Kapolsek Sanden Ikuti Gerakan Tanam Padi Di Bulak Poktani Sumber Rejeki Dayu

Posted by tribratanewsbantul on 07:43

Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Padi dalam rangka Peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan Berkelanjutan di Bulak Kelompok Tani Sumber Rejeki Dusun Dayu Gadingsari Sanden, Bantul, Jum'at (27/9/2019) jam 10.00 Wib.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama pejabat lainnya secara seremonial melaksanakan penanaman padi jenis Situ Bagendit. Penanaman padi ini merupakan perbenian Hibrida padi jantan dan betina seluas 6 Ha. Hasil persilangan jantan dan betina, rencananya untuk bibit padi hibrida. Giat diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Pemda Bantul. Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perkebunan Propinsi DIY, Kristamtini dari BPTP DIY, Bupati Bantul diwakili Assek 3 Pemda Bantul Ir Pulung Haryadi, Plt Kadin Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul Ir Bambang Pin Erwanto MM, Camat Sanden, Danramil Sanden, Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Bkp Widodo Sp MS.c Koordinator POPT (Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) Kabupaten Bantul Widodo SP, MSc, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari, Babinsa, Gapoktan, KWT serta tamu undangan lainnya.

Camat Sanden Slamet Santoso SIP memgatakan bahwa kegiatan ini merupakan gerakan tanam padi berkelanjutan di masa tanam bulan September. Dengan tanam serentak diharapkan hasilnya juga serentak dan bagus sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan masyarakat, sisanya bisa untuk tabungan, kata Camat.

Sedangkan perwakilan Dinas Pertanian Ketahanan  Pangan dan Perkebunan  DIY mengaku bangga yang mana Kabupaten Bantul masih swasembada pangan dan berharap Bantul masih tetap bisa swasembada pangan. Semoga swasembada pangan ini selalu terjaga bahkan surplus sehingga warga mempunyai stok pangan dan bisa membantu daerah lain saat kekurangan pangan, ujarnya.

Sementara itu, Assek 3 Pemda Bantul Ir Pulung Haryadi mewakili Bupati Bantul Drs. H. Suharsosno mengatakan bahwa sesuai visi misi Bupati salah satunya adalah mensejahterakan rakyat, maka swasembada pangan menjadi kunci kesejahteraan dengan meningkatkan produksi pangan. Ir Pulung berpesan kepada petani, yaitu untuk menciptakan kesejahteraan petani dengan efisiensi biaya untuk menekan cos produksi dan diserfikasi pendapatan yaitu jangan hanya menjadi petani padi namun juga dengan peternakan ataupun budidaya ikan. Dengan diserfikasi pendapatan diharapkan mendapat tiga penghasilan yaitu penghasilan harian, bulanan dan tahunan, pungkas Ir Pulung. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:43

0 komentar:

CB