Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Hadiri Penyuluhan Dan Pelatihan Bidang Kesehatan

Posted by tribratanewsbantul on 01:00

Pemerintah Desa Wonolelo mengadakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan di Pendopo Balai Desa Wonolelo, Pleret, Bantul pada Rabu (18/3/2020) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Desa Wonolelo H. Akhmat Furqon A.Md beserta Perangkat Desa , Kader Kesehatan Desa Wonolelo, Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati beserta petugas kesehatan Puskesmas Pleret dan Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo, Aiptu Supomo.

Dalam sambutanya, Lurah Desa Wonolelo H. Akhmat Furqon A.Md menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta yang hadir pada acara tersebut. Ia juga menghimbau agar waspada terhadap virus Corona, karena virus ini berbahaya dan penyebarannya sangat cepat. Maka perlu diantisipasi dan ditangani secara serius supaya tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati sebagai narasumber menyampaikan materi tentang bahaya virus Corona (COVID-19). Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu panik, namun tetap waspada terhadap virus tersebut.

Disampaikan, bahwa virus Corona muasalnya dari virus influenza yang dulunya menyerang hewan dan sekarang bermutasi menyerang manusia. Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Selain itu, gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas dan nyeri dada.

Cara penularan virus Corona, diantaranya melalui tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak langsung seperti menyentuh dan berjabat tangan. Selain itu, menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.

Adapun cara pencegahanya adalah menghindari kontak langsung tanpa terproteksi dengan orang sakit saluran pernafasan, hewan peliharaan ataupun hewan liar, menerapkan pola hidup bersih, penggunaan masker dan penggunaan antiseptik.

Ia pun berpesan, apabila ada orang yang mengalami gejala tersebut, diharapkan segera memeriksakan ke Puskesmas terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB