Polres Bantul Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2020

Posted by tribratanewsbantul on 10:08

Terhitung mulai hari ini, Kepolisian Resor (Polres) Bantul menggelar operasi lalu lintas bersandi Operasi Patuh Progo 2020. Operasi ini akan digelar selama 14 hari dari 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH saat membacakan amanat Kapolda DIY Irjen Drs Asep Suhendar M.Si dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolres Bantul, Kamis (23/7/2020), mengatakan, Operasi Patuh 2020 digelar dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar lantas pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Dikatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan refleksi atas modernitas serta mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan, sehingga dalam berlalu lintas sangat dibutuhkan adanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Namun keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas masih sering diabaikan bahkan terkadang tidak dianggap penting oleh sebagian besar pengguna jalan, sehingga jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya masih relatif tinggi, termasuk di wilayah hukum Polda DIY.

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi Ditlantas Polda DIY selama semester I tahun 2020  untuk jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi sebanyak 121.617 pelanggaran, dengan jumlah tilang sebanyak 31.915 dan teguran sebanyak 89.702. Adapun pelanggaran didominasi pada kendaraan bermotor roda dua dengan jenis pelanggaran antara lain tidak menggunakan helm standar, melawan arus dan knalpot blombongan. Sedangkan untuk kecelakaan lalu lintas  sebanyak  2.365  kasus yang juga didominasi oleh kendaraan roda dua dengan korban meninggal dunia sebanyak 169 orang.

Untuk meminimalisir beberapa permasalahan tersebut di atas, serta untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas khususnya pada masa adaptasi kebiasaan baru, Polda DIY beserta jajaran dengan dibantu stakeholder terkait akan melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi Patuh Progo 2020.

Operasi Patuh Progo 2020 merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Juli sampai dengan tanggal 5 Agustus 2020, dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dimana dalam pelaksanaannya mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang diimbangi kegiatan penegakan hukum secara  selektif, terukur dan tematik.

Operasi ini melibatkan 1.099 personel dengan tiga prioritas sasaran yaitu pelanggaran terkait penggunaan helm, melawan arus dan knalpot blombongan, serta ditambah dengan 1 (satu) pelanggaran dominan di masing-masing Polres. Diharapkan dengan terlaksananya operasi kepolisian patuh tahun ini, dapat tercipta situasi lalu  lintas  yang  aman,  tertib  dan  lancar  serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru guna meminamilisir penyebaran Covid-19.

Kapolda DIY juga menekankan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain sebagai berikut :

Pertama, tetap jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa;

Kedua, laksanakan tugas secara profesional dan humanis serta hindari tindakan dan perkataan yang dapat merusak citra Polri;

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dalam setiap pelaksanaan tugas melalui penerapan buddy system;

Keempat, jalin kerjasama yang sinergi dengan stakeholder terkait dalam rangka keberhasilan pelaksanaan operasi;

Kelima, tetap pedomani dan terapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas operasi.

Apel gelar pasukan sendiri diikuti pejabat di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, anggota Polres Bantul dan Polsek Jajaran. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:08

0 komentar:

CB