Pengamanan Bantul Ekspo 2019

Posted by tribratanewsbantul on 09:27

Seperti tahun sebelumnya Bantul Ekspo 2019 kembali digelar di Pasar Seni Gabusan ( PSG ). Bantul Ekspo kali ini dilaksanakan selama 11 ( Sebelas) hari mulai tanggal 26 Juli sampai dengan 5 Agustus 2019 dengan mengambil tema Dengan Bantul Ekspo Kita Tingkatkan Daya Saing Produk Unggulan Menuju Masyarakat Bantul yang Mandiri dan Sejahtera.

Bantul Ekspo tahun ini diikuti oleh sebanyak 62 peserta stand OPD/instansi vertikal, perbankan, kecamatan, organisasi binaan pemerintah seperti dekranasda, IWAPI dan lain-lainnya, serta didukung oleh sebanyak 63 stand swasta, 71 stand pasar malam, 54 PKL dan 6 tenda khusus otomotif mobil. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan meliputi pameran, lomba stand, bursa penjualan, pentas seni dan hiburan serta wahana permainan keluarga.

Di era perdagangan bebas dan revolusi industri 4.0 sekarang ini, mau tidak mau, suka tidak suka, produk-produk UMKM utamanya produk kerajinan dari pelaku usaha harus mampu bersaing di pasar karena adanya tuntutan masyarakat yang semakin mengedepankan kualitas.

Sedangkan ikon Bantul Ekspo adalah ANGKRINGAN. Angkringan memiliki filosofi yang dalam terutama bagi masyarakat Jawa. Orang jawa menganggap angkringan bukan hanya tempat mengisi perut dengan harga yang relatif murah namun juga sebagai tempat sosialisasi antar warga dan sebagai simbol egaliter antar manusia.

Angkringan juga sebagai suatu sarana berkumpulnya masyarakat antar kelas sosial untuk berdiskusi dan berembug, sebagai suatu sarana bagi masyarakat untuk membaur satu dengan yang lainnya tidak memandang seragam/jabatan dan status sosial, kembali pada kodrat manusia yang memiliki derajat yang sama.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan, Bantul Ekspo 2019 merupakan momentum yang sangat baik sebagai ajang pameran dan sosialisasi hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Bantul kepada masyarakat dengan cara promosi dan penyebarluasan informasi tentang kinerja pembangunan Kabupaten Bantul sekaligus sebagai sarana promosi potensi daerah. Rangkaian kegiatan dalam pameran ini diharapkan mampu memberikan inspirasi dan rasa bangga atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bantul beserta masyarakat atas karya baktinya yang tinggi dalam pembangunan, katanya.

Pameran ini sekaligus sarana untuk merefleksikan diri sejauh mana kita semua, baik sebagai elemen masyarakat maupun sebagai pemerintah telah melaksanakan peran dan fungsi kita sebagai pelaku pembangunan sesuai dengan kewenangan dan kemampuan kita masing-masing. Dengan refleksi ini akan menjadi masukan yang berarti dalam pengambilan keputusan atas kebijakan-kebijakan pembangunan yang strategis.

Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan Terima Kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan telah mensukseskan pelaksanaan Bantul Ekspo 2019. Saya berharap agar penyelenggaraan Bantul Ekspo tiap tahunnya selalu dikemas sedemikian rupa menjadi lebih meningkat dan lebih baik, sehingga semua pesan dan informasi yang disajikan dapat tersaji secara atraktif dan obyektif, tutur Wakil Gubernur DIY.

Semoga dengan rangkaian acara dan kegiatan Bantul Ekspo 2019 ini, seluruh lapisan masyarakat Bantul dapat terlibat, terinspirasi, dan termotivasi untuk berpikir kreatif dan inovatif yang kemudian berkontribusi bagi pembangunan Bantul pada umumnya dan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara Bupati Bantul Suharsono dalam sambutannya menyebutkan, keberadaan Bantul Ekspo selama ini terbukti telah banyak memberikan kesan positif serta mampu menjadi inspirasi bagi sejumlah pihak untuk turut memberdayakan dan mengembangkan potensi produk-produk UMKM di Kabupaten Bantul.

Bagi para pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam ajang Bantul Ekspo, tentu akan dapat merasakan manfaat yang besar, yakni sebagai sarana memperluas jangkauan pemasaran maupun promosi produk unggulannya. Dengan begitu, para pelaku UMKM di Kabupaten Bantul akan mampu terus bersaing dengan pangsa pasar yang lebih luas, ucapnya.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa saat ini iklim kompetisi semakin ketat. untuk itu dalam pasar produk UMKM perlu disikapi dengan meningkatkan intensitas perkenalan produk unggulan melalui berbagai jenis media promosi.

Melalui media promosi itulah para pelaku UMKM saya harapkan akan mendapatkan inspirasi untuk terus mengasah kreativitas dan inovasi produk agar mampu mengikuti trend dan memenuhi selera pasar.

Harapan ini saya sampaikan, agar seluruh produk unggulan UMKM Bantul terus berkembang, semakin dikenal luas dan memiliki daya saing kuat di pasar nasional bahkan internasional, sehingga mampu mendukung visi Pemerintah Kabupaten Bantul yang muaranya adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Disisi yang sama saya juga berharap keberadaan Bantul Ekspo akan dapat menjadi ajang hiburan dan silaturahmi warga masyarakat sehingga kesemuanya ini akan dapat memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat, tambah Bupati.

Selama kegiatan berlangsung Petugas gabungan dari Polres Bantul, Polsek Sewon dan instansi terkait lainya melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:27

0 komentar:

CB