31 December 2019

Polres Bantul Gelar Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2020

Polres Bantul menggelar apel pengamanan malam Tahun Baru 2020. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK.

Dalam apel tersebut, Kapolres Bantul menjelaskan, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Polri untuk menjaga keamanan masyarakat, termasuk saat perayaan malam tahun baru. Pengamanan dilakukan agar perayaan pergantian tahun dapat berjalan dengan kondusif.

“Tugas kita adalah mengawal kegiatan masyarakat agar berjalan nyaman, lancar, tertib, dan kondusif,” ujarnya di halaman Mapolres Bantul, Selasa (31/12/2019).

Kapolres Bantul mengingatkan, pengalaman tahun lalu di wilayah Bantul terjadi gesekan saat perayaan malam tahun baru, untuk itu agar kejadian tersebut diantisipasi agar tidak terulang kembali malam ini.

Untuk pengamanan tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan aparat lainnya dari unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan lainnya.

Selain itu, ia mengimbau petugas bersikap persuasif jika menemukan gangguan keamanan. “Jika mereka melakukan gangguan kamtibmas, kita tindak dengan pendekatan persuasif,” tandasnya.

Kapolres juga memerintahkan agar anggota melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan berhati-hati. “Laksanakan pengamanan dengan boddy system,” paparnya.

Kapolres juga memerintahkan anggota untuk mengamankan kegiatan-kegiatan ibadah yang dilaksanakan masyarakat untuk menyongsong tahun baru 2020.

Selesai melaksanakan apel, anggota kemudian menuju lokasi pengamanan sesuai dengan ploting masing-masing. (Humas Polres Bantul)

150 Anggota Polres Bantul Dapat Kenaikan Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi

Sebanyak 150 anggota Polres Bantul dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya terhitung mulai tanggal 1 Januari 20120.

Adapun rincian anggota yang  mendapat kenaikan pangkat adalah sebagai berikut : Kompol ke AKBP Pengabdian 1 personel; Aiptu ke Ipda Pengabdian 3 personel; Iptu ke AKP reguler 9 personel; Ipda ke Iptu reguler 9 personel; Aipda ke Aiptu 10 personel; Bripka ke Aipda 22 personel; Brigadir ke Bripka 50 personel; Briptu ke Brigadir 2 personel; Bripda ke Briptu 44 personel.

Upacara korps raport kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK bertempat di halaman Mapolres Bantul, Selasa (31/12/2019).

Kapolres Bantul dalam amanatnya mengatakan pelaksanaan upacara korps raport kenaikan pangkat pada saat ini terasa khidmat dan penuh rasa syukur. Karena masih dalam kegiatan Operasi Lilin Progo 2019 dan pengamanan pergantian tahun baru 2020. “Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota atas terlaksananya pengamanan Natal yang kondusif, berjalan aman, tertib dan lancar,” katanya.

Menurutnya, kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan penghargaan yang diberikan organisasi atas prestasi kinerja yang telah ditunjukkan anggota. “Dan dengan kenaikan pangkat diharapkan bisa menjadikan motivasi untuk terus melaksanakan tugas," katanya.

Kita juga telah menyaksikan bersama pelepasan purna tugas  anggota  Polri  Polres  Bantul  TMT  1  Agustus  s.d. 1 Januari  2020 sebanyak  20 personel terdiri dari : Perwira Polri 8 personel, Brigadir Polri 11 personel dan ASN Polri 1 personel.

“Secara pribadi maupun selaku kapolres bantul saya mengucapkan terima kasih dan  rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya  selama  ini.   Semoga   dalam   menjalani   masa purna bakti tetap diberikan kesehatan dan berkah yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Selesai upacara, Kapolres Bantul di dampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bantul dan diikuti pejabat lainnya, memberikan selamat dengan menyalami seluruh anggota yang naik pangkat.

Upacara Korp Raport sendiri diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Polres Bantul antara lain Waka Polres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH, Ketua Cabang Bhayangkari Bantul Ny. Ratih Wachyu TBS, para Kabag/Kasat/Kasi, Kapolsek Jajaran serta seluruh anggota Polres Bantul yang naik pangkat beserta Bhayangkari-nya.

Cipta Kondisi Natal dan Tahun Baru, Satresnarkoba Polres Bantul Sita Sabu Hingga Ratusan Botol Miras

Jajaran Satresnarkoba Polres Bantul berhasil menyita Narkotika jenis sabu, obat-obatan terlarang, hingga ratusan botol minuman keras berbagai merek selama bulan Desember 2019.

Kasatresnarkoba Polres Bantul Iptu Ronny Prasadana SIK MH dalam keterangan persnya mengatakan, barang-barang haram tersebut disita saat digelar cipta kondisi dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. “Termasuk rangkaian kegiatan Operasi Lilin Progo 2019,” katanya, Selasa (31/12/2019).

Ronny mengemukakan, selama kegiatan cipta kondisi digelar, setidaknya ada enam tersangka yang diamankan. Masing -masin berinisial SN (48) dan GY (52) dengan tuduhan kepemilikan Narkotika jenis sabu seberat 0,58 gram. Keduanya ditangkap di wilayah Kasihan Bantul saat sedang melakukan transaksi.

Kemudian MG (29) yang diduga menguasai psikotropika jenis Alganax sebanyak 2 (dua) buah butir dan 1.000 butir obat yang masuk dalam daftar G yang disimpan dalam sebuah toples di rumahnya Caturharjo Pandak Bantul.

Selain para tersangka di atas, petugas Satresnarkoba Polres Bantul juga menangkap BK (32), WR (28) dan NA (22). Dari ketiganya, petugas menyita barang bukti sebanyak 252 butir obat yang masuk dalam daftar G. Oleh petugas, ketiganya dijerat dengan pasal 196 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. “Ancamannya penjara paling lama 10 tahun serta denda paling banyak satu miliar rupiah,” terangnya.

Tak hanya itu, petugas juga menyita sebanyak 350 botol minuman beralkohol atau miras berbagai jenis dan merk yang disita dari tempat-tempat hiburan yang tersebar di kawasan pantai selatan.

“Operasinya kami gelar tadi malam dari pukul 22.00 sampai 02.00 dini hari,” jelas Ronny.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK mengatakan, bahwa Polres Bantul dan Polsek Jajaran siap mengamankan aktifitas masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru.

Kapolres Bantul juga berpesan, agar masyarakat turut serta menjaga keamanan dan ketertiban umum agar situasi Kamtibmas di wilayah Bantul tetap kondusif.

"Polres Bantul akan terus memantau situasi dan keadaan terutama di beberapa lokasi yang dinilai rentan saat pergantian tahun baru, agar masyarakat merasa nyaman saat merayakannya," tandasnya. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Adakan Rakor Persiapan Pam Malam Tahun Baru Bersama Linmas

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden Brigadir Afif Rudiyanto mengadakan Rapat Koordinasi bersama Linmas FPRB Desa Srigading menjelang pengamanan malam tahun baru 2020 di Balai Desa Srigading Kecamatan Sanden, Senin (30/12/2019) 20.00 Wib.
      
Kegiatan Rapat koordinasi tersebut di hadiri oleh Kasi Pemerintahan Desa Srigading, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, Ketua Linmas Srigading, Ketua FPRB Srigading serta anggota Linmas dan FPRB Srigading. Giat rapat koordinasi biasanya rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali, namun untuk rapat koordinasi kali ini  dilaksanakan dalam rangka pengamanan malam Tahun Baru Tahun 2020 di wilayah Desa Srigading.

Satuan Linmas merupakan satuan yang berada di Kelurahan yang berfungsi menjaga keamanan dan ketertiban bagi masyarakat, hal ini sangat membantu aparat keamanan dalam menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayahnya seperti ikut dalam pengamanan malam Tahun Baru.

Dalam kesempatan koordinasi tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto berharap Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Kelurahan dengan Instansi terkait TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat, RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah kelurahan. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Peresmian Taman Klodran Sisi Barat Jalan Jenderal Sudirman Bantul

Personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan Peresmian Taman Klodran Sisi Barat yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Bantul, Senin, 30/12/2019 pukul 18.30 wib. Peresmian dilakukan oleh Bupati Bantul Drs. Suharsono.

Hadir dalam acara antara lain Drs. H Suharsono (Bupati Bantul ),Mayor Inf Jaka Susila(Mewakili Dandim 0729/Btl), Kompol Munawar Sam, SH  (mewakili Kapolres Bantul ),Drs. Helmi Jamharis, MM (Sekda kab Bantul), Jajaran OPD Pemkab. Bantul, Santoso Rohmat (Dirut BPD DIY), R. Jati Bayu Broto, SH (Camat Bantul), Purwo Harsono (Ketua Koperasi Notowono), diikuti kurang lebih 50 peserta.

Taman Klodran tersebut merupakan salah satu program CSR dari PT. Bank BPD DIY.  Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Bantul dan Direktur Utama Bank BPD DIY Santosa Rohmad dilanjutkan penarikan tirai dan diakhiri dengan tanda tangan prasasti.

Dalam sambutannya, Santoso Rohmad selaku Direktur Utama PT. Bank BPD DIY menyampaikan bahwa dengan adanya taman klodran ini diharapkan akan dapat mempercantik Kabupaten Bantul serta ikut menumbuh kembangkan kreatifitas di daerah Bantul. Selain itu, keberadaan Taman Klodran diharapkan juga bisa menarik perhatian masyarakat di luar Bantul untuk hadir di Bantul baik sebagai wisatawan maupun sebagai calon investor.

Bupati Bantul Drs. Suharsono dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran PT. Bank BPD DIY atas segala kontribusi, peran serta kepeduliannya dalam proses pembangunan di Kabupaten Bantul salah satunya adalah pembangunan Taman Klodran melalui program CSRnya.

Bupati Bantul juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bisa menjaga dan merawat Taman Klodran ini agar dapat senantiasa dinikmati terus menerus keberadaannya.



Selain Taman Klodran, pada kesempatan tersebut Bupati Bantul juga meresmikan secara simbolis CSR dari PT. Bank BPD DIY yakni CSR pembangunan Wanawisata Mangunan dan CSR pembangunan Taman Adipura.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul melaksadanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaaan aman tertib. (Humas Polsek Bantul)

Sepanjang Tahun 2019, Laporan Kejahatan di Bantul Alami Peningkatan

Kepolisian Resor Bantul telah menggelar rilis akhir tahun. Sepanjang tahun 2019, berdasarkan data kepolisian, laporan kejahatan yang terjadi di Bumi Projotamansari mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya.

Tahun 2018, laporan kejahatan yang masuk di Kepolisian tercatat ada 691 kasus. Tahun 2019, jumlahnya bertambah, menjadi 764 kasus.

"Jadi jumlahnya mengalami kenaikan 73 kasus atau sebesar 10 persen," kata Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, saat jumpa pers di Mapolres Bantul, beberapa waktu lalu.

Dari 764 laporan kejahatan, kata Kapolres, Kepolisian telah berhasil menyelesaikan perkara, sebanyak 519 kasus.

Jumlah tersebut menurut dia mengalami kenaikan 26 persen, dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Dimana pada tahun 2018, dari 691 laporan kejahatan, Kepolisian Resor Bantul menurutnya hanya mampu menyelesaikan, sebanyak 380 kasus.

"Sehingga dalam penyelesaian perkara kejahatan tahun ini, mengalami kenaikan, sebesar 139 kasus atau 26 persen," terangnya.

Dikatakan, ada 10 besar kasus kriminalitas disepanjang tahun 2019 yang sering terjadi di wilayah hukum Polres Bantul.

Di antaranya, pencurian dengan pemberatan (curat) ada 145 laporan, penipuan 112 laporan, pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ada 74 laporan, penggelapan ada 56 laporan dan penganiayaan berat (anirat) sebanyak 77 laporan.

Disusul kasus pencurian biasa ada 90 laporan, pencurian dengan kekerasan (curas) 24 laporan, pengeroyokan 38 laporan, Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ada 27 laporan dan kejahatan terkait UU perlindungan anak ada sebanyak 19 laporan.

Untuk kasus terakhir yang disebutkan, Kapolres Bantul menaruh perhatian penuh. (Humas Polres Bantul)

Unit Reskrim Polsek Kretek Sita Puluhan Botol Vodka

Unit Reskrim Polsek Kretek dipimpin Panit I Iptu Jumadi SH melaksanakan operasi cipta kondisi dikawasan wisata relegius Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Senin, 30/12/2019 malam.

Operasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif jelang pergantian tahun baru 2020. Sasaran utama Razia yaitu tempat hiburan malam (Karaoke) dan para pedagang yang dindikasi menjual miras. Dalam kegiatan ini  petugas berhasil menyita puluhan botol minuman keras (Miras) Vodka.

Dalam razia tersebut petugas juga berhasil mengamankan pelaku berinisial ZR (50) warga dusun Kedondong, Demak, Jateng yang tinggal di dusun Grogol X kawasan Parangkusumo, Parangtritis, Kretek.

Dari tangan pelaku petugas berhasil menyita 22 botol Vodka yang disembunyikan di atas plavon rumah tempat tinggalnya. Minuman keras tersebut akan dijual di tempat-tempat hiburan malam diantaranya ditempat Karaoke kawasan wisata Parangkusumo, Parangtritis. (Humas Polsek Kretek)

Polsek Banguntapan Gunakan Genset Hidupkan Traffic Light Di Simpang Empat Blok O

Terobosan diambil jajaran Satuan Lalulintas Polsek Banguntapan Polres Bantul untuk memperlancar arus kendaraan liburan Natal dan tahun baru. Salah satunya dengan mengoperasikan genset agar traffic light simpang empat Blok O ring road timur Banguntapan tetap berfungsi disaat listrik padam.

Keputusan tersebut diambil setelah panel surya traffic light simpang empat Blok O tertutup baliho sehingga tidak bisa menyimpan energi listrik secara optimal sehingga ketika listrik padam, otomatis lampu traffic light tidak akan berfungsi.

"Itu kan lampu traffic light sebenarnya dihidupkan memanfaatkan energi listrik tenaga surya yang disimpan dalam panel surya, tetapi persoalannya panel surya tersebut tidak bisa tersinari matahari karena terhalang baliho. Selama ini traffic light difungsikan dengan aliran listrik bukan dari panel surya. Ketika listrik mengalami pemadaman otomatis traffic light tidak berfungsi mengingat jalan tersebut sangat ramai kami putuskan sehingga kami gunakan genset untuk traffic light. Kami  tidak punya pilihan lain lagi," ujar Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH didampingi Kanit Lantas Polsek Banguntapan itu Iptu Johan Rinto Damarjati SH, Senin (30/12/2019).

Menurut Suhadi keputusan memanfaatkan genset tersebut memang harus dilakukan, agar kendaraan di simpang empat Blok O tetap lancar. "Misalnya saat listrik padam selama 2 jam otomatis traffic light itu juga tidak berfungsi selama listrik padam. Oleh karena itu kami putuskan harus ada solusi, sampai ada perbaikan panel surya dari pemerintah," ujar Kapolsek Banguntapan. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Sriharjo Hadiri Peresmian dan serah terima pembangunan pengolahan Air limbah Domestik

Bhabinkamtibmas Desa Sriharjo Polsek Imogiri Brigadir Wahyono mewakili Kapolsek menghadiri peresmian dan serah terima pembangunan pengolahan air limbah Domestik di Dusun Pelemadu Rt 3, Sriharjo, Imogiri. Senin(30/12/2019)

Peresmian pembangunan dan pengolahan air limbah Domestik diresmikan oleh kepala Seksi Air minum dan sanitasi serta diserahkan kepada lurah desa Sriharjo Ibu Titik Istiyawatun Hasanah.

Hadir dalam acara tersebut Bapak Erwin Sasmanta ST.MT  Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi, Camat Imogiri Dra Sri Kayatun, Lurah Sriharjo Ibu Titik Istiyawatun Khasanah. SIP, Kepala Puskesmas Imogiri II dr Yeni Nugroho, Kasi Kesejahteraan Bapak Gotro Raharjo, Dukuh Pelemadu Bapak Sumarji, Warga Dusun Pelemadu, Bhabinkamtibmas Desa Sriharjo Brigadir Wahyono, SH.


Dalam sambutannya Camat Imogiri mengatakan bahwa dengan dibangunnya pengolahan limbah Domestik ini diharap dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang ada didusun pelemadu ini dan juga bisa dikembangkan lagi diwilayah lain di seluruh wilayah  diimogiri, sehingga imogiri bisa terbebas dari pencemaran lingkungan. (Humas Polsek Imogiri)

Kanit Provos Polsek Sanden Tekankan Anggota Agar Laksanakan Tugas Ops Lilin Progo 2019 Dengan Penuh Tanggung Jawab

Polsek Sanden Polres Bantul mengelar apel pagi guna mempersiapkan, mengecek dan memastikan anggota Polsek Sanden siap melaksanakan tugas. Dalam apel pagi yang di pimpin Kanit Provos Ipda Suharyanta tersebut di ikuti oleh anggota staf dan piket fungsi Polsek Sanden, Senin (30/12/2019) pukul 08.00 Wib.

Giat apel pagi merupakan kewajiban rutin yang di laksanakan dengan tujuan untuk penyampaian informasi dan pengecekan anggota serta untuk memberikan arahan dan penekanan kepada angggota agar dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan baik dan dengan penuh tanggung jawab.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Provos Ipda Suharyanta  memberikan beberapa arahan kepada anggota yang hadir melaksanakan apel pagi. Arahan Kanit Provos diantaranya bahwa saat ini seluruh anggota Polri masih siaga dalam rangka Ops Lilin Progo tahun 2019. Di harapkan anggota yang terlibat Ops LilIn Progo di Pos Pantau Goa Cemara tetap semangat dan waspada. Jaga sikap tampang dan disiplin selama melaksanakan Pos Pantau, ucap Kanit Provos.

"Laporkan setiap perkembangan situasi dan kejadian sekecil apapun kepada Kapolsek maupun Mako Induk agar bisa segera di ambil tindakan lebih lanjut," pungkasnya. (Humas Polsek Sanden)

Trisno Sumaryo Ditemukan Meninggal Dunia Di Pantai Parangkusumo

Trisno Sumaryo (75) warga Padukuhan Grogol IX, Desa Parangtritis ditemukan meninggal dunia di Pantai Parangkusumo Desa Parangtritis, Minggu (29/12/2019). Diduga ia diterjang gelombang laut.

Korban ditemukan tergeletak di bibir Pantai Parangkusumo pertama kali oleh salah seorang anggota SAR yang tengah melakukan patroli.

Sesampainya di lokasi kejadian anggota SAR dari kejauhan melihat sosok tersebut terapung terombang-ambing di bibir pantai. Guna memastikan hal tersebut anggota SAR kemudian menuju lokasi penemuan yang akhirnya memang didapati sesosok mayat pria sepuh.

Kapolsek Kretek, Kompol S. Parmin menyampaikan bahwa sebelum korban ditemukan tewas, korban minta kepada salah seorang tetangganya agar mengantarkannya ke kawasan Pantai Parangkusumo. Keperluannya, karena korban mengaku ingin mandi menghilangkan penyakit kulit yang ia derita selama ini. Selang sekitar setengah jam kemudian heboh kabar adanya penemuan jasad korban tersebut. Setelah ditelusuri serta keterangan warga korban bernama Trisno Sumaryo, jelasnya. (Humas Polsek Kretek)

Sosialisasi Menjaga Keselamatan Kerja Dan Tertib Berlalulintas Di Garasi PT ADP Sedayu

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana, SH. MH beserta mendampingi Sat lantas Polres Bantul mengadakan sosialisasi menjaga keselamatan kerja dan  tertib dalam  berlalulintas bertempat di Garasi PT  ADP (Aneka Dharma Persada) Jl wates Km 11 Kalakan Argorejo Sedayu Bantul , Sabtu 28 Desember 2019 Pukul 19.00 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana, SH. MH, Pimp BC Sedayu Ir. Satya Budi Santosa, Pimp BC Piyungan Irvan Santosa, Kanit Laka Polres Bantul Ipda maryono, SH, Karyawan PT ADP (Aneka Dharma Persada) Sekab Bantul.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang menjaga keselamatan kerja dan  tertib berlalulintas kepada Karyawan PT ADP yang bertugas dilapangan khususnya Pengemudi (Sopir) yang  melakukan kegiatan dan bekerja dengan Truck Bak Besar maupun Bak Kecil, sehingga bisa mengurangi resiko di jalan.

Diharapkan para karyawan khususnya sopir bisa mengetahui dan mengerti tentang Etika berlalu lintas serta Undang-undang Lalu Lintas berdasar Perkap No 22 tahun 2009. (Humas Polsek Sedayu)

Apel Kesipasiagaan Kunjungan RI1 untuk Meresmikan Bendung Kamijoro

Personel Polres Bantul dan Polsek Jajaran melaksanakan apel kesiapsiagaan dalam rangka kunjungan Presiden RI Ir Joko Widodo yang akan meresmikan Bendung Kamijoro.

Apel yang dipimpin oleh Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi ini dilaksanakan di belakang Puskesmas 2 Sedayu, Selasa (31/12/2019).

Selain diikuti personel Polri, apel juga diikuti personel dari Kodim 0729/Bantul beserta personel Jajaran Koramil Kodim 0729/Bantul. Sementara pejabat yang hadir antara lain Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH,  Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana S H MA, Danramil Sedayu Kapten Inf Deya S, Kabag Ops Polres Bantul Kompol Bambang Suharyanto SH, Kapolsek Pajangan  AKP Sri Basariah SAP dan Danramil Pajangan jumlah personel 235 orang.

Dalam arahannya Dandim mengatakan apel ini merupakan apel kesiapsiagaan yang sangat penting. Berkaitan dengan kunker RI 1 dan rombongan ke tempat wilayah Bantul.

“Kita utamakan keselamatan dalam pengamanan terutama jalur yang dilalui, TNI Polri dalam pelaksanaan tugas benar harus ekstra serius untuk mendukung kelancaran ketertiban dan keselamatan,” katanya.

Selanjutnya petugas pam jalur dan pamtup menyesuaikan tempat sesuai dengan ploting yang telah ditentukan. (Humas Polsek Sedayu)

Anggota Polsek Sedayu Mengamankan Perayaan Natal Tahun 2019 Di Gedung Serbaguna Desa Argomulyo

Anggota Polsek Sedayu mengamankan perayaan natal tahun 2019 di gedung Serbaguna desa Argomulyo Sedayu Bantul, Sabtu, 28 Desember 2019 pukul 09.00 Wib.

Dalam Natal ini dipimpin oleh pendeta Wiji Santoso dari Sungapan Argodadi sedayu Bantul diikuti oleh ratusan jemaat dengan mengambil tema Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

Kegiatan Natal dihadiri oleh Drs. Timbul Harjana anggota DPRD Kab. Bantul, Camat Sedayu Sarjiman SIP ME, Danramil Sedayu Kapten Inf. Diya S, Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH. MH, Lurah desa Argomulyo diwakili Kasi Kemas Totok Riyanto.

Selesai perayaan  natal dilanjutkan hiburan dan berakhir pukul 12.00 wib berlangsung aman dan tertib. (Humas Polsek Sedayu)

Pengamanan PORSENI PKBM Kabupaten Bantul Di Gor Balai Desa Patalan

Sejumlah anggota polsek Jetis melaksanakan pengamanan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) PKBM Kabupaten Bantul di Gor Balai Desa Patalan, Jetis, Bantul. Minggu, 29 Desember 2019 pukul 08.00 Wib.

PKBM se-Kabupaten Bantul diikuti oleh PKBM Persada Sewon2, PKBM Bina Sekar Melati Bantul, PKBM Al Mustajab Banguntapan, PKBM Tunas Harapan Pleret, PKBM Wiyata Mandiri Jetis, PKBM Candirejo Jetis, PKBM Sapu Lidi Jetis, PKBM Gerbang Mandiri Jetis, PKBM Tegal Selo Imogiri, PKBM Wiyata Bhakti Dlingo, PKBM Harapan Setia Dlingo, PKBM Bina Karya Piyungan, PKBM Adi Jiwa Kasihan, PKBM Delima Sedayu, PKBM Sanggar Anak Alam Kasihan, PKBM Wiyata Sari Sedayu, PKBM Kuttab Daarussalaam Banguntapan, PKBM Telaga Ilmu Banguntapan, PKBM Marsudi Pandak, PKBM Pelita Sari Srandakan, PKBM Sari Ilmu Sanden, SKB Bantul, PKBM Kyai Suratman Pandak, PKBM Mandiri Kretek, PKBM Taruna Murti Srandakan, PKBM Tegal Manilo Bantul, Pelangi Indonesia Homeschooling, PKBM Tamanan Banguntapan, PKBM Khairu Ummah Kasihan.

Cabang yang dilombakan adalah sebagai berikut Lomba bola voly putra/putri, Lomba Tenis Meja putra/putri dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Peserta Didik Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA

Penanggung jawab kegiatan bapak Yandi, SE selaku Ketua Panitia Porseni PKBM Bantul dan bapak Yuli Sutanta, A.Md Selaku Ketua DPD FK. PKBM Bantul. Elama kegiatan berlangsungnpersonil Polsek Jetis melaksanakan pengamanan  situasi aman tertib. (Humas Polsek Jetis)

LIbur Natal dan Tahun Baru, Laksanakan Turlalin di S4 Paker

Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Iptu Triwulandani bersama anggota Polsek Bambanglipuro dari melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di simpang empat Paker, Minggu (29/12/2019) pagi.

Dalam liburan Natal serta tahun baru 2020 ini onyek wisata baik dikawasan pantai Parangtritis, pantai Depok dan sekitarnya tetap menjadi idola pengunjung dari berbagai daerah diluar DIY.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menjelaskan bahwa dalam antisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas diwilayah Kecamatan Bambanglipuro maka berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya anggota Polsek Bambanglipuro senantiasa mengadakan pengaturan arus lalu lintas disimpang empat Paker.

Dilaporkan lebih lanjut, Arus Lalu lintas padat namun tetap lancar. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Kasihan Amankan Perayaan Natal Di Dusun Sonosewu

Anggota Polsek Kasihan sebanyak tujuh orang dipimpin PS. Kanit Lantas Iptu Boidi melaksanakan  pengamanan  ibadah  Perayaan Natal di rumah doa Sonosewu Danukraman, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Senin (30/12/2019) pukul 16.30 Wib.

Perayaan Natal dengan ketua panitia natal pepantan sonosewu (penanggung jawab) bapak Drs. Marsudi, dipimpin oleh Pendeta Yosep Kristiyo Nugroho dari GKJ Wirobrajan Jogja dengan tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Semua Orang" dan diikuti jumlah jemaat sekira 150 orang.

Kegiatan perayaan natal di rumah doa sonosewu  selesai pukul 18.30 Wib, dengan pengamanan dari Polsek Kasihan terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan).

Jelang Malam Pergantian Tahun, Arus Lalu Lintas Di Jalur Cinomati Meningkat

Sehari jelang malam pergantian tahun baru 2020, arus lalu lintas di jalur Cinomati, Pleret, Bantul mulai ada peningkatan. Hal ini diungkapkan Kapolsek Pleret AKP Riwanta saat memantau langsung di Pos Pantau Jalur Cinomati, Senin (30/12/2019) sore.

Diungkapkan bahwa arus kendaraan yang melintasi jalur Pleret - Dlingo itu mulai ramai namun tetap lancar. Selain kendaraan berplat lokal, kendaraan-kendaraan pribadi yakni mobil yang berplat luar daerah juga mulai mendominasi di jalur tersebut.

"Hari ini arus lalu lintas lebih ramai dari yang kemarin. Kebanyakan kendaraan yang melintas berplat luar daerah", kata Kapolsek Pleret.

Sebagian besar mereka, lanjutnya, merupakan wisatawan yang hendak mengunjungi tempat-tempat atau destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Dlingo, Bantul.

Sementara itu, terkait kondisi jalan yang sempit, berliku dan tanjakan serta turunan yang curam, Kapolsek Pleret menghimbau para pengendara agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu jalan yang sudah terpasang di sepanjang jalur Cinomati ini.

Ia juga mengatakan, sejak libur Natal 2019 dan mejelang Tahun Baru 2020 dari pemantauan lalu lintas di Jalur Cinomati sudah lebih dari 100 kendaraan roda empat maupun sepeda motor yang tidak kuat menanjak.

"Karena bukan dari warga setempat, sehingga mereka tidak paham medan. Sebenarnya dari bawah sana sudah kita pasang tulisan untuk gunakan gigi satu, juga mematikan AC. Tapi beberapa pengendara kadang mengabaikannya. Kendaraan tak kuat karena telat oper ke gigi rendah" terang Kapolsek Pleret.

Pihaknya bersama sejumlah relawan pun membantu kendaraan yang tidak kuat menanjak tersebut dengan mengganjal ban, kemudian mendorongnya sampai jalur aman yang tidak curam.

"Sebagian besar kendaraan tersebut akhirnya bisa meneruskan perjalanan setelah didorong petugas, namun ada pula yang memilih balik arah", tuturnya.

Selanjutnya untuk pengamanan malam pergantian tahun dan Tahun Baru 2020, Kapolsek Pleret berharap semoga pengamanan dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, serta masyarakat yang merayakan liburan bisa terlayani dengan baik pula. (Humas Polsek Pleret)

Anggota Polsek Dlingo Bantu Truck Mogok

Anggota polsek Dlingo dipimpin Aipda Harsono melaksanakan patroli di wilayah hukum polsek Dlingo sudah rutin setiap harinya dilakukan. Minggu, 29 Desember 2019.

Patroli mengambil rute dari Mapolsek Dlingo menuju ke arah desa Temuwuh dilanjutkan ke desa Terong  dan desa Muntuk. Dengan sasaran pemukiman penduduk, gedung gedung pemerintahan, rumah ibadah dan ditempat tempat yang di anggap rawan gangguan kamtibmas maupun premanisme.

Dalam patroli kali ini anggota patroli menemukan kendaraan truck dengan syarat muatan tidak kuat menanjak di jalan kali urang desa Dlingo yang medanya terkenal dengan tanjakan ektrimsnya serta berkelok kelok.

Meliahat hal tersebut, selanjutnya anggota patroli membantu dengan menariknya dengan menggunakan kendaraan dinas polri yang di bantu oleh warga sekitar.

Setelah selesai membantu kendaraan truck yang mogok kemudian anggota  melanjutkan patrolinya di Obyek wisata alam yang ada di wilayah kecamatan Dlingo. (Humas polsek Dlingo).

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Hadiri Pertemuan Kader Posyandu Di Aula Lantai I Balai Desa Tamantirto

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH menghadiri Pertemuan Kader Posyandu di Aula lantai I Balai Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (30/12/2019) pukul 09.00 wib.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan setiap sebulan sekali bagi para kader Posyandu, untuk memantau kesehatan dan perkembangan anak-anak agar kesehatannya tetap terjamin. Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas  menyampaikan pesan kamtibmas kepada para ibu-ibu kader agar selalu rutin mengajak anak - anaknya datang ke posyandu untuk mengetahui perkembangan kesehatan anak, bhabin juga menghimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi yang berkembang saat ini menjelang tahun baru 2020.

Dengan adanya sambang ini warga masyarakat sangat merespon dengan baik dengan kehadirannya Bhabinkamtibmas / anggota polri sehingga dapat mempererat hubungan tali silahturahmi polri dengan masyarakat.

Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH mengatakan bahwa giat sambang yang dilakukan oleh para bhabinkamtibmas ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat . (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Beri Paparan TPKJM Di Puskesmas Kasihan 2

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH menyamapaikan paparan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kecamatan Kasihan di Aula II Puskesma Kasihan 2,  Dusun Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Senin (30/12/2019) pukul 13.30  WIB.

Adapun materi paparan adalah Konsep TPKJM, Tugas dan peran lintas sektor serta Aksi TPKJM. Kegiatan diikuti tamu Studi/ Kaji Tiru Program Pelayanan Kesehatan Jiwa dari Desa Pendowoharjo, Sewon Bantul sebanyak 44 orang terdiri dari Kepala Puskesmas dan Pelaksana Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Sewon 1, TKSK, Kepala Desa, Babinsa, Kasi Pelayanan, Kader dan Kepala Dusun se Desa Pendowoharjo.

Hadir TPKJM Kasihan terdiri dari unsur Kemas Kecamatan Kasihan bapak Sugito, Koramil Serda Sugiyono, TKSK Heri Wibowo, Kepala Puskesmas Kasihan 2 drg. Elmi Yudihapsari, MPH., Pelaksana Program Kesehatan Jiwa Siti Mulyani, Amd, Kep dan Psikolog.

Tujuan kaji tiru untuk mengaplikasikan program pelayanan jiwa secara terpadu lintas sektor seperti yang telah di laksanakan di wilayah kecamatan Kasihan.

Dimana pelayanan Penat Dengan Gangguan Jiwa di berikan sejak di temukan di masyarakat sampai kembali pulih ke masyarakat lagi. Pelayanan di laksanakan oleh semua lintas sektor sesuai dengan tupoksinya namun di koordinir secara terpadu sehingga pelayanan lebih cepat tepat dan berhasil guna. (Humas Polsek Kasihan)

Tim Perwira Pengamat Wilayah Lilin Progo 2019 Mabes Polri Kunjungi Gereja HKTY Ganjuran

Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Lilin Progo 2019 dari Asisten logistik (Aslog) Mabes Polri melaksanakan kunjungan di Gereja HKTY Ganjuran, Bambanglipuro Bantul. Senin (30/12/2019) pagi. Dari Tim Pamatwil diwakili oleh Kombes Pol Arief P didamping Kapuskodal Ops Polda DIY AKBP Tri .S.

Selama kunjungan di Gereja HKTY Ganjuran, Tim didampingi Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Iptu Triwulandani, Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna, Kanit Sabhara Aiptu Tribudiyana, Bhabinkamtibmas Sumbermulyo Bripka Sigit, Anggot Polsek Bambanglipuro, Anggota Sabhara Polres Bantul, Koordinator Gereja Bapak Wasana dan lainya..

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengecek kesiapan anggota dalam melaksanakan operasi, administrasi, pengetahuan tupoksi masing-masing satgas dan pelaksanaan anggota dalam Bertugas.

Kanit Lantas Iptu Triwulandani saat mendampingi Tim Mabes Polri menjelaskan bahwa personil yang dilibatkan dalam operasi lilin Progo ini tidak hanya terfokus di gereja-gereja yang dijadikan sebagai tempat ibadah saat natal melainkan disebar dibeberapa objek vital saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Sementara itu, Tim  Pamatwil Mabes Polri Kombes Pol Arief P menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan kepada tim dan ucapan selamat natal dan tahun baru 2020. Dan semoga dalam perayaan tahun baru esok berjalan aman kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Mulyodadi Amankan Pentas Kesenian Jathilan Di Dusun Sabrang Kidul

Bhabinkamtibmas Mulyodadi Aipda melaksanakan pengamanan kegiatan pentas kesenian Jathilan  di rumah bapak Wardi Utomo Dusun Sabrang Kidul RT 04 Triwidadi Pajangan Bantul, Kamis (7/7/2016) jam 12.30 Wib.

Menurut Bapak Wardi, pentas Jathilan ini dalam rangka syawalan Trah keluarga Mbah Sokerti juga untuk melestarikan seni dan budaya, jatilan dimainkan oleh grup jatilan Turonggo Seto Santoso dari Dusun Sabrang Kidul Triwidadi Pajangan pimpinan bapak Sarbini.

Pentas Jathilan kali ini berlangsung dalam 3 babak disaksikan ± 300 orang  berlangsung dengan meriah dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan.

Hingga selesainya pentas Jathilan di Sabrang Kidul pada jam 17.00 Wib berakhir dalam keadaan kondusif aman. (Humas Polsek Pajangan).

Gereja Salib Suci Gunung Sempu Disterilkan Oleh Unit Jibom Polda DIY

Sebelum dipakai untuk ibadah perayaan Natal 2019, terlebih dahulu Gereja Salib Suci Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan Bantul disterilkan oleh Unit Taem Jibom Gegana Polda DIY sebanyak 5 anggota dipimpin oleh Ipda Maryono, Senin, 23 Desember 2019. Pukul 15.40 wib

Hadir dalam kegiatan sterilisasi adalah Kolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH., PS. Kanit Intelkam Polsek Kasihan Iptu Agus Supraja, Kanit Provos Ipda Suwijo, Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH dan anggota Polsek Kasihan.

Sterilisasi dilakukan ke sejumlah titik baik di halaman maupun di dalam Gereja Salib Suci Gunung Sempu. Meliputi Mimbar, Seluruh meja kursi,  Pot Tanaman, Saklar Kelistrikan, Taman samping, Gudang, Ruang Pastur, Taman depan, Patung Bunda Maria, Toilet dan Sumur, Bahkan seluruh bagian halaman dan tempat parkir juga disterilisasi. Selesai melaksanakan sterilisasi pada pukul 16.00 wib, dengan hasil tidak ditemukan bom dan tidak ada yang dicurigai sebagai handak/bom.

Dalam kesempatan tersebut Katim Jibom  Ipda Maryono menyampaikan pesan kepada Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH untuk diteruskan pengurus Gereja agar besuk jemaat yang sebelum melaksanakan perayaan natal dilarang menggunakan Rangsel, Tas dan Jaket serta diadakan pemeriksaan, pelaksanaan riksa yang bawa rangsel/tas suruh membuka sendiri dan si pemeriksa mengawasi.

Setelah sterilisasi dinyatakan steril  Ipda Maryono dan Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH menandatangani berita acara sterilisasi. Kemudian gereja diserahterimakan kepada petugas jaga untuk dijaga pengamananya.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho, SH menyatakan bahwa Polsek Kasihan akan memberikan pengamanan selama umat Kristiani merayakan Natal di wilayahnya.

"Semua gereja yang ada di wilayah Polsek Kasihan ini akan kami tempatkan anggota untuk melaksanakan pengamanan dan pemeriksaan kepada para pengunjung gereja. Semoga dengan upaya ini jalanya perayaan Natal di wilayah Kasihan dapat berjalan lancar hingga selesai, harap Kapolsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

30 December 2019

Tak Kuat Nanjak, Kapolres Bantul Dorong Mobil di Jalur Cino Mati

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK ikut membantu mendorong mobil yang tidak kuat naik di tanjakan Cinomati. Aksi spontanitas itu dilakukannya ketika mengunjungi Pos Pantau Terpadu Jalur Cinomati di Jalur Cinomati, Pleret, Bantul pada Minggu (29/12/2019) siang.

Tidak hanya itu saja, Kapolres Bantul juga turut melakukan pengaturan arus lalu lintas bersama personel gabungan dari Polsek Pleret, Koramil Pleret dan Relawan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul yang didampingi Kasat Lantas Polres Bantul AKP Cerryn Nova MP SH MM juga mengimbau kepada para pengendara agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melintasi Jalur Cinomati.

"Kami mengharapkan para pengendara untuk selalu berhati-hati dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada," imbau Kapolres.

Selain itu, disarankan pula untuk para pengendara, terutama yang belum tahu medan agar menghindari jalur Cinomati, karena jalur tersebut merupakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas.

"Kami juga mengimbau agar hindari jalur-jalur berbahaya seperti Jalur Cinomati ini, gunakan saja jalur-jalur lainnya yang tidak terlalu rawan," imbuhnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Kasat Lantas Polres Bantul yang mengimbau agar kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk supaya tidak melalui Jalur Cinomati.

Menurutnya, Jalur Cinomati sangat berbahaya bagi kendaraan-kendaraan besar tersebut, mengingat terdapat banyak tanjakan dan tikungan tajam sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, disarankan agar memelilih jalur lain seperti Patuk Gunungkidul atau Imogiri Bantul. (Humas Polsek Pleret)

Ditinggal Nikah Pacar, Pemuda di Sewon Coba Bunuh Diri

Seorang pemuda berinisial RF warga Dusun Janganan Glugo, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon melakukan aksi percobaan bunuh diri pada Minggu (29/12/2019) pagi.

Aksi nekat pemuda berusia 26 tahun tersebut diduga lantaran sedang patah hati.

Kapolsek Sewon, Kompol Paimun SH menerangkan, kejadian berawal pukul 09.00 WIB korban diketahui oleh pihak keluarga serta tetangga sekitar telah berada di atap rumah. Kejadian itu sontak mengundang kehebohan keluarga serta masyarakat. Pasalnya kala itu ia diduga hendak bunuh diri.

Kapolsek Sewon mengungkapkan berdasarkan, keterangan pihak keluarga pemicu hal tersebut karena korban tak terima karena ditinggal sang pacar menikah dengan orang lain.

"Pemicunya patah hati, mantan pacarnya menikah dengan orang lain," ujarnya.

Upaya keluarga dibantu tokoh masyarakat serta aparat kepolisian untuk membujuk pemuda supaya turun tidak gampang. Korban tetap bersikeras ingin melakukan aksi berbahaya itu. Namun demikian tepat sekitar pukul 14.30 WIB atau hampir 6 jam lamanya, ia berhasil dibujuk hingga akhirnya mau turun. (Humas Polsek Sewon)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushola SD Pedes 2

Muspika kecamatan Sedayu menghadiri Peletakan  batu pertama pembangunan mushola SD Pedes 2 di dusun Surobayan Argomulyo Sedayu Bantul. Senin 23 Desember 2019 pukul 08.30 wib.

Kegiatan dihadiri Kepala sekolah SD 2 bapak Wajiman, Spd, Camat Sedayu Bp. Sarjiman, Kapolsek Sedayu Kompol  Ardi Hartana, Danramil Sedayu diwakili Peltu Dedi.S takmir Masjid Surobayan Iptu Wagiyo dan tokoh masyarakat.

Mushola SD pedes 2 dibangun karena disekolah SD belum ada Musholanya serta jauh dari Masjid, juga untuk meningkatkan iman takwa karyawan karyawati sekolah dan juga anak didik. Selain itu juga untuk sarana belajar dan praktek Sholat serta memperdalam  kususnya agama islam dilingkungan sekolah.

Peletakan batu pertama diawali pak camat Sedayu, Kapolsek Sedayu, Danramil Sedayu, dan Kepala sekolah, selanjutnya ditutup dengan doa. Situasi aman tertib. (Humas Polsek Sedayu)

Ayla Berpenumpang 5 Orang, Terjun Bebas ke Area Persawahan

Sebuah kecelakaan terjadi di jalan Soka-Pundong, tepatnya di Dusun Gunungpuyuh, Desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Minggu (29/12/2019) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Kecelakaan tersebut menyebabkan sebuah Mobil Daihatsu Ayla Nopol AB 5341 DF terjun bebas ke area persawahan.

Kapolsek Pundong, AKP Haryanto SH menjelaskan bahwa mobil berpenumpang 5 orang remaja itu dikemudikan oleh seorang perempuan bernama Ranita Anggraini (30) warga Desa Prenggan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Kepolisian Sektor Pundong, insiden terjadi bermula ketika rombongan tersebut melaju dari arah utara ke selatan Parangtritis dengan kecepatan tinggi.

Belum diketahui sebab yang jelas, namun tiba-tiba sesampainya di lokasi kejadian mobil dengan bodi bercat putih itu oleng ke kiri keluar dari perlintasan jalan aspal. Sedang sopir sudah tak bisa lagi menguasai laju kendaraannya itu hanya bisa pasrah.

Mobil tersebut baru berhenti setelah terjun ke area persawahan sejauh sekitar 15 meter dari jalur utama. Mobil nahas tersebut diketahui sampai terguling.

"Ada salah satu penumpang luka patah tulang dirawat di RSUD Panembahan Senopati. Penumpang yang lain luka ringan," ujarnya.

AKP Haryanto SH mengatakan, mobil nahas tersebut sudah dievakuasi oleh petugas Kepolisian Sektor Pundong pada dini hari dengan cara ditarik menggunakan mobil derek dan kini diamankan sebagai barang bukti. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja St. Theresia Sedayu

Minggu, 22 Desember 2019 jam 07.00 Wib di Gereja St. Thrresia dusun Gubug, Argosari, Sedayu, Bantul telah berlangsung acara Perayaan Ekaristi, peletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja St. Theresia dan tasyakuran sebagai Kardinal Indonesia Mrg. Ignatius Suharyo.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kardinal Indonesia Mrg. Ignatius Suharyo, Romo Yohanes Tri Widianto, Romo Antonius Henry Atmoko dan para tamu undangan. (Warga Sedayu, sebagian Moyudan, Sleman).

Setelajh kegiatan Misa selesai acara dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan Gereja St. Theresia Oleh Mrg.Ignatius Suharyo yang disaksikan seluruh umat Katholik.

Dalam kegiatan ini personil Polsek Sedayu dibantu Polres Bantul, Koramil, Linmas dan FPRB desa argosari dipimpin oleh Kapolsek Sedayu, Kompol Ardi Hartana, S.H, M.H hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtinmas Argodadi Sambang Poskamling Dusun Sungapan

Selasa, 10 Desember 2019 pukul 23.00 wib. Bhabinkamtinmas Argodadi Aiptu Baryadi bersama babinsa melaksanakan sambang Poskamling di Dusun Sungapan Dukuh Rt 64 Argodadi.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Aiptu Baryadi sebagai upaya untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif di desa Argodadi Sedayu sekaligus menyampaikan pesan pesan kamtibmas.

Sambil menemani warga yang sedang melaksanakan ronda, Aiptu Baryadi  juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga agar selalu waspada dan apabila ada hal yang mencurigakan atau kejadian menonjol segera laporkan ke Polsek sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtinmas Canden Hadiri Pengajian Mujahadah di Masjid Mega Rahayu Dusun Gadungan Pasar

Bhabinkamtinmas Canden menghadiri Pengajian Mujahadah di Masjid Mega Rahayu Dusun Gadungan Pasar Canden Jetis Bantul, Sabtu (28/12/2019).

Pengajian yang diisi dengan tausiyah KH. Habib Sayidi Baroqbah ini dihadiri pula oleh Lurah Desa Canden Subagyohadi,  Lurah Desa Patalan Suyudi, Pamong Desa Canden dan jamaah pengajian kurang lebih 1500 orang.

KH.Habib Sayidi dalam tausiyahnya menyampaikan dan mengajak jamaah pengajian  wajib bekerja sebab bekerja adalah untuk menopang hidup diri dan keluarga.

Agar kita selamat saat diakhirat kita harus selalu memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama manusia. (Humas Polsek Jetis)

Jaga Kondusifitas Jelang Tahun Baru, Polsek Sewon Tingkatkan Patroli

Salah satu langkah menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif menjelang pergantian Tahun Baru 20119 ke 2020, Unit Sabhara Polsek Sewon, Polres Bantul , meningkatkan patroli di seluruh wilayah hukum Polsek Sewon, Minggu (29/12/19) malam.

Hal ini diungkapkan oleh Kanit Sabhara Polsek Sewon Iptu Sarjiman, bahwa Unit Patroli Sabhara Polsek Sewon yang dibackup dari Unit Intel dan Reserse meningkatkan intensitas patroli di tempat tempat umum yang dinilai memiliki angka kerawanan yang tinggi, dan di tempat tempat peribadatan, perbankan, instansi pemerintah, ataupun perumahan yang ada di wilayah hukum Polsek Sewon dimana di tinggalkan oleh pemiliknya untuk berlibur, dengan ditingkatkannya patroli tersebut di harapkan akan tercipta Kamtibmas menjelang pergantian Tahun Baru 2020 dan libur panjang yang kondusif, aman dan nyaman.

“Dalam pelaksanaan patroli personel juga memberikan imbauan kamtibmas kepada Satpam Perumahan serta warga yang di temui agar lebih waspada terhadap situasi lingkungannya," katanya.

Iptu Sarjiman menambahkan bahwa patroli yang di laksanakan secara humanis kepada setiap warga yang di temui, dan siap membantu apabila di butuhkan dengan mengedepankan senyum, sapa, salam, dan ke ikhlasan untuk membantu tanpa mengharapkan pujian bahkan pamrih kepada warga yang di bantu imbuhnya. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Dusun Kurahan II

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Brigadir Eko Wibowo mewakili Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghadiri pagelaran wayang kulit di Dusun Kurahan II Murtigading Sanden, Bantul, Sabtu (28/12/2019) pukul 20.00 WIB.

Pentas seni pagelaran wayang kulit semalam suntuk digelar di halaman rumah Widarto Dusun Kurahan II Murtigading Sanden. Kegiatan ini diselenggarakan oleh keluarga Bambang dalam rangka tasyakuran khitanan anaknya. Pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut menampilkan dalang Ki Geter Pramudji Widodo dengan mengambil lakon "Wahyu Cakraningrat".

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Komisioner KPI, Lurah Desa Murtigading beserta Pamong Desa Murtigading, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Bripka Eko Wibowo serta warga masyarakat setempat.

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Bripka Eko Wibowo menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat dan penonton agar ikut menjaga keamanan dan kelancaran selama pagelaran wayang kulit berlangsung.

"Kami berharap kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kejadian kriminal dan meminta kerjasama yang baik antar aparat serta masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban," ucap Bripka Eko Wibowo. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Pembukaan Turnamen Sepak Bola Usia Dini Di Lapangan Mojo Donotirto

Personil Polsek Kretek dipimpin Panit Intel Ipda Wiyono melaksanakan pengamanan pembukaan Turnamen Sepak Bola Usia Dini," Seta Muda Super Socer ke 2 tahun 2019 dilapangan Mojo, desa Donotirto Kretek.  Sabtu, 28/12/2019 pagi.

Turnamen sepak bola usia dini yang berjuluk "Seta Muda Super Socer " ini dilaksanakan setiap tahun, dan saat ini yang kedua kalinya.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 24 club SSB se DIY yang dilaksanakan selama 2  hari, dan bertujuan untuk membina serta mencari bibit unggul pesepak bola kabupaten Bantul dan DIY pada kususnya serta pesepak bola nasional pada umumnya.

Panit Intel Polsek Kretek Ipda Wiyono didampingi Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto dan Babinsa, dalam kesempatannya atas nama Polsek Kretek berharap kerjasamanya dalam menciptakan iklim yang kondusif selama pelaksanaan kegiatan, ujarnya.

"Selamat bertanding dan junjung Sportifitas ",imbuhnya. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtomulyo Ajak Warga Masyarakat Dusun Gaten Guyub Rukun

Bhabinkamtibmas desa Tirtomulyo Bripka Suharyono melaksanakan pengamanan Senam massal di dusun Gaten, Tirtomulyo, Kretek. Sabtu, 28/12/2019 Pukul 07.00 wib.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah desa Tirtomulyo Drs. Sujadi, Babinsa dan diikuti oleh ratusan warga dusun Gaten.

Senam masal warga Dusun Gaten tersebut dilaksanakan oleh warga setempat dengan tujuan untuk meningkatkan kerukunan antar warga.

Selesai pelaksanaan senam dihibur dengan pentas orgen tunggal Cinda production dan pembagian beberapa doorprize.

Dalam kesempatannya Bripka Suharyono mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, dan berharap kerjasamanya warga masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusif.

Jangan mudah terprovokasi yang akan menimbulkan perpecahan antar warga. Mari kita jaga kerukunan antar warga agar bisa hidup dengan tenang, nyaman dan kondusif, ujarnya.m (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Tamantirto Hadiri Mranggen Fair 2019

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH menghadiri giat Mranggen Fair 2019 di Mranggen RT 03, dusun Ngrame,Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu (28/12/2019) pukul 20.30 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh warga perondan Mranggen dalam rangka hari jadi kampung Mranggen tahun 2019, kegiatan ini diisi dengan pentas seni anak anak dan warga serta jajanan pasar yang di sajikan oleh warga perondan selama dua hari tanggal 28-29 Desember 2019.

Hadir dalam acara ini Anggota DPRD Fraksi PPP Kabupaten Bantul bapak Jumakir,  Lurah Desa Tamantirto bapak Wisnu Ardi,  Kadus Ngrame bapak Doto, Ketua Rt 03 Mranggen bapak Abdul Rahman, Ketua Rt Se-Dusun Mranggen,  Jaga Warga TKCY, Tomas dan Toga Dsn Mranggen dan  Warga Mranggen Rt 03.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat Mranggen / pemilik tempat hiburan, “Agar tidak buka sampai larut malam serta segera melaporkan kepada petugas Polsek Kasihan apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan” ungkap Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Pengajian Akbar Di Depan Pasar Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Munawar sam SH pimpin pengamanan giat Pengajian Akbar di depan Pasar Bantul d.a Jl. Jend. Sudirman Bantul, Sabtu, 28/12/2019 pukul 20.30 WIB.

Pengajian akbar diselenggarakan oleh Pemkab. Bantul dalam rangka refleksi akhir tahun 2019 dan menyongsong tahun baru 2020 bersama KH. Abdul Jalil dari Semarand dimeriahkan dengan penampilan Qasima dari Magelang.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, SIK, Sekda Bantul Drs. Helmi Jamharis, MM, Asek 3 Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc,Ka OPD Kab. Bantul, Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam, SH, Lurah Desa Bantul Bp. Supriyadi, Forkompimda Bantul, Toga Tomas dan ribuan jamaah.

Dalam Sambutannya, Bupati Bantul mengapresiasi kepada segenap panitia maupun masyarakat Bantul yang telah mendukung acara pada malam hari ini sehingga dapat terselenggara dengan baik.
Mari kita merefleksi diri apa yang kita lakukan dan kita peroleh di tahun 2019 agar kita mawas diri dan semoga di tahun depan semoga kita lebih baik.
Makaryo mbangun deso bukan hanya sekedar slogan saja namun mari kita bersama-sama membangun Bantul ini dengan penuh semangat gotong royong agar Bantul lebih maju dan berkembang.

Dalam tauziahnya KH. Abdul Jalil menyampaikan kita wajib bersyukur dalam kondisi apapun karena dengan bersyukur nikmat kita akan ditambah oleh Allah SWT dan dosa kita akan diampuni oleh-Nya.
Keharmonisan di dalam rumah tangga akan terwujud apabila suami istri saling menghargai, menghormati didukung dengan komunikasi yang baik.
Kebahagiaan di dunia hanyalah sementara, kebahagiaan di akheratlah yang kekal abadi selamanya, meskipun demikian kebutuhan dunia dan akherat harus seimbang agar kita bahagia dunia akherat.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Qasima. Selama berlangsungnya kegiatan terpantau situasi aman terkendali. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Srandakan Pimpin Patroli

Demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, Kapolsek Srandakan Kompol B. Muryanto dan anggotanya melaksanakan kegiatan KRYD  dengan cara melaksanakan Patroli dialogis dititik-titik rawan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Srandakan. Kamis, 26 Desember    2019 Pukul 10.30 wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Srandakan Kompol B. Muryanto , PS Kasikum  Aiptu Yus Ediyanto, KSPKT Aiptu Winarto, Personil TNI AL, Team SAR dan Relawan.

Patroli menyasar ke tempat Obyek obyek vital  dan obyek wisata yang ada diwilayah hukum Polsek Srandakan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dengan route, Jalan Srandakan sampai dengan Sapuangin, Jalan pandansimo dan Obyek wisata pantai Baru.

Saat patroli tiba di lokasi wisata pantai Baru, Kapolsek Srandakan dibantu dengan petugas yang lain tidak henti hentinya menghimbau wisatawan agar tidak mandi dilaut karena gelombang air laut sedang pasang sehingga sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan korban jiwa.

Selain itu Kapolsek juga menghimbau kepada wisatawan agar selalu menjaga kebersihan dan memarkir kendaraan pada tempat parkir yang telah disiapkan agar terhindar dari aksi curanmor.

Pada pukul 14.00 Wib, petugas Patroli tersebut meninggalkan lokasi wisata Pantai Baru untuk melaksanakan tugas yang lain. Selama pelaksanaan patroli dialogis di Wilayah hukum Polsek Srandakan dapat terciptanya situasi yang aman dan kondusif, nihil kejadian. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Mengikuti Kerja Bakti Di Jalan Dusun Bregan- Ngambah

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi bersama Baibinsa dan warga masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan pohon - pohon yang ada di pinggir jalan antara dusun Bregan - dusun Ngambah Mulyodadi Bambanglipuro Bantul di Minggu (29/12/2019) pagi.

Aipda Sukaryadi terjun langsung ikut serta membantu pemangkasan dan pembersihan pohon - pohon di tepi jalan. Warga masyarakat merasa senang dengan kehadiran Bhabinkamtibmas mengikuti kerja bakti Pembersihan Pohon - pohon jalan karena bisa menambah semangat warga dalam kerja bhakti tersebut.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi,SH mengatakan, bahwa khususnya bagi Anggota Bhabinkamtibmas harus selalu melekat dan mengetahui kegiatan warga desa binaannya. Dengan bergotong-royong dalam Pembersihan jalan seperti ini, secara tidak langsung dapat mempererat tali silahturohmi sehingga menciptakan kerjasama yang kuat dalam menjaga kamtibmas. (Humas Polsek Bambanglipuro)