Wujudkan Kampung Tangguh Nusantara Bidang Kamtibmas, Kapolres Bantul Resmikan Poskamling Pancuran

Posted by tribratanewsbantul on 14:12

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH meresmikan Poskamling di Dusun Pancuran, Terong, Dlingo, Bantul, Minggu (6/9/2020) malam.

Hadir di antaranya Kasat Binmas Polres Bantul AKP Ropiqoh SH, Camat Dlingo, Kapolsek Dlingo AKP Abdul Jalil SH, Danramil Dlingo, Lurah Desa Terong, Bhabinkamtibmas Desa Terong Aipda Gangsal Wirajati SH, Babinsa serta warga masyarakat Dusun Pancuran.

Lurah Desa Terong, Sugiyono SE, dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan Poskamling ini menggunakan dana desa sekitar Rp 8 juta dan swadaya masyarakat sekitar Rp 14 juta. Warga masyarakat Desa Terong khususnya Dusun Pancuran adalah Desa Tangguh Kamtibmas, Tangguh Ekonomi, Tangguh Pendidikan dan Tangguh Informasi Tehnologi.

Tangguh Kamtibmas, dimana setiap RT di Dusun Pancuran sudah ada Poskamlingnya. Tangguh Ekonomi, di setiap rumah warga sudah membudidayakan tanaman pangan, seperti sayuran menggunakan pot ataupun polybag dan juga terdapat beberapa kelompok tani.

Dusun Pancuran juga Tangguh Pendidikan, bahwa di Dusun Pancuran sudah ada pendidikan tingkat PAUD, TK, SD dan SMP. Selain itu, Tangguh Informasi Tehnologi, yakni warga masyarakat khususnya Dusun Pancuran di setiap RT sudah ada Group WA, sehingga setiap informasi atau apa bila ada kejadian dapat langsung diselesaikan bersama-sama.

Terkait kegiatan Poskamling, pihaknya bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa selalu kontrol poskamling.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH mengatakan, peresmian Poskamling ini salah satu wujud dan tekad kita bersama dalam menanggulangi gagguan kamtibmas. Harapan kita dengan adanya poskamling ini, warga masyarakat bisa lebih semangat dalam menjaga lingkunganya.

Kegiatan poskamling ini sangat perlu, karena akhir-akhir ini tingkat kriminalitas di wilayah Bantul meningkat. Dengan bimbingan Tripilar mudah-mudahan bisa menekan angka kriminalitas yang ada di Bantul khususnya daerah Pancuran.

Kapolres juga menyampaikan, terkait pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Bantul hingga saat ini belum berakhir. Pemerintah memberikan kelonggaran yang berati masyarakat juga jangan sampai melupakan protokol kesehatan dengan cara budaya baru, yaitu wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Itu sebagai upaya kita mencegah meningkatnya Covid-19 di Bantul.

Oleh karena itu, dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara ini diharapkan kita bisa menekan masalah Covid-19. Saat ini pemerintah sudah membuka kembali sektor ekonomi, sektor transportasi dan hanya sektor pendidikan yang belum dibuka.

Untuk itu, dalam pesannya, agar antar warga masyarakat bisa saling mengingatkan terkait protokol kesehatan guna membantu menekan Covid-19. Diharapkan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa agar ditunda dulu. Apabila ada hajatan seperti kenduri agar memenuhi syarat protokol kesehatan.

Selanjutnya peresmian Poskamling Dusun Pancuran RT 03 dan RT 04 dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Bantul, lalu pengecekan kelengkapan Poskamling dan tanaman pangan.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan bibit tanaman buah dan perindang dari DLH Kabupaten Bantul, serta penyerahan Traffic cone. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:12

0 komentar:

CB