30 November 2019

Unit Reskrim Polsek Bantul Tangkap Pelaku Pencurian Handphone

Jajaran Unit reskrim Kepolisian Sektor Bantul menangkap pelaku pencurian handphone berinisial K (35), warga Padukuhan Bajang, Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak.

Kapolsek Bantul, Kompol Munawar Syam mengatakan awal mula pengungkapan kasus tersebut dari laporan seorang korban bernama Agus Sulistyono, warga Padukuhan Pepe, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul.

Korban tersebut melapor ke Polsek Bantul karena telah kehilangan sebuah handphone merek Oppo F3 senilai Rp 3,5 juta yang ia taruh di atas meja toko handphone miliknya di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Padukuhan Pepe, Desa Trirenggo. Kejadian kemarin malam, Kamis (28/11/19),” ujarnya.

Berdasarkan laporan korban tersebut pada malam itu juga kami langsung ke lokasi kejadian melakukan olah tempat kejadian perkara, memeriksa sejumlah saksi serta kamera CCTV yang terpasang di toko tersebut. Dari situlah, petugas mendapat petunjuk terduga pelaku pencurian.

Setelah dilakukan pendalaman, identitas pria jangkung itu berhasil diketahui. Tidak mau incarannya tersebut kabur, petugas kemudian bergerak melakukan pencarian hingga akhir tertangkap di rumahnya.

Sementara itu, kronologi pencurian handphone yakni ketika korban yang berada di toko tersebut tengah lengah. Pelaku yang telah mengincar di sekitar lokasi, begitu ada kesempatan langsung menggasak handphone yang secara kebetulan ditaruh di atas meja. Kapolsek menambahkan pencuri tidak hanya mencuri handphone, ia juga menggondol sebuah helm merek KYT di parkiran depan toko. (Humas Polres Bantul)

Panit Sabhara Polsek Kretek Hadiri Pembinaan Keagamaan Di Gedung Serbaguna Desa Donotirto

Mewakili Kapolsek Kretek, Panit Sabhara Iptu Nurgiyanto didampingi Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto, menghadiri pengajian di gedung Serbaguna balai desa Donotirto, Kretek. Jum'at, 29/11/2019 malam.

Pengajian bersama Al Ustadz Drs. H. Saebani MA.M.Pd ini dihadiri oleh Dinas kesejahteraan kabupaten Bantul H. Sugeng Prihatin SH, Sekcam Kretek H. Bambang Hudaliyanto SH,M.Hum bersama Forkom Pimcam, perwakilan KUA, Lurah desa Donotirto H.Jurahimi, ketua Cabang Muhammadiyah Kretek H. Suhardi M.Pd dan ketua Cabang Aisyiah, ketua ranting Muhammadiyah dan ketua ranting Aisyiah se kecamatan Kretek beserta ratusan jama'ah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemda kabupaten Bantul bekerjasama dengan takmir Masjid Al Isbandiyah dusun Mriyan, Donotirto, Kretek, dan dilaksanakan dalam rangka pembinaan keagamaan kepada warga masyarakat kecamatan Kretek.

Sekcam Kretek H.Bambang Hudaliyanto SH, MH atas nama kecamatan Kretek dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemda kabupaten Bantul yang telah menyelenggarakan kegiatan pembinaan keagamaan ini dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Untuk itu diharap kepada orang tua agar mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, tutupnya.

Sedangkan Al Ustadz Drs.H.Saebani MA,M.Pd dalam tausyiahnya mengajak jama'ah untuk meningkatkan jalinan Ukuwah Islamiah dan jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

Mari kita benar-benar memperhatikan usia,segala pekerjaan/kebaikan kita niati dengan ibadah agar hidup ini berguna baik didunia maupun diakherat, setidaknya agar keluarga kita "Sakinah, Mawadah Warohmah". Amien, pungkasnya.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 22.15 wib, situasi tertib dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek yang dibantu Koramil dan kokam. (Humas Polsek Kretek).

Pos Pagi Di Depan SMP Negeri 1 Dlingo Bantul

Bhabinkamtibmas desa Temuwuh Aipda Sukamto melaksanakan pos pagi di depan SMP  Negeri 1 Dlingo Bantul.  Kamis 28 Nopember 2019.

Pos pagi dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang menggunakan jalan umum dibagi hari, terlebih kepada para siswa siswi SMP Negeri 1 Dlingo yang akan masuk ke sekolah.

Aipda Sukamto selain mengatur lalu lintas juga membantu menyeberangkan jalan para pejalan kaki dan siswa SMP.

Dengan kehadiran anggota polsek Dlingo khususnya babhinkamtibmas desa Temuwuh warga sekitar dan para siswa maupun guru merasa terbantu dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Aipda Sukamto. (Humas polsek Dlingo).

Mapolsek Pundong Berdiri Diatas Lahan Tanah Sultan Ground Yang Direstui Pengunaanya Oleh Paniti Kusumo Keraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat

Kapolsek Pundong AKP Haryanto SH, menghadiri Rapat Koordinasi dalam rangka Penyampian informasi masalah kependudukan di aula balai desa Srihardono pundong Bantul. Jumat 29-11-2019 pukul 13.00 wib.

Rakor diikuti oleh  Lurah Desa Srihardono, Kepala Dusun, Ketua Rukun Tetangga se Desa Srihardono, Bambang Purwadi Nugroho SH MH kepala dinas kependudukan Pemda Kab.Bantul, Drs Mursana Sekcam Pundong, Awaludin Lurah Desa Srihardono dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Lurah Desa Srihardono menyampaikan bahwa rapat koordinadi hari ini adalah untuk membahas masalah kependudukan di desa Srihardono serta beliau Kapolsek Pundong akan menyampaikan penjelasan tentang keberadaan lahan Polsek Pundong yang merupakan lahan / tanah SG Sultan Ground.

Kapolsek Pundong meyampaikan yang intinya bahwa tanah yang digunakan oleh Polsek Pundong telah mempunyai ketetapan hukum yang sah, tanah tersebut merupakan tanah SG (sultan ground) dan telah direstui pengunaanya oleh Paniti Kusumo Keraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat

Bambang Purwadi Nugroho SH MH kepala dinas kependudukan menyampaikan bahwa desa Srihardono telah merekam E KTP 98,2 % , KTP merupakan tanda identitas yang telah terintegritas dengan data raskin, BBJS dan lainnya.

Untuk pengurusan akte lahir tidak dikenakan denda dan program kami untuk kepengurusan data kependudukan tidak dipungut biaya.

Dengan kerja sama mulai dari tingkat bawah bahwa program kita yang telah dicanangkan berjalan dengan lancar kami memberikan apresiasi kepada desa Srihardono beserta perangkatnya.

Sekarang KTP tidak hanya untuk orang dewasa, KTP dibagai menjadi 4, untuk WNA, anak anak (KIA),  KTP Dewasa dan KTP untuk yang sudah menikah.

Kedepan pelayanan kependudukan akan dilakukan dengan secara online / digital dengan pembayaran melalui anjungan tunai kependudukan. Giat berakhir pukul 14.30 wib berjalan aman serta lancar. (Humas Polsek Pundong)

Setiap Pagi Petugas Polsek Pleret Menyeberangkan Anak-Anak Sekolah

Setiap pagi hari anggota Polsek Pleret melaksanakan pos pagi mengatur lalu lintas serta membantu menyeberangkan warga masyarakat termasuk anak-anak sekolah.

Seperti pada pagi ini, Sabtu (30/11/2019), petugas dari Unit Lantas Polsek Pleret melakukan pengaturan lalu lintas dan juga menyeberangkan anak-anak sekolah di Jalan Imigiri Timur depan MIN 1 Bantul, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Efendi Sulistianto SH MM mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap pagi disaat para pelajar berangkat ke sekolah untuk mengikuti proses belajar mengajar.

Ia juga menambahkan, kegiatan pos pagi sudah menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri, terutama bagi pengemban Fungsi Lalu Lintas. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan demi terciptanya kamseltibcar lantas di jalan raya. (Humas Polsek Pleret)

Giatan Polisi Sahabat Anak Di SD Godegan Srandakan

Unit Lalulintas Polsek Srandakan dipimpin Panit Lantas Polsek Srandakan Ipda Subardiyana melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA)  di halaman Sekolah  SD Godegan desa Poncosari Srandakan, Bantul, Kamis, 28 November 2019 Pukul  08.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut Panit Lantas Ipda Subardiyana beserta staf Lantas mengajarkan dan mempraktekan  12 gerakan pengaturan lalulintas serta Sosialisasi tertib berlalulintas.

Kegiatan PSA tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Polri khususnya dari Polsek Srandakan kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan tatatertib lalulintas, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas. Dan juga memperkenalkan tugas tugas polisi kepada anak supaya mengenal dan tambah akrab dengan polisi.

Pada pukul 09.30 kegiatan PSA berakhir dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Kapolsek Srandakan Besuk Ibu Wening Pamuji Asih

Kapolsek Srandakan Kompol B. Muryanto beserta staf Polsek Srandakan membesuk ibu Wening Pamuji Asih di kediaman Kaur Pem desa Poncosari Srandakan bapak Gufron. Jum'at, 29 Nopember 2019  pukul 09.00 WIB

Setelah beberapa hari mendapatkan perawatan di RSUP dr Sarjito akhirnya ibu Wening diperbolehkan pulang kerumah dalam tahap pemulihan. Semoga beliau cepat sembuh sehingga dapat beraktifitas seperti sediakala.

Kedatangan Kapolsek Srandakan beserta staf tersebut disambut oleh suami korban bapak Nukman Rifai, Kaur Pem desa Poncosari Srandakan beserta keluarga korban.

Ibu Wening Pamuji Asih adalah sorang guru SMK N Sewon Bantul dan SMA N Lendah Kulonprogo. Ia menjadi korban penusukan pada hari Rabu (20/11/2019) sekitar pukul 22.00 WIB di rumah korban yang beralamat di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul. Pelaku adalah salah satu muridnya sendiri yaitu CB (16) pelajar SMA di Lendah Kulonprogo.

Pada pukul 10.00 Wib Kapolsek Srandakan beserta staf meninggalkan kediaman korban dalam keadaan aman dan lancar. (Humas Polres Bantul)

PSN Di Wilayah Srandakan

Guna menciptakan kebersihan lingkungan dan menekan jumlah angka korban penyakit Demam Berdarah dan mencegah perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti,  Muspika Srandakan bersama Dinas Instansi Lintas Sektoral melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di beberapa Dusun di wilayah Kecamatan Srandakan.

Sebelum pelaksanaan PSN terlebih dahulu diadakan pembagian tugas tim. Untuk Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Polsek Srandakan, Brigadir Eko Rustamaji beserta tim mendapat tugas di dusun Puluhan Kidul desa Trimurti Srandakan sedangkan Bhabinlamtibmas desa Poncosari Srandakan Aiptu Dalija beserta tim medapat tugas di dusun Kuwaru desa Poncosari Srandakan, Jum'at (29/11/2019) mulai pukul 08.00 Wib.

Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk ini dilakukan tim PSN Kecamatan Srandakan yang terdiri dari ASN Dinas Instansi, Puskesmas, Polsek, Koramil, Pemerintah Desa, toga, tomas serta Kader jumantik Pedusunan.

Dalam melaksanakan PSN, petugas melakukan pemeriksaan bak mandi dan tempat penampungan air baik di rumah maupun lingkungan pekarangan warga. Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek apakah ada jentik-jentik nyamuk. Petugas PSN juga menyampaikan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan dilingkungannya.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan PSN dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menyampaikan menyampaikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat.

Pada pukul 09.30 Wib kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berakhir dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo PSN di Dusun Ngentak

Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Aipda Rista Faruliyantaka bersama petugas dari Puskesmas Kasihan 1, Pamong, Babinsa, Kader PKK dan masyarakat melaksanakan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)  di  pedukuhan Ngentak, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul  Jumat (29/11/2019) pagi.

Tim PSN tersebut diantaranya Staf Kasi Kemas Kecamatan Kasihan,  Carik Desa Bangunjiwo SuKarman, Puskesmas Kasihan 1,  Pamong Desa  Bangunjiwo,  PLKB Kecamatan, Kader PKK Ngentak, Bhabinkamtibmas & Babinsa  Bangunjiwo jumlah sekira 75 0rang.

Maksud dan tujuan dari PSN ini adalah untuk memberantas nyamuk dan mengajak masyarakat ikut berpatisipasi secara aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga kesehatan masyarakat dapat terwujud, dengan demikian korban sakit akibat nyamuk dapat dikurangi dan  hasil 86% bebas jentik nyamuk.

Tim PSN bergerak dari rumah ke rumah warga masyarakat dengan melakukan pemeriksaan tempat penampungan air bak mandi, pot bunga, kaleng bekas, dan ban bekas di lingkungan sekitar rumah.Bak air yang ketahuan ada jentiknya langsung dibersihkan dan memberitahukan kepada warga agar selalu membersihkan tempat penampungan air dan lingkungan sekitar.

Kapolsek Kasihan  menjelaskan bahwa kegiatan anggotanya ini dilaksanakan guna mendukung program pemerintah Kabupaten Bantul yaitu memberantas sarang nyamuk yang dilaksankan secara serentak sampai ke tingkat desa. ”Ini bentuk kepedulian Polisi/ Bhabinkamtibmas dalam setiap ada kegiatan masyarakat seperti kegiatan gotong royong yang dilaksanakan di lingkungan desa binaannya,” ujar Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Pleret Pimpin Pengamanan Laga Antara Banteng Muda VS PSSB Bawuran

Kapolsek Pleret AKP Riwanta memimpin pengamanan laga antara Banteng Muda Imogiri vs PSSB Bawuran dalam lanjutan kompetisi sepakbola Divisi Utama Askab Bantul 2019 yang digelar di Lapangan Desa Bawuran, Pleret, Bantul. Jumat (29/11/2019) sore.

Dalam pengamanan tersebut, Kapolsek Pleret juga menempatkan personelnya di penggal-penggal jalan wilayah Pleret yang dilalui suporter Banteng Muda, yakni dari mulai keberangkatan hingga bubaran suporter setelah pertandingan selesai.

Sementara itu, pertandingan antara Banteng Muda Imogiri vs PSSB Bawuran berakhir dengan skor 4-3. Jalannya pertandingan dipimpin oleh Wasit Umbul W dengan dibantu dua Assisten Wasit M. Indra dan Alfian P.

Secara keseluruhan pertandingan yang disaksikan sekitar 300 penonton itu berjalan dengan lancar hingga selesai aman kondusif. (Humas Polsek Pleret)

Patroli Polsek Pleret Sambangi Sekolahan

Patroli rutin yang terus digiatkan Polsek Pleret adalah untuk menjaga kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum Polsek Pleret. Sasaran patroli diantaranya obyek vital, pemukiman penduduk dan pantauan jalan raya.

Jumat (29/11/2019) malam, selain menyambangi Kantor Perbankan, ATM, SPBU dan pemukiman penduduk, petugas patroli Polsek Pleret juga sambang ke sekolahan. Salah satunya menyambangi SMP N 2 Pleret.

Di sekolah tersebut, petugas Polsek Pleret tak lupa menyampaikan imbauan atau pesan kamtibmas kepada penjaga malam sekolah. Dihimbau agar selalu kontrol lingkungan sekolah dan jika ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Pleret.

Sementara itu, Kapolsek Pleret AKP Riwanta mengatakan, kegiatan patroli bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat dari segala bentuk gangguan keamanan. Oleh sebab itu, patroli ini rutin dilakukan baik siang maupun malam hari, tak terkecuali patroli ke sekolahan. (Humas Polsek Pleret)

Safari sholat Jumat di Masjid Baitul Anwar Piring 1 Sanden

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan kedekatan dengan masyarakat jajaran Kepolisian Polsek Sanden melaksanakan beberapa inovasi di antaranya safari sholat Jumat. Kegiatan safari sholat Jumat hari ini dipimpin oleh Kapolsek Sanden AKP Tukirin yang melaksanakan safari Sholat jumat di Masjid Baitul Anwar Dusun Piring 1 Desa Murtigading Sanden Bantul, Jumat (29/11/2019) pukul 11.30 Wib.
  
Safari Sholat Jumat di Masjid Baitul Anwar dengan Imam dan Khotib Drs Subarjo. Dalam khotbahnya, Khotib mengajak kepada jamaah untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Subhanahu Wata'ala, hal ini untuk mendapatkan ridho Allah. Selain itu, Khotib juga menyampaikan tentang pentingnya menuntut ilmu. Untuk menilai kebaikan dan kesholehan seseorang jangan di lihat berdasarkan pendapat umum. Tetapi karena bertindak berdasarkan perintah Allah dan Rosul Nya. Hal ini bisa di dapat dengan cara menuntut ilmu terus menerus yang berdasarakan Quran dan Sunnah.
  
Menuntut ilmu harus dilakukan secara terus menerus karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap mukminin dan mukminat .

Sementara itu, Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengatakan, selain untuk melaksanakan kewajiban ibadah sebagai seorang muslim, meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, kegiatan safari sholat Jumat juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan Kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Sanden)

29 November 2019

Polsek Banguntapan Amankan Sidang Lanjutan di PTUN DIY

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH  memimpin langsung pengaman jalan sidang terbuka Perkara Nomor : 14/G/2019/PTUN.YK  di PTUN DIY Jl. Janti Banguntapan Bantul, Kamis (28/11/2019).

Pengamanan jalannya sidang dilaksanakan bersama Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Sumanto, Kasat Intelkam Rahmat Yulianto, SH., MSi, Kasubbag Bin Ops AKP Gunarto dan gabungan personel Polres Bantul dan Polsek Banguntapan.

Selama berlangsungnya sidang petugas melaksanakan pengamanan di semua sektor untuk mencegah kemungkinan hal yang tidak diinginkan. Massa yang mengikuti jalannya sidang mengikuit dengan tertib. Selesai sidang dengan massa melakukan orasi di depan PTUN dan akan mengikuti kelanjutan sidang kamis depan dengan agenda replik penggugat. (Humas Polsek Banguntapan)

Anggota Polsek Kretek Laksanakan Olahraga Rutin

Ps.Kanit Binmas Iptu Slamet Zuwana memimpin anggota Polsek Kretek untuk melaksanakan apel pagi dan dilanjutkan olahraga rutin di Halaman Polsek Kretek, Jumat (29/11/2019) pagi.

Selesai melaksanakan kewajiban apel pagi, anggota Polsek Kretek melaksanakan olahraga rutin dengan berjalan santai.

Adapun olahraga jalan santai pagi ini menempuh jarak sekitar 2 km dengan mengambil start di halaman Polsek Kretek menuju Pantai Parangtritis ke timur, kemudian sesampainya dikawasan Hotel Quin Gunung Kidul kembali ke Mako Polsek Kretek.

Ps.Kanit Binmas Iptu Slamet Zuwana mengatakan bahwa olahraga saat ini sengaja menyusuri pantai, disamping udara sejuk juga jauh dari polusi udara, dan dilaksanakan untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus refresing, mengingat Polsek Kretek merupakan kawasan wisata yang selalu dikunjungi wisatawan, baik itu libur akhir pekan ataupun hari libur lainnya yang sangat menguras tenaga,ujarnya. (Humas Polsek Kretek)

Anggota Polsek Imogiri Laksanakan Olahraga Rutin Hari Jumat

Kapolsek Imogiri  Kompol  Anton Nugroho SH memimpin anggota Polsek Imogiri untuk melaksanakan olahraga rutin hari Jumat di halaman Mapolsek Imogiri, Jumat (29/11/2019) pagi.

Sebelum olahraga anggota Polsek Imogiri melaksanakan apel pagi. Anggota Polsek Imogiri melaksanakan jalan sehat untuk menjaga kebugaran fisik, jalan sehat dimulai dari titik Start Mapolsek Imogiri, berjalan menyusuri perkampungan warga yaitu Dusun Pundung, kemudian Dusun kradenan dan kembali lagi ke Mapolsek Imogiri.

Dalam keterangan terpisah Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin  dalam rangka menjaga kebugaran tubuh supaya tetap sehat, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Laksanakan Binluh di SD MUBATA Bantul

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan Binluh dalam rangka HUT PGRI di ruang kelas 2 SD MUBATA Bantul, Selasa (26/11/2019) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala sekolah, Guru wali kelas, murid kelas 2 SD Mubata, Bhabinkamtibmas dan Desa Bantul.

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto menyampaikan kepada Kepala sekolah dan para guru agar anak-anak yang ke Sekolah tidak menggunakan perhiasan khususnya siswi putri.

Bhabinkamtibmas Desa Bantul memberikan penyuluhan dan pembekalan langsung kepada para murid untuk tetap waspada terhadap orang yang tidak dikenal, jangan mudah percaya atas ajakan dan pemberian orang yang tidak dikenal, bila ada orang yang tidak dikenal memaksa untuk mengajak kesuatu tempat para murid diminta untuk segera berteriak, ujar Bhabinkamtibmas Desa Bantul kepada murid SD.

Sebelum mengakhiri kegiatannya, Bhabinkamtibmas ini menyampaikan  menghimbau agar kepada guru untuk tetap memperhatikan anak-anak pada saat istirahat maupun saat pulang dari sekolah sebelum dijemput orang tua masing-masing, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng, kegiatan berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Bantul)

Kapolres Bantul Hadiri Upacara HUT Korpri ke – 48

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK menghadiri Upacara HUT Korpri ke – 48 di Lapangan Paseban Bantul, Jumat (29/11/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Bantul Drs H Suharsono dan diikuti ASN TNI/Polri dan ASN Pemda Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Suharsono membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk HUT Korpri ke-48.

Presiden Jokowi, dalam sambutannya, mengingatkan adanya persaingan antarnegara di revolusi industri 4. Persaingan itulah yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

"Persaingan antarnegara semakin sengit. Berebut teknologi dan rebut talenta hebat yang digunakan memajukan negaranya," ucapnya.

Adanya persaingan tidak harus ditakuti. Namun, Korpri harus menghadapinya dengan mengedepankan kreativitas dan kecepatan.

"Kita tidak boleh takut. Kita hadapi persaingan dengan cara terobosan baru. Kreativitas kecepatan dan inovasi adalah kunci," paparnya.

Jokowi, masih dalam sambutan yang dibacakan Anies, mengingatkan Korpri untuk tetap berinovasi. Korpri harus melakukan tugas utama sebagai pelayan masyarakat.

"Saya selalu ingatkan, kita harus kurangi seremonial yang rutinitas dan lebih tingkatkan produktivitas dan orientasi hasil. Tugas birokrasi adalah pastikan pelayanan rakyat terlayani," ucapnya. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Piyungan Serahkan Piagam Penghargaan Poskamling Terbaik Juara III di Poskamling Dusun Gedongan

Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta menyerahkan piagam penghargaan sebagai Poskamling Terbaik Juara III di Poskamling Dusun Gedongan Srimartani Piyungan, Kamis (28/11/2019). Penghargaan diterima oleh Dukuh Gedongan.

Dukuh Gedongan dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Desa Srimartani mengucapkan terima kasih dari 112 poskamling, Dusun Gedongan Dusun Juara III, ini sebagai motivasi dan pendorong dalam mengaktifkan poskamling.

“Dengan poskamling semoga dapat menjaga kerukunan dan keamanan Dusun Gedongan RT 07 khususnya,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta dalam sambutannya mengatakan event ini bukan kejuaraan seperti biasanya tapi ini penilaian dari Bhabinkamtibmas yang patroli setiap hari  sambil mengamati pos kamling yang ada di wilayah Piyungan jadi hasilnya akan obyektif.

“Tujuan kami pertama silaturohmi mempererat hubungan antara masyarakat dan Polri, sekaligus memberikan apresiasi warga masyarakat yang telah membantu mengamankan wilayahnya,” katanya.

Dijelaskan, diberikan penghargaan ini semoga sebagai motivasi bagi warga Dusun Gedongan agar meningkatkan lagi kegiatan poskamlingnya. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Pleret AKP Riwanta Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Pleret

Kapolsek Pleret AKP Riwanta menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Pleret Tribulan IV tahun 2019 pada Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut digelar di Aula Puskesmas Pleret, Pleret, Bantul yang juga dihadiri Camat Pleret Mujahid Amrudin SIP, Danramil Pleret Pjs. Kapten Czi. Suyadi, Kepala KUA Pleret Bayu Dirgohandoyo S.Ag, Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan dan perwakilan dari Pemdes se Kecamatan Pleret.

Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati mengatakan, kegiatan lokakarya mini ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil-hasil yang telah dicapai di bidang kesehatan, sekaligus merencanakan kegiatan di tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, Kapolsek Pleret AKP Riwanta menyampaikan sangat mendukung sepenuhnya kegiatan lokakarya mini tersebut. Selanjutnya di setiap kegiatan diharapkan ada saling sinergitas dalam pencapaian target. (Humas Polsek Pleret)

Penyerahan Piagam Poskamling Terbaik Di Asemgede Ngijo Srimulyo Piyungan

Kamis, 28 November 2019 sekitar pukul 21.00 WIB telah dilaksanakan  penyerahan piagam poskamling terbaik dalam lomba pos kamling tingkat Piyungan di Pos Kamling Asemgede Ngijo, Srimulyo, Piyungan .

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta, Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta, S.H, Panit 1 Binmas Aiptu Sayudi, Panit 2 Binmas Aiptu Sukardi, Babinkamtibmas Srimulyo Brigpol Suwarno, Babin Kamtibmas Sitimulyo Brigpol One Novoutardi, Aipda Retno Indrawati, Dukuh Ngijo dan Warga dusun Ngijo lebih kurang 25 orang.

Dalam sambutanya Dukuh Ngijo menyampaikan laporanya bahwa Pos ronda di dusun Ngijo sudah lama berjalan baik dan lancar berkat kebersamaan warga untuk menjaga lingkungan sekitar. Adapun kegiatan pos ronda ini yaitu menjaga kamtibmas, mengambil jimpitan berupa beras sambil patroli dan mengampil iuran dari masyarakat. Dana terkumpul terinci dan dikelola dengan baik

Kapolsek Piyungan dalam sambutanya menyampaikan bahwa maksud tujuan kedatangan kami adalah silaturokhim dan mendekatkan diri kepada masyarakat serta akan memberikan apresiasi kepada Pos ronda yang berkatagori baik karena fasilitas pelengkapan pos kamling dan kekompakan warga dalam aktifitas ronda malam. Penghargaan kami berikan berupa piagam semoga menjadi motivasi dalam menggiatkan poskamling. Kami apreasi kepada masyarakat yang mau membantu kami untuk menjaga keamanan lingkungan. (Humas Polsek Piyungan)

Pengamanan Pembukaan Turnamen Bola Volley Karang Taruna Kabupaten Bantul Cup 2019

Kapolsek Pundong AKP Haryanto S.H menghadiri pebukaan turnamen bola volley Karang Taruna Kabupaten Bantul Cup 2019 di Gor Pesona dusun Klisat Srihardono Pundong, Bantul. Kamis 28-11-2019 pukul 21.00 wib.

Giat diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul dalam rangka memajukan serta mengembangkan potensi olahraga pemuda karangtaruna terutama bidang olah raga Volley di kabupaten Bantul sekaligus dalam rangka Memperingati hari Kesetiakawanan sosial.

Turnamen bola volley Karang Taruna Kabupaten Bantul Cup 2019 dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Bapak Safrudin.

Hadir dalam giat ini Perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Bantul Bapak Safrudin, Camat Pundong Bapak Nanang Dwi Atmoko, S.Sos, Kapolsek Pudong Bapak AKP Haryanto, SH, Danramil Pundong Bapak Kapten Infantri Suhardi, Lurah Desa Srihardono Bapak Awaludin, Karangtaruna se kab Bantul, Team yang bertanding, Kepala Dukuh Klisat Bapak Samijan beserta tokoh masyarakat lainnya dan ratusan Penonton.

Dalam sambutanya, Nanang Dwi Atmoko, S.Sos mengucapkan terimkasih kepada Dinsos dan karangtaruna yang telah memilih tempat di Pundong sebagai ajang pertandingan Karangtaruna se kab Bantul ini, junjunglah sportifitas, pertahankan dan tingkatkan prestasi, selamat bertanding dan semoga pelaksanaannya lancar dan sukses

Ketua karangtaruna Bantul Nur kholis dalam sambutanya menyampaikan turnament malam ini adalah turnament Karangtaruna pertama kali, baru melibatkan perwakilan 8 kecamatan, hal ini karena keterbatasan.

Sambutan Dinas Sosial bapak Safrudin sekaligus membuka turnament menyampaikan tentunya turnament ini bisa menggali potensi bibit unggul pemain bola volley, berprestasi di tingkat selanjutnya, laksanakan secara fore play, sportif, kami dari Dinsos mengucapkan selamat bertanding, jaga sportifitas, semoga pelaksanaan kegiatannya lancar.

Adapun Team yang bertanding pada Pertandingan 1 yaitu Kec. Pundong Vs Kec. Pajangan Skor 3 Vs 0. Pertandingan 2 Kec Piyungan Vs Kec. Sanden Skor 3 Vs 1

Dari awal sampai berakhirnya kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan dari Polsek Pundong. (Humas Polsek Pundong)

Kapolsek Kasihan Beri Penghargaan Pos Kampling Juara 1 Tingkat Kecamatan Kasihan

Pos Kamling Dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul meraih juara satu dalam Lomba Sistem Keamanan Lingkungan (siskamling) tingkat Kecamatan Kasihan tahun 2019.

Hal itu disampaikan oleh Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH saat apel pagi diikuti Para Kanit, Para Panit, Para Kasi dan semua anggota, di Halaman Mako Polsek Kasihan, Rabu (27/11/2019) pagi.

Dalam apel tersebut Kapolsek menyampaikan mengumumkan juara lomba pos kamling tingkat Kecamatan Kasihan pemenangnya adalah Pos Kamling Dusun Ngebel Kelurahan Tamantirto yang merupakan binaan Polsek Kasihan.

Disaksikan Kepala Dukuh Ngebel  Heri Muryanto, ST menerima penyerahan piala dan piagam penghargaan dari Kapolsek Kasihan Juara 1 diberikan kepada Sukaryanto Ngebel RT 01, Juara Abdul Rahman  Ngrame RT 03 dan Juara 3 Mulyadi Jadan Rt 04.

Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH mengatakan keberhasilan Pos Kamling Dusun Ngebel kelurahan Tamantirto menjadi juara satu tidak lepas dari peran serta masyarakat. Selain itu, wujud kerja sama dengan Bhabinkamtibmas dengan masyarakat dalam mengaktifkan siskamling untuk menjaga keamanan lingkungan.“Diharapkan dengan pemberian penghargaan oleh Kapolsek kasihan tersebut, bisa menambah memotivasi masyarakat untuk melaksanakan siskamling. Selain itu, sebagai contoh bagi desa lainnya untuk bisa menggalakkan kembali pos kamling di lingkungannya,” ujar kapolsek

“Dengan prestasi ini dapat menjadikan semangat warga dalam menjaga lingkungan. Meskipun tidak ada lomba hendaknya masyarakat sadar bahwa keamanan lingkungan itu penting dana dapat diwujudkan dengan siskamling,” katanya.

Lomba Pos Kamling tingkat Kecamatan Kasihan telah dilaksanakan pada awal bulan November 2019. Dalam pelaksanaan penilaian dilakukan oleh tim dari Sat Binmas polsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

Sering Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Warga Dusun Karen Lakukan Reresik Spiritual Di Jalan Samas

Dipimpin Pawas Iptu Paidi, petugas piket fungsi jaga malam melakukan patroli malam hari, dengan sasaran pemukiman penduduk, tempat ibadah dan obyek vital, Rabu, 27/11/2019 malam.

Dalam kesempatan patrolinya, petugas melaksanakan pengamanan warga masyarakat dusun Karen, Tirtomulyo yang sedang melakukan kegiatan " Reresik Spiritual " di jalan Samas.

Ratusan warga masyarakat dusun Karen desa Tirtomulyo, Kretek turun memadati jalan Samas, salah seorang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa warga dusun Karen dan sekitarnya merasa geram dan terusik ketenangannya.

Seminggu terakhir ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menelan beberapa korban luka berat, bahkan sampai ada yang meninggal dunia.

Sehingga masyatakat dusun setempat sepakat mendatangkan orang pintar/kelompok spiritual yang dipimpin Sugeng untuk membantu usaha masyarakat dalam menciptakan situasi jalan Samas dengan cara bersihkan jalan dari gangguan makhluk gaib jahat yang ditaruh secara sengaja maupun tidak, kususnya yang masuk wilayah dusun Karen ini, berharap jauh dari terjadinya gangguan kamtibmas, kususnya kecelakaan lalu lintas, ujarnya.

Kegiatan ini menjadi perhatian warga masyarakat, dan melalui medsos menyebar dengan cepat, kegiatan tersebut di saksikan oleh tidak kurang dari 1000 warga masyarakat yang penasaran dan tertarik melihat, sehingga memadati jalan.

Kegiatan berakhir sekira pukul 00.30 wib dalam situasi lancar dan kondusif dengan pengamanan oleh Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek).

Gudang Pengepakan Briket Di Jalan Imogiri Barat KM 5 Hangus Terbakar

Sebuah kendaraan jenis truk ludes diamuk si jago merah pada insiden kebakaran sebuah gudang pengepakan briket atau batok kelapa di Jalan Imogiri Barat KM 5 Padukuhan Wojo, Desa Bangunharjo, Kamis (28/11/2019) sekitar pukul 04.55 WIB.

Kejadian tersebut tidak sampai mengakibatkan korban. Namun demikian, Erma pemilik gudang, harus menanggung kerugian materiil hingga mencapai ratusan juta.

Kapolsek Sewon, Kompol Paimun mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi bermula ketika warga setempat bernama Zein melihat kepulan asap membumbung tinggi yang berasal dari dalam gudang. Saksi tersebut kemudian mengajak warga lain mengecek langsung kondisi gudang.

"Setelah dicek, didapati api sudah membakar sebuah truk yang terparkir di dalam gudang," ujarnya.

Mendapati hal tersebut, warga lantas melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisian Sektor Sewon serta petugas pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. Usai laporan itu tak berselang lama, 3 buah truk pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Setelah petugas berjibaku, api yang telah menghanguskan sebagian briket tersebut berhasil dipadamkan. Upaya pemadaman api juga dibantu oleh 1 buah truk pemadam kebakaran dari BPBD Kota Yogyakarta.

"Kerugian truk terbakar dan briket totalnya sekitar Rp 100 juta. Penyebab kebakaran diduga korsleting mesin truk," tandasnya. (Humas Polsek Sewon)

Mesin Traktor Pembajak Sawah Milik Trisno Suharjo Hilang

Aksi pencurian sebuah mesin traktor pembajak Sawah terjadi di wilayah Padukuhan Samen RT 01, Desa Sumbermulyo, Kamis (27/11/2019) dini hari.

Akibat hal tersebut, pemilik traktor yang diketahui bernama Trisno Suharjo harus menelan kerugian hingga jutaan rupiah.

Kapolsek Bambanglipuro, AKP Wahyu Sudadi mengatakan kasus tersebut baru diketahui oleh korban pada pagi harinya sekitar pukul 08.30 WIB. Awalnya salah seorang tetangga korban bernama Suparman melintas di sekitar rumah korban. Saat melintas ia curiga karena ia melihat ada sesuatu hal yang ganjil.

Keganjilan tersebut karena ia tidak lagi melihat mesin traktor merek Yanmar seharga sekitar Rp 7 juta yang biasa diparkir oleh korban di belakang rumah.

Hal tersebut bergegas dilaporkan korban ke pihak aparat Kepolisian Sektor Bambanglipuro. Namun mengungkap kasus tersebut pihaknya kini masih dalam penyelidikan. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Peringatan Hari Cinta Puspa Dan Satwa 2019 Tingkat Kabupaten Bantul

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Tahun 2019 tingkat  Kabupaten Bantul digelar di Donotirto Kretek. Tujuan Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Selasa (26/11).

Mengambil tema peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun ini adalah “MEMBANGUN GENERASI MILENIAL CINTA PUSPA DAN SATWA UNTUK INDONESIA MAJU” kegiatan ini dihadiri oleh  Bupati Bantul Suharsono, OPD terkait, Forkopimcam Kretek, siswa-siswi SD Muhammadiyah Kretek, Penggiat Lingkungan, Jaring Pengelola Sampah Mandiri dan sejumlah tamu undangan.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho dalam laporannya mengatakan, Indonesia merupakan Negara kaya sumber daya alam dan memiliki potensi keanekaragaman hayati. “Keberadaan keanekaragaman hayati merupakan pilihan bagi manuasia agar dapat melangsungkan kehidupannya di muka bumi ini. Keanekaragaman hayati Indonesia mampu memberikan manfaat ekonomi, sosial budaya, wisata, dan ilmu pengetahuan, “kata Ari.

Lebih lanjut dalam sambutannya dia menegaskan, pesatnya kemajuan pembangunan di Indonesia, mengakibatkan kebutuhan lahan untuk perkebunan industry, dan perumahan/permukiman serta tingginya kebakaran hutan mengancam kekayaan biodiversitas Indonesia. Dalam kurun waktu 100 tahun, setengah dari species satwa dan flora mengalami kepunahan. “Perlindungan keanekaragaman hayati diperlukan untuk menjamin kelestarian pemanfaatannya oleh manusia. Perbaikan dan pelestarian keanekaragaman hayati adalah tanggung jawab semua pihak, dan perlu ditanamkan sejak dini mulai bangku sekolah,”ucapnya.

Sementara Bupati Bantul Suharsono mengajak generasi muda perlunya menggiatkan perlindungan puspa dan satwa Indonesia terutama di sekitar lingkungan terdekat kita. “ Gerakan muda peduli keanekaragaman hayati juga harus mulai ditanamkan baik itu melalui pendidikan sekolah dengan program sekolah berbudaya lingkungan (Sekolah Adiwiyata) maupun melalui gerakan Satuan Karya Pramuka Peduli Lingkungan (Saka Kalpataru) dan gerakan muda peduli lingkungan lainnya, “ tuturnya.

Permasalahan kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, pemerintah daerah senantiasa mendorong segala upaya masyarakat dalam mewujudkan terciptanya lingkungan yang indah, asri dan nyaman. “Berbagai program pemerintah daerah seperti gropyok sampah, penambahan armada pengangkut sampah di tiap kecamatan dan belum lama ini, Pemkab Bantul melaunching kendaraan patroli lingkungan merupakan upaya nyata menciptakan Kabupaten Bantul yang bersih dan nyaman, walaupun begitu tanpa peran serta masyarakat Pemkab Bantul tidak akan mampu dengan optimal mewujudkan kabupaten Bantul yang indah sehat dan nyaman, “tambah Bupati.

Pada kesempatan itu secara simbolis dilepas Burung Puter  dan penanaman bibit pohon oleh Bupati Bantul Suharsono didampingi Kepala DLH dan Muspika Kretek, dilanjutkan dengan mengunjungi stand aneka kerajinan dari bahan daur ulang sampah produksi siswa-siswi sekolah adiwiyata dan Jaring Pengelola Sampah Mandiri. (Humas Polsek Kretek)

Peresmian Satuan Pendidikan Aman Bencana Rintisan Tahun 2019 Kab. Bantul

Rabu, 27 November 2019 pukul 0915 wib di MAN 1 Bantul berlangsung acara kegiatan Peresmian/Launching Satuan Pendidikan Aman Bencana ( SPAB) Rintisan Tahun 2019 Kab. Bantul yang diikuti 5 Sekolah MAN 1 Bantul, SMAN 1 Sanden, SMAN 1 Imogiri, SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Muhammadiyah Bantul.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPBD DIY dihadiri oleh Bupati Bantul diwakili Asek 1/Asek Pemerintahan Ibu Sri Ediastuti M.Sc, Kapolres Bantul diwakili Kapolsek Bantul Kompol H Munawar Sam, SH, Dandim 0729/Bantul diwakili Danramil Bantul Mayor Agus Priyadi, SE, Kepala Pelaksana BPBD DIY Bp Drs. Biwara Yuswantara, M.Si, Sekretaris Dishub Kab. Bantul Bp Daeng Daeda, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Bantul Bp Jon Amrulah, Kasi Hikmad Kemenag Bantul Bp Bp Anjar Prasetyo, Camat Bantul diwakili Bp Pujo Ismoyo, Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Lukman R, Kepala MAN 1 Bantul Bp Muh. Fadil, LC beserta 4 Kepala sekolah peserta SPAB, Kepala Puskesmas Bantul 1dan Siswa siswi sekolah terkait.

Kegiatan diawali dengan pementasan karawitan dari siswa SMA Muh. 1 Imogiri, pecak silat dan fashion show, tari dari siswa MAN 1 Bantul dilanjutkan dengan simulasi penanganan, pertolongan dan penyelamatan bencana gempa bumi yang diperankan oleh siswa siswi, guru MAN 1 Bantul, TNI/Polri, BPBD Kab. Bantul, PMI, Puskesmas 1 Bantul.

Sambutan Kepala sekolah Man 1 Bantul bapak Muh. Fadil LC dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dalam acara SPAB ini semoga kedatangan seluruh tamu undangan dan seluruh peserta membawa berkah kepada keluarga besar MAN 1 Bantul

Ucapan terima kasih kepada BPBD DIY yang telah memberikan kepercayaan kepada MAN 1 Bantul menjadi tempat sebaga lokasi peresmian dan launching SPAB

Harapan kedepan kita semua bisa meminalisir adanya korban  ketika bencana itu terjadi namun kita berharap semoga bencana itu tidak pernah terjadi khususnya Kab. Bantul.

Dalam laporan penyelenggara oleh Kepala Pelaksana BPBD DIY  Drs. Biwara Yuswantara, M.Si bahwa dibantul kita akan selalu membgingat pada bencana gempa, dan waktu 13 tahun ini sangat penting dan bagaimana kita membangun kesiapsiagaan dan ini merupakan wujud kepercayaan orang tua dan negara dan salah satu wujud adalah latihan bencana seperti ini

Kesiapsiagaan menghadapi bencana tidak hanya sebagai formalitas saja, karena jika salah menangani akan terjadi banyak korban karena salah satu faktor terjadinya banyak korban adalah kesalahan kita dalam menangani dan menolong korban.
Dalam beberapa waktu ini mendengar berita bencana dimana mana, seperti contoh di jawa timur gedung sekolah roboh yang menimbulkan korban, mari kita pastikan keselamatam anak anak dalam belajar karena mereka merupakan masa depan bangsa

Setiap tahun kita diberi mandat untuk membentuk 5 sekolah menjadi SPAB dan kami hanya bisa memfasilitasi dan sebagai stekholder dan pelaku adalah sekolah itu sendiri dan kedepan sekolah bisa meneruskan untuk memberikan bekal dalam keselamatan

Pengukuhan Tim Siaga Bencana kepada sekolah SPAB secara simbolik kepada Kepala Sekolah MAN 1 Bantul dan 4 sekolahan lainnya dengan peserta dari guru dan siswa oleh asek 1 sekaligus pemberian rompi SPAB dari BPBD DIY, Surat Keputusan, dan Penyerahan Bantuan

Kegiatan dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan SKB oleh Kepala Pelaksana BPBD DIY didampingi oleh tamu undangan

Sambutan ASEK 1/ Asisten Pemerintahan Ibu Sri Ediastuti M.Sc menyampaikan ucap syukur, salam hormat kepada segenap tamu mundangan yg hadir dalam kegiatan pada siang hari ini di man 1 bantul

Kita sudah saksikan bersama simulasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, dan di DIY pernah mengalami peristiwa tsb pada tahun 2006, dan simulasi tadi dibawakan dengan sangat baik sehingga kita bisa merasakan kembali pada suasana pada waktu itu.

SPAB ini memang sangat baik, dan sebaiknya dilakukan pemahaman dari usia dini dan semoga bermanfaat dlm kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan terima kasih dan sangat memgapresiasi sekali kepada BPBD yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan pelajaran yang sangat penting sekali bagi kita semua untuk menghadapi bencana.

Terima kasih juga kepada seluruh dinas terkait yang ikut mensukseskan acara kegiatan ini, kita harus saling bersinergi dan bahu-membahu gotong royong serta berkolaborasi dalam mendorong berjalannya sekolah tangguh bencana kita harus dapat memastikan kesiapsiagaan ketersediaan fasilitas yang aman serta manajemen sekolah yang mampu menghadapi resiko bencana yang terjadi setiap saat

Kab. Bantul adalah daerah yang mempunyai kerawanan bencana, bermacam ragam jenis bencana mungkin saja terjadi di Kab. Bantul dan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan serta meningkat disebut adalah dengan diajarkannya pendidikan kesiapsiagaan bencana di sekolah-sekolah

Generasi muda harus kita siapkan untuk selalu siaga menghadapi bencana melalui integrasi dengan pendidikan. Saya berharap upaya upaya pengurangan resiko bencana bisa mencapai sasaran yang lebih luas yang dapat dikenali sejak dini kepada seluruh peserta didik

Latihan untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana perlu terus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga menjadi agenda penting untuk kita lakukan bersama

Pengalaman bencana gempa besar misalnya menunjukkan betapa besar kerusakan terhadap bangunan sekolah hal ini tentunya harus dimaknai bahwa ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan anak didik kita yang merupakan aset bangsa calon pemimpin masa depan.

Selama acara kegiatan Peresmian/Launching Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Rintisan Tahun 2019 Kab. Bantul berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Bantul)

Personil Polsek Kasihan Bezuk Ibu Mersa Mulyani RS UII Pandak

Personil Polsek Kasihan dipimpin Ps Panit Lantas Aiptu Mustofa Kamal membezuk Ibu Mersa Mulyani di RS.UII Jl. Srandakan No.KM 5,5, Gedongsari, Wijirejo, Kec. Pandak, Bantul,, Rabu (27/11/2019) siang.

Ibu Mersa Mulyani adalah adalah Istri dari Banit Lantas Kasihan Brigadir Siswantoro, ia Opname sudah 4 hari di Ruang 3006 Bangsal Lavender Lantai 3 di RS.UII Pandak Bantul karena menderita sakit Inveksi Saluran Kencing (ISK).

Ps Panit Polsek Kasihan Aiptu Mustofa Kamal mengatakan bahwa program kegiatan sosial ini merupakan salah satu agenda rutin Polsek Kasihan sebagai bentuk wujud kepedulian kepada anggota atau keluarganya yang sakit sekaligus merekatkan tali silaturahmi.

Dalam kesempatan tersebut, Aiptu Mustofa Kamal dan anggota memberikan suport dan mendookan Ibu Mersa Mulyani agar cepat sembuh. Aamiin. (Humas Polsek Kasihan)

Babhinkamtibmas Desa Temuwuh Mengamankan Giat Takziah Di Dusun Kapingan

Babhinkamtibmas Desa Temuwuh Aipda Sukamto melakukan pengamanan giat takziah atas meninggalnya Almarhum Subarno (41) di dusun Kapingan desa Temuwuh kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Rabu 27 Nopember 2019.

Almarhum Subarno meninggal dunia pada hari Selasa sekitar jam 19.30 di Rs. Bethesda Yogyakarta karena sakit dan dimakamkan pada hari ini sekira jam 11.30 wib ditempat pemakaman umum dusun Kapingan.

Almarhum Subarno adalah merupakan tokoh pemuda dan masyarakat dusun Kapingan yang selama ini dikenal dengan baik oleh warga desa Temuwuh  khususnya Kapingan. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak. (Humas polsek Dlingo).

Pengamanan Pertandingan Putra Segoroyoso Pleret Vs Seta Muda Imogiri

Rabu, 27 November 2019 dimulai pukul 15.30 WIB telah berlangsung pertandingan sepak bola Askab PSSI Kab. Bantul di Lapangan Srimulyo Piyungan Bantul.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sekali guna mencari bibit -bibit pemain unggul di Kab. Bantul. Sebagai penanggung jawab dalam kegiatan tersebut Bp. H. Susela Marwata, S.Sos.

Adapun kesebelasan yang  bertanding Putra Segoroyoso Pleret Vs Seta Muda Imogiri dengan perangkat pertandingan Pengawas Wuryanto, Wasit pertandingan Ongky, Asisten wasit 1 Nurdi, Asisten wasit 2 M Indra dan Ketua Panitia Sugeng Widoyo. Adapun hasil pertandingan dengan skor  2 - 0 dimenangkan oleh kesebelasan Putra Segoroyoso.

Pertandingan sepak bola tersebut mendapat pengamanan dari personil Polsek Piyungan selesai pada pukul 17.20 WIB berjalan aman. (Humas Plsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Ikuti Giat MMD

Puskesmas Sanden melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) wilayah Desa Gadingharjo di Ruang Rapat Puskesmas Sanden Desa Murtigading Kecamatan Sanden Bantul, Kamis (28/11/2019) ja. 08.00 Wib.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Puskesmas Sanden drg Suyatmi, Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Bripka Tohari, Babinsa Serma Sumarlan, Rusidi mewakili Lurah Desa Gadingharjo, Dukuh Kalimundu dan perwakilan Kader Kesehatan tiap pedukuhan.
   
Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dengan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.
 
Kepala Puskesmas Sanden drg Suyatmi mengatakan, salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah kesehatan adalah dengan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat melalui MMD, yang mana sebelumnya di adakan  Survey Mawas Diri (SMD) untuk mengenali keadaan dan masalah yang di hadapi masyarakat serta potensi yang di miliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut.
    
Adapun tujuan dilaksanakannya Musyawarah Masyarakat Desa diantaranya masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya. Dengan mengetahui potensi yang dimiliki masyarakat seperti ketersediaan sumber daya serta peluang yang dapat di mobilisasi sangat penting untuk di indentifikasi oleh masyarakat itu sendiri agar masyarakat dapat di gerakan untuk berperan aktif memperkuat upaya upaya perbaikanya sesuai batas kewenanganya, ujar drg Suyatmi. (Humas Polsek Sanden)

Anggota Polsek Sanden Ikuti Giat Koordinasi Tri Komponen KB

Anggota Polsek Sanden dari seluruh anggota Bhabinkamtibmas mengikuti giat Koordinasi Tri Komponen KB Kecamatan Sanden di RM Gejlik Pitu Gadingsari Sanden, Kamis (28/112019) pukul 12.00 Wib.Tri Komponen KB terdiri dari instansi Puskesmas, Kecamatan dan TNI-Polri.
   
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas Sanden drg Suyatmi, Koordinator PLKB Kecamatan Sanden Purwanto, Babinsa Koramil Sanden, Bhabinkamtibmas Polsek Sanden serta Bidan Puskesmas Sanden.

Kepala Puskesmas Sanden drg Suyatmi MM mengucapkan terimakasih kepada PLKB Sanden atas kerjasama dalam kegiatan KB. Koordinasi yang baik dibuktikan dengan keberhasilan KB di wilayah Sanden. Puskesmas yang memiliki peralatan KB tidak akan berjalan dengan baik dalam pelayanan KB tanpa adanya bantuan dari BKKBN atau PLKB di tingkat Kecamatan, kata Kepala Puskesmas Sanden.

Koordinator PLKB Sanden menyatakan bahwa kegiatan pertemuan Tri Komponen KB telah vakum sejak 2016 dan mulai tahun ini akan diaktifkan kembali. Koordinasi yang baik antara PLKB Sanden, Puskesmas, dan TNI Polri sangat menentukan keberhasilan program KB. Pada tahun 2019 keberhasilan program KB pria mengalami penurunan dikarenakan kesalahan perlakuan pasca pelaksanaan KB pria yaitu vasektomi di wilayah Gadingsari, padahal di tahun 2018 menjadi juara 1. Kedepan akan dilakukan pendataan ulang terkait praktek bidan yang juga melayani terkait KB.

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya program kunjungan dari ASN, TNI, Polri ke kumpulan KB akan meningkatkan semangat warga masyarakat untuk mensukseskan program KB. Di tahun 2019 Kecamatan Sanden menduduki peringkat 8 dari 17 ecamatan se-Kabupaten Bantul tentang pelaksanaan KB. Memohon bantuan kepada TNI Polri untuk membantu mensukseskan program KB dengan cara mensosialisasikan kepada warga masyarakat saat kegiatan sambang warga, pungkasnya. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Takziah Ke Mendiang Ignatius Kasiran

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH  takziah ke mendiang Ignatius Kasiran di Dusun Nitiprayan,  Ngestiharjo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kamis (28/11/2019) pukul 11.00 wib

Mendiang Ignatius Kasiran (70) meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 27 Nopember 2019 pukul 02.00 wib di RS. Panti Rapih karena sakit Jantung.

Mendiang adalah tokoh agama kristen serta ketua Gapoktan Ngesti Makmur dan akan dimakamkan pada hari ini pukul 14.00 wib di pemakaman Nitiprayan, Ngestiharjo,  Kasihan, Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH  atas nama pribadi maupun dinas menyampaikan turut belasungkawa kepada keluarga atas meninggalnya mendiang Ignatius Kasiran. (Humas Polsek Kasihan)

Pembukaan Musyawarah Palang Merah Indonesia Kecamatan Piyungan Tahun 2019

Kamis, 28 November 2019 pukul 13.15 s/d 13.50 WIB bertempat di Aula Kecamatan Piyungan telah berlangsung Pembukaan Musyawarah Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Piyungan Tahun 2019.

Kegiatan dihadiri oleh Kompol Ispurwanta (Kapolsek Piyungan), Kapten (Inf) Wardani (Danramil Piyungan), Roy Robert (Sekcam Piyungan), Wahyu Eko Putro (Mewakili Ketua PMI Kab Bantul), Pengurus PMI Kecamatan Piyungan dan para tamu undangan.

Sambutan dari PMI Kabupaten Bantul bahwa agenda utama acara ini ada dua, yakni Laporan Pertanggungjawaban dari pengurus periode 2014 -2019 dan pemilihan pengurus periode 2019-2024. Ke depan tugas dan kerja PMI yang selama ini dilakukan oleh PMI Kabupaten akan dikedepankan PMI Kecamatan untuk pelaksanaannya.

Sekcam Piyungan dalam sambutanya berharap PMI Kecamatan Piyungan dapat berkiprah dalam pertolongan kepada masyarakat. Kepada pengurus lama, kami mengucapkan terimakasih atas kerja keras selama ini, semoga Tuhan YME membalas dengan ganjaran yang setimpal. Dan kami menyampaikan selamat bermusyawarah, semoga nanti terbentuk pengurus baru dan dapat melanjutkan kerja pengurus sebelumnya.

Kapolsek Piyungan dalam sambutanya berharap PMI dapat sarana perlengkapan yang memadai sehingga dapat memberikan pertolongan cepat utamanya saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Karena angka lakalantas di Piyungan ini cukup tinggi. Sehingga penanganan lakalantas khususnya dapat lebih optimal, PMI yang menangani korbannya, polisi yang melakukan TPTKP nya, harapnya. (Humas Polsek Piyungan)

Launching Sekolah Siaga Bencana Di SMPN 2 Sanden

Suasana sekolah yang tenang ditengah proses belajar mengajar berubah menjadi riuh akan murid-murid yang sedang melaksanakan aktivitas di luar ruangan. Tiba-tiba terdengar sirine dan letupan kembang api menambah kegemparan suasana sekolah. Anak-anak mulai bergegas keluar kelas dengan mengangkat tas di atas kepala mereka. Aba-aba dari seorang guru mulai menertibkan anak-anak untuk melakukan evakuasi karena adanya gempa bumi. Beberapa orang guru mulai mengobati dan memapah murid-murid yang mengalami luka-luka.

Sekelumit adegan tersebut merupakan bagian dari simulasi saat terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami saat Launching Sekolah Siaga Bencana di SMPN 2 Sanden Bantul, Kamis (28/11/2019) jam 08.30 Wib.
  
Launching Sekolah Siaga Bencana di SMPN 2 Sanden di hadiri Bupati Bantul yang diwakili Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Drs Bambang Legowo M.Si, Kepala Pelaksana BPBD Drs Dwi Daryanto M.Si, Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Danramil Sanden Kapten. Inf. Surono, Kapolsek Sanden AKP Tukirin diwakili Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, Kepala KUA Sanden Abdul Aziz S.Ag, Kepala Sekolah SMP N 2 Sanden Nur Sugiyanto S.Ag., M.Si, Anggota BPBP Bantul, FPRB Srigading, PMI serta guru dan murid SMPN 2 Sanden.
  
Kepala Sekolah SMP N 2 Sanden Nur Sugiyanto S. Ag, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Pemdan Bantul melalui BPBD yang telah melatih penanggulangan ancaman bencana alam. Dengan latihan tersebut dapat memberikan wawasan baru dan bekal tentang bagaimana penanganan awal apabila terjadi bencana. Latihan akan kami laksanakan secara berkala agar kami lebih tangguh apabila terjadi bencana, ujar Kepala Sekolah.
    
Sementara itu, Ketua Pelaksana BPBD Bantul Drs Dwi Daryanto M.Si mengatakan, latar belakang di pilihnya SMPN 2 Sanden sebagai SSB karena letaknya berada di dekat pesisir pantai selatan. Adapun tujuan launching SSB ini untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan ketrampilan baik guru dan siswa tentang penanggulangan bencana sehingga bisa mengurangi resiko apabila terjadi bencana. Dengan launching Sekolah Siaga Bencan diharapkan keluarga besar SMPN 2 Sanden paham dan mengetahui apa saja ancaman dan resiko yang ada di lingkungan pendidikan kita, pungkas Drs Dwi Daryanto M.Si.
  
Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh Staf Ahli Bupati Bantul Drs Bambang Legowo M.Si. (Humas Polsek Sanden)

Telat Oper Gigi, Mikro Bus Mitsubishi Masuk Jurang Di Tanjakan Kaliurang Desa Muntuk

Telah terjadi lakatunggal, kendaraan Mikro Bus Mitsubishi No. Pol. Ab 7126 CD masuk jurang di tanjakan Kaliurang, tepatnya di Padukuhan Seropan, Desa Muntuk, Kecmatan Dlingo, Selasa (27/11/2019) sekitar 13.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kendati demikian, sejumlah penumpang mengalami luka-luka ringan.

Kapolsek Dlingo, Iptu Irwan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi berawal ketika Mikro Bus Mitsubishi tersebut melaju dari arah Timur (Wonosari) ke arah Barat berniat ke wilayah Desa Mangunan.

Minibus itu membawa rombongan penumpang sebanyak 22 orang terdiri atas 17 orang dewasa dan 5 orang anak-anak. Mikro Bus dikemudikan oleh Sumitro (56) warga Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Sesampainya di lokasi kejadian berupa jalan menanjak, ditengarai sang sopir telat oper gigi dari 2 ke 1. Hal tersebut mengakibatkan truk berjalan mundur tak terkendali dan baru berhenti usai terjun ke dalam jurang sedalam sekitar 4 meter.

Sejumlah penumpang mengalami luka ringan dilarikan ke Puskesmas Dlingo. Sementara perkara tersebut masih ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polres Bantul. (Humas Polsek Dlingo)

Kanit Binmas Polsek Pundong Hadiri Musyawarah PMI Tahun 2019

Kanit Binmas Polsek Pundong Ipda Sugito mewakili Kapolsek menghadiri musyawarah Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 2019  tingkat kecamatan Pundong di aula kecamatan Pundong, Kamis 28-11-2019 pukul 09.00 wib.

Rapat dihadiri oleh Camat Pundong Nanang Dwi Atmoko, S.Sos., Kanit Binmas Ipda Sugita, Perwakilan ketua PMI kab. Bantul, Team PMI kab. Bantul, Perwakilan kepala pukesmas kec Pundong, Perangkat kecamatan Pundong, puluhan tamu undangan.

Giat musyawarah membahas tentang pemilihan perangkat sidang, penetapan perangkat sidang serta pengesahan jadwal dan tata tertib sidang.

Dalam sidang paripurna II tersebut juga di bacakan presentasi laporan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah di laksanakan oleh PMI kecamatan Pundong dalam kurun waktu dari tahun 2014 s/d 2019, seperti kegiatan Donor darah serta ikut/menghadiri dalam kegiatan2 yang ada di wilayah kecamatan Pundong.

Untuk sidang paripurna III dilaksanakan musyawarah pembentukan ketua terpilih masa bakti 2019 s/d 2024, pembentukan team formatur. Dalam pemilihan ketua tersebut dilakukan dengan cara voting dari tamu undangan yang hadir. Adapun ketua terpilih adalah Bapak Wahyudi serta team formatur adalah Wahyudi, Purwanto, Pitoyo, Mujiono, Efendi, Afrida, Ambar. Selama giat berjalan aman, tertib dan lancar. (Humas Polsek Pundong)

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Melayat Ke Almarhum Barjana

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi melayat ke rumah duka almarhum Barjana (69) di dusun Kepuh Mulyodadi Bambanglipuro Bantul. Kamis (28/11/2019) siang.

Almarhum akan dimakamkan pada hari ini pukul 14.00 WIB di Pemakaman Umum Sasana laya dukuh Kepuh Mulyodadi.

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum dan semoga keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan.

Kegiatan ini dilakukan guna menjalin kedekatan antara Polri dengan masyarakat sehingga lebih dicintai oleh masyarakat dan menjadikan situasi kamtibmas di lingkungan aman dan kondusif.

Hadir juga dalam takziah yaitu Toga, Tomas serta warga masyarakat dusun Kepuh dan sekitarnya untuk memberikan dukungan sekaligus menyampaikan bela sungkawa. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Besuk Anggota Linmas Yang Sedang Sakit

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto membesuk bapak Wahadi yang sedang sakit di Dusun Selo Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Kamis (28/11/2019) siang.

Bapak Wahadi merupakan anggota Linmas Inti Desa Sidomulyo menderita sakit bengkak pada gusi.

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk rasa solidaritas dan empati kepada anggota linmas inti Desa Sidomulyo yang sedang sakit. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar lebih mendekatkan tali silaturahmi antara Bhabinkamtibmas dan Linmas agar dapat terciptanya kerjasama untuk mendukung kamtibmas yang aman dan tertib. (Humas Polsek Bambanglipuro)

28 November 2019

Jalin Kedekatan Masyarakat, Polsek Kretek Sambangi Petugas Ronda

Dalam rangka meningkatkan jalinan hubungan kedekatan antara masyarakat dengan Polri, Unit Binmas Polsek Kretek beserta Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan sambang dengan warga masyarakat  yang sedang melaksanakan ronda kampung. Selasa malam, 26/11/2019.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ps. Panit Binmas Aiptu Jumari dan Aiptu Irian Dwi dan Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto serta Babinsa Serka Musdiono, pada malam itu melakukan sambang dengan warga masyarakat dudun Gadingdaton yang sedang melaksanakan ronda malam.

Dalam kesempatannya petugas menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada warga masyarakat agar ikut serta berperan aktif dalam menjaga keamanan, serta selalu waspada terhadap situasi lingkungan tempat tinggalnya masing masing agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak mengungkapkan bahwa guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif selalu menekankan kepada anggotanya, kususnya Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk selalu melaksanakan sambang warga, sehingga bisa menggali perkembangan kamtibmas diwilayah, ujarnya.

"Karena Binmas dan Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri", imbuhnya. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Srandakan Hadirisosialisasi "Saber Pungli" Di Kantor Kecamatan Srandakan

Kapolsek Srandakan Kompol B. Miryanto menghadir kegiatani Sosialisasi  "Saber Pungli" di aula kantor kecamatan Srandakan Bantul. Rabu, 27 Movemver 2019  Pukul 09.15 Wib

Hadir dalam giat tersebut Team Saber Pungli Kabupaten Bantul,l Inspektorat kabupaten Bantul Dra Endang Rahmawati,  Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto, Camat Srandakan Anton Yolianto AP, Danramil 017 Srandakan yang diwakili Babinsa Trimurti Srandakan, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti, Kasiwas Polres Bantul  Iptu Ahmat Sukroni,  Lurah Trimurti diwakili Carik desa Trimurti, Lurah Poncosari diwakili Carik desa Poncosari, Kasikum Polsek Srandakan Aiptu Yus Ediyanto dan Bhabinkamtibmas desa Trinurti Srandakan Brigadir Eko Rustamaji serta peserta sosialisasi sekitar 85 orang.

Adapun tujuan sosialisasi saber Pungli ini adalah untuk menyampaikan penekanan dari bapak Bupati Bantul agar para ASN dan pejabat perangkat desa / lurah desa jangan sampai ada penyelewengan penggunaan dana desa.

Kemudian untuk para kepala sekolah juga dilarang melakukan penyelewengan dana BOS. Diharapkan agar diwilayah Bantul juga tidak ada ASN, Pejabat, Lurah Desa, Kepala Sekolah,  POLRI dan Dinas Instansi yang melakukan tindak pidana pungli utamanya instansi yang melaksanakan pelayanan publik.

Pada pukul 11.35 Wib seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi Saber Pungli berakhir dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Pengajian Rutin Di Musholah Al Iklas Polsek Srandakan

Sudah merupakan kegiatan rutin setiap hari Rabu pagi, setelah melaksanakan apel pagi Personil Polsek Srandakan anggota yang beragama islam melaksanakan kegiatan pengajian rutin di Musholah Al Iklas Polsek Srandakan. Rabu, 27 Nopember 2019 dimulai pukul 08.30 Wib.

Pengajian rutin tersebut diawali dengan membaca Surat Yasin serta tahlil yang dipandu PS Panit Ontel Polsek Srandakan Aiptu Indra G kemudian dilanjutkan dengan pengajian oleh Kanit Binmas Polsek Srandakan Iptu Sugiyono.

Inti pengajian yang disampaikan oleh  Iptu Sugiyono yaitu tentang tata cara melaksanakan Sholat dengan benar sesuai sunah rosul.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Doa dipandu Kanit Binmas Iptu Sugiyono agar dalam pelaksanaan tugas sehari-hari selalu diberikan kelancaran dan keselamatan serta kamtibmas di wilayah hukum Polsek Srandakan selalu tetap kondusif. (Humas Polsek Srandakan)