Mediasi Penyelesaian Permasalahan Warga Dusun Pangkah Tirtosari

Posted by tribratanewsbantul on 09:29

Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto memediasi penyelesaian permasalahan warga di kediaman kepala dukuh Pangkah , Tirtosari, Kretek, Bantul. Selasa malam, 28/01/2020.

Adapun warga yang bermasalahan yaitu keluarga SM (60) dengan masyarakat dusun setempat. Turut hadir dalam penyelesaian permasalahan tersebut Kasi Pemerintahan desa Tirtosari Saptopo Wisnu Aji SH, kepala dukuh Pangkah Subekti, ketua Rt 03 Suranto, Tokoh masyarakat dan keluarga Sumarno.

Bahwa awal permasalahan ini timbul dikarenakan JN (13) yang merupakan putra pasangan SM  sering melakukan pencurian yang membuat resah masyarakat sekitar.  Sehingga permasalahan tersebut perlu diadakan penyelesaian secara kekeluargaan agar tidak terjadi permasalahan yang lebih besar lagi.

Permasalahan tersebut terjadi karena kurangnya perhatian dari orangtua serta orang tua juga tidak mampu membiayai sehingga anak tersebut tidak mau sekolah.

Karena iba dan prihatin, sekira dua tahun yang lalu Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto mengupayakan agar anak tersebut bisa sekolah, selanjutnya berbagai cara dilakukan oleh Aiptu Suryanto agar anak tersebut bisa sekolah. Alhamdulillah, akhirnya upaya itu tidak sia-sia, sebuah Sekolah Dasar (SD) wilayah desa Tirtosari mau menerima JN sebagai anak didiknya dan dibebaskan dari segala biaya sekolah.

Namun tidak beberapa lama kemudian anak tersebut keluar dengan sendirinya dan kambuh melakukan pencurian lagi sehingga meresahkan masyarakat, oleh karena itu Kepala dukuh setempat bersama Kasi pemerintahan dan Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Aiptu Suryanto terpaksa memanggil keluarga SM untuk musyawarah.

Adapun hasil musyawarah, karena merasa malu dan  tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun, SM beserta keluarga akan segera meninggalkan dusun Pangkah. Catatan, Keluarga SM merupakan pendatang di dusun Pangkah, Tirtosari, Kretek, Bantul. Ia tinggal dirumah kontrakan milik warga setempat. (Humas Polsek Kretek).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:29

0 komentar:

CB