31 December 2020

Kapolres Bantul Hadiri Pelantikan Lurah Terpilih 2020

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH bersama jajaran Fokopimda Bantul menghadiri pelantikan Lurah di Gedung Mandala Saba Komplek Parasamya Kabupaten Bantul, Rabu (30/12/2020).
Sebanyak 24 Lurah masa jabatan 2020-2026 yang terpilih melalui Pemilihan Lurah serentak 2020 dilantik Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono. Adapun prosesi pelantikan dilaksanakan secara terbatas.

Hadir di antarnya Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua DPRD Bantul, Pejabat dari Biro Tapem DIY, Sekda beserta Asisten, dan jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut dilantik pula dua Lurah antar waktu, yakni Lurah Trirenggo dan Lurah Selopamioro untuk mengisi jabatan lurah lantaran lurah terdahulu meninggal dunia.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutannya, berharap para lurah dapat menjalankan fungsi, wewenang dan kewajiban mereka sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga akan menjalankan amanah ini dengan baik dan tanggung jawab.

Lebih lanjut Bupati Bantul meminta kepada para lurah agar memberikan perhatian khusus terhadap penanganan Covid-19 termasuk bidang ekonomi yang diakibatkan karena dampak pandemi dengan menumbuhkan dan menggerakkan kegiatan pemberdayaan masyarakat. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Sedayu Hadiri Panen Raya Mina Padi Sedyo Makmur di Bulak Sawah Polaman

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM menghadiri panen raya mina padi sedyo makmur program pemerintah tahun anggaran 2020 bulak sawah Polaman Argorejo Sedayu Bantul, Sedayu (29/12/2020) pukul 08.30 WIB.

Dalam panem raya mina padi ini Bapak Bupati Bantul Drs Suharsono panen perdana  melakukan penangkapan ikan nila yang didampingi oleh Asek 2 dan 3 Bantul dan Forkompincam Sedayu.

Dari keterangan pengelola mina padi Sedyo Makmur  Musyadi

Dalam pemeliharaan bibit  ikan 20 kg dapat menghasilkan 1 kwintal ikan siap konsumsi,  dengan luas lahan 1000 m2. Sedang pemeliharaan padi  mengurangi tenaga, tidak usah matun dan membersihkan rumput, karena rumput yang tumbuh langsung dimakan ikan, untuk ikan dijual di pasaran perkilogram 25 ribu rupiah.

Program mina padi program pemerintah ini  bermanfaat kepada  masyarakat  dan bisa menambah aktifitas petani dan menambah  penghasilan,  bibit dan pakan dari pemerintah Sehingga setelah  dikalkulasikan petani mendapat penambahan kurang lebih 2 s/d 3 juta rupiah.

Kendala yang dialami, masalah air karena pada saat perbaikan selokan air berkurang, hama binatang regul pemangsa ikan dan burung pipit memakan padi, namun semua kendala ini bisa di atasi oleh patani Sedya makmur. (Humas Polsek Sedayu)


Walau Hujan, Anggota Polsek Sedayu Tetap Aktif Laksanakan Commander Wish Pagi

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu melakukan commander wish pagi walaupun dalam situasi hujan untuk antisipasi kemacetan dan kecelakaan,  di simpang empat Sedayu Argorejo Sedayu Bantul, Kamis  (31/12/2020) jam 06.30 WIB.

Pengaturan lalulintas pagi suatu kewajiban Yanmas pagi, dalam mengatur  arus lalulintas jalan wates jalan Nasional yang selalu dipadati berbagai kendaraan bemuatan berat ataupun ringan.

di musim hujan Jalan licin  sering terjadi kemacetan dan kecelakaan lalilintas, Anggota lantas dan sabhara  polsek sedayu eksis dalam pengaturan baik pahi maupun sore saat jam rawan dan padat arus lalulintas melakukan pengaturan untuk kelancaran  untuk antisipasi lakalantas 

Titik rawan yang sering terjadi kecelakaan lalulintas disimpang tiga Mukri, jalur perusahaan yang karyawannya mencapai kurang lebih 2 ribu, sehingga pada pagi masuk kantor dan sore saat pulang kantor jalan dipadati karyawan yang hendak menyebrang jalan, kalau ini tidak dilakukan pengaturan sering terjadi kecelakaan  lalulintas. 

Simpang tiga glondong, jalur perumahan yang padat pengguna lalulintas, disini sering terjadi kecelakaan lalulintas, karena jalan lurus dan tanjakan, pengguna jalan sering kurang hati hati sehingga terjadi kecelakaan lalulintas.   

Polisi dalam melaksanakan tugas walaupun   dimusim hujan menghunakan mantel, tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyatakat  mengatur lalu lintas, melayani masyarakat yang membutuhkan dengan  menjaga keamanan ketertiban dan menciptakan situasi yang kondusif.

Dengan kehadiran Polisi di tengah masyarakat , sangat diharapkan karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman di dalam masyarakat melaksanakan aktifitasnya. Semoga Polisi tetap disegani dan dicintai masarakat. (Humas Polsek Sedayu)


Kapolsek Dlingo Pimpin Anev Akhir Tahun

Kapolsek Dlingo AKP Abdul Jalil SH menggelar Anev (Analisa dan Evaluasi) bersama para Kanit dan Kasi di runga kerjanya, Mapolsek Dlingo. Selasa (29/12/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Dlingo memberikan arahan teknis pelaksanaan tugas Polri, khususnya bagi anggota Polsek Dlingo agar senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin sebagai anggota Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Kapolsek Dlingo juga mengevaluasi kinerja anggota Polsek  Dlingo selama tahun 2020 serta menyusun rencana kerja untuk tahun berikutnya.

Sementara itu, terkait pengamanan malam pergantian tahun, anggota Polsek Dlingo ditempatkan di beberapa titik serta dibantu dari FPRB, RKSB dan KSB Manggala Jati. Antara lain di Sendang Banyuurip, Pinus Pengger dan Puncak Becici. (Humas Polsek Dlingo)

Kanit Binmas Polsek Imogiri Hadiri Acara Sertijab Lurah Imogiri

Kanit Binmas Polsek Imogiri Iptu Agus Taprihatin menghadiri acara serah terima jabatan Lurah Imogiri dari Penjabat (Pj) Lurah  Sunarto S.Sos, kepada Lurah terlantik Budi Purwanto SH bertempat di Gedung Krajan Kalurahan, Rabu  (30/12/2020) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kegiatan yang digelar ini dilaksanakan pada dihadiri oleh segenap tamu undangan tak hanya Lurah  baru beserta istri, acara juga diikuti Panewu Imogiri Dra Sri Kayatun,  Danramil 10 Imogiri Kapten Pangestu C.Zi, KUA, Bamuskal, Lembaga Desa, Perangkat Kalurahan, Kadus, Ketua RT, Tomas dan perwakilan warga.

Walaupun diwarnai hujan  sejak menjelang acara dilaksanakan sampai selesai namun demikian peserta juga tampak semangat mengikuti rangkaian acara.

Acara inti  berupa seremonial penandatangan berita acara serah terima dan serah terima memori jabatan. (Humas Polsek Imogiri)


Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021, Kapolsek Sanden Rakor Bersama Seluruh Kanit

Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengadakan Rapat Koordinasi bersama seluruh Kanit, Kasi dan anggota dalam rangka Persiapan pengamanan Malam Tahun Baru 2021 di wilayah Kapanewon Sanden, Kamis (31/12/2020) jam 08.00 WIB.

Rapar koordinasi dilaksanakan di ruang SPKT Polsek Sanden. Giat rakor dihadiri dalam giat rakor tersebut Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Kanit Sabhara Ipda Suparman, Kanit Intel Aiptu Sumaryanta, Kanit Binmas Aiptu Bambang Eka Sutrianta, Kasi Humas Aiptu Mohtar, Kanit Reskrim Aiptu Damar, Kasium Aiptu Rustadi, KSPK Aiptu Wiyana, anggota staf dan piket fungsi.

Dalam arahannya, Kapolsek Sanden mengatakan pengamanan malam tahun baru 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat masih dalam pandemi covid-19. Sesuai keputusan bersama semua instansi, rencana seluruh obyek wisata di Bantul akan ditutup mulai jam 18.00 Wib. Terkait dengan hal ini, AKP Tukirin akan memaksimalkan pengamanan dengan mengerahkan seluruh personilnya.

Mulai pukul 18.00 Wib, seluruh akses menuju obyek wisata pantai dan JJLS wilayah Sanden akan ditutup. Personil akan ditempatkan di semua TPR dan akses jalan menuju JJLS. Selain itu, anggota juga akan berpatroli disepanjang JJLS guna mencegah adanya kerumunan warga.

"Kami menghimbau seluruh warga untuk tetap di rumah saja, tidak perlu mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang," tandas AKP Tukirin. (Humas Polsek Sanden)


Kanit Lantas Bagikan Masker di SMP 1 Bambanglipuro

Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Iptu Triwulandani bersama anggotanya membagikan masker dan memberikan himbauan protokol kesehatan di SMP 1 Bambanglipuro Bantul pada Rabu (30/12/2020) pagi.

Kanit Lantas Iptu Triwulandani mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda Polsek Bambanglipuro, yakni dalam upaya membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kapanewon Bambanglipuro.

Dalam kesempatan tersebut Iptu Triwulandani membagikan masker kepada Kepala Sekolah SMP 1 Bambanglipuro Bapak Surahman S.Pd dan memberikan himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan, antara lain selalu memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer dan tidak berkerumun atau jaga jarak.

“Dengan upaya ini, diharapkan penularan Covid-19 dapat kita cegah. Dan semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” harap Kanit Lantas (Humas Polsek Bambanglipuro)


Kapolsek Sanden Hadiri Serah Terima Jabatan Lurah Srigading

Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghadiri kegiatan Serah Terima jabatan Lurah Srigading dari Pj Lurah Srigading kepada Lurah Srigading terpilih  Ir. R. Prabowo Suganda yang dilaksanakan di Aula Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden, Rabu (30 /12/2020) pukul 20.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Sanden Drs. Bangun Rahina MM, Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Batuud Koramil Sanden Peltu Agung, Danposal Samas Serma Surawal, Satpolair Aiptu Rubiya, Ka KUA Sanden, Pj Lurah Srigading, Lurah Srigading Ir. R. Prabowo Suganda, Bamuskal, Pamong, Bhabinkamtibmas Srigading, Babinsa serta tim gabungan Polres Bantul, Kodim dan Sat Pol PP Kabupaten Bantul.

Panewu Sanden berharap dengan dilaksanakannya serah terima Lurah Srigading dari Pj Lurah Srigading kepada Lurah terpilih Ir. R. Prabowo Suganda, kegiatan Pemerintahan  Srigading semakin baik dalam memberikan pelayanan dan menyejahterakan  masyarakat.

"Selalu koordinasi dengan Forkompimka dan intansi terkait lainya untuk menciptakan wilayah Srigading yang aman dan kondusif. Laksanakan tugas sebagai Lurah dengan penuh rasa tanggung jawab untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Srigading," imbuhnya. (Humas Polsek Sanden)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bagikan Obat Dan Vitamin Untuk Keluarga Pasien Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH bersama perangkat kalurahan dan bidan desa memberikan obat herbal serta vitamin kepada warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 di wilayah Kalurahan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Rabu (30/12/2020).

Selain memberikan obat-obatan dan vitamin, kedatangan Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH untuk memberikan dukungan serta motivasi terhadap keluarga pasien Covid-19 di wilayah binaannya. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ditempat terpisah, Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menjelaskan, bahwa bantuan obat herbal tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap keluarga pasien Covid-19.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan jangan mengucilkan pasien Covid-19,” imbuhnya. (Humas Polsek Kasihan)

30 December 2020

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Untuk kesekian kalinya upaya pencegahan penyebaran covid-19 khususnya di wilayah Desa Wirokerten Banguntapan Bantul, Rabu (30/12/2020) pukul 08.00 WIB, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Bripka Indra Prasetyo bersama relawan FPRB Wiratagana dan Satgas Covid Desa Wirokerten melaksanakan penyemprotan disinfektan di Perumahan Dalem Kota Gede Asri Wirokerten Banguntapan Bantul. Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati W, SE terjun langsung bersama relawan laksanakan penyemprotan.

Penyemprotan dilaksanakan guna memutus penyebaran Covid-19 karena ada warga yang terpapar Covid-19 di wilayah Desa Wirokerten Banguntapan Bantul. Dan pada kesempatan tersebut Bripka Indra Prasetya menyampaikan kepada warga untuk tidak panik dan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna saling menjaga dan melindungi kita semua dari penyebaran/pandemi Covid-19. 

Kegiatan berlangsung dengan tertib lancar dan tidak ada gangguan apapun. (Humas Polsek Banguntapan)


Kapolsek Banguntapan Hadiri Pelantikan Majelis Pembina Pramuka Ranting Banguntapan

Pelantikan Majelis Pembina Pramuka Ranting Kwaran Banguntapan diselenggarakan di Pendopo Kapanewon Banguntapan Bantul, Rabu (30/12/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut Panewu Banguntapan Drs. Fauzan Muarifin, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH serta Pembinan Pramuka Ranting Banguntapan.

Pada pelantikan tersebut Panewu Banguntapan Drs. Fauzan Muarifin dilantik sebagai Majelis Pembina Pramuka Kwarran Banguntapan dan Kapolsek Banguntapan Kompol Zainal Supriyatna SH sebagai Wakilnya untuk periode 2020-2023.

Pramuka sendiri merupakan salah satu organisasi yang mengedepankan tugas sosial membantu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun pengamanan kegiatan kemasyarakatan. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabin Singosaren Hadiri Rakor Ketua RT se Kalurahan Singosaren

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo dan Babinsa Sertu Sukamal menghadiri rapat koordinasi ketua RT Kelurahan Singosaren Banguntapan Bantul bertempat di aula Kalurahan Singosaren Banguntapan Bantul, Selasa (29/12/2020).

Rakor juga dihadiri oleh Lurah Singosaren Haji Joko Prayitno, Jogoboyo Cahya Setya Adin, Kadus se Kalurahan Singosaren Ketua RT Kelurahan Singosaren.

Rakor dilaksanakan untuk membahas tentang pemutakhiran data warga yang dimulai dari tingkat RT. Yang nantinya akan memudahkan petugas dalam mendata warga se Kelurahan Singosaren Banguntapan Bantul.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan kewaspadaan kita semua dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan di masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19 serta menyampaikan maklumat Kapolri antisipasi giat tahun baru 2021.

Kegiatan berlangsung dengan tertib lancar dan tidak ada gangguan apapun. (Humas Polsek Banguntapan)


Kapolsek Pleret Silaturahmi Ke Kediaman Mantan Wakapolda DIY

Kapolsek Pleret AKP Riwanta melakukan kunjungan silaturahmi dengan Irjen Pol (Purn.) Drs. Bimo Anggoro Seno M.Si di Kediamannya, Dusun Segoroyoso 2, Segoroyoso, Pleret, Bantul, Rabu (30/12/2020).

AKP Riwanta mengatakan, melalui kunjungan dan silaturahmi tersebut diharapkan semakin memupuk rasa kekeluargaan antara anggota Polri dengan Purnawirawan Polri, sehingga dapat bersinergi dalam membantu tugas-tugas Polri maupun memberikan masukan demi kemajuan Polri.

Sementara itu, Irjen Pol (Purn.) Drs. Bimo Anggoro Seno M.Si yang juga mantan Wakapolda DIY itu menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut. Beliau berharap kepada anggota Polri agar senantiasa melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai SOP, serta niatkan bekerja sebagai ibadah. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Banguntapan Hadiri Pengukuhan Lembaga Kalurahan Jambidan Banguntapan Bantul

Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH menghadiri pengukuhan Lembaga Kelurahan Jambidan masa bakti 2020-2025 di aula Kelurahan Desa Jambidan Banguntapan Bantul, Selasa (29/12/2020).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Panewu Banguntapan Drs. Fauzan M Danramil Kapten Inf. Nuryanto S.Sos, Pjs Lurah Afif Umahatun, SH beserta pamongnya, BPD, perwakilan LKD Jambidan serta Bhabin dan Babinsa.

Maksud dan tujuan pengukuhan LKD Jambidan untuk memastikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan fungsinya. Dan mempunyai lembaga tempat menyampaikan aspirasi dan masukan untuk kemajuan pemerintah desa Jambidan dan membantu meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Pada kegiatan tersebut Lurah jambidan memberikan keabsahan secara administrasi anggota LKD Jambidan masa bakti 2020 sampai 2025. Kegiatan juga menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Lihat pelantikan LKD berjalan dengan lancar dan tertib. (Humas Polsek Banguntapan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Pengamanan Pemakaman Jenazah Warga Binaan Di TPU Kuwaru

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Bripka Ali Murtopo melakukan pengamanan pemakaman jenazah warga binaanya di TPU Kuwaru, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, Bantul, Selasa (29/12/2020).

Prosesi pemakaman dilakukan sesuai protokoler Covid-19 oleh tenaga kesehatan dan gugus tugas penanganan Covid-19 Poncosari.

Bripka Ali Murtopo menjelaskan, pengamanan tersebut dilakuikan agar prosesi pemakaman dapat berjalan lancar. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan menerapkan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Lakukan Pendampingan Pemakaman Jenazah Dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Brigadir Eko Rustamji melakukan pendampingan pemakaman jenazah dengan Protokol Kesehatan Covid-19 di Makam Dusun Proketen, Trimurti, Srandakan, Selasa (29/12/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Trimurti, Ketua FPRB Kalurahan Trimurti dan Anggota, Babinsa Kalurahan Trimurti Sertu Sujiyanto dan Dukuh Proketen Susanto.

Pemakaman dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 sesuai dengan petunjuk Rumah Sakit Harjo Lukito karena status jenazah positif terinfeksi Virus Covid-19 dan dirawat di RS.Harjolukito dan hasil Tes Swab Korban terakhir Negatif.

Kegiatan pemakaman berjalan aman, lancar dan terkendali. (Humas PolsekSrandakan)


Kapolsek Jetis Hadiri Pisah Sambut Kepala Sekolah SMA N 1 Jetis

 apolsek Jetis AKP M. Sholeh SH MM menghadiri pisah sambut Kepala Sekolah SMA N 1 Jetis yang dilangsungkan di Aula SMA N 1 Jetis Bantul, Selasa (29/12/2020).

Adapun acara pisah sambut Kepala Sekolah SMA N 1 Jetis dari Dra. Yati Utami Purwaningsih M.Pd kepada Drs. Jamal Sarwana M.Pd.

Hadir di antaranya Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul Surajio, Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Jetis, guru dan karyawan SMA N 1 Jetis, Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah SMP/MTs dan SD se Kapanewon Jetis, Lurah Sumberagung, perwakilan siswa-siswi SMA N 1 Jetis.

Sambutan Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul menyampaikan, bahwa di SMA N 1 Jetis ini telah dilaksanakan serah terima jabatan. Dalam rotasi jabatan adalah hal yang biasa yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi.

Menurutnya, hal-hal yang baik dan berprestasi dapat di terapkan di tempat tugas yang baru, sehingga di semua lini sekolah dapat maju dan berprestasi.

Lanjutnya, di sekolah ini sudah banyak prestasi yang dicapai baik akademis maupun bidang lainnya. Tugas Kepala Sekolah yang baru adalah paling tidak mempertahankan dan  meningkatkan prestasi.

Sementara itu, dalam pesannya kepada Dra. Yati Utami Purwaningsih M.Pd agar bisa membawa prestasi-prestasi sekolah ini ke sekolah yang baru, sehingga prestasi yang ada dapat maju dan berkembang di Kabupaten Bantul ini.

Selanjutnya, kepada para guru tenaga kependidikan juga agar terus mengembangkan ilmunya, sehingga dapat berinovasi dalam mendidik para siswanya untuk dapat mencetak generasi yang berprestasi. (Humas Polsek Jetis)

Pos Pagi Wujud Pelayanan Prima Polsek Sewon di Jalan Raya

Unit Lalulintas Polsek Sewon menempatkan personelnya dipenggal-penggal jalan guna melaksanakan pengaturan lalu lintas dan membatu kelancaran warga masyarakat yang akan menuju tempat beraktifitas.

Kanit Lalulintas Polsek Sewon Iptu Sugeng Rismanto SH, Selasa (29/12/2020) pagi mengatakan, lokasi yang ditempatkan personel antara lain di simpang empat Wojo dan simpang empat Druwo.

Hal ini dilaksanakan mengingat pada pagi hari, arus lalu lintas sangat padat.

“Giat ini bertujuan agar tercipta Kamseltibcarlantas dan mengantisipasi terjadinya laka lantas, dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga masyarakat yang menjalankan aktivitasnya,” katanya.

Diharapkan masyarakat yang melaksanakan aktivitas pagi selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

Ia juga menambahkan dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada pengguna jalanraya khususnya kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat untuk senantiasa menjagaketertiban dengan melengkapi identitas diri seperti SIM maupun STNK, khusus bagi pengendararoda dua agar senantiasa menggunakan helm berstandar SNI baik yang mengendara maupun yang dibonceng demi keamanan dan keselamatan bersama. (Humas Polsek Sewon)


Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personel Polsek Pandak Laksanakan Patroli

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Kanit Intel Ipda Indra Gunawan melaksanakan Patroli antisipasi gangguan Kamtibmas malam hari dan kejahatan jalanan bertempat di wilayah hukum Kapanewon Pandak Bantul, Selasa (29/12/2020) jam 23.30 WIB.

Sebelum pelaksanaan Patroli KRYD piket pawas Kanit Intel Ipda Indra Gunawan memberikan arahan kepada anggota dalam pelaksanaan giat KRYD, agar berhati - hati karena situasi hujan dan jalanan licin. Kegiatan patroli KRYD menjelang  tahun baru 2021, dan antisipasi gangguan Kamtibmas Curat, Curas, Curanmor, dan Kejahatan jalanan. Selain itu dalam kegiatan patroli diharapkan juga memberikan himbauan dan edukasi Protokol Kesehatan. bila ditemukan Masyarakat yg berkerumun untuk kembali kerumah masing-masing antisipasi penyebaran Virus Covid 19. Lakukan Pemantauan dan Pengawasan pada Jln.Raya, sarana publik, sekolah, pemukiman penduduk dan objek vital.

Diharapkan dengan dilaksanakan patroli oleh Polsek Pandak ini Masyarakat merasa tenang dan nyaman dengan kehadiran Petugas Kepolisian saat bertugas melaksanakan Patroli dan menjamin Situasi wilayah Hukum Polsek Pandak secara umum  masih dalam Keadaan aman, terkendali dan Kondusif. (Humas Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Srigading Sanden Bersama Babinsa Sambangi Rumah Lurah Terpilih

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Polsek Sanden Bripka Afif Rudiyanto bersama Babinsa Sertu Supardi menyambangi rumah Lurah Srigading terpilih Ir. Prabowo Suganda di Dusun Wuluhadeg, Srigading Kapanewon Sanden, Selasa (29/12/2020) jam 09.30 WIB.

Maksud dan tujuan kedua personel TNI - Polri Pembina Kalurahan menyambangi rumah Lurah terpilih adalah untuk bersilaturahmi dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas setelah dilakukannya tahapan pencoblosan pemilihan lurah Srigading.

Bripka Afif Rudiyanto berpesan agar Lurah terpilih untuk ikut serta dalam menjaga kondusifitas di wilayahnya setelah pemungutan suara agar tetap rukun damai dan kondisi tetap sejuk warganya kembali bersatu setelah kemarin ada perbedaan pilihan calon lurah. Tetap jalin hubungan baik dan silaturahmi dengan calon lain yang tidak terpilih serta tetap mengendalikan tim sukses dan pendukungnya untuk tidak melakukan hura-hura, imbuh Afif. (Humas Polsek Sanden)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Pengamanan Pemakaman Warga Dengan Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH melaksanakan pengamanan pemakaman warga binaannya yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 di pemakaman umum Dusun Bonggalan, Srigading Kapanewon Sanden, Bantul, Selasa (29/12/2020) sore.

Proses pemakaman dilaksanakan oleh petugas BPBD Propinsi DIY bersama Satgas Covid-19 FPRB Kalurahan Srigading. Dengan menggunakan APD lengkap, petugas dengan khidmat melaksanakan pemakaman jenazah dengan standar Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Turut hadir dalam proses pemakaman tersebut diantaranya Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto dan Dukuh Bonggalan.

Bripka Afif berpesan kepada seluruh warga masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. Tetap wajib memakai masker, selalu cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta tidak keluar rumah kecuali ada keperluan yang penting. (Humas Polsek Sanden)

Tim Wasops Itwasum Mabes Polri Lakukan Kunjungan di Pos Pam Piyungan

Tim Wasops dari Itwasum Mabes Polri melakukan kunjungan dan pengecekan di Pos Pam Piyungan, Selasa (29/12/2020) siang.

Tim Wasops terdiri dari Brigjen Pol Iriyanto S.I.K, KBP Suharsono dan KBP Eko Ismantoro.

Rombongan tiba di Pos Pam Piyungan disambut langsung oleh Kapolsek Piyungan Kompol Suraji, SH dan Kapos Pam Piyungan Iptu Boedi Hariyanto, SH, MM.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiap siagaan anggota dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta memastikan berjalannya operasi dengan baik.

Dalam arahannya Brigjen Pol Iriyanto, S.I.K menekankan kepada anggota agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, serta selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak.

Untuk setiap pelaksanaan kegiatan keluar anggota harus menerapkan body systim minimal dilakukan dua anggota yang saling melekat untuk saling menjaga satu dengan lainnya serta mengutamakan keselamatan daripada anggota itu sendiri.

Diakhir arahannya Brigjen Pol Iriyanto S.I.K berharap agar pelaksanaan pengamanan Nataru sampai dengan tanggal yang telah ditetapkan dapat berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)


29 December 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo dan FKPM Pandawa Membagikan Masker Ke Masyarakat

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, serta guna mencegah penyebaran Covid-19, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH  bersama FKPM Pandawa membagikan masker kepada warga masyarakat di wilayah binaannya, Selasa (29/12/2020).

“Pembagian masker gratis tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mencegah menyebarnya Covid-19 dan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, khususnya warga Kalurahan Ngestiharjo,” kata Bhabinkamtibmas Bripka Budi Sunaryo SH.

Sembari membagikan masker, Bripka Budi Sunaryo SH tak lupa memberikan arahan seputar tips yang bisa masyarakat awam lakukan saat beraktifitas, terutama dalam menjaga diri dari Covid-19 dengan cara rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kalurahan Ngestiharjo, Bahbinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo dan FKPM Pandawa tersebut.

“Semoga dengan kegiatan tersebut semakin mendekatkan dengan masyarakat dan saling bersinergi dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ucapnya. (Humas Polsek Kasihan)

Corat-Coret Tembok, 22 Remaja Diamankan Polisi

Sebanyak 22 remaja yang masih berstatus pelajar dari sebuah SMK di Yogyakarta diamankan oleh pihak Kepolisian Resor Bantul di seputaran Jalan Samas, tepatnya di Padukuhan Siten Kalurahan Sumbermulyo Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul, Senin (28/12/202) malam.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi SIK MH, Selasa (29/12/2020) saat menggelar jumpa pers menjelaskan, awalnya mereka diamankan warga karena telah melakukan aksi corat-coret atau vandalisme di sebuah gudang milik salah seorang warga bernama Bowo, warga Tangkilan Sumbermulyo Bambanglipuro.

Dijelaskan, bahwa selepas maghrib ada salah seorang warga melihat aksi vandalisme yang dilakukan oleh puluhan remaja. Mereka menuliskan kata MORENZA di tembok gudang milik Bowo tersebut. Melihat aksi vandalisme tersebut, ia langsung melaporkannya kepada warga.

Warga lantas mendatangi lokasi vandalisme. Sesampainya di lokasi warga masih mendapati anak-anak tersebut melakukan aksi corat-coret. 

Warga yang geram, lantas meminta puluhan pelajar tersebut untuk menutup cat tulisan vandalisme yang mereka buat agar bersih kembali seperti sedia kala dengan menggunakan cat  abu-abu. Oleh warga, aksi puluhan remaja tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolres Bantul.



Oleh personel Sat Sabhara Polres Bantul, para remaja tersebut kemudian diangkut menggunakan truk ke Mapolres Bantul untuk penanganan lebih lanjut. 

Menurut Ngadi, pihaknya belum bisa memastikan apakah para pelaku akan diproses secara hukum, sebab masih dibutuhkan pendalaman lebih lanjut. 

“Nantinya apabila terbukti melakukan vandalisme, akan dijerat dengan pasal 489 KUHP,” terangnya.

Namun bagi yang tidak terbukti, maka akan dilakukan pembinaan dan akan dikembalikan ke orang tuanya, mengingat para pelaku seluruhnya masih di bawah umur.

Menurut Ngadi, motif para remaja tersebut melakukan aksi vandalisme adalah ingin menunjukkan eksistensi kelompoknya.

“Menurut pengakuan mereka, (aksi vandalisme) ini yang pertama kali,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Redam Kejahatan Jalanan Malam Hari, Polsek Kasihan Gelar Razia Kendaraan

Kejahatan jalanan yang kerap dijumpai di jalan raya masih menjadi persoalan yang belum sepenuhnya hilang di wilayah Yogyakarta. Menanggapi hal itu, Kepolisian Sektor Kasihan Melaksanakan Operasi Razia Kendaraan Bermotor  pada tengah malam guna menekan kejahatan jalanan.
Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH mengatakan, operasi atau razia kendaraan ini dilaksanakan secara rutin.

"Razia Ini dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Kasihan secara  rutin dengan lokasi yang berbeda di setiap malamnya, sehingga diharapkan bisa menekan angka kejahatan jalanan," ungkap Kapolsek Kasihan saat memimpin razia tersebut, Senin (28/12/2020).

Kapolsek Kasihan melanjutkan, kegiatan operasi ini dilaksanakan mulai pukul 23.00-01.00 WIB. Petugas memeriksa kendaraan yang mencurigakan serta benda-benda yang berpotensi untuk aksi kejahatan. Sasarannya senjata tajam, minuman keras, narkoba dan benda berbahaya lainnya.

"Apabila didapati barang-barang tersebut kami akan langsung menangkap oknum pelaku dan akan kami bawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," terang Kapolsek Kasihan.

Harapannya dengan kegiatan ini masyarakat merasa aman dan nyaman, serta meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas terutama di wilayah Kasihan.

Dalam operasi tersebut petugas juga membagikan masker kepada para pengendara yang kedapatan tidak memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)

Unit Sabhara Polsek Piyungan Laksanakan Patroli Wilayah Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Unit Sabhara Polsek Piyungan melaksanakan giat patroli wilayah antisipasi gangguan kamtibmas yang ada di wilayah Kecamatan Piyungan, Senin (28/12/2020) siang.

Patroli yang rutin dilaksanakan ini menyasar tempat tempat keramaian, pertokoan, pergudangan serta sekolahan.

Patroli yang dipimpin Panit Sabhara Piyungan Aiptu Agung Rismandoko secara dialogis menyampaikan pesan pesan kamtibmas serta penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus covid 19.

Secara terpisah Kapolsek Piyungan Kompol Suraji, SH menyampaikan bahwa giat patroli ini rutin dilaksanakan baik siang maupun malam hari untuk menciptakan Kamtibmas yang aman kondusif diwilayah Piyungan.

"Selain untuk menjaga situasi kamtibmas diwilayah Piyungan yang kondusif giat patroli ini juga sebagai pendekatan Polri kepada masyarakat," pungkasnya. (Humas Polsek Piyungan)


Kapolsek Sewon Hadiri Sidang Pleno Terbuka Hasil Penghitungan Suara PilurahTimbulharjo

Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH menghadiri sidang pleno terbuka hasil penghitungan suara Pemilihan Lurah Kalurahan Timbulharjo yang digelar di Gedung Serbaguna Balai Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul pada Minggu (27/12/2020) malam.

Hadir di antaranya Penewu Sewon Drs. Danag Erwanto M.Si, Penjabat sementara Danramil 04/Sewon Kapten Inf Nuryanto, Pj. Lurah Timbulharjo Warjono, Ketua BPD Timbulharjo Sarjono, anggota BPD dan Pamong Kalurahan Timbulharjo.

Dalam sambutannya, Penewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si menyampaikan rasa syukur bahwa pelaksnaan Pilurah di wilayah Kapanewon Sewon berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Hal ini tak lepas berkat kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam Pilurah tahun 2020. Mulai dari tahap persiapan, kampanye, hari pencoblosan sampai dengan sidang pleno terbuka, serta partisipasi warga masyarakat menggunakan hak pilihnya di TPS.

Pihaknya juga menyampaikan harapankepada Lurah terpilih semoga dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dan meneruskan program–program Lurah sebelumnya. Dengan demikian akan berkelanjutan dan hasilnya dapat dirasakan oleh warga masyarakat.

Sementara itu, di Kapanewon Sewon sendiri terdapat dua Kalurahan yang melaksnakan Pilurah, yaitu Kelurahan Pendowoharjo dan Kalurahan Timbulharjo.

Adapun hasil Pilurah Kalurahan Timbulharjo dimenangkan oleh Arkham Haidar S.Pd dengan perolehan 10.402 suara, sedangkan untuk Kalurahan Pendowoharjo dimenangkan oleh H. Hilmi Hakimudin S.Pd.I dengan perolehan 6623 suara. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Imbau Warga Tak Menggelar Perayaan Malam Tahun Baru

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Brigadir Eko Rustamaji melaksanakan sambang warga di wilayah desa binaannya, Senin (28/12/2020).

Kali ini, Bhabinkamtibmas Brigadir Eko Rustamaji mengunjungi tempart-tempat usaha kuliner atau kedai di Dusun Pedak dan Dusun Srandakan, Kalurahan Trimurti, Srandakan, Bantul.

Dalam kesempatan tersebut Brigadir Eko Rustamaji menyampaikan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan selama pelaksanaan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Ia juga edukasi bahaya Covid-19 kepada pemilik kedai.

Oleh karena itu, untuk mencegah kerumunan massa, Brigadir Eko Rustamaji menghimbau kepada pemilik tempat kuliner atau kedai agar tidak menggelar acara atau perayaaan pada malam Tahun Baru 2021. (Humas Polsek Srandakan)

Mahasiswa Asal Asahan Tewas Gantung Diri di Tempat Kos

Seorang mahasiswa ditemukan tewas gantung diri di sebuah tempat kos di wilayah Dusun Kragilan, Desa Tamanan, Sabtu (26/12/2020) pagi. Korban Fa (23) warga Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Peristiwa yang sempat membuat gempar itu terjadi sekitar pukul 06.15 WIB. Kejadian itu pertama kali dijumpai oleh pemilik kos, Bambang Suprayitno. Waktu itu dia hendak naik tangga ke lantai dua berniat mematikan lampu listrik.

Namun saat akan naik tangga, ia terkejut karena mendapati korban dalam kondisi tak bernyawa gantung diri di bawah tangga dengan menggunakan seutas tali tampar plastik.

Mendapati hal itu, Bambang bergegas memberitahu warga sekitar dan melaporkan hal itu ke Polsek Banguntapan.

Korban yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Setelah dievakuasi dan diperiksa oleh petugas Inafis Polres Bantul, jasad korban tidak ditemukan adanya luka bekas tindak kekerasan. Fa meninggal dunia murni karen bunuh diri dengan cara gantung diri.

Kapolsek Banguntapan Kompol Zainal Supriyatna mengatakan, diperoleh keterangan dari dosen pembimbing dan rekannya bahwa korban dalam kesehariannya cenderung tertutup.


Personel Polsek Bambanglipuro Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan Mako

Guna menciptakan suasana lingkungan yang bersih, personel Polsek Bambanglipuro melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan lingkungan Polsek Bambanglipuro, Selasa (29/12/2020) pagi.

“Kerja bakti ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kita. Sehingga apabila lingkungan di tempat kerja kita bersih dan indah, seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan nyaman,” ungkap Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM saat memimpin kegiatan tersebut.

Kegiatan kerja bakti dimulai dengan pemangkasan beberapa dahan pohon perindang, membersih sampah yang ada di halaman depan dan belakang Mapolsek Bambanglipuro, serta selokan-selokan yang terdapat air menggenang dibersihkan agar tidak dijadikan rumah nyamuk. Selanjutnya anggota diarahkan untuk membersihkan ruang kerja masing- masing.

Dengan lingkungan kantor yang bersih, diharapkan dapat mencerminkan kesehatan serta kesiapan anggota Polsek Bambanglipuro dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat yang datang ke Mako Polsek Bambanglipuro merasa nyaman karena suasana yang bersih dan asri. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Ikuti Penyemprotan Disinfektan di Pedukuhan Banjarwaru

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudy Isgiarto SH mengikuti kegiatan penyemprotan Disinfektan Lingkungan masyarakat di Pedukuhan Banjarwaru, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Senin (28/12/2020) jam 09.00 WIB.

Team Gugus Covid-19 Kalurahan Gilangharjo bersama Team FPRB Kalurahan Gilangharjo melaksanakan penyemprotan Disinfektan di Pedukuhan Banjarwaru, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Dalam kegiatan tersebut didampingi oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH dan babinsa Kalurahan Gilangharjo Serka Basudi.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga memberikan himbauan pencegahan covid-19. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh masyarakat di pedukuhan Banjarwaru agar dalam melaksanakan kegiatan setiap harinya tetap menggunakan masker dan juga menerapkan social distance. Selain itu juga diharapkan agar selalu menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya protokol kesehatan dapat mencegah penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)


Kapolsek Pandak Sambang ke Lurah Caturharjo Terpilih

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan sambang koordinasi pelantikan dan serah terima jabatan Lurah Kalurahan Caturharjo bertempat di Dusun Tegallayang X, Caturharjo, Pandak, Bantul, Senin (28/12/2020) jam 10.00 WIB.

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan sambang koordinasi pelantikan dan serah terima jabatan Lurah Kalurahan Caturharjo dengan Lurah terpilih Bapak Wasdiyanto S.Si. Dimana dalam pemilihan Lurah Kalurahan Caturharjo Bapak Wasdiyanto S.Si mendapat suara terbanyak dan akan dilaksanakan pelantikan Lurah pada tanggal 30 Desember 2020 di Parasamia Kabupaten Bantul dan dilanjutkan dengan serah terima Lurah di Kalurahan Caturharjo, Pandak, Bantul.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pandak juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan memberikan himbauan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid-19. Dalam penyampaiannya Kapolsek berpesan agar Lurah terpilih ikut serta menyampaikan kepada pendukungnya agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selain itu juga Kapolsek berpesan agar Lurah terpilih dapat bekerjasama dengan Polri dalam menjaga kamtibmas di lingkungan Kalurahan Caturharjo. (Humas Polsek Pandak)


Kapolsek Bantul Berikan Pembekalan Pengurus OSIS SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH didampingi Panit 1 Binmas Polsek Bantul Aiptu Zaenal pelantikan dan pembekalan IPM/OSIS Mudaba  periode 2021-2022 di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, Senin (28/12/2020).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengurus OSIS yang baru dan Guru SMK Muhammadiyah 2 Bantul.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH memberikan pembekalan kepada Pengurus OSIS SMK Muhammadiyah 2 Bantul yang baru dengan materi kenakalan remaja, serta memberikan motivasi siswa untuk terus giat belajar guna meraih cita-cita. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Pandak Amankan Proses Pilurah Caturharjo

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH pimpin pengamanan Pemungutan suara serta Rekapitulasi hasil suara pada Pemilihan  Lurah Caturharjo bertempat di Kalurahan Caturharjo, Pandak, Bantul, Minggu (27/12/2020) jam 07.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH beserta anggota Polsek Pandak, Danramil Pandak Kapten Chb Stefanus Sunarno, BKO Polres Bantul dipimpin Ipda Ikhwan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho, Ketua Panitia Pilur Caturharjo Heru Supranoto, S.Pd, Ketua Bamuskal Caturharjo Bpk Sugiyanta, SPd,MA, Calon Lurah Caturharjo No urut 01 bapak H.Wasdiyanto,S.Si dan Calon Lurah Caturharjo No urut 02 Bapak Sukijo.

Pada hari Minggu tanggal 27 Desember 2020 pukul 07.30 wib telah dilaksanakan Pemilihan Lurah tahun 2020 di Kalurahan Caturharjo, Pandak, Bantul. Dalam kegiatan pilur tersebut personil Polsek Pandak yang dipimpin Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan pengaman di TPS dan Kelurahan Caturharjo. Dalam pelaksanaan pengamanan Personil Polsek Pandak juga menyampaikan himbauan agar dalam pelaksanaan pemilihan Lurah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. (Humas Polsek Pandak)


Kanit Binmas Sambangi Pengelola Tempat Wisata Kuliner

Kanit Binmas Polsek Imogiri Iptu Agus Taprihatin bersama Kanit Intel melaksanskan sambang dan koordinasi dengan pengelola tempat wisata kuliner wikayah Kapanewon Imogiri Senin (28/12/2020) siang.

Kegiatan sambang sekaluigus ajang silaturahmi ini dalam rangka perayaan pergantian tahun 2021 mendatang.

Adapun tempat kuliner yang menjadi sasaran wisata kuliner Joglo Opak Taman Singosari  Dusun Singosaren, Kalurahan Wukursari Kapanewon Imogiri

Kanit Binmas menyampaikan pesan dan saran kepada Pengelola Taman Kuliner Bpk Rohmad (Dukuh Singosaren)  untuk betul-betul menekankan kepada pengunjung melakukan protokol kesehatan agar tidak menjadi cluster Covid-19  di tempat wisata, serta pada saat perayaan tahun baru, agar pihak pengelola tidak mengadakan pertunjukan/keramaian/pentas musik, untuk.menjaga ketentraman dan keamanan di wilayah Kapanewon Imogiri.

Pengelola taman kuliner Rohmad mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya serta akan  melaksanakan himbauan pemerintah dalam hal perayaan pergantian tahun 2021 serta mematuhi prokes. (Humas Polsek Imogiri)


Polsek Sanden Terus Berikan Himbauan Prokes Kepada Wisatawan

Kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegan penyebaran virus corona terus dilakukan personil Polsek Sanden.

Sebagai salah satu garda terdepan dalam pencegahan penyebaran covid-19, Polsek Sanden selalu memberikan penyuluhan dan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini seperti yang dilakukan petugas Pos Pantau Goa Cemara yang dipimpin Aipda Mochlis Humavianto, Senin (28/12/2020) jam 13.30 Wib.

Anggota Pos Pantau memberikan himbauan kepada wisatawan agar mematuhi protokol kesehatan. Yaitu wajib pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Ini sebagai upaya memutus dan mencegah penularan corona yang sampai saat ini masih mewabah.

"Masyarakat harus tetap disiplin terapkan prokes, apalagi di obyek wisata yang mengalami peningkatan pengunjung saat liburan seperti ini," tandas Aipda Mochlis. (Humas Polsek Sanden)


Polsek Sanden Lakukan Patroli Dengan Buddy System Cegah Gangguan Keamanan

Anggota piket fungsi jaga malam Polsek Sanden melaksanakan tugas patroli kewilayahan dan pantau situasi kamtibmas di jalan raya maupun obyek vital pada malam hari sebagai upaya preventif atau pencegahan terhadap gangguan keamanan maupun kriminalitas di wilayah Hukum Polsek Sanden Polres Bantul saat libur Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi Covid-19, Senin (28/12/2020) malam.

Patroli malam hari dipimpin Aiptu Yuni Kurniawan dilakukan dengan body system memakai rompi anti peluru dan bersenjata sebagai antisipasi aksi teror dan upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif. Dalam patroli tersebut anggota melakukan dialogis dengan masyarakat sekaligus memberikan pesan dan himbauan kamtibmas. Masyarakat juga dihimbau mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona.

Guna mengantisipasi dan mencegah aksi kejahatan jalanan, petugas patroli juga standby di jalan raya dengan bersenjata lengkap sampai pantauan situasi. Dengan giat patroli rutin Polsek Sanden diharapkan tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif dan tidak terjadi kejahatan jalanan maupun gangguan kamtibmas lainnya. (Humas Polsek Sanden)


Anggota Polsek Pleret Laksanakan Pengamanan Upacara Pemakaman Almarhum dr. Indriyanto Rochadi

Anggota Polsek Pleret melaksanakan pengamanan upacara pemakaman Almarhum dr. Indriyanto Rochadi di Keidamanya Kauman Pleret Pleret Bantul, Senin (28/12/2020).

Pengamanan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Pleret AKP Riwanta, sebelumnya Kapolsek beserta jajaran takziah di rumah duka dan ikut mengucapkan rasa belasungkawa yang sedalam - dalamnya semoga almarhum diterima disisi Allah Subhanahuwata'ala dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

Almarhum merupakan putra dari DR.Dr. Rochadi,Sp.B,Sp.BA(K) salah satu dokter senior spesialis bedah anak di Yogyakarta, Almarhum meninggal karena sakit (28/12/2020) di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta. (Humas Polsek Pleret)


28 December 2020

Kapolsek Bambanglipuro Sambang Tokoh Masyarakat Sampaikan Imbauan Protokol Kesehatan

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya melaksanakan sambang dan silaturahmi ke tokoh masyarakat di wilayah Kapanewon Bambanglipuro, Bambanglipuro, Bantul pada Senin (28/12/2020) pagi.

Kali ini Kapolsek menyambangi Dukuh Paker Sulkhan Taryana dan Dukuh Wonodoro Dra. Listi Setyaningsih.

Kegiatan sambang ini guna meningkatkan hubungan baik dengan tokoh masyarakat Bambanglipuro. Masalah-masalah kamtibmas dan solusi pemecahannya dibicarakan dalam kesempatan ini. Kendala dan permasalahan yang ada di masyarakat juga disampaikan yang tujuannya meningkatkan hubungan baik antara Polri dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bambanglipuro menyampaikan imbauan protokol kesehatan. Diharapkan Dukuh bisa membantu menyampaikan kepada warga masyarakat yang lain agar benar-benar dapat mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan untuk membantu mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Dengan tingkat kepatuhan yang tinggi dilaksanakan oleh warga masyarakat atas petunjuk pemerintah, diharapkan dapat mengatasi dan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Tim Korlantas Polri Cek Pos Pengamanan Nataru Bunderan Srandakan

Tim dari Korlantas Mabes Polri yang dipimpin AKBP Melda mengunjungi Pos Pengamanan Operasi Lilin Progo 2020 di Bunderan Srandakan Bantul, Kamis (24/12/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kesiapsiagaan personel yang terlibat pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Pos Pam Srandakan.

Dalam arahannya, AKBP Melda menyampaikan agar seluruh personel meningkatkan kewaspadaan baik ancaman dari pihak luar maupun berkaitan dengan Covid-19.

“Utamakan keselamatan dan selalu berlakukan protokol kesehatan pada saat bertugas,” katanya.

Harapannya kegiatan pengamanan Nataru berjalan lancar dan menghimbau kepada pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. (Humas Polsek Srandakan)

Patroli Polsek Sewon Pantau Wilayah Pasca Digelarnya Pilurah

Anggota Polsek Sewon melaksanakan kegiatan patroli di wilayah Kapanewon Sewon pasca digelarnya Pilurah, Minggu (27/12/2020) malam.

Kegiatan patroli tersebut guna menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Sewon tetap kondusif pasca digelarnya Pilurah di wilayah Kalurahan Timbulharjo dan Kalurahan Pendowoharjo.

Selain patroli memantau wilayah, petugas juga menyambangi para pemenang ataupun yang kalah dalam Pilurah. Dari hasil patroli terpantau situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Sewon dalam keadaan aman kondusif. (Humas Polsek Sewon)

Karo Ops Polda DIY Cek Pos Pengamanan Lilin Progo 2020 Di Bunderan Srandakan

Untuk memastikan pengamanan Nataru, Karo Ops Polda DIY Kombes Pol Hermansyah SH SIK MH bersama Dir Lantas Polda DIY AKBP Iwan Saktiadi SIK MH M.Si, Dir Pam Obvit Polda DIY Kombes Pol Achmadi SIK MH dan Wadir Pam Ovit Polda DIY AKBP Mujiyono melakukan kunjungan ke Pos Pengamanan Natal 2020 di Bunderan Srandakan Bantul, Minggu (27/12/2020).

Kedatangan Karo Ops Polda DIY dan rombongan disambut oleh Kapolsek Srandakan Kompol B. Muyanto SH, Kanit Lantas Polsek Srandakan Iptu Isditanto serta anggota Pos Pam Srandakan.



Karo Ops Polda DIY Kombes Pol Hermansyah mengatakan, kunjungannya dalam rangka pengecekkan dan kesiapsiagaan Pos Pam Nataru di wilayah hukum Polres Bantul. menurutnya, kesiapan sarana dan prasarana di Pos Pam Srandakan ini sudah cukup baik.

Ia  juga mengimbau kepada personel yang bertugas agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan selalu memperhatikan kesehatan. Selain itu, tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan kamtibmas utamanya sekitar pos pam.

Sementara itu, harapannya kepada masyarakat yang akan melakukan libur Nataru agar mematuhi surat edaran dari Satgas Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Sewon Laksanakan Pengamanan Pemilihan Lurah Desa Timbulharjo dan Pendowoharjo

Dalam rangka menjaga situasi yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan lurah desa Pendowoharjo dan Timbulharjo, yang di laksanakan pada hari minggu,(27/12/2020), Polsek Sewon mengerahkan setidaknya 2/3 kekuatan personil, guna melaksanakan pengamanan di TPS, Balai Desa, dan patroli wilayah.

Pengamanan yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Sewon Ajun Komisaris Pertama Suyanto,S.H, tersebut guna mengantisipasi kerawanan yang timbul pada saat pelaksanaan pemilihan , terutama saat pengitungan suara di TPS TPS, dan rekapitulasi di Balai Desa.

AKP Suyanto,S.H., mengatakan untuk Kapanewon Sewon terdapat 2 Kalurahan yang melaksanakan pilihan Lurah , yaitu kalurahan Pendowoharjo dan kalurahan Timbulharjo dimana untuk kalurahan Timbulharjo diikuti oleh 2 calon lurah dengan nomor urut 01. Drs. Kandar yang merupakan inkamben, dan No.02 Hanif Arkham,S.Pd., sedangkan untuk kalurahan Pendowoharjo juga terdapat 2 calon yang maju yaitu No.01. H. Hilmi Hakimudin,S.Pd.I., dan No.02 Ibu Faiqoh.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Sewon juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personil polsek sewon yang telah melaksnakan tugas dengan sunguh sungguh dan dedikasi yang tinggi, dan tidak lupa juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia pemilihan lurah, petugas petugas yang berada di TPS, Relawan, Linmas, yang sudah bekerjasama dengan Polsek Sewon sehingga pelaksanaan pencoblosan dapat berjalan dengan semestinya. (Humas Polsek Sewon)


Pemungutan Suara Pilurah 2020 Di Wilayah Kapanewon Imogiri Berjalan Aman

Kapolsek Imogiri menerjunkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan Pilurah serentak di wilayah Kapanewon Imogiri, Bantul, Minggu (27/12/2020).

Adapun Kalurahan yang mengadakan Pilurah yaitu Kalurahan Imogiri dengan 10 TPS, Kalurahan Karangtalun dengan 8 TPS dan Kalurahan Karangtengah dengan 13 TPS.

Pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Imogiri)

Penemuan Mayat Bayi di Kamar Kos, Polisi Turun Tangan

Bayi laki-laki yang sudah tak bernyawa ditemukan di sebuah kamar kos di Jalan Bugisan  Selatan No. 7 Tegal Senggotan RT 01 Tirtonirmolo  Kasihan Bantul, Minggu (27/12/2020). 

Kaposlek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH pertama kali ditemukan oleh saksi bernama Ferry Gotama sekitar pukul 17.30 WIB.

Saat ditemukan, bayi tersebut dalam kondisi tidak benyawa dengan tali pusar masih ada diatas tempat tidur.

Ia kemudian melaporkan penemuan bayi ini ke Polsek Kasihan.

Polisi yang tiba di lokasi langsung melakukan olah TKP serta meminta keterangan saksi-saksi. 

Dari hasil olah TKP, ada dugaan bayi tersebut dilahirkan di kamar kos. 

Petugas kemudian mengevakusi mayat bayi tersebut ke rumah sakit untuk diotopsi.

“Kasus ini masih kita dalami," kata Anton. (Humas Polsek Kasihan)


Tersengat Listrik, Operator Mesin Penggiling Batu Tewas

Seorang operator mesin penggiling batu, Arif Suryono, meninggal dunia setelah tersetrum saat bekerja di Base Camp Stone Crusser Beton Jaya 2 di Jalan Tembi-Cepit,Dusun Nganglik, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Sabtu (26/12/2020).

Kapolsek Sewon, AKP Suyanto mengatakan korban seperti biasanya sedang bekerja di Base Camp Stone Crusser Beton Jaya 2 dan melakukan pengelasan di bagian mesin. 

Sekitar pukul 07.30 WIB korban mendatangi alat penggaruk pasir. Dua orang teman korban mendengar teriakan dari seorang sopir yang akan mengambil material untuk mematikan mesin penggiling batu karena korban tersengat listrik.

Kemudian teman korban mematikan saklar dan mesin genset yang berkaitan dengan mesin conveyer. Setelah saksi atau teman korban dibantu oleh sopir yang akan mengambil material mengangkat korban dari tempat tersebut dan kemudian membawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyan Bantul menggunakan mobil Pikap.

“Hasil pemeriksaan dokter diperoleh keterangan bahwa korban meninggal dunia karena adanya sengatan listrik yang begitu kuat sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia,” kata AKP Suyanto. Pihaknya masih melakukan penyelidikan dalam kasus tersebut.