Pengamanan Giat Tradisi Nguras Genthong Di Makam Raja-Raja Pajimatan Imogiri

Posted by tribratanewsbantul on 08:18

Kapolsek Imogiri Kompol Anton  Nugroho wibowo,SH hadiri prosesi nguras enceh (nguras Gentong) oleh abdi dalem Kraton Yogyakrta dan Surakarata di bangsal sapit urang makam raja raja Pajimatan, Imogiri, Bantul. Jumat (27/09/2019).

Upacara nguras Enceh atau mengganti air gentong adalah tradisi rutin yang dilakukan pada setiap bulan Suro khususnya pada hari Jumat Kliwon atau Seloso Kliwon.

Enceh atau gentong yang ada di komplek makam Raja-Raja Mataram Imogiri ini berjumlah 4 (empat buah). Nama-nama enceh adalah Gentong Kyai Danumaya, Kyai Danumurti, Kyai Mendung, dan Nyai Siyem. Gentong Kyai Danumaya berasal dari Kerajaan Palembang, Kyai Danumurti dari Kerajaan Aceh, Kyai Mendung dari Kerajaan Ngerum di Turki, dan Nyai Siyem berasal dari Kerajaan Siam (Thailand).

Turut Hadir dalam acara nguras enceh ini  diantaranya  Camat Imogiri Dra. Sri Kayatun, Danramil Imogiri Kapt CZI Pangestu, Lurah Desa Wukirsari dan Lurah desa Girirejo, BKSDS Yogyakarta, Krt. Hasto Diningrat, Krt. Jogo Asmoro, Krt. Rekso Asmoro serta warga masyarakat.

Pada saat prosesi nguras enceh sebagian warga berbondong - bondong untuk meminta air menggunakan dari berbagai macam wadah. Hal tersebut dilakukan masyarakat sebagai anggapan bahwa air dalam Enceh bisa membawa manfaat  kepada pemakainya.

Kegiatan ini  mendapat pengamanan dari Polsek Imogiri dibantu Koramil Imogiri dan Pasikaton yang dipimpin Kapolsek Imogiri. (Humas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:18

0 komentar:

CB