4 Tips Sederhana Terhindar dari Pencurian Motor

Posted by tribratanewsbantul on 09:15

Kondisi sepeda motor yang jarang dipakai dan parkir di teras rumah kerap dijumpai di perumahan warga saat ini, selama masa pandemic corona(Covid-19). Jumlah pengangguran yang kemungkinan besar bertambah akibat pandemi ini, membuat praktik pencurian kendaraan bermotor jadi marak.

Oleh karena itu, Anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban pelaku kejahatan tersebut. Untuk mencegahnya, bisa dengan cara yang relatif sederhana :

1. Jangan Parkir Kendaraan Sembarangan, Pilih Parkir Resmi

Parkir motor Anda di tempat resmi sehingga keamanannya lebih terjamin, karena biasanya petugas parkir resmi akan meminta Anda menunjukkan STNK motor saat pengendara hendak keluar. Selain itu, ada kamera CCTV di area parkir sehingga gerak gerik orang mencurigakan dapat terpantau.

2. Pasang Pengaman Tambahan Pada Motor

Memasang kunci pengaman tambahan pada motor juga merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi pencurian. Jenis alat pengaman ada berbagai macam, tergantung dengan kebutuhan Anda. Kunci ganda menjadi alat pengaman yang paling sering digunakan para bikers.

Kunci ini biasanya diletakkan di rem cakram pada ban motor sehingga akan menyulitkan pelaku untuk menggondol motor Anda dalam waktu singkat. Selain itu, Anda bisa saja memasang alat pelacak pada motor. Jika seburuk-buruknya sang pencuri berhasil membawa kabur motor Anda, alat pelacak ini akan memberi tahu Anda di mana posisi persis motor (setidaknya sebelum si pencuri sadar dan mencabut alat tersebut).

3. Jangan Tinggalkan Motor Pada Kondisi Gigi Netral

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur persneling motor Anda pada posisi gigi 2 atau 3, jangan netral. Meskipun cara ini tidak lazim, namun tidak ada salahnya untuk mencoba teknik ini.

4. Lepas Kabel Busi Motor

Namanya sedang mencuri, para pelaku biasanya terburu-buru dan didera rasa panik. Mereka cenderung tidak memerhatikan detail kecil yang ada di motor Anda, salah satunya kalau Anda sudah mencabut kabel busi motor. Saat pencuri hendak menyalakan motor, dan ternyata motor tidak menyala, tentu tingkat kepanikan mereka akan bertambah. Nah potensi gagal operasi makin besar dong, apalagi ada orang yang lalu lalang di lokasi kejadian.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:15

0 komentar:

CB