30 June 2020

Kapolsek Kretek Hadiri Rakor Tentang Pendampingan Dan Monitoring Protokol SOP Destinasi Wisata

Kapolsek Keretek Kompol S.Parmin menghadiri acara rapat koordinasi (rakor) yang digelar di Joglo Parangtritis, Dusun Mancingan RT 04, Parangtritis, kretek, Bantul pada Kamis (25/6/2020) siang.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Bantul membahas tentang pendampingan dan monitoring simulasi pelaksanaan protokol SOP di destinasi wisata di wilayah Desa Parangtritis. Acara rakor juga melibatkan unsur Forkompincam Kretek, pelaku usaha wisata, Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Parangtritis serta BPBD Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY mengatkan agar semua pihak mengawal dan mendukung jalannya penerapan aturan sesuai protokol SOP dalam masa uji coba dibukanya kembali destinasi wisata, khususnya wisata di Desa Parangtritis. Sehingga diharapkan dapat berjalan berjalan dengan baik, karena ketertiban pelaku usaha wisata maupun wisatawan dalam mematuhi protokol SOP akan sangat menentukan ditutup atau dibukanya destinasi pariwisata. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Kretek : Personel Polri Diharapkan Menjadi Contoh Patuhi Protokol Kesehatan

Personel Polsek Kretek yang dipimpin Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin melaksanakan pengamanan dan monitoring penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap III di wilayah Kecamatan  Kretek, Kamis (25/6/2020).

Penyaluran bantuan BLT DD kali ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing Balai Desa se Kecamatan Kretek, yakni Desa Donotirto, Desa Parangtritis, Desa Tirtomulyo, Desa Tirtohargo dan Desa Tirtosari.

Dalam pengamanan tersebut, personel Polsek Kretek tak bosan-bosan untuk memberikan imbauan kepada warga penerima bantuan agar mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Disamping melaksanakan pengamanan, petugas juga memberikan imbauan ke warga terkait protokol kesehatan. Diharapkan pula, personel Polri harus bisa menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat dalam hal mematuhi protokol kesehatan,” ulas Kapolsek Kretek (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo Aipda Ekwan Setyawan melaksanakan pengamanan kegiatan penyaluran bantuan dana BLT APBD DIY di Balai Desa Argomulyo pada Jumat (26/6/2020). Kegiatan dihadiri Camat Sedayu Sarjiman SIP, petugas dari Bank BPD DIY Cabang Bantul, Lurah Desa Argomulyo dan warga masyarakat penerima bantuan.

Adapun Jumlah penerima bantuan yang hadir ada 398 dari 400 KK penerima, karena dua KK dengan keterangan sudah masuk dalam daftar PKH Desa Argomulyo. Pemerintah telah menghendaki agar seluruh bantuan dapat tepat sasaran. Oleh karena itu, diperlukan data untuk verifikasi dengan satu KK hanya menerima satu jenis bantuan. Dengan harapan seluruh warga yang terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan.

Sementara itu, dalam penyaluran bantuan ini tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti cuci tangan saat tiba di Balai Desa Argomulyo, menggunakan masker dan menjaga jarak atau tidak berkerumun.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Aipda Ekwan tidak segan-segan untuk menegur warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan di lingkungan. “saya berharap bapak dan ibu selalu mematuhi protokol kesehatan, dan semoga kita semua terhindar dari penularan Covid-19,” harapnya. (Humas Polsek Sedayu)

Sambut Hari Bhayangkara, Jajaran Polsek Srandakan Ziarah ke Makam Pahlawan di Dusun Cagunan

Jajaran Kepolisian Sektor Srandakan melaksanakan ziarah kubur dan tabur bunga di makam pahlawan yang ada di Kompleks Pemakaman Angesthi Praloyo Dusun Cagunan Trimurti Srandakan, Selasa (30/6/2020).

Ada dua makam yang diziarahi, yakni Makam Almarhum Bapak Arisman dan Bapak Slamet.

 Hadir dalam kegiatan tersebut Dukuh Cagunan Supandi dan keluarga dari Almarhum Bapak Arisman.

Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto SH dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ziarah kubur dan tabur bunga di makam para pahlawan ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Dijelaskan, kegiatan ini adalah wujud penghormatan kepada para pahlawan atas jasa-jasanya bagi Bangsa Indonesia.

Sementara itu Dukuh Cagunan Supandi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Polsek Srandakan, yang dalam rangka Hari Bhayangkara yang berkenan mendoakan almarhum Bapak Arisman dan Bapak Slamet.

“Semoga kegiatan ini mendapatkan imbalan pahala dan almarhum khusnul khotimah menghadap Allah SWT,” katanya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama untuk Almarhum Bapak Arisman dan Bapak Slamet yang dipimpin oleh Kaum Rois Dusun Cagunan yang dilanjutkan dengan tabur bunga yang dipimpin oleh Kapolsek Srandakan. (Humas Polsek Srandakan)

Kapolsek Dlingo Dampingi Kunjungan Bupati Bantul Di Dusun Kediwung

Kapolsek Dlingo Iptu Irwan SIK mendampingi kunjungan Bupati Bantul di Dusun Kediwung RT 36, Mangunan, Dlingo, Bantul pada Minggu (28/6/2020).

Kunjungan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam rangka memberikan tali asih kepada juniyo, warga setempat yang terdampak Covid-19. Adapun tali asih yang diberikan berupa tiga ekor kambing dan semen sebanyak 20 sak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Forkompincam Dlingo serta Lurah Desa Mangunan. Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu Ashari melaksanakan pengamanan hingga kegiatan tersebut selasai. (Humas Polsek Dlingo)

Polsek Jetis Amankan Pelantikan Relawan Covid-19 Dusun Wonolopo


Anggota Polsek Jetis dan Bhabinkamtibmas Desa Canden Aiptu Heri Pratana  melaksanakan pengamanan pelantikan relawan Covid-19 Dusun Wonolopo Canden Jetis Bantul, Minggu (28/6/2020).

Nampak hadir dalam pelantikan relawan Cobid19, Wabub Bantul Abdul halim muslih, Anggota DPRD Propinsi PDIP Katir, Kepala SAR DIY Bapak Brotoseno Perangkat Desa dan masyarakat Desa Canden.

Dalam kesempatan tersebut Wabub Bantul melantik relawan Covid-19 Dusun Wonolopo.

Dalam  amanatnya Wakil Bupati Bantul berharap relawan Covid-19 dapat selalu aktif dan benar-benar ikhlas dalam pelaksanaan tugasnya serta mematuhi petunjuk yang ada dan selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan.

Selesai pelantikan selanjutnya dilaksanakan fogging oleh SAR DIY dan Katir Center di Dusun Wonolopo Camden Jetis Bantul. (Humas Polsek Jetis)

Patroli Gabungan Berikan Imbauan Cegah Covid-19 Di Lapangan Jambidan Banguntapan

Bhabinkamtibmas Desa Jambidan Aiptu Basori melaksanakan giat patroli gabungan bersama Satpol PP Bantul, Forkompincam Banguntapan, Pemerintah Desa Jambidan dan FPRB Desa Jambidan pada Jumat (25/6/2020) sore.

Kegiatan tersebut guna memberikan imbauan dan edukasi tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada msayarakat pelaku olahraga saat dijumpai di Lapangan Jambidan, Banguntapan, Bantul sore itu.

Dalam kesempatan tersebut, petugas gabungan memberikan imbauan untuk sementara waktu agar tidak melakukan kegiatan olahraga yang mengundang berkerumunnya banyak orang.

Terpantau sore itu, dilangsungkan pertandingan sepakbola dengan penonton yang sebagian besar tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak aman pencegahan penyebaran Covid-19. Setelah diberikan imbauan oleh petugas, pihak penyelenggara bersedia menghentikan pertandingan dan para penonton membubarkan diri. (Humas Polsek Banguntapan)

Usai Apel Pagi, Personel Polsek Bantul Kerja Bakti Ratakan Tanah Urug

Usai apel pagi, Personel Polsek Bantul melaksanakan kerja bakti meratakan tanah urug di lingkungan Polsek Bantul, Selasa (30/06/2020) pukul 08.00 WIB.

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH mengatakan, kegiatan kerja bakti tersebut bertujuan untuk menjaga ligkungan Mapolsek Bantul tetap bersih. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk mempererat rasa kebersamaan antara pimpinan dan anggotanya. Dimana semua orang terlibat dan berbagai pekerjaan dilakukan bersama-sama.

Kami lakukan kerja bakti dilingkungan sekitar mako, dan juga kita tata kembali penempatan fasilitas kantor agar anggota dan masyarakat yang datang bisa nyaman. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Dlingo Menggelar Patroli Rutin Di Pasar Dan Obyek Wisata

Kanit Sabhara Polsek Dlingo Aiptu Ari Hardono bersama anggotanya melaksanakan patroli rutin di wilayah hukum Polsek Dlingo untuk menjaga dan menciptakan situasi yang aman kondusif, Senin (29/6/2020).

Patroli rutin dilaksanakan Unit Sabhara Polsek Dlingo dengan sasaran pasar tradisional dan pertokoan, serta pusat keramaian yang ada di wilayah kecamatan Dlingo, Bantul.

Saat menyambangi pasar tradisional di Desa Dlingo, Aiptu Ari Hardono memberikan teguran dan imbauan kepada para pedagang maupun pengunjung pasar yang tidak mengenakan masker. Dengan imbauan tersebut diharapkan para pedagang dan pengunjung pasar agar selalu mengenakan masker terutama saat beraktifitas di luar rumah.

Selain di pusat keramaian, Aiptu Ari Hardono juga menyambangi obyek wisata alam Puncak Becici yang berlokasi di wilayah Desa Muntuk, Dlingo. Ditempat ini Aiptu Ari Hardono menyampaikan pesan kamtibmas serta mengingatkan kepada pengelola agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 terlebih menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal. (Humas Polsek Dlingo)

Pulang dari Jualan Pecel Lele, Sunardi Jumpai Tetangganya Tergantung di Pohon Pakel

Sunardi ( 47) warga dusun Ngrendeng Kulon RT 003 Timbulharjo Sewon Bantul, yang kesehariannya berjualan pecel lele, melihat tetangganya GN (31), sudah dalam keadaan tergantung di pohon pakel saat pulang dari berjualan pecel lele, Selasa, (30/06/2020) dini hari.

Dari keterangan yang di berikan kepada petugas awal mula kejadian saat  Sunardi baru pulang dari berjualan pecel lele, saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP), saksi melihat korban sudah dalam keadaan tergantung di pohon pakel, melihat kejadian tersebut saksi memberitahukan kepada Purwo Sutrisno Al Ngadiman, (70) Buruh, Ngrendeng Kulon Rt. 003 Timbulharjo, Sewon, Bantul, selanjutnya keduannya memeriksa korban yang masih tergantung dengan mempergunakan seutas tali plastik.

Kemudian ke dua saksi memberitahukan ke tetangga dan melaporkan kejadian ke Polsek Sewon. Petugas yang datang bersama petugas Puskesmas Sewon I dan Tim Inafis Polres Bantul.

Setelah dilakukan pemeriksaan dari unit Identifikasi Polres Bantul dan team medis dari Puskesmas Sewon I disimpulkan bahwa tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di badan korban dan murni gantung diri. Selanjutnya korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan. (Humas Polsek Sewon)

Sambut Hari Bhayangkara Ke 74 Dit Samapta Polda DIY Silaturahmi ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Rombongan Dit Samapta Polda DIY, yang di pimpin langsung oleh Dir Samapta Kombes Pol. Drs. Alloysius Liliek Darmanto, S.H., tiba di Gedung kantor Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang beralamat di jalan Prof. Wirjono Prodjidikoro Dsn. Wojo, Ds. Bangunharjo, Sewon, Bantul langsung di sambut oleh Wakil ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Gatot Suharnoto, SH. MH yang di dampingi oleh Panitra Pengadilan Tinggi Yogyakarta Wuryanto, SH., MH, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Yogyakarta, dan Haryanto, SH.,MH, Senin (29/06/2020) Siang.

Sementara itu turut mendampingi Dir Samapta Polda DI. Yogyakarta Kasubdit Dalmas Ditsamapta Polda DIY AKBP Hadi Sutomo, SH.,MH, Kasipadal Sumdit Dalmas Polda DIY Kompol Karjiman, Kasubbaganev Dit Samapta Polda DIY Kompol Heli Winayanto, Danki Dalmas 1 Sipasdal Dit Samapta Polda DIY AKP Rony Are Setia, S.I.K., MM,.

Sementara itu dari keterangan yang berhasil di himpun Humas Polsek Sewon Dit. Samapta Polda DIY, di Kantor Pengadilan Tinggi Yogyakarta ndalam rangka menjalin silaturahmi dalam rangka menyambut Hari Bahyangkara yang ke 74.

Dalam kesempat silaturahmi tersebut Kombes Pol. Drs. Alloysius Liliek Darmanto, S.H. juga memperkanalkan diri sebagai Dir Samapta Polda DI. Yogyakarta dan  juga menyampaikan sebentar lagi Kepolisian Republik Indonesia akam memperingati Hari Bhayangkara ke 74, tentu saja kedepannya tantangan polri akan lebih sulit dan lebih komplek untuk itu mohon doa restu agar dalam menjalankan tugas kedepannya dapat berjalan lancar  dan selalu mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa dan personil Bhayangkara bisa melayani, melindunggi dan mengayomi Masyarakat dengan baik. Dir Samapta juga berharap kunjungan ini bisa memperat tali silaturahmi dan bisa bekerjasama dengan baik.

Sementara itu tanggapan Wakil ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Gatot Suharnoto, SH. MH mengucapkan selamat datang dikantor Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan kami mohon maaf apabila kami dalam menyambut rombongan banyak kekurangan, Wakil ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta juga berharap kunjungan rombongan dari Polda DIY semoga bisa menjalin kerjasama antar dua institusi hukum dengan baik tidak cukup itu Gatot Suharnoto, SH. MH mengucapkan terimakasih kepada rombongan dari Polda DIY karena bersedia bersilaturahmi ke Kantor Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

“Kami segenap keluarga besar Pengadilan Tinggi Yogyakarta mengucapkan HUT Bhayangkara ke 74 semoga Polri dengan tambah usia bisa di cintai rakyat dan bisa melayani, melindunggi serta mengayomi masyarakat dgn baik,” katanya. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Bambanglipuro Giat Silaturahmi Ke Lurah Desa Sidomulyo

Guna membina dan menjalin hubungan yang baik serta sinergitas antara aparat Kepolisian dan Aparatur Pemerintahan, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM melaksanakan kunjungan sekaligus silaturahmi ke Balai Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Senin (29/6/2020) siang.

kunjungan silahturahmi dilakukan di Kantor Balai Desa setempat karena lebih efektif dalam penerimaan informasi serta dapat membangun komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa. Dalam melaksanakan silaturahmi kali ini, Kapolsek Bambanglipuro didampingi Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna bertemu dan berbincang dengan Lurah Desa Sidomulyo, Edi Murjito.

Kegiatan ini juga untuk mempermudah berkoordinasi dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Bambanglipuro sekaligus menyerap aspirasi serta informasi dari aparatur Pemerintahan Desa, utamanya terkait kamtibmas. Kapolsek Bambanglipuro siap menerima masukan-masukan dari Lurah Desa dan mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar selalu aman dan kondusif di Kecamatan Bambanglipuro

"Dengan kunjungan dan silaturahmi ini kita dapat menjaga komunikasi yang baik, silaturahmi akan terus kita lakukan dan dapat kita jaga dengan baik," ujar Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Upacara Pemakaman Anggota Polres Demak Polda Jateng, Aiptu Edi Marwoto, Di Bambanglipuro Bantul

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bertindak sebagai Irup dalam Upacara Pemakaman Almarhum Aiptu Edi Marwoto, anggota Polsek Demak Polres Demak Jateng di dusun Trojayan Ngambah, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Senin (29/6/2020) sore.

Hadir dalam upacara tersebut Kasat Sabhara AKP Sumanto, Kapolsek jajaran, para Perwira Polres Bantul, Kanit Polsek Bambanglipuro, anggota Polsek Bambanglipuro dan perwakilan anggota Polsek jajaran Polres Bantul.

Sebelum jenazah dikebumikan, terlebih dahulu dilaksanakan Upacara Pemakaman di TPU dusun setempat. Saat upacara, dilaksanakan apel persada dan pembacaan riwayat hidup singkat almarhum Aiptu Edi Marwoto sebagai bentuk penghormatan terakhir institusi Polri kepada almarhum Aiptu Edi Marwoto atas segenap pengabdiannya.

Almarhum Aiptu Edi Marwoto meninggal dunia pada hari Senin tanggal 29 Juni 2020 pukul 09.00 WIB dalam usia 45 tahun di Rumah Sakit Islam NU Demak karena sakit. Selama mengabdi di Kepolisian, almarhum Aiptu Edi Marwoto dikenal disiplin oleh rekan-rekannya.

“Selamat jalan Aiptu Edi Marwoto, doa kami menyertaimu, semoga husnul khotimah dan amal ibadahmu diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala. Aamiin”. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Aipda Agus Muslim Membopong Mbah Ngadiyem Saat Menerima Bantuan Top Up

Menjadi Bhabinkamtibmas suatu desa tidak hanya cukup berpatroli dan mengenal tokoh-tokoh di desa. Namun ada hal yang lebih mendasar dari itu, yaitu memiliki kepedulian dan rasa menolong yang tinggi. Karena suatu desa memiliki latar belakang masyarakat yang beragam sehingga diperlukan kehadiran anggota Polisi terutama Bhabinkamtibmas. Bahwa Bhabinkmtibmas merupakan wakil Polri di masyarakat, sehingga Bhabinkamtibmas harus memiliki sifat dan sikap menolong tanpa pamrih untuk warga binaannya.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Argosari Polsek Sedayu Aipda Agus Muslim saat pengamanan kegiatan pendistribusian bantuan Top Up Propinsi di desa binaannya. Aipda Agus Muslim membantu seorang nenek menuju tempat pendistribusian bantuan data Top Up Propinsi di Balai Desa Argosari, Sedayu, Bantul pada Jumat (26/6/2020).

Aipda Agus Muslim dengan sepenuh hati membopong nenek itu ke tempat pelayanan pendistribusian bantuan dana Top Up Propinsi di Balai Desa Argosari. Nenek tersebut diketahui bernama Ngadiyem berusia 80 tahun yang merupakan warga Dusun Jambon RT 28, Argosari, Sedayu, Bantul.

Pak Agus begitu sapaannya, dengan sigap membantu dan membopong Mbah Ngadiyem yang berjalan dengan terbungkuk-bungkuk. Mbah Ngadiyem yang datang ditemani cucu perempuannya itu, dibopong dan diistirahatkan di Pendopo Balai Desa. Tak lama kemudian panitia penyaluran dana Top Up menghampiri dan melayani pendistribusian dana Top Up untuk Mbah Ngadiyem.

Setelah proses pendistribusian dana selesai, Pak Agus kembali membopong nenek Ngadiyem menuju kendaraan untuk kembali ke rumahnya.

“Saya spontan saja menghampiri dan membopong mbah Ngadiyem, hati kecil saya nggak tega melihat simbah jalan sudah bungkuk bungkuk seperti itu apalagi cucunya masih kecil. Jadi saya spontan saja bopongnya, dan saya jadi teringat ibu saya di Pati. Semoga simbah selalu sehat dan bantuannya bermanfaat untuk simbah dan keluarga. Aamiin.” Tutur Pak Agus seusai membopong nenek tersebut ke dalam mobil yang mengantarkannya. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Hadiri Pelayanan Sejuta Aseptor KB

Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Bripka Ali Murtopo menghadiri kegiatan Pelayanan Sejuta Aseptor KB, Senin (29/06/2020).

Adapun giat Program Pelayanan KB Sejuta Akseptor dilaksankan di tiga lokasi yaitu Puskesmas Srandakan, Klinik Pratama PKU Srandakan dan Klinik Pratama Setia Budi Babakan.

Kegiatan diselenggarakan oleh BKKBN Kabupaten Bantul dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII Tahun 2020. Pelayanan Sejuta Aseptor KB dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.
    
Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Srandakan Anton Yuliyanto, AP, Kapuskesmas Srandakan drg Budi, Petugas PLKB dan lain sebagainya.
    
Pelayanan Sejuta Aseptor KB ini merupakan Program pemerintah pada Hari Keluarga Nasional ke XXVII Tahun 2020 dengan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi. Untuk wilayah Kecamatan Sanden melakukan pelayanan Aseptor KB kepada 74 peserta diantaranya IUD 13 peserta, MOP 2 peserta, Kondom 34 peserta, Implan 6 peserta, Suntik 17 peserta, Pil 2 peserta.
  
Dalam pelaksanaan Pelayanan KB ini, penyelenggara dan masyarakat tetap menjaga Protokol Pencegahan Covid 19 dengan tetap menjaga kebersihan diri, menggunakan masker dan menjaga jarak / physical distancing. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Dampingi Kegiatan Harganas Ke-27

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim dan Babinsa melaksanakan pendampingan kegiatan pemasangan peserta akseptor KB di rumah Bidan Maryani di Dusun Klangon RT 07, Argosari, Sedayu pada Sabtu (27/6/2020).

Dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas Aipda Agus Muslim dan Babinsa turut berpartisipasi membantu petugas kesehatan yang terdiri Bidan Maryani A.Md Keb. SSIT serta Kader KB Argosari. Ibu-ibu peserta KB sebelum dilakukan pemasangan akseptor diperiksa kesehatannya terlebuh dahulu, termasuk suhu tubuh dan tensi darah untuk memastikan benar-benar sehat. Setelah pemeriksaan kemudian dilakukan pemasangan akseptor sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27, yang dalam memperingatinya dicanangkan gerakan layanan KB sejuta akseptor di seluruh Indonesia. Untuk Desa Argosari sendiri jumlah peserta akseptor KB ada 10 peserta. (Humas Polsek Sedayu)

Kanit Provos Polsek Sanden Hadiri Pelayanan Sejuta Aseptor KB dalam rangka Harganas Ke XXVII

Kanit Provos Polsek Sanden Ipda Suharyanta bersama Kanit Binmas Aiptu Bambang Eka Sutrianta dan anggota Binmas menghadiri kegiatan Pelayanan Sejuta Aseptor KB di Rumah Bidan Tuti Nuryani Dusun Wonorejo II Desa Gadingsari, Sanden, Bantul, Senin (29/06/2020) pukul 09:00 WIB.

Kegiatan diselenggarakan oleh BKKBN Kabupaten Bantul dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII Tahun 2020. Pelayanan Sejuta Aseptor KB dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.
    
Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Sanden Drs Bangun Rahina MM, DPPKB  PMD Kabupaten Bantul Ibu Rahayu, TP PKK Kabupaten BANTUL Ibu Purhandayani dan Tri  Sulistryani, Danramil 15/Sanden, Kanit Provos Polsek Sanden Ipda Suharyanta, Kanit Binmas Polsek Sanden Aiptu Bambang Eka Sutrianta, Bamin Binmas Bripka Sulistriyanto SH, Babinsa, Puskesmas Sanden, PLKB Sanden, Kader IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan)
    
Pelayanan Sejuta Aseptor KB ini merupakan Program pemerintah pada Hari Keluarga Nasional ke XXVII Tahun 2020 dengan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi. Untuk wilayah Kecamatan Sanden melakukan pelayanan Aseptor KB kepada 74 peserta diantaranya IUD 13 peserta, MOP 2 peserta, Kondom 34 peserta, Implan 6 peserta, Suntik 17 peserta, Pil 2 peserta.
  
Dalam pelaksanaan Pelayanan KB ini, penyelenggara dan masyarakat tetap menjaga Protokol Pencegahan Covid 19 dengan tetap menjaga kebersihan diri, menggunakan masker dan menjaga jarak / physical distancing. (Humas Polsek Sanden)

Sambut Hari Bhayangkara ke-74 Polsek Sanden Pasang Umbul-Umbul

Menyambut Hari Bhayangkara Ke-74 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020, Polsek Sanden memasang umbul-umbul di depan Mapolsek Sanden Jalan Raya Kalimundu Km 1,5 Gadingharjo, Sanden, Bantul, Senin (29/6/2020) pagi.

Pemasangan umbul-umbul dipimpin Kanit Provos Ipda Suharyanta bersama dengan Kasium Aiptu Rustadi Waluyo. Selain untuk memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-74, pemasangan umbul-umbul tersebut juga untuk memperindah lingkungan Mapolsek.

Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengatakan, dalam menyambut Hari Bhayangkara Ke-74 Polsek Sanden juga akan melaksanakan berbagai macam giat sosial diantaranya melaksanakan kerja bhakti di tempat ibadah, bhakti sosial memberikan paket sembako kepada warga kurang mampu dan anak yatim piatu serta anjangsana kepada tokoh masyarakat.

Di usia yang tidak lagi muda, Polri dituntut untuk lebih dekat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan semangat Profesional, Modern dan Terpercaya. Semoga Polri semakin jaya dan solid sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta mewujudkan kamtibmas kondusif dan masyarakat yang semakin produktif, ujar AKP Tukirin. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Bawuran Ikuti Apel Linmas Desa Bawuran

Bhabinkamtibmas Desa Bawuran mengikuti apel Linmas Desa Bawuran di Balai Desa Bawuran Pleret, Senin (29/6/2020).

Apel tersebut dalam rangka memberdayakan anggota Linmas untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, hadir pula Satpol PP Kabupaten Bantul dalam hal ini sebagai Pembina Satlinmas.

Setelah kegiatan apel dilaksanakan kemudian anggota Linmas didampingi Bhabinkamtibmas Aiptu Sugiarto dan Babinsa melaksanakan patroli dirumah - rumah warga yang berstatus karantina mandiri untuk diberikan himbauan dan memberikan sembako dari gugus tugas covid-19.

"Tugas satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat" pungkas Bhabinkamtibmas. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Sanden Hadiri Pemakaman Anggota Polsek Demak Kota, Almarhum Aiptu Edi Marwoto di Bambanglipuro

Wujud empati dan penghormatan terakhir kepada anggota Polri yang meninggal dunia, Kapolsek Sanden AKP Tukirin beserta anggota menghadiri prosesi pemakaman secara dinas Kepolisian jenazah Aiptu Edi Marwoto di Dusun Trojayan Ngambah Desa Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Senin (29/6/2020) pukul 15.30 WIB.
   
Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pemakaman tersebut adalah Kapolsek Bambanglipuro dengan peserta Upacara dari gabungan anggota Polsek dan Polres Bantul serta di hadiri para pelayat dan kerabat.

Upacara dinas kepolisian ini adalah suatu bentuk penghargaan terakhir bagi anggota yang meninggal sebagai putra terbaik bangsa. Ucapan bela sungkawa datang dari berbagai pihak baik dari rekan rekan almarhum Aiptu Edi Marwoto maupun dari tetangga dan kerabat kepada pihak keluarga yang ditinggalkan dengan iringan doa semoga arwah almarhum diterima di sisi-Nya, diampuni atas segala dosanya dan keluarga yang di tinggal di beri kesabaran.

Almarhum Aiptu Edi Marwoto merupakan anggota Polsek Demak Kota, Polres Demak, Polda Jateng dan meninggal dunia pada hari Senin tanggal (29/6 2020)  karena sakit. Prosesi upacara pemakaman secara secara dinas kepolisian jenazah Aiptu Edi Marwoto berjalan dengan sangat hikmat dan dilaksanakan di TPU Dusun Trojayan Ngambah Desa Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. (Humas Polsek Sanden)

29 June 2020

Kapolsek Pajangan Pimpin Pengamanan Penyaluran BST Desa Sendangsari

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP memimpin pengamanan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Balai Desa Sendangsari,  Pajangan, Bantul pada Kamis (25/6/2020).

Hadir dalam penyaluran BST tersebut Ketua Komisi A DPRD Bantul Agus Salim SE, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Bantul Pambudi Mulya, Danramil Pajangan Kapten Sarmin, Plt. Camat Pajangan Muji Sungkono SE, Lurah Sendangsari Tri Haryadi STP beserta Pamong Desa dan masyarakat penerima BST.

Ketua Komisi A DPRD Bantul Agus Salim SE menyampaikan, penyaluran BST agar tepat sasaran yaitu keluarga yang tidak mampu terdampak Covid-19. Apabila belum masuk BST Kementrian Sosial maka masukkan ke BST Propinsi. Jika belum masuk juga, maka masukkan ke BST Kabupaten, terakhir dari dana desa.

Sementara itu, Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP memberikan imbauan terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19, antara lain agar para penerima bantuan agar senantiasa saling menjaga jarak fisik, wajib memakai masker dan sebelum mengantri agar cuci tangan dengan sabun. (Humas Polsek Pajangan)

Polsek Kretek Serahkan Orang Terlantar Ke Dinsos Bantul

Petugas Polsek Kretek yang dipimpin Panit Sabhara Aiptu Sumaryadi mengantar dan menyerahkan orang terlantar atas nama Wahyono Tri Agung  asal Cilegon, Banten ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Rabu (24/6/2020) siang.

Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin mengungkapkan, berawal dari kepedulian warga masyarakat Parangtritis terhadap orang terlantar tersebut, yang kemudian berkoordinasi dengan petugas Polsek Kretek untuk diserahkan ke instansi yang berkompeten yaitu Dinas Sosial Bantul.

Selanjutnya petugas Polsek Kretek mengatar orang tersebut ke Dinas Sosial Kabupaten Bantul.

“Hal ini merupakan salah satu wujud sinergitas Polri dengan masyarakat, dan Polri akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucap Kapolsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Jetis Pantau Pembagian Dana BLT DD di Seluruh Desa se Kecamatan Jetis

Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MM memantau situasi pembagian Dana BLT DD di seluruh desa se Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, Kamis (25/6/2020).

Penyaluran Dana Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap ke 3 dengan rincian, Penyaluran BLT DD Desa Trimulyo di Pendopo Balai Desa Trimulyo Jumlah Penerima 300 Orang, sedangkan  Penyaluran BLT DD Desa Sumberagung di Aula Balai Desa Sumberagung Jumlah Penerima 266 Orang, Penyaluran BLT DD Desa Canden di Pendopo Desa Canden Jumlah Penerima  276 Orang sedangkan Penyaluran BLT DD Desa Patalan di Aula Desa Patalan Jumlah Penerima 246 Orang.

Bagi warga penerima undangan pengambilan BLT DD Tahap 3 yang tidak bisa hadir karena sakit, maka petugas penyalur mengantar uang BLT ke rumah masing-masing.

Pegamanan pembagian Dana BLT DD melibatkan dari Bhabinkamtibmas masing-masing desa dan Koramil Jetis serta Linmas. (Humas Polsek Jetis)

Polsek Pandak Gelar Baksos, Bagikan Paket Sembako Bagi Warga

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela bersama Personel Polsek Pandak melaksanakan bakti sosial, Jumat (26/06/2020) jam 10.00 WIB.

Kegiatan bakti sosial berupa pembagian paket sembako tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 74.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dengan mendatangi langsung ke rumah penerima. Dimana kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polri dan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat, bisa sedikit meringankan beban di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat terjalinnya komunikasi yang baik antara Polri dengan masyarakat dan juga untuk menciptakan kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif walau dimasa pandemi ini. (Humas Polsek Pandak)

Jelang Hari Bhayangkara Ke-74, Polsek Sedayu Bakti Sosial Ke Mitra Polri

Polsek Sedayu yang dipimpin Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH melakukan pendistribusian paket sembako dari Polres Bantul, Jumat (26/6/2020). Adapun bantuan tersebut diberikan kepada mitra Polri yang selalu proaktif membantu tugas dan kegiatan Polri di lapangan.

Mitra Polri adalah para relawan yang selalu proaktif mengemban tugas membantu Polri apabila ada suatu kejadian, baik kecelakaan lalulintas, kecelakaan kereta api, bencana alam ataupun kejadian yang lainnya. Mitra Polri ini selalu ada dan siap membantu Polri, dan siap bekerjasama dengan Polri apabila dibutuhkan.

Dalam Hari Bhayangkara yang ke-74 ini, jajaran Polri khususnya Polsek Sedayu memberikan paket sembako sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada mitra Polri. Terima kasih atas dedikasi mitra Polri yang selalu siap membantu Polri dalam segala kegiatan di wilayah Sedayu.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH mengatakan, bantuan yang dibagikan sejumlah 20 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, mie instan, kecap, gula pasir, teh dan roti. Paket sembako tersebut disalurkan secara door to door ke rumah masing-masing penerima bantuan, sekaligus bersilaturahmi dengan mitra Polri di wilayah Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Salurkan Bantuan Sosial dari Polres Bantul


Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH melaksanakan penyerahan bantuan sosial Polres Bantul bertempat di Dusun Nglarang, Triharjo, Pandak, Bantul, Jumat (26/06/2020) jam 07.00 WIB.

Bantuan sosial dari Polres Bantul diperuntukan bagi warga masyarakat yang terdampak covid-19.

Adapun bantuan beras tersebut dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian Polri kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dan semoga dengan bantuan tersebut bisa sedikit mengurangi beban masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19.

Dalam kesempatantersebut Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH juga menyampaikan kepda masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti selalu memakai Masker setiap melaksanakan kegitan di luar rumah dan menerapkan social distance atau menjaga jarak aman. Selain itu juga diharapkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan rutin melaksanakan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Setidaknya hal tersebut dapat mencegah penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)