30 September 2019

Upacara Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Bantul Yang Baru AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK

Selesai melaksanakan upacara sertijab di Polda DIY, selanjutnya Kapolres Bantul yang baru AKBP Wachyu  Tri Budi Sulistiyono SIK beserta ibu menuju ke tempat tugasnya yang baru yaitu di Mapolres Bantul. Senin, 30, September 2019 sore.

Kedatangan beliau di Mapolres Bantul disambut dengan upacara tradisi pedang pora dan pengalungan bunga oleh Kapolres Bantul lama serta penyerahan sebuah Keris oleh Wakapolres Bantul  kepada Kapolres Baru perlambang kewibawaan dan ketangguhan seorang pemimpin yang akan memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sehingga tercipta keamanan, kedamaian, dan kesejukan di wilayah Bantul.

Selesai upacara pedang pora acara dilanjutkan ramah tamah diruangan Kapolres Bantul. Kemudian acara dianjutkan dengan laporan kesatuan Kapolres lama kepada Kapolres yang baru di Aula Mapolres Mapolres Bantul diikuti oleh Wakapolres, para Kabag, Kasatfung, Kapolsek jajaran, perwira staf Polres Bantul, anggota Polres Bantul, anggota Airud dan Bhayangkari.

Dalam laporan Kesatuan, Kapolres lama AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH memaparkan tentang situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Bantul seperti masalah Tindak pidana, kasus laka lantas, Ipoleksosbudhankam dan program unggulan yang disampaikan kepada Kapolres baru.

Sedangkan AKBP Wachyu  Tri Budi Sulistiyono SIK selaku Kapolres baru mengungkapkan, akan melanjutkan program Kapolres yang lama, dan mohon kami sekeluarga dapat diterima menjadi keluarga besar Polres Bantul.

Dalam upacara pelepasan Kapolres Bantul lama diawali dengan pengalungan bunga oleh kapolres Bantul kepada pejabat lama dan pemberian buget bunga oleh ibu ketua Bhayangklari Cab. Bantul kepada ibu Sahat.

Sedangkan Wakapolres Bantul menyerahkan keris kepada Kapolres lama perlambang ikatan batin dari segenap anggota Polres Bantul dimana bapak bertugas akan selalu ingat dan mengenang budaya serta keramahan masyarakat Bantul.

Selanjutnya pelepasan Kapolres lama diantar dengan naik mascot kapal dari Polairud diiringi Kapolres beserta para pejabat teras Polres Bantul beserta Bhayangkarinya hingga pintu gerbang Mapolres, situasi aman tertib.

Selamat jalan bapak dan ibu, terimakasih atas pengabdianmu, tugas baru menantimu, doa kami selalu menyertaimu. (Humas Polres Bantul)

Polsek Pleret Secara Serentak Berikan Imbauan Ke Sekolah-Sekolah

Kapolsek Pleret menjadi Pembina Apel yang dilaksanakan di SMA N 1 Pleret pada Senin (30/9/2019) pagi. Apel diikuti oleh seluruh siswa-siswi, Kepala Sekolah, para guru dan staf di sekolah tersebut.

Dalam arahannya, Kapolsek Pleret menyampaikan bahwa sebagai siswa sekolah tugas utamanya adalah belajar. Karena itu, para siswa agar terus meningkatkan semangat belajarnya supaya menjadi siswa yang berprestasi dan apa yang dicita-citakan kelak bisa tercapai.

Maraknya berita hoax yang beredar di media sosial, diharapkan para siswa selalu bijak dalam menggunakan media sosial seperti facebook, instagram atau twitter dan lainnya.

"Jangan mudah terpengaruh, apalagi terprovokasi terhadap informasi atau berita yang belum tentu kebenarannya", pesan Kapolsek.

Terkait adanya ajakan bagi pelajar untuk mengikuti aksi demo atau unjuk rasa yang beredar luas di media sosial, Kapolsek Pleret menghimbau kepada para siswa untuk tidak ikut-ikutan turun ke jalan mengikuti aksi demo tersebut.

"Saya minta para siswa tetap berada di kelas mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti hari biasanya", harap Kapolsek.

Sementara itu, kegiatan serupa juga dilakukan di sekolah lainnya. Seperti di SMA Muhammadiyah Pleret sebagai pembina apel oleh Kasihumas Polsek Pleret Aiptu Sawaldi, SMK N 1 Pleret oleh Kanit Binmas Polsek Pleret Iptu Sukardi dan MAN 3 Bantul Wonokromo oleh Kanit Sabhara Polsek Pleret Ipda Dalhari. (Humas Polsek Pleret)

AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK Resmi Jabat Kapolres Bantul Yang Baru

Hari ini, puncuk pimpinan tertinggi Kepolisian Resor Bantul resmi berganti. AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH yang telah kurang lebih dua tahun memimpin Polres Bantul, digantikan oleh AKBP Wachyu  Tri Budi Sulistiyono SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Dalpers Biro SDM Polda DIY. AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK selanjutnya akan menduduki posisi sebagai Wakapusdik Polair Lemdiklat Polri.

Proses pergantian orang nomor satu di lingkungan Polres Bantul tersebut ditandai dengan pelantikan yang dipimpin oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri MSi pada Senin (30/09/2019) di Halaman Polda DIY.

Selain melantik Kapolres Bantul, Kapolda DIY juga melantik Dirresnarkoba Polda DIY, Kabiddokkes Polda DIY, dan Kapolres Gunungkidul.

Kasubbag Humas Polres Bantul, AKP Sulistiyaningsih mengatakan mutasi jabatan ini dilakukan sebagai wujud regenerasi kepemimpinan sekaligus wujud penghargaan organisasi pada personel Polri yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. “Diharapkan dengan adanya mutasi mampu meningkatkan kualitas kinerja sekaligus memastikan kontinuitas program kerja Polda DIY," katanya. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Babak 8 Besar Elite Pro Academy Liga 1 2019 di SSA

Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MM memimpin pengamanan pertandingan sepakbola babak 8 besar Elite Pro Academy Liga 1 Th 2019 di Stadion Sultan Agung Jetis Bantul, Minggu (29/09/2019) pukul 07.15 WIB.

Pertandingan sepak bola babak 8 besar Elite Pro Academy Liga 1 Tahun 2019 melaksanakan dua kali pertandingan untuk pertandingan jam pertama antara Persib Bandung U16 melawan Persija Jakarta U16 dengan perangkat pertandingan wasit Fibay Rahmatullah dari Tangerang, dimenangkan Persija Jakarta U16 dengan skor 1-0.

Dilanjutkan pertandingan yang kedua antara Persebaya Surabaya U16 menghadapi PSM Makasar U16 dipimpin wasit pertandingan Ahmad fikriansyah dari jakarta timur dimenangkan Persebaya Surabaya U16 dengan skor akhir 1-0.

Selama pertandingan mendapat pengamanan dari personil gabungan Polres Bantul, Polsek Jetis dan Polsek Pleret berjalan aman dan tertib. (Humas Polsek Jetis)

Kanit Binmas Polsek Pandak Menjadi Pembina Upacara Di SMK Cokroaminoto Pandak

Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro menjadi Pembina Upacara di SMK Cokroaminoto Pandak Bantul, Senin (30/09/2019) jam 07.00 Wib.

Hadir juga dalam Kegiatan tersebut Kepala sekolah SMK Cokroaminoto Drs Busrodin, Kanit Binmas Iptu Subiantoro, Bhabinkamtibmas Wijirejo Aiptu Suryono, Bhabinkamtibmas Triharjo Bripka Subawa SH, Staf Binmas Polsek Pandak Bripma Nuschi Vera, Guru dan Siswa SMK Cokroaminoto sekitar 105 Siswa.

Kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian POLRI terhadap Pendidikan dan juga sebagai upaya untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada saat upacara yang digelar sekolah. Selain itu, ditambahkan juga dengan materi-materi tentang berita remaja yang sedang berkembang terkini.

Dalam arahannya Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro berharap kepada seluruh siswa SMK Cokroaminoto untuk belajar dengan rajin dan mentaati semua peraturan yang ada di sekolah.

Kami juga berpesan kepada bapak ibu guru agar selalu mengikuti setiap perkembangan siswa didiknya di sekolah dan mohon dengan sangat supaya para generasi muda bangsa dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan benar dan pikiran sehat serta diberikan jaminan keselamatan dan keamanan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kami juga menghimbau kepada seluruh siswa SMK Cokroaminoto agar tidak mudah percaya dan ikut menyebarkan berita hoax atau berita yang belum tentu kebenaran, cari tau dulu berita tersebut dengan bertanya kepada yang lebih tau atau bapak ibu guru. (Humas Polsek Pandak)

Panit 2 Binmas Polsek Sewon Himbau SMA Ali Maksum Krapyak Tidak Ikut Demo

Panit 2 Binmas Polsek Sewon Iptu Jumardiyono pimpin apel siswa di SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, Senin, 30 September 2019 pukul 07.30 wib, apel diikuti oleh Kepala Sekolah SMA Ali Maksum Ustad Ony, para guru dan seluruh siswa.

Dalam sambutanya , Panit 2 Binmas mengajak Siswa Siswi SMA Ali Maksum untuk Disiplin dalam setiap hal agar cita cita terwujud. Tidak mengikuti hal hal yang tidak baik seperti ikut Genk, demo dan lain lainnya.

Siswa diminta menjauhkan diri dari Narkoba dan sejenisnya, serta bijak dalam menggunakan Medsos, tidak boleh terpengaruh dengan berita berita Hoax dan menyebarkanya supaya tidak terjerat UU ITE.

Diminta para siswa tidak juga tidak menanggapi ajakan demo yang beredar di medsos pada 30 September di titik 0 Km Yogyakarta. Lebih baik belajar untuk mempersiapkan masa depan, apalagi saat ini sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester, himbau Panit 2 Binmas. (Humas Polsek Sewon).

Kanit Binmas Polsek Sewon Pimpin Apel Siswa Di Halaman SMKN 1 Sewon

Kanit Binmas Polsek Sewon Iptu Dalimin pimpin apel siswa di halaman SMKN 1 Sewon yang diikuti seluruh guru dan siswanya. Jumat, 30 September 2019 pukul 07.00 wib.

Apel dihadiri oleh Kepala Sekolah Ibu Sudaryati S. Pd, bapak dan Ibu guru beserta staf, Kanit Binmas Polsek Sewon, Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo, Anggota Sium Polsek Sewon dan Siswa - siswi SMKN 1 Sewon.

Pada kesempatan Apel Siswa, bapak Kanit Binmas dalam arahanya berpesan kepada siswa - siswi untuk terus meningkatkan semangat belajar agar tujuan dan cita cita dapat tercapai.

Selain itu, Iptu Dalimin juga menghimbau agar cerdas, bijak dan benar dalam menggunakan alat medsos sehingga tidak merugikan dirinya sendiri dan terjebak dengan berita berita Hoax yang menyesatkan.

Siswa - siswi juga diminta untuk fokus belajar dan menuntut ilmu, tidak terpengaruh dengan ajakan atau hasutan untuk melakukan kegiatan yang tidak jelas arah tujuannya, yang dapat merugikan diri sendiri. (Humas Polsek Sewon)

Pengamanan Kunjungan Kapolda Jateng ke Kediaman Ketua PP Muhamadiyah

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH dan anggota Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan kunjungan Kapolda Jateng di Kediaman Ketua PP Muhamadiyah, Jalan Sunan Kudus Nomor 01, Dusun Peleman, Gatak, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Minggu (29/09/2019) pukul 18.00 WIB.

Kunjungan Kapolda Jateng Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si beserta Istri diterima oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr.H. Haedar Nashir, M.Si dengan ramah dikediamannya.

Adapun kunjungan Kapolda Jateng ini dalam rangka mempererat komunikasi, silaturahmi  kamtibmas dengan Pengurus Wilayah Muhammadiyah guna saling bekerjasama antara Polri dengan Muhammadiyah untuk membantu menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Selama acara berlangsung Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH dan anggota Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan sampai acara berakhir terlaksana dalam keadaan aman dan tertib. (Humas Polsek Kasihan)

Jadi Pimpinan Apel di SMKN 1 Pundong, Aiptu Djuwanto Waspadai Ujaran Kebencian dan Hoax

Kasium Polsek Pundong Aiptu Djuwanto menjadi pimpinan apel siswa-siswi SMKN 1 Pundong yang bertempat di halaman SMKN 1 Pundong, Senin (30/9/2019) pukul 07.00 WIB.

Apel diikuti oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Pundong, guru serta karyawan dan siswa siswi SMKN 1 Pundong.

Dalam sambutanya Aiptu Djuwanto menghimbau kepada para siswa dan siswi jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita dari media sosial, karena saat ini sangat banyak berita dari media sosial yang mengandung ujaran kebencian atau berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, karena banyak sekali foto ataupun video yang diedit sedemikian rupa dan belum tentu kebenarannya.

Aiptu Djuwanto juga mengajak para Siswa siswi agar selalu tertib berlalu lintas dan mentaati semua peraturan sekolah. (Humas Polsek Pundong)

Kapolsek Pundong Menjadi Pembina Apel Di SMAN 1 Pundong

Kapolsek Pundong AKP Haryanto SH menjadi pembina apel siswa siswi SMAN 1 Pundong di halaman SMAN 1 Pundong, Bantul, Senin, 30-9-2019 pukul 07.00 Wib.

Apel diikuti oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Pundong, guru dan karyawan serta siswa siswi SMAN 1 Pundong.

Dalam sambutanya Kapolsek Pundong mengajak agar para siswa  siswi jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita dari media sosial, karena saat ini sangat banyak berita dari media sosial yang mengandung ujaran kebencian atau berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, karena banyak sekali foto ataupun video yang di edit sedemikian rupa untuk memojokkan pemerintah dan aparat negara khususnya TNI-Polri.

Guru / Pengajar di harapkan bisa mengkondisikan para siswa dan siswinya agar supaya tidak melaksanakan dan mengikuti ajakan dari teman ataupun undangan melalui media sosial untuk ikut melaksanakan aksi unjuk rasa, karena tugas siswa hanya utk belajar/menuntut ilmu. (Humas Polsek Pundong)

Pengamanan Merti Dusun di Dusun Ngireng-ireng

Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo,SH melaksanakan Pengamanan Merti Dusun di Dusun Ngireng-ireng Panggungharjo Sewon Bantul, Minggu (29/09/2019) pukul 13.00 WIB.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yaitu Lurah Desa PanggungHarjo Wahyudi Anggorohadi, SFam , Apt, Ketua BPD Panggingharjo Ari Suryanto SE, Kasi Pem Desa Panggungharjo M. Ali Yahya SH, Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo Bimo Wicaksono, Kasi Pelayanan Desa Panggungharjo Bimo Wicaksono, Dukuh Sedesa Panggungharjo, Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo, Babinsa Sertu Pargiyanto dan Serda Basuki.

Merti Dusun merupakan adat dan budaya warga masyarakat turun-temurun, serta menjunjung tinggi nilai budaya (Nguri-uri Budaya Jawa). Kegiatan tersebut berupa pawai keliling dusun.

Adapun adat tersebut mempunyai makna atau bertujuan sebagai wujud syukur seluruh warga masyarakat kepada Tuhan (Sang Pencipta) atas nikmat yang diberikan, serta permohonan doa agar senantiasa selamat, damai dan sejahtera dalam menjalani hidup bermasyarakat. (Humas Polsek Sewon)

Personel Polsek dan Koramil Jetis Bersinergi Amankan Kirab Budaya Merti Dusun Kowang

Personel Polsek dan Koramil Jetis bersinergi mengamankan kegiatan masyarakat. Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Aipda Sugiyono,SH serta Bripka Rahmad bersama Babinsa Ds.Trimulyo Sertu Sarjuni dan Sertu Ngatijo melaksanakan pengamanan kegiatan kirab budaya dalam rangka Merti Dusun Kowang Trimulyo Jetis Bantul, Minggu (29/09/2019).

Tradisi merti dusun merupakan salah satu kegiatan budaya untuk membangun kebersamaan, sekaligus sebagai aktualisasi diri dan sarana menghidupkan kehidupan desa yang dekat dengan nilai-nilai luhur tradisi dan budaya.

Selain itu, merti dusun sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rizki, kesehatan yang diberikan Nya untuk seluruh warga.  Hal inilah yang mendasari Padukuhan Kowang melakukan tradisi merti merti dusun ini.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pentas seni budaya berupa pementasan elekton musik dangdut,. Puncak acara sekaligus penutupan kegiatan merti dusun di pentaskan Jathilan "Lestari Budaya". (Humas Polsek Jetis)

Musyawarah Srandakan Bersholawat

Bhabinkamtibmas desa Trimurti Srandakan Brigadir Eko Rustamaji pada hari Sabtu, 28 September 2019 pukul 19.30 Wib menghadiri Musyawarah Srandakan bersholawat di Kampung Mayongan Dusun Celan desa Trimurti Srandakan.

Dalam kegiatan musyawarah tersebut dihadiri oleh masyarakat sekitar dan pengasuh Srandakan Bersholawat bapak Ky. Subhan dari Gunungsaren kidul serta Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Brigadir Eko Rustamaji.

Pada kesempatan musyawarah Srandakan Bershalawat tersebut Bhabinkamtibmas Brigadir Eko Rustamaji menyampaikan pesan pesan Kamtibmas antisipasi gangguan kamtibmas pada pelaksanaan Srandakan bershalawat.

Pukul 21.00 Wib seluruh rangkaian kegiatan musyawarah Srandakan Bersyalawat berakhir dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Panit Sabhara Ajak Siswa SMA N I Kretek Tekun Dalam Belajar

Panit Sabhara Polsek Kretek Iptu Paidi bertindak sebagai pembina upacara di SMA N 1 Kretek, Bantul yang diikuti oleh Kepala sekolah beserta para guru, staf dan seluruh siswa. Senin,30/09/2019.

Dalam kesempatannya Panit Sabhara menyampaikan bahwa upacara bendera merupakan wujud penghormatan rasa bangga dan cinta tanah air dan bangsa Indonesia, sekaligus untuk mengenang jasa-jasa para pejuang.

Mari kita merenungkan kembali apa yang telah kita perbuat untuk diri sendiri maupun kepentingan bangsa.

Perkembangan teknologi komunikasi membawa kita masuk kedalam jaman modern.Selain untuk kemajuan dan kesejahteraan manusia kearah peradaban baru, tidak bisa kita pungkiri timbul ekses negatif, yang diantaranya kita cenderung pemalas.

Untuk itu para pelajar tidak usah menanggapi surat undangan ajakan melakukan demo yang saat ini sedang marak-maraknya,dan menolak segala macam ajakan demo dari pihak manapun karena sebagai calon penerus Bangsa, tugas pelajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh. "Tugas para pelajar adalah belajar", tegasnya.

Sedangkan penyalahgunaan narkotika, DIY cukup tinggi melanda kalangan pelajar dan mahasiswa, ini cukup mengkawatirkan orang tua dan para pendidik, apa bila tidak ditinggalkan akan merusak mental generasi penerus bangsa.

Diakhir amanatnya Iptu Paidi mengajak para siswa untuk mentaati segala peraturan berlalu lintas. Disamping untuk  keselamatan diri sendiri maupun orang lain. "Selamat bertugas dan selamat belajar semoga sukses",  tutupnya. (Humas Polsek Kretek)

Pengamanan Pertandingan Final Turnamen Bolavoli Mulyodadi Cup Antar Pedukuhan Se - Kecamatan Bambanglipuro

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH beserta anggotanya mengamankan partai final Turnamen Bola Voli "Mulyodadi Cup" antar Pedukuhan se-Kecamatan Bambanglipuro di lapangan bola volley Dusun Destan Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, Sabtu (28/09/2019) malam.

Turnamen bola volley Mulyodadi Cup diselenggarakan oleh Pemuda - Pemudi Dusun Destan. Pada jam pertama perebutan juara 3 mempertemukan tim bola volley Dusun Tulasan melawan tim tuan rumah Dusun Destan.

Dalam pertandingan yang dipimpin Wasit 1 Kisno dan wasit 2 Siswanto, dimenangkan tim bola volley Dusun Destan dengan skor 3-0, sehingga Destan berhak menjadi juara 3 sedangkan Tulasan mendapat juara 4.

Sedangkan pada partai final mempertemukan tim bola volley Dusun Carikan melawan tim Dusun Wonodoro Pertandingan yang disaksikan ratusan suporter kedua tim berlangsung cukup meriah. Pada pertandingan partai final yang dipimpin wasit Siswanto dimenangkan oleh Dusun Carikan dengan skor 3-1.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH dalam kesempatannya turut menyerahkan hadiah kepada para juara. Turnamen bola volley Mulyodadi Cup secara resmi ditutup oleh Lurah Desa Mulyodadi  dan berakhir pukul 23.30 WIB berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pagelaran Wayang Kulit Merti Dusun Bondalem

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Sumbermulyo Bripka Sigit menghadiri Pentas Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun Bondalem Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Sabtu (28/09/2019) malam.

Pagelaran wayang tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD DIY dari Fraksi Golkar Drs H. Suwardi, Camat Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes, Danramil Bambanglipuro diwakili Serda Widayadi, Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani, Kasipem Desa Sumbermulyo Astriyono, Pamong Desa Sumbermulyo, Dukuh se- desa Sumbermulyo serta warga masyarakat sekitar 300.

Camat Bambanglipuro dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini menandakan masyarakat Dusun Bondalem masih menjunjung nilai budaya-budaya Jawa dan tetap menjaga kerukan diantara warganya. Semoga masyarakat dusun Bondalem ini nanti tetep gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem karto raharjo.

Adapun Wayang kulit dimainkan oleh Dalang Ki Wisnu Hadi Sugito  dengan lakon “Abimanyu Mbangun Kesatrian". Selama kegiatan berlangsung tidak menemuhi hambatan yang berarti dan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Parade Gending Rohani Di GKJ Sidomulyo

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menghadiri Parade Gending Rohani di GKJ Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Sabtu ( 28/09/2019) pagi.

Parade Gending Rohani 2019 dilenggarakan rutin dan bergilir oleh GLJ se Klasis Yogyakarta Selatan dihadiri oleh Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes, Lurah Sidomulyo Edi Murjito, Pendeta GKJ Sidomulyo Cortinus Wahyu Nugroho dan Peserta Parade Gending Liturgi 15 grup karawitan dari 15 Gereja se Klasis Yogjakarta Selatan.

Camat Bambanglipuro saat membuka acara menyampaikan sambutan " Atas nama Pemerintah Kecamatan Bambanglipuro kami menyambut baik dan memberikan Apresiasi kepada seluruh pihak atas segala usaha dan prakarsanya dalam menyelenggarakan kegiatan parade Gending Rohani 2019 klasis Yogyakarta selatan. Mari kita maknai sebagai perwujudan nilai-nilai kebersamaan dan nilai budaya yang terus bergerak dinamis, untuk itu kita harapkan Gereja akan semakin memantapkan posisinya melihat arah kebudayaan itu dengan seksama sesuai dengan perkembangan zaman."jelas Camat Bambanglipuro.

"Gereja harus memberi ruang dan fasilitas ekspresi kepada jemaat dengan alat yang ada agar gamelan terus berkembang didalam gereja, GKJ punya tanggung jawab semacam mandat bahwa GKJ menjadi bagian dari kebudayaan jawa untuk memeliharanya terus menerus. Berharap agar jemaat Gereja Kristen Jawa jangan pernah surut dan bisa terus menjadi pelopor yang lain dalam berkontribusi nyata pembangunan Kabupaten Bantul.

Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes secara simbolis dengan pemukulan Gong. Selesai pembukaan dilanjutkan acara inti yakni Parade Gending Rohani 2019 Klasis Yogyakarta Selatan. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Personil Polsek Sanden pimpin apel pagi pelajar di SMA N 1 Sanden dan SMK N 1 Sanden

Personil Polsek Sanden secara serentak mengambil apel pagi di SMA N 1 Sanden dan SMK N 1 Sanden, Senin (30/9/2019) jam 07.00 Wib.

Di SMA N 1 Sanden, apel pagi dipimpin Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana dan dihadiri Kanit Sabhara Aiptu Sumpana, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading dan Gadingsari, Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan serta seluruh siswa siswi SMA N 1 Sanden. Sedangkan di SMK N 1 Sanden, apel pagi dipimpin Bamin Unit Binmas Bripka Sulistriyanto, SH dan dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Srigading dan Gadingharjo, pengasuh dari Posal Samas, Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan serta seluruh siswa siswi SMK N 1 Sanden.

Kehadiran personil Polsek Sanden dalam memimpin apel pelajar di sekolah merupakan wujud sinergritas antara pihak Kepolisian dengan  sekolah untuk melakukan pembinaan kepada pelajar. Kepada para pelajar, baik Iptu Tri Haryana maupun Bripka Sulistriyanto, SH menyampaikan tentang situasi perkembangan di tanah air saat ini melalui media sosial khususnya tentang ajakan untuk ikut aksi unjuk rasa kepada anak anak sekolah.

Iptu Tri Haryana menyampaikan bahwa kegiatan penyampaian pendapat dibolehkan tetapi harus menataati peraturan UU dan juga harus menjunjung norma norma yang ada. Jangan sampai menggangu ketertiban umum. Apa yang beredar di medsos harus kita pahami dan kita sikapi dengan bijak, kita harus tahu literasi digital. Karena setiap penyebaran berita hoax terancam UU ITE. Gunakan alat komunikasi sesuai peruntukannya. Sebagai anak sekolah tugas utamanya adalah belajar dan belajar, ujar Iptu Tri Haryana.
   
Lebih lanjut, Kanit Binmas Polsek Sanden meminta kepada para siswa untuk terus belajar, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar apa yang dicita-citakan kelak dapat terwujud. Selain itu, para siswa dihimbau untuk tetap menjaga kedisiplinan dan menimba ilmu setinggi mungkin. Sebab, dengan ilmu itulah mereka akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang perusak persatuan dan mana yang menjadi pemersatu bangsa, pungkasnya. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Peresmian Balai Pertemuan Sasono Kridho Di Dusun Bodowaluh Srihardono

Kanit Sabhara polsek Pundong Ipda Muji Widodo mewakili kapolsek Pundong menghadiri peresmian balai pertemuan warga "Sasono Kridho" di dusun Bodowaluh Srihardono Pundong, Sabtu 29-9-2019 pukul 20.00 wib.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Pundong yang diwakili oleh Sekcam Pundong Drs Mursana, Anggota DPRD kabupaten Bantul dari Fraksi PKS Muhamad David, Lurah desa Srihardono Pundong bapak Awaludin, Kanit Sabhara polsek Pundong Ipda Muji Widodo, Bhabinkamtibmas desa Srihardono Aipda Haryanta, Dukuh Pundong bapak Wahyudi, toga tomas dan warga dusun Bodowaluh.

Balai pertemuan Sasono Kridho diresmikan oleh Lurah desa Sihardono yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan selanjutnya diserahkan kepada dukuh Pundong.

Dalam sambutannya, Lurah desa Srihardono mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Desa Bodowaluh yang secara bersama-sama dan gotong-royong dengan dana swadaya dari masyarakat bisa terbangun, berdiri bangunan balai pertemuan warga dimana bangunan itu adalah milik warga. Dana dari warga digunakan oleh warga. “Mari gedung bangunan balai warga ini, kita rawat bersama sama supaya tetap terjaga kebersihannya dan bisa digunakan untuk kepentingan warga”. (Humas polsek Pundong)

Laga Final Kejuaraan Nasional Sepatu Roda HB Cup Ke 5 Di JJLS Depok

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak pimpin pengamanan final Kejuaraan Nasional Sepatu Roda HB Cup yang ke-5 Tahun 2019 di JJLS Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul. Minggu, 29/09/2019.

Final kejuaraan sepatu roda bertaraf  nasional bertajuk " HB Cup th 2019 " tingkat anak-anak yang dilaksanakan selama 3 hari ini memasuki hari terakhir/final.

Dalam laga final maraton ini menempuh jarak 8 km Master, 13 km Master dan 21 km Master baik untuk putra maupun putri, dan terbagi menjadi 2 cabang Speed dan Freestyle, sedangkan star dan finish di JJLS, tepatnya didepan kantor TIC dusun Depok, Parangtritis.

Adapun dalam laga final maraton 8 km no A putri diikuti oleh 4 peserta, dan 5 putra. Final maraton 8 km no B diikuti 11 putri dan 10 putra, Final maraton no C putri diikuti 12 peserta dan 11 putra,Final maraton no D putri diikuti 20 peserta dan 23 putra. Sedangkan final 21 km Master putri diikuti oleh 12 putri dan 15 peserta putra.

Kegiatan kejuaraan sepatu roda bertaraf nasional HB Cup ke 5 tahun 2019 ini berakhir pukul 11.00 wib, berlangsung dalam keadaan lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek dipimpin Kapolsek Kompol Leo Fasak. (Humas Polres Bantul).

Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Sambangi Kegiatan Donor Darah di GOR Desa Segoroyoso

Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso, Aipda Nur Hadiyanto, menyambangi kegiatan donor darah yang diselenggarakan di GOR Desa Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Jumat (27/9/2019).

Kegiatan donor darah dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna ini digagas oleh Karang Taruna Kecamatan Pleret dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul.

Dalam kegiatan tersebut terkumpul sebanyak 24 kantong darah untuk disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, menurut Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Aipda Nur Hadiyanto, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan sosial untuk membantu sesama, terutama bagi yang membutuhkan darah.

Ia juga berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin, yang sekaligus untuk mengingatkan warga betapa pentingnya mendonorkan darah. (Humas Polsek Pleret)

Personel Polsek Sanden Amankan Anniversary Corolla Twincam Owners Club di Pantai Goa Cemara Patihan

Personel Polsek Sanden melaksanakan pengamanan giat Anniversary Klub Mobil Toyota Corolla se-DIY di kawasan obyek wisata Pantai Goa Cemara Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Minggu (29/9/2019) jam 10.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd beserta piket Fungsi Polsek Sanden, Ketua Pokdarwis Goa Cemara, Ketua Panitia Fery Purwanto dan anggota Klub Mobil Toyota Corolla se-DIY.

Pengamanan dilakukan anggota Polsek Sanden secara terbuka / berpakaian dinas dan tertutup / berpakaian preman guna memberikan rasa aman dan nyaman serta  mencegah adanya tindak kriminalitas maupun pelanggaran. Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis menyampikan pesan-pesan kamtibmas kepada seluruh peserta anniversary untuk tetap mematuhi aturan berlalu  lintas, tidak arogansi di jalan, jauhi minuman  keras yang dapat memicu tindak pidana, serta meminta kepada panitia untuk  selalu koordinasi dengan  aparat  pengamanan sehingga kegiatan berjalan aman dan tertib.

Sementara itu, suasana penuh kehangatan dan persaudaraan dari peserta anniversay tampak terlihat dari keakraban sepanjang acara. Ketua panitia kegiatan, Fery Purwanto mengucapkan puji syukur acara anniversary Klub Mobil Toyota Corolla berjalan lancar, sukses dan aman. Terima kasih atas supportnya dan pengamanan yang dilakukan Polsek Sanden, ucapnya. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Hadiri Musrenbang RKPDes Murtigading

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden, Bripka Eko Wibowo menghadiri giat Musrenbang RKPDes Murtigading, Sanden di Pendopo Balaidesa setempat, Minggu malam (29/9/2019) jam 20.00 WIB.

Acara Musrenbangdes Murtigading dihadiri anggota DPRD Bantul Heru Sudibyo, S.Sos., MM, perwakilan Forkompimcam Sanden, Lurah Desa Murtigading, BPD Murtigading, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading, Babinsa, Pamong Desa serta toga, tomas.

Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam menciptakan kondisi keamanan di wilayah desa binaannya. Keberadaan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi desa binaan serta masyarakatnya. Tidak hanya dalam pemeliharaan situasi kamtibmas, namun juga diharapkan mampu melaksanakan pemantauan dan pendampingan di desa binaannya masing-masing.

Sebagai wujud tugas tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Bripka Eko Wibowo ikut hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tentang “Penetapan RKPDes 2020” bersama jajaran Forkompincam Kecamatan Sanden dan Lurah, Pamong Desa Murtigading.

Terpisah, Kapolsek Sanden AKP Tukirin telah memerintahkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar berperan aktif di lapangan serta tanggap dengan segala kendala dan permasalahan yang ada di desa binaannya. Selain itu juga agar terus berkoordinasi dan bersinergi dengan babinsa serta unsur-unsur terkait. (Humas Polsek Sanden)

Personel Polsek Pleret Pengamanan Jalan Sehat Dan Senam Massal Di Jembangan Segoroyoso

Personel Polsek Pleret melaksanakan pengamanan kegiatan jalan sehat dan senam massal di dusun Jembangan, Segoroyoso, Pleret, Bantul. Minggu (29/9/2019) pagi.

Kegiatan jalan sehat dan senam massal ini, selain diikuti warga masyarakat dusun Jembangan, juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bantul H. Suryono, Lurah Desa Segoroyoso Miyadiana, Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Aipda Nur Hadiyanto dan Babinsa Sertu Budi S.

Sebelum melepas peserta jalan sehat, anggota DPRD Kabupaten Bantul H. Suryono memberikan sambutan yang pada intinya bahwa kegiatan ini sangat positif dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh warga.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta agar senantiasa mengedepankan pola hidup sehat dengan gemar berolahraga.

Sementara itu, pada kegiatan jalan sehat tersebut rute yang dilalui peserta yaitu seputaran dusun Jembangan. Setelah sampai finish dilanjutkan senam bersama dan pembangian doorprize. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Pentas Musik Orgen Tunggal Di Halaman Parkir Pasar Seni Gabusan

Personil Polsek Sewon dipimpin oleh Bripka Kasimar mengamankan pentas musik orgen tunggal di halaman parkir Pasar Seni Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Sabtu, 28 September 2019 pukul 20.00 Wib.

Pentas musik orgen tunggal ini dalam rangka Anniversary ke-7 Komunitas Motor Ninja dengan penanggung jawab dalam kegiatan Kevin Aditya yang disaksikan oleh ratusan orang.

Kegiatan dapat berjalan aman dan terkendali. (Humas Polsek Sewon)

29 September 2019

Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Sambang Warga

Untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif sekaligus mengakrapkan polisi dengan masyarakat, maka Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Aiptu Suryanto menyambangi beberapa warga binaanya di dusun Mulekan II, tirtosari, Kretek, Bantul. Jumat, 27-9-2019.

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas desa Tirtosari ngobrol santai serta menyisipkan pesan pesan kamtibmas. Dihimbau warga tetap menjaga kerukunan dan jangan mudah terprovokasi dengan informasi berita berita  yang tidak jelas kebenarannya.

Serta agar waspada apabila ada tamu yang belum dikenal  apabila ada permasalahan agar menghubungi bhabinkamtibmas desa tirtosari atau Polsek Kretek agar bisa cepat ditangani. (Humas Polsek Kretek)

Acara Ramah Tamah Antara SMK Maarif Piyungan Dengan Muspika Kecamatan Piyungan

Selasa, 24 September 2019 bertempat di RM Maduroso Piyungan berlangsung acara ramah tamah antara SMK Maarif Piyungan dengan Muspika kecamatan piyungan.

Kegiatan dihadiri oleh Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanto SH, Sekwilcam Piyungan, Kepala Sekolah serta para guru SMK Maarif piyungan dan para siswa dari klas 1 s/d 3 sejumlah 71 siswa.

Pada kesempatan tersebut AKP Suharyanto.SH memberikan arahan tentang kenakalan remaja. Diharap supaya para siswa rajin dan giat dalam belajar supaya sukses dalam menempuh cita cita serta gunakan waktu luang untuk mengikuti kegiatan ektra kurikuler di sekolah.

Gunakan waktu senggang untuk kegiatan positif, jangan sampai mengikuti kegiatan yang tidak jelas sehingga bergabung dengan anak anak klitih yang menimbulkan keresahan dan merugikan masyarakat sehingga berurusan dengan hukum apabila berbuat kriminal. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Sewon Dikunjungi Murid Paud SPS "PELANGI ANAK"

Polsek Sewon menerima kunjungan 19 murid Paud SPS (Satuan Paud Sejenis) "PELANGI ANAK" yang beralamatkan di dusun Widoro Bangunharjo Sewon Bantul, Sabtu 28 Oktober 2029 pukul 09.00 wib.

Kunjungan dipimpin oleh Kepala Paud ibu Dewi Novitasari beserta 5 guru lainnya, dan diterima oleh Panit Binmas Iptu Jumardiyono.

Menurut ibu Dewi Novitasari, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Polisi beserta tugas-tugasnya kepada anak anak, agar mereka tau dan menghilangkan image Sangar dan rasa takut pada anak-anak.

Adapun perkenalan fungsi dan tugas-tugas Polri dipandu oleh Bripda Susmita. (Humas Polsek Sewon)

Rapat Koordinasi Forkompica Sewon Antisipasi Demo 30 September

Kapolsek Sewon Kompol H. Paimun, SH hadiri rapat koordinasi dengan Forkompica Sewon bersama Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK Se- Kecamatan Sewon berkaitan dengan antisipasi akan adanya aksi unjukrasa pada tanggal 30 September 2019 di Yogyakarta. Rakor ini digelar di Aula Kantor Kecamatan Sewon Jumat 27 September 2019 pukul 09.30 wib.

Rapat dihadiri oleh Drs. Danang Erwanto, M.Si (Camat Sewon), Kompol H. Paimun, SH (Kapolsek Sewon), Kapten Arm. Joko Novianto (Danramil Sewon), Kepala KUA Kecamatan Sewon, Kepala Puskesmas Sewon 1 dan Sewon 2, Korwil bidang Pendidikan  Kecamatan Sewon, Kepala Sekolah SD, SMP, SMK/SMA se-Kecamatan Sewon, Lurah Desa Se-Kecamatan Sewon dan puluhan tamu undangan.

Dalam sambutanya, Camat Sewon menyampaikan meminta para guru harus bisa mengontrol terhadap anak didiknya apabila ada yang bolos sekolah dan nongkrong nongkrong di warung karena dari hal tersebut muncul perbuatan negatif.

Dalam rapat ini membahas tentang adanya surat undangan terbuka kepada para pelajar untuk mengilkuti demo di titik ) Yogyakarta pada tanggal 30 September menuntut undang undang KPK maupun KUHP.

Pada intinya dalam rapat tersebut menyatukan persepsi dan menciptakan bekerjasama dalam rangka berupaya melarang para siswa mengikuti demo tersebut. Dihimbau agar kepala sekolah bisa berdayakan guru BP agar bisa memberikan himbauan kepada siswa-siswi dan memberikan penekanan kepada siswanya.

Apabila siswa tetap membandel kita tetap memberikan pencegahan dengan berbagai cara agar siswa tetap tidak mengikuti demo. Kita sebagai orang tua harus bisa mengawasi anaknya dalam pergaulan disekolah maupun di luar sekolah agar siswa bisa melaksanakan kegiatan yg bersifat positif. (Humas Polsek Sewon)

Pengamanan Pentas Seni Jathilan Di Dusun Madugondo Sitimulyo

Sabtu, 28 September 2019 pukul 10.00 Wib di personil Polsek Piyungan mengamankan giat pentas seni di Dusun Madugondo, Sitimulyo, Piyungan, Bantul.

Kegiatan tersebut dalam rangka tasyakuran khitanan putra dari bapak Singgih Nurjono dengan menampilkan paguyuban seni jatilan Rogo cahyo putro maeso dari Banguntapan Bantul.

Selaku penanggungjawab giat bapak Singgih Nurjono (Kadus Marugondo) disaksikan ratusan warga berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Piyungan)

Kanit Binmas Polsek Dlingo Ambil Apel Pagi Di SMK N 1 Dlingo

Kanit Binmas Polsek Dlingo Ipda Dadiyono bersama Babhinkamtibmas  Desa Temuwuh Aipda Sukamto mengambil apel pagi di SMKN 1 Dlingo di halaman sekolah. Jumat , 27 september 2019.

Dihadapan para siswa dan siswi serta guru  SMKN 1 Dlingo, Ipda Dadiyono memberikan arahan  yang menyangkut tentang pesan berantai di media sosial yang isinya mengajak para siswa SMA/SMK Daerah Istimewa Yogyakarta untuk bersama sama melakukan unjuk rasa/demo pada tanggal 30 September nanti.

Oleh sebab itu dihimbau kepada para siswa yang sudah menerima pesan tersebut agar diabaikan saja dan para siswa tidak perlu ikut berdemo karena belum waktunya dan bukan tugas dari para pelajar,  tugas pelajar adalah belajar di sekolah dengan baik untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Ipda Dadiyono juga memberikan penekanan kepada para siswa siswa yang menggunakan kendaraan sepeda motor untuk tertip berlalu lintas  dengan melengkapi kelengkapan kendaraannya dan harus selalu menggunakan helm SNI.

Kepala sekolah SMKN 1 Dlingo bapak Rohmad  menyambut baik kepedulian dari Polsek Dlingo yang bersedia memberikan arahan kepada siswa kami agar para siswa lebih disiplin dalam belajar dan lebih mengerti tentang peraturan lalu lintas, pungkasnya.  (Humas polsek Dlingo).

Pengamanan Turnamen Volly Duwet Gentong Cup I

Personil Polsek Piyungan dipimpin Aiptu Agung R mengamankan Turnamen Volly Duwet Gentong Cup I di Lapangan Volly dusun Duwet Gentong, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Sabtu, 28 September 2019 pukul 20.00 Wib.

Turnamen volly tersebut diselenggarakan dalam rangka Peresmian Lapangan Volly Dusun Duwet Gentong dengan penanggungjawab bapak Dewo. Dalam pertandingan pertama ditemukan anatara Tim CVT Cikal Vs Tim Klenggotan dengan skor  3-2 dimenangkan oleh Tim CVT Cikal.

Sedangkan pada pertandingan kedua antara Tim Prayan Vs Tim Plesedan, dengan skor 3-1 dimenangkan oleh Tim Prayan.

Giat turnamen voly disaksikan oleh ratusan orang penonton dan selesai pada pukul 23.55 Wib selama berlangsung dalam keadaan aman.

Turnamen Voly ini dimulai pada tanggal 28 September s/d 17 Oktober 2019 dengan diikuti oleh 14 Tim dari beberapa pedukuhan se Desa Srimulyo. (Humas Polsek Piyungan)

Pengamanan Ministry Of Finance Festival 2019 Di UMY

Personil Polsek Kasihan dipimpin Kapolsek Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH melaksanakan pengamanan Ministry Of Finance Festival 2019 di Sportorium Kampus UMY, Jl. Brawijaya, dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu (28/09/2019) pukul 09.30  wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan RI Perwakilan Kementian Keuangan Propinsi DIY dalam rangka  Sosialisasi Pemberian Bea Siswa kepada Pelajar yang di hadiri sekira 500 orang.

Pengamanan berlangsung sampai acara berakhir terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Amankan Wayang Kulit Di Desa Bangunjiwo

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Aipda Rista Faruliyantaka pimpin pengamanan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk di Joglo Baldes Bangunjiwo, dusun Gendeng, Bangunjiwo, Kasihanm Bantul, Jumat (27/09/2019) pukul 21.00 wib.

Pagelaran Wayang Kulit ini diselenggarakan Pemerintah Desa dalam rangka hari jadi Desa Bangunjiwo ke 73, dengan dalang Ki Geter Pramuji lakon “Gondomono luweng” dan bintang tamu Suhin dan Waluyo. Giat dihadiri oleh Anggota DPRD Propinsi DIY bapak Danang Wahyu broto, Pj Lurah Bangunjiwo Wiji Harini, S.Sos. MM., BPD Bangunjiwo, Pamong Se-Desa Bangunjiwo, Ketua RT, tamu undangan dan warga sekitar serta pengunjung sekira 350 orang.

Selama pagelaran wayang kulit berlangsung lancar. Pengamanan melibatkan anggota Polsek Kasihan dibantu FKPM dan Linmas terlaksana aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Polwan Polsek Pajangan Hadiri Talk Show Pariwisata DIY di Krebet Sendangsari Pajangan 2019

Polwan Polsek Pajangan Bripka Puji Lestari menghadiri acara Talk Show Gelar Pesona Desa Wisata DIY di Ampiteater Bukit Pajangan Dusun Krebet RT 05 Pajangan Bantul, Sabtu Siang (28/9/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos M.Si dalam membuka acara ini mengatakan Orang yang kepepet itu menumbuhkan kreatifitas yang tinggi, warga masyarakat peras otak untuk merubah nasibnya sehingga mengembangkan Pariwisata.

Kemajuan Pariwisata di Sendangsari cukup menjanjikan Desa Wisata Krebet masuk lomba Desa Wisata tingkat DIY dan Mangir masuk 5 besar tingkat Nasional. Mari kita ciptakan Pariwisata yang berkualitas, orang yang datang sedikit namun meninggalkan transaksi uang yang besar itu harapan kami, ujarnya dalam membuka Talk Show Gelar Desa Wisata DIY di Krebet.

Beberapa Kesenian dalam meningkatkan kunjungan Patiwisata akan digelar siang hingga malam nanti, Jathilan BKM, Tari Sanggar Pertiwi, Band Jarot dan Kethoprak Eka Muda Budaya mengambil lakon Keris Mataram.

Nara sumber yang dihadirkan dalam acara ini Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta, Wardoyo Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Bpk. Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos dan Bpk. Hari Rahmadi dari GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia). (Humas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Hadiri Pembukaan Diklatsar

PAC GP Ansor Pleret mengadakan kegiatan Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) tahun 2019 yang digelar selama tiga hari (27-29 September 2019) di Komplek Balai Desa Wonolelo, Pleret, Bantul.

Acara pembukaan dilangsungkan di Pendopo Balai Desa Wonolelo pada Jumat (27/9/2019) siang, dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Forkompincam Pleret, Kapolsek Pleret diwakili Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo, Pemdes Wonolelo, pengurus MWC NU Kecamatan Pleret dan Banom, PC Ansor Bantul, Satkorcab Banser Bantul, pengurus Muslimat NU Pleret, pengurus IPNU-IPPNU Pleret, pengurus Ranting NU se Kecamatan Pleret, tokoh masyarakat serta peserta Diklatsar.

Saat membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, GP Ansor merupakan benteng NKRI yang kokoh. Oleh karena itu, sudah sepatutnya GP Ansor harus tetap teguh mengawal NKRI dari pihak-pihak yang ingin merongrong keuntuhan NKRI.

Sementara itu, dalam pelatihan yang dirancang untuk memperkenalkan sekaligus membentuk sikap dasar di bidang bela negara ini, diharapkan para peserta bisa mengikuti seluruh kegiatan diklatsar dengan sungguh-sungguh. (Humas Polsek Pleret)

28 September 2019

Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Hadiri Pencanangan Coe Kelompok Bina Keluarga Lansia “Asih Wreda”

Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo, SH menghadiri pencanangan CoE (Center of Excellence) kelompok Bina Keluarga Lansia “Asih Wreda” yang terletak di Dusun Krapyak Wetan, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Pencanangan dilakukan oleh Kepala DPPKBPMD Kabupaten Bantul ibu Dra. Sri Nuryanti, M.Si. Kamis, 26 September 2019.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan BKKBN Provinsi DIY, Kepala DPPKBPMD Kab. Bantul, Bapak Camat dan PLKB Kecamatan Sewon, Bapak Lurah Desa Panggungharjo, Ketua dan anggota BKL Asih Wreda.

Bina Keluarga Lansia (BKL) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan keluarga sebagai dasar untuk menghadapi krisis-krisis ekonomi dan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi penuaan. BKL bertujuan untuk meningkatkan sikap, dan perilaku sehat, serta juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara menangani perawatan lansia.

Disampaikan oleh Kepala Dinas PPKBPMD bahwa , dengan adanya BKL diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan meningkatkan kualitas pengelolaan kelompok kegiatan lansia.

BKL Asih Wreda merupakan salah satu BKL yang sudah maju dan berkembang dan pantas menjadi salah satu Center of Excelent yang diharapkan nantinya akan menjadi pusat pembinaan dan pengembangan program BKL yang unggul. (Humas Polsek sewon)

Kapolsek Pandak Hadiri Pengajian Di Pondok Pesantren Al Imdad

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela menghadiri Pengajian Haul ke-24 Almaghfurlah KH. Humam Bajuri di Pondok Pesantren Al-Imdad bersama KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Pondok Pesantren Al-Imdad Dusun Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul, Kamis (26/09/2019) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam pengajian tersebut Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi PPP Eko Sutrisno Aji A.Md, Camat Pandak diwakili Kasi Kemas Suwardi S.Pd, Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Kepala KUA Kecamatan Pandak Asrori SH, Lurah Desa Wijirejo Drs Murtanda, Pengurus Pondok Pesanten Al Imdad KH Ahmad Murod S.Ag, Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono, Babinsa Desa Wijirejo Serda Andri, Tamu Undangan dan Jemaah pengajian.

Pengajian yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Imdad ini dalam rangka untuk mengenang wafatnya Almaghfurlah KH. Humam Bajuri. Acara pengajian diawali dengan khataman para santri dengan kategori 30 juz bil hifdzi, 30 juz bin nadzri, 10 juz bil hifdzi, 5 juz bil hifdzi, dan 5 juz bin nadzri. Setelah haflah selesai, dilanjutkan acarahaul dengan susunan acara pembukaan, tilawah dan sholawat, tahlil, sambutan-sambutan, istirahat, mauidhoh hasanah oleh KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), dan ditutup dengan do’a.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela mengikuti kegiatan sampai dengan selesai. (Humas Polsek Pandak)

Pada Tanggal 30 September, Seluruh Siswa SMAN 1 Srandakan Diwajibkan Masuk Sekolah

Kamis, 26 September 2019 pukul 09.00 Wib, petugas Polsek Srandakan melaksanakan himbauan dan kunjungan kepada pihak sekolah SMAN 1 Srandakan, terkait dengan adanya ajakan siswa sekolah untuk mengikuti demo di titik 0 Yogyakarta pada tanggal 30 Sepetember, yang ajakannya sudah tersebar di sosmed.

Team di terima oleh bapak kepala sekolah bapak Drs Witarso, dan bagian kesiswaan ibu Fitriani Purwaningsih, S.Pd.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah antisipasi agar siswa tidak terpengaruh dan tidak mengikuti ajakan tersebut baik atas nama pribadi maupun dari sekolah. Agar siswa tidak terjebak dalam kegiatan yang sudah tidak murni aspirasi, dan agar siswa tidak dimanfaatkan sebagai tameng oleh kelompok kelompok yang tidak bertanggung jawab.

Bapak Drs Witarso menyampaikan selamat datang dan juga menyampaikan bahwa pihak sekolah menyambut baik himbauan Polisi tersebut. Kemudian memberikan arahan kepada para siswanya agar mereka tidak menerima ajakan tersebut karena merugikan diri sendiri.

Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak sekolah akan mewajibkan seluruh siswa wajib masuk sekolah pada hari H nya tapa kecuali. Semua murid akan diabsen dan yang sakit harus dengan surat dokter. (Humas Polsek Srandakan)

Pengamanan Senam Bersama Kelompok SPP Di Halaman Kantor Camat Pundong

Ps Kasi humas polsek Pundong Aiptu Riswanto mewakili Kapolsek Pundong menghadiri senam bersama kelompok SPP (simpan pinjam khusus permpuan) di halaman kantor camat Pundong, Bantul. Sabtu 21-9-2019 pukul 07.30 wib.

Kegiatan ini dalam rangka gebyar 13 tahun UPK Pundong, dihadiri oleh Nanang Dwi Atmoko S.Sos Camat Pundong, Awaludin Lurah Desa Srihardono, Mudiayana Lurah Desa Panjangrejo, Dwi Biwo Gunanto ketua SPP UPK kecamatan pundong, tokoh masyarakat, anggota SPP UPK kecamatan pundong dan ratusan peserta.

Sambutan Camat Pundong Nanang Dwi Atmoko S.Sos berharap SPP UPK dapat membina UMKM sehingga dapat berdikari dan menambah kesejahteraan anggotanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh orgen tunggal KFC intertaiment dan berakhir pukul 11.00 wib berjalan aman dan lancar dengan pengamanan dari personil Polsek Pundong. (Humas Polsek Pundong)

Lokakarya Mini Di Ruang Aula Puskesmas Sedayu 1

Kamis 26-9-2019 jam 09.00 di puskesmas sedayu 1 telah berlangsung Lokakarya mini dipandu dari  dinas kesehatan puskesmas sedayu 1 Dr Sintia Utami di ruang aula Puskesmas Sedayu 1 Panggang Argomulyo Sedayu Bantul.

Pejabat  yang hadir dari Muspika kec. sedayu, dokter puseksmas sedayu 1 dan 2, lurah, dukuh dan ibu kader.

Adapun  materi yang disampaikan yaitu masalah penanganan darah tinggi, penangganan orang gangguan jiwa, penangganan sampah dan penyuluhan KB.

Menurut bu dokter  adanya kegiatan tersebut salah satunya adalah menjadi langkah strategis, untuk menentukan arah kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya. "Hasilnya kita berharap ada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, secara khusus di Kecamatan Sedayu.”. katanya.

Camat  sedayu  bapak Sarjiman menuturkan, dengan adanya kerjasama lintas sektoral, penanganan masalah kesehatan akan mudah ditangani ditingkat desa.

"Masalah kesehatan ini tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan sendiri, tentu berkaitan dengan lingkungan dan sebagainya," ujarnya.

Sekarang ini, kata Camat, masyarakat harus diberikan pemahaman yang kuat tentang bidang kesehatan.

"Maka kita tekankan agar partisipasi ini dijalankan, kesehatan tidak bisa berjalan dengan baik kalau, masyarakat apatis terhadap masalah kesehatan ini," ujarnya. (Humas Polsek Sedayu)

Pengamanan Senam Jantung Sehat Di Halaman Kecamatan Jetis

Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono bersama Ps. Kasihumas Polsek Jetis Aiptu Ragil Wisnu W mengikuti kegiatan senam Jantung Sehat di halaman Kecamatan Jetis, Bantul. Jumat, (27/09/2019)

Kegiatan mengambil tema "Sayangi Jantungmu, Perhatikan Pola Hidupmu" diselengarakan oleh Yayasan Jantung Indonesia bekerjasama dengan Rumah Sehat Baznas Yogyakarta dan Pendamping Program Keluarga Harapan ( PPKH ) Kecamatan Jetis dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia ( World Heart Day ).

Ketua penyelenggara PLT Ka Klinik Pratama Rumah Sehat Baznas Yogyakarta dr. Dina Arisonaningtyas, MPH menjelaskan bahwa Hari Jantung diperingati dikarenakan penyakit jantung merupakan silent killer dan merupakan penyakit nomor 1 yang banyak menyebabkan kematian di dunia.

"Mari kita jaga jantung kita, mencegah penyakit jantung dengan pola hidup sehat dengan cukup olahraga, istirahat serta sayangi jantung kita, dan senam merupakan salah satu caranya", jelas dr. Dina.

Senam Jantung dan Talk Show diikuti sekitar 1000 orang, anggota Polsek Jetis laksanakan pengamanan hingga kegiatan selesai dengan aman dan tertib. (Humas Polsek Jetis).

Antisipasi Demo, Polsek Kasihan Apel Siaga

Dalam rangka antisipasi Demo, Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH melaksanakan Apel Siaga diikuti Para Kanit, Para Panit, Para Kasi dan semua anggota  di halaman Mapolsek Kasihan  Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Sabtu (28/09/2019) pukul 08.00 wib.

Arahan dalam apel penekanan masalah penanganan aksi unjuk rasa atau menyampaikan pendapat di muka umum. Tingkatkan kewaspadaan, Jalin komunikasi dan koordinasi dengan toga tomas dan lain lain.

Laksanakan patroli terpadu dengan Koramil, Intel agar selalu bisa memberikan info yang akurat setiap hari kepada pimpinan, Mobil dinas harus selalu stanby dan siap pakai.

Pada intinya, seluruh anggota siaga dan mendeteksi secara dini perkembangan situasi terkini dan melaksanakan koordinasi dengan tokoh masyarakat, agama dan politik untuk bersama sama menciptakan situasi yang kondisif. (Humas Polsek Kasihan)

Anggota Polsek Jetis Ngaji Kamis Pagi

Ka SPK I Polsek Jetis Aiptu Wakidi pimpin pengajian rutin Kamis pagi dan pembacaan surat Yasin di Mushola Babul Jannah Polsek Jetis Bantul, Kamis,  26 September 2019.

Dalam Pengajian rutin ini diadakan pembacaan surat Yasin dan Tahlil yang dikirimkan kepada Leluhur Polri dan doa keselamatan bagi  keluarga besar polri khususnya anggota  Polsek Jetis dan permohonan doa untuk dimudahkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dijauhkan dari mara bahaya serta diberikan rezeki yang berkah.

Pengajian rutin dilaksanakan dan diikuti oleh anggota Polsek Jetis yang saat itu tidak melaksanakan pelayanan maupun kegiatan yang lain. Situasi aman tertib.  (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Jetis Menjadi Imam Dan Khotib Salat Jumat Di Masjid Nurul Huda Kiringan

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Saleh SH MM menjadi imam dan khotib salat Jumat di Masjid  Nurul Huda Kiringan Canden Jetis Bantul Kapolsek Jetis Bantul. Jumat, 27 September 2019.

Dalam khutbah Jum'atnya Kapolsek mengambil tema "setiap amal ada balasannya".  Kapolsek Jetis mengajak kepada segenap jemaah yang hadir untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Ditegaskan oleh Khotib Manusia adalah makhluk sosial, makhluk bermasyarakat yang tidak dapat hidup dengan sendiri dan membutuhkan orang lain. Ini berarti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri perlu pertolongan orang yang lain sehingga manusia yang akan mengerjakan suatu pekerjaan pasti akan berpikir terlebih dahulu kebaikan, atau keburukan, ketaatan atau kemaksiatan.

Apabila perbuatan yang dikerjakan adalah baik pasti akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Oleh sebab itu maka setiap kita manusia dituntut untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, karena Kita sendirilah yang akan menerima balasan pahala darinya di samping kebahagiaan duniawi kita juga dituntut untuk menjauhi kejahatan, kedurhaakaan dan kemaksiatan agar menjadi orang yang selamat di dunia dan akhirat.

Diakhir kegiatan, Kapolsek melaksanakan ramah tamah dengan segenap warga Dusun kiringan serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan memberikan kenang-kenangan Alquran bagi takmir Masjid Nurul Huda Kiringan Jetis Bantul. Situasi aman tertib. (Humas Polsek Jetis)