hidup kita untuk diwariskan kepada generasi penerus. Kegiatan dalam wujud kesenian ini merupakan wujud dukungan kepada dusun Kalipakel menuju desa budaya, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek).

Kapolsek Jetis dan Anggota Jenguk Kasihumas Polsek Jetis

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh,SH.MM bersama anggota menjenguk Kasihumas Polsek Jetis Aiptu Ragil Wisnu Wintolo yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit di rumahnya Dusun Pule Sumberagung Jetis Bantul, Rabu (31/07/2019).

Aiptu Ragil Wisnu W sempat dirawat di RS.Nur Hidayah Blawong dikarenakan mengalami sakit dan saat ini kondisinya berangsur membaik.

"Dengan membesuk anggota yang sedang sakit dapat menumbuhkan rasa saling memiliki sebagai satu kesatuan keluarga," ungkap Kapolsek Jetis.

Apa yang dilakukan Kapolsek Jetis tersebut merupakan perwujudan untuk memberikan dorongan moral kepada Aiptu Ragil Wisnu Wintolo yang saat ini sedang dalam masa pemulihan untuk lebih fokus demi kesembuhan dahulu dan sebelum meninggalkan lokasi dipimpin oleh Kapolsek Jetis untuk berdoa memohon kesembuhan sehingga dapat kembali beraktifitas.

Aiptu Ragil Wisnu Wintolo juga menyampaikan terimakasih atas waktu dan perhatian yang diberikan kepadanya sehingga dalam sela sela kesibukan mengemban tugas negara masih dapat dan mau menyempatkan diri untuk menjenguknya, semoga Allah SWT membalas budi baik Kapolsek Jetis bersama rekan-rekan semua. (Humas Polsek Jetis)

Pengamanan Balap Sepeda Di Bukit Hijau Karangtengah Imogiri

Bhabinkamtibmas Desa Karang Tengah Aipda Wisnu Susanto  beserta anggota lainya melaksanakan pengamanan  kegiatan balap sepeda di Bukit Hijau dusun Karangrejek, desa Karangtengah, Imogiri, Bantul.

Balap sepeda Djogja Series 2019 MTB Round III Enduro  2019 ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 27-28 Juli  2019 diselenggarakan oleh Gedibal Balap Racing Production diikuti 90 peserta dari berbagai wilayah di indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung pada pagi  hingga sore hari dengan mempertandingkan type Dual Slalom dari berbagai kategori. Antara lain Men Elite, Men Sport, Women, Under 19, Master A, Master B, Master C, Master D dan Master Pro.

Dual Slalom merupakan sebuah perlombaan balap sepeda MTB dimana terbagi menjadi dua jalur, setiap rider wajib mencatatkan waktunya di dua jalur tersebut dan hasilnya diakumulasikan, sebagai pencatat waktu tercepat adalah pemenangnya.

Dalam keterangan terpisah Aipda Wisnu menyatakan  “bahwa selama dua hari acara berlangsung acara  aman dan tertib, "pungkasnya. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Sriharjo Hadiri Senam Masal Di Dusun Sompok

Babinkamtibmas Desa Sriharjo Brigadir Wahyono , SH menghadiri Senam Masal di Lapangan Bola Voli Dusun Sompok, Sriharjo, Imogiri, Bantul. Minggu (28/07/2019).

Kegiatan senam  ini diselenggarakan oleh warga dusun Sompok   dalam rangka menyambut Ulang tahun RI yang ke 74 sekalian dalam rangka merti Dusun Sompok 2019.

Kegiatan  ini diikuti oleh Ratusan warga Sompok dihadiri oleh carik desa Sriharjo dan Bhabinkamtibmas desa Sriharjo  brigadir Wahyono, SH.

Selama Kegiatan berlangsung Babinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Wahyono,SH. melakukan pantauan kamtibmas dan pengamanan sampai acara berakhir terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Imogiri)

Pelaksanaan Zona Integritas Polres Bantul

Seiring dengan upaya penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari segala tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme, Kepolisian Resor Bantul memberikan sosialisasi Zona Intergritas kepada seluruh pejabat dan staf di lingkungan Polres Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH menjelaskan untuk membangun zona integritas tidaklah mudah, perlu komitmen seluruh lapisan atau unsur yang ada di Polres Bantul mulai dari pucuk pimpinan sampai pada pelaksana.

Oleh karena itu, sosialisasi ini sangat penting untuk kita simak sebagai bahan masukan dalam melaksanakan tugas. Kapolres juga menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini juga sebagai bekal untuk meningkatkan integritas dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Kapolres berharap bahwa sosialisasi zona integritas yang dilaksanakan di Polres Bantul dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dibidang pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintahan. Sehingga prinsip birokrasi yang bersih khususnya di setipa kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Polres Bantul dapat terwujud.

Kegiatan sosialisasi tentang pembangunan zona integritas juga dilaksanakan kepada warga masyarakat secara langsung.

Polres Bantul juga melaksanakan analisa dan evaluasi pelaksanaan pembangunan zona integritas secara berkala.

































Berkeliaran saat Jam Sekolah, 12 Pelajar Dibina Di Kecamatan Dlingo

Petugas gabungan dari Jajaran Sat Binmas Polres Bantul, Polsek Dlingo, Koramil dan Kesbanglinmas kabupaten Bantul  melaksanakan razia pelajar yang bolos atau yang berkeliaran pada jam jam belajar di wilayah kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Selasa 30 Juli 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama sama dengan instansi terkait untuk menertibkan para pelajar yang suka bolos di jam jam belajar dengan sasaran ditempat tempat tongkrongan anak anak sekolah seperti warung, warnet dan tempat tempat wisata alam  yang ada di wilayah kecamatan Dlingo.

Hasil dari kegiatan razia, petugas ini berhasil mengamankan 12 pelajar yang kedapatan berkeliaran saat jam pelajaran berlangsung. Adapun mereka adalah 8 siswa setingkat SMP dan 4 siswa stingkat SMA didapati di warung makan.

12 orang siswa tersebut kemudian dibawa ke kantor kecamatan Dlingo untuk dilakukan pembinaan dengan menghadirkan orang tua dari siswa tersebut  dan dari pihak sekolah yang bersangkutan.

Setelah dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi bolos lagi, maka ke 12 pelajar tersebut diserahkan kepada guru dan orang tuanya untuk dilakukan pembinaan dan pengawasan lebih lanjut.  (Humas Polsek Dlingo)

Pengamanan Pertandingan PSIM Yogyakarta Vs Persewar Waropen

PSIM Yogyakarta menjamu Persewar Waropen dalam lanjutan Liga 2 Indonesia Th 2019 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (29/7/2019) sore ini pukul 15.30 WIB.

Sebelum pertandingan dimulai petugas keamanan yang merupakan gabungan dari jajaran Polda DIY, TNI, maupun internal SSA melaksanakan apel gabungan dilapangan parkir barat SSA dipimpin Kabag Bintools Polda DIY AKBP Karwanto.

"Tempati sesuai plotingnya masing-masing, jangan meninggalkan tempat sebelum pertandingan selesai dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab", tegas AKBP Karwanto.

Jalannya pertandingan sendiri berjalan cukup menarik, sejak awal babak pertama PSIM Yogyakarta yang ditangani pelatih barunya Aji Santoso langsung menyerang barisan pertahanan Persewar Waropen.

Persewar Waropen yang merupakan pemuncak klasemen masih bisa menggagalkan serangan PSIM. Hingga babak pertama berakhir skor tetap sama kuat 0-0.

memasuki babak kedua,pemain PSIM Yogyakarta tidak mengendorkan serangannya,serangan yang dikomandoi Maitimo.

Tensi pertandingan sedikit meningkat saat wasit menunjuk titik putih karena pemain belakang Persewar dianggap melakukan pelanggaran,pertandingan sempat terhenti sejenak, karena pemain persewar melancarkan protes keras kepada wasit.

Rafael Maitimo yang ditunjuk sebagai algojo titik pinalti berhasil menjebol gawang Persewar, PSIM unggul 1-0.

Hingga akhir pertandingan skor tetap 1-0 untuk PSIM Yogyakarta,pengamanan pertandingan dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan,SIK.MH berjalan aman dan tertib. (Humas Polsek Jetis)

Lupa Hand Rem, Mobil Pickup Terjun Ke Sungai Winongo

Sebuah mobil jenis Daihatsu pick up dengan nomor polisi AB 8709 PK mengalami kecelakaan terjun ke sungai Winongo di Jembatan Winongo, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Selasa (30/07).

Mobil dalam posisi terbalik di dasar jurang sungai itu mengangkut bak penampungan air dan alat-alat buat gali sumur bor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian imbas hal tersebut korban menderita kerugian materiil ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kanit Lantas Polsek Kasihan, Iptu Sumarjono mengatakan, insiden tersebut diduga karena kecerobohan sang pengemudi yang diketahui bernama Solich Handoko (44) warga Padukuhan Blawong 1, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis Bantul.

Dari pengakuannya, awalnya ia yang melaju dari arah utara ke selatan, sesampainya di sekitar lokasi kejadian berhenti di tepi atau bahu jalan berniat mengecek isi air yang ada di dalam bak penampungan yang ia angkut. Namun nahas saat ia turun dari mobil, ia lupa memfungsikan hand rem. Tak berselang lama mobil itu tiba-tiba melaju sendiri hingga akhirnya terhenti setelah terjun ke sungai.

"Turun dari mobil mau ngecek, ngisi bak air di belakang, saat turun sopir lupa tidak hand rem. Tidak ada korban," ujarnya. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Sanden Patroli Sambang Ke SMPN 2 Sanden

Usai melakukan pengecekan pos turlalin pagi, Kapolsek Sanden AKP Tukirin melaksanakan patroli sambang dan koordinasi dengan kepala sekolah beserta guru di wilayah Sanden. Salah satu sekolahan yang disambangi pagi ini adalah SMP Negeri 2 Sanden Jalan Samas Kalijurang, Srigading, Sanden, Bantul, Rabu pagi (31/7/2019) jam 07.00 Wib.

Dalam patroli sambang tersebut, Kapolsek Sanden ditemui Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sanden Bapak Nur Sugiyanto. Kegiatan ini, selain sebagai ajang silaturahmi dan menjalin keakraban juga untuk sharing dalam pembinaan pelajar di wilayah Kecamatan Sanden.

Kapolsek Sanden AKP Tukirin menjelaskan, pembinaan pelajar perlu dilakukan secara dini, karena pelajar sekaligus generasi muda sangat rentan dan rawan dengan keingintahuan dari apapun yang diketahui di lingkungannya, terutama maraknya berita-berita yang beredar dan bisa dilihat di media sosial maupun maraknya peredaran narkoba yang sudah merambah pada pelajar hingga tindak kenakalan remaja. Guna mencegah terjadinya kenakalan remaja maupun penyalahgunaan narkoba perlu adanya pembinaan dan penyuluhan (binluh) kepada anak-anak, sebelum anak-anak menjadi korban ataupun terlibat dalam aksi kejahatan,” imbuhnya.

Binluh bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda, terutama para pelajar agar menjadi generasi yang disiplin, tertib dan taat terhadap semua peraturan baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Melalui Binluh diharapkan, anak-anak dapat mempersiapkan diri, juga mengerti dan memahami sehingga tidak sampai terjerumus ke hal negatif, dapat menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa, dan dapat melanjutkan perjalanan meraih cita-cita yang diinginkan, pungkas Kapolsek Sanden AKP Tukirin. (Humas Polsek Sanden)

Toko Furnitur Terbakar, Ismail Marzuki Rugi Ratusan Juta

Sebuah toko furnitur di Padukuhan Krapyak Kulon, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon ludes diamuk di jago merah pada Selasa (30/07/2019). Toko furnitur milik Ismail Marzuki (67) warga Kelurahan Minggiran, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Kanit Reskrim Polsek Sewon, AKP Hartono menjelaskan kejadian diketahui pertama kali oleh karyawan toko bernama Yuga Sakunto (20) sekitar pukul 12.30 WIB. Dia yang baru saja masuk ke ruang dalam toko tiba-tiba terkejut karena mendapati kepulan asap yang arahnya berasal dari belakang mebel.

Dia yang mengetahui hal tersebut, kemudian bergegas menuju titik api guna memastikan keadaan. Benar saja, kobaran api telah melalap merembet menyantap sejumlah mebeler. Yuga lari ke luar meminta pertolongan warga setempat supaya membantu melakukan upaya pemadaman. Warga pun berjibaku melakukan pemadaman dengan menggunakan air yang di wadah dengan menggunakan alat seadanya. Namun demikian karena kobaran api telah membesar mereka tak lagi mampu melakukan pemadaman.

Api berhasil dipadamkan setelah 1 unit mobil BPBD DIY dan tiga unit mobil pemadam dari BPBD Bantul datang lalu melakukan pemadaman.

Setelah petugas berupaya melakukan pemadaman yang lamanya sampai sekitar 1 jam, akhirnya api berhasil dipadamkan.

Sementara itu, usai dipastikan api telah padam, pihak pemilik toko lalu menginventarisir barang-barang yang telah hangus diantaranya 1 unit kompresor, 3 unit gergaji mesin, 2 buah gerobak, 2 buah almari, 1 unit mesin tatah dan kayu jati.

Pengertian Zona Integritas



Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagaian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.






























Terobosan Kreatif

Polres Bantul berkomitmen membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Polres bantul senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Pelayanan publik pada Polres Bantul meliputi : Pelayanan Sidik jari, Pelayanan SKCK, Pelayanan SIM, dan Pelayanan SPKT.

Pelayanan SIM di polres Bantul, dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain, pelayanan khusus difabel, laktasi, tempat bermain anak, taman lalu lintas, dan kolam terapi ikan.

Sat Lantas Polres Bantul, juga memiliki terobosan kreatif, antara lain layanan E-Pas, elektronik pesan antrian SIM, dimana masyarakat dapat mengisi formulir pendaftaran melalui HP di rumah, dan memilih waktu pelayanan.

Selain itu, Sat Lantas Polres Bantul juga memiliki terobosan kreatif berupa pelayanan sim keliling bagi masyarakat pada saat akhir pekan.

Sat Intelkam Polres Bantul, juga memiliki inovasi dibidang pelayanan SKCK, yaitu pelayanan SKCK Goes To Kampung, dimana petugas akan datang desa-desa untuk melakukan pelayanan SKCK.

Sementara itu, Sat Reskrim Polres Bantul, memiliki terobosan kreatif berupa pemeriksaan saksi dengan mendatangi saksi yang tidak dapat hadir ke Mapolres.\

Untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan, Sat Reskrim Polres Bantul membentuk Tim Opsnal Terpadu.

Polres Bantul juga memiliki inovasi dibidang sosial, yaitu program Polres Bantul Peduli.

Selain itu, secara rutin, Polres Bantul juga memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi.































Komponen Pembangunan Zona Integritas


Ada dua komponen yang harus dibangun oleh Polres Bantul dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Komponen tersebut adalah Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil.

1.    Komponen Pengungkit
  
       Terdapat enam komponen pengungkit yang harus dibangun, yaitu :

       a.    Manajemen Perubahan,
              1)    Tim kerja ZI
              2)    Dokumen rencana pembangunan ZI-WBK
              3)    Evaluasi pembangunan ZI-WBK
              4)    Perubahan pola pikir dan budaya kerja

       b.    Penataan Tatalaksana
              1)    Sop kegiatan utama
              2)    E-office
              3)    Keterbukaan informasi public

       c.    Penataan Sistem Manajemen SDM
              1)    Perencanaan kebutuhan personel
              2)    Pola mutasi internal
              3)    Pengembangan personel berbasis kompetensi
              4)    Penetepan kinerja individu
              5)    Penegakan aturan disiplin/kode etik
              6)    Sistem informasi personel

        d.    Penguatan Akuntabilitas Kinerja
               1)    Keterlibatan pimpinan
               2)    Pengelolaan akuntabilitas kineja

        e.    Penguatan Pengawasan
              1)    Pengendalian gratifikasi
              2)    Penerapan SPIP
              3)    Pengaduan masyarakat
              4)    Whistle blowing system (WBS)
              5)    Penanganan benturan kepentingan

         f.    Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
               1)    Standar pelayanan
               2)    Budaya pelayanan prima
               3)    Penilaian kepuasan terhadap pelayanan

2.    Komponen Hasil
  
               Komponen Hasil merupakan sasaran hasil pembangunan Zona Integritas menuju
       WBK/WBBM, yang terdiri dari :

               a. Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN
               b. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik kepada Masyarakat

               Tercapainya komponen hasil ini tergantung pada keberhasilan penerapan komponen
         pengungkit. Dengan demikian, komponen pengungkit menjadi faktor penentu pencapaian
         sasaran hasil pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, yaitu: pemerintahan yang
         bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Pencanangan

Kepolisian Resor Bantul sendiri, telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada hari Kamis (17/1/2019) lalu, bertempat di Aula Wira Pratama Mapolres Bantul.

Seremoni pencanangan dihadiri oleh Irwasda Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Kombes Pol Adi Wibowo SH,  Kabag RBP Rorena Polda DIY AKBP     Irene Aju Anggraini Soselisa, sejumlah jajaran Forkompinda Kabupaten Bantul antara lain Dandim Bantul Letkol Inf. Yuswanto atau yang mewakili, Kepala PN Bantul, Agung Sulistiyono SH, SSos, M.Hum dan Kajari Bantul Zuhandi SH MH, Kabag/Kasat, Kapolsek Jajaran serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH mengatakan, pencanangan ini sebagai wujud komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, masyarakat perlu diberikan kemudahan dalam pelayanan. Kemudahan tersebut antara lain dalam hal pelaksanaan pelayanan publik.

30 July 2019

Keluarga Besar Polsek Sanden Besuk Aipda Andy Herdiyan

Di sela-sela kesibukannya melaksanakan tugas dan memantau perkembangan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sanden, Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama anggotanya yakni Kanit Provos Ipda Suharyanta, Kasium Aiptu Asri Suwarta dan perwakilan anggota menyempatkan diri untuk bersilaturahmi sekaligus membesuk salah satu anggotanya yang sedang sakit, Selasa (30/7/2019) jam 10.30 Wib.

Adapun anggota yang sakit adalah Aipda Andy Herdiyan yang sehari-hari bertugas sebagai Banit Sabhara Polsek Sanden. Aipda Andy Herdiyan sudah beberapa hari ini ijin tidak dapat masuk dinas untuk melaksanakan tugas seperti biasanya dikarenakan sedang sakit lambung dan mendapat perawatan di Klinik Cahaya Husada Sindon, Pajangan, Bantul.

Kegiatan menjenguk anggotanya yang sedang sakit ini merupakan salah satu cara seorang pimpinan menunjukkan perhatiannya kepada anggotanya dan merupakan tradisi yang rutin dilakukan keluarga besar Polsek Sanden.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin beserta anggota mendoakan Aipda Andy agar segera diberikan kesembuhan, memberikan semangat dan dukungan moril kepadanya, serta sebagai bentuk perhatian pimpinan dan anggota keluarga besar Polsek Sanden.

Sementara itu, Aipda Andy Herdiyan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Kapolsek Sanden beserta anggota yang telah menyempatkan waktu menjenguknya. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Pleret Hadiri Pengajian Akbar Di Langgar Kuning Ketonggo Wonokromo

Pengajian akbar dalam rangka pembinaan keagamaan kepada masyarakat serta meningkatkan ukhuwah islamiyah digelar di Langgar Kuning, dusun Ketonggo, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Senin (29/7/2019) malam.

Hadir Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, anggota DPRD DIY Drs. H. Aslam Ridho, Camat Pleret M. Alwi SH MH, Kapolsek Pleret AKP Riwanta, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono SIP MAP, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan, para Kyai serta jamaah pengajian.

Dalam kesempatan ini, sambutan Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi dengan diselenggarakannya pengajian akbar yang bertujuan untuk merekatkan kembali ukhuwah islamiyah.

Menurutnya hal ini menyadarkan kita bahwa perbedaan itu ada, namun kedamaian harus tetap kita junjung tinggi. Terlebih Desa Wonokromo merupakan basis kaum santri terkuat, khususnya di wilayah DIY.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati berharap semoga dengan pengajian ini kita semua dapat mengambil manfaat serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari- hari.

Sementara itu, dalam pengajian akbar ini menghadirkan penceramah KH. Syaiful Rachman dari Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Selain itu, acara pengajian juga dimeriahkan oleh penampilan Qasima, grup qasidah asal Magelang, Jawa Tengah.

Selama berlangsungnya acara pengajian, personel Polsek Pleret melaksanakan pengamanan, serta dibantu dari Koramil Pleret, Banser Pleret dan FPRB Wonokromo. (Humas Polsek Pleret)

Jelang Hari Raya Idul Adha Polsek Kretek Sambangi Pedagang Hewan

Personil Polsek Kretek dipimpin Ka SPK Aiptu Wahyudi melaksanakan patroli dengan sasaran terhadap para peternak sapi dan pedagang hewan kurban. Senin, 29/07/2019 pukul 16.00 wib.

Patroli tersebut diantaranya menyambangi pedagang Sapi Karyanto warga dusun Bungkus, Parangtritis, Kretek.

Dalam kesempatannya petugas menyampaikan pesan kamtibmas kepada pedagang agar meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan ternaknya, tidak menutup kemungkinan menjelang hari raya Idul Adha gangguan kamtibmas akan meningkat, terutama pencurian hewan, ujarnya. (Humas Polsek Kretek).

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Hadiri Kenduri Merti Dusun Malangan

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto mengikuti Kenduri majemukan dalam rangka Merti Dusun Malangan Srigading, Sanden, Senin siang (29/7/2019) jam 11.00 Wib.

Kenduri merti dusun dilaksanakan di Pendapa Bapak Dwi Rahardja Malangan dan dihadiri Pamong Desa Srigading diantaranya Kasi Pelayanan, Dukuh Malangan, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto dan warga masyarakat setempat.

Acara yang diselenggarakan satu tahun sekali ini mendapat sambutan yang menggembirakan dari segenap lapisan masyarakat. Warga baik tua muda laki-laki perempuan sangat antusias dalam menghadiri dan mengikuti acara ini. Hal ini tampak dari Pendapa yang dipenuhi warga masyarakat sejak pagi hari.

Dalam kenduri, warga duduk bersila berhadap-hadapan, dan dihadapan mereka telah tersaji bermacam-macam bentuk “ambengan” yang dibawa dari rumah masing-masing. Tempat menaruh nasi dan lauk-pauk ambengan pun berbatin, macam wadah, ada “besek”, bakul nasi, dan wadah tradisional “sarang” yang terbuat dari anyaman daun kelapa berwarna hijau dan lain sebagainya. Panitia juga menyiapkan nasi gurih dengan ingkung ayam di tengah Pendapa yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh warga yang hadir.

Dukuh Malangan, Suwarna, A.Md menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan simbolisme wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan limpahan rejeki, keselamatan dan berbagai anugerah lain kepada warga masyarakat Dusun Malangan. Juga mengandung permohonan kepada-Nya agar warga masyarakat Malangan senantiasa diberikan kemudahan dalam mencari rejeki,  diberi kesehatan dan keselamatan lahir dan batin, ujarnya. (Humas Polsek Sanden)

Petugas Patroli Polsek Kretek Sambangi Obyek Vital

Anggota Polsek Kretek yang tergabung dalam piket fungsi dipimpin Ka SPK Aiptu Sukiman melaksanakan patroli malam hari di wilayah hukum Polsek Kretek. Senin, 29/7/2019 malam.

Petugas dalam patrolinya menyambangi obyek vital,yang diantaranya kantor perbankan, ATM, SPBU,sekolahan dan kantor pemerintahan.

Dalam kesempatannya petugas melakukan dialogis terhadap petugas SPBU dan petugas penjaga malam di obyek vital lainnya,agar selalu eksis dan meningkatkan kewaspadaan,apa lagi perkantoran ini dipinggir jalan kawasan wisata, sehingga gangguan kamtibmas akan lebih mudah terjadi. (Humas Polsek Kretek).

Pos Pagi Di Depan SMA Ngeri 1 Sanden

Setiap pagi hari, personil Polsek Sanden rutin melaksanakan tugas pos pengaturan arus lalu lintas pagi di penggal-penggal jalan dan depan sekolahan wilayah Sanden. Hal ini seperti yang dilakukan anggota dengan melakukan pos pagi di depan SMA Ngeri 1 Sanden, Selasa pagi (30/7/2019) jam 06.30 Wib.

Kegiatan ini sebagai wujud pelayanan anggota polri kepada warga masyarakat, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan raya di pagi hari. Tugas pos pagi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di jalan raya ini agar tercipta ketertiban, keamanan, dan kelancaran arus lalu lintas juga membantu warga masyarakat maupun anak anak sekolah yang ingin menyebrang jalan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengatakan bahwa, setiap pagi anggotanya diterjunkan ke jalan guna membantu masyarakat. Pos pagi wajib dilakukan anggota di pagi hari sebelum melaksanakan tugas rutin di kantor. Kehadiran anggota di jalan sangat dibutuhkan masyarakat yang sedang beraktifitas di jalan agar tercipta kamseltibcar lantas, jelas Kapolsek Sanden AKP Tukirin. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Wayang Kulit Majemukan Dusun Ngepet Srigading Sanden

Personil jaga malam Polsek Sanden melaksanakan pengamanan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Dusun Ngepet,Srigading, Sanden, Bantul, Senin malam (29/7/2019) jam 20.00 Wib.

Pagelaran seni wayang kulit dilaksanakan warga Duaun Ngepet dalam rangka majemukan dusun setempat yang menghadirkan dalang Ki Wahyu Sumarsono (Blegog) dengan mengambil lakon "Wahyu Kasatrian".

Kehadiran anggota Polsek Sanden selain guna melaksanakan pengamanan juga untuk menjalin tali silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Dengan kehadiran anggota polisi di tengah-tengah masyarakat diharapkan terjalin hubungan yang harmonis dan keakraban antara anggota polri dengan masyarakat. Sehingga akan terjalin hubungan kekeluargaan dan bisa meningkatkan kerjasama dalam menciptakan kamtibmas. Sedangkan pengamanan ini bertujuan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Kegiatan pertunjukan wayang merti Dusun Ngepet pada malam ini merupakan bentuk syukur atas limpahan rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan masyarakat yang dalam keadaan aman tenteram.

Polsek Sanden sangat mengapresiasi kegiatan Merti dusun ini, sebagai upaya melstarikan kebudayaan dan juga sebagai edukasi kepada generasi muda agar terus melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Bangeran Sabdodadi

Personil Polsek Bantul mengamankan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di rumah bapak Yanto dusun Bangeran, Sabdodadi, Bantul. Senin, 29 Juli 2019 pukul 21.00 Wib. Adapun dalangnya adalah Ki Geter Pramudji Widodo dengan lakon Sumilaking Pedut Manduro.

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka tasyakuran Hj. Arni Tyas Palupi, ST menjadi anggota DPRD Kabupaten Bantul dihadiri oleh Wabup Bantul H. Abdul Halim Muslih, Sekertaris Dinas Kebudayaan Bantul Indriyanto, SIP, Anggota DPRD Kab. Bantul fraksi Golkar Hj. Arni Tyas Palupi, ST, perwakilan DPD Golkar Teguh Santoso, Kasi Kesra Kec. Bantul Supriyanto, Lurah Desa Sabdodadi Ibu Hj. Siti Fatimah, Dukuh Keyongan Arwan Sanusi dan ratusan warga.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Desa Sabdodadi Siti Fatimah mengajak hadirin bersyukur karena ikita dapat berkumpul disini dalam rangka memenuhi undangan Ibu Hj. Arni Tyas Palupi, ST. Dalam kesempatan ini Kami ucapkan selamat kapada Ibu Hj. Arni Tyas Palupi, ST yang sudah terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Bantul dari fraksi Golkar.

Semoga pagelaran wayang kulit malam ini bisa menjadi tuntunan, karena hidup ini membutuhkan seni, tanpa seni hidup akan sepi. Kegiatan dalam wujud kesenian ini merupakan wujud dukungan kepada Desa Sabdodadi menuju Desa Budaya.

Sementara dalam sambutanya, ibu Hj. Arni Tyas Palupi, ST  menyampaikan pada malam hari ini merupakan  wujud syukur kami atas terpilihnya kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten bantul. Kami ucapkan terimakasih atas doa dan dukungannya pada Pemilu 2019 sehingga saya terpilih kembali.

Sambutan Sekertaris Dinas Kebudayaan Bantul  Indriyanto, S.IP mengucapkan selamat kepada calon anggota DPRD terpilih yang sebentar lagi dilantik, semoga dalam mengemban amanah dari rakyat selalu diberi keselamatan.

Semoga apa yang dicita-citakan Ibu Hj. Arni Tyas Palupi, ST bisa tercapai dan menjadi amal ibadah beliau serta sesuai dengan harapan rakyat. Kami ingatkan dalam menjalankan segala kegiatan jangan lupa surat pertanggung jawaban dibuat sesuai dengan yang sudah di lakukan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih berharap semoga beliau bisa mengemban amanah rakyat dan menjalankan program pemerintah Kabupaten Bantul. Serta berharap dengan pagelaran wayang kulit malam ini bisa membuka lembaran yang baru untuk mendukung program pemerintah Kab. Bantul. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Tirtosari Gotong Royong Bangun Corblok Jalan Dusun Tegaltapen

Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Aiptu Suryanto melaksanakan kerja bhakti gotong royong pembangunan cor blok jalan di Dusun Tegaltapen,Tirtosar, Kretek, Bantul. Senin, 29/07/2019 siang.

Aiptu Suryanto mengatakan bahwa pengecoran jalan ini menggunakan alokasi Dana Desa, diharap penggunaannya harus sesuai dengan RAB, ujarnya.

Dikesempatan lain Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak menjelaskan, bahwa seorang Bhabinkamtibmas memang harus senantiasa melekat kepada warga binaannya, agar mengetahui langsung kegiatan di masyarakat.

Dan secara tidak langsung hal tersebut dapat mempererat tali silahturohmi untuk menciptakan sinergitas dalam menjaga kamtibmas, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek).

Kapolsek Sanden Menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Malanga

Kapolsek Sanden Polres Bantul AKP Tukirin bersama Kanit Binmas Iptu Tri Haryana menghadiri pagelaran seni wayang kulit semalam suntuk di Pendopo Bapak Dwi Rahardja Dusun Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Selasa malam (29/7/2019) jam 20.00 Wib.

Pagelaran seni wayang kulit diselenggarakan warga Dusun Malangan dalam rangka merti dusun setempat. Selain Kapolsek Sanden AKP Tukirin dan Kanit Binmas, kegiatan ini turut dihadiri Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo SE beserta Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, Babinsa, Dukuh Malangan Suwarna A.Md, toga, tomas serta warga masyarakat.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini menampilkan dalang Ki Suwondo Hadi Prayitno dengan mengambil lakon "Bale Kambang/Kresno Gugah. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin secara simbolis menyerahkan tokoh wayang Kresno kepada Ki Dalang sebagai tanda dimulainya pagelarang wayang kulit.

Kehadiran Kapolsek Sanden beserta anggota dalam kesempatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk menjalin tali silaturahmi dan mendekatkam diri dengan masyarakat. Kapolsek Sanden memberikan apresiasi yang tinggi dan mendukung kegiatan merti dusun dengan menggelar wayang kulit. Selain guna nguri-uri budaya lokal juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, ujarnya. (Humas Polsek Sanden)

Menjadi Pembina Upacara, Kanit Binmas Polsek Pleret Sampaikan Pesan Kepada Siswa SMP N 2 Pleret

Senin (29/7/2019) pukul 07.00 WIB, bertempat di halaman SMP Negeri 2 Pleret dilaksanakan Upacara Bendera yang diikuti oleh Kepala Sekolah, para guru dan staf, serta seluruh siswa-siswi sekolah tersebut.

Dalam upacara tersebut, Kanit Binmas Polsek Pleret, Iptu Sukardi, bertindak sebagai Pembina Upacara.

Kanit Binmas dalam amanatnya menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada para siswa. Di antaranya hindari kenakalan remaja, waspada dan jangan sampai terjerumus pada narkoba, serta berhati-hati dalam bermedsos, terutama dengan berita-berita Hoax.

Mengakhiri amanatnya, Kanit Binmas mengajak para siswa untuk disipilin waktu, patuh terhadap orangtua dan guru, serta tetap semangat dalam belajar demi meraih cita-cita untuk masa depan. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Sanden AKP Tukirin Silaturahmi Ke Rumah Tokoh Masyarakat

Guna meningkatkan dan mempererat jalinan silaturahmi bersama dengan komponen dan tokoh masyarakat, Kapolsek Sanden AKP Tukirin melaksanakan sambang silaturahmi ke rumah tokoh masyarakat wilayah Sanden, Senin (29/7/2019) jam 10.30 Wib.

Salah satu tikoh masyarakat yang disambangi adalah H. Harto Sumarto warga Desa Gadingsari. Dalam melaksanakan sambang, Kapolsek Sanden didampingi Kanit Binmas Iptu Tri Haryana beserta anggota lainnya.

Kegiatan sambang silaturahmi dilaksanakan Kapolsek Sanden AKP Tukirin agar hubungan yang terjalin antara Polri khususnya Polsek Sanden dengan masyarakat semakin erat sehingga masyarakat tidak segan dan malu untuk bertegur sapa dan tidak takut melapor apabila ada permasalahan. Disamping itu, adanya Bhabinkamtibmas juga akan mudah dalam melakukan pembinaan serta pemantauan wilayah melalui bantuan dari masyarakat itu sendiri.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan AKP Tukirin memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Sanden yang baru. Dengan kegiatan sambang kepada tokoh masyarakat, diharapkan semakin mempererat hubungan polri dengan masyarakat. Melalui kegiatan sambang yang di lakukan Kapolsek maupun Bhabinkamtibmas semoga dapat mengetahui segala masalah ataupun kendala yang di alami oleh masyarakat sehingga bisa segera ditindaklanjuti penanganannya. (Humas Polsek Sanden)

Senam Aerobic Bersama Forkompincam Pandak

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela bersama Personil Polsek Pandak mengikuti senam Aerobic bersama Forkompincam dan Instansi se kecamatan Pandak bertempat di SLB Mardi Mulyo, Wijirejo, Pandak, Bantul, Jumat (26/07/2019) jam 07.30 Wib.

Hadir juga dalam giat tersebut Camat Pandak Kusmardiono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Kepala KUA Pandak Asrori SH, Lurah desa sekecamatan Pandak, Pamong Desa, TNI, POLRI, ASN, dan pegawai Instansi sekitar 150 orang.

Kegiatan senam bersama Instansi Se Kecamatan Pandak ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan bergiliran tempat di setiap instansi. Pada kesempatan hari ini senam dilaksanakan oleh Kantor SLB Mardi Mulyo. Kegiatan senam ini bertujuan untuk menjaga kebugaran setiap pegawai Instansi dan juga sebagai ajang silaturahmi antar pegawai Instansi se Kecamatan Pandak.

Pada senam Aerobic hari ini dipimpin oleh pemandu gerak dari sanggar senam Tiar Pandak. Seluruh hadirin melaksanakan senam dengan senang dan bersemangat dalam mengikuti setiap gerakan. Selama kegiatan berlangsung aman dan seluruh peserta mengikuti senam dengan sangat antusias. (Humas Polsek Pandak)

29 July 2019

Apel Pagi Anggota Polsek Sanden Sebagai Sarana Penanaman Disiplin

Mengawali pelaksanaan tugas hari ini, personil Polsek Sanden melaksanakan apel apel di halaman kantor Mapolsek setempat, Senin pagi (29/7/2019) jam 08.00 Wib.

Apel pagi dipimpin langsung Kapolsek Sanden AKP Tukirin. Pelaksanaan giat apel pagi ikuti seluruh Kanit, Kasi dan anggota dari semua fungsi kepolisian yang ada di Mapolsek Sanden.

Dalam arahannya, Kapolsek Sanden AKP Tukirin antara lain mengatakan bahwa apel hukumnya wajib bagi semua anggota mengawali tugas. Apel pagi sebagai sarana penanaman disiplin, pengecekan anggota dan penyampaian pelaksanaan tugas juga penyampaian bijak pimpinan. Nanti akan selalu diadakan evaluasi pelaksanaan tugas, katanya.

Lebih lanjut AKP Tukirin mengajak anggota agar melaksanakan tugas diniati dengan ibadah. Tanamkan kebaikan dengan sesama anggota dan masyarakat, kenali dan jalin silaturahmi dengan semua lapisan masyarakat akan terjalin hubungan yang baik, lanjutnya. (Humas Polsek Sanden)

Unit Provos Polsek Sanden Gelar Gaktib

Unit Provos Polsek Sanden melaksanakan giat Operasi Penagakan Ketertiban dan Kediisiplinan (Gaktibplin) anggota. Operasi gaktibplin dilakukan usai pelaksanaan apel pagi di halaman Mapolsek setempat, Senin (29/7/2019) jam 08.00 Wib.

Giat gaktibplin dipimpin Kanit Provos Ipda Suharyanta bersama anggotanya. Giat ini untuk pastikan kelengkapan anggota telah siap dalam melaksanakan tugas.

Sebelum melaksanakan gaktibplin, Kanit Provos sebagai garda terdepan dalam mendisiplinkan anggota memberikan pengarahan dan evaluasi pelaksanaan tugas. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan baik administrasi maupun gampol. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelengkapan SIM, KTP, KTA, dan STNK serta sikap tampang anggotanya termasuk gampol.

Pemeriksaan dan pengawasan ke dalam oleh Unit Provos guna memastikan kelengkapan anggota dalam melaksanakan tugas sehari hari, serta mendisiplinkan anggota. Kita harus bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, kara Ipda Suharyanta.

Lebih lanjut Kanit Provos menambahkan bahwa kegiatan operasi ini bukan untuk mencari cari kesalahan anggota, melainkan untuk meningkatkan kedisiplinan, karena Polisi sebagai panutan dan suri tauladan bagi masyarakat. (Humas Polsek Sanden)

Sumur Tercemari Limbah, Warga Dusun Karangnongko Tutup Jalur Irigasi

Warga dusun Karangnongko gelar aksi penolakan pencemaran lingkungan di Halaman Mushola Al-Amin dusun Karangnongko, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Kamis, 25 Juli 2019 pukul 14.00 Wib.

Adapun pencemaran lingkungan tersebut diduga berasal dari pembuangan limbah industri yang berada di jalur irigasi dusun Karangnongko. Akibatnya sumur milik warga tercemar dan berbau tidak sedap.

Dalam aksi tersebut warga akan menutup jalur irigasi dengan menggunakan batako yang dipasang dengan semen sebagai wujud protes terkait limbah tersebut.

Dalam aksi itu, Korlap bapak Waljito menyampaikan keberadaan kami disini dalam rangka memperjuangkan akibat pencemaran limbah yang meracuni lingkungan kita.

Saat ini jalur irigasi yang berada dikampung kita tercemar dan teracuni, biota air yang hidup di jalur irigasi mati semua, akibat pembuangan limbah beracun yang dibuang sembarangan.

Mari kita selamatkan anak cucu kita dari racun limbah yang mengalir di jalur irigasi di kampung kita, dimana selain mencemari aliran irigasi juga masuk ke sumur milik warga. Warga kami harus membeli air untuk minum karena sumur yang dekat dengan aliran sungai sudah mulai tercemar.

Sementara warga Karangnongko bapak Surojo dalam orasinya juga menyampaikan Sumur milik warga kami tercemar akibat aliran limbah dari pabrik, sehingga untuk sekedar minum kami harus membeli air bersih karena takut kalau mengkonsumsi air dari sumur takut teracuni.

Kami mohon dengan sangat, kelola limbah pabrik dengan baik, jangan buang limbah beracun ke sungai kami.

Sedangkan bapak Sucipto dalam orasinya, Kami mohon kepada pemilik pabrik untuk tidak mengalirkan lagi limbah di sungai ini, karena sumur kami tercemar akibat pembuangan limbah. Mohon jangan alirkan limbah beracun ke sungai kami, supaya lingkungan kami kembali menjadi lingkungan yang bersih dan sehat, serta kami tidak takut lagi mengkonsumsi air dari sumur kami.

Bapak Waskito menyampaikan disini kami berkumpul untuk berjuang demi anak cucu kita, dan menyelamatkan lingkungan kita dari racun akibat pembuangan limbah yang tdk bertanggung jawab. Mari kita selamatkan lingkungan kita, supaya lingkungan kita kembali menjadi lingkungan yang sehat, jauh dari racun.

Aksi unjukrasa disaksikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantul dan akan bertindak secara tegas tentunya dengan meninjau lebih jauh sumber asal- muasal limbah tersebut dan akan berkoordinasi dengan pihak- pihak terkait.

Dalam kesempatan yang sama juga Lurah Desa Panggungharjo bapak Wahyudi Anggoro Hadi. S. Farm. Apt menambahkan beberapa pesan yang cukup tegas bahwa penutupan boleh dilakukan pada lubang2 yang dianggap sebagai sumber limbah, dan jangan menutup pada saluran irigasi yang ada dikarenakan nantinya akan menimbulkan permasalahan baru terkait dengan penutupan jalur irigasi tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan penutupan jalur irigasi dengan menggunakan batako di sebelah utara dusun Karangnongko dan di dusun Tegal Krapyak begitu juga jalur atau lubang-lubang pembuangan limbah dari pabrik.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek sewon)

Jajaran Polsek Bantul Meringkus Gerombolan Orang Yang Diduga Sebagai Pelaku Copet

Jajaran Polsek Bantul meringkus gerombolan orang yang diduga sebagai pelaku copet Sabtu (27/07/2019) malam, pukul 23.30 WIB, di Lapangan Trirenggo Desa Trirenggo Kecamatan Bantul. Sebanyak 8 orang berhasil diamankan oleh pihak Polsek Bantul.

Kapolsek Bantul, Kompol Munawar Sam mengatakan diduga para pelaku melancarkan aksinya mengambil kesempatan ketika penonton tengah desak-desakan asyik menikmati alunan musik dangdut yang digelar oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Namun demikian, jajarannya yang memang telah mengantisipasi adanya peristiwa itu begitu mengetahui adanya kejahatan tersebut langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya sukses memborgol para pelaku.

Adapun delapan orang pria terduga sebagai pencopet itu masing-masing berinisial M (36) warga Kecamatan Belega, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura Jawa Timur, MA (22) warga Kota Surabaya, Jawa Timur, I (31) warga Kecamatan Kepanjang, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan RBP (20) warga Kota Surabaya Jawa Timur. Kemudian, CAS (34) warga Kabupaten Malang Jawa Timur, RT (26) warga Bangkalan Madura Jawa Timur, AS (25) warga Kota Surabaya Jawa Timur serta S (36) warga Kabupaten Malang Jawa Timur.

Dikatakan Munawar, selain berhasil membekuk para pelaku pihaknya juga berhasil menyita sejumlah barang bukti gawai berbagai merek hasil mencopet. Sementara itu jumlah korban aksi pencopetan dalam gelaran musik dangdut itu yang melapor ke Mapolsek Bantul ada sekitar 40 orang.

"Terduga pelaku, untuk sementara masih dilakukan pemeriksaan. Korban ke kantor (melaporkan) ada sekitar 40 orang. Para pelaku akan kita proses (hukum)," ujarnya. (Humas Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Jetis Menjadi Pembina Upacara Di SDN Kembangsongo

Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono menjadi pembina upacara bendera di SDN Kembangsongo, Trimulyo ,Jetis, Bantul. Senin, (29/07/2019).

Dalam amanatnya Kanit Binmas menyampaikan agar para siswa giat dalam belajar, menghormati guru dan juga orangtua.

Selesai pelaksanaan upacara Kanit Binmas didampingi Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo juga mengevaluasi pelaksanaan upacara bendera, sekaligus melatih para siswa tentang tata cara upacara bendera yang benar guna persiapan lomba upacara tingkat SD se-Kabupaten Bantul.

Kegiatan lomba upacara tingkat SD se-Kabupaten Bantul rencana akan berlangsung bulan September 2019 dalam rangka  sebagai sarana pendidikan wawasan kebangsaan bagi siswa, pendidikan nilai-nilai karakter bangsa dan pencarian data sekolah, karena dalam kriteria penilaian dimasukkan jumlah guru dan siswa serta kelengkapan / atribut nilai-nilai karakter Bangsa. (Humas Polsek Jetis).

Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Th 2019 Di Perpustakaan Ganesha Komplek SMA N 1 Jetis

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh, SH.MM hadiri kegiatan penilaian lomba perpustakaan tingkat SMA/SMK/MAN/MA tingkat Nasional Th 2019 di Perpustakaan Ganesha komplek SMA N 1 Jetis, Bantul. Jumat, (26/07/2019)

Adapun tim Juri tingkat Nasional Dra.Fatmi SS dan Drs. Sudirman Hamid,MH didampingi Bupati Bantul Drs.H.Suharsono,Kadikpora DIY Drs. R Kadarmanto Baskoro Aji serta ketua panitia pusat Dalwanto, S.Sos.

Kedatangan tim disambut Kepsek SMA N 1 Jetis, jajaran Forkopincam Jetis bersama para guru dan siswa dengan meriah. Dengan menampilkan berbagai drumband, kesenian tari dan yel-yel semangat membaca oleh para siswa siswi SMA N 1 Jetis.

Sesuai amanat UUD 1945 dikatakan bahwa salah satu upaya negara dalam mencerdaskan bangsa dapat dilakukan melalui formal dan non formal, dan keberadaan perpustakaan merupakan bagian dari upaya mencerdaskan bangsa melalui jalur non formal.

Tahapan lomba dibagi menjadi 3 bagian, dimana dari hasil seleksi sebanyak 34 propinsi yang terpilih dan masuk nominasi antara lain Pulau Jawa diwakili DIY, Jabar, Jatim dan Jateng, Pulau Sumatera diwakili Bangka Belitung, Sumsel, Kepulauan Riau, Sumbar dan Propinsi Riau, Pulau Kalimantan diwakili Kaltim, Pulau wilayah Tengah diwakili Bali dan NTB, Pulau Sulawesi diwakili Makasar dan Gorontalo, serta Pulau Papua diwakili Papua Barat.

"Dalam suatu perlombaan tentunya ada menang dan kalah, namun tujuan kami adalah bagaimana pelaksanaan perpustakaan di daerah pengembangannya sudah sesuai standar nasional atau ketentuan UU Nasional, selain itu dengan perlombaan ini akan mampu menjadi suatu alat untuk melecut semangat Pemda guna memenuhi keberadaan Perpustakaan" jelas Drs.Sudirman Hamid, MH selaku Ketua tim Juri.

Pada penilaian perpustakaan di SMA 1 Jetis merupakan propinsi ke-15 yang telah dikunjungi oleh Tim Yuri, dan pada tanggal 14 Agustus 2019 mendatang bagi yang terpilih akan diundang dalam rangka Grand Final di Jakarta. (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Pleret Menjadi Pembina Upacara Di SMP N 1 Pleret

Kapolsek Pleret AKP Riwanta menjadi Pembina Upacara di SMP N 1 Pleret, Pleret, Bantul pada Senin (29/7/2019) pagi. Upacara Bendera diikuti oleh Kepala Sekolah, para guru dan staf, serta seluruh siswa-siswi SMP N 1 Pleret.

Dalam amanatnya, Kapolsek Pleret menyampaikan tiga hal negatif yang seringkali terjadi di kalangan pelajar, yaitu kenakalan remaja yang mengarah ke tindak pidana, penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, serta bahaya penggunaan media sosial terkait maraknya berita hoax.

Dijelaskan, kenakalan remaja kebanyakan diawali oleh adanya genk di sekolah, yang kegiatannya seringkali lebih banyak negatifnya dari pada positifnya. Padahal masih banyak cara menunjukkan eksistensi yang benar, contohnya dengan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang lain.

Ia juga mengajak para siswa untuk berani menolak narkoba dan memeranginya, karena narkoba sangat merusak generasi muda.

"Jangan sekali-sekali mencoba menggunakan narkoba, karena sekali mencoba akan sulit lepas dari cengkraman narkoba, dan akan merusak masa depan si pemakai itu sendiri", jelas Kapolsek Pleret.

Selain itu, mengingatkan para siswa untuk mewaspadai bahaya berita Hoax (berita bohong) yang marak beredar di media sosial.

"Jangan percaya, apalagi langsung share berita-berita yang belum jelas kebenarannya kendati sudah viral, sehingga sebelum membagikan harus disaring terlebih dahulu", imbaunya.

Mengakhiri amanatnya, Kapolsek Pleret berpesan agar para siswa selalu patuh kepada orangtua dan guru, serta rajin belajar demi meraih cita-cita untuk masa depan. (Humas Polsek Pleret)