Kapolsek Sanden Hadiri Lomba Desa Siaga Aktif di Desa Gadingharjo

Posted by tribratanewsbantul on 14:06

Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghadiri giat penilaian Lomba Desa Siaga Aktif dan  Pengelolaan Posyandu Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2019 di Dusun Karanganyar Desa Gadingharjo Kecamatan Sanden, Lomba Desa/Kelurahan Siaga Sehat sebagai tindak lanjut dari pelatihan kesiapsiagaan yang telah diberikan untuk menghadapi permasalahan kesehatan, Rabu (28/08/2019) pukul 08.00 WIB.
   
Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkompincam diantaranya Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Danramil, Dan Pos AL Samas, Sat Polair, Kepala Pukesmas Sanden, Kepala KUA Sanden, Lurah Desa Gadingharjo, TP PKK serta Toga dan Tomas.
  
Tim juri Evaluasi Desa Siaga Aktif terdiri dari Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusumawati Suharsono, Dra. Sri Nuryanti M.Si, Kadin PPKBPMD Kabupaten Bantul beserta staf, Hj. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih Wakil ketua TP PKK Kabupaten Bantul serta rombongan tim juri lainya.
   
Lurah Desa Gadingharjo Aan Indranursanta SS dalam presentasinya menyampaikan bahwa Desa Gadingharjo masuk dalam nominasi desa siaga aktif. Pemdes memprioritaskan masalah kesehatan dan menginisiasi desa siaga agar masyarakat memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah serta mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan secara mandiri, ujarnya.
   
Sedangkan Ketua Tim Yuri Hj. Erna Kusumawarti Suharsono mengucapkan selamat kepada Desa Gadingharjo Sanden yang masuk nominsi 6 terbaik hasil seleksi tahap I berupa penilaian profil kegiatan desa siaga dan pengelolaan Posyandu yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul. Dalam evaluasi desa siaga aktif ini, tim juri ingin mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Pemdes dan masyarakat dalam menghadapi situasi kegawatdarutan khususnya dalam rangka menghadapi masalah dibidang kesehatan.

Adapun output yang diharapkan dalam desa siaga aktif ini diantaranya adalah strata UKBM meningkat, cakupan pelayanan kesehatan masyarakat meningkat, penurunan faktor resiko penyakit dan bencana serta pembiayaan kesehatan untuk promotif, preventif, kuratif terpenuhi.
"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bantul dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan visi Kabupaten Bantul yang ingin mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera," harap Hj. Erna Suharsono.
 
Selanjutnya rombongan tim juri melaksanakan verifikasi lapangan contoh desa siaga aktif di Dusun Karanganyar  Gadingharjo Sanden. Guna menjaga keamanan dan kelancaran selama kegiatan berlangsung, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:06

0 komentar:

CB